petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

perhitungan kredit kredivo

dapat dana gratis 417Jutaan kata 483602Orang-orang telah membaca serialisasi

《perhitungan kredit kredivo》

Korban tewas akibat gempa bumi di China bertambah jadi 131 orang******

Korban tewas akibat gempa bumi di China  bertambah jadi 131 orang
Tim penyelamat sedang beroperasi di Kotapraja Dahejia di Daerah Otonomi Bonan-Dongxiang-Salar Jishishan di Prefektur Otonomi Linxia Hui, Provinsi Gansu, Tiongkok barat laut, pada 19 Desember 2023. ANTARA/Xinhua/Zhang Ling.
Jishishan (ANTARA) - Jumlah korban yang terluka akibat gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang mengguncang Provinsi Gansu, China barat laut, telah bertambah menjadi 782 orang di Gansu, dengan jumlah korban tewas mencapai 113 orang per Rabu (20/12) pukul 09.00 waktu setempat, menurut konferensi pers pada Rabu pagi.

Gempa tersebut juga menewaskan 18 orang di Provinsi Qinghai, kata pihak berwenang setempat pada Rabu pagi.

Hingga pukul 05.30, dilaporkan sebanyak 198 orang di Qinghai mengalami luka-luka akibat bencana tersebut, dan 16 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

Menurut Pusat Jaringan Gempa Bumi China (China Earthquake Networks Center), gempa tersebut terjadi pada Senin (18/12) pukul 23.59 dan memiliki kedalaman fokus 10 kilometer (km). Pusat gempa di Liugou berjarak sekitar 8 km dari pusat Wilayah Otonom Etnis Bonan, Dongxiang, dan Salar Jishishan di Provinsi Gansu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023

Mariah Carey dan lagu******

Mariah Carey dan lagu-lagu hit Natal dari zaman ke zaman
Penyanyi asal Amerika Serikat Mariah Carey. ANTARA/Instagram/@mariahcarey.
Jakarta (ANTARA) - Lagu "All I Want for Christmas is You" yang dipopulerkan Mariah Carey telah menjadi semacam "lagu latar wajib" musim liburan selama hampir 30 tahun.

Lantas, mengapa lagu ciptaan Carey dan Walter Afanasieff ini menjadi hit Natal modern yang langka? Lebih dari itu, lagu Natal apa lagi yang bisa dicermati pada peringkat tangga lagu Billboard Holiday 100 Amerika Serikat?

Baca juga: 10 rekomendasi lagu K-pop untuk menemani Natal

Komponen lagu

Lagu “All I Want for Christmas is You” yang kali pertama dirilis pada tahun 1994 dimulai dengan gemerincing celesta, sebuah instrumen bersuara indah yang juga ditampilkan dalam karya klasik Natal ikonik milik Tchaikovsky, "The Nutcracker".

Lagu hit Carey ini juga menggunakan lonceng kereta luncur yang menjadi begitu identik dengan musim liburan, menyusul apa yang dilakukan oleh James Lord Pierpont ketika menulis "Jingle Bells" pada tahun 1850-an.

Kemudian ada harmoni enam kunci menciptakan suara yang menurut komposer Vivek Maddala, sering mengaitkan “All I Want for Christmas is You” dengan libur Natal.

“Harmoni semacam ini tidak lazim dalam musik pop modern, namun biasa terjadi pada era-era sebelumnya,” kata Maddala seperti dikutip dari Reuters, Jumat.

Pola harmonisasi ini memunculkan semacam “kosa kata musik" yang sama dengan standar jazz Amerika pada awal abad ke-20, sebuah era ketika banyak lagu klasik Natal dilahirkan.
Penyanyi asal Amerika Serikat Mariah Carey (tengah) bernyanyi bersama Ariana Grande (kanan) dan Jennifer Hudson (kiri). (ANTARA/Instagram/@mariahcarey)


Bergerak maju beberapa detik lagi ke dalam lagu, pendengar akan mendapatkan apa yang oleh penulis Walter Afanasieff disebut sebagai sebuah “dinding suara". Permainan kunci piano berani dan paduan suara latar gospel menciptakan gaya upbeatyang mengingatkan pendengar pada musik populer dari tahun 1950-an dan 1960-an. Pada zaman itu, teknologi produksi musik sudah maju dan para penulis mengambil berhasil pendekatan yang lebih maksimal.

Pada bagian terakhir, bagian bridge "All I Want for Christmas is You" mengacu pada musik sezaman yaitu pop tahun 1990-an, ketika genre ini mulai menggabungkan elemen hip hop dengan R&B. Bagian riff vokal dan improvisasi Carey sangat khas pada masa itu, ketika pemuncak tangga lagu sering diisi dengan mereka yang mahir menghadirkan akrobat vokal.

Baca juga: TXT beri kado Natal ke penggemar lewat lagu "Sweet Dreams"

Baca juga: Mariah Carey digugat atas lagu "All I Want for Christmas Is You"

Saingan lagu Natal Carey

Lagu “All I Want for Christmas is You” telah bertengger secara konsisten di puncak Holiday 100 sejak dimulainya tangga lagu tersebut pada tahun 2011. Lantas, bagaimana dengan kisah sukses lagu modern lainnya? Berikut beberapa deret di antaranya:

- “All I Want for Christmas is You” bukan satu-satunya lagu hit Carey di tangga lagu. Terdapat lagu "Christmas (Baby Please Come Home)” yang dinyanyikan ulang oleh Carey dari lagu klasik Natal Darlene Love. Lagu tersebut kemudian menjadi inspirasi untuk lagu "All I Want for Christmas is You”.

- Lagu “Mistletoe" oleh Justin Bieber sempat bersaing dengan lagu klasik Carey, namun pada akhirnya lagu tersebut pun tumbang ke peringkat bawah dalam beberapa tahun terakhir.

- Lagu hit Ariana Grande "Santa Tell Me" sempat meraih kesuksesan serupa setelah dirilis pada tahun 2014. Lagu tersebut perlahan mulai naik lagi ke tangga lagu pada tahun 2020.
Penyanyi asal Amerika Serikat Ariana Grande meraih kesuksesan dengan lagu "Santa Tell Me" pada tahun 2014. (ANTARA/Instagram/@arianagrande)


- “Underneath the Tree" oleh Kelly Clarkson memulai perjalanan dari bawah deret tangga lagu. Lagu ini kemudian secara konsisten menjadi top 20 hit dalam beberapa tahun terakhir.

Bagaimana pun, lagu-lagu yang ditulis pada puluhan tahun lalu adalah karya yang paling konsisten masuk 10 besar tangga lagu. Misalnya lagu ”Rockin' Around the Christmas Tree" karya Brenda Lee yang sempat menyalip lagu hit Carey untuk posisi nomor satu selama dua minggu.

Sementara itu, musisi Michael Buble yang dikenal karena suaranya yang merdu dan ketertarikan pada standar jazz abad ke-20, muncul sebagai artis solo dengan tujuh lagu yang menembus 40 besar tangga lagu. Semuanya adalah lagu cover, termasuk "It's Beginning to Look a Lot like Christmas" dan "Have Yourself a Merry Little Christmas” yang berasal dari tahun 1940-an dan 1950-an.

Menambang arsip

Tangga lagu Holiday 100 sangat berbeda dari tangga lagu lainnya. Lagu-lagu yang sama hadir ke tangga lagu ini tahun demi tahun, mengalami siklus atau perputaran, dan banyak lagu merupakan cover. Mencermati lagu-lagu yang masuk tangga lagu secara konsisten selama sepuluh minggu atau lebih di Holiday 100, maka menjadi jelas bahwa sebagian besar lagu tersebut ditulis pada beberapa dekade, bahkan berabad-abad yang lalu.

Sebanyak delapan belas lagu yang masuk tangga lagu tertinggi dalam dekade terakhir ditulis sebelum tahun 1930. Lagu tertua yaitu "Joy to the World", ditulis pada tahun 1719 dan dibawakan ulang oleh Nat King Cole pada tahun 1960.

Baca juga: Deretan lagu bertemakan Natal terlaris di dunia

Kemudian ada lagu “O Holy Night” yang merupakan sebuah lagu penting Natal berdasarkan puisi religius Prancis dari tahun 1840-an. Lagu ini dipopulerkan kembali oleh sejumlah penyanyi besar seperti Celine Dion, Josh Groban, dan (lagi-lagi) Carey. Semua versi tersebut bertengger pada tangga lagu selama satu dekade terakhir.

Selain itu, banyak lagu musim liburan yang menduduki tangga lagu ditulis pada tahun 1930-an dan 1940-an yang merupakan era keemasan standar jazz Amerika. Sebanyak sekitar 41 lagu dari Holiday 100 ditulis pada era itu.
Penyanyi asal Amerika Serikat Josh Groban turut mempopulerkan kembali lagu "O Holy Night". (ANTARA/Instagram/@joshgroban)


Lagu-lagu Natal tersebut lantas membangkitkan sektor musik pop pada masa itu yang bernuansa jazzy, “croony”, dan seringkali sedikit melankolis. Ambil contoh “White Christmas”, sebuah lagu lambat dengan melodi berubah-ubah yang langsung terdengar seperti lagu khusus Natal.

Sedangkan era 1950 dan 1960-an tercatat menjadi masa yang paling banyak menghadirkan lagu-lagu liburan yang masuk deret lagu pada satu dekade terakhir dengan total sebanyak 44 lagu. Meski masih mengusung nuansa nostalgia, namun musik pada era ini secara umum lebih ceria dibandingkan zaman 1930-an dan 1940-an. Ada kelompok musik yang lebih megah, bernilai produksi tinggi, lengkap dengan para penyanyi cadangan. Era ini juga menandai hadirnya aliran genre gospel, bisa diingat dari lagu “Christmas (Baby Please Come Home)”.

Selanjutnya, hanya ada sebanyak 14 lagu menduduki peringkat teratas tangga lagu yang ditulis pada tahun 1970-an dan 1980-an. Satu yang paling populer adalah "Last Christmas" milik Wham!. Kemudian tercatat ada sejumlah 25 lagu masuk tangga lagu secara konsisten yang ditulis setelah tahun 1990.

Lantas, lagu sukses apa yang paling menonjol? Tentu saja “All I Want for Christmas is You”, termasuk pula “Underneath The Tree” dan “Santa Tell Me” yang konsisten menjadi favorit setiap orang.

Baca juga: Alicia Keys ingatkan penggemar soal album Natal "Santa Baby"

Baca juga: V BTS bagikan lagu Natal "It's Beginning To Look A Lot Like Christmas"

Baca juga: Lima pilihan lagu untuk menemani Hari Natal

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Gunung Marapi Sumatera Barat kembali erupsi dengan skala besar******

Gunung Marapi Sumatera Barat kembali erupsi dengan skala besar
Letusan Gunung Marapi yang terlihat jelas dari Kabupaten Agam pada Jumat (22/12/2023). Gunung api aktif setinggi 2.891 Mdpl itu masih mengalami erupsi di hari ke-20 sejak erupsi awal Desember ini. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
Lubuk Basung,- (ANTARA) - Gunung Marapi, Sumatera Barat kembali mengalami erupsi dengan asap letusan cukup besar teramati dengan jelas dari beberapa daerah di Kabupaten Agam. Erupsi terjadi pada jam 12.19 WIB, Jumat. "Letusannya jelas terlihat dari daerah Sungai Puar. Kami mendengar suara letusan yang tidak terlalu besar namun asap membumbung tinggi jelas terlihat," kata seorang warga, Ningsih (35) di Kabupaten Agam. Menurutnya letusan gunung tersebut bertepatan dengan waktu azan Sholat Jumat, tidak biasanya Gunung Marapi selalu berasap dengan waktu lama. Sementara seorang warga lainnya, Ismet (40) berharap letusan gunung tersebut tidak berdampak parah. "Semoga semua kembali baik-baik saja," katanya. Letusan kali ini menjadi letusan hari ke-20 setelah erupsi pertama kali pada Minggu (3/12) lalu yang mengakibatkan 24 korban tewas dari kalangan para pendaki yang terjebak saat Marapi erupsi. Sementara itu, petugas Pemantau Gunung Api (PGA) Marapi, Teguh dalam keterangan tertulisnya mengungkap tidak bisa memantau ketinggian kolom abu yang tertutup awan dari arah Kota Bukittinggi. "Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 22 Desember 2023 pada12.19 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini 1 menit 25 detik," kata petugas PGA, Teguh.

PGA menegaskan erupsi masih berada pada Status Level II (Waspada)dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung wisatawan atau pendaki tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek). "Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan," lanjutnya. Untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik, masyarakat yang berada di sekitar Marapi diminta agar menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. "Selain itu jika terjadi hujan abu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh," kata Teguh Ia mengimbau agar masyarakat yang ada di sekitar Marapi dan seluruh pihak agar menjaga situasi agar tetap kondusif di masyarakat. "Tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah," katanya. Baca juga: Masyarakat diimbau pakai masker, cegah ISPA akibat abu Gunung Marapi

Baca juga: Gunung Marapi erupsi

Baca juga: Ahli geologi ingatkan masyarakat patuhi peta kawasan rawan bencana    

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023




bab terbaru:istana8899

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
pinjol yang bisa pakai rekening dana
prosedur akulaku
tutorial daftar kredivo
slot777 thailand
slot tergacor hari ini
stars77 slot rtp
perang88
slot online gacor terbaru
tiny slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 nagabet88
Bab 2 kode alam binatang
Bab 3 situs slot online mudah menang
Bab 4 paito hk
Bab 5 joker 888 slot
Bab 6 bintang29
Bab 7 situs slot selalu menang
Bab 8 dayang4d
Bab 9 perhitungan bunga kredivo
Bab 10 ovo slot 77
Bab 11 rokokbet
Bab 12 prediksi togel north carolina day
Bab 13 cara daftar pinjol
Bab 14 aplikasi slot paling mudah menang
Bab 15 situs slot yang paling bagus
Bab 16 agen slot terpercaya
Bab 17 gemarbola
Bab 18 situs slot baru gacor
Bab 19 situs slot gacor resmi terpercaya
Bab 20 pola slot gacor malam ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7584bab
kampusBacaan TerkaitMore+

sebuah surga

link aplikasi slot gacor
Hamas tuntut pembebasan 3 pemimpin Palestina untuk pertukaran sandera
Foto arsip - Sebuah bus yang mentransfer tahanan Palestina tiba di kota Tepi Barat Al-Bireh, 26 November 2023. Sekitar 30 tahanan Palestina yang dibebaskan oleh Israel tiba di Tepi Barat pada Minggu, menyusul pembebasan 17 sandera oleh Hamas pada putaran kedua pertukaran tahanan-sandera di bawah kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas. (Xinhua/Nidal Eshtayeh) (Xinhua/Nidal Eshtayeh)
Yerusalem (ANTARA) - Hamas menuntut pembebasan tiga pemimpin tertinggi Palestina dalam perjanjian baru pertukaran sandera dengan Israel, kata media Israel pada Kamis.

Hamas mendesak agar Marwan Barghouti, Ahmed Saadat, dan Abdullah Barghouti masuk daftar tahanan yang dibebaskan dalam kesepakatan terbaru itu, lapor surat kabar Yedioth Ahronoth.

Barghouti (64) adalah anggota Komite Sentral Fatah yang menurut jajak pendapat Palestina paling diunggulkan dalam memimpin Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah setelah Presiden Mahmoud Abbas.

Dia ditangkap Israel pada 2002 dan dijatuhi lima kali hukuman seumur hidup.

Baca juga: Macron: Memerangi terorisme bukan berarti membumihanguskan Jalur Gaza.

Barghouti dapat mengubah wajah Otoritas Palestina, kata surat kabar itu.

Saadat, Sekretaris Jenderal Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina (PFLP), ditangkap pada 2008 dan dijatuhi hukuman 30 tahun penjara karena terlibat dalam pembunuhan Menteri Pariwisata Israel Rehavam Ze'evi pada 2001.

Abdullah Barghouti adalah seorang pemimpin senior Hamas dan dijatuhi beberapa kali hukuman seumur hidup karena serangkaian serangan terhadap Israel.

Israel menolak memasukkan ketiga orang ini dalam perjanjian pertukaran tahanan dengan Hamas pada 2011 yang mempertukarkan pembebasan serdadu Israel Gilad Shalit dengan pembebasan lebih dari 1.000 tahanan Palestina.

Belum ada pernyataan langsung dari pemerintah Israel mengenai laporan tersebut.

Baca juga: Biden ragu kesepakatan pembebasan sandera Gaza akan segera tercapai

Pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, tiba di Kairo pada Rabu di tengah upaya Mesir dalam menengahi kesepakatan pertukaran sandera terbaru antara Hamas dan Israel.

Selama jeda kemanusiaan sepekan di Gaza bulan lalu, Hamas telah membebaskan 81 warga Israel dan 24 warga asing untuk ditukar dengan 240 warga Palestina, termasuk 71 perempuan dan 169 anak-anak.

Hampir 130 warga Israel masih disandera oleh Hamas di Jalur Gaza.

Serangan Israel di Jalur Gaza telah menewaskan hampir 20.000 warga Palestina yang sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai 52.586 orang, kata otoritas kesehatan di kantong Palestina tersebut.

Baca juga: Indonesia dan Aljazair tuntut gencatan senjata permanen di Gaza

Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023

Kembali ke dunia roh

cika4d
Banjir bandang memaksa puluhan santri mengungsi di Mandailing Natal
Banjir bandang melanda Nagari Purba Pasir di Kecamatan Haranggail, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (20/12/2023) malam. ANTARA/HO-BNPB.
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyampaikan bahwa banjir bandang telah memaksa puluhan santri dan warga di bagian wilayah Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Utara, mengungsi pada Rabu (20/12) malam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mandailing Natal Mukhsin Nasution mengatakan bahwa hujan lebat membuat air Sungai Binanga Bolon meluap dan membanjiri Nagari Purba Pasir di Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, pada Rabu (20/12) pukul 23.00 waktu setempat.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, Kamis, dia menyampaikan bahwa bencana itu telah memaksa 86 santri dan sembilan orang yang lain mengungsi.

Santri dan warga yang terdampak banjir bandang sementara diarahkan untuk mengungsi ke sekolah dan pesantren terdekat.

BPBD Kabupaten Mandailing Natal melaporkan bahwa di antara warga yang terdampak banjir ada satu orang yang terluka.

"Satu korban luka sudah tertangani di RSUD Panyabungan," katanya.

Banjir bandang juga berdampak pada bangunan-bangunan yang ada di sekitar aliran Sungai Binanga Bolon.

Menurut Mukhsin, banjir menyebabkan 36 pondok santri hanyut dan dua rumah rusak berat serta berdampak pada dua tempat ibadah.

"Kami sedang berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak pondok pesantren dan otoritas daerah terkait untuk pembersihan dan pemulihan bangunan rusak," katanya.

Mukhsin menyampaikan bahwa BPBD telah menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak banjir.

"Banjir sudah surut dan kami telah membawa bantuan logistik berupa makanan siap saji dan kebutuhan dasar lainnya," katanya.

Baca juga:
14 kecamatan di Mandailing Natal direndam banjir
Tiga jembatan di Mandailing Natal rusak diterjang banjir

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023

Petualangan dimulai dari reruntuhan Kota Raksasa

vavabet
Katedral Jakarta dukung perdamaian global lewat tema Natal 2023
Beberapa jemaat mulai berdatangan untuk mengikuti misa malam Natal sesi pertama di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2023). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah/aa.
Jakarta (ANTARA) - Pejabat Hubungan Masyarakat (Humas) Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie menyatakan Gereja Katedral Jakarta mendukung terwujudnya perdamaian di bumi melalui tema Natal 2023 yang bertajuk Kemuliaan kepada Allah dan Damai Sejahtera di Bumi.

“Tema ini sesuai aktualisasi yang terjadi di lingkup masyarakat dan dunia. Umat diharapkan bisa lebih memaknai tindakan-tindakannya. Kita sebagai umat manusia harus mampu merawat bumi sebagai kemuliaan Tuhan,” katanya di Gereja Katedral Jakarta, Minggu.

Susy menuturkan tema Natal setiap tahun dipilih dan disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi di tengah masyarakat seperti kali ini yaitu isu perdamaian sangat diutamakan.

Baca juga: Katedral Jakarta sedia layanan hibrida dalam dua sesi misa malam Natal

Ia menjelaskan tema Natal 2023 yaitu Kemuliaan kepada Allah dan Damai Sejahtera di Bumi juga merupakan keputusan dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) serta Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Susy berharap melalui tema Natal 2023 para umat dapat menciptakan tindakan-tindakan yang mendukung terciptanya perdamaian di dunia sehingga bumi dapat terawat dengan baik.

Terlebih beberapa waktu lalu di Gereja Katedral Jakarta, para pemuka atau tokoh agama yang ada di Indonesia menyerukan kepada seluruh elemen bangsa dan umat untuk mempererat persatuan dan kesatuan pada masa pemilihan umum (pemilu).

“Kita juga harus bisa menciptakan suasana damai karena beberapa saat sebelumnya ada seruan damai oleh pemuka agama di sini,” ujar Susy.

Baca juga: Kapasitas Katedral Jakarta capai 4.000 orang untuk Ibadah Natal 2023

Gereja Katedral Jakarta akan menyelenggarakan misa malam Natal pada 24 Desember 2023 sebanyak tiga sesi yaitu pukul 16.30 WIB dan pukul 19.00 WIB secara hybridserta pukul 21.30 WIB secara tatap muka.

Sedangkan untuk misa Natal pada 25 Desember 2023, Gereja Katedral Jakarta juga akan melaksanakan tiga sesi yakni Misa Pontifikal secara hybridpukul 08.30 WIB, misa keluarga secara tatap muka pukul 11.00 WIB, dan misa sore secara hybridpukul 17.00 WIB.

Berdasarkan pantauan ANTARA, para jemaat sudah mulai berdatangan ke Gereja Katedral Jakarta pada Minggu (24/12) sejak pukul 15.00 WIB untuk melaksanakan misa malam Natal sesi pertama yang akan berlangsung pada pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Katedral Jakarta: Pemindahan ibu kota ke IKN tema dekorasi Natal 2023

Kepadatan lalu lintas pun sempat terjadi di sekitar Gereja Katedral Jakarta seiring dengan banyaknya antrean kendaraan bermotor terutama roda empat yang mengantre untuk parkir di sekitar gereja.

Beberapa petugas mulai dari TNI dan Polri bergegas untuk menertibkan antrean roda empat sehingga kemacetan segera dapat terurai.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023

Sistem dewa pedang terkuat

king88bet
Gunung Marapi Sumatera Barat kembali erupsi dengan skala besar
Letusan Gunung Marapi yang terlihat jelas dari Kabupaten Agam pada Jumat (22/12/2023). Gunung api aktif setinggi 2.891 Mdpl itu masih mengalami erupsi di hari ke-20 sejak erupsi awal Desember ini. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
Lubuk Basung,- (ANTARA) - Gunung Marapi, Sumatera Barat kembali mengalami erupsi dengan asap letusan cukup besar teramati dengan jelas dari beberapa daerah di Kabupaten Agam. Erupsi terjadi pada jam 12.19 WIB, Jumat. "Letusannya jelas terlihat dari daerah Sungai Puar. Kami mendengar suara letusan yang tidak terlalu besar namun asap membumbung tinggi jelas terlihat," kata seorang warga, Ningsih (35) di Kabupaten Agam. Menurutnya letusan gunung tersebut bertepatan dengan waktu azan Sholat Jumat, tidak biasanya Gunung Marapi selalu berasap dengan waktu lama. Sementara seorang warga lainnya, Ismet (40) berharap letusan gunung tersebut tidak berdampak parah. "Semoga semua kembali baik-baik saja," katanya. Letusan kali ini menjadi letusan hari ke-20 setelah erupsi pertama kali pada Minggu (3/12) lalu yang mengakibatkan 24 korban tewas dari kalangan para pendaki yang terjebak saat Marapi erupsi. Sementara itu, petugas Pemantau Gunung Api (PGA) Marapi, Teguh dalam keterangan tertulisnya mengungkap tidak bisa memantau ketinggian kolom abu yang tertutup awan dari arah Kota Bukittinggi. "Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 22 Desember 2023 pada12.19 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini 1 menit 25 detik," kata petugas PGA, Teguh.

PGA menegaskan erupsi masih berada pada Status Level II (Waspada)dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung wisatawan atau pendaki tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek). "Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan," lanjutnya. Untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik, masyarakat yang berada di sekitar Marapi diminta agar menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. "Selain itu jika terjadi hujan abu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh," kata Teguh Ia mengimbau agar masyarakat yang ada di sekitar Marapi dan seluruh pihak agar menjaga situasi agar tetap kondusif di masyarakat. "Tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah," katanya. Baca juga: Masyarakat diimbau pakai masker, cegah ISPA akibat abu Gunung Marapi

Baca juga: Gunung Marapi erupsi

Baca juga: Ahli geologi ingatkan masyarakat patuhi peta kawasan rawan bencana    

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023

Penguasa Binatang Buas

togel vegas hari ini
Wakil Ketua MPR harap Natal perkokoh persaudaraan anak bangsa
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. ANTARA/HO-MPR RI.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berharap perayaan Natal tahun 2023 yang jatuh pada Senin (25/12) dapat memperkokoh persaudaraan anak bangsa di antara keberagaman agama yang ada di Indonesia.

“Bagi bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan yang warganya memeluk beragam agama, tentu saya berharap perayaan Natal kali ini semakin memperkokoh persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa,” kata Lestari dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Lestari mengatakan proses berbangsa dan bernegara setiap warga negara harus mampu meningkatkan pemahamannya terhadap nilai-nilai yang berlaku sebagai ideologi bangsa.

“Sejumlah nilai yang terkandung dalam Pancasila, misalnya nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan sosial, harus mampu diamalkan dalam keseharian kita,” demikian Ririe, sapaan akrab Lestari Moerdijat.

Dalam momentum Natal kali ini, Ririe mendorong agar setiap warga negara dapat memperkuat nilai-nilai tersebut dalam upaya membangun secara konsisten toleransi antarumat beragama yang lebih baik.

Ia juga berharap perayaan Natal 2023 dapat berlangsung khidmat, aman, dan mampu mempererat semangat kekeluargaan di antara masyarakat.

“Selamat merayakan Natal bagi masyarakat Indonesia, semoga kedamaian selalu menyertai kita,” katanya.

Baca juga: Wakil Dubes: Jadikan Natal momentum perkuat kerukunan jelang Pemilu
Baca juga: Kapolri pastikan perayaan Natal 2023 berlangsung aman

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023

Memanggil dewi dari dunia lain

sekar4d
Mendagri tunjuk Al Yasin Ali sebagai Plt. Gubernur Maluku Utara
Plt Gubernur Maluku Utara M Al Yasin Ali, Jumat (22/12/2023). ANTARA/Abdul Fatah
Ternate (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menugaskan Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Maluku Utara, menggantikan Abdul Gani Kasuba yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi dan ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Sesuai ketentuan, untuk roda pemerintahan selanjutnya dikendalikan Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali selaku Plt. Gubernur," kata Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir di Ternate, Jumat.

Penunjukan Al Yasin Ali itu tertuang dalam Surat Keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.3/7456/8.1 tentang Penugasan Wakil Gubernur Maluku Utara selaku Pelaksana Tugas Gubernur Maluku Utara tertanggal 21 Desember 2023.

Dalam SK itu disebutkan, berkenaan dengan operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK terhadap Abdul Gani Kasuba pada 19 Desember 2023, untuk mengisi kekosongan kepala daerah ditugaskan pelaksana tugas gubernur.

Baca juga: KPK tahan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba

Samsuddin mengatakan dengan adanya surat ke Wagub Maluku Utara maka aktivitas pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan.

Selain itu, pihaknya menemui Plt. Gubernur Malut Al Yasin Ali untuk menetapkan pelaksana tugas pada empat organisasi perangkat daerah (OPD) yang kepala dinasnya sudah ditetapkan tersangka bersama gubernur.

"Saya akan menghadap plt gubernur untuk meminta petunjuk terkait penempatan pejabat eselon III yang ada di OPD tersebut untuk diusulkan menjadi pelaksana tugas," katanya.

Baca juga: KPK sita data aliran uang saat geledah rumah Abdul Ghani Kasuba

Bahkan, untuk pengisian jabatan pelaksana tugas pada empat OPD ini bisa saja diambil dari internal dinas maupun luar dinas itu.

Kendati demikian, Sekdaprov mengatakan aktivitas pelayanan di Pemprov Maluku Utara tetap normal, artinya penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan normal.

Sementara itu, ia belum menanggapi soal putusan  Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (21/12) mengabulkan gugatan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak terkait masa jabatan kepala daerah.

Dalam amar putusan MK Nomor 143/PUU-XXI/2023 menegaskan, berdasarkan norma Pasal 201 ayat (5) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014, bahwa hasil pemilihan dan pelantikan tahun 2018, jabatannya berakhir pada tahun 2023.

Namun, kepala daerah hasil pemilihan 2018 dan pelantikannya tahun 2019 akan tetap memegang jabatan selama lima tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Selama tidak melewati satu bulan sebelum pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Baca juga: KPK tangkap 18 orang dalam OTT di Malut
Baca juga: KPK geledah kediaman Gubernur Malut di Ternate

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023