petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sins88

pinjaman online jangka panjang 355Jutaan kata 108449Orang-orang telah membaca serialisasi

《sins88》

Benarkah Indonesia Dihantui Perusahaan Zombie Seperti Kata IMF?******

IMF memperingatkan Indonesia soal menjamurnya perusahaan zombie imbas kenaikan bunga acuan dan pandemi covid. Pengusaha dan pengamat mengakui itu.
IMF memperingatkan Indonesia soal menjamurnya perusahaan zombie imbas kenaikan bunga acuan dan pandemi covid. Pengusaha dan pengamat mengakui itu. (iStock/airdone).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dana MoneterInternasional (IMF) memberi peringatan kepada Indonesia

Peringatan terkait munculnya perusahaan zombie di Indonesia. Mereka menyebut ke depan akan banyak perusahaan zombie di tanah air imbas pandemi covid-19 dan kenaikan suku bunga yang terjadi belakangan ini.

Dalam laporan terbarunya yang dikutip Selasa (4/7), IMF mengatakan Indonesia sebenarnya sudah melakukan relaksasi kredit hingga Maret 2024 demi mengurangi beban kenaikan suku bunga. Namun, relaksasi itu tidak berlaku bagi semua perusahaan.

Hal itu lah kata IMF yang meningkatkan risiko makin banyak perusahaan 'zombie' karena mereka hidup segan mati tak mau.

"Memperpanjang relaksasi kredit terus meningkatkan risiko moral hazard, penundaan pengumuman kerugian, dan memperpanjang keberadaan perusahaan 'zombie'," tulis IMF.

Maka dari itu, IMF merekomendasikan agar relaksasi klasifikasi kredit yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak lagi diperpanjang setelah berakhir pada Maret 2024 mendatang.

Sebaliknya, IMF mendukung instrumen makroprudensial yang sudah mulai diarahkan untuk mendorong penyaluran kredit perbankan. Tujuannya agar kinerja kredit tetap positif tanpa ada restrukturisasi.

Lihat Juga :
Arti Perusahaan Zombie yang Diwanti-wanti IMF Berpeluang Muncul di RI

Mengutip berbagai sumber, perusahaan disebut zombie apabila menghasilkan cukup uang untuk terus beroperasi dan membayar utang, tetapi tidak dapat melunasinya.

Perusahaan tersebut hanya memenuhi biaya seperti upah, sewa, bayar bunga utang, tetapi tidak memiliki modal lebih untuk berinvestasi demi memacu pertumbuhan.

Sebenarnya tidak ada definisi formal tentang perusahaan zombie. Tetapi secara umum ada kesepakatan bahwa perusahaan-perusahaan ini tidak dapat bertahan secara ekonomi dan berhasil bertahan dengan memanfaatkan bank dan pasar modal

Di Amerika Serikat, perusahaan zombie sedikit jumlahnya. Umumnya mereka kecil di antara perusahaan swasta dan publik.

Perusahaan zombie di sana pun sebagian besar terkonsentrasi di sektor manufaktur dan ritel.

Sementara itu menanggapi peringatan IMF, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia sekaligus mantan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indoenesia (APINDO) Hariyadi Sukamdani mengatakan pernyataan lembaga keuangan internasional itu memang ada benarnya.

Lihat Juga :
Jerit Pengunjung Blok M Dipalak Parkir Liar: Kami Merasa Dizalimi

Saat ini memang sudah mulai ada perusahaan zombie di Indonesia. Ia menjelaskan itu terjadi karena Indonesia tidak mengenal sistem hair cutatau potongan terhadap pokok pinjaman perbankan. Perbankan maksimal hanya bisa menghapus denda administrasi dan bunga.

Hal ini terjadi lantaran regulasi perbankan oleh OJK sangat ketat terhadap rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR). Alhasil, bila ada perusahaan yang mengalami kesulitan, termasuk tertekan dampak pandemi, tidak punya modal untuk menutup kekurangan pembayaran cicilan ke bank mereka bisa dipailitkan seperti Zombie.

Model seperti inilah yang kata Hariyadi disebut IMF sebagai perusahaan zombie. 

"Bila perusahaan terdampak covid tidak punya modal lagi untuk menutup kekurangan cicilan ke bank, kemungkinannya akan dipailitkan bank atau seperti zombie yang disebutkan oleh IMF. Artinya perusahaan tersebut mencoba memperpanjang selama mungkin untuk cicilannya," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Hariyadi tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah perusahaan zombie di Indonesia. Namun, ia memastikan jumlahnya tidak banyak.

Lihat Juga :
Mengenal QRIS, Layanan Bank yang Kenakan Biaya Transaksi per 1 Juli

Hal berbeda disampaikan Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita. Ia mengatakan perusahaan zombie di Indonesia sejatinya banyak.

Namun fenomena itu juga terjadi di negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan China.

Ia menyebut perusahaan zombie yang kesulitan membayar utang, terutama saat kenaikan suku bunga bisa berdampak besar ke kehidupan ekonomi masyarakat. Memang katanya, ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh di tengah kondisi itu, seperti; melego sebagian saham, meresetrukturisasi utang dengan menambah masa waktu pembayaran agar bunga tidak terlalu besar.

Tapi, ketika itu tidak berhasil, mereka bisa menempuh cara PHK karyawan. Atau, pilihan paling tragis, tutup sama sekali.

Ketika itu terjadi, masyarakat bisa kehilangan pekerjaan, penghasilan sehingga ekonomi menjadi mandek.

"Jika memang di Indonesia banyak perusahaan semacam itu, akan sangat mungkin risikonya akan terasa dalam waktu-waktu dekat," kata Ronny.

Lihat Juga :
Biaya Layanan QRIS Berlaku Juli 2023: Tak Boleh Dipungut ke Konsumen

Kendati demikian, Ronny tak mengetahui pasti berapa jumlah perusahaan di Tanah Air. Menurutnya, sulit untuk mendapatkan data soal perusahaan zombie.

Ia hanya memberikan contoh soal perusahaan zombie itu.

"Contohnya adalah Garuda pada 2020-2021 lalu. Hari ini Wika juga terlilit masalah yang sama. Itu BUMN, swasta tampaknya tak sedikit juga," katanya.

Menghadapi situasi itu, ia meminta pemerintah dan otoritas terkait terutama BI dan OJK  untuk waspada. Kewaspadaan terutama ia harapkan dari sisi kapasitas pengawasan yang baik terkait keberadaan perusahaan-perusahaan zombie.

Lihat Juga :
Erick Akan Laporkan Dugaan Korupsi Dana Pensiun BUMN ke Kejagung

Pemerintah ia minta mulai mendata, memanggil, dan menawarkan win win solutionagar permasalahan yang dialami perusahaan zombie tidak berdampak buruk, termasuk saat tiba-tiba mereka harus mendadak tutup.

Di sisi lain, Ronny menilai persoalan perusahaan zombie agak dilematis lantaran eksistensi mereka terkait dengan kredit dan bank.

"Kalau mereka kolaps, utangnya ke bank bagaimana. Jika jumlahnya besar, maka banknya pun bisa terkena masalah," kata Rhony.

Perusahaan Zombie di BEI

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Ekonomi Lesu, Aktivitas Pabrik China Turun pada Juni 2023******

Aktivitas pabrik di China melambat sepanjang Juni 2023 lalu lantaran perusahaan kian khawatir dengan lesunya ekonomi.
Aktivitas pabrik di China melambat sepanjang Juni 2023 lalu lantaran perusahaan kian khawatir dengan lesunya ekonomi. Ilustrasi. (Jiangsu Information Office/RAUL ARIANO via AFP).
Jakarta, CNN Indonesia--

Aktivitas pabrik di Chinamelambat sepanjang Juni 2023 lalu. Hal ini lantaran perusahaan kian khawatir dengan lesunya ekonomi.

Berdasarkan CNA yang dikutip pada Senin (3/7), PMI manufaktur China turun dari 50,9 pada Mei menjadi 50,5 pada Juni 2023. Meski demikian, realisasi ini cukup baik karena masih di atas level 50.

Angka PMI manufaktur di atas 50 mencerminkan aktivitas bisnis ekspansi. Sedangkan, angka di bawah 50 berarti aktivitas bisnis kontraksi.

"Masalah yang tercermin dalam PMI manufaktur Caixin China Juni, mulai dari pasar kerja yang semakin mengerikan hingga meningkatnya tekanan deflasi dan memudarnya optimisme, juga menunjukkan kesimpulan yang sama," imbuhnya.

Survei PMI juga menunjukkan ada pelemahan pada pesanan baru untuk manufaktur baru di bulan lalu. Penjualan yang tertahan pun membuat beberapa pabrik menghentikan perekrutan karyawan untuk sementara waktu.

Bahkan, di beberapa perusahaan, jumlah tenaga kerja  turun selama empat bulan berturut-turut. Pasalnya, tidak ada perekrutan menggantikan karyawan yang pensiun dan berhenti.

Melihat hal itu, kabinet mengusulkan agar pemerintah memberikan dukungan kepada masyarakat untuk menjaga daya belinya. Salah satunya, memberikan paket keringanan pajak sebesar US miliar untuk kendaraan listrik.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Daftar Halte yang Dilewati Transjakarta Rute Kalideres******

Transjakarta resmi memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soetta pada Selasa (4/7) kemarin. Ada 20 halte yang dilewati Transjakarta rute ini.
Transjakarta resmi memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soetta pada Selasa (4/7) kemarin. Ada 20 halte yang dilewati Transjakarta rute ini. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) resmi memulai uji coba Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa (4/7) kemarin. Ada 20 halte yang dilewati Transjakarta rute ini.

Bus beroperasi setiap hari mulai pukul 06:00 - 09:00 dan 18:00 - 21:00 WIB, dengan rentang keberangkatan antarbus selama 20 menit. Perusahaan mengungkapkan masyarakat bisa menikmati layanan baru itu secara gratis selama masa uji coba.

"Selama masa uji coba, layanan ini dapat diakses dengan tarif Rp0 loh! Jangan lupa untuk tetaptap indan tap outya," tulis perusahaan melalui cuitan akun Twitter resminya @PT_Transjakarta, Senin (3/7) kemarin.

- Rute Kalideres-Soetta:

1. Halte Kalideres 1
2. Pos Polisi Daan Mogot Baru
3. RSUD Kalideres
4. SMAN 84
5. Simpang Jalan Peta Selatan
6. Sekolah Kairos Garcia
7. Jalan Citra Garden VII
8. Jalan Alam Raya
9. Jalan Rawa Lele
10. Jalan Rawa Lele 1
11. SMPN 186
12. Seberang Jalan Peta Barat 1
13. Jalan Husen Sastranegara 2
14. Jalan Husen Sastranegara 1
15. Gerbang Soetta 1
16. Seberang Sowan Wisata Belanja
17. Jalan Cengkareng Golf Club 1
18. Soewarna Foodhall 1
19. Jalan Cengkareng Golf Club 3
20. Terminal Kargo 1
21. Terminal Kargo 2
21. Perkantoran Soekarno-Hatta

- Rute Soetta-Kalideres

1. Perkantoran Soekarno-Hatta
2. Stasiun KA Bandara
3. Imigrasi Soekarno-Hatta
4. Bundaran Kargo
5. Simpang Rawa Kompeni Raya Perancis
6. Jalan Peta Barat 1
7. Seberang SMPN 186
8. Seberang Jalan Rawa Lele 1
9. Jalan Peta Barat
10. Masjid Jami Almarhumah
11. Seberang Jalan Alam Raya
12. Seberang Jalan Citra Garden VII
13. Jalan Peta Utara
14. Simpang Jalan Peta Selatan
15. SMK Jakarta 1
16. Pasar Hari Hari Kalideres
17. Seberang RS Mitra Keluarga Kalideres
18. Seberang Heinz ABC Kalideres
19. Seberang Gang Bali III Kalideres
20. Komplek Polri Kalideres
21. Halte Kalideres 1

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)




bab terbaru:situs slot pasti bayar

Perbarui waktu:2024-07-02

Daftar bab terbaru
slot gacor 988
paito bangkok 930
ratu111
04 erek erek togel
web gacor slot
slot gacor jamin maxwin
bola88
info bo slot gacor
pinjaman di kredivo
Daftar isi semua bab
Bab 1 garasipoker
Bab 2 daftar merchant offline kredivo
Bab 3 amanah slot
Bab 4 899sports
Bab 5 kios365
Bab 6 gunung bet888 login
Bab 7 ibet899
Bab 8 spaceman pragmatic play
Bab 9 fortunaslot
Bab 10 akun slot yang lagi gacor hari ini
Bab 11 indoslot777
Bab 12 slot klik 4d
Bab 13 234slot
Bab 14 qqslot88
Bab 15 detiktoto
Bab 16 slot siang hari
Bab 17 dindongtogel
Bab 18 togel88asia
Bab 19 slot skywind terbaru
Bab 20 dewa judi 4d slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4322bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Liu Wuxie Xu Lingxue

sultan899
Saham BBCA, ASII, hingga ANTM menjadi tiga di antara emiten yang diprediksi mendulang cuan pada sepekan ke depan ini.
Saham BBCA, ASII, hingga ANTM menjadi tiga di antara emiten yang diprediksi mendulang cuan pada sepekan ke depan ini. (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 2,78 poin atau minus 0,04 persen ke level 6.661 pada perdagangan Selasa (27/6) lalu. Investor bertransaksi sebesar Rp8,05 triliun dengan jumlah sahamyang diperdagangkan sebanyak 16,51 miliar.

Pekan lalu, bursa hanya buka selama dua hari yaitu Senin dan Selasa karena cuti bersama Iduladha. Pada perdagangan singkat itu, indeks saham melemah satu kali dan menguat satu kali. Sementara, performa indeks menguat sebesar 0,02 persen.

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memprediksi selama sepekan ke depan, IHSG akan bergerak di rentang support 6.610 dan resistance 6.712. Pergerakan indeks saham akan diwarnai oleh beragam sentimen negatif.

"Sehingga pelaku pasar cenderung wait and seeterlebih asing dalam satu bulan ini tercatat melakukan net sell sebesar Rp3,06 triliun," imbuh Riska kepada CNNIndonesia.com.

Ia juga mengatakan pelaku pasar tengah menanti beberapa rilis data perekonomian dari dalam maupun luar negeri. Seperti inflasi Indonesia Juni, The Institute of Supply Management (ISM) Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) AS Juni, dan neraca perdagangan Jerman Mei. Kemudian, neraca perdagangan AS Mei, Non Farm Payroll AS Juni, serta Unemployment rate AS Juni.

Terkait libur panjang Iduladha, Riska menilai hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap pergerakan IHSG. Pasalnya, pergerakan indeks saham cenderung dipengaruhi beberapa faktor di atas. Namun, pasca Iduladha dan libur panjang ada potensi meningkatnya volume perdagangan.

Mengacu pada sentimen tersebut, Riska menyarankan investor untuk mengakumulasi bertahap saham-saham yang undervalue, perhatikan fundamental perusahaan, dan proyeksinya.

Lihat Juga :
Bea Cukai Tahu Eksportir Penyelundup 5 Juta Ton Ore Nikel ke China

Adapun sejumlah saham yang direkomendasikan untuk dikoleksi, seperti PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk atau INKP yang pada pekan lalu ditutup stagnan di level 8.500.

Kemudian, Riska juga merekomendasikan saham PT Astra International Tbk (ASII) yang melemah 0,37 persen ke posisi 6.775 pada pekan lalu.

Selanjutnya, PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA yang menguat 0,83 persen ke posisi 9.150 pada pekan lalu.

Riska juga merekomendasikan emiten sektor pertambangan, yakni PT Aneka Tambang Tbk atau ANTM yang stagnan di posisi 1.950 pada pekan lalu.

Saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau BMRI yang ditutup menguat 1,46 persen ke posisi 5.200 pada pekan lalu. Terakhir, saham PT Telkom Indonesia Tbk atau TLKM yang menguat 0,25 persen pada pekan lalu ke posisi 4.000.

Lihat Juga :
Bahlil Sebut IMF Pernah Jerumuskan RI dari Ruang Rawat Inap ke ICU

Sementara itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memprediksi IHSG bergerak di rentang support 6.578 dan resistance 6.717 selama pekan depan. Menurutnya, pergerakan indeks saham bakal diwarnai sentimen global dan dalam negeri.

Lebih lanjut, sikap hawkish atau kecenderungan bank sentral AS (The Fed) mengerek suku bunga kembali menjadi perhatian investor. Selain itu, pelaku pasar juga akan mencermati rilis data ekonomi China.

"Nada hawkish dari The Fed untuk menurunkan inflasi AS lebih cepat masih akan menjadi cermatan bagi para pelaku pasar, ditambah dengan masih adanya rilis data PMI manufaktur China dan rilis data inflasi Indonesia," ucap Herditya.

Dalam kondisi tersebut, ia pun menyarankan pelaku pasar untuk melakukan buy on weakness (BoW) atau membeli saham saat harga rendah pada emiten-emiten pilihannya.

Lihat Juga :
Bahlil: Terima Kasih Pak SBY Selesaikan Utang Kita ke IMF

Beberapa emiten yang ia rekomendasikan yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau MTEL yang bertengger di posisi 665 pada pekan lalu. Herditya memprediksi MTEL bisa menyentuh posisi 720 pekan ini.

Selanjutnya, PT Bank Jago Tbk atau ARTO yang ditutup melemah 1,24 persen ke posisi 3.180 pada pekan lalu. Untuk pekan ini, Herditya memprediksi emiten perbankan itu dapat menyentuh level 3.600.

Kemudian, Herditya juga merekomendasikan saham emiten sektor ritel, yakni PT Mitra Adiperkasa Tbk atau MAPI yang ditutup stagnan di posisi 1.690 pekan lalu. Ia memprediksi MAPI dapat menyentuh posisi 1.800 pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Keinginan Iblis

tso777 agen slot gacor
Menyambut hari raya Iduladha 1444H, PNM menyalurkan hewan kurban di berbagai titik di seluruh Indonesia melalui Gerakan #PNMBerkurban.
PNM melalui Gerakan #PNMBerkurban menyalurkan hewan kurban di berbagai titik di seluruh Indonesia. (Foto: Arsip PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Dalam momentum perayaan Iduladha 1444 Hijriah, PNM menyalurkan hewan kurban di berbagai titik di seluruh Indonesia. Bukti nyata dari rasa syukur perusahaan yang telah berusia 24 tahun dalam memberdayakan pelaku usaha ultra mikro ini terwujud melalui gerakan #PNMBerkurban.

Penyaluran hewan kurban dilakukan di sekitar kantor layanan PNM yang diwakili oleh Kantor Pusat PNM dan tersebar di berbagai titik unit Mekaar dengan masing-masing menyediakan satu ekor sapi. Daging kurban nantinya akan dialokasikan ke daerah-daerah dengan tingkat kepadatan nasabah PNM Mekaar tinggi yang layak menerimanya.

Beberapa titik unit Mekaar yang menjadi penerima hewan kurban antara lain berada di Kabupaten Pidie-Aceh, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Musi Rawas-Sumatera Selatan, Kabupaten Lombok Timur-NTB, Kabupaten Jeneponto-Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan-Kalimantan Selatan, serta daerah lainnya.

"Saya berharap kurban dari PNM bisa menjadi pengingat bagi kita semua, khususnya Insan PNM, untuk terus peduli dan memperhatikan sekitar. Memaknai Iduladha sebagi momentum untuk berbagi dan meyakini bahwa ada hak orang lain dari sebagian rezeki yang kita milik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/6).

Arief juga mengimbau unit-unit yang menjadi titik penyaluran hewan kurban untuk mengoptimalkan pembagian daging kurban kepada nasabah PNM Mekaar, para perempuan pelaku usaha ultra mikro. Ia meyakini bahwa jika kita menabur kebaikan, maka kita akan menuai kebaikan pula.

"Amal baik pasti akan mendapatkan balasannya, bukan hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk karyawan yang membantu mengurus nasabah PNM Mekaar," tutup Arief.

(rir/rir)

Keturunan langsung dari masa sulit

qqpulsa365
Saham Apple ditutup pada Jumat dengan nilai US triliun, menjadikannya satu-satunya perusahaan yang pernah mencapai tonggak tersebut.
Saham Apple ditutup pada Jumat dengan nilai US triliun, menjadikannya satu-satunya perusahaan yang pernah mencapai tonggak tersebut. (Matcuz/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Saham Apple ditutup pada Jumat dengan nilai US triliun atau sekitar Rp45 ribu triliun (asumsi kurs Rp15 ribu per dolar AS). Hal itu menjadikan Apple satu-satunya perusahaan yang pernah mencapai tonggak tersebut.

Mengutip CNN Business, Senin (3/7), perusahaan ini telah mengikuti gelombang saham Big Tech yang memberikan keuntungan paruh pertama terbaik bagi Nasdaq dalam 40 tahun terakhir.

Saham Apple naik lebih dari 2 persen pada Jumat dengan harga tertinggi sebesar US3,97.

Apple dengan mudah melampaui level US0,73 yang diperlukan untuk mencapai US triliun saat pasar dibuka pada Jumat (30/6).

Nilai yang sangat tinggi bagi raksasa teknologi ini datang setelah diluncurkannya Apple Vision Pro yang berisiko awal bulan ini dan laporan keuangan kuartalan yang lebih baik dari yang diharapkan pada Mei, meskipun penjualan dan keuntungan menurun.

Lihat Juga :
Walt Disney Digugat Imbas Beri Upah Rendah ke Pekerja Perempuan

Vision Pro, yang akan dijual tahun depan, mengesankan para jurnalis teknologi yang mendapatkan pratinjau awal tentang perangkat realitas teraugmentasi tersebut.

Namun, perangkat ini memasuki pasar yang masih baru dengan adopsi konsumen umum yang sedikit.

Apple berencana mematok harga sebesar US.499 untuk headset tersebut, yang saat ini memiliki aplikasi dan pengalaman terbatas, serta memerlukan pengguna untuk tetap terhubung dengan baterai seukuran iPhone.

Saham Apple (AAPL) telah melonjak 49 persen tahun ini, didorong oleh lonjakan lebih luas dalam saham Big Tech ketika investor melompat ke dalam tren kecerdasan buatan. Nvidia (NVDA) memimpin S&P 500 dengan kenaikan 190 persen tahun ini, diikuti oleh Meta (META) dengan kenaikan 138 persen.

Lihat Juga :
Pernyataan Keras Bahlil ke IMF Usai Minta Longgarkan Ekspor Nikel Cs

Nasdaq tumbuh sebesar 31,7 persen pada paruh pertama tahun ini, mencatatkan kenaikan persentase paruh pertama terbesar sejak 1983.

Sebelumnya, Apple pernah berada tersebut pada 3 Januari 2022, di mana valuasi Apple mencapai US triliun selama perdagangan di hari tersebut, namun tidak berhasil menutup di angka itu.

Adapun keberhasilan pasar saham Apple tahun ini berbanding terbalik dengan 2022. Pada awal 2023, kapitalisasi pasar Apple turun di bawah US triliun dalam perdagangan untuk pertama kalinya sejak awal 2021.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Siswa Lurus A

link slot luar negeri 2023
Saham BBCA, ASII, hingga ANTM menjadi tiga di antara emiten yang diprediksi mendulang cuan pada sepekan ke depan ini.
Saham BBCA, ASII, hingga ANTM menjadi tiga di antara emiten yang diprediksi mendulang cuan pada sepekan ke depan ini. (cnnindonesia/AdhiWicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 2,78 poin atau minus 0,04 persen ke level 6.661 pada perdagangan Selasa (27/6) lalu. Investor bertransaksi sebesar Rp8,05 triliun dengan jumlah sahamyang diperdagangkan sebanyak 16,51 miliar.

Pekan lalu, bursa hanya buka selama dua hari yaitu Senin dan Selasa karena cuti bersama Iduladha. Pada perdagangan singkat itu, indeks saham melemah satu kali dan menguat satu kali. Sementara, performa indeks menguat sebesar 0,02 persen.

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memprediksi selama sepekan ke depan, IHSG akan bergerak di rentang support 6.610 dan resistance 6.712. Pergerakan indeks saham akan diwarnai oleh beragam sentimen negatif.

"Sehingga pelaku pasar cenderung wait and seeterlebih asing dalam satu bulan ini tercatat melakukan net sell sebesar Rp3,06 triliun," imbuh Riska kepada CNNIndonesia.com.

Ia juga mengatakan pelaku pasar tengah menanti beberapa rilis data perekonomian dari dalam maupun luar negeri. Seperti inflasi Indonesia Juni, The Institute of Supply Management (ISM) Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) AS Juni, dan neraca perdagangan Jerman Mei. Kemudian, neraca perdagangan AS Mei, Non Farm Payroll AS Juni, serta Unemployment rate AS Juni.

Terkait libur panjang Iduladha, Riska menilai hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap pergerakan IHSG. Pasalnya, pergerakan indeks saham cenderung dipengaruhi beberapa faktor di atas. Namun, pasca Iduladha dan libur panjang ada potensi meningkatnya volume perdagangan.

Mengacu pada sentimen tersebut, Riska menyarankan investor untuk mengakumulasi bertahap saham-saham yang undervalue, perhatikan fundamental perusahaan, dan proyeksinya.

Lihat Juga :
Bea Cukai Tahu Eksportir Penyelundup 5 Juta Ton Ore Nikel ke China

Adapun sejumlah saham yang direkomendasikan untuk dikoleksi, seperti PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk atau INKP yang pada pekan lalu ditutup stagnan di level 8.500.

Kemudian, Riska juga merekomendasikan saham PT Astra International Tbk (ASII) yang melemah 0,37 persen ke posisi 6.775 pada pekan lalu.

Selanjutnya, PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA yang menguat 0,83 persen ke posisi 9.150 pada pekan lalu.

Riska juga merekomendasikan emiten sektor pertambangan, yakni PT Aneka Tambang Tbk atau ANTM yang stagnan di posisi 1.950 pada pekan lalu.

Saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau BMRI yang ditutup menguat 1,46 persen ke posisi 5.200 pada pekan lalu. Terakhir, saham PT Telkom Indonesia Tbk atau TLKM yang menguat 0,25 persen pada pekan lalu ke posisi 4.000.

Lihat Juga :
Bahlil Sebut IMF Pernah Jerumuskan RI dari Ruang Rawat Inap ke ICU

Sementara itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memprediksi IHSG bergerak di rentang support 6.578 dan resistance 6.717 selama pekan depan. Menurutnya, pergerakan indeks saham bakal diwarnai sentimen global dan dalam negeri.

Lebih lanjut, sikap hawkish atau kecenderungan bank sentral AS (The Fed) mengerek suku bunga kembali menjadi perhatian investor. Selain itu, pelaku pasar juga akan mencermati rilis data ekonomi China.

"Nada hawkish dari The Fed untuk menurunkan inflasi AS lebih cepat masih akan menjadi cermatan bagi para pelaku pasar, ditambah dengan masih adanya rilis data PMI manufaktur China dan rilis data inflasi Indonesia," ucap Herditya.

Dalam kondisi tersebut, ia pun menyarankan pelaku pasar untuk melakukan buy on weakness (BoW) atau membeli saham saat harga rendah pada emiten-emiten pilihannya.

Lihat Juga :
Bahlil: Terima Kasih Pak SBY Selesaikan Utang Kita ke IMF

Beberapa emiten yang ia rekomendasikan yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau MTEL yang bertengger di posisi 665 pada pekan lalu. Herditya memprediksi MTEL bisa menyentuh posisi 720 pekan ini.

Selanjutnya, PT Bank Jago Tbk atau ARTO yang ditutup melemah 1,24 persen ke posisi 3.180 pada pekan lalu. Untuk pekan ini, Herditya memprediksi emiten perbankan itu dapat menyentuh level 3.600.

Kemudian, Herditya juga merekomendasikan saham emiten sektor ritel, yakni PT Mitra Adiperkasa Tbk atau MAPI yang ditutup stagnan di posisi 1.690 pekan lalu. Ia memprediksi MAPI dapat menyentuh posisi 1.800 pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Budaya menaklukkan dunia lain

slot gacor gampang menang 2022
Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai bisnis energi hijau berpeluang cuan besar di masa mendatang.
Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai bisnis energi hijau berpeluang cuan besar di masa mendatang. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai bisnis energi hijau berpeluang cuan besar di masa mendatang. Hal ini lantaran meningkatnya permintaan terhadap produk teknologi yang bisa mendukung terwujudnya net zero emissionpada 2060.

Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid menyebut bisnis energi hijau merupakan usaha masa depan yang menjanjikan.

"Makanya, kami mengajak semuanya. Pertama, ikut serta dan mengatakan 'hei ini ada cuannya bos'. Kalau enggak ada cuannya ngapain," kata Arsjad dalam Podcast Money Honey CNNIndonesia.com.

Arsjad menambahkan ada banyak tantangan dalam mewujudkannet zero emission. Tantangan yang dirasakan baik perusahaan besar, menengah, dan kecil akan berbeda. Begitu juga dengan tantangan usaha di berbagai sektor akan berbeda. Maka dari itu, diperlukan peta bagi usaha untuk mendukung tercapainya net zero emission.

Untuk itu, pengusaha membentuk Kadin Net Zero Hub sebagai wadah berdiskusi tentang teknologi untuk mewujudkan ekosistem rendah emisi di Indonesia. Para pembicara di Indonesia nantinya akan dibawa ke tingkat ASEAN. Dengan begitu, Indonesia tidak akan didikte oleh negara lain.

"Negara maju kadang bilang 'lu mesti gini ya'. Entar dulu ya, harus ngerti dong, kita ini beda sama yang di sana. Jadi cara kita, kapan waktunya, prosesnya beda. Enggak bisa setiap negara sama," kata Arsjad.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kelahiran Kembali Era Puncak

kta online mandiri
Transjakarta resmi memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soetta pada Selasa (4/7) kemarin. Ada 20 halte yang dilewati Transjakarta rute ini.
Transjakarta resmi memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soetta pada Selasa (4/7) kemarin. Ada 20 halte yang dilewati Transjakarta rute ini. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) resmi memulai uji coba Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa (4/7) kemarin. Ada 20 halte yang dilewati Transjakarta rute ini.

Bus beroperasi setiap hari mulai pukul 06:00 - 09:00 dan 18:00 - 21:00 WIB, dengan rentang keberangkatan antarbus selama 20 menit. Perusahaan mengungkapkan masyarakat bisa menikmati layanan baru itu secara gratis selama masa uji coba.

"Selama masa uji coba, layanan ini dapat diakses dengan tarif Rp0 loh! Jangan lupa untuk tetaptap indan tap outya," tulis perusahaan melalui cuitan akun Twitter resminya @PT_Transjakarta, Senin (3/7) kemarin.

- Rute Kalideres-Soetta:

1. Halte Kalideres 1
2. Pos Polisi Daan Mogot Baru
3. RSUD Kalideres
4. SMAN 84
5. Simpang Jalan Peta Selatan
6. Sekolah Kairos Garcia
7. Jalan Citra Garden VII
8. Jalan Alam Raya
9. Jalan Rawa Lele
10. Jalan Rawa Lele 1
11. SMPN 186
12. Seberang Jalan Peta Barat 1
13. Jalan Husen Sastranegara 2
14. Jalan Husen Sastranegara 1
15. Gerbang Soetta 1
16. Seberang Sowan Wisata Belanja
17. Jalan Cengkareng Golf Club 1
18. Soewarna Foodhall 1
19. Jalan Cengkareng Golf Club 3
20. Terminal Kargo 1
21. Terminal Kargo 2
21. Perkantoran Soekarno-Hatta

- Rute Soetta-Kalideres

1. Perkantoran Soekarno-Hatta
2. Stasiun KA Bandara
3. Imigrasi Soekarno-Hatta
4. Bundaran Kargo
5. Simpang Rawa Kompeni Raya Perancis
6. Jalan Peta Barat 1
7. Seberang SMPN 186
8. Seberang Jalan Rawa Lele 1
9. Jalan Peta Barat
10. Masjid Jami Almarhumah
11. Seberang Jalan Alam Raya
12. Seberang Jalan Citra Garden VII
13. Jalan Peta Utara
14. Simpang Jalan Peta Selatan
15. SMK Jakarta 1
16. Pasar Hari Hari Kalideres
17. Seberang RS Mitra Keluarga Kalideres
18. Seberang Heinz ABC Kalideres
19. Seberang Gang Bali III Kalideres
20. Komplek Polri Kalideres
21. Halte Kalideres 1

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)