petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

keuntungan menggunakan kredivo

bunga pinjol adakami 524Jutaan kata 983281Orang-orang telah membaca serialisasi

《keuntungan menggunakan kredivo》

Pemerintah Janji UMP Naik, Tapi Idealnya Berapa?******

Ekonom menilai wajar jika buruh menuntut kenaikan UMP 2023 sebesar 13 persen, karena pertimbangan laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi.
Ekonom menilai wajar jika buruh menuntut kenaikan UMP 2023 sebesar 13 persen, karena pertimbangan laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan ada kenaikan pada upahminimum provinsi (UMP) 2023. Hanya saja, besarannya masih dirahasiakan.

"Ada beberapa (persen kenaikannya)," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam acara Festival Pelatihan Vokasi, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (30/10).

Ida mengatakan Kemnaker tengah mempertimbangkan aspirasi para buruh yang menuntut agar upah buruh 2023 naik setelah tidak mengalami kenaikan dalam tiga tahun terakhir.

"Saya sudah minta ke Bu Dirjen untuk mendengarkan aspirasi para buruh, sekarang dalam proses memfinalisasi pandangan dari aspirasi tersebut," terang dia.

Dirjen PHI dan Jaminan Sosial Kemnaker Indah Anggoro Putri menuturkan besaran kenaikan UMP akan disesuaikan dengan data inflasi yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS).

"Masih menunggu data BPS," kata Indah seraya memastikan besaran UMP nantinya akan diumumkan pada 21 November ini.

Lihat Juga :
Kabar XL Axiata PHK Karyawan Dibantah Manajemen

Sementara itu, serikat buruh akan menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat (4/11) besok. Dalam unjuk rasa tersebut, serikat buruh menuntut kenaikan UMP sebesar 13 persen. Besaran angka tersebut dianggap sesuai dengan kondisi ekonomi dan inflasi saat ini.

Apalagi, ini pertama kalinya pemerintah kembali menaikkan besaran UMP setelah tiga tahun berturut-turut tidak ada kenaikan.

Tuntutan UMP sebesar 13 persen sebetulnya bukan hal baru yang disampaikan oleh serikat buruh. Permintaan itu bahkan berulang kali disampaikan oleh Presiden KSPI Said Iqbal di berbagai kesempatan.

"Rencana aksi puluhan ribu di kantor Kemnaker pada 4 November terkait dua isu, yaitu menolak PHK dengan alasan resesi global, meminta kenaikan UMP/UMK 2023 sebesar 13 persen," imbuh Presiden KSPI Said Iqbal.

Lihat Juga :
LPS Tagih Rp29 M ke Rektor UGM Cs karena Bank Gagal

Jika melihat besarannya, apakah kenaikan 13 persen memang sudah cukup ideal di tengah kondisi ekonomi yang rentan dan inflasi yang terus melonjak?

Ekonom CORE Indonesia Mohammad Faisal mengatakan pada dasarnya kenaikan UMP harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

Dalam hal ini, ia menghitung besaran UMP mengacu pada angka inflasi ditambah dengan capaian pertumbuhan ekonomi.

"Kalau kita lihat nasional, ini kan pertumbuhan ekonomi di kisaran 5 persen, nah inflasinya sampai akhir tahun 6 persen jadi totalnya 11 persen, tapi itu di level nasional ya. Nah di level daerah kan bisa beda-beda pertumbuhan ekonominya beda, inflasinya juga beda. Kalau saya sih usulkan tidak seragam setiap daerah," kata Faisal kepada CNNIndonesia.com.

Lihat Juga :
Waroeng SS Diberi Waktu 3 Hari Batalkan Pemotongan Gaji Penerima BSU

Menurut Faisal, angka tersebut cukup masuk akal di tengah situasi ekonomi saat ini. Namun, ia tak menampik penolakan dari kalangan pengusaha jika besaran UMP yang dihitung dari jumlah inflasi plus pertumbuhan ekonomi.

Sebab, saat ini kondisi ekonomi dunia masih tidak stabil. Apalagi, bayang-bayang resesi masih mengintai tahun depan.

"Pengusaha juga kesulitan karena biaya produksi kian meningkat karena inflasi. Karena itu, perlu insentif dari pemerintah untuk membantu pelaku usaha meringankan biaya produksinya yang naik," jelasnya.

Ekonom Celios Bhima Yudhistira menambahkan wajar jika pekerja/buruh menuntut kenaikan 13 persen karena efek inflasi yang tinggi masih terjadi pada 2023.

Lihat Juga :
Kemnaker Sebut Pengusaha Potong Gaji Penerima BSU Bisa Dipidana

Ia menjelaskan tuntutan pekerja juga mengingatkan kembali kalau sebelum UU Cipta Kerja, ada PP 78/2015 di mana kenaikan upah mempertimbangkan laju inflasi dan rata-rata pertumbuhan ekonomi.

"Sekarang data inflasi 5,7 persen year on year ditambah pertumbuhan ekonomi 5 persen. Itu artinya upah berkisar kenaikan 10,7 persen," terang Bhima.

Masalahnya, dengan UU Cipta Kerja, pengupahan ini makin tidak berpihak ke pekerja.

"Sudah jaring pengaman sosial dari pemerintah kecil, ditambah kenaikan upah dibawah inflasi. Jadi, idealnya masalah upah dikembalikan lagi ke formulasi PP 78/2015 minimum naik 10,5 persen tahun depan paling tidak bisa mengcover daya beli dari gerusan inflasi dan ketidakpastian daya beli," lanjutnya.

Lihat Juga :
The Fed Makin 'Galak' Suku Bunga Naik 75 Bps, Tertinggi Sejak 2008

Jika upah buruh berada dibawah inflasi seperti 2022, maka daya beli kelas masyarakat rentan jatuh. Ujung-ujungnya hal tersebut akan merugikan pengusaha karena permintaan barang domestik bisa turun.

Selain itu, ia menilai kenaikan UMP tak akan memberatkan pelaku usaha. Sebab, mengacu pada pasal 24 ayat (1) PP 36/2021 menyebut bahwa upah minimum hanya berlaku bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun.

Sementara, upah bagi pekerja dengan masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih harus berpedoman pada struktur dan skala upah yang wajib disusun dan diterapkan oleh perusahaan.

"Karena sifatnya upah minimum sebenarnya hanya melindungi pekerja yang baru masuk ya, jadi bukan berarti semua pekerja upahnya naik setara kenaikan UMP," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

Koleksi Saham yang 'Menjanjikan Cuan' di Tengah Rilis Data Ekonomi******

Analis menyarankan investor mengoleksi saham-saham sektor tambang dan energi, termasuk basic consumer di tengah kondisi ekonomi saat ini.
Analis menyarankan investor mengoleksi saham-saham sektor tambang dan energi, termasuk basic consumer di tengah kondisi ekonomi saat ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 10,95 poin atau naik 0,16 persen ke level 7.045 pada perdagangan pekan lalu. Investorasing membukukan beli bersih Rp823,92 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat tiga kali dan melemah dua kali. Secara total, performa indeks saham melemah 0,15 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Aulia Noviana Utami Putri mengatakan rata-rata nilai transaksi harian bursa naik sebesar 2,62 persen, yaitu jadi Rp13,35 triliun dari Rp13,01 triliun pada pekan lalu.

Frekuensi transaksi harian bursa juga menurun sebesar 1,98 persen dari 1.219.787 transaksi pada pekan lalu menjadi 1.195.583 transaksi.

"Sementara itu, perubahan sebesar 6,35 persen terjadi pada rata-rata volume transaksi bursa menjadi 20,65 miliar saham dari 22,05 miliar saham pada pekan lalu," ungkapnya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (4/11).

Pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda menyebut IHSG pekan ini diprediksi menguat. Rentang pergerakan di level support 6.964 dan resistance 7.132.

Lihat Juga :
Modal Asing Rp900 M Masuk RI Sepekan Ini

Langkah bank sentral AS, The Fed, yang kembali menaikkan suku bunga 75 bps menjadi 3,75 hingga 4 persen sudah dapat diprediksi. Namun, investor khawatir dengan pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell yang mengatakan terlalu dini untuk menghentikan kenaikan suku bunga acuan.

Sementara, sentimen positif datang dari rilis data Non-Farm Payroll (NFP) AS yang menunjukkan penguatan pertumbuhan tenaga kerja. Hal itu menunjukkan bahwa ekonomi AS tidak mengalami kontraksi atau resesi seperti yang dikhawatirkan.

Kemudian, kabar China mulai membuka lockdown di beberapa tempat menandakan penerapan kebijakan nol-covid melunak. Bursa Shanghai dan Hangseng pun langsung menguat signifikan pada sesi perdagangan Jumat (4/11) lalu.

"Secara teknikal IHSG berpotensi bullish, sehingga bagi trader ini adalah peluang untuk mengoleksi beberapa saham yang mulai rebound. Secara jangka panjang IHSG masih bullish, sehingga bagi investor tidak ada yang perlu dikhawatirkan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (6/11).

[Gambas:Video CNN]



Hary menyarankan investor untuk memperhatikan sektor basic materials dan consumers cyclicals. Sektor-sektor ini relatif lebih tidak terlalu terpengaruh terhadap tekanan inflasi dan kenaikan suku bunga.

Secara teknikal, Hary merekomendasi saham PT Pinago Utama Tbk (PNGO) yang menguat 1,92 persen ke posisi 1.325 pada pekan lalu. PNGO diproyeksi bisa menembus 1.380.

Ada juga saham PT Vale lndonesia Tbk (INCO) yang menguat 1,89 persen ke posisi 6.750 pada pekan lalu. INCO diprediksi bergerak di rentang support 6.375 dan resistance 7.125.

Terakhir, Hary menyarankan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang tumbuh 4,64 persen ke posisi 1.915 pada pekan kemarin. ANTM diprediksi bisa menembus 2.010 pada pekan ini.

Lihat Juga :
OJK Sanksi Wanaartha Life dan Kresna Life, Kegiatan Usaha Dibatasi

Setali tiga uang, Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memproyeksi IHSG pekan ini bergerak cenderung menguat dengan rentang pergerakan di support yang terjaga sepekan lalu di level 6.980 dan resistance 7.180.

Beberapa sentimen bakal menyertai. Rilis data pertumbuhan PDB kuartal III diperkirakan secara konsensus tumbuh 5,89 persen yoy. Jika sesuai atau di atas ekspektasi, maka hal ini menjadi sentimen positif untuk IHSG.

Sementara, rilis data cadangan devisa diperkirakan turun ke US0 miliar pada Oktober 2022 dibandingkan bulan sebelumnya yang berada di level US0,8 miliar. Ini disebabkan pembayaran utang luar negeri demi menjaga stabilitas nilai tukar rupiah yang menjadi sentimen positif untuk pasar.

Lalu, dari luar negeri ada rilis data inflasi AS Oktober 2022 yang diperkirakan turun ke level 8 persen dari 8,2 persen pada bulan sebelumnya. Jika data sesuai atau lebih rendah dari ekspektasi, maka dapat menjadi sentimen positif karena The Fed bisa lebih dovish.

Lihat Juga :
OJK Sebut Dana Terhimpun di Pasar Modal Capai Rp109 T per Oktober 2022

"Pada pekan ini investor dapat berspekulasi di tengah beberapa rilis data yang memberikan sedikit angin segar untuk market. Meski demikian, perkiraan ini hanya bersifat sementara atau momentum jangka pendek," katanya.

Oktavianus menyarankan sektor yang harus dilirik adalah energi berbasis komoditas. Salah satunya, yakni minyak mentah, karena OPEC+ memangkas produksi membuat pasar minyak global akan tetap bullish. Lalu, sektor Konsumer Staples yang masih menjadi pilihan untuk defensif.

Secara teknikal, ia merekomendasikan saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) yang pekan lalu menguat 5,31 persen ke level 1.190. Oktavianus memprediksi MEDC bisa tembus 1.280.

Rekomendasi lain adalah PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang tumbuh 4,64 persen ke level 1.915 pekan lalu. ANTM diprediksi bisa menembus 2.050 pekan ini.

Terakhir, ada saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR) yang menguat 3,42 persen ke level 2.420 pekan lalu. Pekan ini, MYOR diproyeksi bisa menembus 2.600.

(skt/bir)




bab terbaru:situs togel terpercaya di indonesia

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pinjol mudah acc
slot recommended
situs slot online gacor
erek2 04
slot gacor terbaru hari ini
jkt303
kredit shopee tanpa kartu kredit
tower club slot login
cara pinjol ilegal
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara cicil barang di kredivo
Bab 2 pinjam uang di bank bca tanpa jaminan
Bab 3 paling gacor
Bab 4 togel cc hari ini
Bab 5 voucher oyo
Bab 6 situs slot gacor gampang menang
Bab 7 slot maxwin member baru
Bab 8 pinjaman 50 juta langsung cair
Bab 9 m77casino
Bab 10 situs slot inggris
Bab 11 cara pinjam uang di baznas
Bab 12 situs ceme terpercaya
Bab 13 slot gacor 33
Bab 14 danafix ojk atau tidak
Bab 15 pinjol cicilan 6 bulan
Bab 16 cara menghasilkan uang di neo+
Bab 17 buku mimpi 73
Bab 18 erek erek anting anting
Bab 19 slot daftar
Bab 20 paito oregon 8
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6921bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Pahlawan Terkuat dan Gadis Monster

mimpi88
Lyft, perusahaan transportasi online AS, mengumumkan rencana PHK terhadap 683 karyawan karena kekhawatiran resesi meningkat dan lonjakan inflasi.
Lyft, perusahaan transportasi online AS, mengumumkan rencana PHK terhadap 683 karyawan karena kekhawatiran resesi meningkat dan lonjakan inflasi. Ilustrasi. (AFP/William West).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan transportasi online Lyft yang berbasis di Amerika Serikat (AS) mengumumkan bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 683 karyawan. Kebijakan didasari oleh meningkatnya inflasi dan kekhawatiran resesiekonomi.

Salah satu pendiri Lyft Logan Green dan John Zimmer mengatakan PHK bakal berdampak pada setiap sektor perusahaan. Manajemen merujuk pada tantangan ekonomi makro yang lebih luas, sehingga menimbulkan PHK massal ini.

"Kami tahu hari ini akan sulit. Kami menghadapi kemungkinan resesi di tahun depan dan biaya asuransi rideshare(asuransi untuk pengemudi) naik," ungkap pimpinan Lyft dalam memo untuk staf, dikutip dari CNN Business, Jumat (4/11).

PHK Lyft tak luput dari saingan utamanya, Uber, yang melaporkan pertumbuhan pendapatan yang kuat. Keberhasilan Uber bertahan di tengah krisis didorong oleh tingginya permintaan perjalanan dan pengiriman makanan.

"Kami tidak kebal terhadap realitas inflasi dan ekonomi yang melambat," tulis pendiri Lyft dalam memo.

Lihat Juga :
Beda Fakta Pengusaha, Buruh dan Sri Mulyani Soal PHK Industri Tekstil

Lyft mengkonfirmasi rencana PHK 13 persen karyawannya itu akan menghabiskan biaya sekitar US juta hingga US juta untuk biaya restrukturisasi serta pesangon dan tunjangan.

Terlepas dari pengumuman PHK karyawan pada Kamis (3/11), saham Lyft sudah mengalami penurunan hampir 70 persen sepanjang tahun ini.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

[Gambas:Video CNN]

uap baja dan api

bo slot maxwin
Kemendag mengatakan BPOM seharusnya tahu siapa saja produsen farmasi yang menggunakan propilen glikol dan polietilen glikol; terduga pemicu gagal ginjal akut.
Kemendag mengatakan BPOM seharusnya tahu siapa saja produsen farmasi yang menggunakan propilen glikol dan polietilen glikol; terduga pemicu gagal ginjal akut. Ilustrasi gagal ginjal akut. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur ImporKementerian Perdagangan (Kemendag) Sihard Hadjopan Pohan mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) seharusnya tahu siapa saja produsen farmasi yang menggunakan propilen glikol (PG) dan polietilen glikol (PEG) pada obat sirop.

Respons mereka berikan usai BPOM menyeret kewenangan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam urusan importasi senyawa kimia seperti propilen glikol (PG) dan polietilen glikol (PEG) ke dalam Indonesia.

PG dan PEG sendiri merupakan bahan baku pemicu gagal ginjal akut yang umumnya terjadi pada anak.

"Karena dia tidak termasuk lartas ya lewat-lewat saja. BPOM yang tahu harusnya siapa saja produsen-produsen farmasi yang menggunakan barang itu. Sehingga kemarin ada opsi pengawasannya yang harus diketatkan dalam proses produksi," katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (2/11).

Pohan menambahkan karena bahan baku tersebut tidak termasuk lartas jadi hanya perlu angka pengenalan impor (API), baik API-U untuk umum atau API-P untuk produsen.

Lebih lanjut, ia menginformasikan Kemendag telah melakukan rapat dengan Bea Cukai pada Selasa (1/11) terkait impor barang tersebut ke depannya. Ada dua opsi yang ditawarkan, apakah ingin diluruskan atau sistem cross border.

Lihat Juga :
Pertamina Angkat Suara soal Oktan Revvo 89 Lebih Tinggi dari Pertalite

"Kalau mau lartas, larangan pembatasan, berarti ada usulan ke Kemendag lalu dibahas di Kemenko. Nanti baru dibuatkan Permendag tentang lartas terhadap itu," jelas Pohan.

Jika memilih opsi cross border, maka data surat keterangan impor (SKI) dari BPOM diperlukan. Karena BPOM yang tahu siapa saja perusahaan farmasi yang akan menggunakan produk PG dan PEG tersebut.

"Barang itu (PG dan PEG) kan untuk melarutkan, yang tahu siapa? Ya BPOM lah. Berapa besar untuk dilarutkan, untuk adukannya, dan seterusnya. Kita dari Kemendag kan gak paham," tegas Pohan.

"Kalau yang digunakan industri, kan ada industri lain selain farmasi, nanti Kemenperin yang akan merekomendasikan ke kami berapa banyaknya yang boleh diimpor," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, BPOM menyeret kewenangan Kemendag dalam urusan importasi senyawa kimia seperti PG dan PEG ke dalam Indonesia.

Kepala BPOM Penny K Lukito menegaskan dalam hal pengawasan, BPOM hanya melakukan pemeriksaan pada bahan baku pharmaceutical grade yang masuk kategori larangan dan pembatasan (Lartas).

Barang-barang tersebut harus mendapatkan izin BPOM melalui Surat Keterangan Impor (SKI) sebelum didatangkan ke Indonesia.

"Bahan baku pada umumnya masuk melalui SKI BPOM. Khusus untuk pelarut PG dan PEG ini masuknya tidak melalui SKI BPOM, tapi melalui Kementerian Perdagangan, non-lartas," kata Penny dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX.

Penny lantas menyebut BPOM telah mengusulkan agar terdapat revisi pada skema importasi PG dan PEG dengan menjadi kategori lartas. Sehingga nantinya, importasi kedua senyawa itu harus melalui persetujuan atau SKI BPOM.

Lihat Juga :
Erick Thohir dan Sri Mulyani Masuk Daftar Muslim Berpengaruh Dunia
(skt/mrh)

[Gambas:Video CNN]

Catatan Pengaduan

permainan gacor hari ini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pembangunan kereta cepat hingga Surabaya sebagai rencana jangka panjang.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pembangunan kereta cepat hingga Surabaya sebagai rencana jangka panjang. (AFP/TIMUR MATAHARI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabayasebagai rencana jangka panjang alias tidak dilakukan dalam waktu dekat.

Menurutnya, saat ini pemerintah masih fokus pada pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung agar bisa beroperasi pada 2023 mendatang.

"Seperti halnya pembangunan angkutan massal lainnya seperti MRT, yang pembangunannya dilakukan secara jangka panjang dan bertahap. Begitu juga kereta cepat tentu membutuhkan jangka waktu panjang," ujarnya dikutip Antara, Jumat (4/11).

Dalam hal ini, Kementerian Perhubungan harus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lainnya, seperti Kementerian PUPR untuk infrastruktur, dan Kementerian Keuangan dari sisi dana.

Apalagi untuk proyek yang memiliki tingkat komersialitas yang tinggi seperti kereta cepat, APBN saja tentu tidak akan bisa memenuhi anggarannya. Oleh karena itu, pemerintah harus memanfaatkan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), baik BUMN atau swasta nasional maupun asing.

"Di tengah keterbatasan kemampuan APBN, kami harus mencari alternatif melalui pendanaan kreatif, sehingga tidak mengganggu APBN yang diprioritaskan untuk kebutuhan yang lebih mendasar," jelasnya.

Lihat Juga :
Khawatir Resesi, Transportasi Online di AS PHK 683 Karyawan

Selain itu, pemerintah juga harus bisa menghubungkan rute kereta cepat ini dengan sejumlah fasilitas umum yang dimiliki agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya.

"Kami juga memiliki rencana bahwa kereta cepat ini akan dihubungkan dengan sejumlah simpul transportasi misalnya dengan Bandara Kertajati. Diproyeksikan jika Tol Cisumdawu telah selesai, maka Bandara Kertajati akan semakin ramai," katanya.

Sebagai informasi, kereta cepat Jakarta-Surabaya ini direncanakan akan melewati sejumlah kota yakni, Jakarta - Karawang - Bandung - Kertajati - Purwokerto - Yogyakarta - Solo - Madiun - Surabaya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

[Gambas:Video CNN]

kaisar kuno

slot judi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan industri menyerap garam produksi lokal. Kewajiban itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 126 Tahun 2022.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan industri menyerap garam produksi lokal sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) 126/2022. (REUTERS/JUAN MEDINA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewajibkan industri menyerap garam produksi petani lokal. Kewajiban itu ia tuangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 126 Tahun 2022 tentang Percepatan Pembangunan Pergaraman Nasional.

Beleid tersebut mengatur peran pemerintah pusat dan daerah untuk mempercepat pembangunan sentra garam untuk memenuhi kebutuhan garam nasional. Kebutuhan garam yang dimaksud termasuk garam konsumsi dan garam kebutuhan industri.

Dalam pasal 2, garam kebutuhan industri yaitu industri pangan, penyamakan kulit, pakan ternak, pengasinan ikan, peternakan dan perkebunan, sabun dan deterjen, tekstil, pengeboran minyak, farmasi, kosmetik dan water treatment.

Selain itu, dalam aturan tersebut pemerintah juga mempercepat pembangunan pergaraman nasional dilakukan pada sentra ekonomi garam rakyat atau SEGAR.

SEGAR ditetapkan pada provinsi yang memiliki potensi pengembangan usaha pergaraman. Kriterianya memiliki lahan untuk produksi garam, tersedianya sarana dan prasarana, terdapat pangsa garam, dan dapat dukungan dari pemerintah pusat dan daerah.

Aksi percepatan pembangunan pergaraman nasional ini akan ditetapkan setiap lima tahun, dengan pendanaan berasal dari APBN, APBD atau sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Kultivator jahat yang paling mengagumkan

slot369
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan BUMD PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) dan PT KCI akan dimerger atau digabung.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan BUMD PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) dan PT KCI akan dimerger atau digabung. (Muchlis Jr - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan dimerger atau digabung.

Pernyataan ini membantah informasi yang disampaikan Serikat Pekerja PT KAI yang sebelumnya menyebut PT MRT Jakarta mengakuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

"Merger antara MITJ dan KCI, kapannya didasarkan dengan proses dari 'due diligence', penilaian BPKP dan hal-hal lain yang sifatnya finansial dan hukum. Prinsipnya harus dilakukan," kata Budi seperti dikutip dari Antara, Rabu (2/11).

"Jadi sekali lagi bukan akuisisi, tapi kita tidak bisa mengesampingkan yang sifatnya finansial dan hukum, sama-sama kita lakukan, 'due diligence'. Proses itu tidak bisa dilewatkan begitu saja, tidak bisa tahu-tahu tanda tangan begitu saja," ungkap Budi Karya.

Ia menambahkan merger dua perusahaan itu dilakukan untuk membangun transportasi massal di perkotaan yang andal.

"Bapak Presiden menekankan bahwa angkatan massal perkotaan menjadi satu keharusan yang harus dikendalikan baik itu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada maupun merencanakan dan membangun angkutan massal itu sendiri," tambah Budi Karya.

Lihat Juga :
KSPI soal Ancaman Resesi: Jangan Dipikir Buruh Bodoh, Ditakuti Terus

Ia mengatakan ketiadaan transportasi massal yang andal memberikan kerugian besar. Perhitungannya, kerugian secara kumulatif bila angkutan massal tidak diterapkan mencapai Rp100 triliun selama satu tahun.

"Angkatan massal itu dibutuhkan percontohan, DKI Jakarta adalah satu kota paling representatif digunakan sebagai contoh. Di sini sudah ada MRT (Moda Raya Terpadu), LRT (Light Rail Transit), ditambah BRT (Bus Rapid Transit) dan ini menjadi satu modal bagi Jakarta dan kota-kota lain," ungkap Budi Karya.

Menurut dia, khususnya untuk pengelolaan perkeretaapian perlu dikelola oleh satu lembaga sehingga tidak ada tumpang tindih terkait kebijakan.

"Satu 'stressing' dari Pak Presiden adalah agar pemerintah daerah memikirkan 'feeder-feeder'bagi angkutan massal itu sebagai contoh katakanlah akan ada kegiatan LRT Jabodetabek maka wajib bagi pemda Bogor, Bekasi, dan Jakarta untuk menyediakan baik berupa bus dan angkutan lain berupa 'first mile'dan 'last mile'," tambah Budi Karya.

Lihat Juga :
Pengamat Ungkap 3 Alasan BBM di SPBU Swasta Lebih Murah dari Pertamina

Alasannya adalah agar tidak ada moda transportasi lain yang beroperasi sejajar dengan LRT Jabodetabek dan dapat mengurangi jumlah penumpang LRT.

"Tadi sudah disepakati bahwa Pemda Jakarta maupun Sumatera Selatan mendukung ada titik-titik perjumpaan yang artinya stasiun," katanya.

MRT Jakarta selaku BUMD di bawah Pemprov DKI Jakarta dikabarkan mencaplok 51 persen saham KCI dari PT KAI. Rencana ini buah permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka integrasi transportasi di Jakarta.

Akuisis ini pun memantik reaksi dari Serikat Pekerja PT KAI. Mereka menolak rencana ini karena bertentangan dengan hukum. Serikat pekerja itu pun mengancam akan mogok kerja jika pencaplokan tetap dilakukan.

"SPKA mendukung integrasi transportasi, tetapi tidak dengan mengakuisisi. Integrasi yes, akuisisi no! Ini demi mencegah permasalahan hukum serius di kemudian hari," tulis pernyataan SPKA yang diteken oleh Pimpinan DPP dan DPD SPKA se-Indonesia dalam keterangan resmi.

(ldy/agt)

Taihuang Tianshou Jue Liu Wuxie

cicilan shopee 24 bulan
Kemenaker mulai menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 kepada 3,6 juta pekerja atau buruh yang memenuhi kriteria.
Kementerian Ketenagakerjaan mulai menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap VII kepada 3,6 juta pekerja atau buruh yang memenuhi kriteria. (CNN Indonesia/Lina Itafiana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mulai menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 kepada 3,6 juta pekerja atau buruh yang memenuhi kriteria. Penyaluran itu dilakukan melalui PT Pos Indonesia (Persero).

"Penyaluran BSU tahap 7 melalui Kantor Pos telah mulai disalurkan sejak beberapa hari kemarin," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, dikutip Kamis (3/11).

Selain melalui PT Pos Indonesia, Kemnaker juga menyalurkan BSU tahap 7 via bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Adapun penyaluran melalui Kantor Pos dilakukan untuk tenaga kerja yang tidak memiliki rekening bank Himbara atau memiliki rekening yang bermasalah.

Menurut Ida, untuk pencairan BSU melalui Kantor Pos memiliki proses yang berbeda dengan mekanisme penyaluran Bank Himbara. Kantor Pos harus mencetak undangan terlebih dahulu bagi para calon penerima BSU yang telah lolos verifikasi dan validasi.

"Kantor Pos mencetak undangan, kemudian menyampaikan undangan tersebut pada penerima BSU melalui perusahaan. Nah nanti penyaluran dilakukan dengan 2 (dua) skema, secara kolektif di perusahaan atau penerima ini mengambil langsung di Kantor Pos. untuk mengetahui penerima BSU terdaftar di kantor Pos dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi Pospay," ucapnya.

Ida berharap, penyaluran BSU baik melalui bank Himbara maupun PT Pos Indonesia ini dapat terselesaikan dalam waktu dekat.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)