petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara menggunakan kupon mandiri di indomaret

pandawa4d 28Jutaan kata 107584Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara menggunakan kupon mandiri di indomaret》

Empat Parpol Desak Jokowi Perbesar Setoran BUMN ke Negara pada 2024******

Sejumlah partai politik yakni Gerindra, PAN, PDIP dan Demokrat mendesak pemerintah menaikkan setoran BUMN ke negara pada tahun depan.
Sejumlah partai politik yakni Gerindra, PAN, PDIP dan Demokrat mendesak agar setora BUMN ke negara harus lebih besar pada tahun depan. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah partai politik yakni Gerindra, PAN, PDIP dan Demokrat mendesak pemerintah menaikkan setoran BUMN ke negara  pada tahun depan.

Hal itu mereka sampaikan dalam rapat paripurna terkait pandangan umum fraksi-fraksi atas RUU tentang APBN 2024 beserta Nota Keuangannya.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra Wihadi Wiyanto secara khusus menyoroti target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam RAPBN 2024 sebesar Rp473 triliun. Menurutnya, target tersebut bisa dicapai jika dividen perusahaan pelat merah lebih jumbo disetorkan ke negara.

Selain itu, Wihadi berharap PNBP tahun depan bisa ditingkatkan dengan menambah investasi di sektor perikanan. Perbaikan regulasi dan penambahan investasi diharapkan bisa memberi PNBP lebih besar dari sektor perikanan.

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PAN Eko Hendro Purnomo turut mengkritik kontribusi setoran BUMN terhadap kas negara. Menurutnya, sejumlah perusahaan pelat merah masih minim kontribusi.

"Dengan target PNBP sebesar Rp473 triliun, PAN menilai perlu ada optimalisasi pendapatan KND, melalui perbaikan portofolio dan penguatan infrastruktur keuangan BUMN serta mendorong kontribusi dividen BUMN," tegasnya.



Bahkan, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Demokrat Suhardi Duka menilai BUMN malah menambah beban keuangan negara. Menurutnya, penyertaan modal negara (PMN) kepada sejumlah perusahaan pelat merah yang malah bikin jebol kas negara.

Suhardi menilai peran dan fungsi BUMN sebagai agent of development sama sekali belum terlihat.

"Hingga saat ini dalam perkembangannya, bahkan setelah restrukturisasi, BUMN belum terlihat hasil efektif dalam menambah keuangan negara. Di satu sisi, beban negara bertambah melalui pemberian PMN," kritiknya keras.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDIP Sihar Sitorus menuturkan ada empat cara dalam mendongkrak PNBP.

Lihat Juga :
2 Tujuan Erick Thohir Ingin Merger Garuda, Pelita Air dan Citilink

Pertama, dengan meningkatkan tax ratio pajak serta upaya ekstensifikasi serta intensifikasi penerimaan pajak yang dijalankan dengan memperhatikan pemulihan ekonomi berjalan. Lalu, penguatan transformasi ekonomi mengoptimalkan implementasi core tax system.

Kedua, insentif perpajakan dilakukan secara terarah dan terukur yang dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian nasional

"Ketiga, peningkatan PNBP melalui perluasan, perbaikan, dan pengelolaan sumber daya alam migas dan nonmigas sehingga memiliki nilai tambah optimal, serta perbaikan dan peningkatan kinerja BUMN dan KND," jelasnya.

Keempat, Sihar menyebut PNBP yang berkaitan dengan layanan masyarakat harus diiringi peningkatan kinerja layanan kementerian/lembaga (K/L). Ia menegaskan komitmen pemerintah sejak 2016 adalah meningkatkan belanja negara berkualitas.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Intiland hingga Ciputra Mau Bangun Tower Rumah Susun di IKN******

Sebanyak 10 perusahaan swasta bakal membangun proyek 200 tower rumah susun di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Di antaranya Intiland dan Ciputra Group.
Ilustrasi. Sebanyak 10 perusahaan swasta bakal membangun proyek 200 tower rumah susun di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Di antaranya Intiland dan Ciputra Group. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia--

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara Agung Wicaksono mengatakan sebanyak 10 perusahaan swasta bakal membangun proyek 200 tower rumah susun atau rusun di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kalau rusun ini dibagi dua, ada yang dibangun APBN, pemerintah dari PUPR akan membangun 47 tower. Kemudian dari swasta saat ini sudah ada 10 perusahaan yang akan bangun. Ini ada yang dari Indonesia, ada yang dari konsorsium Tiongkok dengan Indonesia, dan dari Korea," katanya di sela acara ASEAN Investment Summit 2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (3/9). 

Agung menjelaskan saat ini tengah dilakukan feasibility study atau studi kelayakan.

Dari 10 perusahaan tersebut beberapa di antaranya terdapat nama Summarecon, PT Intiland Development Tbk, hingga Ciputra Group.

"Dari 10 itu ada Sumarecon, ada yang namanya PT Nindya Karya (Persero), yang ada BUMN-nya. Ada Wika Gedung. Kemudian swasta lagi ada Intiland, terus ada Triniti Land dan Ciputra," ungkapnya. 

Sementara itu, Agung Sedayu bakal menggarap proyek dengan skema investasi swasta dan bukan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Mereka akan menggarap proyek seperti mal, hotel dan lainnya.

Lihat Juga :
Perusahaan Malaysia Siap Bangun 20 Tower Apartemen di IKN

"Agung Sedayu bukan di hunian KPBU. Dia di sektor playtadi, yang investasi murni, mix use development. Yang bikin mall, hotel, itu Agung Sedayu. Rumah sakit ada Hermina, ada juga hotel, beberapa brand hotel minggu depan akan diumumkan," katanya.

Adapun nilai investasi di sektor play atau hiburan diperkirakan mencapai Rp 20 triliun. Pada kesempatan itu ia menjelaskan pembangunan IKN banyak menggunakan skema KPBU yang jumlahnya sekitar 52 persen. Sedangkan sisanya berasal dari APBN dan investasi swasta murni.

"Kalau tidak salah IKN itu US miliar, atau Rp500 triliun. Itu kan 20 persennya APBN negara. Banyak untuk yang (proyek) worktadi. Tapi kemudian 52 persen itu adalah KPBU, dan banyak di (proyek)live. Nah kemudian yang (proyek) playitu adalah swasta, murni investasinya. Jadi ada 3, APBN, KPBU dan swasta," ungkapnya. 



Sementara itu sejumlah negara ASEAN juga disebut bakal investasi juga di IKN.

Misalnya, Malaysia yang bakal menggarap 20 tower rusun lewat dua perusahaannya. Lalu ada juga dari Singapura yang tertarik investasi di sektor energi terbarukan.

"Dari Singapura itu mereka paling minat renewable energy, kemudian pengolahanwaste," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Menakar Taji Tol Cisumdawu Denyutkan Nadi Bandara Kertajati******

Presiden Jokowi optimis beroperasinya Tol Cisumdawu bakal menghidupkan Bandara Kertajati. Para pakar memberi banyak catatan soal mimpi itu.
Presiden Jokowi optimis beroperasinya Tol Cisumdawu bakal menghidupkan Bandara Kertajati. Para pakar memberi banyak catatan soal mimpi itu. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin rampungnya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) bisa membangkitkan gairah penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Namun, catatan kelam pada 2019 masih menghantui.

Pada 1 Juli 2019 lalu, seluruh penerbangan domestik dari dan ke Bandara Husein Sastranegara, Bandung, resmi dialihkan ke Bandara Kertajati.

Setidaknya, ada 53 penerbangan dengan 13 rute domestik, yang dilayani berbagai maskapai, seperti Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink, dan Lion Air, dipindahkan ke Majalengka.

"Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama agar jalan tol jadi, Bandara Kertajati juga jadi, berbarengan. Tetapi, sekali lagi karena urusan pembebasan lahan. Bandara Kertajati selesai, tolnya belum selesai, sehingga ini mengganggu operasional Kertajati," curhat Jokowi saat peresmian Tol Cisumdawu, Selasa (11/7).

Ia menyebut pembangunan Tol Cisumdawu sejak 2011 alias 12 tahun lamanya itu membuat Bandara Kertajati yang sudah rampung duluan, kesulitan menunjukkan tajinya. Jokowi berharap beroperasinya tol dengan terowongan kembar sepanjang 472 meter itu bisa membantu Bandara Kertajati ramai penumpang.

Lihat Juga :
Airlangga Ungkap Nasib 58 Proyek Jokowi yang Tak Kelar di 2024

"Dimulai Oktober (2023) akan operasi penuh. Artinya, dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet," ujarnya.

Selain pesawat jet, Jokowi berharap proses pemindahan penerbangan pesawat baling-baling dari Husein Sastranegara ke Kertajati dapat berjalan lancar, maksimal dalam satu tahun.

Pengamat Penerbangan Gerry Soejatman berpendapat kehadiran Tol Cisumdawu tidak akan serta merta membuat Bandara Kertajati ramai. Meski begitu, ia menegaskan kehadiran tol yang menghabiskan Rp18,3 triliun adalah syarat mutlak jika ingin Kertajati berdetak.

"Tersambungnya Tol Cisumdawu adalah syarat mutlak sebelum operasi bisa dipindahkan ke Kertajati agar masyarakat Bandung bisa mencapai bandara dengan waktu yang masih masuk akal," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (17/7).

Lihat Juga :
Rusia Tarik Diri dari Perjanjian Ekspor Gandum

Pada 2019, ia sudah mewanti-wanti pemerintah agar tak berharap pemindahan penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati bakal ramai penumpang tanpa akses Tol Cisumdawu. Tanpa tol itu, warga Bandung kudu menempuh tiga jam ke bandara.

Namun, kata Gerry, kehadiran Tol Cisumdawu pun tetap menjadi tantangan karena jarak tempuh rata-rata masih sekitar 80 menit hingga 90 menit.

Maka, ia menyarankan pemerintah memikirkan akses angkutan umum untuk para penumpang dan pekerja Bandara Kertajati. Angkutan tersebut harus terjadwal, bahkan disubsidi.

"Selain itu, jangan cuma memikirkan Bandung saja. Catchmentarea Bandara Kertajati ini dari Cikampek sampai Tegal, kok tidak terlihat ada marketing campaignatau effortuntuk mengambil catchmentarea alami bandara ini?" tanyanya.

Bersambung ke halaman sebelah...

Kertajati bisa sasar pasar penerbangan haji, kargo hingga bengkel pesawat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:adipatislot

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
nama situs slot resmi
slot yang gacor pagi hari
poxy88
bo slot gacor dan terpercaya
situs slot 2022 terpercaya
erek2 cincin
sgp 77 slot
ak7n demo slot
situs slot gacor terbaru
Daftar isi semua bab
Bab 1 tafsir mimpi 2d abjad az togel
Bab 2 seribu mimpi 01
Bab 3 bet88
Bab 4 buku mimpi 2d 48
Bab 5 slot minimal deposit 5000 via pulsa
Bab 6 buku mimpi 2d 11
Bab 7 slot demo juarabet99
Bab 8 91 di erek erek
Bab 9 cnn slot hari ini
Bab 10 cara pinjam uang di mitra bukalapak
Bab 11 cara daftar cicilan di lazada
Bab 12 glory303
Bab 13 ganas slot
Bab 14 mogeqq
Bab 15 buku mimpi 2d 38
Bab 16 brunei 21 paito warna
Bab 17 agen slot gacor
Bab 18 erek erek 39 2d
Bab 19 slot gacor gampang menang 2022
Bab 20 188 slot gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3615bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Saya datang dari gunung dan ingin turun gunung

pragmatic007
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (28/7).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (28/7). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (28/7).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya tak menutup mata indeks saham masih dihantui peluang konsolidasi wajar. Namun, ia menilai kondisi ini bisa dimanfaatkan investor untuk mengoleksi saham.

"Dalam jangka pendek IHSG masih ditopang rilis kinerja emiten sepanjang semester I yang disinyalir cukup menjanjikan. Hari ini IHSG berpotensi menguat," jelas William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan ASII, BBCA, UNVR, HMSP, ASRI, PWON, TLKM, TBIG, dan BBNI.

Namun, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memprediksi IHSG akan bergerak datar. Ia meramal gerak IHSG hari ini berada di rentang 6.880-6.925.

Lihat Juga :
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Lanjut hingga Surabaya

"IHSG cenderung akan menguji support 6.880 dan mestinya akan melanjutkan fase bullish (penguatan) apabila tetap berada di atas level tersebut. Berdasarkan indikator MACD, indeks dalam kondisi netral," ungkapnya.

IHSG anjlok ke posisi 6.896 pada perdagangan Kamis (27/7). Indeks saham melemah 51,61 poin atau minus 0,74 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp11,29 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,44 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Dewa Pedang Kekacauan

panen77 com
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan delapan Proyek Strategis Nasional di bawah tanggung jawabnya yang bakal mundur penyelesaiannya ke semester II 2024.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan delapan Proyek Strategis Nasional di bawah tanggung jawabnya yang bakal mundur penyelesaiannya ke semester II 2024. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)Basuki Hadimuljono mengatakan ada delapan Proyek Strategis Nasional (PSN) di bawah tanggung jawabnya yang bakal mundur penyelesaiannya ke semester II 2024.

Basuki segera menyampaikan surat kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) supaya diberikan dispensasi agar penyelesaian proyek bisa mundur.

Pasalnya, semua proyek yang ada di daftar PSN harus diselesaikan maksimal semester I 2024 atau sebelum pergantian pemerintahan.

Lima bendungan yang dimaksud adalah Bendungan Bener di Jawa Tengah, Bendungan Lau Simeme di Sumatera Utara, Bendungan Budong-Budong di Sulawesi Barat, Bendungan Bolango Ulu di Gorontalo, dan Bendungan Mbay di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sedangkan tiga proyek tol yang target penyelesaiannya diundur ke semester II-2024 yaitu Jalan Tol Serang-Panimbang, Tol Patimban, dan Tol Semarang-Demak.

"Sedang dibikin suratnya oleh Pak Sekjen karena kalau nggak ada dispensasi, MYC (Multi Year Contract) nya tidak akan keluar," pungkas Basuki.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Lei Wu

dinasti168
Pertamina mendukung gelaran BalkonFest, kegiatan untuk meningkatkan peran masyarakat setempat dalam mendukung pariwisata Balkondes.
Suasana BalkonFest Balkondes Wringin Putih. (Foto: Arsip Pertamina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Balkondes Wringin Putih, salah satu destinasi wisata tersembunyi di Magelang, merayakan momen spesial dengan menggelar BalkonFest, sebuah acara yang berhasil menarik perhatian warga setempat dan pengunjung dari berbagai daerah. Acara ini diselenggarakan dengan dukungan penuh dari Pertamina dalam upaya untuk meningkatkan peran masyarakat dalam mendukung pariwisata di Balkondes.

Salah satu sorotan utama dari acara ini adalah workshopilmu digital yang menyasar warga sekitar. Workshopini dihadiri oleh peserta dari komunitas Forum Komunikasi Balkondes se-Borobudur dan para pemuda-pemudi yang tinggal di sekitar Wringin Putih.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat, membekali mereka dengan keterampilan dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi untuk mempopulerkan Balkondes Wringin Putih sebagai destinasi wisata unggulan di kawasan Magelang.

PertaminaKemeriahan acara BalkonFest Balkondes Wringin Putih. (Foto: Arsip Pertamina)

Tak hanya workshopyang menjadi sorotan, para pengunjung Balkon Fest juga disuguhkan berbagai pameran produk menarik. Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memadati acara ini dengan berbagai produk unggulan seperti makanan lezat, kerajinan tangan, perhiasan, dan aksesori menarik, turut meramaikan acara Balkon Fest.

Salah satu pameran menarik datang dari pemilik UMKM Kupat Tahu, Muhammad Saifuddin. Dengan wajah sumringah, dia pun mengakui bahwa Balkon Fest memberikan manfaat besar bagi bisnis UMKM-nya.

Menurutnya, acara ini memberikan kesempatan luar biasa untuk memasarkan produknya kepada masyarakat luas. Selain itu, hadirnya para pengunjung turut memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

"Banyak dari mereka yang tertarik dengan Kupat Tahu, sebuah hidangan tradisional khas kami. Ini benar-benar meningkatkan omset dan juga memperkenalkan produk kami kepada lebih banyak orang. Terima kasih kepada Pertamina atas penyelenggaraan acara ini, kami sebagai UMKM merasa sangat terbantu," ungkap Saifuddin dengan tulus.

BalkonFest telah berhasil menyuguhkan acara yang meriah dan bernilai budaya tinggi. Dengan workshopilmu digital dan pameran produk menarik, acara ini membuktikan betapa pentingnya dukungan dari masyarakat lokal dalam mengembangkan potensi pariwisata Balkondes Wringin Putih.

(rir/rir)

Indah seperti batu

mpo4d terbaru 2022
UBS berencana melakukan PHK kepada 3.000 karyawan di Swiss. Langkah ini diambil demi menghemat biaya operasional sebesar US miliar.
UBS berencana melakukan PHK kepada 3.000 karyawan di Swiss. Langkah ini diambil demi menghemat biaya operasional sebesar US miliar. (AFP/FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia--

UBS berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 3.000 karyawan di Swiss. Langkah ini diambil demi menghemat biaya operasional sebesar US miliar atau Rp152,3 triliun (Kurs Rp15.238 per dolar AS).

PHK ini juga tak lepas dari langkah perbankan asal Swiss tersebut yang mengakuisisi Credit Suisse beberapa waktu lalu.

Dilansir dari CNN Business, Jumat (1/9), PHK tersebut berjumlah sekitar 8 persen dari total staf UBS di Swiss.

CEO UBS Sergio Ermotti mengatakan PHK akan berlangsung selama beberapa tahun. Pihaknya juga berjanji akan memberikan dukungan keuangan, layanan penempatan kerja, dan peluang pelatihan ulang kepada karyawan yang terkena dampak.

"Setiap kehilangan pekerjaan adalah hal yang menyakitkan bagi kami. Sayangnya, dalam situasi ini, PHK tidak dapat dihindari," ucapnya.

Lihat Juga :
Jalan Panjang China Lepas dari Polusi Udara Menuju Energi Bersih

UBS sendiri memiliki 122 ribu tenaga kerja secara global. Setelah mengakuisisi Credit Suisse, sekitar 8.000 pegawai di perusahaan tersebut mengundurkan diri secara sukarela pada paruh pertama tahun ini.

Ermotti memperkirakan akan lebih banyak lagi karyawan yang mengundurkan diri atau pensiun. Namun, jumlah pekerja harus terus dikurangi di luar Swiss untuk mencapai tujuan penghematan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Kaisar Pedang Hunyuan

trik main slot jin ji bao xi hari ini
Koper Polo di Transmart Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat dibanderol cuma Rp680 ribu dalam program Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja pada Selasa (15/8).
Koper Polo di Transmart Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat dibanderol cuma Rp680 ribu dalam program Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja pada Selasa (15/8). Ilustrasi. (CNN Indonesia /Andry Novelino).
Depok, CNN Indonesia--

Koper Polo di Transmart Dewi Sartika, Depok, Jawa Barat dibanderol cuma Rp680 ribu dalam programTransmart Full Day Sale: Merdeka Belanja. Bahkan, harga ini belum termasuk diskon 20 persen bagi pengguna Allo Prime atau kartu kredit Bank Mega.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, harga koper Polo termurah di Transmart Depok awalnya dipatok Rp1,7 juta. Lalu, koper jenis TC 872210 ukuran 20 inch ini didiskon lagi menjadi Rp850 ribu.

"Ini nanti dari Rp850 ribu kena potongan diskon lagi jadi Rp680 ribu. Terus buat pengguna Allo Prime dan kartu kredit Bank Mega dapat lagi promo 20 persen, khusus hari ini," kata salah satu staff kepadaCNNIndonesia.com, Selasa (15/8).

Khusus hari ini, ada program Full Day Sale: Merdeka Belanja. Diskon ini hanya berlaku mulai jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di masing-masing gerai Transmart se-Indonesia.

Total seluruh diskon mencapai 50 persen dan ada tambahan diskon 20 persen jika menggunakan metode pembayaran Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Anda bisa mendapatkan harga murah untuk beberapa produk terpilih selain koper, seperti kategori bahan pangan, kebutuhan rumah tangga, fesyen, elektronik, furnitur, sampai sepeda listrik.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Invasi Tao

nagatop
Menkes Budi Gunadi menyebut pemerintah tengah mengajukan utang ke Bank Dunia untuk membangun RS terstandardisasi di seluruh Indonesia.
Menkes Budi Gunadi menyebut pemerintah tengah mengajukan utang ke Bank Dunia untuk membangun RS tersandarisasi di seluruh Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Kesehatan (Menkes)Budi Gunadi Sadikin menyebut pemerintah tengah mengajukanutang ke Bank Dunia. Pinjaman tersebut nantinya akan digunakan untuk membangunrumah sakit di seluruh kabupaten/kota dan provinsi, yang terstandardisasi.

Kendati demikian, Budi tak membocorkan berapa jumlah utang yang diajukan. Hanya saja, upaya tersebut untuk mengatasi minimnya akses fasilitas dan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Pemerintah pusat sekarang sudah dalam proses untuk mengambil pinjaman Bank Dunia, usaha," kata Budi usai menghadiri acara APRIL Group, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Rabu (25/7).

Budi mengatakan rencana pemenuhan dan standarisasi RS itu awalnya ia targetkan rampung selama ia menjabat. Namun karena pandemi covid-19 yang menghambat realisasinya, maka ia menargetkan program tersebut beres pada 2027 mendatang.

Berdasarkan data Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), pada 2014-2019 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 pun menunjukkan tren peningkatan penyakit jantung sebesar 0,5 persen pada 2013 menjadi 1,5 persen pada 2018.

Selain itu, penyakit jantung menjadi beban biaya terbesar. Berdasarkan data BPJS Kesehatan pada 2021, pembiayaan kesehatan terbesar ada pada penyakit jantung, yakni sebesar Rp7,7 triliun.

"Kita mungkin akan tarik sampai 2027. Semua RS di daerah, kabupaten/kota dan semua RS daerah di provinsi akan memiliki standar layanan untuk stroke, jantung, kanker yang modern," ujar Budi.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)