petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara trik slot

gacor sekarang 295Jutaan kata 753625Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara trik slot》

Bahlil soal Beli Mobil Listrik Disubsidi Rp80 Juta: Itu Belum Akurat******

Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut informasi Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita soal beli mobil listrik dapat subsidi belum akurat.
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut informasi Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita soal beli mobil listrik dapat subsidi belum akurat. ( Rusman - Biro Pers).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut besaran subsidiuntuk pembeli mobil dan motor listrikhingga saat ini masih belum ditentukan.

"Kita lagi hitung," kata Bahlil ditemui di UPN Veteran Yogyakarta, Sleman, Kamis (16/12).

Bahlil pun menyebut informasi yang disampaikan Menteri Perindustrian Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita soal besaran subsidi pemerintah untuk pembeli mobil dan motor listrik belum akurat.

Untuk pembeli motor listrik baru, besaran subsidi yang akan digelontorkan Rp8 juta. Sementara itu untuk motor konversi, besaran subsidi yang akan digelontorkan mencapai Rp5 juta.

"Nggak ada itu, kok wartawan lebih paham. Informasi itu masih belum akurat. Itu hitung-hitungannya, tapi kan belum pasti. Ya kisarannya mungkin bisa saja, tapi kan belum pasti. Kita lagi memutuskan," jelas Bahlil.

Bahlil mengatakan pemerintah tengah menggodok aturan yang berkaitan dengan insentif pengembangan ekosistem kendaraan listrik, baik itu EV baterai maupun kendaraan listriknya.

Ia meyakini Indonesia memiliki keunggulan komparatif ketimbang negara-negara lain yang telah terlebih dahulu terjun ke ekosistem kendaraan listrik, macam Thailand. Semisal, lanjut Bahlil, Indonesia justru memiliki bahan baku untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik.

"Kalau kita mau investasinya cepat bisa masuk ya paling lambat awal tahun depan harus sudah clear. Dan sekarang Ibu Menteri Keuangan sedang menghitung (insentif pengembangan ekosistem kendaraan listrik) secara baik," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(kum/agt)

Riset INDEF: Hyperlocal Tokopedia Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital******

Tokopedia mendorong pemerataan ekonomi digital serta meningkatkan pertumbuhan UMKM lokal di berbagai daerah melalui program Hyperlocal sejak dua tahun lalu.
Inisiatif Hyperlocal yang dilakukan Tokopedia sukses mendorong pertumbuhan perekonomian digital hingga menahan laju pengangguran di sejumlah daerah. (Foto: Arsip Tokopedia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Di tengah krisis global akibat pandemi Covid-19, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satunya berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM telah berkontribusi Rp8.547 triliun terhadap PDB Indonesia. Kontribusi UMKM lokal terhadap PDB pun tercatat meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 60,3 persen pada 2019.

Di sisi lain, pemerintah memasang target pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4 persen pada 2024 mendatang. Target tersebut hanya bisa direalisasikan dengan sinergi dan kolaborasi semua pihak.

Trian menyebut, dibutuhkan sinergi dari semua pihak dalam membantu UMKM di seluruh Indonesia agar punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang, serta berkontribusi terhadap perekonomian.

Berangkat dari itu, Tokopedia pun mendorong pemerataan ekonomi digital serta meningkatkan pertumbuhan UMKM lokal di berbagai daerah yang diwujudkan melalui program Hyperlocal sejak dua tahun lalu.

"Hal ini yang melatarbelakangi Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal sejak 2020," kata Trian.

Trian menerangkan, Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-taggingtelah memperluas cakupan transaksi penjual dan mempermudah masyarakat menemukan toko terdekat. Selain itu, Hyperlocal juga membuat transaksi menjadi lebih efisien karena ongkir lebih hemat, serta peningkatan eksposur UMKM lokal dengan potensi penjualan yang besar.

Tingkatkan Penjualan UMKM hingga Tahan Laju Pengangguran

Inisiatif Hyperlocal yang dilakukan Tokopedia tersebut sejalan dengan hasil riset yang dilakukan Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Dalam riset bertajuk 'Analisis Dampak Program Hyperlocal Tokopedia terhadap Kondisi Bisnis Penjualan secara Daring, Ekonomi, dan Sosial Kota-Kabupaten Program Hyperlocal' itu membuktikan kontribusi inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk perekonomian digital di berbagai daerah.

Peneliti INDEF, Nailul Huda menjelaskan, rata-rata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia meningkat 147 persen pada 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

"Surabaya, Bandung dan Yogyakarta menjadi tiga kota dengan Hyperlocal Tokopedia yang memiliki indeks penjualan dan indeks omzet penjualan paling tinggi," ujar Huda.

Menurutnya, Surabaya mengalami peningkatan indeks penjualan dan index omzet penjualan masing-masing sebesar 194 persen dan 85 persen, Bandung 27 persen dan 100 persen, serta Yogyakarta 148 persen dan 64 persen.

Riset ini juga menunjukkan rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal lebih besar 5 kali lipat dibandingkan kota tanpa Hyperlocal pada 2017-2021. Sedangkan indeks omzet penjualan di kota dengan Hyperlocal meningkat 67 persen pada periode 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

Jika dibandingkan data 2017-2019, Tokopedia dan INDEF juga mencatat, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta menjadi kota dengan peningkatan indeks jumlah penjual tertinggi sepanjang 2020-2021. Rinciannya, Surabaya sebesar 48 persen, Bandung 65 persen, dan Yogyakarta 67 persen.

Sedangkan kota dengan peningkatan indeks jumlah pembeli tertinggi mencakup Bandung sebesar 122 persen, Yogyakarta 142 persen, dan Surabaya 154 persen.

Di sisi lain, lanjut Huda, riset ini juga memotret kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi yang positif di berbagai kota dengan Hyperlocal Tokopedia, yang turut berkontribusi menjaga pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

"Surabaya (4,29 persen), Yogyakarta (5,09 persen) dan Semarang (5,16 persen) menjadi kota dengan kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi tertinggi dari 2020-2021," jelas Huda.

Lebih jauh Huda menerangkan, dalam riset INDEF juga ditemukan bahwa sepanjang 2019-2021 rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal tercatat sebesar 1,26 persen. Sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78 persen.

Tak hanya sukses meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di berbagai daerah, inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga berhasil menahan jumlah pengangguran meningkat tajam imbas pandemi Covid-19.

"Secara statistik, inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan laju peningkatan pengangguran," ujar Huda.

Hadirnya inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga membuat kota-kota dengan Hyperlocal memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah sebesar 0,14 persen dibandingkan kota-kota tanpa Hyperlocal.

"Surabaya, Semarang, dan Medan menjadi kota dengan tingkat penurunan kemiskinan terbesar setelah adanya program Hyperlocal Tokopedia," ujar Huda.

(rea/osc)

Penumpang Melonjak Padati Bandara Yogyakarta Jelang Libur Nataru******

General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan jumlah penumpang di bandara tersebut melonjak menjelang momen liburan Natal dan Tahun Baru 2023.
General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan jumlah penumpang di bandara tersebut melonjak menjelang momen liburan Natal dan Tahun Baru 2023. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Agus Pandu Purnama mengatakan jumlah penumpang di bandara tersebut melonjak menjelang momen liburanNatal danTahun Baru2023.

Ia mengatakan jumlah penumpang naik signifikan sejak Minggu (18/12). Tercatat, pada Sabtu (17/12) jumlah total penumpang tercatat sebanyak 11.832, terdiri dari 5.488 penumpang kedatangan dan sisanya penumpang keberangkatan.

Pada Minggu, jumlah penumpang naik menjadi 13.852. Meliputi, 7.408 penumpang keberangkatan sejumlah dan selebihnya penumpang kedatangan.

Adapun untuk hari ini jumlah penumpang mencapai sudah 11.015 penumpang, terdiri dari penumpang kedatangan 5.328 dan penumpang keberangkatan 5.687.

"Kalau dilihat dari tanggal ataupun tahun yang berbeda di tahun 2021, ini kenaikannya 71 persen untuk penumpang," lanjut Pandu.

Menurut Pandu, kenaikan jumlah penumpang ini dibarengi dengan bertambahnya penerbangan di YIA yang normalnya melayani 50 penerbangan per hari, kini telah sudah menembus 84 penerbangan per hari.

Lihat Juga :
Proyek Kereta Cepat Terdampak Kereta Anjlok Disetop Sementara

"Tahun lalu kita hanya sekitar 40-50 traffic ataupun penerbangan," ujar Pandu. Lebih jauh, pihaknya memprediksi peningkatan jumlah penumpang akan mencapai puncaknya pada H-2 Natal dan H-4 Tahun Baru.

"Di puncak arus, kalau kemarin kita sudah mencapai 13.500 untuk penumpang. Kira-kira di arus ini kita (target) bisa mencapai 15 ribu. Perhitungan kami, dengan jumlah antara 80-84 penerbangan per hari," ungkapnya.

Sebagai antisipasi membludaknya penumpang saat momen Nataru, Pandu mengatakan pihaknya menyiapkan posko khusus yang beroperasi mulai hari ini sampai 3 Januari 2023 mendatang.

"Untuk posko ini sendiri kita dilaksanakan oleh seluruh instansi yang terlibat di bandara YIA, baik itu TNI polri, Basarnas, CIQ kemudian juga teman-teman lain yang merupakan komunitas bandara," pungkas Pandu.

[Gambas:Video CNN]



(kum/dzu)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:arti dari paylater

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
dewa slot 777
tokopedia bayar pakai kredivo
situs slot no 1 di indonesia
situs judi slot gacor terpercaya
daftar permainan slot
benteng777
bo bonus new member tanpa to
aplikasi kredit hp terpercaya
mejaqq
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot resmi dan terpercaya
Bab 2 daftar slot tergacor
Bab 3 togeltaiwan
Bab 4 daftar sbobet
Bab 5 slot akun baru gacor
Bab 6 1001 tafsir mimpi 2d bergambar
Bab 7 88dewa situs slot deposit pulsa tanpa potongan
Bab 8 superking777
Bab 9 grup123
Bab 10 simulasi kredit hp di kredivo
Bab 11 jingga888
Bab 12 line bank kta
Bab 13 dewa88 baru
Bab 14 daftar pinjaman legal ojk
Bab 15 megawin188 slot
Bab 16 paito oregon 9 harian angkanet
Bab 17 planetliga
Bab 18 main slot tergacor
Bab 19 dolar138
Bab 20 judi slot gacor terpercaya
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7667bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Penata rambut terbaik di dunia peri

promo lazada hari ini
CEO Tesla Elon Musk menjual 22 juta saham senilai Rp55,9 triliun di perusahaan pembuat kendaraan listrik itu. Dengan itu, ia tinggal memiliki 13,4 persen saham.
CEO Tesla Elon Musk menjual 22 juta saham senilai Rp55,9 triliun di perusahaan pembuat kendaraan listrik itu. Dengan itu, ia tinggal memiliki 13,4 persen saham. (AP/Susan Walsh).
Jakarta, CNN Indonesia--

CEO TeslaInc (TSLA.O) Elon Musktelah menjual 22 juta sahamsenilai US$,58 miliar atau Rp55,9 triliun (kurs Rp15.620 per dolar AS) miliknya di perusahaan pembuat kendaraan listrik tersebut pada minggu ini.

Informasi itu diketahui dari pengajuan sekuritas AS pada Rabu 14/12).

Penjualan ini merupakan yang kedua dilakukan oleh Musk sejak membeli Twitter senilai US miliar pada Oktober lalu. Dengan langkah itu, selama setahun terakhir ini, Musk sudah menjual sahamnya di Tesla sebanyak US miliar. 

Peningkatan penjualan saham yang dilakukan Musk itu pun memicu kekhawatiran investor Tesla. Mereka khawatir pembelian Twitter akan membuat Musk mengalihkan waktunya dari Tesla ke Twitter.

Apalagi semenjak kabar pembelian twitter oleh Elon Musk, saham perusahaan anjlok lebih dari 60 persen pada tahun ini. Penurunan ini membuat saham Tesla menjadi yang berkinerja paling buruk di antara para pembuat mobil besar dan perusahaan teknologi tahun ini. 

Saham bahkan mencapai level terendah dalam lebih dari dua tahun pada Rabu (15/12) malam kemarin.

Tak hanya nilai saham yang anjlok, langkah Musk itu pun membuatnya terlempar dari singgasana kursi orang terkaya dunia. 

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Menantu Kaisar Abadi

prediksi togel singapore hari ini
Sebelum berpergian, ketahui dulu sejumlah syarat naik kereta api untuk liburan Nataru 2023 berikut.
Sebelum berpergian, ketahui dulu sejumlah syarat naik kereta api untuk liburan Nataru 2023. (Foto: CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kereta api kerap menjadi moda transportasi yang digunakan untuk berpergian ketika libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun sebelum berpergian, ketahui dulu syarat naik kereta api untuk liburan Nataru 2023.

Syarat naik kereta api ini bukan sekadar membeli tiket perjalanan kereta api jarak jauh, tetapi juga memenuhi syarat kesehatan untuk menempuh perjalanan di masa penyebaran Covid-19.

Syarat Naik Kereta Api untuk Liburan Nataru

Berikut syarat naik kereta api untuk liburan Nataru 2023.

1. Patuhi protokol 6M

Calon penumpang menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer.


2. Patuhi protokol tambahan

Calon penumpang mematuhi aturan di Surat Edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yaitu.

  • Menggunakan masker medis kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu
  • Mengganti masker secara berkala setiap empat jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan
  • Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer
  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan
  • Diimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan
Lihat Juga :
KAI Siapkan 20 KA Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2023

3. Wajib vaksinasi Covid-19, namun tidak wajib PCR atau antigen

Calon penumpang memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19 sebagai berikut.

Usia 18 tahun ke atas

  • Sudah mendapat vaksinasi dosis ketiga (booster) dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen
  • Warga negara asing (WNA) sudah mendapat vaksinasi dosis kedua dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen


Usia 6-17 tahun

  • Sudah mendapat vaksinasi dosis kedua dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen
  • WNI yang berasal dari perjalanan luar negeri dikecualikan dari kewajiban vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen


Di bawah 6 tahun

  • Dikecualikan dari ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen, namun perlu dengan pendamping yang memenuhi syarat dan ketentuan di atas


Kondisi khusus

  • Kondisi khusus atau komorbid yang tidak bisa menerima vaksinasi dikecualikan dari ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen


4. Gunakan PeduliLindungi

Setiap penumpang atau pelaku perjalanan dengan kereta api wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Seluruh syarat ini perlu dipenuhi sebelum calon penumpang membeli tiket perjalanan untuk menghindari risiko kegagalan perjalanan jika ternyata ada syarat yang belum terpenuhi.

Lihat Juga :
Mau Liburan, Cek Dulu Aturan Perjalanan Terbaru Libur Nataru

Demikian syarat naik kereta api untuk liburan Nataru 2023. Semoga membantu.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Musim semi tahun 1970 adalah saat yang tepat

situs slot gacor gampang jp
Ketua KADIN, Arsjad Rasjid mendorong agar pengusaha baik UMKM maupun pengusaha besar untuk bersama-sama memperkuat perekonomian Indonesia.
Ketum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid. (Foto: ANTARA FOTO/JOJON).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Arsjad Rasjid membeberkan sejumlah strategi untuk memperkuat perekonomian Indonesia dalam menghadapi ancaman gejolak perekonomian global.

Arsjad berupaya memaksimalkan perannya dalam mendorong para pengusaha baik UMKM maupun pengusaha besar untuk bersama-sama memperkuat perekonomian Indonesia. Misalnya mendorong UMKM di Indonesia naik kelas melalui digitalisasi maupun kemitraan melekat yang diinisiasi oleh KADIN Indonesia.

Karena itu, Arsjad mendorong UMKM untuk melakukan adopsi digitalisasi dan teknologi 4.0 yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Arsjad menyebut, sebanyak 80 persen bisnis yang bertransformasi secara digital cenderung mampu bertahan menghadapi tantangan.

"Melalui wikiwirausaha.id, UMKM dapat berdiskusi satu sama lain dari masalah perizinan usaha hingga literasi keuangan. Pelaku UMKM juga bisa mendapatkan informasi mengenai pelatihan melalui platform ini," tambah Arsjad.

Kemudian KADIN Tech Hub, hadir sebagai sebuah platform digital yang mempertemukan perusahaan yang memiliki masalah dengan ekosistem sehingga dapat memberikan pengembangan solusi digital yang terintegrasi dengan semangat ekonomi kolaborasi.

Untuk lebih memperkuat UMKM Indonesia, KADIN Indonesia juga menginisiasi kemitraan inclusive closed-loop ecosystem, yaitu skema pendampingan melekat dari perusahaan besar ke UMKM maupun petani dalam rangka transfer pengetahuan dan teknologi, memperluas akses pembiayaan, memberi bantuan distribusi hasil pertanian, dan membuka akses pasar baik nasional maupun ekspor.

Inisiatif ini juga sudah dijadikan gerakan nasional economic empowerment oleh Presiden Joko Widodo.

"Kadin Indonesia sudah berhasil menerapkan kemitraan inclusive closed-loop ini di berbagai daerah. Misalnya pada pertanian hortikultura di Garut, kemitraan ini telah sukses meningkatkan produktivitas panen hingga 12-15 persen di tahun 2021. Bayangkan betapa besar manfaatnya apabila hal ini bisa diterapkan di seluruh sektor pertanian Indonesia," ujar Arsjad.

3 Aspek Utama Maksimalkan Industri dan Pasar Domestik Menurut Arsjad

Lebih lanjut Arsjad melihat pentingnya memaksimalkan industri dan pasar domestik agar ekonomi Indonesia dapat tumbuh kuat di tengah gejolak ekonomi global. Menurutnya, ada 3 aspek utama yang dapat dilakukan, yaitu mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), akselerasi transisi Energi Baru dan Terbarukan (EBT), dan penerapan ESG.

Dalam rangka membantu pemerintah untuk menekan jumlah impor sampai 5 persen hingga 2023, KADIN Indonesia selalu mendorong TKDN dalam industri dan manufaktur Indonesia. Menurutnya, dengan mendorong TKDN, dapat membuat industri Indonesia menjadi lebih mandiri dan lepas dari ketergantungan impor.

"Selain itu, industri kita juga bisa terhindar dari dampak fluktuasi nilai tukar, sehingga biaya produksi masih bisa dikontrol. Hal ini dikarenakan produk jadi yang dihasilkan industri dan manufaktur Indonesia berasal dari bahan baku domestik," ucap Arsjad.

Arsjad juga akan menghimbau pelaku usaha untuk mulai memperhatikan aspek keberlanjutan dengan menerapkan prinsip-prinsip environmental, governance, dan sosial (ESG). Sebab banyak manfaat didapatkan oleh pelaku usaha yang sudah mengadopsi inisiatif ESG.

"Dengan menerapkan ESG, perusahaan berpotensi meningkatkan pendapatan hingga 15-30 persen. Perusahaan juga akan mendapatkan citra yang positif di benak masyarakat karena telah turut menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa depan Indonesia yang berkelanjutan," ujar Arsjad yang juga Presiden Direktur Indika Energy tersebut.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi EBT hingga 3700 gigawatt, yang terdiri dari energi hidro, geotermal, energi angin, dan lainnya. Jika dimanfaatkan dengan baik, tentunya akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi hijau dan transisi energi di Indonesia.

Karena itu, kata dia, para pelaku usaha di Indonesia harus memanfaatkan peluang ini dengan mulai beralih menjadi usaha pendukung sektor-sektor hijau dan berkelanjutan.

"KADIN mendorong pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis solar panel dan penyedia energi berkelanjutan lainnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar dan bisa terus menjanjikan di masa yang akan datang," tutur Arsjad.

(osc/osc)

Taihuang Tianshou Jue Liu Wuxie

pinjaman online jangka waktu 12 bulan
Presiden Jokowi mengajak pelaku usaha 'wong cilik' di seluruh sektor untuk memanfaatkan KUR klaster.
Presiden Jokowi mengajak pelaku usaha 'wong cilik' di seluruh sektor untuk memanfaatkan KUR klaster. (Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pelaku usaha 'wong cilik' di seluruh sektor untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) Klaster, mulai dari perkebunan, peternakan, serta UMKM.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara Penyerahan KUR Klaster di Istana Negara, Senin (19/12). Dalam acara tersebut, hadir juga Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki.

"KUR Klaster ini dapat dilaksanakan di semua sektor, baik perkebunan rakyat, peternakan, perikanan, industri UMKM, dan usaha-usaha lain yang memiliki peluang pasar yang besar atau produk-produk unggulan di dalam negeri agar daya saing semuanya meningkat dan bisa masuk ke pasar global," jelas Jokowi.

Berdasarkan data pemerintah, ada 14.888 klaster yang telah mengakses KUR Klaster dengan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai 1,3 juta unit.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa realisasi penyaluran KUR Klaster per 15 Desember 2022 sebesar Rp4,8 triliun setara 96,7 persen dari ekspektasi kredit Rp4,9 triliun. Program ini diterima sekitar 1,39 juta debitur.

Di lain sisi, pemerintah menetapkan kenaikan target penyaluran KUR dari Rp373 triliun pada 2022 menjadi Rp460 triliun pqeq tahun depan.

Lihat Juga :
GBK Aset Termahal di Indonesia, Bernilai Rp348 T

Sementara itu, porsi kredit perbankan pada 2024 diharapkan mencapai 30 persen atau sekitar Rp1.800 triliun dibandingkan posisi saat ini yang baru mencapai 20 persen atau sekitar Rp1.200 triliun.

"Untuk itu, upaya percepatan dan penyaluran KUR Klaster sangat penting dijalankan sebagai upaya untuk meningkatkan akses penyaluran kredit bagi pelaku ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Teten merinci di hadapan Jokowi mengenai beberapa keuntungan KUR Klaster. Pertama, memberikan peluang pembiayaan kepada kelompok usaha dengan plafon hingga Rp500 juta per pelaku usaha.

Kedua, KUR Klaster juga diberikan kepada UMKM secara berkelompok yang terintegrasi dari hulu ke hilir dan terhubung dengan offtaker, sehingga mengurangi potensi kredit macet dan bisa memudahkan perbankan untuk melakukan proses monitoring.

Ketiga, KUR Klaster memperkuat kemitraan UMKM dengan usaha besar. Keempatatau yang terakhir, UMKM menjadi bagian dari rantai pasok industri, sehingga bisa meningkatkan kemampuan manajemen usaha untuk meningkatkan kualitas produksi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

[Gambas:Video CNN]

Saya yang terkuat dalam sistem perjalanan waktu dalam sejarah

judi 555
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia telah mengimpor beras sebanyak 326,45 ribu ton sepanjang Januari hingga November 2022.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia telah mengimpor beras sebanyak 326,45 ribu ton sepanjang Januari hingga November 2022. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia telah mengimpor berassebanyak 326,45 ribu ton sepanjang Januari hingga November 2022.

Impor itu didominasi oleh beras patah alias broken rice,other than of kind used for animal feed(HS 10064090) dengan share 87,15 persen.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah memaparkan impor beras paling banyak diambil dari India dengan volume 157,97 ribu ton atau 48,39 persen.

Selanjutnya, impor beras terbesar kedua adalah dari Pakistan sebanyak 68,72 ribu ton atau 21,05 peren. Lalu, dari Thailand sebanyak 51,58 ribu ton atau 15,8 persen.

Kemudian, dari Vietnam sebanyak 44,34 ribu ton atau 13,58 persen dan dari negara lainnya sebanyak 3,85 ribu ton atau 1,18 persen.

Selain broken rice, other than of kind used for animal feed(HS 10064090), impor beras RI juga mencakup glutinous rice(HS 10063030) sebanyak 26,23 ribu ton atau 8,03 persen. Selanjutnya otherfragrant rice(HS 10063070) sebanyak 7,1 ribu ton atau 2,17 persen dan semi-milled or wholly milled rice(HS 10063099) sebanyak 6,55 juta ton atau 2,01 persen.

Lalu, basmati rice (HS 10063050) sebanyak 1,76 ribu ton atau 0,54 persen, hom mali rice(HS 10063040) sebanyak 0,3 ribu ton atau 0,09 persen, dan beras lainnya sebanyak 0,01 ribu ton.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Dewa Koki Tertinggi

bizz77game demo slot
Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi kehadiran berbagai event wisata internasional yang berdampak positif terhadap perekonomian.
Gubernur NTB Zulkieflimansyah mendoakan Menparekraf Sandiaga Uno bisa menjadi presiden karena telah menghadirkan berbagai event wisata bertaraf internasional yang berdampak positif terhadap perekonomian di NTB. (Foto: Arsip Kemenparekraf)).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengapresiasi langkah konkret Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Presiden Joko Widodo dalam menghadirkan beragam acara wisata bertaraf internasional. Mulai dari MotoGP, MXGP, World Superbike hingga sejumlah event internasional lainnya.

Banyaknya kegiatan wisata itu berdampak positif terhadap perekonomian NTB, terutama setelah pandemi Covid-19 yang 'menginfeksi' sejak 2020 silam. Tak hanya mendongkrak perekonomian, kehadiran event-event tersebut membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat NTB.

Hal tersebut disampaikan Zulkieflimansyah ketika mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) Kemenparekraf di Hotel Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (15/12).

Doa tersebut dibalas oleh Sandiaga sembari tertawa. "Waduh ini yang berat," kata Sandiaga.

Lebih lanjut Zulkieflimansyah mengatakan, tak hanya membuka peluang usaha dan lapangan kerja, dampak positif lainnya dari kehadiran beragam event internasional, yakni pembangunan infrastruktur di NTB. Di antaranya penyempurnaan Bandara Internasional Lombok, peningkatan kapasitas sejumlah pelabuhan hingga pembangunan rumah sakit di NTB.

"Dari host MotoGP itu memberi syarat runway bandara diperpanjang, maka mau tidak mau Angkasa Pura dan BUMN intervensi runwaynya diperpanjang, dan rumah sakitnya juga harus standar internasional," ungkap Zulkieflimansyah.

"Logistiknya juga besar, jadi pelabuhan kami standarnya harus standar internasional, Pelindo harus intervensi sehingga kita punya pelabuhan yang kualitasnya internasional," paparnya.

Tak hanya itu, infrastruktur lainnya juga dibangun seiring agenda-agenda internasional tersebut. Termasuk jaringan listrik oleh PLN dan data komunikasi seluler dari Telkom.

Karena itu, Zulkieflimansyah menyebut pemerataan pembangunan yang semula mustahil di wilayah Indonesia bagian timur kini terbantahkan. Dia yakin, berkaca kepada NTB, pembangunan di wilayah timur seperti Sulawesi hingga Papua akan menjadi nyata.

"Kami memberikan apresiasi luar biasa kepada pemerintah pusat yang membuat apa yang mustahil dilakukan di Indonesia Timur sekarang kita sudah buktikan, bahwa di NTB bisa. Provinsi Sulawesi Tenggara, Utara, Tengah, Papua juga bisa melakukan itu semua," pungkas Zulkieflimansyah.

(osc/osc)