petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

main telegram dapat uang gimana caranya

terus bet slot 280Jutaan kata 478200Orang-orang telah membaca serialisasi

《main telegram dapat uang gimana caranya》

Mantan Istri Jeff Bezos Lepas Saham Rp157,7 T Tahun Lalu******

Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott melepas hampir 65,3 juta saham Amazon bernilai Rp157,75 triliun pada tahun lalu.
Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott melepas hampir 65,3 juta saham Amazon bernilai Rp157,75 triliun pada tahun lalu. (Evan Agostini/Invision/AP/).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott melepas hampir 65,3 juta saham Amazondengan nilai lebih dari US miliar atau Rp157,75 triliun (Kurs Rp15.775 per dolar AS) pada tahun lalu.

Usai proses perceraiannya dengan Bezos selesai pada 2019, Scott jadi wanita terkaya di dunia. Dia menerima sekitar 19,7 juta saham atau setara dengan 4 persen saham beredar Amazon.

Sejak saat itu, Scott telah menjual sebagian sahamnya dan menyumbang miliaran dolar untuk amal.

Giving Pledge juga ditandatangani oleh raksasa bisnis seperti Warren Buffett, Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Bezos bukan salah satu pihak yang turut tanda tangan. Namun pada 2022, ia mengungkap ada rencana untuk mencurahkan sebagian besar kekayaannya untuk memerangi perubahan iklim dan mendukung pihak-pihak yang bisa mempersatukan umat manusia.

Pada Desember, Scott mengumumkan bahwa dirinya menyumbang lewat yayasannya, Yield Giving, sebesar US,15 miliar. Yayasan tersebut telah berdonasi ke 360 organisasi.

Meski sudah menjual saham dan banyak beramal, kekayaan bersih Scott masih lebih dari US miliar menurut Indeks Miliarder yang dirilis Bloomberg.

[Gambas:Video CNN]



(els/agt)

Investor Asing Bangun Pabrik Motor Listrik di RI Lagi Tahun Ini******

Kemenko Marves menyebut bakal ada investor asing membangun pabrik motor listrik di Indonesia tahun ini.
Kemenko Marves menyebut bakal ada investor asing membangun pabrik motor listrik di Indonesia tahun ini. (CNN Indonesia/Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto mengungkapkan bakal ada investorasing membangun pabrik motor listrikdi Indonesia tahun ini.

Ia mengatakan pabrik rencananya bakal dibangun di Karawang, Jawa Barat pada kuartal kedua atau ketiga tahun ini. Meski begitu, Seto belum bisa membocorkan produsen motor dari negara mana yang akan membangun pabrik di Tanah Air itu.

"Ditunggu saja, tapi motor ini jagoan-jagoannya kalau bukan dari India dari China. Ditunggu saja," kata Seto di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, Kamis (29/2).

Meski begitu, Seto juga belum mau merinci berapa besaran investasi yang bakal dikucurkan. Ia hanya menyebut nilainya mencapai ratusan juta dolar AS.

"Mungkin berapa ratus juta (dolar AS), gak begitu besar," katanya.

Pemerintah belakangan getol mengajak investor asing untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut perusahaan mobil listrik asal Vietnam VinFast akan membangun pabrik di Indonesia tahun ini.
Agus mengatakan ada sejumlah calon lokasi pabrik, beberapa di antaranya adalah kawasan industri yang sudah pernah dibangun.

"Tahun ini akan mulai konstruksi," kata Agus usai rapat dengan Jokowi terkait investasi VinFast di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (19/2) lalu.

Agus memastikan belum ada keputusan tentang lokasi pabrik VinFast. Dia menyebut perusahaan itu juga masih mengkaji beberapa pilihan wilayah.

Ia juga belum bisa memastikan kapan VinFast beroperasi di Indonesia, serta apakah perusahaan itu akan menjual produk kendaraan listrik di Indonesia atau hanya mendirikan pabrik saja.

"Kita mesti melihat skema investasinya dulu, baru bisa jual. Intinya market, pengenalan market," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menjemput investasi Rp18,6 triliun dari perusahaan mobil listrik VinFast. Hal itu ia umumkan setelah Chairman VinFast Pham Nat Vuong di Hai Phong beberapa bulan lalu.

VinFast juga sudah memperkenalkan diri di Indonesia. Mereka hadir di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 15-25 Februari 2024.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Kenapa Beras Premium Langka di Ritel hingga Pasar Tradisional?******

Beras premium langka di toko ritel modern, bahkan pedagang pasar tradisional ikut menjerit imbas harganya yang meroket. Berikut penyebabnya.
Beras premium langka di toko ritel modern, bahkan pedagang pasar tradisional ikut menjerit imbas harganya yang meroket. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Beras premium langka di toko ritel modern, bahkan pedagang pasar tradisional ikut menjerit imbas harganya yang meroket.

Isu beras langka mencuat pertama kali dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Para pengusaha ritel mengaku kesulitan mendapatkan pasokan beras premium.

Ketua Aprindo Roy Mandey mengaku permasalahan ini terjadi lantaran masa panen yang mundur ke Maret 2024. Di lain sisi, beras impor pemerintah yang dikemas dalam bentuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) belum kunjung tiba.

Roy menjelaskan selama ini toko ritel di bawah naungannya menjual tiga jenis beras.Pertama,beras komersial swasta yang saat ini stoknya menipis.

Kedua,beras komersial Bulog. Ini adalah beras yang diserap Perum Bulog dari para petani, di mana sekarang sedang mengalami kemunduran masa panen.

Ketiga,beras medium alias SPHP. Ini merupakan beras yang dipasok Bulog ke pasar, termasuk toko-toko ritel.

Ia kemudian menyinggung soal stok beras di ritel dan pengaruh bantuan sosial (bansos) atau bantuan pangan yang digelontorkan pemerintah jelang Pemilu 2024.

Lihat Juga :
Bos Bulog Buka-bukaan soal Biang Kerok Harga Beras Naik di Pasaran

"(Suplai) SPHP lancar, tetapi kemarin kan ada prioritas bansos (bantuan pangan). Jadi, kan beras SPHP (dari beras) impor, impornya belum masuk, tapi pemerintah harus tetap memberikan (bantuan pangan kepada) 22 juta masyarakat marjinal itu yang 10 kg. Selama Januari kemarin sudah terkirim hampir 850 ribu ton, jadi kondisinya utamakan itu (bantuan pangan) harus jalan dong," katanya di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur, Senin (12/2).

"Kemarin kita memang sudah dapat SPHP, tetapi ada proses di mana beras impor belum datang, sehingga diutamakan juga dong yang lain. Jadi, kita ini harus agak kurang-kurang sedikit lah, toh masih ada premiumnya. Tapi begitu premium swasta naik (harga), kebingungan juga kan, mau gak mau SPHP mesti dinaikkan (pasokan) lagi ke ritel," imbuh Roy.

Kini, Aprindo meminta jaminan dari Bulog untuk kelancaran suplai beras SPHP ke ritel-ritel modern. Harapannya, ini akan mengatasi kelangkaan beras premium di toko ritel dan menghindari panic buying.

Pedagang Pasar Ikut Menjerit

Tak cuma ritel, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) ikut menjerit. Sekretaris Jenderal IKAPPI Reynaldi Sarijowan merinci dua kondisi miris yang terjadi di pasar tradisional saat ini.

Lihat Juga :
Menghitung Uang Makan Gratis Ala Prabowo, Sehari Rp13 Ribu per Orang

Pertama,para pedagang mengeluh sulit mendapatkan beras medium dengan harga Rp10.900 per kg.

"Kedua,barangnya juga amat jarang. Pun ada tentu harganya sudah tinggi di kisaran Rp18 ribu sampai Rp18.500 untuk yang (beras) premium," tuturnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/2).

Reynaldi menyebut harga yang melonjak tinggi itu memecahkan rekor di rezim Presiden Joko Widodo. Berdasarkan data IKAPPI, itu adalah harga beras premium tertinggi di era Jokowi.

IKAPPI mendesak pemerintah serius memperhatikan kondisi beras di pasar tradisional. Jika stok beras tak melimpah, distribusi pangan rakyat akan terganggu.

Lihat Juga :
Daftar 7 Anggaran yang Selamat dari Blokir Sri Mulyani, Ada Bansos-IKN

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi soal tarik-menarik bansos dengan stok beras di pasar.

"Fakta bahwa harga beras tinggi ini bukti pemerintah tidak serius menanganinya. Jelas bahwa tata niaga pangan kita ini mesti diperbaiki dan perlu ada perubahan agar tidak terjadi seperti ini terus-menerus," sambungnya.

Pemerintah sekarang memerintahkan Perum Bulog untuk mempercepat impor dan penyaluran beras SPHP demi mengatasi lonjakan harga hingga kelangkaan di toko ritel modern.

Juru Bicara Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto mengatakan Presiden Joko Widodo sudah memimpin rapat bersama stakeholders terkait untuk mengatasi sengkarut masalah beras ini.

Lihat Juga :
Melihat Gaji Petugas KPPS yang Bekerja di Pemilu dan Pilpres 2024

Sesuai arahan Jokowi, kementerian pimpinan Airlangga Hartarto ini menegaskan akan terus memonitor perkembangan harga beras di pasar dan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga (K/L) terkait.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi memastikan stok beras untuk puasa dan lebaran 2024 aman, meski ada isu kelangkaan di toko ritel modern.

Bayu menegaskan pihaknya terus mengelola importasi beras dengan baik. Apalagi, Presiden Jokowi sudah menyetujui izin impor 2 juta ton beras sepanjang 2024.

Soal kelangkaan beras di toko ritel, Bayu menyebut ada keanehan. Ia mengklaim Bulog sudah menyuplai beras medium ke ritel modern lebih banyak sampai 160 persen dibandingkan Januari 2023-Februari 2023.

Penyaluran sampai ke ritel modern itu agar masyarakat lebih mudah menjangkau beras SPHP yang kualitasnya disebut setara premium.

"Banyak sekali informasi yang datang ke kami, kita taruh 1 ton, itu kan 1.000 kg. Kalau 5 kg (satu pack) berarti ada 200 sak, masa hanya dalam setengah jam habis terjual?" ungkap Bayu keheranan saat mengecek stok beras SPHP di Ramayana Klender, Jakarta Timur.

"Jadi, kalau Bulog terus begini kan berat, kalau terus menerus yang dihadapi bukan rumah tangga sebenarnya. Jadi, orang yang beli satu sak, 5 kg, itu (seharusnya) bisa sampai dua minggu," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:kode maxwin slot

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
akulaku cicil hp
situs game slot tergacor
asia 787 slot
airasiabet
situs link slot gacor hari ini
cepekqq
pinjol legal ojk 2022
olympus slot gacor
pinjam online resmi
Daftar isi semua bab
Bab 1 paylater baru
Bab 2 pusatjudi
Bab 3 jam gacor olympus 2023
Bab 4 mendapat uang dengan cepat
Bab 5 trik menang main slot online
Bab 6 pinjam uang aman
Bab 7 bunga kredivo perbulan
Bab 8 qqmobil
Bab 9 taxi4d
Bab 10 gatotkaca138
Bab 11 link judi slot gacor
Bab 12 kudaslot
Bab 13 link lock slot machine
Bab 14 1 bet slot
Bab 15 situs semua slot
Bab 16 ultra 888 slot
Bab 17 erek 55
Bab 18 beli hp dengan kartu kredit
Bab 19 viva368 slot
Bab 20 cara pinjam saldo ovo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8309bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Versi Lengkap dari Novel Sistem Penyelamatan Diri Penjahat Sampah

kupon mandiri indomaret
Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Indralaya-Prabumulih akan dikenakan tarif mulai Selasa (20/2) pukul 12.00 WIB. Berikut rincian besaran tarifnya.
Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Indralaya-Prabumulih akan dikenakan tarif mulai Selasa (20/2) pukul 12.00 WIB. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi Indralaya-Prabumulih akan dikenakan tarif mulai Selasa (20/2) pukul 12.00 WIB. Tol tersebut sebelumnya dioperasikan gratis sejak 30 Agustus 2023.

PT Hutama Karya (Persero) mengatakan penetapan tarif tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 194/KPTS/M/2024 tentang Penetapan Tarif Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim Seksi Indralaya-Prabumulih.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan sosialisasi kepada pengguna jalan telah dilakukan selama lima bulan saat tol beroperasi gratis. Sosialisasi, katanya, dilakukan melalui media sosial, media luar ruang (spanduk, baliho, VMS), siaran pers perusahaan, hingga iklan radio.

"Dikarenakan tol ini merupakan sambungan dari Tol Palembang-Indralaya, pengguna jalan diimbau untuk memastikan terlebih dahulu kecukupan saldo uang elektronik sebelum melintasi jalan tol untuk menghindari penumpukan antrian di gerbang tol," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, dikutip detikcom, Senin (19/2).

Berdasarkan, SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 194/KPTS/M/2024 berikut tarif pada Tol Simpang Indralaya - Prabumulih:

Indralaya-Prabumulih

Golongab I: Rp85.000

Golongan II: Rp127.500

Golongan III: Rp170.000

Prabumulih-Indralaya

Golongan I : Rp85.000

Golongan II: Rp127.500

Golongan III: Rp170.000

Sementara itu, akumulasi tarif Golongan I dari Palembang menuju Prabumulih dan sebaliknya sebesar Rp105.500 yang akan dilakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) di Tol Palembang-Indralaya dan Tol Indralaya-Prabumulih.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Terlahir untuk menjadi raja

goal55
Mendag Zulkifli Hasan memastikan pasokan bahan pokok, terutama beras, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan 1445 Hijriah.
Mendag Zulkifli Hasan memastikan pasokan bahan pokok, terutama beras, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan 1445 Hijriah. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan (Mendag)Zulkifli Hasan memastikan pasokan bahan pokok, terutama beras, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Ramadan 1445 Hijriah.

"Seluruh persediaan cukup, terutama beras," ujar Zulkifli di Kementerian Perdagangan, Jakarta, seperti dikutip Antara, Minggu (4/2).

Ia mengungkapkan Bulog sudah mengimpor dua juta ton beras pada 2023 dan mengimpor dua juta ton lagi pada 2024 untuk mengamankan pasokan dalam negeri.

Berdasarkan data Badan Pangan Nasional, sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga.

Selama periode 28 Januari-4 Februari 2024, harga beras premium naik sebesar Rp370 dari Rp15.240 per kg menjadi Rp15.610 per kg, daging sapi murni naik sebesar Rp700 dari Rp134.230 menjadi Rp134.930 per kg, hingga cabai merah keriting naik sebesar Rp1.630 dari Rp49.410 menjadi Rp51.040 per kg.

"Yang paling penting persediaan cukup," kata Zulhas.

Pada Kamis (1/2), Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menilai ketersediaan stok pangan untuk Februari dan menghadapi Ramadan pada Maret 2024.

Pemerintah terus berupaya menjaga kecukupan kebutuhan pangan nasional dengan berbagai cara, mulai dari percepatan produksi pertanian, diversifikasi pangan, hingga bantuan pangan beras.

Pemerintah juga akan meningkatkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang terdiri dari 11 komoditas bahan pokok yakni beras, jagung, kedelai, bawang, cabai, daging unggas, telur, daging ruminansia, gula, ikan, dan minyak goreng.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Ning Zhanyan Qiao Cang

brosur akulaku
Menko Luhut menyebut jumlah TKA di hilirisasi nikel hanya 15 persen dari total karyawan.
Menko Luhut menyebut jumlah TKA di hilirisasi nikel hanya 15 persen dari total karyawan. (Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Panjaitan blak-blakan soal jumlah tenaga kerja asing (TKA) di proyek hilirisasi nikel di Indonesia.

Ia mengklaim jumlah buruh asing hanya 15 persen dari total karyawan. TKA tersebut melakukan pekerjaan yang buruh lokal belum mampu lakukan.

"Jumlahnya itu berkisar antara 10-15 persen saja dan itu tidak bisa tidak kita lakukan karena kita ndak punya kualitas manusia pada saat itu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan," ujar Luhut melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Rabu (24/1).

"Sekarang secara bertahap itu berkurang karena sudah banyak yang kita latih. Itu suatu proses yang harus dilalui," jelasnya.

Hal itu disampaikan Luhut menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang menyebut hilirisasi ala Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap merusak lingkungan hingga dominasi tenaga kerja asing (TKA) pada debat jilid 4, Minggu (21/1) malam.

"Harap dicatat gara-gara kita eksplorasi nikel ugal-ugalan, lalu hilirisasi tanpa perhatikan ekologi, mempertimbangkan sosialnya, buruh kita terabaikan, malah banyak TKA, dan juga yang terjadi korban kecelakaan," katanya.

Luhut lantas mengingatkan Cak Imin untuk tidak membohongi publik hanya untuk mencapai posisi yang diinginkan. Ia menyebut karakter yang baik adalah hal penting dan nomor satu yang harus dimiliki untuk menjadi seorang pemimpin.

"Jangan kita munafik, membohongi publik kita dengan menyebarkan berita-berita palsu. Apalagi anda mau jadi pemimpin, karakter menurut saya itu nomor satu, bukan soal pintar," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Alam Dewa Kegelapan

slot terbaik dan gacor
Transmart Full Day Sale menghadirkan promo menarik untuk berbagai kebutuhan liburan, ada koper kece harganya mulai dari Rp500 ribuan.
Transmart Full Day Sale menghadirkan promo menarik untuk berbagai kebutuhan liburan, ada koper kece harganya mulai dari Rp500 ribuan (CNN Indonesia/ Muhammad Naufal)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale menghadirkan promo menarik untuk berbagai kebutuhan liburan. Salah satunya ada koper dengan desain kekinian yang dijual dengan harga terjangkau mulai dari Rp500 ribuan.

Ada banyak pilihan koper di Transmart yang didiskon. Mulai dari koper Polo Classic sampai President dengan berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Lihat Juga :
Transmart Tebar Diskon Berlipat Dua Hari Full di Semua Toko!

Ada juga koper President berbagai ukuran diskon 50 persen plus 20 persen. Pembayaran menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah dapat diskon tambahan 20 persen.

Sementara untuk koper Polo Classic menawarkan harga spesial Rp555.000. Pembayaran menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah dapat diskon tambahan 20 persen.

Gimana? Hemat dan bikin untung banyak bukan. Jadi pastikan bayarnya pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Cara buka rekeningnya gampang, downloadaplikasi Allo Bank dari smartphonemelalui App Store atau Play Store, kemudian upgradeakunnya ke Allo Prime.

Sementara untuk kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan secara instan di setiap gerai Transmart.

Ingat ya, koper diskon ini berlaku selama periode Full Day Sale berlangsung sejak Sabtu (10/2) hingga Minggu (11/2) sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Stok kopernya menyesuaikan ketersediaan di setiap gerai. Supaya tidak ketinggalan penawaran menariknya, yuk segera merapat ke Transmart terdekat.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kaisar Jahat Surga yang Melahap

pinjol tanpa verifikasi wajah dan rekening pribadi
PT Pelni (Persero) mengungkap tidak terjadi peningkatan jumlah penumpang signifikan selama periode libur panjang Isra Mi'raj dan cuti bersama Imlek tahun ini.
PT Pelni (Persero) mengungkapkan tidak terjadi peningkatan jumlah penumpang signifikan selama periode libur panjang Isra Mi'raj dan cuti bersama Imlek tahun ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Pelni (Persero) mengungkapkan tidak terjadi peningkatan jumlah penumpang signifikan dalam periode libur panjang Isra Mi'raj dan cuti bersama Imlek, yakni Rabu (7/2) hingga Minggu (11/2).

Manager Komunikasi Internal dan Eksternal Pelni Ditto Pappilanda mengatakan hal ini lantaran periode libur tersebut tidak menjadi penggerak mobilitas penumpang kapal laut.

"Tidak ada kenaikan yang signifikan, dikarenakan libur Isra Mikraj dan Imlek tidak menjadi penggerak mobilitas penumpang kapal laut," kata dia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (7/2).

Ditto juga menjelaskan tak ada perubahan yang signifikan dari pergerakan masyarakat dalam periode itu.

Ia melihat mobilitas masyarakat cenderung lebih tinggi pada peak seasonlibur lebaran atau libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Untuk pergerakan masyarakat tidak ada perubahan yang signifikan, karena kecenderungan mobilitas masyarakat yang signifikan pada peak seasonlebaran dan Nataru," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Kaisar Dewa Abadi

situs slot paling gacor saat ini
Turis asing memadati Bali awal 2024 ini. Jumlahnya bahkan ke level tertinggi dalam 4 tahun terakhir.
Turis asing memadati Bali awal 2024 ini. Jumlahnya bahkan ke level tertinggi dalam 4 tahun terakhir. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Turis asing memadati Balipada awal 2024. Bahkan kedatangan pelancong ini sampai memecahkan rekor wisatawanmancanegara (wisman) yang masuk ke Indonesia dalam empat tahun terakhir.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisman pada Januari 2024 mencapai 927,75 ribu orang. Ini terbagi ke dalam 760,04 ribu turis yang masuk dari pintu utama dan 167,71 ribu lainnya melalui pintu perbatasan.

"Jumlah kunjungan wisman di Januari 2024 ini merupakan capaian tertinggi di Januari selama 4 tahun terakhir," ucap Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah dalam konferensi pers di Kantor BPS, Jakarta Pusat, Jumat (1/3).

Ada 155,2 ribu turis Malaysia yang melancong ke Indonesia pada Januari 2024 lalu alias 16,7 persen. Sedangkan 127,1 ribu orang datang dari Australia dan 87,2 ribu lainnya merupakan wisman dari Singapura.

Selain memadati Bali, para turis tersebut masuk melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang sebanyak 17.03 persen. Ada juga yang masuk melalui Batam sebesar 8,39 persen; Juanda, Jawa Timur 2 persen; Tanjung Uban, Bintan 1,23 persen; dan Kualanamu, Sumatra Utara sebesar 1,6 persen.

Habibullah mencatat rata-rata lama tinggal para wisman tersebut mencapai 7,92 malam di Indonesia.

Capaian kedatangan wisman ini naik 16,19 persen secara tahunan (year on year/yoy). Meski begitu, turun 18,94 persen secara bulanan alias month to month (mtm).

Sementara itu, tingkat penggunaan kamar (TPK) Januari 2024 mencapai 46,72 persen. Ini turun 13,02 persen poin secara bulanan, tetapi naik 1,86 persen poin secara yoy.

"TPK hotel klasifikasi bintang tertinggi tercatat di Provinsi Bali, yakni 56,27 persen. Dilihat rata-rata lama menginap pada hotel klasifikasi bintang tersebut pada Januari 2024 itu selama 1,58 hari," jelasnya soal kepadatan turis yang menginap di Bali.

"Pada Januari 2024, TPK hotel berbintang tertinggi terjadi di Bali, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Riau," tandas Habibullah.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)