petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pedro4d

slot paling gacor mudah menang 206Jutaan kata 177645Orang-orang telah membaca serialisasi

《pedro4d》

Koleksi Saham yang 'Menjanjikan Cuan' di Tengah Rilis Data Ekonomi******

Analis menyarankan investor mengoleksi saham-saham sektor tambang dan energi, termasuk basic consumer di tengah kondisi ekonomi saat ini.
Analis menyarankan investor mengoleksi saham-saham sektor tambang dan energi, termasuk basic consumer di tengah kondisi ekonomi saat ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 10,95 poin atau naik 0,16 persen ke level 7.045 pada perdagangan pekan lalu. Investorasing membukukan beli bersih Rp823,92 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat tiga kali dan melemah dua kali. Secara total, performa indeks saham melemah 0,15 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Aulia Noviana Utami Putri mengatakan rata-rata nilai transaksi harian bursa naik sebesar 2,62 persen, yaitu jadi Rp13,35 triliun dari Rp13,01 triliun pada pekan lalu.

Frekuensi transaksi harian bursa juga menurun sebesar 1,98 persen dari 1.219.787 transaksi pada pekan lalu menjadi 1.195.583 transaksi.

"Sementara itu, perubahan sebesar 6,35 persen terjadi pada rata-rata volume transaksi bursa menjadi 20,65 miliar saham dari 22,05 miliar saham pada pekan lalu," ungkapnya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (4/11).

Pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda menyebut IHSG pekan ini diprediksi menguat. Rentang pergerakan di level support 6.964 dan resistance 7.132.

Lihat Juga :
Modal Asing Rp900 M Masuk RI Sepekan Ini

Langkah bank sentral AS, The Fed, yang kembali menaikkan suku bunga 75 bps menjadi 3,75 hingga 4 persen sudah dapat diprediksi. Namun, investor khawatir dengan pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell yang mengatakan terlalu dini untuk menghentikan kenaikan suku bunga acuan.

Sementara, sentimen positif datang dari rilis data Non-Farm Payroll (NFP) AS yang menunjukkan penguatan pertumbuhan tenaga kerja. Hal itu menunjukkan bahwa ekonomi AS tidak mengalami kontraksi atau resesi seperti yang dikhawatirkan.

Kemudian, kabar China mulai membuka lockdown di beberapa tempat menandakan penerapan kebijakan nol-covid melunak. Bursa Shanghai dan Hangseng pun langsung menguat signifikan pada sesi perdagangan Jumat (4/11) lalu.

"Secara teknikal IHSG berpotensi bullish, sehingga bagi trader ini adalah peluang untuk mengoleksi beberapa saham yang mulai rebound. Secara jangka panjang IHSG masih bullish, sehingga bagi investor tidak ada yang perlu dikhawatirkan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (6/11).

[Gambas:Video CNN]



Hary menyarankan investor untuk memperhatikan sektor basic materials dan consumers cyclicals. Sektor-sektor ini relatif lebih tidak terlalu terpengaruh terhadap tekanan inflasi dan kenaikan suku bunga.

Secara teknikal, Hary merekomendasi saham PT Pinago Utama Tbk (PNGO) yang menguat 1,92 persen ke posisi 1.325 pada pekan lalu. PNGO diproyeksi bisa menembus 1.380.

Ada juga saham PT Vale lndonesia Tbk (INCO) yang menguat 1,89 persen ke posisi 6.750 pada pekan lalu. INCO diprediksi bergerak di rentang support 6.375 dan resistance 7.125.

Terakhir, Hary menyarankan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang tumbuh 4,64 persen ke posisi 1.915 pada pekan kemarin. ANTM diprediksi bisa menembus 2.010 pada pekan ini.

Lihat Juga :
OJK Sanksi Wanaartha Life dan Kresna Life, Kegiatan Usaha Dibatasi

Setali tiga uang, Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memproyeksi IHSG pekan ini bergerak cenderung menguat dengan rentang pergerakan di support yang terjaga sepekan lalu di level 6.980 dan resistance 7.180.

Beberapa sentimen bakal menyertai. Rilis data pertumbuhan PDB kuartal III diperkirakan secara konsensus tumbuh 5,89 persen yoy. Jika sesuai atau di atas ekspektasi, maka hal ini menjadi sentimen positif untuk IHSG.

Sementara, rilis data cadangan devisa diperkirakan turun ke US0 miliar pada Oktober 2022 dibandingkan bulan sebelumnya yang berada di level US0,8 miliar. Ini disebabkan pembayaran utang luar negeri demi menjaga stabilitas nilai tukar rupiah yang menjadi sentimen positif untuk pasar.

Lalu, dari luar negeri ada rilis data inflasi AS Oktober 2022 yang diperkirakan turun ke level 8 persen dari 8,2 persen pada bulan sebelumnya. Jika data sesuai atau lebih rendah dari ekspektasi, maka dapat menjadi sentimen positif karena The Fed bisa lebih dovish.

Lihat Juga :
OJK Sebut Dana Terhimpun di Pasar Modal Capai Rp109 T per Oktober 2022

"Pada pekan ini investor dapat berspekulasi di tengah beberapa rilis data yang memberikan sedikit angin segar untuk market. Meski demikian, perkiraan ini hanya bersifat sementara atau momentum jangka pendek," katanya.

Oktavianus menyarankan sektor yang harus dilirik adalah energi berbasis komoditas. Salah satunya, yakni minyak mentah, karena OPEC+ memangkas produksi membuat pasar minyak global akan tetap bullish. Lalu, sektor Konsumer Staples yang masih menjadi pilihan untuk defensif.

Secara teknikal, ia merekomendasikan saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) yang pekan lalu menguat 5,31 persen ke level 1.190. Oktavianus memprediksi MEDC bisa tembus 1.280.

Rekomendasi lain adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang tumbuh 4,64 persen ke level 1.915 pekan lalu. ANTM diprediksi bisa menembus 2.050 pekan ini.

Terakhir, ada saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR) yang menguat 3,42 persen ke level 2.420 pekan lalu. Pekan ini, MYOR diproyeksi bisa menembus 2.600.

(skt/bir)

Menhub Klaim Jepang, Korea, dan Inggris Akan Investasi di Proyek MRT******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan investor dari Jepang, Korea Selatan, dan Inggris akan berinvestasi dalam pembangunan MRT Jakarta.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan investor dari Jepang, Korea Selatan, dan Inggris akan berinvestasi dalam pembangunan MRT Jakarta. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan investor dari Jepang, Korea Selatan, dan Inggris akan berinvestasi dalam pembangunan MRT Jakarta.

Menurutnya, investasi itu akan disahkan di sela-sela KTT G20. Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta akan menjadi perwakilan Indonesia dalam penandatanganan kerja sama tersebut.

"Yang membanggakan adalah investornya tak hanya Jepang, tetapi Korea dan Inggris akan masuk sebagai konsorsium yang memberikan allowance. Kami rencanakan pada G20 akan ada signing," kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/11).

Budi menyampaikan MRT Jakarta menjadi bagian penting dari pembangunan transportasi massal perkotaan Indonesia. Menurutnya, berbagai transportasi massal di Jakarta akan menjadi percontohan untuk daerah lainnya.

"Dalam catatan bahwa kerugian secara akumulatif apabila angkutan massal tidak dilakukan, paling tidak terdapat kerugian Rp100 triliun dalam massa satu tahun. Oleh karana itu, cukup beralasan untuk dilakukan intensifikasi angkutan massal di semua kota," ucap Budi.

Lihat Juga :
KSPI soal Ancaman Resesi: Jangan Dipikir Buruh Bodoh, Ditakuti Terus

Sebelumnya, Budi menawarkan proyek transportasi massal di Indonesia ke investor dari sejumlah negara. Salah satu proyek yang ditawarkan Budi adalah MRT Jakarta.

Pada acara ASEAN di 28th ASEAN Transport Minister Meeting di Bali, Budi menawarkan proyek fase keempat MRT Jakarta ke Korea Selatan. Proyek perkeretaapian yang ditawarkan mencakup MRT Jakarta Fase 4, pengembangan LRT Jakarta, dan pengembangan LRT Bali.

"Kami sangat berharap Korea Selatan dapat berpartisipasi dalam pengembangan MRT Jakarta Fase 4 dan mengulang kerja sama baik yang pernah terjalin sebelumnya pada pengembangan LRT Jakarta fase pertama," ucap Budi seperti dilansir Antara, Selasa (18/10).

[Gambas:Video CNN]



(dhf/dzu)

3 Tips Faisal Basri Jika Resesi Global Menular ke Ekonomi RI******

Ekonom senior Faisal Basri menyebut ada 3 tips yang bisa dilakukan masyarakat agar tetap selamat jika ancaman resesi global menjalar ke ekonomi RI.
Ekonom senior Faisal Basri menyebut ada 3 tips yang bisa dilakukan masyarakat agar tetap selamat jika ancaman resesi global menjalar ke ekonomi RI. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonomi Senior Faisal Basri membeberkan beberapa tips bagi masyarakat jika Indonesia mengalamiresesi.

Hal tersebut ia ungkapkan saat berbincang dengan Ronal Surapradja dan Tike Priatnakusumah melalui kanal Youtube RoTivi. CNNIndonesia.comtelah mendapatkan izin untuk mengutip obrolan tersebut.

Faisal menerangkan bahwa kondisi ekonomi global sedang tidak baik-baik saja. Penyebab utamanya, perang Rusia-Ukraina.

Hal tersebut membuat rantai pasok dan harga energi melambung. Imbasnya inflasi di sejumlah negara melonjak.

Untuk mengendalikan inflasi itu, sejumlah bank sentral setiap negara pun menaikkan suku bunga acuan. Di sisi lain kenaikan suku bunga ini dapat melemahkan ekonomi negara bersangkutan.

Karenanya, ancaman resesi global pun bisa terjadi pada 2023. Meski begitu, Faisal mengatakan Indonesia masih jauh dari resesi karena pertumbuhan ekonominya masih cukup baik.

Namun, ia juga memberikan beberapa tips terkait apa yang harus dilakukan jika Indonesia resesi.

Lihat Juga :
Krisis Solar Ancam Dunia, Stok AS Sisa 25 Hari

Berikut tips dari Faisal Basri.

1. Simpan Uang Tunai

Menurut Faisal, saat kondisi ekonomi sedang memburuk, uang tunai merupakan sarana paling baik untuk menyimpan aset.

"Cash is the king," kata dia seperti dikutip pada Kamis (3/10).

Saat resesi uang tunai sangat dibutuhkan karena bisa membeli apapun. Sementara, harga barang-barang bisa turun karena permintaan yang melambat.

[Gambas:Video CNN]

2. Jangan Rakus

Faisal mengatakan ketika memiliki uang tunai, seseorang juga tidak boleh rakus untuk membelanjakan uangnya tersebut.

Misalnya, jangan karena harga sedang turun, secara serampangan belanja. Menurut Faisal, sebelum mempergunakan uang harus dipikirkan dulu risiko ke depannya.

"Jangan rakus, jadi jangan nafsu, misalnya harga emas lagi turun, semua uang taruh di emas, itu bahaya," kata Faisal.

3. Investasi

Ia juga mengatakan dalam menghadapi ancaman resesi, seseorang perlu berinvestasi. Namun, ia menyarankan untuk berinvestasi pada instrumen yang memiliki keuntungan yang pasti.

Ia pun menyebut saham sebagai salah satu instrumen yang bisa menjadi pilihan.

"Karena logikanya kalau pegang saham, dalam jangka panjang, tidak pernah rugi itu," kata Faisal.

Lihat Juga :
Transaksi Valas Melesat 40 Persen di Bali Jelang G20
(mrh/sfr)




bab terbaru:situs baru langsung jp

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
pinjaman online ojk resmi
eden307
contoh tagihan kredivo
tri7bet
ozzo
bo slot terbaik
situs slot yang sering maxwin
jackpot gacor
info permainan slot gacor hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 asiaslot777
Bab 2 musik4d777
Bab 3 yang lagi gacor
Bab 4 joybola
Bab 5 bet slot login
Bab 6 game slot hari ini
Bab 7 duniabet55
Bab 8 mpo1881
Bab 9 situs tergacor malam ini
Bab 10 ovabet
Bab 11 slot gacor 95
Bab 12 erek erek 2d abjad az
Bab 13 88 star slot
Bab 14 kredit hp lewat lazada
Bab 15 bosvip88
Bab 16 top gaming 88
Bab 17 paluqq
Bab 18 ugwin288
Bab 19 rtp fajartoto
Bab 20 totomacao
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6580bab
takutBacaan TerkaitMore+

Kultivator jahat yang paling mengagumkan

pinjaman sigap ilegal atau legal
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia lewat pintu masuk utama mencapai 538,32 ribu orang pada September 2022.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia lewat pintu masuk utama mencapai 538,32 ribu orang pada September 2022. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turis asingke Indonesia lewat pintu masuk utama mencapai 538,32 ribu orang pada September 2022.

Angka ini melesat 10.768 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara, jika dibandingkan bulan sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada September 2022 juga meningkat 5,50 persen.

Sedangkan dari Januari hingga September 2022, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia melalui pintu masuk utama mencapai 2,27 juta. Capaian ini naik 2.530 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama pada 2021.

Yakni, Bandara Ngurah Rai, Bali, sebesar 291.115 kunjungan dan Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 111.033 kunjungan.

"Untuk di Ngurah Rai ini terbesar adalah untuk wisatawan dari Australia, India, Perancis, Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat. Ini yang menggunakan visa kunjungan saat kedatangan selama 30 hari," kata Setianto dalam konferensi pers, Selasa (1/11).

Sedangkan untuk kunjungan di Bandara Soekarno-Hatta, kebangsaan terbesar adalah dari Malaysia, Singapura, China, Korea Selatan, Jepang, dan India.

Lihat Juga :
Daftar Harga BBM Ron 92 di Pertamina dan SPBU Swasta

Lebih lanjut, Setianto mengungkapkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada September 2022 mencapai 50,02 persen, naik 13,38 poin dibandingkan dengan TPK September 2021.

Adapun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, TPK September 2022 juga mengalami kenaikan sebesar 2,64 poin.

Sedangkan, TPK hotel klasifikasi non bintang pada September 2022 tercatat mencapai 23,39 persen, naik 3,44 poin dibandingkan dengan TPK September 2021. Namun, capaian tersebut turun 0,30 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Lihat Juga :
Lion Air Polisikan Penyebar Video Mesin Pesawat Terbakar

Rata-rata lama menginap tamu hotel klasifikasi bintang selama September 2022 tercatat sebesar 1,64 hari, naik 0,05 poin dibandingkan September 2021.

Kendati demikian, angkanya turun 0,02 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Pahlawan yang berbeda

smarjitu77
Kemenperin menilai sepanjang perusahaan memiliki izin usaha industri dan membayar cukai, maka rokok murah tidak bisa disalahkan.
Kemenperin menilai sepanjang perusahaan memiliki izin usaha industri dan membayar cukai, maka rokok murah tidak bisa disalahkan. (CNN Indonesia/ Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyoroti fenomena rokok murahyang membanjiri pasar. Izin Usaha Industri (IUI) dan cukaiadalah hal penting yang menjadi sorotan.

Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau, dan Bahan Penyegar (Mintegar) Kemenperin Edy Sutopo menerangkan duduk perkara rokok murah hingga faktor yang bisa merugikan negara.

"Sepanjang perusahaan tersebut memiliki IUI dan membayar cukai, maka rokok murah itu tidak bisa dipersalahkan. Jadi itu kan semacam pricing policy daripada perusahaan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (1/11).

Edy merinci rokok murah ilegal berarti melanggar ketentuan peraturan menteri keuangan (PMK) tentang cukai serta menyalahi aspek pengawasan dan pengendalian.

Terkait rokok bermasalah, Edy menjelaskan bahwa tindakan penegakan hukumnya menjadi ranah Bea Cukai. Begitu juga pengawasan di lapangan terhadap rokok-rokok yang beredar dan potensi pelanggaran.

Lihat Juga :
YLKI Usul Sederhanakan Cukai Agar Rokok Murah Tak Banjiri Pasar

"Bisa salah peruntukkan, misal harusnya membayar (cukai) golongan 1 malah membayar golongan 2 atau 3 atau rokok polos tidak menggunakan cukai atau cukai palsu," imbuhnya soal kemungkinan pelanggaran.

Ia lantas menjelaskan peran Kemenperin dalam peredaran rokok murah yang membanjiri pasar saat ini.

"Kita ada kegiatan terkait registrasi mesin pelinting rokok, tetapi ini sifatnya juga koordinasi. Karena anggaran maupun dana untuk melakukan kegiatan registrasi mesin pelinting ini diberikan kepada pemda. Jadi, kita sifatnya hanya memonitor laporan dari pemda-pemda," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

Murid legalis

95 togel
Kemenaker mulai menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 kepada 3,6 juta pekerja atau buruh yang memenuhi kriteria.
Kementerian Ketenagakerjaan mulai menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap VII kepada 3,6 juta pekerja atau buruh yang memenuhi kriteria. (CNN Indonesia/Lina Itafiana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 kepada 3,6 juta pekerja atau buruh yang memenuhi kriteria. Penyaluran itu dilakukan melalui PT Pos Indonesia (Persero).

"Penyaluran BSU tahap 7 melalui Kantor Pos telah mulai disalurkan sejak beberapa hari kemarin," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, dikutip Kamis (3/11).

Selain melalui PT Pos Indonesia, Kemnaker juga menyalurkan BSU tahap 7 via bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Adapun penyaluran melalui Kantor Pos dilakukan untuk tenaga kerja yang tidak memiliki rekening bank Himbara atau memiliki rekening yang bermasalah.

Menurut Ida, untuk pencairan BSU melalui Kantor Pos memiliki proses yang berbeda dengan mekanisme penyaluran Bank Himbara. Kantor Pos harus mencetak undangan terlebih dahulu bagi para calon penerima BSU yang telah lolos verifikasi dan validasi.

"Kantor Pos mencetak undangan, kemudian menyampaikan undangan tersebut pada penerima BSU melalui perusahaan. Nah nanti penyaluran dilakukan dengan 2 (dua) skema, secara kolektif di perusahaan atau penerima ini mengambil langsung di Kantor Pos. untuk mengetahui penerima BSU terdaftar di kantor Pos dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi Pospay," ucapnya.

Ida berharap, penyaluran BSU baik melalui bank Himbara maupun PT Pos Indonesia ini dapat terselesaikan dalam waktu dekat.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

Lintasan penguasa dunia komik Amerika

sultantogel
Sejumlah perusahaan atau investor asal Kuching, Sarawak, Malaysia tertarik berinvestasi dalam pembangunan jalan tol dari Kota Pontianak hingga Singkawang.
Sejumlah perusahaan atau investor asal Kuching, Sarawak, Malaysia tertarik berinvestasi dalam pembangunan jalan tol dari Kota Pontianak hingga Singkawang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah perusahaan atau investorasal Kuching, Sarawak, Malaysiatertarik berinvestasi dalam pembangunan jalan toldari Kota Pontianak hingga Singkawang.

Ketertarikan mereka ungkap saat bertemu dengan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Executive Chairman Maltimur Resources SDN BHD Junaidi mewakili rombongan yang terdiri dari tujuh perusahaan Malaysia mengatakan tujuan kedatangan ke Pontianak adalah untuk menjajaki peluang kerja sama yang bisa dilakukan perusahaan dari Kuching dengan Kalimantan Barat.

"Saya melihat peluang kerja sama yang bisa dilakukan dengan Kota Pontianak antara lain membuat jalan tol. Kami berharap penjajakan pembangunan jalan tol itu bisa dikaji lebih dalam terhadap peningkatan ekonomi," ujarnya seperti dikutip dari Antara,Kamis (3/11).

"Sebenarnya banyak peluang-peluang lainnya yang bisa dikerjasamakan," katanya.

Ia menambahkan peluang kerja sama investor Malaysia di Kalbar sangat terbuka. Apalagi, kata dia, Kalbar termasuk Pontianak, pembangunannya berkembang pesat.

"Kami berharap melalui kerja sama ini nantinya bisa semakin mempercepat pembangunan di wilayah ini, terutama di Kabupaten Sambas, Kota Singkawang dan Kota Pontianak," ungkap Junaidi.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyambut baik kunjungan para pengusaha asal Kuching, Sarawak ini. Ia mengatakan meski sebatas penjajakan, pihaknya menyambut baik kedatangan pengusaha asal Negeri Jiran itu.

Apalagi mereka menawarkan kerja sama pembangunan jalan tol.

"Pembangunan jalan tol yang mungkin bisa dikerjasamakan misalnya Jalan Tol Pontianak-Singkawang atau Pontianak-Sambas. Kita berharap ini bisa direalisasikan. Namun bergantung pada kewenangan Pemerintah Provinsi Kalbar karena berkaitan dengan dua wilayah," katanya.

Lihat Juga :
Inflasi Turki Tembus 85,51 Persen, Tertinggi dalam 25 Tahun Terakhir

Ia menambahkan beberapa perusahaan Malaysia yang menjajaki peluang kerja sama dengan pihaknya banyak bergerak di bidang jasa konstruksi serta berpengalaman membangun kereta api, MRT,highway, termasuk energi listrik.

Meski demikian, Edi mengatakan untuk menjalin kerja sama dengan investor asing, banyak faktor penentu untuk memutuskan suatu kerja sama tersebut.

"Misalnya masalah regulasi. Kalau untuk menerima investor dari luar, ada aturan-aturannya dan kewenangan dari pemerintah pusat," katanya.

(agt/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Aliansi mitos saya

pawangtoto
Pemerintah mendesain IKN Nusantara agar terhindar dari banjir selama 100 tahun dengan membangun sejumlah kolam retensi dan bendungan.
Pemerintah mendesain IKN Nusantara agar terhindar dari banjir selama 100 tahun dengan membangun sejumlah kolam retensi dan bendungan. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah mendesain Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar terhindar dari banjir selama 100 tahun dengan membangun sejumlah kolam retensi dan bendungan

"Memang tidak ada jaminan tidak akan ada banjir tapi dengan perhitungan hidrologi dan desain yang andal maka tidak akan terjadi banjir di IKN dalam 100 tahun mendatang," kata Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda Harya Muldianto dalam temu media nasional di Banjarmasin, dikutip dari Antara, Sabtu (5/11).

Menurutnya, kolam retensi yang dibangun adalah SG-3, kolam retensi TR-01, dan kolam retensi TR-7 yang ketiganya bisa mereduksi banjir dan menunjang penerapan Zero Delta Q.

Ia mengatakan teridentifikasi kejadian banjir tahunan (2-3 kali) pada lima sungai di Kecamatan Sepaku yang berdampak pada pemukiman serta jalan protokol Sepaku.

Kegiatan mengendalikan banjir, sampai 2024 berupa normalisasi sungai sepanjang 25 kilometer, serta memperlancar bottleneck di setidaknya di lima titik.

"Pengendalian banjir juga dilakukan dengan cara peninggian tanggul sungai, serta membuat bendungan," katanya.

Lihat Juga :
Bea Cukai Tindak 18.659 Kasus Rokok Ilegal Rugikan Negara Rp407 M 2022

Kegiatan dilanjutkan program jangka panjang 2024-2045 dengan membangun tampungan retensi banjir sesuai rencana induk pengendalian banji daerah aliran Sungai Sanggai.

Kementerian PUPR optimistis segala upaya mengendalikan banjir di IKN akan berhasil dengan terus melakukan berbagai pembangunan infrastruktur, seperti bendungan.

Salah satunya adalah pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, di Kabupaten Penajam Paser Utara yang bakalan memiliki luas genangan sekitar 280 hektare, dengan tinggi 25 meter dari fondasi, panjang 450 meter.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)

santo

gwin slot demo
Bappebti mendukung peralihan pengaturan kripto ke OJK, sepanjang aset kripto dianggap sebagai komoditas, bukan mata uang.
Bappebti mendukung peralihan pengaturan kripto ke OJK, sepanjang aset kripto dianggap sebagai komoditas, bukan mata uang. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) merespons wacana kripto yang akan diawasi atau diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Aturan tersebut digodok dalam Rancangan Undang-undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK).

Selama ini, kripto diatur oleh Bappebti. Tapi, dalam RUU PPSK aset kripto masuk sebagai inovasi teknologi sektor keuangan (ITSK). Konsekuensinya, pengawasan dan regulasi aset kripto OJK dan Bank Indonesia (BI).

"Nantinya pemerintah akan memindahkan aset kripto ke OJK, tapi tidak seketika saat RUU PPSK diundangkan. Jadi, ada masa peralihan," katanya, Rabu (2/11).

Didid menjelaskan dalam masa peralihan yang diperkirakan selama 5 tahun tersebut, Bappebti akan mecoba membuat peraturan tata kelola. Tujuannya, agar ekosistem kripto bisa tetap berkelanjutan (sustain) meski nantinya beralih ke OJK.

Namun, Didid menolak narasi bahwa Bappebti tidak kompeten dalam mengelola kripto selama ini hingga akhirnya harus dialihkan ke OJK. Ia menunjukkan bahwa pelanggan aset kripto hingga akhir Oktober sudah mencapai 16,1 juta pelanggan.

Lihat Juga :
Harga Kripto Menguat, Dogecoin Naik Peringkat Susul Ethereum

Bappebti memang belum bisa membentuk bursa aset kripto, tapi Didid menjelaskan pihaknya sedang mengupayakan realisasi hal itu dalam waktu dekat.

Paling tidak dalam masa transisi sebelum resmi beralih ke OJK.

"Pemerintah harus memastikan pengelolaaan aset kripto ini berjalan dengan baik. Siapapun itu mari kita jaga sama-sama, apakah ada di Bappebti, OJK, atau apa pun nanti harus tetap sustain," tegasnya.

Di lain sisi, Direktur Eksekutif Celios Bhima Yudhistira menjelaskan bahwa Bappebti sudah punya peraturan ideal soal kripto. Jadi, harus dilibatkan dengan RUU PPSK tersebut.

Lihat Juga :
Kemenperin Buka Suara soal Rokok Murah Banjiri Pasar

"Maka, RUU PPSK idealnya disinkronkan dengan pengaturan di dalam Perba 8/2021 karena sama-sama bicara soal aturan aset kripto. Jangan ada dualisme antara Bappebti dengan otoritas lainnya, karena bisa menghambat pengembangan aset kripto," katanya dalam acara yang sama.

Selama penyusunan RUU berlangsung, arah pengaturan RUU PPSK terkait aset kripto dinilai menimbulkan kebingungan atas posisi aset kripto di bawah OJK dan BI sebagai mata uang, atau tetap sebagai komoditas.

Di lain sisi, BI tengah menyusun CBDC (Central Bank Digital Currency) atau rupiah digital dalam RUU PPSK.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)