petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gbowin slot

pinjol yang bayarnya bulanan 826Jutaan kata 913021Orang-orang telah membaca serialisasi

《gbowin slot》

Mayoritas Kripto Bangkit, Bitcoin Balik ke US Ribu******

Harga mayoritas kripto berkapitalisasi pasar terbesar bangkit pada Rabu (15/2). Bitcoin naik lagi ke level US ribu.
Harga mayoritas kripto berkapitalisasi pasar terbesar bangkit pada Rabu (15/2). Bitcoin naik lagi ke level US ribu. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto berkapitalisasi pasarterbesar bangkit alias reboundpada Rabu (15/2).Bitcoinnaik lagi ke level US ribu, setelah berhari-hari amblas ke harga US ribu.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin dihargai US.142 per keping imbas penguatan 1,8 persen. Penguatan Si Raja Koin ini diikuti kripto jagoan lainnya.

Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, Ethereum, melesat 3,1 persen ke US.550 per koin.

Sementara Cardano terbang 7,4 persen ke harga USBahas Meikarta, Andre Rosiade Gebrak Meja di Depan Bos Lippo******

Andre Rosiade murka saat Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi VI DPR dengan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Ketut Budi Wijaya soal Meikarta.
Andre Rosiade murka saat Rapat Dengar Pendapat Umum Komisi VI DPR dengan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Ketut Budi Wijaya soal Meikarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade marah hingga menggebrak meja saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Ketut Budi Wijaya dan CEO PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) Indra Azwar soal Meikarta.

Ia marah karena kasus Meikarta tak kunjung selesai di mana para konsumen tidak mendapatkan unitnya. Konsumen bahkan dituntut oleh Meikarta.

"Kalau kita enggak bejek bapak, enggak kita panggil ke DPR, bapak injak itu orang-orang itu. Saya dengar 'oh kita bisa atur polisi, kita bisa atur jaksa, kita bisa atur hakim'. Makanya bapak berani," katanya, Senin (13/2).

"Ini Republik Indonesia bukan republik Lippo. Enggak ada yang bisa ngatur republik ini. Ini penting pak supaya paham itu oligarki. Kita hadapin," kata Andre sambil menggebrak meja.

Karena belum menemukan penjelasan detail terkait Meikarta, DPR akan memanggil CEO PT Lippo Karawaci Tbk John Riady, untuk memberikan keterangan terkait pembangunan Apartemen Meikarta yang bermasalah. Pemanggilan itu dijadwalkan berlangsung setelah masa reses DPR.

"Komisi VI DPR akan mengundang pihak terkait dari Lippo Group yaitu John Riady sebagai CEO PT Lippo Karawaci Tbk," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR Mohamad Hekal dalam rapat tersebut.

Andre mengatakan pemanggilan Jhon Riyadi dilakukan pada Maret 2023, usai masa reses DPR. Ia juga mengusulkan agar anggota Komisi VI melapor ke masing-masing fraksi untuk membuat panitia khusus atau pansus Meikarta supaya tidak ada lagi pihak yang bertindak sewenang-wenang di Indonesia.

"Jangan sampai ada oligarki yang bisa berkehendak seenak perutnya di republik ini. Bisa ngatur-ngatur hukum, bisa ngatur-ngatur segalanya, sehingga bisa melakukan penekanan dan intimidasi kepada masyarakat," ujar Andre.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr),38 per keping. Dogecoin dihargai USKuasa Hukum Konsumen Meikarta Respons Skema Refund via Titip Jual******
Pengacara Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Rudi Siahaan angkat suara mengenai opsi refund melalui skema titip jual apartemen.
Pengacara Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Rudi Siahaan angkat suara mengenai opsi refund melalui skema titip jual apartemen. (CNN Indonesia/Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengacara Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Rudi Siahaan merespons soal skema titip jual apartemen sebagai opsi refundkepada konsumen.

Menurut Rudi, konsumen tak mempermasalahkan skema yang ditawarkan PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pengembang Meikarta asalkan uang kembali maksimal akhir Februari 2023.

"Ya itu (titip jual) kan teknis dari mereka (Meikarta). Kami kan sebagai korban gak mau tahu seperti apa. Mau titip jual, titip beli, titip bayar, yang penting hak-hak yang dimintarefundharga mati terpenuhi dengan batas waktu yang sudah disepakati," jelas Rudi kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/2).

Selain itu, uang yang telah disetor dikembalikan utuh tanpa ada pinalti atau denda dan pertimbangan inflasi.

Ia menegaskan harapan dari para korban masih tetap ada, meski muncul istilah titip jual demi bisa mendapatkanrefund. Rudi juga mengklaim sudah ada pembicaraan dengan pihak Meikarta soal kemungkinan refundtersebut.

Meski tak merinci sudah sejauh mana pembahasan tersebut, Rudi mengapresiasi langkah Meikarta mencabut gugatan perdata Rp56 miliar kepada 18 konsumen yang menuntut haknya. Ia pun meyakini itikad baik itu akan dibarengi upaya refundkepada konsumen.

Lihat Juga :
Anak Buah Sri Mulyani Jamin IKN Tetap Jalan Meski Presiden Ganti

"Pasti kami akan memikirkan langkah-langkah hukum ke depan (kalau tetap tidak bisa refund melewati batas kesepakatan), tetapi saya yakin dengan dicabut gugatan itu sudah itikad baik, pasti berbarengan dengan itikad baik pemenuhan hak-hak para konsumen Meikarta ini," jelasnya.

Refund dengan skema titip jual ini mencuat setelah anggota DPR lintas komisi berbondong-bondong datang ke lokasi proyek Apartemen Meikarta. Kunjungan itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco mendapatkan laporan dari pihak PT Lippo Cikarang Tbk dan MSU bahwa ada solusi refund untuk 130 konsumen yang meminta uang mereka kembali.

"Tadi kami sudah dipaparkan supplydan demanddi Meikarta dan manajemen mengambil kebijakan untuk para konsumen yang ingin dananya kembali itu, 130 untuk dalam proses titip jual melalui manajemen," katanya di Proyek Apartemen Meikarta, Selasa (14/2).

"Jadi keseluruhannya bukan refund, tapi dititip jual melalui manajemen. Jadi berapa yang disetor yang itu nanti yang dikembalikan. Cuma memang memerlukan proses karena tiap-tiap unit yang dijual peminatnya," imbuhnya.

Dasco lantas meminta manajemen untuk segera menyelesaikan refund dengan skema titip jual itu dalam waktu paling lama 4 minggu atau sebulan, terhitung setelah kunjungan tersebut.

Di lain sisi, Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade yang ikut dalam kunjungan tersebut mengatakan pihaknya bakal melibatkan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN).

"Tentu ada tahapan dalam satu bulan masa reses ini kita akan awasi rencana pembagian unit juga rencana titip jual apakah terealisasi atau tidak. Kami akan awasi dan kami akan memerintahkan Badan Perlindungan Konsumen untuk mengawasi ini. Jadi supaya BPKN tidak jadi lembaga negara yang mandul, ada tapi keberadaannya tak dirasakan masyarakat," jelas Andre.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr),08 per koin setelah menguat 1,6 persen.

Polygon melonjak 6,1 persen ke harga US,25 per koin. Tren sepekan, koin nomor 1o ini tercatat turun 1,7 persen.

Tether, USD Coin dan Binance USD masih setia sebagai koin berharga US. Trio satu dolar AS ini berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

[Gambas:Video CNN]

Agen Properti Ungkap Belasan Hotel Laku Terjual di Bali, Harga Rp50 M******

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Bali mengungkap banyak hotel dan vila yang dijual di Pulau Dewata sepanjang tahun lalu.
Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Bali mengungkap banyak hotel dan vila yang dijual di Pulau Dewata sepanjang tahun lalu. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Ardita Mustafa).
Denpasar, CNN Indonesia--

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Balimengungkap banyak hoteldan vila yang laku terjual di Pulau Dewata sepanjang tahun lalu.

Ketua Arebi Bali Michael Hikma Gunawan mengatakan saat PPKM dilonggarkan, banyak hotel yang dijual oleh pemiliknya.

Ia memperkirakan belasan hotel dan puluhan vila sudah terjual alias berpindah tangan.

"Kalau tahun kemarin (2022) ada belasan hotel udah ganti tangan dan kebanyakan bintang tiga yang di-budgetRp50 milar," kata Michael, saat dihubungi Kamis (16/2).

Sementara itu, puluhan unit vila yang terjual harganya berkisar Rp3,5 miliar hingga Rp7 miliar. Sama seperti hotel, vila yang terjual paling banyak di Kabupaten Badung, Bali.

Menurut Michael, pembeli hotel dan vila di Bali banyak berasal dari pasar domestik atau WNI yang ingin memiliki properti di Bali.

Lihat Juga :
BRI dan BNI Akan Keluar dari BSI

"Pada awal pandemi benar-benar total tidak ada yang membeli. Mulai 2022 sudah bagus, sejak PPKM dibuka mulai ada pembeli," ungkapnya.

Ia juga menduga pengusaha banyak menjual vila dan hotel tahun lalu lantaran kesulitan finansial mengingat tidak ada tamu selama pandemi.

Selain itu, pemilik memilih melepas hotelnya agar tidak terbebani dengan operasional hotel yang tinggi. Terlebih, karyawannya banyak yang sudah di-PHK.

"Kadang-kadang juga mereka ada pinjaman dengan bank. Jadi mereka belum mampu bayar jadi sekarang walaupun mereka operasi tidak cukup bayar utang ke bank," jelasnya.

Di sisi lain, dengan mulai ramainya wisatawan masuk ke Bali, sejumlah hotel juga batal dijual.

"Dulu dia tidak ada pemasukan sekarang dia punya pemasukan. Apalagi kemarin G20 lumayan hotel-hotel terisi penuh itu. Harganya mereka naikin juga tetap terisi. Kalau villa dan hotel-hotel puluhan yang masih ada (dijual)," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/sfr)

Sinergi Perkuat UMKM se******

Kadin menggelar program 'Kadin Impact Award' sebagai bentuk apresiasi kepada Kadin di daerah dalam memperkuat UMKM di Indonesia.
Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid. (Foto: Arsip Kadin).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menggelar program 'Kadin Impact Award' sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya Kadin se-Indonesia dalam memperkuat UMKM di Tanah Air.

Dengan mengangkat tema "Satu Kadin Membangun Bangsa", Kadin Impact Award merupakan bentuk kontribusi nyata Kadin Indonesia dalam membangun perekonomian daerah dan nasional.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan Kadin Impact Award merupakan wujud sinergitas bersama Kadin-Kadin provinsi, serta Kabupaten/Kota dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui penguatan UMKM.

"Seperti yang sudah dicanangkan dalam tema Rapimnas 2022 Kadin 'Kadin Kuat, UMKM Kuat, Ekonomi Daerah dan Nasional Kuat, Indonesia Maju'," tambah Arsjad.

Melalui Kadin Impact Award, Arsjad melanjutkan, Kadin di seluruh daerah dapat mengangkat potensi ekonomi dan talenta daerah dengan menunjukkan berbagai program unggulan masing-masing terkait pengembangan UMKM.

Program Kadin Impact Award juga menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwa Kadin, baik Kadin nasional maupun daerah adalah satu yang inklusif, kolaboratif, dan progresif.

"Selain sebagai bentuk apresiasi, adanya Kadin Impact Award juga dapat memotivasi Kadin provinsi dan Kadin kabupaten/kota untuk memperkuat UMKM di daerah," kata Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi, Yukki Nugrahawan Hanafi

Adapun terdapat lima kategori yang akan dilombakan pada Kadin Impact Awards, yakni digitalisasi, women empowerment, vokasi, pemberdayaan ekonomi daerah, dan keberlanjutan (sustainability).

Selain penghargaan untuk lima kategori di atas, terdapat tiga penghargaan terpuji per wilayah yang mewakili provinsi terbaik di wilayah Indonesia Barat, Tengah, dan Timur.

Terakhir, Arsjad menyampaikan harapan kepada seluruh Kadin daerah se-Indonesia dapat berpartisipasi aktif di Kadin Impact Award, agar bersama-sama dapat semakin memajukan UMKM, serta menguatkan ekonomi daerah dan ekonomi nasional.

(osc/osc)




bab terbaru:casletoto

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
erek erek padi 2d
situs yang lagi gacor sekarang
mposport
link gacor pagi ini
inaslot88
pinjaman 10 juta langsung cair
pinjaman uku
angka prediksi togel
paylater termurah
Daftar isi semua bab
Bab 1 paito angka hk
Bab 2 erek 54
Bab 3 anugerahtoto
Bab 4 slot kalian besar
Bab 5 erek erek 2d 3d bergambar
Bab 6 jayaslot
Bab 7 deposit slot via shopeepay 5000
Bab 8 situs gacor slot online
Bab 9 togel deposit 5000
Bab 10 akun slot gacor terpercaya
Bab 11 aplikasi acak angka jitu
Bab 12 link game slot gacor
Bab 13 dewi5000
Bab 14 angkasa88
Bab 15 mpogalaxy
Bab 16 depo89
Bab 17 nama situs slot tergacor
Bab 18 cara hitung bunga kredivo
Bab 19 erek erek jeruk nipis
Bab 20 uang teman ojk
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7332bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Senjata pamungkas sihir dan sains

daftar slot indonesia
PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memberikan tarif khusus untuk sejumlah rute perjalanan kereta api dari Stasiun Gambir, Pasarsenen dan Bekasi.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memberikan tarif khusus untuk sejumlah rute perjalanan kereta api dari Stasiun Gambir, Pasarsenen dan Bekasi. Ilustrasi. (Arsip KAI).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memberikan tarif khusus untuk sejumlah rute perjalanan kereta apidari Stasiun Gambir, Pasarsenen dan Bekasi.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan melalui program tarif khusu,s pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah untuk sejumlah rute.

Rinciannya, Gambir/Pasarsenen - Cirebon (PP), Gambir/Pasarsenen - Pegaden Baru (PP), dan Gambir/Pasarsenen - Bekasi (PP).

Masyarakat, sambungnya, dapat mengunduh aplikasi KAI Access melalui perangkat IOS dan Android.

Tarif khusus tersebut untuk kelas eksekutif diberikan mulai dari Rp35 ribu hingga Rp185 ribu. Selanjutnya, untuk kelas bisnis mulai dari Rp30 ribu hingga Rp150 ribu dan kelas ekonomi mulai dari Rp25 ribu hingga R[120 ribu.

Pada saat yang sama, perusahaan juga akan terus meningkatkan beragam fasilitas di stasiun maupun di atas kereta seperti peremajaan kereta, percepatan waktu tempuh, penambahan face recognition, dan inovasi pelayanan lainnya sehingga masyarakat akan semakin nyaman saat menggunakan kereta api.

Selanjutnya, informasi terkait tarif khusus dan perjalanan kereta dapat menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Sangat sulit untuk memupuk keabadian

situs judi tergacor
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi akan melemah pada perdagangan Selasa (14/2).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi akan melemah pada perdagangan Selasa (14/2). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi akan melemah pada perdagangan Selasa (14/2).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pelemahan tersebut disebabkan belum adanya capital inflow yang mengalir deras masuk ke dalam pasar modal.

"Sehingga peluang terjadinya tekanan jangka pendek juga masih terbuka, namun momentum koreksi dapat terus dimanfaatkan untuk melakukan pembelian mengingat saat ini masih di awal tahun," kata William dikutip dari riset hariannya.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.803 dan resistance 6.902 Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBRI, BBCA, ITMG, BSDE, AKRA, LSIP, dan TBIG.

Sementara, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan IHSG akan menguat.

"IHSG masih berpeluang untuk menguji resisten di level 6.938 karena ditutup tipis di atas 6.900," kata Ivan.

Lihat Juga :
Salahkan Agen, Lippo Ungkap Meikarta Baru Terjual 18 Ribu Unit

Menurutnya, jika IHSG masih di bawah 6.938 maka akan mulai membentuk struktur koreksi berikutnya dari wave b untuk menguji kembali support 6.807.

Ivan memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support 6.807 dan resistance 6.938. Saham pilihannya adalah ADRO, ANTM, BBRI.

IHSG ditutup di level 6.900 pada Senin (13/2). Indeks saham menguat 19,81 poin atau plus 0,29 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8.896 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23.374 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 258 saham menguat, 268 terkoreksi, dan 195 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Kelahiran Kembali dan Balas Dendam

cara dapat uang dollar gratis
Harga daging ayam dan cabai naik pada Kamis (16/2), atau sebulan menjelang Ramadan.
Harga daging ayam dan cabai naik pada Kamis (16/2), atau sebulan menjelang Ramadan. ( CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga daging ayamdan cabainaik pada Kamis (16/2), atau sebulan menjelangRamadan.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga cabai rawit merah naik dari Rp56.850 per kg menjadi Rp59.900 per kg.

Jika dirinci, rata-rata harga cabai rawit merah termahal tercatat di Maluku Utara sebesar Rp90 ribu per kg. Sementara, harga termurah Rp32.100 di Sulawesi Selatan.

Harga cabai merah keriting juga naik dari Rp43.750 per kg ke Rp44.200 per kg. Cabai merah keriting termahal berada di Papua yaitu Rp63.350 per kg dan termurah di Sulawesi Selatan yaitu Rp24.650 per kg.

Harga daging ayam ras segar juga naik dari Rp34.200 per kg menjadi Rp34.450 per kg. Daging ayam ras segar termahal dijual di Kalimantan Utara Rp46.900 dan termurah di Gorontalo Rp21.150 per kg.

Di Jawa Tengah, daging ayam ras segar dijual Rp31.850 per kg, Banten Rp36.600 per kg, dan Jawa Barat Rp31.650 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Seratus ribu cerita pendek

rtp wayang88
Keberadaan Boni Andika sebagai Head of Marketing berperan signifikan dalam memperkenalkan airasia Super App dan menggaet konsumen di Indonesia.
Head of Marketing airasia Super App, Boni Andika (Foto: Arsip airasia Super App).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun lalu, airasia Super App mengalami perkembangan pesat. Pertama kali meluncur di Malaysia pada 2020, Indonesia merupakan negara ketiga setelah Thailand dan Filipina yang menjadi ekspansi regional airasia Super App.

Perkembangan pesat airasia Super App ini tak lepas dari kemudahan yang diberikan aplikasi ini kepada konsumen di Indonesia.

Selain itu, keberadaan Boni Andika sebagai Head of Marketing airasia Super App juga berperan signifikan terhadap perkembangan aplikasi perjalanan ini. Boni berhasil membawa airasia Super App 'terbang tinggi' di tengah sengitnya persaingan industri digital Tanah Air.

Perlahan tapi pasti, kurang dari setahun airasia food beroperasi di Indonesia, Boni sukses membuat layanan pesan-antar makanan online ini menarik minat jutaan konsumen serta pemilik bisnis kuliner untuk bergabung sebagai mitra merchant.

Berbekal portofolio kesuksesannya, Boni kemudian dipercaya menjadi Head of Marketing airasia Super App.

Peran baru itu kemudian membuat ia mengelola strategi marketing untuk seluruh layanan dan produk yang terdapat di dalam ekosistem airasia Super App Indonesia. Termasuk airasia ride, food, flights, hotels, shop, SNAP, transport, gifts, dan berbagai lainnya yang akan datang.

Berkat strategi tepat sasaran yang dirancangnya, travel super app besutan Capital A ini pun berhasil 'lepas landas' dan 'mengudara' dengan performa yang menjanjikan di pasar Indonesia.

Dalam kesempatan wawancara bersama CNN Indonesia beberapa waktu lalu, Boni membagikan tiga strategi marketing yang ia terapkan di airasia Super App Indonesia.

Lokalisasi Konten Menyesuaikan Behavior Pasar

Memperkenalkan airasia Super App yang notabene berbasis di Malaysia bukan hal yang mudah. Pria yang sempat menjajal karir di perusahaan fintech RinggitPlus.com ini berusaha untuk menarik insight keinginan masyarakat Indonesia dari sebuah platform digital.

Berangkat dari upaya riset dan pengembangan, Boni kemudian merumuskan pesan kampanye terintegrasi yang mampu memvisualisasikan brand dari airasia Super App sendiri, serta membangun unsur kedekatan dengan perilaku pasar yang dituju.

"Tantangannya adalah bagaimana kami dapat mengaitkan benang merah antara key message airasia Super App dengan setiap vertikal bisnis yang terdapat di dalam ekosistem. Saat itu, kami melihat bahwa ekspektasi konsumen Indonesia dari sebuah aplikasi digital, yaitu pengalaman yang luar biasa dan menguntungkan.," ujar Boni.

"Berdasarkan insight tersebut, kami pun menerjemahkannya menjadi sejumlah kampanye turunan, seperti #SUPERisinglyPuas untuk airasia food dan ride, serta #SUPERisinglyHemat untuk vertikal travel bisnis lainnya," tambahnya.

Kemudian pada 2023 ini, pihaknya juga menggaungkan kampanye #AyokemBALI untuk mengundang wisatawan domestik serta mancanegara kembali berwisata ke Pulau Dewata. Apalagi Bali selalu menjadi ikon pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Secara garis besar, kampanye ini juga menjadi salah satu strategi praktis kami untuk memperkuat brand positioning airasia Super App sebagai travel super app pilihan bagi para pelancong," sambungnya.

Menurut Boni, lokalisasi konten ini berhasil meningkatkan jumlah pengguna airasia Super App selama 2022 hingga 300 persen. Kenaikan signifikan ini jelas sangat berarti bagi airasia Super App di tahun pertamanya menyelami kompetisi industri digital Indonesia yang begitu dinamis.

Optimalisasi Kekayaan Database Pengguna

Sesuai dengan namanya, airasia Super App, Boni dan tim menilik potensi yang menyeluruh dalam menghadirkan arti 'super' sesungguhnya. Adanya keberagaman lini bisnis, memungkinkan airasia Super App untuk mengoptimalisasi basis data yang mencapai 51 juta penumpang dalam memberikan pengalaman yang terpersonalisasi.

Lebih dari itu, hal ini juga memungkinkan strategi marketing yang dilancarkan untuk melakukan cross-selling, dengan memberikan penawaran yang semakin menarik bagi pengguna.

"Contoh praktisnya, ketika pengguna membeli tiket pesawat ke Denpasar dengan airasia Super App, kami bisa mengirimkan push notification ataupun email penawaran promo hotel favorit, hingga airasia ride untuk pemesanan transportasi mereka selama di Bali," jelas Boni.

"Kami juga memiliki sebuah program loyalitas terintegrasi, airasia rewards, dimana airasia points yang dikumpulkan dari setiap transaksi, dapat digunakan untuk bertransaksi selanjutnya di seluruh layanan dan produk airasia Super App," tutur pria penyuka kuliner dan traveling ini.

Melalui sejumlah program cross-selling yang diterapkan, lanjut Boni, frekuensi transaksi pengguna airasia Super App di Indonesia meroket hingga 150 persen sepanjang tahun 2022.

Omni-channel untuk Perluas Brand Presence

Lebih lanjut Boni menerangkan, dalam dunia marketing, promo menjadi salah satu daya tarik yang dapat menarik konversi transaksi konsumen. Meski begitu, pendekatan marketing harusl mempertimbangkan setiap touchpoints dari customer journey agar dapat terjaga keberlangsungannya.

"Ketika airasia ride mengaspal di Provinsi Bali pada November 2022 lalu, kami ingin memastikan bahwa seluruh turis yang akan berkunjung ke Bali, bahkan dari sebelum kedatangan mereka di Bandara I Gusti Ngurah Rai, dapat mengetahui adanya layanan e-hailing dari airasia Super App ini," ujar Boni.

Selain menargetkan online ads hingga ke negara-negara yang merupakan target mayoritas wisatawan mancanegara, Boni juga melengkapi taktik marketing dari hulu ke hilir.

"Seperti in-flight activation di penerbangan AirAsia menuju Denpasar, car branding, konvoi, offline activation, hingga aktivasi promo khusus dengan sejumlah mitra hotel kami," tutupnya.

Boni mengakui, taktik pemasaran yang ia canangkan terbukti ampuh untuk menjaga konsistensi perkembangan bisnis airasia ride. Hal ini tercermin dari peningkatan pengguna layanan airasia ride oleh wisatawan mancanegara sebanyak 20 persen sejak pertama kali diluncurkan.

"Sedangkan, penumpang domestik airasia ride yang didominasi oleh pelancong asal Jakarta, Surabaya, dan Semarang juga mengalami pertumbuhan sebesar 48 persen," kata dia.

Ke depannya, Boni menjelaskan bahwa airasia Super App akan terus menghadirkan lebih banyak inovasi layanan serta produk-produknya.

"Semuanya itu akan diiringi rangkaian kampanye dan program menarik untuk memberikan pengalaman yang semakin lengkap juga memuaskan bagi para pengguna," pungkas Boni.

(osc/osc)

Buku keinginan

qqsuper99

dewa dan setan

pinjam uang cepat tanpa jaminan