petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

ngamen4d

akun vip thailand 329Jutaan kata 680585Orang-orang telah membaca serialisasi

《ngamen4d》

Harta Naik 100 Persen, Dewi Kam Kini Jadi Orang Terkaya RI ke******

Dewi Kam melesat dari posisi 12 ke ke-7 orang terkaya RI versi Forbes Real Time Billionaire per Senin (10/4) ini berkat bisnis batu bara.
Dewi Kam merangsek ke posisi ke-7 orang terkaya RI versi Forbes Real Time Billionaire per Senin (10/4) ini, dari sebelumnya ranking 12 pada tahun lalu. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lonjakan harta Dewi Kammengantarkan ia ke posisi ke-7 orang terkaya di Tanah Air dari sebelumnya ranking 12 pada tahun lalu. Hartanya naik 100 persen dibandingkan 2022.

Berdasarkan data Forbes Real Time Billionaire per Senin (10/4) ini, kekayaannya mencapai US,9 miliar atau setara Rp73,5 triliun (asumsi kurs Rp15 ribu per dolar AS).

Nilai kekayaan tersebut membuat Dewi Kam melesat ke urutan ke-7 orang paling tajir di Indonesia, menggeser posisi taipan pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, yang kini berada di urutan ke-8.

Sumber harta Dewi Kam

Dewi Kam mendapatkan sebagian besar pundi-pundi uang dari saham di perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk. Ia merupakan pemilik saham minoritas sebesar 10 persen di emiten berkode BYAN itu.

Selain Bayan, Dewi Kam juga eksis di sektor pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik. Ia merupakan pemilik PT Sumbergas Sakti Prima (SSP) yang bermitra dengan PT Bosowa Energi dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut proyek PLTU Cilacap dikembangkan oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P). Adapun saham perusahaan tersebut dimiliki oleh PT SSP dengan porsi 51 persen dan PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) sebesar 49 persen.

PLTU ini nantinya makin memperkuat sistem kelistrikan Jawa-Bali. Lokasi Proyek Ekspansi ini terletak di tiga desa, yaitu Karangkandri, Menganti dan Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dan dibangun di atas tanah seluas 26 hektar persegi.

Selain itu, Dewi Kam terdaftar sebagai pemegang saham Birken Universal Corporation Virgin Islands Inggris.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

[Gambas:Video CNN]

Harga Kripto Cerah Awal Pekan Ini, Dogecoin Menguat Paling Tinggi******

Mayoritas harga kripto terpantau cerah pada awal pekan ini. Dogecoin naik 7 persen dalam sepekan terakhir.
Mayoritas harga kripto terpantau cerah pada awal pekan ini. Dogecoin naik 7 persen dalam sepekan terakhir. (REUTERS/DADO RUVIC)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas hargakripto terpantau cerah pada awal pekan ini. Dogecoin naik 7 persen dalam sepekan terakhir.

Mengutip coinmarketcap, Senin (10/4), dogecoin berada di level USLuhut soal China Minta APBN Jamin Utang Kereta Cepat: Prosedur Panjang******

Menko Marves Luhut Panjaitan mengungkap China meminta utang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dijamin oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.
Menko Marves Luhut Panjaitan mengungkap China meminta utang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dijamin oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. (CNN Indonesia/Harvey Darian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Panjaitan mengungkap China meminta utang proyek Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB) dijamin oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun, ia merekomendasikan pinjaman proyek tersebut dijamin oleh PT Penjaminan Infrastruktur (Persero) alias PII. Pasalnya, prosedur agar permintaan China terwujud panjang.

"Memang masih ada masalah psikologis ya, jadi mereka (China) maunya dari APBN. Tapi kita jelaskan prosedurnya akan panjang. Kami dorong melalui PT PII karena ini struktur yang baru dibuat pemerintah Indonesia sejak 2018," kata Luhut dalam konferensi pers di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Senin (10/4).

Sementara itu, pemerintah Indonesia gagal meminta China menurunkan besaran bunga utang kereta cepat menjadi 2 persen.

Luhut menyebut negara yang dipimpin Xi Jinping itu hanya mau menurunkan bunga utang kereta cepat dari 4 persen ke level 3,4 persen.

"Karena kalau kamu pinjam ke luar juga bunganya sekarang bisa 6 persen juga. Jadi 3,4 persen misalnya sampai situ, we are doing ok walaupun nggak oke-oke amat," terang Luhut.

Secara terpisah, Direktur Utama PT PII Wahid Sutopo mengatakan belum menerima mandat dari Luhut soal proses penjaminan proyek KCJB tersebut.

"Terkait proyek KCJB, sampai saat ini kami belum secara resmi menerima penugasan dari pemerintah dalam melakukan penjaminan proyek tersebut," kata Wahid kepada CNNIndonesia.com, Rabu (12/4).

Kendati demikian, ia menegaskan perusahaan akan hadir untuk melaksanakan penjaminan pemerintah di proyek infrastruktur.

"Sekiranya akan mendapatkan penugasan untuk penjaminan KCJB, kami berkomitmen akan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya," ujar Wahid.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr),038 per keping, naik 1,23 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,52 persen dalam sepekan.

Ethereum berada di level US.860 per keping. Naik tipis 0,34 persen dalam sehari dan 4,53 persen dalam 7 hari terakhir.

BNB naik 1,06 persen dalam 7 hari terakhir, dan naik 0,55 persen dalam sehari berada di level US2 per keping. USD Coin naik 0,05 persen dalam sepekan dan turun 0,01 persen dalam 24 jam, berada di level USHarita Nickel Resmi IPO Hari Ini******

Harita Nickel resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana (IPO) Rabu (12/4) ini.
Harita Nickel resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana (IPO) Rabu (12/4) ini. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Trimegah Bangun Persada Tbk atauHarita Nickel resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana (IPO) pada hari ini, Rabu (12/4).

Emiten berkode NCKL tersebut menjadi perusahaan tercatat ke-31 yang tercatat di bursa pada 2023.

Harita menawarkan 7,99 miliar saham atau setara dengan 12,67 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Adapun harga penawaran umum yang ditetapkan Rp1.250 per saham. Melalui aksi korporasi ini, Harita memperoleh tambahan modal sebesar Rp9,99 triliun.

Berdasarkan data perdagangan pukul 13.13 WIB, harga saham Harita Nickel naik 4 persen ke level Rp 1.300 dari harga IPO, Rp1.250. Volume saham yang diperdagangkan tercatat 512 juta dengan nilai transaksinya Rp653 miliar.

Lihat Juga :
Pertama Kali, RI Punya Pabrik Bahan Baterai Listrik Nikel Sulfat

Harita Nickel menunjuk PT BNP Paribas Sekuritas Indonesia, PT Citigroup Sekuritas Indonesia, PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia, dan PT Mandiri Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Adapun Penjamin Emisi Efek dipercayakan kepada PT UOB KayHian Sekuritas, PT OCBC Sekuritas Indonesia dan, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia.

NCKL mengoperasikan pertambangan dan hilirisasi terintegrasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Selain memiliki IUP, sejak tahun 2016, NCKL telah memiliki pabrik smelter nikel saprolit dan fasilitas pengolahan dan pemurnian (refinery) nikel limonit di wilayah operasional yang sama.

Kedua fasilitas tersebut hadir untuk mendukung amanat hilirisasi dari pemerintah Indonesia dengan memanfaatkan hasil tambang nikel NCKL dan entitas anak PT Gane Permai Sentosa (PTGPS).

Per 30 November 2023, NCKL mencatatkan pendapatan yang tidak diaudit dari kontrak dengan pelanggan mencapai Rp9,04 triliun selama periode Januari hingga November 2022.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt),99 per keping.

XRP berada di level USTarif Tol Cikupa******

Badan Pengelola Jalan Tol mengungkapkan tarif Tol Cikupa-Merak bakal diskon 20 persen pada 17-18 April dan 26-27 April demi mudik Lebaran.
Tarif tol Cikupa-Merak akan didiskon 20 persen di tanggal 17-18 April atau dua hari sebelum puncak arus mudik. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sekretaris Badan Pengelola Jalan Tol(BPJT) Yongki Triono mengungkapkan tarif Tol Cikupa-Merakbakal diskon 20 persen saat musim mudik Lebarantahun ini.

Diskon diberikan dua hari sebelum 19 April, yakni 17-18 April. Adapun untuk arus balik diskon berlaku pada dua hari sesudah lebaran atau 26-27 April.

"Cikupa-Merak ini yang akan diberikan diskon," ucap Yongki dalam konferensi pers, Kamis (13/4).

Dengan begitu, tidak ada penumpukan kendaraan di puncak arus mudik.

Diskon tarif tol tak hanya diberlakukan di ruas Tol Cikupa-Merak. PT Hutama Karya (Persero) memberikan diskon tarif sebesar 20 persen untuk sejumlah ruas Tol Trans Sumatera. Diskon diberikan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Untuk ruas-ruas di Hutama Karya kami juga melakukan diskon tarif tol," ujar EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji, dikutip dari Antara, Selasa (11/4).

Dwi menyebut ruas-ruas tol yang diberlakukan diskon tarif yakni Bakauheni-Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar-Kayu Agung.

"Kami berlakukan hanya untuk di tiga gerbang tol yakni Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Gerbang Tol Kayu Agung dan Gerbang Tol Kayu Agung Utama," katanya.

Diskon tarif tol tersebut diberlakukan untuk tarif tol terjauh dan diberlakukan untuk pengguna tol saat arus mudik periode 16-18 April, serta arus balik pada 26-28 April 2023.

[Gambas:Video CNN]

Tak hanya itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga akan memberikan diskon 20 persen untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (16/4) pukul 06.00 WIB hingga Selasa (18/4) pukul 06.00 WIB atau saat musim mudik Lebaran.

Tidak hanya pada arus mudik, diskon tarif tol 20 persen di Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga akan diberlakukan saat arus balik pada Kamis (27/4) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu (29/4) pukul 06.00 WIB.

Diskon tarif tol 20 persen ini hanya di dua gerbang tol, yaitu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju/dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang yang menuju/dari arah Bandung.

Lihat Juga :
Jokowi Akhirnya Bersuara soal Pekerja IKN Belum Digaji Berbulan-bulan
(mrh/agt).504 per keping, turun 0,45 persen dalam sehari dan lesu 1,6 persen dalam sepekan. Cardano berada di level USHarga Jual Emas Antam Merosot ke Rp1,069 juta Per Gram Pagi Ini******
Harga jual emas Antam berada di posisi Rp1,069 juta per gram pada Selasa (11/4), turun Rp3.000 dari Rp1,072 juta pada perdagangan sebelumnya.
Harga jual emas Antam berada di posisi Rp1,069 juta per gram pada Selasa (11/4), turun Rp3.000 dari Rp1,072 juta pada perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atauAntam berada di posisi Rp1,069 juta per gram pada Selasa (11/4). Harga emas tercatat turun Rp3.000 dari Rp1,072 juta pada perdagangan sebelumnya.

Sementara, harga pembelian kembali (buyback) turun RP2.000 dari Rp964 ribu menjadi Rp962 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp584,5 ribu, 2 gram Rp2,07 juta, 3 gram Rp3,09 juta, 5 gram Rp5,12 juta, 10 gram Rp10,18 juta, 25 gram Rp25,33 juta, dan 50 gram Rp50,59 juta.

Harga jual emas tersebut belum termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,18 persen menjadi US.007,4 per troy ons. Sedangkan, harga emas di perdagangan spot menguat 0,02 persen ke US.991,5 per troy ons pada pagi ini.

Lihat Juga :
Pergerakan IHSG Ditopang Kenaikan Cadangan Devisa RI

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas melemah hari ini. Menurutnya, pergerakan harga emas tertekan oleh penguatan dolar AS dan imbal hasil obligasi AS.

Selain itu, data tenaga kerja atau Data Non-Farm Payroll (NFP) AS yang kuat pada pekan lalu juga masih merupakan pemicu naiknya ekspektasi akan suku bunga bank sentral AS (The Fed) ke depannya. Hal ini turut menekan harga emas.

"Data tenaga kerja NFP yang kuat pada Jumat lalu masih merupakan pemicu naiknya ekspektasi akan suku bunga the Fed ke depannya," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.975 per troy ons dan resistance US.010 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu),386 per keping, anjlok 0,38 persen dalam sehari tapi bangkit 2,26 persen dalam seminggu.

Polygon berada di level US,09 per keping, turun 1,07 persen dalam sehari tapi naik 1,25 persen dalam sepekan. Solana berada di level US,28 per keping, naik 0,75 persen dalam 24 jam dan 1,17 persen dalam seminggu.

Lihat Juga :
Daftar Negara dengan Orang Kaya Terbanyak di Dunia

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Daftar Negara dengan Orang Kaya Terbanyak di Dunia******

Sejumlah negara tercatat memiliki penduduk terkaya di dunia. Ada 2.640 miliarder di dunia yang berasal dari dari 77 negara atau wilayah di seluruh dunia.
Sejumlah negara tercatat memiliki penduduk terkaya di dunia. Ada 2.640 miliarder di dunia yang berasal dari dari 77 negara atau wilayah di seluruh dunia. Ilustrasi. (AFP/ERIC PIERMONT)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah negara tercatat memiliki penduduk terkayadi dunia. Setidaknya, ada 2.640 miliarder di dunia yang berasal dari dari 77 negara atau wilayah di seluruh dunia.

Mengutip laporan Forbes, Senin(10/4), jumlah wilayah asal miliarder di dunia pada 2023 bertambah dua dari 75 negara pada tahun lalu. Dua tambahan wilayah baru itu adalah Panama dan Armenia.

Posisi pertama negara dengan orang kaya terbanyak adalah Amerika Serikat dengan 735 orang miliarder. Jumlah itu sama dengan tahun lalu.

Di posisi kedua, ada China dengan jumlah orang kaya sebanyak 495 orang miliarder. Jumlah kekayaan gabungan miliarder China sebanyak US,67 triliun.

Posisi selanjutnya ditempati India dengan 169 orang miliarder, naik dibandingkan tahun lalu sebanyak 166 orang. Adapun total kekayaan gabungan para miliarder saat ini sebanyak US5 miliar.

Kemudian ada Jerman yang memiliki 126 miliarder, turun dari 134 miliarder pada tahun lalu. Total kekayaan gabungan para taipan Jerman saat ini sebanyak US5 miliar.

Lihat Juga :
IHSG Diprediksi Menguat Terbatas di Awal Pekan

Rusia menjadi negara dengan orang kaya terbanyak di dunia dengan 105 miliarder tahun ini dengan kekayaan bersih gabungan U4 miliar, naik dari US0 miliar tahun lalu. Orang terkaya di negara itu sebagian besar memulihkan kerugian yang mereka derita setelah invasi Ukraina.

Berikut beberapa daftar negara dengan orang kaya terbanyak di dunia:

1. Amerika Serikat (735 miliarder)

2. China (495 miliarder)

3. India (169 miliarder)

4. Jerman (126 miliarder)

5. Rusia (105 miliarder)

6. Hong Kong (66 miliarder)

7. Italia (64 miliarder)

8. Kanada (63 miliarder)

9. Taiwan (52 miliarder)

10. Britania Raya (52 miliarder)

11. Brazil (51 miliarder)

12. Australia (47 miliarder)

13. Prancis (43 miliarder)

14. Swiss (41 miliarder)

15. Jepang (40 miliarder)

16. Swedia (39 miliarder)

17. Singapura (35 miliarder)

18. Korea Selatan (30 miliarder)

19. Israel (30 miliarder)

20. Indonesia (29 miliarder)

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)




bab terbaru:sintoto

Perbarui waktu:2024-07-04

Daftar bab terbaru
situs yang gacor malam ini
buku mimpi 2d 43
27 togel
voucher gojek terbaru
mahkota toto slot
indovegas99
togel rokok
pinjam dompet
situs slot 24 jam online
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot terbaik di indonesia
Bab 2 halo4d
Bab 3 slot gacor terbaru pragmatic play
Bab 4 trik pola maxwin
Bab 5 sgp77 slot login
Bab 6 pola slot olympus maxwin 2023
Bab 7 prediksi togel china
Bab 8 situs 388 slot
Bab 9 angka main togel hari ini
Bab 10 pengajuan pinjaman kredivo
Bab 11 star slot 888
Bab 12 susubet
Bab 13 indobola338
Bab 14 cara mencairkan saldo kredivo ke rekening
Bab 15 situs888
Bab 16 banner prediksi togel
Bab 17 situsslot gacor hari ini
Bab 18 arti kakek zeus
Bab 19 slot gampang maxwin
Bab 20 rtp kantortoto
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9211bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Master Kelangsungan Hidup Super

pinjol kta kilat
Mayoritas harga pangan, seperti telur ayam, bawang putih, cabai merah keriting turun dua pekan menjelang Idulfitri.
Mayoritas harga pangan turun dua pekan menjelang Idulfitri. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga pangankompak melandai dua pekan menjelang Lebaran Idulftri.

Mengutip hargapangan.id, Senin (10/4), telur ayam ras segar turun dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp29.700 per kg. Bawang putih ukuran sedang turun dari Rp34.100 per kg menjadi Rp33.850 per kg.

Cabai merah keriting turun dari Rp40.750 per kg menjadi Rp39.300 per kg, dan cabai rawit hijau dari Rp41.200 per kg menjadi Rp40.300 per kg.

Daging ayam ras segar turun dari Rp33.700 per kg menjadi Rp33.650 per kg, serta beras kualitas super 1 turun dari Rp14.800 per kg menjadi Rp14.750 per kg. Beras kualitas super 2 turun dari Rp14.250 per kg menjadi Rp14.200 per kg, dan beras kualitas medium 1 turun dari Rp13.450 per kg menjadi Rp13.400 per kg.

Sementara itu, bawang merah ukuran sedang naik dari Rp36.450 per kg menjadi Rp36.500 per kg, cabai merah besar naik dari Rp42.600 menjadi Rp42.650 per kg, minyak goreng kemasan bermerek 2 naik dari Rp20.100 per kg menjadi Rp20.200 per kg.

Lihat Juga :
Jokowi Klaim Harga Pangan Turun Jelang Lebaran

Daging sapi kualitas 1 naik dari Rp138.400 per kg menjadi Rp138.750 per kg. Daging sapi kualitas 2 naik dari Rp129.050 per kg menjadi Rp129.150 per kg.

Beras kualitas bawah I naik dari Rp12.200 per kg menjadi Rp12.250 per kg, dan beras kualitas bawah II naik dari Rp11.850 per kg menjadi Rp11.950 per kg.

Adapun beberapa komoditas terpantau stabil. Seperti minyak goreng curah stabil di Rp15.650 per kg, gula pasir lokal stabil Rp14.500 per kg, gula pasir premium stabil di Rp15.900 per kg, dan eras kualitas medium II stabil di Rp13.200 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Selir Chunqiu

istana138
Strategi itu tak hanya sukses memperkuat posisi PNM sebagai BUMN yang berfokus terhadap pengembangan UKM, tetapi juga meningkatkan performa bisnis.
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dinobatkan sebagai salah satu pemenang pada Marketeers OMNI Brands of the Year 2023 dalam kategori 360° Brand Communication. (Foto: PNM)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) keluar sebagai salah satu pemenang pada Marketeers OMNI Brands of the Year 2023 dalam kategori 360° Brand Communication.

PNM dinilai berhasil memadukan kampanye online dan offline di sepanjang 2022. Strategi tersebut tak hanya sukses memperkuat posisi PNM sebagai BUMN yang berfokus terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM), tetapi juga meningkatkan performa bisnis.

Peran PNM pun semakin terlihat usai pandemi melanda. Berdasarkan jumlah kredit yang terserap oleh UKM, tercatat terjadi pertumbuhan kredit hingga Agustus 2021, yakni sebesar 2,43 persen year-on-year (yoy).

Produk yang lahir dari MEA itu lantas disempurnakan dengan program brand activation melalui expo UKM. Dengan kata lainm PNM pun turut andil dalam menciptakan pasar bagi usaha kerakyatan.

Arief menyatakan, dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di Indonesia, diperlukan kerja sama yang konkret. Hal itu antara lain diwujudkan melalui program integrasi data P3KE dengan data nasabah PNM yang berguna dalam pelaksanaan beragam program PNM ke depannya.

"Hal ini juga sekaligus memberikan tambahan semangat bagi PNM, karena program yang dilakukan PNM sejalan dengan program prioritas pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia," ucapnya.

Langkah kedua PNM dalam mendukung pemulihan UKM pasca pandemi adalah dengan komunikasi kreatif melalui platform YouTube. Berbagai konten diunggah PNM, termasuk podcast tentang kisah-kisah sukses UKM binaan PNM, serial kisah inspiratif, dan Program Bakool.

Sementara di Instagram, sejumlah unggahan PNM yang mendapatkan perhatian antara lain PNM Learning Festival, PNM Berinovasi, PNM Bagi Tabungan Kemerdekaan, dan Program Bakool. Arief menyebut, seluruh konten ditujukan bagi pelaku UKM yang ingin naik kelas.

Pada saat bersamaan, PNM juga menerapkan digitalisasi dan pemanfaatan teknologi untuk bisnis.

"Melalui aplikasi PNM Digi Nasabah, masyarakat dapat mengakses informasi mengenai kredit yang tersambung dengan tabungan emas di Pegadaian," kata Arief.

Lebih jauh, PNM juga menyelenggarakan Desa Binaan Madani di Jawa Barat, yakni program pemberdayaan dan pengembangan desa yang bertujuan menciptakan kemandirian dan kesejahteraan. Melalui program Desa Binaan Madani, masyarakat dapat mengembangkan potensi daerah secara mandiri.

Program lain adalah Pemberdayaan Kampung Madani, yang merupakan program pemberdayaan berbasis lokasi atau wilayah dengan melihat populasi nasabah dan non nasabah. Tujuannya, meningkatkan citra PNM, serta meningkatkan kesadaran terhadap produk dan menambah jumlah nasabah.

(rea/rea)

[Gambas:Video CNN]

dunia cermin tertinggi

trik menang game slot

Dewa laki-laki Gao Xiaoleng

hasilslot

Hiburan panjang umur

cara dapat uang tanpa modal

dewa dan setan

erek berkelahi