petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

asik77 slot

rajampo 315Jutaan kata 510677Orang-orang telah membaca serialisasi

《asik77 slot》

Dalih Bulog soal Beras Mahal: Sekarang Orang Eropa Juga Makan Nasi******

Bulog mengatakan orang Eropa yang biasanya makan gandum kini mulai makan nasi. Mereka juga memborong beras dari Vietnam dan Thailand.
Bulog mengatakan orang Eropa yang biasanya makan gandum kini mulai makan nasi. Mereka juga memborong beras dari Vietnam dan Thailand. (Foto: Dok. Bulog)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Bulog 'menyalahkan' orang Eropayang mulai ikut makan nasi di balik lonjakan harga beras global.

Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan orang Eropa yang biasanya makan gandum kini mulai memakan nasi. Mereka juga memborong beras dari Vietnam dan Thailand.

"Sekarang saja (orang) Eropa jadi makan beras (nasi). Aneh juga, biasanya dengan gandum," dalih Febby soal harga beras mahal saat ditemui di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (28/2)

Menurutnya, harga beras yang mahal tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi di belahan dunia lain. Apalagi, India selaku eksportir terbesar beras juga membatasi ekspornya.

"(Sebanyak) 40 persen kebutuhan beras dunia itu kan (dipasok) dari India," katanya.

El Nino memang mengganggu produktivitas pertanian, termasuk di Indonesia. Dampak El Nino ini juga terasa di negara-negara pengekspor beras, termasuk Thailand.

Fenomena iklim yang memicu kekeringan ekstrem di sejumlah negara ini terjadi sejak Juli 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan memprediksi sisa efek ganasnya masih bakal bertahan hingga Maret 2024.

Lihat Juga :
Inflasi Tembus 2,75 Persen pada Februari 2024 Gara-gara Beras Mahal

Akan tetapi, El Nino tidak bisa menjadi justifikasi minimnya stok beras di Indonesia. Terlebih, beras di Tanah Air masih surplus tipis sekitar 100 ribu ton pada 2023 lalu.

Peneliti Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Eliza Mardian mengatakan produksi beras Indonesia sebenarnya hanya turun 650 ribu ton menjadi 30,9 juta ton imbas El Nino. Di lain sisi, konsumsi sepanjang tahun lalu cuma 30,8 juta ton.

Meski begitu, pemerintah malah ngotot jor-joran impor beras. Tahun lalu sudah diketok impor 3 juta ton, bahkan keputusan impor 2 juta ton di 2024 juga diketok di 2023.

Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB University Dwi Andreas Santosa mengkritik keras narasi defisit beras yang sering digaungkan rezim Presiden Joko Widodo. Menurutnya, itu salah kaprah.

"Berkaca di 2023, itu tadi Mbak Eliza (penelita Core) 0,65 juta ton (penurunan produksi imbas El Nino) prognosis Oktober 2023. Prognosis Desember 2023 turunnya (hanya) 0,58 juta ton, sedangkan impornya 3 juta ton," ucap Andreas dalam diskusi virtual Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Selasa (27/2).

"Masuk di Desember (2023) 2,7 juta ton, lalu yang sisanya barusan masuk awal Februari 500 ribu ton, sehingga keputusan impor 2023 sudah masuk 3,2 juta ton. Maka terjadi kelebihan stok 2,65 juta ton, ini akan menghasilkan stok awal tahun (2024) 6,71 juta ton beras, angka yang sangat besar," bantahnya soal defisit beras Indonesia.

Terlebih, Indonesia akan memasuki masa panen raya mulai bulan ini dan puncaknya di Mei 2024. Tambahan impor 1,6 juta ton, sehingga total beras yang didatangkan dari luar negeri mencapai 3,6 juta ton di 2024, dinilai serampangan oleh Andreas.

Ahli IPB itu memperkirakan produksi padi tahun ini akan mengalami peningkatan karena sudah tak ada El Nino. Meski panen raya bergeser, produksi padi tahun ini diperkirakan naik 2 persen hingga 3 persen menjadi 31,5 juta ton-31,8 juta ton.

"Kalau 2024 ini dilaksanakan semua, maka 2024 mencetak rekor baru impor beras, karena keputusan impor 2024 diambil di Desember 2023 sebesar 2 juta ton, dua hari lalu pemerintah memutuskan lagi tambahan impor 1,6 juta ton. Sehingga 2024 beras impor pemerintah 3,6 juta ton. Kalau ditambah swasta biasanya sekitar 300 ribu ton-400 ribu ton, sehingga akan mendekati 4 juta ton di 2024. Ini sudah barang tentu ini akan sangat berdampak buruk pada sedulur petani kita," tandasnya.

Di lain sisi, Analis Kebijakan Pangan Syaiful Bahari mengatakan ada penurunan harga beras di negara produsen. Ia mencontohkan harga beras di Vietnam saat ini sedang berada di level yang rendah, yaitu sekitar US0 per ton alias Rp9,53 juta (asumsi kurs Rp15.628 per dolar AS).

"Sementara, harga eceran tertinggi (HET) beras lokal yang premium Rp13.900 (per kg). Jadi, selisih harga sudah pasti menggiurkan bagi importir," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/2).

Jika menggunakan data tersebut, berarti harga 1 ton alias 1.000 kg beras premium lokal bisa menembus Rp13,9 juta. Ada selisih Rp4,37 juta yang bisa dihemat importir jika memilih mendatangkan beras dari Vietnam.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Alasan Airlangga Turun Gunung Simulasikan Makan Gratis Ala Prabowo******

Kemenko Perekonomian menyebut Airlangga Hartarto turun gunung melakukan simulasi makan siang gratis ala Prabowo karena menjadi penentu anggaran janji itu.
Kemenko Perekonomian menyebut Airlangga Hartarto turun gunung melakukan simulasi makan siang gratis ala Prabowo karena menjadi penentu anggaran janji itu. (CNN Indonesia/Wella Andany).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengungkapkan alasan menterinya Airlangga Hartarto 'turun gunung' mensimulasikan program makan siang gratisyang diusung oleh capres Prabowo Subianto.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena Kemenko menjadi leader dalam menentukan besaran anggaran yang diperlukan untuk program makan siang gratis di APBN 2025.

"Kan uu nya gitu, yang tanggung jawab Pak Menko, namanya Menko Perekonomian," ujarnya ditemui usai acara CNBC Economic Outlook, Kamis (29/2).

"Kemarin sudah ada KEM PPKF, itu yang bikin menkeu sama bappenas, PP-nya bunyinya menkeu dan bappenas menyampaikan dulu ke pak menko. Keputusan di menko, nanti pak menko yg melaporkan ke presiden," jelasnya.

Ia menuturkan meski makan siang gratis program Prabowo-Gibran, pemerintahan Jokowi saat ini sangat mendukung. Dukungan diberikan dengan langsung menyiapkan anggaran makan siang gratis di APBN 2025.

"Yang desain program kan pemerintah baru, kita diminta menyiapkan, terus kan harus diantisipasi, disiapkan dalam postur APBN kita," pungkasnya.

Airlangga melakukan simulasi makan siang gratis di SMPN 2 Curug, Tangerang Kamis (29/2) ini. Ia menyebutkan anggaran yang digunakan dalam simulasi ini berasal dari Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dalam simulasi ini, ada 4 menu yang disajikan, yakni; nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, dan siomay. Semua menu diklaim sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah.

Simulasi dilakukan meski Prabowo-Gibran belum resmi diumumkan menang Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi pemenang Pilpres 2024.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Airlangga Siapkan 4 Menu di Simulasi Makan Siang Gratis Prabowo******

Menko Airlangga menyajikan empat menu dalam simulasi program makan siang gratis Prabowo-Gibran yang digelar di Tangerang, Banten.
Menko Airlangga menyajikan empat menu dalam simulasi program makan siang gratis Prabowo-Gibran yang digelar di Tangerang, Banten. (Foto: CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko PerekonomianAirlangga Hartarto menyajikan empat menu dalam simulasiprogram makan siang gratisPrabowo-Gibran yang digelar di Tangerang, Banten.

Simulasi berlangsung di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten. Ada juga anak-anak SD yang mendapatkan makan siang gratis tersebut.

Semua menu dihargai Rp15 ribu per porsi dan diklaim sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran, dan buah. Adapun empat menu yang disajikan, yakni nasi ayam, nasi semur telur, gado-gado, dan siomay.

Menu pertama yang disajikan adalah nasi ayam. Rinciannya, nasi semangkuk alias 150 gram; sepotong ayam goreng tepung (50 gram); dua potong perkedel tahu (50 gram); semangkuk sayur capcay (150 gram); dan satu pisang (50 gram).

Sedangkan menu dua menyajikan nasi, semur telur, tempe goreng tepung, tumis buncis wortel, dan pisang.

"Daftar menu tiga (gado-gado), SMPN 2 Curug," tulis papan informasi soal menu ketiga.

Rincian menu ini, yaitu ada lontong sebungkus alias 150 gram; tahu goreng 2 potong (50 gram); telur rebus sebutir (55 gram); bumbu kacang 2 sendok makan (150 gram); wortel, kol, dan sawi semangkuk (100 gram); dan satu pisang (50 gram).

Menu makan siang ketiga alias gado-gado tersebut diklaim memiliki total energi 588 kilokalori dan 21,13 gram protein. Sedangkan menu keempat adalah siomay. Isi menunya ada kentang, siomay, telur rebus, bumbu kacang, tahu kukus, kol, dan pisang.

Meski Airlangga sudah menggelar simulasi makan gratis, Presiden Joko Widodo membantah Rapat Sidang Kabinet Paripurna pada Senin (26/2) di Istana Negara secara spesifik membahas program yang diusung Prabowo-Gibran.

"Ndak ada, ndak ada. Hanya dalam sidang kabinet paripurna saya sampaikan bahwa program-program presiden terpilih harus sudah dimasukkan dalam rencana anggaran 2025," ucapnya usai menghadiri acara Rapim TNI/Polri di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2).

"Tidak ada pembicaraan secara spesifik mengenai tadi yang disampaikan (program makan siang)," tegas Jokowi.

Di tengah isu pembahasan program makan siang dan susu gratis, pemerintah sampai harus memperlebar defisit APBN 2025. Jika tahun ini hanya 2,29 persen, sedangkan tahun depan diperlebar menjadi 2,45 persen-2,8 persen.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)




bab terbaru:cara dapat uang 1 milyar gratis

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
meja777
slot maxwin terbesar
cara deposit slot lewat dana
maxwin olympus bet 200
republiktoto
rtp area188 hari ini
transbet88
situs slot terpercaya gacor
prediksi togel zhongshan
Daftar isi semua bab
Bab 1 mazdabet
Bab 2 oktogel situs slot bandar togel gacor
Bab 3 tophoki
Bab 4 situs slot gampang menang terpercaya
Bab 5 hari ini gacor
Bab 6 buku mimpi 2d 63
Bab 7 x500 maxwin
Bab 8 palu 77 slot
Bab 9 cuan888
Bab 10 pola rtp slot gacor hari ini
Bab 11 indo777
Bab 12 togel durian
Bab 13 buku tafsir mimpi 3d bergambar
Bab 14 diamon138
Bab 15 login slot gacor
Bab 16 permainan slot yang lagi gacor hari ini
Bab 17 server time thailand
Bab 18 voucher xl 30 hari
Bab 19 gopek178
Bab 20 buku 100 mimpi
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5334bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Aliansi mitos saya

pinjaman 5 juta langsung cair
IHSG berpotensi menguat pada perdagangan Kamis (29/2) ditopang rilis data perekonomian tentang inflasi yang masih terkendali.
IHSG berpotensi menguat pada perdagangan Kamis (29/2) ditopang rilis data perekonomian tentang inflasi yang masih terkendali. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan Kamis (29/2).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan pergantian bulan diharapkan dapat menopang pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

Pasalnya, di awal bulan akan ada rilis data perekonomian, yakni tingkat inflasi, yang diperkirakan masih akan berada dalam kondisi terkendali.

"Sedangkan capital inflow yang masih tercatat secara year to date juga turut mewarnai pergerakan IHSG, hari ini IHSG berpotensi menguat," ujar dia.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 7.256 dan resistance 7.374 hari ini.

William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni BBCA, ITMG, BBRI, AKRA, BSDE, ASII, LSIP, dan TBIG.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG ditutup di atas level 7.320 pada Rabu (28/2) dengan candle bullish marubozu yang mengindikasikan peluang untuk menguat, menuju 7.370-7.400.

"IHSG akan mengonfirmasi pembentukan wave (v) apabila menembus ke atas fraktal 7.403," tutur Ivan.

Dia pun memprediksi IHSG bergerak di level support 7.234 dan resistance 7.320 hari ini.

IHSG ditutup di level 7.328 pada Rabu (28/2). Indeks saham menguat 43,31 poin atau plus 0,59 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,69 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,05 miliar saham.

Pada penutupan kemarin, 260 saham menguat, 267 terkoreksi, dan 246 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Xiao Yun Xi Chunyu

depo slot online
Mukesh Ambani salah satu orang terkaya dunia akan menikahkan putranya Anant Ambani. Pesta pranikah Anant digelar mewah menghadirkan Rihanna, Bill Gates.
Mukesh Ambani salah satu orang terkaya dunia akan menikahkan putranya Anant Ambani. Pesta pranikah Anant digelar mewah menghadirkan Rihanna, Bill Gates. ( AFP/INDRANIL MUKHERJEE).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mukesh Ambani, salah satu orang terkaya dunia asal Indiaakan menikahkan putra bungsunya Anant Ambani.

Pesta pranikah akan digelar berhari-hari dan digadang-gadang sangat mewah dari 1 hingga 3 Maret 2024 di Jamnagar, Gujarat.

Pesta pranikahan ini akan digelar dengan bintang tamu kelas dunia.

Lihat Juga :
Daftar 4 Orang yang Dilirik Prabowo Jadi Menkeu, Tak Ada Sri Mulyani

Lalu siapa sebenarnya Mukesh Ambani?

Mukesh adalah pemimpin konglomerasi bisnis Reliance Industries. Gurita bisnis Reliance Industries mencakup industri petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi dan ritel.

Reliance Industries diperkirakan senilai US0 miliar atau Rp3.300 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS) pada 2022. Keluarga Mukesh menguasai 51 persen saham perusahaan.

Meski berdarah India, Mukesh Ambani lahir pada 19 April 1957 di Yaman. Ia memiliki tiga saudara yakni Anil Ambani, Nina Kothari dan Deepti Salgaocar. Pada 1958, ia dan keluarga pindah Kembali ke Mumbai, India, lantaran kondisi politik Yaman bergejolak.

Di India, Mukesh merupakan old money alias orang yang sudah kaya dari lama. Ayahnya adalah Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang yang kemudian membangun perusahaan tekstil kecil yang diberi nama Reliance pada 1966.

Lihat Juga :
BBM Shell, BP, dan Vivo Kompak Naik saat Harga di SPBU Pertamina Tetap

Di India, Mukesh tumbuh dan mengenyam pendidikan. Ia merupakan lulusan Institute of Chemical Technology, Mumbai.

Setelah lulus, Mukesh melanjutkan pendidikannya di Stanford University, Amerika Serikat. Namun, studinya di Negeri Paman Sam itu tidak tuntas. Mukesh muda pilih pulang kampung dan ikut mengurus bisnis keluarga.

Semenjak ia bergabung di Reliance, kinerja perusahaan ayahnya kian moncer. Dari awalnya hanya perusahaan tekstil, Reliance lalu melebarkan sayap ke sektor bisnis lain seperti penyulingan minyak dan petrokimia.

Keharmonisan keluarga Ambani agak pecah saat ayah mereka, Dhirubhai Ambani, meninggal karena penyakit stroke pada 6 Juli 2002. Pemicu perpecahan adalah rebutan harta di antara Mukesh dan saudaranya lantaran sang ayah tak meninggalkan surat wasiat.

Mukesh dan adik laki-lakinya, Anil, terlibat konflik pembagian warisan. Pertikaian di antara keduanya mereda saat sang ibu turun tangan melerai. Sang ibu akhirnya memutuskan perusahaan peninggalan ayahnya dibagi dua.

Mukesh mendapat jatah Reliance Industries Ltd dan Indian Petrochemicals Corporation, yang kemudian disetujui oleh Pengadilan Tinggi Bombay pada Desember 2005.

Reliance dikenal sebagai raksasa telekomunikasi paling menguntungkan di India, dengan jumlah pelanggan lebih dari 420 juta. Pada 2016, perusahaan Mukesh ini merilis telepon berjaringan 4G dan layanan broadband Jio.

Reliance kemudian menjelma menjadi perusahaan energi hijau dengan menginvestasikan duit puluhan juta dolar AS untuk jangka panjang demi membangun energi terbarukan.

Di sektor ritel, Mukesh pernah head to head melawan Jeff Bezos dalam perebutan pasar ritel sektor kesehatan India.

Pada 2020, ia membeli sebagian besar saham apotek online Netmeds seharga US juta. Pembelian itu dilakukan usai Bezos meluncurkan layanan perawatan yang serupa Netmeds di pekan sebelum Mukesh mengakuisisi Netmeds.

[Gambas:Video CNN]

Reliance mengatakan aksi korporasi tersebut dilakukan untuk memperluas proposisi perdagangan digital yang mencakup sebagian besar kebutuhan penting konsumen sehari-hari.

Ternyata, bisnis kesehatan mengalami lonjakan di India karena munculnya pandemi covid-19. Bisnis Netmeds pun mengalami kenaikan permintaan. Kini, Netmeds punya 5,7 juta pelanggan di seluruh India.

Atas bisnisnya itu, Mukesh menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Berdasarkan data Forbes, kekayaan Mukesh tembus US6.8 miliar atau setara Rp1.864,54 triliun (kurs Rp15.721 per dolar AS). 

(num/agt)

Dekan Elit

pinjaman online selain kredivo
Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Patrick Waluyo curhat soal persaingan Tokopedia dengan e-commerce lain di Indonesia.
Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Patrick Waluyo curhat soal persaingan Tokopedia dengan e-commerce lain di Indonesia. (Paul Miller/Bloomberg via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Patrick Waluyo curhat soal persaingan Tokopedia dengan e-commercelain di Indonesia.

Patrick mengatakan kompetisi e-commerce di tanah air makin intens, khususnya dalam dua tahun terakhir. Ia mengakui Tokopedia mulai ditinggalkan para pembeli yang mementingkan harga murah.

"Di tengah upaya GoTo untuk mengejar profitabilitas dengan mengurangi subsidi dan insentif, pangsa pasar Tokopedia semakin berkurang, khususnya di kalangan pengguna yang memprioritaskan harga," curhat Patrick dalam Paparan Publik Insidental GoTo secara virtual, Rabu (28/2).

Melihat geliat e-commerce lawan yang disokong modal jumbo, Patrick menyambut baik kedatangan TikTok. Ia mengatakan ada harapan baru usai masuknya perusahaan China itu menjalankan TikTok Shop dengan menggandeng Tokopedia.

Bahkan, GoTo meyakini kemitraan dengan TikTok bisa membawa Tokopedia kembali menjadi pemain nomor satu di sektor e-commerce di Indonesia.

Saat ini, Patrick menyebut progres integrasi dan migrasi kedua aplikasi tersebut hampir rampung. Berdasarkan bahan paparannya bahkan dituliskan sudah mendekati penyelesaian alias hampir 100 persen.

"Proses integrasi dan migrasi sistem berjalan dengan baik, semua pihak berkomunikasi dengan kementerian terkait, dan sepanjang sepengetahuan kami proses ini pada hari ini sudah hampir selesai," tuturnya.

"Proses diharapkan seluruhnya rampung paling lambat dalam 1,5 bulan ke depan. Integrasi teknis ini memisahkan sistem elektronik TikTok dan Tokopedia sesuai peraturan menteri perdagangan (Permendag Nomor 31 Tahun 2023)," tandas Patrick.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Versi Lengkap dari Novel Sistem Penyelamatan Diri Penjahat Sampah

hepi89

Salah satunya adalah Ahok dan Anies Bawedan. Masih hangat dalam ingatan tentang kasus penistaan agama yang menimpa Ahok. Mantan Gubernur DKI itu dilaporkan atas tuduhan penistaan agama jelang Pilkada DKI 2017. Imbasnya, Ahok divonis penjara selama dua tahun.

Usut punya usut, ternyata ada satu pernyataan Ahok yang membuat netizen membuat teori demikian. Pernyataan tersebut sempat menjadi caption unggahan Ahok di momen ulang tahun Presiden Jokowi pada tanggal 21 Juni 2023 lalu.

Dalam foto yang diunggah, mantan Gubernur DKI tersebut tampak tertawa lepas dengan Jokowi. Bahkan, Ahok menyinggung masalah loyalitas. Ahok mengatakan bahwa sebagai kawan dari Jokowi, dia akan selalu loyal.

“Selamat ulang tahun ke-62 Bapak Presiden @jokowi, Tetap sehat dan selalu ada sukacita dan damai sejahtera Tuhan menyertai seluruh hidupnya. Panjang umurnya dan diberkati dalam hidupnya. A Friend is always loyal,” tulis Ahok di akun Instagramnya.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menampik anggapan yang menyebut Ahok merupakan Kuda Troya atau kuda putih dari Jokowi. Anggapan tersebut menilai Jokowi sengaja menempatkan Ahok untuk mencegah kubu Ganjar bergabung dengan kubu Anies ke depan.

“Enggak ada kuda putih. Tapi itu [dukungan Ahok ke Ganjar-Mahfud] mengejutkan, kemungkinan besar mengejutkan Pak Jokowi,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Terungkap, Ini yang Bikin Netizen Yakin Ahok “Kuda Putih” Jokowi”

Kecintaan pada hiburan Korea

hail zeus in greek

Sebagai informasi, DKPP RI memberi putusan terhadap empat perkara sidang uakni 135-PKE-DKPP/XXI/2023, 136-PKE-DKPP/XXI/2023, 137-PKE-DKPP/XXI/2024, dan 141-PKE-DKPP/XXI/2023.

Pada intinya, Ketua KPU dan anggotanya terbukti melakukan pelanggaran etik karena memproses Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

Dalam persidangan sebelumnya, saksi ahli Ratno Lukito menilai Ketua KPU Cs telah melanggar Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Perundang-undangan (UU 12/2011) dalam menindaklanjuti Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023 yang menyebut usia minimal calon presiden dan calon wakil presiden minimal 40 tahun atau sedang/pernah menduduki jabatan yang dipilih melalui Pemilu, termasuk Pilkada.

Padahal, kata Ratno, dalam Pasal 10 ayat (1) dan (2) UU 12/2011 menyebut bahwa putusan MK harus ditindaklanjuti oleh DPR dan Pemerintah, masing-masing melalui legislative review dan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu).

Dalam hal ini, Hasyim Cs malah menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada tanggal 25 Oktober 2023 tanpa terlebih dahulu melalui revisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU 7/2017) atau tanpa adanya penerbitan Perppu oleh Pemerintah.

Ratno juga menambahkan, teradu juga belum mengubah Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2023 tentang Pencalonan Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PKPU 19/2023) saat menerima pendaftaran Gibran.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “DKPP Sanksi Ketua KPU, Langgar Etik Terkait Pendaftaran Cawapres Gibran”

Tidak ada jejak di langit

dewa29

Prabowo memulai kariernya di dunia militer dengan menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Setelah lulus, Prabowo yang saat itu berpangkat Letda (Letnan Dua) itu dua tahun setelahnya yakni ditugaskan ke dalam Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha), yakni nama lampau dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) hingga 1985.

Di sela-sela tugasnya di detasemen khusus, pria berdarah ningrat itu juga ditugaskan ke Timor-Timur guna memberantas pasukan Fretilin pada 1978.

Beres menelan asam garam dari Timor-Timur, Ketua Umum Gerindra ini pun kembali ke Tanah Air pada 1978. Dan lima tahun sesudahnya dan menikah dengan Titiek Soeharto, anak Presiden Soeharto.

Sepak terjang pria yang kini kerap berjoget itu bisa dibilang cukup sukses di dunia militer. Dia berhasil mencapai pangkat tinggi hingga menjadi Panglima Komando Strategis Cadangan (Pangkostrad) pada 20 Maret 1998.

Namun sayang, di balik karier cemerlang di dunia militer, Prabowo harus menelan pil pahit. Pada 22 Mei 1998, dirinya harus rela dipecat sebagai tentara oleh BJ Habibie yang kala itu menjabat sebagai Presiden RI. Ironisnya lagi, pada waktu yang hampir bersamaan, dia juga mesti berpisah dengan sang pujaan hati.

Tak berhenti sampai di situ, karier kemiliterannya pun resmi tamat selepas Dewan Kehormatan Panglima (DKP) memberhentikannya secara tidak hormat pada 19 Agustus 1998.

Karier Politik

Awal reformasi terasa pahit bagi Prabowo yang kemudian banting setir ke dunia politik. Tahun 2004 menjadi awal bagi Prabowo untuk mencoba peruntungan di dunia politik. Golkar adalah saksi di mana lelaki berusia 72 tahun itu mencoba meniti kembali jalur hidupnya.

Meski waktu itu gagal berkoalisi dengan Megawati, namun ia kembali mencoba peruntungannya dalam politik dengan mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada 6 Februari 2008.

Setahun setelahnya, Prabowo yang kini menjadi capres 2024 tercatat pada profilnya mencoba berkontestasi pada Pemilu 2009 bersama Megawati sebagai cawapres. Perjuangan itu pun kandas. Namun, hal itu tidak membuat jiwa prajurit Prabowo Subianto padam.

Dia pun kembali maju dalam pemilu berikutnya dengan armada politik yang lebih besar. Gagal adalah akhir yang selalu ia temui saat mencalonkan diri sebagai kepala negara. Meski demikian, ia pada akhirnya bisa merasakan kursi pemerintahan ketika menjabat sebaga Menteri Pertahanan pada Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Kini, Prabowo kembali mencatatkan tinta emas dalam profilnya ikut berkontestasi dalam Pemilu 2024 sebagai capres bersama putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Sederet kisah tragis serta kegagalannya dalam pilpres memang menjadi catatan hitam dalam karier Prabowo. Meski begitu, tetap terdapat catatan cemerlang yang tersedia di biliknya. Di antaranya yaitu:

  • Memimpin Operasi Mapenduma, yakni operasi pembebasan sandera oleh gerakan separatis OPM di Papua pada 1996.
  • Menjadi nahkoda pendakian tim Indonesia menuju Gunung Everest pada 1997.
  • Mendirikan Detasemen khusus anti-teror yakni SAT-81/Gultor
  • Pemimpin sejumlah lembaga kemasyarakatan seperti Ikatan Persatuan Silat Indonesia (IPSI) dan sebaginya.
  • Sebagai Menhan, ia telah berperan dalam mendirikan Komponen Strategis Cadangan (Komcad)
  • Mendirikan Universitas Pertahanan (Unhan) guna menunjang pendidikan.

Beberapa poin tadi hanyalah sedikit dari sebagian prestasi lainnya yang tak kalah membanggakan dari sosok Prabowo. Saat ini mungkin Prabowo terlihat sebagai sosok yang haus kekuasaan. Namun, sejarah mencatat Prabowo juga sosok yang berjasa bagi negara. (Solopos.com/Aryo Satryo Tamtomo)