petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

club slot

angka jitu ini hari 10Jutaan kata 34748Orang-orang telah membaca serialisasi

《club slot》

23 tim ilmuwan beradu ide dan gagasan penelitian genomik******

23 tim ilmuwan beradu ide dan gagasan penelitian genomik
Sejumlah ilmuwan bertanding ide dan gagas dalam turnamen Genomics and Science Dojo di Universitas Yarsi, Jakarta, Sabtu (2/3/2024). (ANTARA/Sugiharto Purnama)
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 23 tim ilmuwan dari berbagai kampus dan lembaga riset nasional beradu ide dan gagasan penelitian dalam turnamen Genomics and Science Dojo di Universitas Yarsi, Jakarta.
 Rektor Universitas Yarsi Fasli Jalal mengatakan ajang itu merupakan pertama kali di dunia yang mengusung konsep presentasi layaknya turnamen seni beladiri. "Turnamen ini menjadi pelajaran dan membangun kepercayaan diri para ilmuwan, sehingga mereka selalu bisa belajar dari kritik orang lain dan juga menyampaikan kritik kepada orang lain dengan konstruktif," kata Faisal di Jakarta, Sabtu. Turnamen Genomik yang memfasilitasi pembelajaran intensif dan eksperimental itu ditujukan untuk mendukung penelitian genomik di Indonesia, sekaligus memberikan dukungan untuk publikasi hasil riset mereka dalam jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional. Ajang yang didesain menyerupai seni beladiri itu berada di dalam satu ruangan. Di ruangan itu berhadapan dua tim ilmuwan, setiap satu tim terdiri dari dua anggota. Mereka mempresentasikan penelitian dalam sebuah sesi pertandingan yang disebut sparing. Mereka juga harus mempertahankan ide saat argumentasi diserang oleh tim lawan. Faisal mengatakan turnamen ide dan gagasan penelitian itu sudah pernah diujicobakan di hotel sebulan lalu, namun suasana terkesan kurang akademik. Universitas Yarsi lantas menjadi tuan rumah penyelenggaraan setelah sebelumnya menawarkan konsep yang lebih bagus dengan suasana akademik.

Baca juga: BRIN memfokuskan riset genomik untuk mitigasi pandemi "Ini baru pertama kali di dunia. Jadi, kami beruntung Indonesia terpilih. Ide ini dibumikan di Indonesia pertama kali," kata Faisal.
Sejumlah ilmuwan bertanding ide dan gagas dalam turnamen Genomics and Science Dojo di Universitas Yarsi, Jakarta, Sabtu (2/3/2024). (ANTARA/Sugiharto Purnama)
 Sejak 25 Januari sampai 17 Februari 2024, para peserta turnamen telah menyelesaikan serangkaian sesi mentoring di Jakarta. Mereka dipersiapkan untuk mengikuti turnamen tersebut. Setiap tim dipandu oleh seorang mentor yang dipanggil sensei, dia adalah ilmuwan dan ahli genomik dari berbagai institusi nasional, regional, dan internasional. Adapun para juri adalah ilmuwan yang sudah lama bergelut dan mengerti cara penilaian. Selama rangkaian sesi mentoring tersebut, para peserta telah mengikuti pelatihan berpikir kritis, psikologi positif, dan juga penggunaan Bahasa Inggris ilmiah untuk mempertajam keahlian berpikir dan retorik. Pelatihan dan turnamen Genomics and Science Dojo didesain menggunakan prinsip-prinsip seni beladiri yang mempraktikkan ilmu pengetahuan dengan melatih keahlian utama melalui sparing, yakni memberikan kritik dan pembelaan atas ide riset dalam sebuah perlawanan. Turnamen itu bertujuan untuk mengakomodasi sifat kritis ilmu pengetahuan yang sesuai dengan budaya masyarakat di Asia Tenggara yang cenderung mengedepankan keterlibatan non-konfrontatif ketimbang diskusi kritis terbuka. "Kalau di forum biasa orang segan menyerang. Dia (ilmuwan) juga bisa marah diserang di sana, tetapi kalau di sini, dia menyiapkan diri untuk dikritik setajam mungkin untuk perbaikan," kata Faisal.

Baca juga: FKKMK UGM dorong cakupan pengawasan genomik di Indonesia diperluas Turnamen Genomics and Science Dojo difasilitasi dengan dana dari British Embassy Jakarta dan dilaksanakan dengan kolaborasi dari Summit Institute for Development (SID), Oxford University Clinical Research UNIT (OUCRU) and Genomics Solidaritas Indonesia (GSI).
Konsep ruangan presentasi ide dan gagasan penelitian turnamen Genomics and Science Dojo di Universitas Yarsi, Jakarta, Sabtu (2/3/2024). (ANTARA/Sugiharto Purnama)
 Dosen Universitas Yarsi, Ahmad Utomo, yang menjadi peserta dalam turnamen itu mengusung penelitian tentang modifikasi genomik pada garis keturunan penderita stunting akibat malnutrisi kronis. "Ketika orang kurang makan berarti ada modifikasi genom karena ada bahan kimia namanya metil, itu berbeda. Pertanyaannya bisa tidak rekam jejak atau ibunya dulu kurang makan? ini terlihat di anaknya," kata Ahmad. Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa rekam jejak stunting itu penting untuk mengetahui modifikasi genomik yang bisa berdampak ketika dewasa, semisal mudah terkena diabetes dan mudah hipertensi. Apabila terbukti bahwa rekam jejak genomik berbeda antara anak stunting dengan anak normal, maka ilmuwan bisa memprediksi anak-anak yang ada perbedaan signifikan itu dilihat kerentanan terhadap penyakit-penyakit kronis ketika mereka menjadi dewasa. Ahmad menilai turnamen ide dan gagasan penelitian genomik tersebut bagus untuk para peneliti karena mereka bisa saling bertukar ilmu, beradu gagas, saling mengkritik kelemahan dan kekuatan masing-masing. Menurut dia, selama ini Indonesia jarang berdebat mengenai ilmu pengetahuan kecuali politik. "Ini satu ajang pengalaman yang bagus bahwa perdebatan di bidang sains juga penting. Apalagi ini untuk mengkomunikasikan hasilnya ke publik," ujar Ahmad.

Baca juga: BRIN bangun gedung genomik untuk riset sains kehidupan dan lingkungan Setelah menyelesaikan turnamen tersebut sebanyak 15 tim terpilih akan diberangkatkan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 6 Maret 2024, untuk menulis jurnal ilmiah dari bahan-bahan yang telah mereka paparkan. Mereka mendapatkan fasilitas untuk mempublikasikan jurnal ilmiah terutama pada tingkat internasional. Jurnal ilmiah itu diharapkan bisa menstimulasi supaya percakapan tentang genomik muncul di Indonesia.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Prawira kembali menang usai kalahkan Borneo******

Prawira kembali menang usai kalahkan Borneo
Pemain Prawira Harum Bandung Yudha Saputera. ANTARA/HO-IBL
Jakarta (ANTARA) - Prawira Harum Bandung akhirnya kembali ke jalur kemenangan, setelah menundukkan Borneo Hornbills 82-78, melalui babak overtime dalam laga lanjutan IBL di C-Tra Arena Bandung, Sabtu.

Prawira yang pada dua laga sebelumnya menelan kekalahan berturut-turut sekaligus menempatkannya di papan tengah klasemen, akhirnya kembali meraih kemenangan dengan perubahan para pemain asing.

Borneo yang punya peluang untuk menumbangkan juara bertahan, ternyata harus menelan kekalahan ketujuh berturut-turut. Mereka kembali gagal memenangkan laga overtime ketiganya musim ini.

Di laga debutnya bersama Kepala Pelatih Ismael, Borneo tampil lebih agresif. Khususnya di babak kedua, di mana setelah tertinggal 43-47 saat turun minum, Borneo bangkit untuk membalikkan keadaan di kuarter keempat.

Baca juga: Prawira Harum curi kemenangan 73-66 dari kandang Amartha Hangtuah

Borneo hampir menang dan masih unggul 70-65 di sisa satu setengah menit waktu normal. Tetapi gagal mempertahankan keunggulan tersebut, dan kembali harus bertarung di babak tambahan waktu.

Di babak overtime, Yudha Saputera menggila dengan mencetak 10 poin, termasuk dua kali tembakan tripoin. Mengutip statistik pertandingan, secara total Prawira menambahkan 12 poin di babak overtime.

Yudha sendiri menyelesaikan laga dengan torehan 15 poin, serta sukses memasuki 1.000 Points Club di IBL, atau pemain yang mencetak 1.000 poin dalam kariernya.

Antonio Hester pada laga debutnya bersama Prawira mencetak 16 poin dan 13 rebound. Sedangkan Brandon Francis yang kembali masuk roster Prawira, menambahkan 16 poin yang memulai laga dari bangku cadangan.

Sebaliknya dari kubu Borneo, ada empat pemain dengan catatan double digit poin. Mereka adalah Michael Qualls (23 poin), Jamarr Andre Johnson (16 poin), Agam Subastian (15 poin), dan Steve Taylor Jr. (12 poin).

Di antara mereka berempat, Taylor juga menyumbang 15 rebound, 7 assist, 5 steal, dan 2 blok. Sedangkan Jamarr menambahkan 11 poin, 3 assist, 4 steal, dan 1 blok. Tetapi Borneo harus kembali menerima kenyataan bahwa mereka kalah lagi di overtime ketiga, sekaligus kekalahan ketujuh berturut-turut (0-7) di IBL 2024.

Baca juga: Format laga kandang-tandang IBL tingkatkan jumlah penonton
Baca juga: Rajawali Medan takluk 75-94 dari tamunya Pelita Jaya

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Perumda Tirta Benteng tanam 3.100 pohon di bantaran Sungai Cisadane******

Perumda Tirta Benteng tanam 3.100 pohon di bantaran Sungai Cisadane
Pj Wali Kota Tangerang Nurdin melakukan seremoni gerakan gotong royong tanam 3.100 pohon di bantaran Sungai Cisadane, Sabtu (2/3/2024). ANTARA/HO-Pemkot Tangerang
Tangerang (ANTARA) - Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang melakukan gerakan gotong royong menanam 3.100 pohon di bantaran Sungai Cisadane untuk mengurangi emisi karbon dan mendukung energi hijau.

“Gerakan ini sebagai upaya melakukan konservasi lingkungan kita, dan untuk keberlanjutan Kota Tangerang,” kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin usai melaksanakan gerakan gotong royong menanam 3.100 pohon di bantaran Sungai Cisadane, Tangerang, Sabtu.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya air (SDA). Pasalnya menjaga lingkungan adalah kewajiban semua termasuk menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: Polres Metro Tangerang Kota tanam 1.000 pohon atasi polusi udara

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah gerakan menanam pohon 3.100 sekaligus dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-31 Kota Tangerang,” katanya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan agar dapat memastikan ketersediaan air bersih yang berkelanjutan untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

“Mari kita terus kolaborasikan gerakan ini untuk pembangunan Kota Tangerang semakin baik di masa depan,” katanya.

Baca juga: Rutan Jambe Tangerang tanam 1.000 pohon

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang Doddy Effendi mengatakan penanaman pohon dilaksanakan secara bertahap dan terus berlanjut sampai ke hulu Sungai Cisadane yang diawali dari sekitar bantaran Sungai Cisadane Pintu Air 10.

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya dalam menjaga keberlangsungan sumber daya air yakni dengan melakukan penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang nantinya pohon-pohon akan membantu menjaga kualitas air dan mengurangi erosi tanah.

Baca juga: Mahasiswa Tangerang tanam ribuan pohon mangrove

“Selain itu, kegiatan ini dapat menciptakan lingkungan hijau dan sehat, mengurangi polusi udara, dan memperbaiki lingkungan alam yang telah rusak. Beberapa manfaat dari kegiatan ini antara lain mencegah banjir dan longsor, menambah pasokan air bersih, dan mengurangi efek pemanasan global,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:live slot maxwin

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
slot lagi gacor sekarang
bocoran admin agus
cara pasang bbfs di togel
wbo777
game slot hari ini
link slot paling gacor 2022
slot gacor slot gacor
raja29
aplikasi kredit paling aman
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjol legal mudah cair
Bab 2 pinjol ojk 2022 terbaru
Bab 3 dingdong77
Bab 4 situs slot member baru pasti menang
Bab 5 slot gacor gampang maxwin pragmatic play
Bab 6 kredit hp di shopee tanpa dp
Bab 7 maxwin olympus bet 400
Bab 8 togel yang keluar tadi malam
Bab 9 sweet demo
Bab 10 republiktoto
Bab 11 momoslot
Bab 12 buku mimpi 49
Bab 13 rtp premium303
Bab 14 pola gacor wwg
Bab 15 hantuslot
Bab 16 hari 138 slot
Bab 17 gacor 680
Bab 18 slot gacor bet 100
Bab 19 nirmalabet
Bab 20 berkah4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2289bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Archon misterius

gacor win
Anak hanyut di Sungai Politeknik Manado ditemukan meninggal
Tim Basarnas Manado saat melakukan evakuasi terhadap korban. ANTARA/HO-Humas Basarnas Manado/aa.
Manado (ANTARA) - Seorang anak yang hanyut di Sungai Politeknik Manado, Sulawesi Utara (Sulut) ditemukan dalam keadaan meninggal, Sabtu, demikian Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado Monce Brury.

Diketahui korban bernama Muhamad Muzair (7) yang beralamat di Perum Panda Mas Lingkungan 7 Politeknik Manado.

Menurut saksi mata, korban yang sedang mengaji di masjid saat terjadi hujan deras mengejar sandalnya yang hanyut dan terperosok ke selokan dan terbawa derasnya aliran air saat itu.

Masyarakat setempat melakukan pencarian mandiri di sekitar sungai dibantu tim Basarnas yang menggunakan perahu karet sebelum menemukan korban di pinggir sungai dalam keadaan meninggal dunia.

"Pada pencarian korban anak hanyut, tim tadi sudah berkoordinasi dengan warga sekitar dan sempat akan melaksanakan pencarian korban. Akan tetapi korban sudah ditemukan yang tidak jauh dari korban hanyut sekitar 500 meter," katanya

Korban langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah korban untuk disemayamkan.

Ia mengimbau agar masyarakat khususnya yang tinggal di pinggiran sungai dan di tebing- tebing agar waspada curah hujan saat ini masih tinggi sampai akhir bulan Maret.

"Sekali lagi pada saat musim hujan agar anak- anak selalu diawasi sehingga tidak memakan korban jiwa," katanya.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024

Bagaimana Kaisar Surga dibangkitkan?

kredit elektronik bunga 0
Pemkab Muba siapkan mudik gratis bagi warganyadi Yogyakarta
Pj Sekda Muba Musni Wijaya saat acara pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM Muba) Yogyakarta. (ANTARA/HO-Pemkab Muba)
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, menyiapkan mudik gratis bagi warganya yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya untuk pulang kampung pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada April 2024.

"Mudik gratis tersebut telah disosialisasikan pada pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM Muba) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (Fosmabayo) baru-baru ini," kata Penjabat (Pj) Sekda Muba Musni Wijaya di Sekayu, Sabtu.

Dia mengatakan warga, pelajar, dan mahasiswa asal Muba yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya dapat memanfaatkan program mudik gratis jika ingin pulang kampung pada Lebaran 2024.

"Program mudik gratis ini disediakan Pemkab Muba untuk membantu warga, pelajar, dan mahasiswa yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri 2024 bersama keluarga di Bumi Serasan Sekate ini," ujarnya.

Baca juga: Kemen BUMN tegaskan bakal gelar kembali Mudik Gratis BUMN

Menurut dia, tahun ini Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud memfasilitasi mudik gratis bagi warga, pelajar, dan mahasiswa Muba yang ada di Pulau Jawa lebih banyak dari Idul Fitri 2023.

"Untuk melayani mudik gratis itu disiapkan enam bus untuk kuota 240 orang," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan mudik gratis ke Muba beberapa pekan menjelang Lebaran 2024 dengan titik kumpul keberangkatan di Yogyakarta dan beberapa titik pemberhentian di Bandung dan Jakarta.

"Tahun lalu hanya 100 orang, namun tahun ini Pj Bupati Apriyadi meningkatkan kuotanya menjadi 240 orang. Jadi, silakan mendaftar mulai sekarang untuk program mudik gratis," ujar Musni Wijaya.

Baca juga: Kemenhub selenggarakan program mudik gratis Lebaran 2024

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud menambahkan bahwa program mudik gratis telah dianggarkan melalui Dinas Perhubungan Muba.

Untuk pendaftaran mudik gratis, bisa melalui google form yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan Muba.

"Peserta mudik gratis akan mendapatkan fasilitas makan dua kali selama perjalanan (buka puasa dan sahur), bus dengan fasilitas pendingin udara (AC) dan toilet dijadwalkan keberangkatannya pada 30 Maret 2024," kata Apriyadi.

Pembina IKPM Muba Yogyakarta Yulan Hernedi mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba dalam memfasilitasi warganya yang ada di perantauan dengan program mudik gratis serta program beasiswa.

Baca juga: Mudik gratis DKI 2024 sediakan ratusan bus untuk tampung 27 ribu orang

Perhatian pemkab tersebut memberi semangat para pelajar dan mahasiswa asal Muba dalam mengikuti kegiatan belajar dan meraih prestasi.

"Tentu kita semua menaruh harapan besar bagi adik-adik mahasiswa yang kelak akan kembali ke daerah dan turut membantu pemerintah membangun Kabupaten Musi Banyuasin. Untuk itu manfaatkanlah fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya supaya nanti bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah," ujar Yulan.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Sayap Awan dan Hutan Dalam di Benua Tak Berujung

daftar akun vip
Pemkab Muba siapkan mudik gratis bagi warganyadi Yogyakarta
Pj Sekda Muba Musni Wijaya saat acara pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM Muba) Yogyakarta. (ANTARA/HO-Pemkab Muba)
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, menyiapkan mudik gratis bagi warganya yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya untuk pulang kampung pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada April 2024.

"Mudik gratis tersebut telah disosialisasikan pada pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM Muba) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (Fosmabayo) baru-baru ini," kata Penjabat (Pj) Sekda Muba Musni Wijaya di Sekayu, Sabtu.

Dia mengatakan warga, pelajar, dan mahasiswa asal Muba yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya dapat memanfaatkan program mudik gratis jika ingin pulang kampung pada Lebaran 2024.

"Program mudik gratis ini disediakan Pemkab Muba untuk membantu warga, pelajar, dan mahasiswa yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri 2024 bersama keluarga di Bumi Serasan Sekate ini," ujarnya.

Baca juga: Kemen BUMN tegaskan bakal gelar kembali Mudik Gratis BUMN

Menurut dia, tahun ini Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud memfasilitasi mudik gratis bagi warga, pelajar, dan mahasiswa Muba yang ada di Pulau Jawa lebih banyak dari Idul Fitri 2023.

"Untuk melayani mudik gratis itu disiapkan enam bus untuk kuota 240 orang," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan mudik gratis ke Muba beberapa pekan menjelang Lebaran 2024 dengan titik kumpul keberangkatan di Yogyakarta dan beberapa titik pemberhentian di Bandung dan Jakarta.

"Tahun lalu hanya 100 orang, namun tahun ini Pj Bupati Apriyadi meningkatkan kuotanya menjadi 240 orang. Jadi, silakan mendaftar mulai sekarang untuk program mudik gratis," ujar Musni Wijaya.

Baca juga: Kemenhub selenggarakan program mudik gratis Lebaran 2024

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud menambahkan bahwa program mudik gratis telah dianggarkan melalui Dinas Perhubungan Muba.

Untuk pendaftaran mudik gratis, bisa melalui google form yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan Muba.

"Peserta mudik gratis akan mendapatkan fasilitas makan dua kali selama perjalanan (buka puasa dan sahur), bus dengan fasilitas pendingin udara (AC) dan toilet dijadwalkan keberangkatannya pada 30 Maret 2024," kata Apriyadi.

Pembina IKPM Muba Yogyakarta Yulan Hernedi mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba dalam memfasilitasi warganya yang ada di perantauan dengan program mudik gratis serta program beasiswa.

Baca juga: Mudik gratis DKI 2024 sediakan ratusan bus untuk tampung 27 ribu orang

Perhatian pemkab tersebut memberi semangat para pelajar dan mahasiswa asal Muba dalam mengikuti kegiatan belajar dan meraih prestasi.

"Tentu kita semua menaruh harapan besar bagi adik-adik mahasiswa yang kelak akan kembali ke daerah dan turut membantu pemerintah membangun Kabupaten Musi Banyuasin. Untuk itu manfaatkanlah fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya supaya nanti bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah," ujar Yulan.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Hubungi Rasul Terakhir

bagus123
UI wisuda 4.507 lulusan siap dedikasikan ilmu atasi masalah global
Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. memberikan ucapan selamat kepada isudawan UI (ANTARA/ Foto: Humas UI)
UI terus berupaya memantapkan diri sebagai advokator yang mampu berkontribusi dalam menjawab permasalahan dan tantangan bangsa serta global,
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan upacara wiisuda tahun akademik semester Gasal 2023/2024 selama dua hari (Jum’at-Sabtu, 1-2 Maret) di Balairung, Kampus UI Depok dengan meluluskan 4.507 wisudawan yang siap mendedikasikan ilmunya atasi permasalahan global.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., dalam pidatonya, Sabtu menyampaikan, pada Upacara Wisuda Program Sarjana dan Vokasi kemarin, sebanyak 13 lulusan program Diploma, 1.732 lulusan program sarjana, 200 lulusan program kelas internasional, dan sebanyak 87 lulusan dari ekstensi.

Pada saat menyampaikan pidatonya, Prof. Ari menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2023, UI telah membukukan berbagai pencapaian baik di bidang akademik, maupun non-akademik.

QS World University Ranking menempatkan UI pada peringkat 237 di dunia, dari posisi sebelumnya di peringkat 290. Kabar baik datang juga dari Times Higher Education (THE) Impact Ranking 2023 yang menempatkan UI pada urutan pertama di tanah air, nomor 5 di Asia, atau posisi ke-20 di dunia.

UI terus berupaya memantapkan diri sebagai advokator yang mampu berkontribusi dalam menjawab permasalahan dan tantangan bangsa serta global, ujar Prof. Ari.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa UI terus berupaya menghadirkan lingkungan kampus sehat yang diimplementasikan dalam berbagai program dan kebijakan yang mendukung kelestarian alam, seperti konservasi air, konservasi hutan, penghematan energi, dan pengurangan emisi karbon.

Di akhir pidatonya, Prof. Ari mengajak para wisudawan untuk terus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta berkarya menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan bangsa dan global.

Seusai pidato rektor, Arrizqy Nadya Khairunnisa Yulianto wisudawan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), mewakili rekan-rekannya menyampaikan pidato dan ucapan terima kasih. Sejalan dengan semangat yang diusung pada Dies Natalis ke-74 UI Sinambung Membangun Indonesia Lestari menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan bahwa institusi pendidikan memiliki peran penting dalam menyuarakan dan menanggapi isu-isu keberlanjutan.

Di tengah rangkaian acara dilakukan penyerahan secara simbolik Program Penghimpunan Dana Abadi Universitas Indonesia. Dana ini merupakan kontribusi dari wisudawan selaku alumni baru kepada UI senilai Rp1.467.700.000.

Dana tersebut diperoleh melalui penyisihan biaya wisuda yang dibayarkan setiap wisudawan. Nantinya, dana ini akan digunakan untuk usaha memajukan almamater UI termasuk pemberian beasiswa bagi mahasiswa UI yang membutuhkan.
Baca juga: Mahasiswa UI pamerkan karya inovasi di ajang ARCH:ID
Baca juga: UI-Grab adakan penelitian keamanan soal ojek daring
Baca juga: UI ciptakan platform Si-Cuhal untuk pantau curah hujan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024

Tuhan dan Kegelapan

kredit handphone tanpa kartu kredit
Penumpang Bandara Sisingamangaraja XII meningkat jelang F1 Powerboat
Suasana Bandara Raja Sisingamangaraja XII Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut) menjelang gelaran F1 Powerboat 2024. ANTARA/HO-Angkasa Pura II
Pergerakan pesawat pada 25 Februari-1 Maret 2024 mencapai 52 penerbangan atau 8-9 penerbangan/hari.
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat jumlah penumpang pesawat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara mencapai sekitar 7.430 penumpang atau rata-rata 1.238 penumpang/hari, mengalami peningkatan jelang gelaran F1 Powerboat di Balige, Danau Toba.

Jumlah penumpang 7.430 orang itu tercatat pada periode 25 Februari-1 Maret 2024 atau menjelang bergulirnya gelaran F1 Powerboat di Balige, Danau Toba pada 2-3 Maret 2024.

Direktur Operasi AP II Agus Haryadi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/3), mengatakan F1 Powerboat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba.

"Sekitar seminggu menjelang F1 Powerboat, penerbangan semakin ramai di Bandara Raja Sisingamangaraja XII. Persiapan sudah dilakukan dengan baik, sehingga operasional penerbangan dan pelayanan di bandara dapat terjaga di tengah tingginya lalu lintas penerbangan," kata Agus.

Agus mengatakan pengalaman berwisata diberikan oleh Bandara Raja Sisingamangaraja XII sedari wisatawan mendarat.

"Sejak tiba di bandara, para wisatawan dapat menjumpai kesenian khas Batak seperti ornamen seni Gorga. Replika Rumah Bolon yang merupakan Rumah Adat Batak juga ditampilkan di bandara, pertunjukanlive musik khas batak di area holding penungguan bagasi serta juga Patung Raja Batak," ujarnya lagi.

Menurut dia, penyelenggaraan F1 Powerboat menjadi momentum tepat dalam memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan setempat.

"Sejalan dengan itu, AP II menjadikan Bandara Raja Sisingamangaraja XII sebagai etalase budaya. Kami berharap ini dapat turut mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Sumatera Utara," tuturnya.

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun mengatakan pergerakan pesawat pada 25 Februari-1 Maret 2024 mencapai 52 penerbangan atau 8-9 penerbangan/hari.

"Lalu lintas penerbangan cukup ramai karena adanya eventF1 Powerboat. Dari 52 penerbangan, mayoritas dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 36 penerbangan," ujar Ardon pula.

Ia pun memastikan seluruh fasilitas operasi dan pelayanan bandara dapat optimal dalam melayani para penumpang pesawat di tengah ramainya penerbangan.

"Kami juga berterima kasih kepada seluruh stakeholderbandara yang sudah turut serta menyukseskan prosesi penyambutan seluruh delegasi dan tamu VIP yang melalui Bandara Sisingamangaraja XII serta seluruh penumpang pesawat yang turut mendukung pelayanan di bandara," ujarnya.

Adapun, total delegasi F1 Powerboat yang hadir sebanyak 165 orang berasal dari 23 negara.
Baca juga: AP II: Fasilitas Bandara Sisingamangaraja XII siap jelang F1 Powerboat
Baca juga: Bandara Raja Sisingamangaraja XII berbenah sambut F1Powerboat 2024

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Toko Senjata Wanjie

trik angka jitu hk
Bea Cukai gagalkan penyelundupan baju bekas di perairan Batam
Tim Patroli Laut Bea Cukai menggagalkan penyelundupan baju dan sepatu bekas di perairan Batam dengan KM Arsyi II. (ANTARA/HO-Bea Cukai Batam)
Batam (ANTARA) - Tim Patroli Laut Bea Cukai yang terdiri dari Kantor Bea Cukai Batam, Bea Cukai Kantor Wilayah Khusus Bea Cukai Kepulauan Riau dan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menggagalkan penyelundupan baju dan sepatu bekas di perairan Batam.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam Evi Octavia dalam keterangan yang diterima di Batam, Sabtu mengatakan penyelundupan barang bekas tersebut menggunakan kapal bernama KM Arsyi II.

“Informasi mengenai kapal tersebut mulanya kami dapatkan berdasarkan unit intelijen Kantor Pusat Bea Cukai pada hari Jumat (1/3) bahwa akan ada kegiatan pemuatan barang yang diduga karung balpres berjenis kain dan sepatu yang akan memasuki perairan Batam," kata Evi.

Ia menjelaskan pada pukul 15.30 WIB kapal target memasuki perairan Nipah, yang kemudian seluruh tim mengejar kapal tersebut dan berhasil melakukan pemeriksaan pada pukul 16.30 WIB di perairan Batam.

“Dari hasil pemeriksaan kapal KM Arsyi II dinahkodai oleh saudara A dengan muatan karung balpres berjenis kain dan sepatu tanpa dilengkapi dokumen kepabeanan. Selanjutnya atas kapal tersebut dilakukan penegahan dan disandarkan di Dermaga Bea Cukai Tanjung Uncang,” ujar dia.

Dengan begitu, terhadap pelaku dijerat Pasal 102 huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan dengan ancaman pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp5 miliar.

"Penindakan ini merupakan bukti komitmen keseriusan Bea Cukai dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap peredaran barang ilegal," kata Evi.

Ia menyebutkan penyelundupan baju bekas dan sepatu bekas tersebut sangat mengganggu industri dalam negeri, sehingga sesuai dengan instruksi Presiden merupakan hal yang menjadi perhatian seluruh pihak.

"Dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat memberikan efek jera dan menekan terjadinya pelanggaran yang serupa," demikian Evi.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024