petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

trik main gate of olympus

pinjaman yang tidak terdaftar di ojk 20Jutaan kata 552482Orang-orang telah membaca serialisasi

《trik main gate of olympus》

Beras di Sejumlah Ritel Jaksel Kosong, Konsumen Mengeluh Langka******

Stok beras di sejumlah toko ritel Jakarta Selatan (Jaksel) mengalami kelangkaan sejak 3-7 hari lalu.
Stok beras di sejumlah toko ritel Jakarta Selatan (Jaksel) mengalami kelangkaan sejak 3-7 hari lalu. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Stok beras di sejumlah tokoritelJakarta Selatan (Jaksel) mengalami kelangkaan sejak 3-7 hari lalu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Alfamart Kemang, tidak terlihat beras putih di rak, melainkan hanya beras merah.

Karyawan Alfamart Kemang, Yudha, menyebut kelangkaan beras terjadi dalam sepekan ini. Namun untuk Alfamart Kemang sudah tidak menerima suplai beras dari gudang sejak 13 Februari.

Yudha menyebut biasanya stok beras melimpah terutama mendekati Ramadan, tetapi kini malah sebaliknya.

Padahal, dalam sebulan terakhir, Alfamart Kemang sudah membatasi pembelian beras maksimal satu karung isi 5 kilogram per konsumen.

Namun demikian, sejauh ini Yudha mengatakan tidak ada kenaikan harga. Beras ramos super 5 kilogram dan beras setra pulen 5 kilogram misalnya masih dengan harga Rp69.500.

"Kalau harga enggak naik sih ya. Cuma langka saja, ini banyak konsumen yang nanya terus," ujarnya.

Lihat Juga :
Harga Beras Premium Masih Tinggi, Sentuh Rp30 Ribu per Kg di Sampit

Kondisi serupa juga terjadi di Alfamidi Kemang Timur. Persediaan beras yang dijual mengalami kondisi kelangkaan dalam sepekan terakhir.

"Sudah sejak semingguan ini sih langka. Pasti sih biasanya ada 16 beras yang 5 kilogram itu seharian bisa langsung habis. Sekarang enggak ada sama sekali," kata salah satu karyawan, Apri.

April menduga kondisi kelangkaan beras terjadi lantaran mendekati bulan puasa dan Idul Fitri.

"Setiap mau lebaran biasanya beras kosong semua. Tapi kalau hari ini kosong, sejak kemarin sampai sekarang belum ada stok lagi," ujarnya.

Lihat Juga :
Jokowi Jamin Stok Beras Aman Saat Ramadan di Tengah Lonjakan Harga

Indomaret Kemang Timur Raya juga mengalami kondisi serupa. Salah seorang karyawan, Tego, mengatakan sudah dalam sepekan ini persediaan beras yang dijual mengalami kekosongan.

Gudang Indomaret menurutnya sempat mengirimkan stok beras pada empat hari lalu, tetapi pada hari yang sama langsung diserbu konsumen.

"Ada sih cuma merek Indomaret yang kemarin datang, tapi sekarang sudah kosong lagi," ujar Tego.

Terlihat, kekosongan beras juga terjadi di Indomaret Kemang Selatan 8. Kendati tidak ada kenaikan harga beras, tetapi persediaan beras sudah semakin langka.

Lihat Juga :
Sederet Fasilitas dan Tunjangan untuk Komeng Jika Jadi Anggota DPD

Lia Ramadhanti, karyawan yang bertugas, mengatakan per Sabtu (17/2) pagi tadi masih ada dua karung beras dengan isi 5 kilogram, tetapi langsung diserbu konsumen.

Lia pun tidak tahu menahu kapan mereka akan kembali disuplai beras dari gudang. Biasanya, berang baru datang dua hingga tiga hari sekali.

"Tapi saya belum tahu ya yang beras ini kapan. Jadi memang lagi langka di Indomaret tapi harga tidak naik kok ya," ujarnya.

Pengunjung Keluhkan Beras Langka

Siti Haryati (45) mengaku sudah berkeliling ke dua toko ritel di dekat rumahnya, tetapi stok beras habis.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Rayakan Valentine Lihat Pohon Jodoh di Kebun Raya Bogor

Biasanya ia membeli beras setra pulen 5 kilogram di Alfamart setiap 5-6 hari sekali dengan harga Rp69.500 per kg.

"Habis semua, padahal kemarin saya juga udah ke sini (Alfamart Kemang), juga habis mulu," kara Sri.

Sri mengaku bakal 'bergerilya' ke toko ritel lain untuk mencari persediaan beras. Ia mengaku sudah langganan beras Alfamart 5 kilogram. Kini, ia pun harus pikir panjang apabila membeli beras premium di pasar yang menurutnya dibanderol Rp16 ribu per kilogramnya.

"Kalau sudah mepet enggak dapat, nanti saya suruh bapak beli ke pasar deh, mau gimana lagi," ujarnya.

Senada, Alda (21) juga kesulitan mencari persediaan beras. Mahasiswi tingkat akhir itu biasanya membeli beras premium Larisst 2,5 kilogram di Indomaret, tetapi kali ini ia kecele karena stok beras habis.

"Saya baru kali ini sih beli beras lagi, sudah lama enggak beli, tapi pada kosong semua," ujar Alda.

Alda menyebut biasanya ia merogoh kocek sekitar Rp34 ribu per kg untuk membeli beras premium di toko ritel. Ia pun tak menutup kemungkinan akan mencoba mencari beras di pasar.

"Nanti mungkin kalau sempat ke pasar," ujar Alda.

[Gambas:Video CNN]



(khr/sfr)

Cek Deretan Elektronik yang Diskon di Transmart Full Day Sale Hari Ini******

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2) dengan diskon buat produk elektronik. Cek daftarnya!
Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2) dengan diskon buat produk elektronik. Cek daftarnya! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (3/2) dan Minggu (4/2) dengan diskon buat berbagai produk terpilih, seperti elektronik.

Di pesta diskon ini, kamu bisa pilih deretan produk elektronik impian, seperti LED TV, AC, sampai kulkas dengan diskon fantastis di Transmart!

Lihat Juga :
Merapat ke Transmart, Masih Ada Waktu buat Serbu Diskonnya
  • LED TV 50" UHD Smart harga sale mulai Rp4.799.200 dari harga normal Rp6.969.000 per unit. Diskonnya Rp2.169.800.
  • LED TV 65" UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit. Diskonnya sampai Rp4.009.800.
  • AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.699.200 dari harga normal Rp4.199.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi standar. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya Rp1.499.800.
  • AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.799.200 dari harga normal Rp3.899.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi standar. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp2.099.800.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp3.249.800.
  • Kulkas SBS 472L harga sale Rp9.239.200 dari harga normal Rp12.649.000 per unit. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp3.409.800.

Gede-gede banget kan diskonnya? Anda bisa mendapatkan penawaran harga spesial untuk pembelian barang elektronik menggunakan Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa download Allo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store.

Setelah itu upgradeakunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale. Bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya, Transmart Full Day Sale berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Survei BI: Penjualan Eceran Tetap Kuat pada Januari 2024******

Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) Januari 2024 tumbuh 3,7 persen (yoy) mencapai 216,0.
Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) Januari 2024 tumbuh 3,7 persen (yoy) mencapai 216,0. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bank Indonesia (BI) mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) Januari 2024 tumbuh 3,7 persen (yoy) mencapai 216,0. Dengan begitu, kinerja penjualan eceranJanuari diperkirakan meningkat.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menuturkan peningkatan pertumbuhan penjualan terjadi pada mayoritas kelompok, terutama kelompok barang lainnya.

Ini khususnya pada subkelompok sandang, kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

"Sejalan dengan normalisasi permintaan masyarakat setelah periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan libur tahun baru serta faktor cuaca," sambung Erwin melalui keterangan resmi, Jumat (16/2).

Menurutnya, penurunan terutama terjadi pada kelompok bahan bakar kendaraan bermotor. Penurunan juga diikuti subkelompok sandang, kelompok barang budaya dan rekreasi, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

BI mencatat IPR tumbuh 0,2 persen yoy mencapai 218,1 pada Desember 2023 lalu. Kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh pertumbuhan penjualan pada kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, perlengkapan rumah tangga lainnya, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

Secara bulanan, penjualan eceran tercatat tumbuh 4,9 persen (mtm), sejalan dengan peningkatan permintaan pada periode HBKN dan libur tahun baru, serta strategi potongan harga dari pedagang eceran.

"Peningkatan terjadi pada mayoritas kelompok, terutama subkelompok sandang, kelompok barang budaya dan rekreasi, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau," imbuh Erwin.

Dari sisi harga, Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Maret 2024 tercatat sebesar 137,2. Angka ini meningkat dari 129,3 pada Februari 2024.

Peningkatan didorong oleh ekspektasi kenaikan harga pada bulan Ramadan. Sementara itu, IEH Juni 2024 tercatat sebesar 125,8.

Angka itu lebih rendah dari indeks pada Mei 2024 yang sebesar 132,4 karena kelancaran distribusi dan ketersediaan pasokan yang dipandang mendukung pembentukan harga lebih rendah.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)




bab terbaru:pinjaman ojk tenor panjang

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pelarian mimpi
pinjol yang terdaftar di kominfo
slot gacor bonus new member 100
maniaslots
slot dolar138
trik bermain judi
tafsir mimpi ikan gabus
maxwin zeus bet 200
qq7887
Daftar isi semua bab
Bab 1 bonazaslot
Bab 2 download aplikasi slot88
Bab 3 pao4d
Bab 4 situs game slot tergacor
Bab 5 game tergacor hari ini
Bab 6 ug808
Bab 7 erek erek 2d cincin
Bab 8 link rtp slot gacor xtra slot
Bab 9 rajaku4d
Bab 10 kredivo dan akulaku
Bab 11 slot online deposit 5000
Bab 12 aplikasi slot 4d
Bab 13 situs gacor maxwin hari ini
Bab 14 slot skywind terbaru
Bab 15 slot368
Bab 16 cara kredit hp di shopee dengan kredivo
Bab 17 seribu mimpi 53
Bab 18 situs link slot paling gacor
Bab 19 master lotre
Bab 20 togel sgp4d keluaran hari ini 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4262bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Thor yang marah

situs togel 88
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor beras Indonesia selama Januari 2024 mencapai US9,2 juta atau Rp4,3 triliun (kurs Rp15.624 per dolar AS).
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor beras Indonesia selama Januari 2024 mencapai US9,2 juta atau Rp4,3 triliun (kurs Rp15.624 per dolar AS). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor berasIndonesia selama Januari 2024 mencapai US9,2 juta atau Rp4,3 triliun (kurs Rp15.624 per dolar AS).

Nilai impor beras pada Januari 2024 naik 135,1 persen secara tahunan (yoy) dari US8,7 juta pada Januari 2023. Namun, turun 16,73 persen secara bulanan (mtm).

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan impor beras mayoritas berasal dari Thailand senilai US3 juta.

"Kemudian Pakistan senilai US,3 juta, dan yang ketiga dari Myanmar senilai US,98 juta," ujar Amalia dalam konferensi pers, Kamis (15/2).

Di lain sisi, saat ini kelangkaan beras tengah terjadi di ritel modern. Bahkan pedagang pasar tradisional ikut menjerit imbas harganya yang meroket.

Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengaku permasalahan ini terjadi lantaran masa panen yang mundur ke Maret 2024. Di lain sisi, beras impor pemerintah yang dikemas dalam bentuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) belum kunjung tiba.

Ia kemudian menyinggung soal stok beras di ritel dan pengaruh bantuan sosial (bansos) atau bantuan pangan yang digelontorkan pemerintah jelang Pemilu 2024.

"(Suplai) SPHP lancar, tetapi kemarin kan ada prioritas bansos (bantuan pangan). Jadi, kan beras SPHP (dari beras) impor, impornya belum masuk, tapi pemerintah harus tetap memberikan (bantuan pangan kepada) 22 juta masyarakat marjinal itu yang 10 kg. Selama Januari kemarin sudah terkirim hampir 850 ribu ton, jadi kondisinya utamakan itu (bantuan pangan) harus jalan dong," katanya di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta Timur, Senin (12/2).

Kini, Aprindo meminta jaminan dari Bulog untuk kelancaran suplai beras SPHP ke ritel-ritel modern. Harapannya, ini akan mengatasi kelangkaan beras premium di toko ritel dan menghindari panic buying.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Kaisar Iblis Abadi

rejekihoki
Kemendagri mengkritik pembatasan pembelian beras di ritel modern maksimal dua pack alias 10 kg per orang memicu orang menimbun.
Kemendagri mengkritik pembatasan pembelian beras di ritel modern maksimal dua pack alias 10 kg per orang memicu orang menimbun. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengkritik pembatasan pembelianberas di ritel modern maksimal dua pack alias 10 kg per orang memicu kelangkaan.

Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir menyebut kebijakan yang dianggap bisa meminimalisir panic buying itu malah membuat emak-emak panik sehingga menimbun beras. Pada akhirnya, terjadi kelangkaan di sejumlah toko ritel modern.

"Dengan dibatasi dua plastik (pack) itu, itu menimbulkan kepanikan," kata Tomsi dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, dikutip dari YouTube Kemendagri, Senin (19/2).

Kritik itu diungkap Tomsi usai mendengarkan penjelasan Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Cahyaningtiyas Rispinatri. Ia menilai apa yang disampaikan Bulog belum menjawab keluhan masyarakat.

Kemendagri ingin ada kejelasan target acuan kapan harga dan stok beras di pasar bisa terkendali.

Sementara itu, Bulog mengatakan pembatasan pembelian beras adalah kebijakan dari pengusaha ritel, yakni Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

"Terkait pembatasan pembelian di ritel modern kemarin, saya baru konfirmasi dengan teman-teman, jadi memang adanya pembatasan itu lebih ke kebijakan Aprindo, bukan dari Bulog," tegas Cahyaningtiyas alias Tiyas.

"Jadi, Bulog itu menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke ritel atas permintaan dari rekan-rekan penjual ritel modern. Mereka melakukan kebijakan pembatasan penjualan lebih untuk menghindari adanya panic buying, pemerataan stok," imbuhnya.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa ikut berkomentar. Ia menyebut sudah ada rakor dengan Aprindo untuk membahas isu kelangkaan beras di Indomaret dan Alfamart Cs.

Akan tetapi, Ketut membantah adanya kelangkaan beras seperti yang ramai dikeluhkan masyarakat.

"Kami melakukan rakor dengan ritel modern sebagaimana kemarin isu kelangkaan, padahal sebenarnya bukan langka, tapi pasokan tidak optimal. Oleh karena itu, dengan rakor kemarin sudah diambil langkah-langkah dan sedang berkembang pasokan ke ritel modern," tegas Ketut.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Saya orang suci

situs slot gampang menang 2022
Pasokan beras di Alfamart dan Indomaret kawasan Jakarta Barat terpantau habis total. Pegawai menyebut kekosongan terjadi sejak sebulan belakangan.
Pasokan beras di Alfamart dan Indomaret kawasan Jakarta Barat terpantau habis total. Pegawai menyebut kekosongan terjadi sejak sebulan belakangan. CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pasokan berasdi AlfamartdanIndomaretkawasan Jakarta Barat terpantau habis total.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.comdi Alfamart Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat tak ada beras-beras yang biasanya dijajakan di ritel modern tersebut. Ini dibenarkan oleh sang pegawai toko.

"Beras habis, sudah kosong lama, ada kali hampir sebulan," ucap penjaga toko bernama Nata, Selasa (13/2).

Nata menjelaskan bahwa sekalipun ada, pembelian beras di Alfamart dibatasi. Per orang hanya boleh memboyong 2 pack beras alias 10 kg.

"Di sini memang dibatasi untuk pembelian beras, cuma boleh beli 2 pack saja (10 kg). Memang langka dari sananya (gudang)," tuturnya.

"Ini pembeli banyak datang cari beras, tapi di sini lagi kosong. Semua beras yang premium itu, kosong," imbuh Nata.

Senada, Indomaret Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat juga kehabisan stok beras. Sang pegawai menyebut stok beras kosong tidak hanya di toko mereka, namun ritel modern lainnya di sekitar Kota Bambu, Jakarta Barat.

Adam selaku penjaga di toko tersebut mengatakan bahwa mereka masih sempat memiliki stok beras lima hari yang lalu. Dengan kata lain, beras terpajang di Indomaret tersebut pada Kamis (8/2), saat Libur Isra Mikraj.

"Beras kosong, sudah dari lima hari lalu. Gak ada masuk (beras) dari gudang. Kalau ada masuk, pasti kita pajang," tutur Adam.

Senada dengan pegawai Alfamart, Adam menuturkan memang ada pembatasan pembelian beras. Meski begitu, ia menegaskan itu aturan yang sudah diberlakukan sejak lama.

Tak hanya beras, pembeli juga dibatasi jika ingin membeli gula pasir.

"Kalau mau beli gula, masih ada di rak belakang. Ini dibatasi juga sama kayak beras, per orang cuma boleh 2 pack (1 pack gula ukuran 1 kg)," jelasnya.

Kelangkaan beras di toko ritel terjadi sejak seminggu lalu. Ini terjadi di tengah aksi Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) yang menuntut adanya kenaikan harga eceran tertinggi (HET) dan harga acuan lainnya bahan pokok, seperti beras, gula, dan minyak goreng.

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey menyampaikan perubahan HET perlu dilakukan agar peritel dapat terus menyediakan bahan pokok guna mencegah kekosongan atau kelangkaan di gerai-gerai ritel modern.

"Kami memerlukan sikap pemerintah dan pihak berwenang untuk merelaksasi pula aturan main HET yang ditetapkan sehingga peritel dapat terus membeli, menyediakan dan menjual kebutuhan pokok bagi masyarakat," desak Roy di Jakarta, Minggu (11/2).

Di lain sisi, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkap ada misteri di balik kelangkaan beras di toko ritel modern.

Ia mengklaim Bulog sudah menyuplai beras ke ritel modern pada Januari 2024-Februari 2024 lebih banyak 160 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Bayu menyebut penyaluran beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sampai ke ritel modern demi memudahkan masyarakat atau rumah tangga yang membutuhkan.

[Gambas:Video CNN]

"Banyak sekali informasi yang datang ke kami, kita taruh 1 ton, itu kan 1.000 kg. Kalau 5 kg (satu pack) berarti ada 200 sak, masa hanya dalam setengah jam habis terjual?" ungkap Bayu keheranan saat mengecek stok beras SPHP di Ramayana Klender, Jakarta Timur, Senin (12/2).

Ia menduga ludesnya pasokan beras itu bukan dibeli oleh konsumen rumah tangga. Bayu mengatakan kalau misteri itu tak segera diungkap, Bulog akan berat dalam menjalankan tugasnya.

"Jadi, kalau Bulog terus begini kan berat, kalau terus menerus yang dihadapi bukan rumah tangga sebenarnya. Jadi, orang yang beli satu sak, 5 kg, itu (seharusnya) bisa sampai dua minggu," imbuhnya.

(skt/agt)

Sistem ahli nujum

situs warung slot
Irjen Kemendagri Tomsi Tohir bersuara keras soal kenaikan harga bahan pokok karena setiap Senin pemerintah rapat, tapi masalah itu tak bisa segera diatasi.
Irjen Kemendagri Tomsi Tohir bersuara keras soal kenaikan harga bahan pokok karena setiap Senin pemerintah rapat, tapi masalah itu tak bisa segera diatasi. (CNN Indonesia /Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersuara keras soal kenaikan harga sejumlah bahan pokok, mulai dariberas, jagung, hingga bawang putih.

Suara keras mereka sampaikan karena pemerintah pusat dan pemerintah daerah rutin menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual setiap Senin. Rapat virtual yang dipimpin Kemendagri ini menghadirkan sejumlah stakeholderterkait, termasuk Badan Pusat Statistik (BPS).

Biasanya, rakor dipimpin langsung Mendagri Muhammad Tito Karnavian. Kali ini, Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir yang memimpin rapat, mewakili Mendagri Tito.

Lihat Juga :
Pakar Asing Soroti Nasib Ekonomi RI Jika Prabowo Jadi Presiden

"Teman-teman dari kementerian/lembaga (K/L) tidak perlu beradu data, datanya kan mirip-mirip saja. Sekarang, bagaimana jalan keluarnya? Kalau kita berteori terus, sementara di luar harga naik terus, kemudian setiap Senin kita rapat gak ada perubahan, ya gak ada artinya gitu loh!" tegasnya kepada para peserta rakor.

Tomsi menegaskan seharusnya rakor rutin ini menghasilkan suatu keputusan yang sama-sama diamini oleh seluruh stakeholderterkait. Ada dua output yang diharapkan Kemendagri.

Pertama,hasil rakor bisa disampaikan kepada masing-masing pimpinan K/L. Kedua, hasil kesepakatan rakor dilaksanakan di lapangan sehingga harga bahan pokok dan inflasi bisa dikendalikan.

"Ada hal-hal masukan dan saran dari peserta rapat tentu yang baik kita kembangkan untuk kita laksanakan. Harapan saya, kita fokus di situ, kalau slide panjang panjang panjang, selesai kita jam 11 siang. Tapi, di luar harga tetap naik, gak ada guna! Tolong dipilah-pilah datanya yang operasional, yang bisa kita laksanakan," tutup Tomsi.

Apa yang disampaikan Kemendagri tidak keliru. Sejumlah bahan pokok memang mengalami lonjakan harga belakangan ini, misalnya beras.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga beras di semua provinsi di Indonesia kompak naik. Baik kualitas bawah, medium, maupun beras super.

Misalnya, beras kualitas bawah I naik Rp200 atau 1,42 persen ke Rp14.250 per kg dan beras kualitas medium I meroket Rp200 alias 1,31 persen menjadi Rp15.500 per kg. Sedangkan beras kualitas super I kini dibanderol Rp16.850 per kg, ini naik Rp200 atau 1,2 persen.

Bahkan, di lapangan beras terpantau langka. Kelangkaan beras terjadi di sejumlah toko ritel modern menjelang pencoblosan Pemilu 2024 hingga sekarang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Ikan asin bercampur dalam industri hiburan

www maxwin slot
Perusahaan Darma Mangkuluhur Hutomo yang merupakan anak Tommy Soeharto akan menggelontorkan Rp1,2 triliun untuk membangun lapangan golf di Sentul.
Perusahaan Darma Mangkuluhur Hutomo yang merupakan anak Tommy Soeharto akan menggelontorkan Rp1,2 triliun untuk membangun lapangan golf di Sentul. (Tangkapan layar instagram @darmamh via detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan Darma Mangkuluhur Hutomo yang merupakan anak Tommy Soehartoakan menggelontorkan Rp1,2 triliun untuk membangun lapangan golfdi Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Darma Mangkuluhur Hutomo akan mewujudkan target tersebut melalui PT Intra GolfLink Resorts. Komisaris IGR itu melihat ada peningkatan pemain golf yang datang ke tiga lapangan mereka, yaitu Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung.

"Kami berkomitmen untuk menjaga dan menumbuhkan ekosistem lifestyle di olahraga golf ini agar bisnis IGR bisa sustain. Kami berani investasi dengan nilai yang besar demi meningkatkan kinerja di masa mendatang," ucap anak Tommy Soeharto itu dalam keterangan tertulis, Selasa (6/2).

Perusahaan juga mengutip data Persatuan Golf Indonesia (PGI) yang menyebut pemain golf di Indonesia meningkat usai pandemi covid-19. PGI mencatat ada peningkatan rata-rata sekitar 40 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Oleh karena itu, Darma dan IGR berani mengucurkan dana besar untuk membangun lapangan golf baru di Sentul, Bogor. Lapangan golf anyar itu akan berdiri di atas lahan seluas 70 hektare dan menggantikan Palm Hills Golf Bogor yang sudah beroperasi sejak 1993.

Ia menyebut lokasinya sekitar 9 kilometer dari Palm Hills Golf. IGR mengusung konsep 'Golf and Active Lifestyle Ecosystem', di mana akan dibangun juga 13 cluster residensial di atas lahan golf tersebut hingga 2027 mendatang.

Selain di Sentul, IGR bakal mengembangkan aset perusahaan di Bali. Mereka akan mendirikan boutique luxury hotel baru dan merevitalisasi hotel serta villa di sekitar New Kuta Golf Bali.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Perang Total Roma: Kekaisaran Dunia Lainnya

max slot vip 777
Pedagang menduga lonjakan harga beras belakangan ini dipicu oleh gelontoran bansos pangan jelang Pilpres 2024. Sementara Jokowi menyebut karena masalah panen.
Pedagang menduga lonjakan harga beras belakangan ini dipicu oleh gelontoran bansos pangan jelang Pilpres 2024. Sementara Jokowi menyebut karena masalah panen. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga beras di tanah air terus mengalami tren kenaikan belakangan ini. Bahkan, kenaikan harga beras ini jauh melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dan mencetak rekor baru.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPS), harga beras kualitas medium per Jumat (23/2) dipatok di Rp15.500-Rp15.650 per kg. Sementara beras kualitas super di kisaran Rp16.500-Rp17 ribu per kg.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan menyebut harga beras saat ini tembus rekor tertinggi hingga Rp18 ribu di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kualitas premium.

"Beras premium sendiri itu sudah di angka Rp18 ribu sampai Rp19 ribu per kilogramnya," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (22/2).

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

Menurutnya, pembagian bansos dalam momentum politik itu tentu menimbulkan tarik-menarik dengan stok beras di pasar. Ujungnya terjadi lonjakan harga, bahkan kelangkaan.

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.

"Fakta bahwa harga beras tinggi ini bukti pemerintah tidak serius menanganinya. Jelas bahwa tata niaga pangan kita ini mesti diperbaiki dan perlu ada perubahan agar tidak terjadi seperti ini terus-menerus," tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi  menyebut kenaikan harga beras terjadi karena harga gabah memang sudah tinggi di tingkat petani; di atas Rp7.000 per kg.

"Jadi kondisi harga gabah yang sudah sampai di atas Rp7.500 itu terjadi di hampir semua sentra produksi," ujar dia dalam media briefing di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa (13/2).

Bayu merinci harga gabah petani dan harga beras di sentra produksi yang dicatat Bulog per 12 Februari 2024. Di Indramayu, misalnya, harga gabah sebesar Rp7.350 per kg dan beras premiumnya Rp15.475, di Karawang gabahnya Rp7.150 per kg dan berasnya Rp14.333.

Kemudian, di Banyumas harga gabah Rp8.300 per kg dan beras Rp15 ribu per kg, di Sragen gabahnya Rp8.100 dan beras premiumnya Rp14.200 per kg. Di Ngawi harga gabah Rp8.200 per kg dan beras premiumnya Rp15.700 per kg.

[Gambas:Video CNN]

Selanjutnya, di Sidrap, Sulawesi Selatan harga gabahnya Rp7.900 per kg dan beras premiumnya Rp14.050 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga terjadi di seluruh negeri akibat harga gabah yang melonjak. Itu untuk kualitas gabah kering dan beras premium.

Jokowi juga pernah mengungkap alasan mengapa harga beras masih mahal di pasaran. Menurut dia, harga beras masih naik karena saat ini belum masuk masa panen raya.

"Ya belum panen raya. Kalau nanti produksinya melimpah pas panen raya, pasti harganya juga turun," ujarnya usai melakukan peninjauan di Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu silam.

Lihat Juga :
Sama-sama Kena El Nino, Kenapa Thailand Masih Bisa Ekspor Beras?
(del/agt)