petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

papuwa4d

pinjaman bunga rendah tenor panjang 824Jutaan kata 984102Orang-orang telah membaca serialisasi

《papuwa4d》

Puluhan Pedagang Pasar Tanah Abang Tunggak Sewa Kios Hingga Rp43 Juta******

Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang Blok B menunggak pembayaran kios hingga puluhan juta rupiah. Mereka sudah diberikan peringatan pengelola pasar.
Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang Blok B menunggak pembayaran kios hingga puluhan juta rupiah. Mereka sudah diberikan peringatan pengelola pasar. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pedagangdi Pasar Tanah AbangBlok B, Jakarta Pusat menunggak pembayarankioshingga puluhan juta rupiah.

Tunggakan itu diketahui dari surat peringatan dari Unit Pasar Besar (UPB) Pasar Tanah Abang Blok B yang ditempel di sejumlah kios.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Selasa (19/9) sore, sejumlah kios tutup ditempeli surat peringatan itu.

Hal serupa juga terlihat di lantai 3. Jumlah kios yang tutup dan ditempeli surat tak terhitung oleh jari.

Sementara, di lantai 2 jumlah kios yang ditempeli surat tidak sebanyak di lantai 3 dan 3A.

Adapun jumlah tunggakan dari setiap kios beragam. Dari pantauan, yang paling kecil adalah Rp8 juta. Sedangkan yang paling tinggi mencapai Rp43,3 juta.

"Sampai dengan surat ini saudara belum membayar/melunasi tunggakan kewajiban biaya pengelolaan pasar (BPP)/service charge. Adapun kewajiban yang belum dibayar sampai dengan bulan Juni 2023 sebesar Rp43,3 juta," demikian bunyi surat yang dimaksud kepada salah satu kios.

Dalam surat tersebut, pemilik kios juga diwajibkan segera membayar tagihan pada hari kerja paling lambat 7 hari kalender sejak surat dikeluarkan.

Apabila sampai batas waktu tersebut pemilik kios belum membayar, pengelola akan memberikan surat penutupan sementara.

Selanjutnya, sesuai Surat Keputusan (SK) Direksi Perusahaan Daerah Pasar Jaya Nomor 117 Tahun 2023 Bab VIII sanksi terkait penggunaan tempat usaha Pasal 29 Ayat (3) tahapan pemberian sanksi, dan Pasal 20 Peraturan Direksi PD Pasar Jaya Nomor 360 Tahun 2014, akan diberikan sanksi pembatalan hak pemakaian usaha.

Pedagang Pasar Tanah Abang memang sedang terlilit masalah belakangan ini. Masalah terkait penurunan omzet dagangan.

Annie, salah satu pedagang yang ditemui CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu menyebut penurunan omzet terjadi akibat anjloknya penjualannya sampai 80 persen belakangan ini.

Perempuan yang berjualan sejak 2019 di Pasar Tanah Abang itu menduga salah satu faktor merosotnya pengunjung adalah menjamurnya tren berbelanja online belakangan ini.

[Gambas:Video CNN]

Mereka banyak menjajakan produk pakaian dengan harga barang lebih murah dibanding di Tanah Abang. Tawaran itu katanya, pasti mengubah minat pembeli.

Pembeli yang awalnya belanja pakaian ke Tanah Abang, sekarang lebih memilih belanja online. Selain harganya yang lebih murah, belanja online juga tak perlu membuat mereka berdesakan dan berpanas-panasan dalam belanja.

Annie masih ingat betul bagaimana ramainya Pasar Tanah Abang pada 2019 lalu, sebelum fenomena belanja online dan pandemi covid-19 menghantam. Annie mengenang saking ramainya melayani pembeli, sampai-sampai ia tidak bisa duduk.

"Sampai berdiri terus dulu, tidak bisa duduk," katanya.

Keluhan sama juga disampaikan Soleh, pedagang lain.

"Sekarang sudah kaya gini, sudah sepi banget. Pemasukan tak menentu. Kadang ada, kadang tak ada sama sekali," keluh.

Lihat Juga :
Staf Sri Mulyani Jawab Isu APBN Digadaikan ke China: Itu Pikiran Jorok

Ia mengaku pada 2019 bisa mengantongi puluhan juta per hari. Namun, saat ini ia pernah mengalami hanya mendapat satu pembeli dalam satu hari.

Menurutnya, masalah yang dialami pedagang Pasar Tanah Abang tak lepas dari kemunculan TikTok Shop.

TikTok Shop merupakan platform social e-commerce yang memungkinkan penjual untuk menawarkan produknya ke pengguna secara langsung. Penjual maupun kreator dapat menjual produknya melalui in-feed videos, LIVEs, dan tab katalog produk.

"Dulu sebelum TikTok ada, tokonya masih ada, Lazada, Shopee itu tidak pengaruh ke pasaran. Sekarang sudah ada TikTok hadir (jadi sepi)," Jelas Soleh.

Lihat Juga :
Luhut Soal Desakan Cabut PSN Rempang: Jangan Lumbung Padi Dibakar
(mrh/agt)

Garuda, Lion Air Group Hingga Susi Air Punya Utang Rp1,5 T ke AirNav******

AirNav menyebut sejumlah maskapai, mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, Susi Air, Sriwijaya Air memiliki utang Rp1,5 triliun ke mereka.
AirNav menyebut sejumlah maskapai, mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, Susi Air, Sriwijaya Air memiliki utang Rp1,5 triliun ke mereka. (Detikcom/Ristu Hanafi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama AirNavIndonesia Polana Banguningsih Pramesti membongkar sederet nama maskapaipenerbangan dalam negeri dan asing yang menumpuk utangdengan total Rp1,5 triliun ke negara.

Dalam bahan paparan Polana di rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI diketahui utang para maskapai kepada AirNav sebesar Rp1,52 triliun terjadi sampai pada kuartal II 2023.

Jumlah piutang AirNav terus meningkat dari semula hanya Rp819 miliar pada 2018 lalu. Utang itu menjadi sorotan DPR.

Ia menyimpulkan pandangan anggota dewan yang mayoritas mencecar AirNav Indonesia soal tumpukan piutang tersebut. Ia karena itu mendesak AirNav buka-bukaan soal tumpukan utang maskapai tersebut.

"Banyak mengerucut terkait piutang, tolong ditampilkan pihak-pihak yang punya kewajibannya itu mana saja? Nanti mungkin pada kesempatan lain kalau Komisi XI merasa perlu kita bisa mengundang para pihak tersebut karena akumulasinya sudah mencapai Rp1,52 triliun yang diawali Rp819 miliar di 2018. Terus menerus tidak tertagih malah nambah terus," katanya saat mendesak Dirut AirNav Polana buka suara.

Usai dicecar anggota DPR , Polana akhirnya buka suara. Ia menyebut utang tersebut 76 persen di antaranya dilakukan oleh maskapai penerbangan domestik. Utang karena pandemi covid-19.

"Perusahaannya ada lumayan banyak. Dari flag carrierkita ada Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group itu ada Lion, Batik, Wings juga masuk ada piutang. Hampir semua airlines sih," katanya dalam RDP tersebut di Jakarta Pusat, Senin (18/9).

"Air Asia, Sriwijaya Air, Super Air Jet, sama Susi (Air)," sambung Polana.

Sementara itu, 24 persen maskapai pengutang lainnya datang dari asing. Namun, Polana mengatakan rata-rata airlines tersebut sudah tidak beroperasi.

Akan tetapi, ia yakin utang-utang tersebut masih bisa ditagih. Polana mengklaim AirNav juga terus menagih utang-utang tersebut kepada para maskapai terkait.

"Yang asing sudah setop operasi rata-rata, misalnya Indonesia AirAsia Extra, Sky Aviation, Tiger, Orient Thai Airlines. Mungkin Bapak sudah tidak pernah dengar, Airborne Indonesia, Air Cargo Global, Peruvian Airlines. Ada 16 maskapai (asing)," rinci Polana.

Polana mengatakan utang-utang tersebut muncul dari penggunaan alat atau fasilitas AirNav Indonesia oleh para maskapai terkait.

Ia menyebut skema penagihan yang dilakukan adalah pemberian term of payment dengan batas waktu 14 hari kalender sejak diterima tagihan. Jika tak kunjung dibayar, AirNav Indonesia akan menyurati pihak maskapai maksimal 3 kali surat tertulis.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Drama Musikal Gemilang Transportasi Indonesia Meriahkan Hub Fest 2023******

Drama musikal bertajuk Gemilang Transportasi Indonesia sukses memeriahkan panggung Hub Fest 2023.
Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (17/9). (CNN Indonesia/Farras Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Drama musikal bertajuk Gemilang Transportasi Indonesia sukses memeriahkan panggung Hub Fest sebagai bagian dari perayaan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (17/9).

Tampil dengan medley beberapa lagu pop dan daerah dari seluruh Indonesia, penampilan yang dibawakan oleh para ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut sukses mengajak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjoget mengikuti musik.

Nampak saat lagu koplo Rungkad dibawakan, Budi terlihat ikut berdiri untuk bergoyang mengikuti irama lagu asal Jawa Barat yang dipopulerkan oleh Happy Asmara tersebut.

Set musikal ini dibuka dengan lirih lewat lagu Tanah Airku, bersamaan dengan spoken words yang membicarakan soal terbentang luasnya wilayah Indonesia.

"Indonesia adalah negara kepulauan yang luasnya terbentang dari ujung Sumatera hingga ke Papua," ujar pembaca puisi membuka set musikal tersebut.

Setelahnya, para penari masuk ke agas panggung untuk membawakan beragam tarian tradisional dari berbagai daerah Indonesia, diiringi oleh lagu Zamrud Khatulistiwa.

Di balik para penari latar, satu persatu vokalis utama dari DWP Kemenhub terlihat saling bergantian untuk menyanyikan bait demi bait lagu yang dipopulerkan mendiang Chrisye tersebut.

Lihat Juga :
Pertunjukan Marching Band Kemenhub Buka Puncak Perayaan Harhubnas 2023

Energi para penonton pun semakin tergugah ketika aransemen musik mulai meningkat, seiring dengan lagu Sheila on 7 Melompat Lebih Tinggi yang dinyanyikan.

Puncak penampilan musikal ini hadir ketika deretan medley lagu bertempo tinggi dibawakan. Dimulai dengan Rungkad, para penari berpakaian tradisional mendadak berdiri di area tribun penonton untuk mengajak seluruh pengunjung bergoyang.

Setelah Rungkad, lagu-lagu daerah seperti Kicir-kicir, Sinanggar Tulo, hingga Goyang Maumere dimainkan untuk sukses menggoyang pengunjung.

Sebelumnya, pertunjukan marching band dan brass band dari Kementerian Perhubungan resmi membuka puncak perayaan Hari Perhubungan Nasional 2023 yang kali ini diadakan di Istora Senayan.

Dalam perhelatan bertajuk Hub Fest dengan tema Melaju untuk Transportasi Maju tersebut, terdapat juga beragam aktivasi dan panggung hiburan yang meramaikan peringatan Hari Perhubungan Nasional 2023.

Selanjutnya, pertunjukan di area Indoor akan menghadirkan pertunjukan paduan suara dan tari tradisional dari DWP Kemenhub melalui koreografi yang dipimpin langsung oleh Ari Tulang.

Usai penampilan tersebut, akan terdapat sambutan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengiringi pemberian hadiah bagi pemenang Kegiatan Olahraga Kemenhub.

Di puncak acara, grup musik asal Bandung GIGI akan menjadi penampil pamungkas untuk menutup rangkaian Hub Fest Harhubnas 2023.

(far/mik)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:rtp live rog777

Perbarui waktu:2024-07-09

Daftar bab terbaru
slot asia online
yakinqq
kokototo
234slot
qq724
dinastipoker
daftar situs slot resmi
91 di erek erek
seribu mimpi 37
Daftar isi semua bab
Bab 1 bocoran slot gacor
Bab 2 setiatoto
Bab 3 cara meminjam uang di akulaku
Bab 4 erek erek 2d 46
Bab 5 gacor slot jp
Bab 6 situs poker terpercaya download
Bab 7 nama nama link slot gacor
Bab 8 cara pinjol akulaku
Bab 9 cara kredit tokopedia
Bab 10 slot gacor x500
Bab 11 buku ramalan mimpi togel bergambar
Bab 12 wifitoto
Bab 13 slot gacor gampang
Bab 14 situs judi gampang menang
Bab 15 kilat77 slot
Bab 16 shopee cicilan hp
Bab 17 pinjol legal tenor 30 hari
Bab 18 pondok777
Bab 19 game slot tergacor hari ini
Bab 20 situs gacor maxwin hari ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5635bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Naga Akhir

info bo slot gacor hari ini
Jasamarga Tollroad membenarkan upaya penipuan berupa QR Code yang mengiming-imingi saldo e-toll Rp500 ribu. Mereka minta masyarakat waspada.
Jasamarga Tollroad membenarkan upaya penipuan berupa QR Code yang mengiming-imingi saldo e-toll Rp500 ribu. Mereka minta masyarakat waspada. Ilustrasi. ( iStockphoto/Thatphichai Yodsri).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jasamarga Tollroad Operator buka suara soal viral tindak penipuan berupa QR codeyang mengiming-imingi saldo e-tollRp500 ribu.

JMTO membenarkan upaya tindakan penipuan tersebut. Mereka mengatakan penipuan dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

Mereka mengatakan modus penipuan tersebut adalah menempelkan secarik kertas berisi barcode di gerbang tol otomatis (GTO) sepanjang ruas tol yang dioperasikan JMTO.

"Berdasarkan tindak lanjut laporan dari area, pihak manajemen PT Jasamarga Tollroad Operator menegaskan bahwa hal tersebut merupakan upaya tindakan yang tidak bertanggung jawab," klarifikasi JMTO di Instagram @jasamargatollroadoperator, dikutip Selasa (19/9).

"Atas nama PT Jasamarga Tollroad Operator, kami memohon maaf kepada seluruh pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat tindakan tersebut," sambung mereka.

JMTO lantas mengimbau seluruh pengguna jalan tol agar tetap waspada terhadap modus penipuan apapun.

Sementara itu, berdasarkan foto-foto viral di media sosial, secarik kertas penipuan tersebut tampak berisi iming-iming saldo e-toll gratis Rp500 ribu.

"Mau e-toll Rp500 ribu? Buruan scan," tulis seruan di kertas tersebut, lengkap dengan QR code yang cukup besar.

CNNIndonesia.commencoba memindai QR code tersebut. Tapi kemudian, diarahkan ke sebuah situs customer service. Namun, situs tersebut sudah tidak bisa diakses dan bertuliskan 'Error 404'.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Bunga bertebaran di seluruh wajah dengan senyuman

kominfo pinjol
Di gelaran Full Day Sale September Ceria hari ini, buah naga merah murah banget mulai dari Rp1.400 per 100 gram. Cek diskonnya di sini.
Ilustrasi. Di gelaran Full Day Sale September Ceria hari ini, buah naga merah murah banget mulai dari Rp1.400 per 100 gram. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Jakarta, CNN Indonesia--

Para penggemar buah naga merah merapat, ada diskon besar-besaran dari Transmart nih di pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale: September Ceria.

Buah naga merah mulai dari Rp1.400 per 100 gram aja. Promo ini berlaku di Transmart Pontianak.

Lihat Juga :
Siap-siap, Kejutan Transmart Full Day Sale Hadir Lagi Hari Ini!

Tapi, promo diskonnya cuma berlaku hari ini, Selasa (19/9) aja ya! Mulai dari jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di masing-masing gerai Transmart se-Indonesia.

Nah, biar enggak kehabisan, yuk buruan ke gerai Transmart terdekat di kotamu dan buru diskon Buah Naga Merah-nya. Mumpung diskon nih!

Selain diskon ini, ada juga tambahan diskon sebesar 20 persen untuk pengguna metode pembayaran menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Berikut daftar harga Buah Naga Merah di masing-masing gerai Transmart se-Indonesia.

1. Buah Naga Merah Rp1.400 per 100 gram berlaku di Pontianak.

2. Buah Naga Merah Rp2.040 per 100 gram berlaku di Jawa Timur, Mataram, dan Palu.

3. Buah Naga Merah Rp2.120 per 100 gram berlaku di Makassar.

4. Buah Naga Merah Rp2.288 per 100 gram berlaku di Jawa Tengah.

5. Buah Naga Merah Rp2.392 per 100 gram berlaku di Manado dan Medan.

6. Buah Naga Merah Rp2.632 per 100 gram berlaku di Jambi, Palembang, dan Balikpapan.

7. Buah Naga Merah Rp2.792 per 100 gram berlaku di Jabodetabek dan Padang.

8. Buah Naga Merah Rp2.952 per 100 gram berlaku di Bandung, Karawang, dan Lampung.

9. Buah Naga Merah Rp3.080 per 100 gram berlaku di Pangkal Pinang dan Pekanbaru.

10. Buah Naga Merah Rp3.360 per 100 gram berlaku di Denpasar.

11. Buah Naga Merah Rp4.552 per 100 gram berlaku di Kupang.

Tunggu apalagi? Yuk segera ke Transmart Full Day Sale: September Ceria! Cuma hari ini aja loh ya!

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Setan cinta tidak terkalahkan

live slot365
IHSG diprediksi tertekan usai tembus di level 7.000 pada Rabu (20/9) sore. Pergerakan IHSG hari ini akan dipengaruhi tingkat suku bunga BI.
IHSG diprediksi tertekan usai tembus di level 7.000 pada Rabu (20/9) sore. Pergerakan IHSG hari ini akan dipengaruhi tingkat suku bunga BI. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi tertekan pada perdagangan Kamis (21/9).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mewanti-wanti potensi koreksi wajar usai IHSG tembus ke atas level 7.000 kemarin. Jika benar terjadi koreksi, investor tetap bisa melakukan akumulasi pembelian saham.

"Sentimen tingkat suku bunga hari ini menjadi salah satu faktor yang akan berpengaruh terhadap pola gerak IHSG hingga beberapa waktu mendatang. Hari ini IHSG berpotensi tertekan," jelas William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan JSMR, WIKA, ADHI, PTPP, PWON, DMAS, SMRA, BBCA, dan BBNI.

Sementara itu, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto melihat indeks saham bakal mencoba membentuk tren baru. Ia memprediksi IHSG bergerak di level support 6.900 dan resistance 7.077.



"Dengan berhasilnya level 7.000 ditembus, maka kita sudah bisa mengatakan IHSG memulai uptrend. Pasar sekarang sedang mengantisipasi Fed Fund Rate," ungkapnya.

IHSG merangsek ke posisi 7.011 pada perdagangan Rabu (20/9). Indeks saham menguat 31,35 poin atau plus 0,45 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp14,03 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,07 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Saya Vardy

gelang 2d togel
Holding Pangan ID FOOD meminta penyertaan modal negara Rp832 miliar untuk revitalisasi pabrik gula dan membangun cold storage.
Holding Pangan ID FOOD meminta penyertaan modal negara Rp832 miliar untuk revitalisasi pabrik gula dan membangun cold storage.
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau Holding Pangan ID FOOD meminta penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp832 miliar. Modal tambahan ini akan digunakan untuk revitalisasi pabrik gula dan membangun pendingin (cold storage).

"Penyertaan modal negara kepada ID FOOD sebesar Rp832 miliar, esensinya akan berguna untuk ketahanan pangan nasional," kata Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (20/9).

Frans menjelaskan dua tujuan utama dalam pendirian ID FOOD adalah memperkuat ekosistem pangan nasional dan mendukung ketahanan pangan nasional.

Pengajuan PMN sebesar Rp832 miliar tersebut akan digunakan untuk membangun cold storagekapasitas 5.000 ton untuk memperpanjang umur simpan cadangan pangan dan daging unggas.

"Dalam Ratas Integrasi BUMN bidang pangan pada 6 Februari 2023, Presiden Joko Widodo meminta BUMN pangan melakukan investasi yang bersifat memperpanjang umur simpan komoditas cadangan pangan seperti cold storage," jelasnya.

Frans menyebut pembangunan cold storagedengan nilai modal kerja sebesar Rp98 miliar dan investasi sebesar Rp103 miliar tersebut bisa bernilai Rp1,48 triliun dengan memperhitungkan dampak efisiensi food loss, dampak ekonomi dan peternak ayam, perluasan tenaga kerja hingga efisiensi biaya sewa.

Lihat Juga :
Profil Sofiah Balfas, Direktur Bukaka Tersangka Baru Korupsi Tol MBZ

Selain itu, ID FOOD sebagai produsen gula juga perlu memperkuat sarana produksi gula dengan melakukan revitalisasi pabrik gula di Jawa Timur dengan nilai investasi sebesar Rp406 miliar dan modal kerja Rp225 miliar.

Dalam paparannya, Frans juga mengusulkan tambahan modal sebesar Rp631 miliar untuk melakukan revitalisasi pabrik gula. Ada empat pabrik gula yang bakal direvitalisasi. Empat pabrik tersebut dikelola PG Rajawali I dan PG Candi Baru, yang merupakan anak usaha ID FOOD.

"Saat ini ID FOOD dalam proses perbaikan fundamental bisnis dan restrukturisasi, sehingga ID FOOD punya keterbatasan pendanaan dalam rangka infrastruktur CPP dan mendukung target swasembada gula sesuai Perpres 40 tahun 2023," lanjut dia.

Frans yakin revitalisasi pabrik gula akan membawa dampak sosial ekonomi seperti peningkatan jumlah petani mitra tebu, penambahan areal tebu dan kepastian off taker tebu sebanyak 900 ribu ton dengan estimasi nilai mencapai Rp2,7 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Kemegahan Netheril

manfaat aplikasi akulaku
PT Bukaka Teknik Utama Tbk akhirnya bersuara soal penetapan Direktur Operasional Sofiah Balfas sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek Tol MBZ.
Direktur Operasional PT Bukaka Teknik Utama Sofiah Balfas menjadi tersangka kasus dugaan korupsi proyek Tol Jakarta Cikampek II (Japek) Elevated alias Tol MBZ. (CNNIndonesia/Taufiq Hidayatullah).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Bukaka Teknik Utama Tbk akhirnya bersuara soal penetapan sang Direktur Operasional Sofiah Balfas sebagai tersangka kasus dugaan korupsiproyek Tol Jakarta Cikampek II (Japek) Elevated alias Tol MBZ.

Direktur Utama Bukaka Irsal Kamarudin mengatakan pihaknya menghormati proses hukum yang berlaku atas penetapan status tersangka tersebut.

"Perseroan menyatakan akan tetap menghormati proses hukum yang sedang berjalan dengan mengedepankan prinsip praduga tak bersalah sesuai kaidah hukum yang berlaku," kata Irsal dalam keterangan resmi, Kamis (20/9).

"Perseroan memastikan bahwa perkara yang sedang berjalan tersebut tidak berdampak secara materiil dan signifikan terhadap kelangsungan usaha perseroan, kondisi keuangan perseroan, serta tidak menghambat proses bisnis yang sedang dilaksanakan perseroan," tutupnya.

Kejaksaan Agung menetapkan Sofiah Balfas sebagai tersangka pada Selasa (19/9). Ia menyusul 3 tersangka lainnya, yakni Djoko Dwijono (DD) selaku Dirut PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) periode 2016-2020, YM selaku Ketua Panitia Lelang JJC, TBS selaku tenaga ahli Jembatan PTLGC, dan Ibnu Noval (IBN) sebagai pensiunan BUMN yang pernah menjabat Kepala Divisi 5 PT Waskita Karya (persero) Tbk.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi menyebut penyidik menemukan bukti dugaan tersangka menggunakan perannya untuk melakukan pemufakatan jahat, yakni mengatur dan mengubah spesifikasi barang terkait proyek Tol MBZ tersebut.

Kasus ini merupakan dugaan tindak pidana korupsi pada pekerjaan Tol MBZ ruas Cikunir-Karawang Barat, termasuk on/offramp pada Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat. Nilai kontrak proyek ini mencapai Rp13,5 triliun.

Di lain sisi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut merespons penetapan tersangka dalam proyek dugaan korupsi Tol MBZ. Menurutnya, ini adalah bukti dari bersih-bersih.

"Ya bagus kan kalau memang bersih-bersih BUMN ini terbukti bahwa banyak pihak yang memang korup atau oknum itu bisa diselesaikan dari hasil kerja sama kita dan Kejaksaan," katanya di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Jiehou tidak untuk dijual

pinjaman bank online tanpa agunan
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 6.936 pada Senin (18/9). Indeks saham turun 46,70 poin atau minus 0,67 persen dari perdagangan sebelumnya.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 6.936 pada Senin (18/9). Indeks saham turun 46,70 poin atau minus 0,67 persen dari perdagangan sebelumnya. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) 6.936 pada Senin (18/9). Indeks saham turun 46,70 poin atau minus 0,67 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,95 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,06 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 184 saham menguat, 350 terkoreksi, dan 217 lainnya stagnan. Terpantau sepuluh dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor cyclical yang ambruk 2,32 persen.

Sama, bursa saham Eropa dominan loyo. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,04 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,66 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 0,39 persen.

Tak jauh beda, bursa Amerika kompak ditutup merah. Indeks S&P 500 anjlok 1,22 persen, indeks NYSE turun 0,72 persen, dan indeks NASDAQ Composite amblas 1,56 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)