petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

arti limit akulaku

daftar situs gacor hari ini 448Jutaan kata 919479Orang-orang telah membaca serialisasi

《arti limit akulaku》

Respons Kemenhub soal KCIC Minta Konsesi Kereta Cepat 80 Tahun******

Kemenhub tak akan buru-buru untuk mengabulkan permintaan KCIC agar konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditambah dari 50 tahun jadi 80 tahun.
Kemenhub tak akan buru-buru untuk mengabulkan permintaan KCIC agar konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditambah dari 50 tahun jadi 80 tahun. (REUTERS/YUDDY CAHYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak akan terburu-buru untuk mengabulkan permintaan PT Kereta CepatIndonesia China (KCIC) memperpanjang masa konsesi kereta cepatjadi 80 tahun.

"Masih dalam kajian dan pembahasan dulu. Kami tidak ingin buru-buru memutuskan (perpanjangan masa konsesi kereta cepat)," kata Juru Bicara (Jubir) Kemenhub Adita Irawati kepada CNNIndonesia.com, Jumat (9/12).

Kendati demikian, Adita tidak merinci butuh waktu berapa lama untuk melakukan kajian di internal Kemenhub. Apalagi, surat permohonan dari PT KCIC baru disampaikan per 15 Agustus 2022.

"Ditunggu saja ya nantinya dan kami pasti akan komunikasikan langsung ke KCIC," pungkasnya.

KCIC meminta Kementerian Perhubungan memperpanjang konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari 50 tahun menjadi 80 tahun. Permohonan perpanjangan konsesi ini telah dilayangkan KCIC lewat Surat Dirut PT KCIC Nomor 0165/HFI/HU/KCIC08.2022 per 15 Agustus 2022 ke Kementerian Perhubungan.

Hal itu disampaikan oleh Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Kamis (8/12).

"Terdapat beberapa kendala yang menyebabkan berubahnya kelayakan bisnis proyek, sehingga diperlukan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun," kata Risal dalam rapat.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan perpanjangan konsesi menjadi salah satu opsi yang harus diambil, mengingat situasi dan kondisi di lapangan sudah berubah.

[Gambas:Video CNN]

Ia menilai indikator-indikator investasi di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mengalami banyak perubahan, yang paling kritis ialah terkait demand forecast atau proyeksi permintaan.

"Salah satunya, ya ternyata memang, berdasarkan diskusi kami dengan beberapa konsultan, kami harus meminta perpanjangan konsesi," jelasnya di Kompleks DPR RI, Kamis (8/12).

Selain itu, Dwiyana juga menyinggung soal revenue yang diharapkan dari proyek kereta cepat. Sebelumnya, penyumbang revenue berpaku pada Kawasan Berorientasi Transit (TOD). Namun, rencana itu ditunda dan anggaran yang ada difokuskan untuk penyelesaian konstruksi.

Merespons tantangan tersebut dan fakta pembengkakan biaya, Dwiyana mengatakan KCIC perlu melakukan simulasi lanjutan untuk membuat visibilitas proyek kereta cepat bisa naik kembali.

Lihat Juga :
Profil Hartono Bersaudara, Orang Terkaya Nomor Wahid di Indonesia
(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]

Jokowi Pangkas Modal Inalum Rp48 T Demi Bentuk Usaha Tambang Baru******

Presiden Jokowi mengurangi nilai penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atawa Inalum sebesar Rp48,74 triliun.
Presiden Jokowi mengurangi nilai penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atawa Inalum sebesar Rp48,74 triliun. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Jokowimengurangi nilai penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atawa Inalumsebesar Rp48,74 triliun.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2022 tentang Pengurangan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium.

Mengutip beleid tersebut pada Jumat (9/12), pengurangan PMN itu adalah untuk mengembangkan ekosistem bisnis dan industri pertambangan yang lebih optimal dan efisien. Selain itu, juga untuk melanjutkan kebijakan pemerintah dalam holding pertambangan.

"Bahwa dalam rangka pembentukan strategic holdingsebagai mana dimaksud dalam huruf b, perlu terlebih dahulu dilakukan pengurangan penyertaan modal Negara Republik Indonesia pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Indonesia Asahan Aluminium yang selanjutnya digunakan sebagai penyertaan modal Negara Republik Indonesia untuk pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pertambangan," demikian bunyi beleid tersebut.

Lebih rinci, pengurangan PMN itu terdiri dari 15,61 miliar saham Seri B pada PT Aneka Tambang Tbk, 4,84 miliar saham Seri B pada PT Timah Tbk, 7,49 miliar saham Seri B pada PT Bukit Asam Tbk, dan 21.300 saham PT Freeport Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Adapun beleid tersebut telah ditetapkan dan diundangkan pada 8 Desember 2022.

Pengurangan PMN ini menjadikan kepemilikan saham Inalum pada PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Freeport Indonesia beralih menjadi saham milik negara pada PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

Selanjutnya, pengalihan saham itu pun mengakibatkan kepemilikan saham negara pada PT Aneka Tambang Tbk menjadi sebesar 65 persen atau sebesar Rp1,56 triliun. Jumlah itu terdiri dari 1 saham Seri A dwi warna dengan nilai sebesar Rp100 dan 15,61 miliar saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp1,56 triliun.

Sementara itu untuk kepemilikan PT Timah Tbk menjadi sebesar 65 persen atau sebesar Rp242,05 miliar yang terdiri atas 1 saham Seri A dwi warna dengan nilai nominal sebesar Rp50 dan 4,84 miliar saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp50 atau sebesar Rp242,05 miliar.

Untuk kepemilikan PT Bukit Asam Tbk menjadi sebesar 65 persen atau sebesar Rp749 miliar yang terdiri atas 5 saham Seri A dwi warna dengan nilai nominal Rp100 atau sebesar Rp500 dan 7,49 miliar saham Seri B dengan nilai nominal sebesar Rp100 atau sebesar Rp749 miliar.

Sedangkan, kepemilikan PT Freeport Indonesia menjadi sebesar 5,62 persen atau sebesar US,13 juta yang terdiri atas 21.300 saham dengan nilai nominal sebesar US0 .

Kepemilikan saham negara itu mengakibatkan status PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Bukit Asam Tbk menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sementara, Inalum tidak lagi memiliki saham PT Aneka Tambang Tbk, PT Timah Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

(mrh/agt)

Empat Anak BUMN akan IPO Tahun Depan, Anak Pertamina hingga Pupuk******

Kementerian BUMN membeberkan rencana penawaran umum perdana saham (IPO) empat anak BUMN pada 2023 mendatang.
Kementerian BUMN membeberkan rencana penawaran umum perdana saham (IPO) empat anak BUMN pada 2023 mendatang. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian BUMN membeberkan rencana penawaran umum perdana saham (IPO) empat anak BUMNpada 2023 mendatang.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury mengungkapkan tahun depan ada empat perusahaan pelat merah yang akan IPO.

Rinciannya, IPO PT Pertamina Geothermal Energy(PGE) dan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) untuk meningkatkan ketahanan energi.

"Atas dasar rencana strategis untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ketahanan energi kita, ada empat rencana BUMN dan anak usaha BUMN yang kita lakukan penawaran ke publik," ujar Pahala Mansury dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR, seperti dikutip dari Antara, Rabu (7/12).

Dari sisi energi, Kementerian BUMN berupaya meningkatkan cadangan migas nasional, meningkatkan bauran energi baru terbarukan, seiring dukungan untuk mengurangi emisi karbon.

Kemudian, dari ketahanan pangan, IPO anak usaha BUMN berupaya melanjutkan hilirisasi industri kimia dan peningkatan tingkat ketersediaan pupuk guna mendongkrak produktivitas pertanian.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Minta Menteri Basuki Ajari Pemda 'Cara Pakai Duit'

Hilirisasi industri sawit juga dilakukan karena masih minimnya CPOuntuk produksi minyak goreng BUMN.

"Kami harap hilirisasi industri kelapa sawit termasuk pengembangan industri minyak goreng, serta penambahan kapasitas biosolar melalui produksi [campuran biosolar] POME dan FAME diproduksi Palm Co," ujarnya.

Berikut rincian IPO empat anak BUMN:

1. Pertamina Geothermal Energy(PGE) merupakan salah satu perusahaan energi panas bumi terbesar di dunia berdasarkan total kapasitas terpasang yang mencapai 672 megawatt.

Perusahaan sedang menyampaikan usulan rentang harga IPO kepada OJK. Berdasarkan laporan keuangan per 2021 pendapatan PGE mencapai US9 juta dengan EBITDA margin 78,7 persen.

Lihat Juga :
Pengelola Perketat Pengamanan Mal Buntut Bom Bunuh Diri Astana Anyar

2. Pertamina Hulu Energi (PHE) merupakan subholdingupstreamPT Pertamina (Persero) yang memiliki produksi dan eksplorasi migas terbesar di Indonesia dan menjadi kontributor pendapatan terbesar bagi Pertamina.

IPO PHE diharapkan dapat membantu mendorong nilai perusahaan Pertamina mencapai US0 miliar pada 2024.PHE mencatat pendapatan US,7 miliar dengan EBITDA US miliar. Adapun rencana belanja modal perusahaan setiap tahun berkisar Rp60 triliun-Rp90 triliun.

3. Palm Co merupakan subholding bidang sawit milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN).

Saat ini Kementerian BUMN masih menyelesaikan penggabungan beberapa anak usaha produsen kelapa sawit di bawah entitas Palm Co. Targetnya, peraturan pemerintah (PP) terkait penggabungan selesai pada akhir tahun ini.

Lalu, rencana IPO Palm Co diharapkan mulai dilakukan pada kuartal II 2023 dan tercatat di pasar modal pada kuartal III 2023.

4. Pupuk Kaltim merupakan anak usaha Pupuk Indonesia. Saat ini, perusahaan memiliki kapasitas terpasang 6,5 juta ton per tahun dari total kapasitas Pupuk Indonesia 21,1 juta ton per tahun.

Rencananya, hasil IPO Pupuk Kaltim untuk meningkatkan kapasitas ekspansi pengembangan pabrik urea di Papua dan Papua Barat, juga pengembangan pupuk Amorea di kawasan Maluku, dan akselerasi industri kimia. 

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)




bab terbaru:gacor pasti

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
pinjol baru 2022
keluaran togel hongkong
nama slot terbaru
zeus007 slot
freespbo
pinjam 10 juta di bank bri
slot judi gacor
tempat jp slot
mpomm
Daftar isi semua bab
Bab 1 campus maxwin
Bab 2 ringan pinjol
Bab 3 zoom slot88
Bab 4 slot auto maxwin
Bab 5 shio tafsir mimpi
Bab 6 dewavegas99
Bab 7 link main slot terpercaya
Bab 8 situs slot yg terpercaya
Bab 9 rans88
Bab 10 daftar link slot gacor 2022
Bab 11 daftar judi slot gacor
Bab 12 super maxwin
Bab 13 game online slot terpercaya
Bab 14 situswd
Bab 15 pinjaman ojk
Bab 16 slot yang sering gacor
Bab 17 slot 50 50 to kecil
Bab 18 mpometa88
Bab 19 cnnselot
Bab 20 tektok777
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1857bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Saya telah menutup telepon selama puluhan juta tahun

slot penghasil saldo dana
Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jateng naik rata-rata 6,4 persen, terendah ada di Banjarnegara Rp1,95 juta dan tertinggi di Semarang Rp3 juta.
Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jateng naik rata-rata 6,4 persen, terendah ada di Banjarnegara Rp1,95 juta dan tertinggi di Semarang Rp3 juta. Ilustrasi buruh. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa TengahGanjar Pranowo resmi menetapkan UpahMinimum Kabupaten/Kota (UMK) 2023 di daerahnya. Rata-rata kenaikan upah sekitar 6,4 persen pada tahun depan.

Dengan begitu, maka setiap perusahaan di masing-masing pemerintah daerah (pemda) dilarang memberikan upah di bawah yang ditetapkan pemerintah.

"Kenaikan tertinggi ada di Kota Semarang, yakni sebesar 7,9 persen," kata Ganjar melalui akun instagram resminya yang dikutip pada Kamis (8/12).

Berikut daftar UMP di Jawa Tengah:

1. Kabupaten Cilacap Rp2.383.090,46
2. Kabupaten Banyumas Rp2.118.123,64
3. Kabupaten Purbalingga Rp2.130.980,94
4. Kabupaten Banjarnegara Rp1.958.169,69
5. Kabupaten Kebumen Rp2.035.890,04
6. Kabupaten Purworejo Rp2.043.902,33
7. Kabupaten Wonosobo Rp2.076.208,98
8. Kabupaten Magelang Rp2.236.776,91
9. Kabupaten Boyolali Rp2.155.712,29
10. Kabupaten Klaten Rp2.152.322,94
11. Kabupaten Sukoharjo Rp2.138.247,70
12. Kabupaten wonogiri Rp1.968.448,32
13. Kabupaten Karanganyar Rp2.207.443,64
14. Kabupaten Sragen Rp1.969.569,00
15. Kabupaten Grobogan Rp2.029.569,04
16. Kabupaten Blora Rp2.040.080,17
17. Kabupaten Rembang Rp2.015.927,08
18. Kabupaten Pati Rp2.107.697,11
19. Kabupaten Kudus Rp2.439.813,98
20. Kabupaten Jepara Rp2.272.626,63
21. Kabupaten Demak Rp2.680.421,39
22. Kabupaten Semarang Rp2.480.988,00
23. Kabupaten Temanggung Rp2.027.569,32
24. Kabupaten Kendal Rp2.508.299,90
25. Kabupaten Batang Rp2.282 025 72
26. Kabupaten Pekalongan Rp2.247.345,90
27. Kabupaten Pemalang Rp2.081.783,00
28. Kabupaten Tegal Rp2.106.237,58
29. Kabupaten Brebes Rp2.018.836,92
30. Kota Magelang Rp2.066.006,64
31. Kota Surakarta Rp2.174.169,00
32. Kota Salatiga Rp2.284.179,97
33. Kota Semarang Rp3.060.348,78
34. Kota Pekalongan Rp2.305.822,66
35. Kota Tegal Rp2.145.012,11.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

[Gambas:Video CNN]

Toko dunia lain

hk minggu angka jitu
PT KCIC akan mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) Rp3,2 triliun untuk menutup biaya bengkak atau cost overrun proyek kereta cepat.
PT KCIC akan mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) Rp3,2 triliun untuk menutup biaya bengkak atau cost overrun proyek kereta cepat. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan mendapatkan suntikan dana (PMN) Rp3,2 triliun untuk menutup biaya bengkak atau cost overrunproyek kereta cepat.

"Kan targetnya akhir tahun, paralel dengan pencairan PMN untuk cost overrun yang Rp3,2 triliun. Targetnya kan akhir tahun, pasti pemerintah enggak tinggal diam. Ini di Komisi VI sudah, sekarang di Kemenkeu. Sedang dalam proses semuanya," kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi di Kompleks DPR RI, Kamis (8/12).

Pada kesempatan itu ia juga mengatakan KCIC akan memperpanjang masa konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari 50 tahun menjadi 80 tahun.

Kendati rencana perpanjangan konsesi tersebut masih belum final, Dwiyana mengatakan masalah perpanjangan menjadi 80 tahun atau tidak itu nanti tergantung dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Perpanjangan konsesi ini telah ditetapkan lewat Surat Dirut PT KCIC Nomor 0165/HFI/HU/KCIC08.2022 per 15 Agustus 2022 bahwa PT KCIC meminta kepada Kemenhub agar dilakukan penyesuaian terhadap masa konsesi KCJB.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menuturkan Kementerian BUMN terus mendorong penyelesaian proyek KCJB dan LRT Jabodebek.

"Kemarin sudah disetujui PMN sebesar Rp3,2 triliun, sudah sepakati dan sekarang sedang diproses di Komisi XI untuk dicairkan akhir tahun," ujar Kartika dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI, Senin (5/12).

Lihat Juga :
Alasan KCIC Ingin Perpanjang Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun

Komisi VI DPR memang sudah menyetujui penyertaan modal negara (PMN) Rp3,2 triliun untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI). Suntikan dana itu digunakan untuk proyek KCJB.

Proyek KCJB mengalami pembengkakan biaya (cost overrun) sebesar US,4 miliar. Cost overrun tersebut dipenuhi melalui skema 25 persen ekuitas dan 75 persen pinjaman.

"Komisi VI DPR menyetujui tambahan penyertaan modal negara 2022 kepada PT KAI sebesar Rp3,2 triliun yang berasal dari cadangan investasi APBN 2022 dalam rangka pemenuhan permodalan porsi Indonesia atas cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR Aria Bima dalam rapat dengan Kementerian BUMN, Rabu (23/11).

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Pemain untuk Semua

daftar situs gacor hari ini
Elon Musk nyaris tersingkir dari kursi orang terkaya nomor wahid di dunia dari pesaingnya Bernard Arnault, karena saham Tesla jatuh.
Elon Musk nyaris tersingkir dari kursi orang terkaya nomor wahid di dunia dari pesaingnya Bernard Arnault, karena saham Tesla jatuh. (CNN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Elon Musk nyaris tersingkir dari posisinya sebagai orang terkayadi dunia dan digantikan oleh pemilik merek mewah Louis Vuitton dan Hennessy Cognac asal Prancis, Bernard Arnault.

Berdasarkan daftar Miliarder Real-Time Forbes pada Rabu (7/12), Musk sempat berada di posisi kedua. Namun, hal itu hanya berlangsung sesaat dan pendiri Tesla ini kembali mempertahankan posisinya dengan selisih kekayaan yang tipis dengan Arnault.

Forbes mencatat saat ini total kekayaan Musk mencapai US4,9 miliar dan Arnault sebesar US4,7 miliar.

Forbes menjelaskan Arnault hampir bisa mengalahkan Musk karena kenaikan nilai saham LVMH di tengah merosotnya kekayaan CEO Twitter ini akibat jatuhnya saham Tesla secara dramatis. Saham Tesla tercatat turun hingga 56 persen pada 2022 ini.

Salah satu penyebab saham Tesla turun adalah karena Musk memutuskan untuk membeli Twitter. Di mana Musk baru-baru ini memutuskan untuk menjual US miliar saham Tesla untuk menambah dana pembelian Twitter yang sebesar US miliar.

Lihat Juga :
Mark Zuckerberg Terlempar dari Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia

Hal ini membuat kekayaan Musk yang mencapai US0 miliar pada November 2021 turun menjadi hanya US4,9 miliar di Desember 2022 ini.

Namun, meski merugi, kekayaan Musk masih jauh di atas miliarder India Gautam Adani yang tercatat US4,8 miliar dan menempati posisi ketiga sebagai orang terkaya di dunia.

Kekayaan Musk juga masih jauh di atas pendiri Amazon Jeff Bezos yang berharta US1,3 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

[Gambas:Video CNN]

Pitcher Diamond Ace Kembali

mpg demo mahjong
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tak bisa berbuat banyak soal pengesahan KUHP baru yang mengandung banyak kontroversi, termasuk pasal zina.
Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tak bisa berbuat banyak soal pengesahan KUHP baru yang mengandung banyak kontroversi, termasuk pasal zina. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ampelsa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengaku tak bisa berbuat banyak soal pengesahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru yang mengandung banyak kontroversi, termasuk pasal zina.

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran mengatakan pemerintah bertanggung jawab untuk menjelaskan kepada wisatawan, baik mancanegara maupun dalam negeri, terkait pasal zina tersebut.

"Karena ini sudah disahkan, tentu pemerintah harus menyelesaikan atau meluruskan apa yang dikhawatirkan wisatawan. Sehingga dampak yang kita khawatirkan itu tidak terjadi. Karena kan enggak mungkin kita apa-apain, sudah disahkan juga," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/12).

Ia menegaskan sebaiknya menghindari segala isu atau narasi yang kontraproduktif terhadapbrandingatau promosi yang dilakukan untuk mengembalikan pariwisata Tanah Air.

Meski Maulana tidak mengungkap potensi penurunan dengan disahkannya KUHP baru ini, kekhawatiran tersebut pasti ada.

Lebih lanjut, ia mengatakan permasalahan KUHP baru ini ada pada pemahaman dan keyakinan tidak adanya kriminalisasi. Dengan begitu, Maulana menekankan harus ada penjelasan dan jaminan khusus yang meyakinkan dari si pembuat uu.

Lihat Juga :
GoTo Ungkap Penyebab Harga Saham Turun

"Kita bicara secara nasional. Belum ada delik aduan saja sebenarnya polemik itu sering terjadi, tapi pada level Satpol PP saja. Sekarang sudah naik ke level kepolisian karena merupakan tindak pidana," pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah bersama DPR telah mengesahkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi undang-undang alias KUHP dalam rapat Paripurna pada Selasa (6/12).

KUHP baru dinilai masih memuat pasal-pasal warisan kolonial dan rentan digunakan sebagai alat kriminalisasi. Koalisi sipil pun terus menggaungkan dan menggelar demo menolak KUHP tersebut.

Beleid baru itu juga mengatur ketentuan hubungan seks di luar pernikahan. Ketentuan itu diatur dalam Pasal 413 ayat (1) bagian keempat tentang Perzinaan.

Dalam beleid tersebut, orang yang melakukan hubungan seks di luar pernikahan dapat diancam pidana penjara satu tahun.

"Setiap Orang yang melakukan persetubuhan dengan orang yang bukan suami atau istrinya dipidana karena perzinaan dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak kategori II," bunyi pasal 413 ayat (1).

Meski begitu, ancaman itu baru bisa berlaku apabila ada pihak yang mengadukan atau dengan kata lain delik aduan. Aturan itu mengatur pihak yang dapat mengadukan yakni suami atau istri bagi orang yang terikat perkawinan. Lalu, orang tua atau anaknya bagi orang yang tidak terikat perkawinan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Berubah menjadi loli dan mainkan game

50 situs slot demo
UMK Jawa Barat naik rata-rata 7,09 persen, tertinggi di Karawang sebesar Rp5,17 juta. Sementara terendah di Banjar Rp1,9 juta.
UMK Jawa Barat naik rata-rata 7,09 persen, tertinggi di Karawang sebesar Rp5,17 juta. Sementara terendah di Banjar Rp1,9 juta. (REUTERS/Willy Kurniawan).
Bandung, CNN Indonesia--

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan upahminimum kabupaten/kota (UMK) 2023 yang diusulkan masing-masing pemerintah daerah setempat.

Penetapan UMK 2023 tertuang dalam Keputusan Gubernur Jabar Nomor 561.7/Kep.776-Kesra/2022 tentang Penetapan UMK 2023.

"Keputusan ini, menurut Pak Gubernur, sudah berdasarkan berbagai pertimbangan," imbuh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Taufik Rahmat Garsadi pada pengumuman penetapan UMK 2023 kabupaten/kota di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (7/12) malam.

Dari pengumuman tersebut, diketahui upah minimum kabupaten/kota 2023 di Jabar rata-rata naik 7,09 persen.

Taufik menjelaskan UMK 2023 wajib dibayarkan pengusaha mulai 1 Januari 2023, berlaku untuk pekerja yang telah bekerja kurang dari 1 tahun.

"Sementara, untuk yang bekerja lebih dari satu tahun, pengusaha menyusun dan memberlakukan struktur dan skala upah dalam menentukan besaran nilai upah yang dibayarkan," terang dia.

Lihat Juga :
Daftar Upah di 8 Kabupaten-Kota Banten

Pengusaha juga dilarang membayar upah di bawah UMK, dan pengusaha yang telah membayar upah melebihi dari UMK 2023, dilarang mengurangi atau menurunkan upah.

Berikut daftar UMK Jabar 2023 setiap kabupaten/kota:

1. Kota Bekasi Rp5.158.248,20
2. Kab. Karawang Rp5.176.179,07
3. Kab. Bekasi Rp5.137.575, 44
4. Kab. Purwakarta Rp4.464.675,02
5. Kab. Subang Rp3.273.810,60
6. Kota Depok Rp4.694.493,70
7. Kota Bogor Rp4.639.429,39
8. Kab. Bogor Rp4.520.212,25
9. Kab. Sukabumi Rp3.351.883,19
10. Kab. Cianjur Rp2.893.229,10
11. Kota Sukabumi Rp2.747.774,86
12. Kota Bandung Rp4.048.462,69
13. Kota Cimahi Rp3.514.093,25
14. Kab. Bandung Barat Rp3.480.795,40
15. Kab. Sumedang Rp3.471.134,10
16. Kab. Bandung Rp3.492.465,99
17. Kab. Indramayu Rp2.541.996,72
18. Kota Cirebon Rp2.456.516,60
19. Kab. Cirebon Rp2.430.780,83
20. Kab. Majalengka Rp2.180.602,90
21. Kab. Kuningan Rp2.010.734,30
22. Kota Tasikmalaya Rp2.533.341,02
23. Kab. Tasikmalaya Rp2.499.954,13
24. Kab. Garut Rp2.117.318,31
25. Kab. Ciamis Rp2.021.657, 42
26. Kab. Pangandaran Rp2.018.389,00
27. Kota Banjar Rp1.998.119 05

[Gambas:Video CNN]



(hyg/bir)

Berhenti, biarkan aku pelan-pelan

prediksi togel terbaik
Bank sentral China menambah 32 ton emas ke dalam cadangannya. Saat ini, cadangan emas China menjadi sebanyak 1.980 ton senilai US2 miliar.
Bank sentral China menambah 32 ton emas ke dalam cadangannya. Saat ini, cadangan emas China menjadi sebanyak 1.980 ton senilai US2 miliar. (Stevebidmead/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

People's Bank of China atau bank sentral Chinamengaku menambah 32 ton emassenilai US,8 miliar ke dalam cadangannya. Penambahan ini membuat cadangan emas-nya meningkat, pertama kali sejak September 2019.

Dilaporkan, cadangan emas China saat ini mencapai 1.980 ton atau bernilai US2 miliar setara Rp1.713 triliun (kurs Rp15.300 per dolar AS).

China tercatat memiliki cadangan emas terbesar keenam di dunia, setelah Rusia, Jerman, maupun Amerika Serikat yang mencapai 8.133,5 ton.

Dewan Emas Dunia (WGC) menuturkan bahwa bank sentral secara global membeli 399 ton emas pada kuartal ketiga tahun ini. Sejauh ini, angka tersebut tercatat yang paling besar dalam periode tiga bulan.

Sebagian ebsar emas itu dibeli oleh bank-bank sentral yang tidak melaporkan pembelian secara terbuka, memicu spekulasi bahwa negara-negara, seperti China dan Rusia, mungkin melakukan penimbunan.

Lihat Juga :
ANALISISTak Bijak Teriaki Pemda soal Duit Numpuk di Bank, Pencairan Pun Rumit

Apalagi, permintaan emas yang lebih tinggi dari bank-bank sentral akan mendukung kenaikan harga emas yang saat ini diperdagangkan di kisaran US.775 per ounce.

Harga emas jatuh beberapa bulan terakhir karena kenaikan suku bunga bank sentral dan imbal hasil obligasi AS. Sehingga, logam mulia kuning tersebut menjadi kurang menarik bagi investor keuangan di Eropa dan AS.

Peningkatan cadangan emas China yang dilaporkan adalah bagian dari data yang dirilis oleh bank sentral China yang menunjukkan cadangan devisa naik lebih dari yang diperkirakan pada November.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)