petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara pinjam uang ke bri

slot wd 25rb 599Jutaan kata 173616Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara pinjam uang ke bri》

Harga Kripto Masih Loyo, BNB Longsor Paling Parah******

Harga kripto berkapitalisasi pasar terbesar masih melemah pada Selasa (13/2). BNB menurun paling dalam.
Harga kripto berkapitalisasi pasar terbesar masih melemah pada Selasa (13/2). BNB mengalami penurunan paling dalam. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto dengan kapitalisasi pasarterbesar masih melemah pada Selasa (13/2). BNB menurun paling dalam.

Mengutipcoinmarketcap,BNB jatuh 5,5 persen ke US2 per koin. Padahal di perdagangan sebelumnya, koin nomor empat ini selalu bertengger di atas 300 dolar AS per keping.

Bitcoin dihargai US.762 per keping imbas pelemahan tipis 0,1 persen. Tren sepekan, Si Raja Koin turun 4,9 persen.

XRP terperosok 1,1 persen ke USIHSG Perkasa 6.900 Disokong Sektor Teknologi******

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,29 persen ke 6.900 pada Senin (13/2) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,29 persen ke 6.900 pada Senin (13/2) sore. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.900 pada Senin (13/2). Indeks saham menguat 19,81 poin atau plus 0,29 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8.896 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23.374 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 258 saham menguat, 268 terkoreksi, dan 195 lainnya stagnan.

Nilai tukar rupiah pada pukul 15.10 WIB melemah 0,57 persen di level Rp15.219 per dolar AS.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Amerika kompak merah. Indeks S&P 500 menguat di 0,22 persen disusul indeks NYSE Composite plus 0,52 persen. Namun, indeks NASDAQ Composite justru melemah 0,61 persen.

Kemudian, bursa saham Asia mayoritas merah. Hanya indeks Nikkei 225 di Jepang tercatat minus 0,88 persen disusul index Kospi di Korea ikut melemah 0,69 persen. Tampak hanya indeks Hang Seng Composite di Hong Kong yang menguat 0,14 persen.

Sementara, bursa saham Eropa terpantau kompak merah. Indeks DAX di Jerman ambles 1,39 persen disusul indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,36 persen. Serupa, indeks CAC 40 di Prancis juga melemah dengan persentase 0,82 persen.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

[Gambas:Video CNN]
,36 per koin. Dalam sepekan, koin nomor 6 ini tercatat melemah 7 persen.

Cardano turut terjungkal 1,1 persen ke harga USPBB Imbau Tanya Gaji Terakhir ke Pelamar Kerja Dihapus******

UN Women mengimbau tindakan menanyakan gaji terakhir di kantor lama saat sedang melamar kerja di tempat baru dilarang karena menghambat pekerja perempuan.
UN Women mengimbau tindakan menanyakan gaji terakhir di kantor lama saat sedang melamar kerja di tempat baru dilarang karena menghambat pekerja perempuan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women) mengimbau tindakan menanyakan gaji terakhir di kantor lama saat sedang melamar kerja di tempat baru dilarang.

Pasalnya, tindakan yang sering terjadi itu bisa menghambat pekerja terutama perempuan mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi.

"Banyak perusahaan yang cenderung menanyakan gaji terakhir kandidat pekerja sebelum masuk ke perusahaan baru. Praktik itu harus dilarang karena ini membuat pelamar kerja perempuan tidak bisa bernegosiasi dengan baik" ujar UN Women Indonesia Representative Jamshed M Kazi dalam seminar Memperkuat Ekosistem untuk Pekerja Perempuan: Kebijakan Lingkungan Kerja yang Inklusif, Kamis (16/2).

Menurutnya, dalam melamar pekerjaan baru yang terpenting bukanlah gaji sebelumnya melainkan kompetensi dan tantangan yang akan dihadapi calon pekerja.

Ia juga menambahkan perusahaan juga sering memandang pekerja perempuan memiliki peran utama sebagai ibu rumah tangga dan dianggap bekerja hanya untuk hobi.

Sedangkan pekerja laki-laki dipandang sebagai penanggung jawab utama untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Ini pandangan yang harus dipatahkan. Kita tidak boleh berasumsi siapa yang menjadi kepala keluarga, bisa jadi pelamar itu adalah orang tua tunggal di rumah tangganya," ujar Jamshed.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan ada beberapa tantangan dalam meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia.

Pertama, tidak tersedianya tempat pengasuhan anak di lingkungan kerja maupun di sekitar rumah. Kalaupun ada harganya mahal sehingga masyarakat kelas menengah tidak mampu memenuhi biayanya.

"Ini membuat perempuan memutuskan berhenti bekerja terutama yang memiliki anak masih kecil," kata Agus.

Kedua, perempuan sulit memprioritaskan pekerjaan karena juga mendapat ekspektasi untuk berperan sebagai ibu rumah tangga. Ketiga, kurangnya kebijakan inklusif yang bisa meningkatkan partisipasi perempuan dalam ekosistem angkatan kerja.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr),35 per keping. Sementara, Polygon amblas 3 persen ke harga US,18 persen per koin.

Tether, USD Coin dan Binance USD masih setia sebagai koin berharga US. Trio satu dolar AS ini berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Dogecoin menjadi satu-satunya top 10 kripto yang menguat. Si Koin Meme ini dihargai USProdusen Mobil Listrik Vietnam Akan Produksi di AS di Tengah Isu PHK******

Produsen mobil listrik Vietnam, VinFast, tetap akan memulai produksi di AS pada 2024 meski harus melakukan PHK di Amerika Utara.
Produsen mobil listrik Vietnam, VinFast, tetap akan memulai produksi di AS pada 2024 meski harus melakukan PHK di Amerika Utara. (Manan VATSYAYANA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast, tetap akan memulai produksi di Amerika Serikat (AS) pada 2024 mendatang meski harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) di Amerika Utara.

CEO VinFast Le Thi Thu Thuy mengatakan PHK tidak akan mempengaruhi jadwal yang direncanakan untuk memulai produksi di pabrik pertama mereka di Amerika Utara. Dalam keterangan perusahaan, kapasitas produksi tahunan pabrik tersebut mencapai 150 ribu kendaraan listrik.

"Kami sedang dalam tahap akhir mendapatkan izin untuk menguji konstruksi, tetapi lahan sudah dibuka. Negara bagian juga telah mengerjakan infrastruktur untuk tanah tersebut," katanya kepada CNBC International,Jumat (10/2) lalu.

Awalnya, perusahaan berencana mengirimkan mobil produksi pertamanya pada November 2022. Namun, target tersebut direvisi menjadi Desember 2022 dan kemudian ditunda lagi hingga Februari tahun ini.

VinFast tak menampik bahwa restrukturisasi akan mengonsolidasikan operasinya di seluruh AS dan Kanada. Hal itu dilakukan karena ada banyak kesamaan di kedua pasar dengan harapan perusahaan menjadi lebih kuat dan gesit.

Pabrikan asal Vietnam ini memang berambisi untuk membuat mobil listrik melawan Tesla milik Elon Musk. Tidak hanya di AS, VinFast juga akan menyasar pasar Eropa, seperti Jerman, Prancis dan Belanda.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta),08 per koin setelah menguat 0,1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)

Harga Emas Lesu ke Rp1,026 Juta per Gram Usai Dolar AS Terkoreksi******

Harga emas PT Aneka Tambang (Persero) alias Antam bertengger di Rp1,026 juta pada Selasa (14/2) ini. Harga itu turun Rp1.000 dibandingkan Senin (13/2).
Harga emas PT Aneka Tambang (Persero) alias Antam bertengger di Rp1.026 juta pada Selasa (14/2) ini. Harga itu turun Rp1.000 dibandingkan Senin (13/2). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga emas PT Aneka Tambang (Persero) alias Antam bertengger di Rp1,026 juta pada Selasa (14/2) ini. Harga emasitu turun Rp1.000 dibandingkan Senin (13/2).

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga naik Rp1.000 ke Rp911 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp563 ribu, 2 gram Rp1,99 juta, 3 gram Rp2,96 juta, 5 gram Rp4,90 juta, 10 gram Rp9,75 juta, 25 gram Rp24,26 juta, dan 50 gram Rp48,44 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,16 persen menjadi US.866 per troy ons. Senada, harga emas di perdagangan spot menguat 0,14 persen ke US.856 per troy ons pada pagi ini.

Lihat Juga :
DPR Bakal Panggil John Riyadi Bulan Depan, Bahas Meikarta

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas akan terkonsolidasi dengan kecenderungan naik terbatas. Hal ini didukung oleh koreksi pada dolar AS dan turunnya imbal hasil obligasi AS.

"Namun investor diperkirakan cenderung wait and see mengantisipasi kejutan pada data inflasi AS malam ini," katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.840 per troy ons dan resistance US.870 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Vlogger Israel Nas Daily Promosi Nikel RI yang Dibanggakan Jokowi******

Vlogger Israel Nas Daily mempromosikan nikel milik Indonesia yang sekarang dibanggakan dan dihilirisasi Jokowi.
Vlogger Israel Nas Daily mempromosikan nikel milik Indonesia yang sekarang dibanggakan dan dihilirisasi Jokowi. (Screenshot via Instagram/@nasdaily).
Jakarta, CNN Indonesia--

Vlogger IsraelNas Daily mempromosikan nikelmilik Indonesia. Pria bernama asli Nuseir Yassin itu bercerita soal hilirisasi nikel yang merupakan salah satu program unggulan dan kebanggaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nas Daily mengatakan mobil listrik seperti Tesla bisa dibuat hanya dari satu negara. Kuncinya adalah baterai yang digunakan untuk mobil listrik, yakni menggunakan nikel. Meski sulit didapatkan, ia menyebut bahwa 25 persen cadangan nikel dunia dimiliki Indonesia.

"Dulu, perusahaan pembuat mobil listrik membeli nikel mentah dari Indonesia. Mereka membuat baterai kendaraan listrik di Eropa dan menjual mobil listrik untuk menghasilkan banyak uang. Sementara itu, negara penghasil nikel hanya mendapat sedikit uang (keuntungan). Perdagangan global yang rusak," katanya di dalam unggahan Instagram @nasdaily, dikutip Rabu (15/2).

"Dengan begitu, Tesla dan semua pabrikan mobil listrik akan membuat baterai di Indonesia. Sehingga setiap mobil listrik baru yang Anda beli akan membuat banyak negara kaya. Seperti itu seharusnya perdagangan global berlangsung," pungkasnya.

Nikel memang menjadi salah satu kebanggaan Jokowi dalam menggenjot ekonomi Indonesia. Agar ekonomi bisa digenjot, Jokowi melarang ekspor nikel dalam bentuk mentah dan melakukan hilirisasi di dalam negeri sejak Januari 2020.

Karena hilirisasi itu, Jokowi mengklaim ekspor produk nikel melompat dari hanya Rp15 triliun hingga Rp20 triliun menjadi Rp300 triliun per tahun.

Meski demikian kebijakan itu mendapatkan tentangan dari Uni Eropa. Mereka menggugat larangan ekspor ini ke World Trade Organization (WTO). Namun, gugatan itu tak membuat Jokowi gentar.

Ia bahkan terus menambah larangan ekspor bahan mentah lain, seperti bauksit hingga timah.

"Meskipun kita digugat, tidak apa-apa. Nikel digugat, ini nanti yang kita umumkan hari ini digugat lagi, tidak apa-apa. Suruh gugat terus. Yang kedua digugat belum rampung, ketiga kita setop lagi. Digugat, tidak apa-apa," kata Jokowi dalam Outlook Perekonomian Indonesia 2023 di Jakarta, Desember 2022.

Tak hanya menambah larangan ekspor, agar nikel bisa bermanfaat bagi ekonomi dalam negeri, Jokowi bahkan menjanjikan konsesi nikel ke Tesla milik Elon Musk jika mereka mau berinvestasi membangun industri kendaraan listrik di Indonesia. Jokowi percaya diri Tesla akan menyelesaikan kesepakatan untuk berinvestasi di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Kepercayaan diri itu ia ungkapkan setelah menawarkan insentif mulai dari keringanan pajak hingga konsesi menambang nikel di Indonesia kepada produsen mobil AS tersebut. Jokowi juga mengungkapkan terkait keunggulan yang dimiliki Indonesia, seperti memiliki cadangan nikel besar dan pasar atau konsumen yang menjanjikan.

"Saya bilang ke dia kalau bapak investasi di Indonesia, saya kasih konsesi nikel," kata Jokowi kepada Reuters pada awal Januari 2023, merujuk pada tawaran konsesi pertambangan Indonesia.

Jokowi mengatakan terserah kepada Tesla untuk menerima tawaran untuk menambang nikel atau tidak. Ia menggarisbawahi bahwa Indonesia terbuka untuk investasi dalam rantai pasokan baterai kendaraan dan mobil listrik.

"Kalau mereka mau mulai dari baterai EV, tidak apa-apa," imbuhnya.

Lihat Juga :
Profil John Riady, CEO Lippo Karawaci yang Dipanggil DPR soal Meikarta
(skt/agt)




bab terbaru:cara daftar kredivo tanpa rekening bank

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
cara pinjam uang di bri online
situs aman slot
agen gacor slot
situs slot gampang jackpot
link situs judi slot online
bandargaming
buku mimpi penipu
lambangbet
togel 02
Daftar isi semua bab
Bab 1 pinjam duit kta cepat
Bab 2 slot server thailand tergacor
Bab 3 angka jitu paito hk
Bab 4 situs slot terbaru gacor
Bab 5 situs slot ter
Bab 6 mpo4d login
Bab 7 uji4d slot
Bab 8 betwin4d
Bab 9 bocoran slot jarwo hari ini
Bab 10 gacor hari ini
Bab 11 cara mengetahui jam gacor slot
Bab 12 daftar slot terbaru 2022
Bab 13 menghasilkan saldo dana gratis
Bab 14 panen123
Bab 15 cara meningkatkan limit shopee pinjam
Bab 16 bocor88
Bab 17 update slot gacor
Bab 18 pola gacor bonanza xmas hari ini
Bab 19 cara dapat uang digital
Bab 20 cara bobol situs slot pragmatic
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1244bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Menarik seorang pria tunawisma di pesta pernikahan untuk menyelesaikan pernikahan

manjur bet slot
UN Women mengimbau tindakan menanyakan gaji terakhir di kantor lama saat sedang melamar kerja di tempat baru dilarang karena menghambat pekerja perempuan.
UN Women mengimbau tindakan menanyakan gaji terakhir di kantor lama saat sedang melamar kerja di tempat baru dilarang karena menghambat pekerja perempuan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women) mengimbau tindakan menanyakan gaji terakhir di kantor lama saat sedang melamar kerja di tempat baru dilarang.

Pasalnya, tindakan yang sering terjadi itu bisa menghambat pekerja terutama perempuan mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi.

"Banyak perusahaan yang cenderung menanyakan gaji terakhir kandidat pekerja sebelum masuk ke perusahaan baru. Praktik itu harus dilarang karena ini membuat pelamar kerja perempuan tidak bisa bernegosiasi dengan baik" ujar UN Women Indonesia Representative Jamshed M Kazi dalam seminar Memperkuat Ekosistem untuk Pekerja Perempuan: Kebijakan Lingkungan Kerja yang Inklusif, Kamis (16/2).

Menurutnya, dalam melamar pekerjaan baru yang terpenting bukanlah gaji sebelumnya melainkan kompetensi dan tantangan yang akan dihadapi calon pekerja.

Ia juga menambahkan perusahaan juga sering memandang pekerja perempuan memiliki peran utama sebagai ibu rumah tangga dan dianggap bekerja hanya untuk hobi.

Sedangkan pekerja laki-laki dipandang sebagai penanggung jawab utama untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Ini pandangan yang harus dipatahkan. Kita tidak boleh berasumsi siapa yang menjadi kepala keluarga, bisa jadi pelamar itu adalah orang tua tunggal di rumah tangganya," ujar Jamshed.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan ada beberapa tantangan dalam meningkatkan partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia.

Pertama, tidak tersedianya tempat pengasuhan anak di lingkungan kerja maupun di sekitar rumah. Kalaupun ada harganya mahal sehingga masyarakat kelas menengah tidak mampu memenuhi biayanya.

"Ini membuat perempuan memutuskan berhenti bekerja terutama yang memiliki anak masih kecil," kata Agus.

Kedua, perempuan sulit memprioritaskan pekerjaan karena juga mendapat ekspektasi untuk berperan sebagai ibu rumah tangga. Ketiga, kurangnya kebijakan inklusif yang bisa meningkatkan partisipasi perempuan dalam ekosistem angkatan kerja.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kelahiran Kembali Penyihir Hitam

online slot terpercaya
Indonesia ternyata masih mengimpor cangkul dari China, Australia hingga Amerika Serikat (AS). Padahal, Jokowi sempat berang Indonesia masih mengimpor cangkul.
Indonesia ternyata masih mengimpor cangkul dari China, Australia hingga Amerika Serikat (AS). Padahal, Jokowi sempat berang Indonesia masih mengimpor cangkul. Ilustrasi. (istock/SandraKavas).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesia ternyata masih mengimpor cangkul dari Chinahingga Amerika Serikat (AS). Padahal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berang dan protes soal impor cangkul itu pada 2019 lalu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang disampaikan kepada CNNIndonesia.com, impor cangkul dilakukan dari beberapa negara, seperti China, Jepang, Malaysia, Australia, hingga Amerika Serikat.

Pada 2019, Indonesia mengimpor cangkul sebanyak 292.985 kg senilai US1.508 atau setara Rp1,69 miliar (asumsi kurs Rp15.198 per dolar AS) dari China dan Jepang.

Tahun berikutnya, Indonesia kembali mengimpor cangkul dari China dan Malaysia sebanyak 37.128 kg dengan nilai yang menurun jadi US.297 atau setara Rp308 juta.

Sementara itu, Indonesia tercatat berhenti mengimpor cangkul pada 2021. Kendati, RI kembali mengimpor cangkul pada tahun lalu dari Australia dan AS meski jumlahnya kecil sebanyak 38 kg saja atau senilai US4 alias setara Rp3,8 juta.

Namun, BPS mengatakan data tersebut adalah total dari impor cangkul dan garu.

"Tidak ada impor cangkul dan garu (HS 82013010) sejak Agustus 2022 hingga Januari 2023. Selama 2022, impor cangkul dan garu hanya ada pada Juni (US3) dan Juli (US1)," ungkap Direktur Statistik Distribusi BPS Efliza saat dikonfirmasi.

Presiden Jokowi sempat dibuat keheranan dengan data impor cangkul RI. Ia bahkan mencibir keuntungan yang diperoleh negara pengekspor cangkul dari aktivitas impor yang dilakukan RI.

"Puluhan ribu-ratusan ribu cangkul yang dibutuhkan masih impor. Apakah negara kita yang sebesar ini industrinya yang sudah berkembang, benar cangkul harus impor Enak banget itu negara yang barangnya kita impor," tutur Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 di JCC, 6 November lalu.

Saat itu, Jokowi mengatakan RI masih mencatat defisit transaksi berjalan. Berdasarkan data Bank Indonesia, defisit transaksi berjalan (CAD) per kuartal II 2019 mencapai US,4 miliar atau 3 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). CAD itu membengkak 21 persen dibandingkan kuartal I 2019 yang sebesar US,97 miliar.

Ironisnya lagi, impor juga menghilangkan ruang untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Padahal, Jokowi menegaskan seharusnya pengadaan barang dan jasa di dalam negeri dapat dimanfaatkan untuk membangun industri-industri kecil yang berkaitan, termasuk cangkul.

"Saya minta LKPP untuk memprioritaskan produk dengan komponen lokal yang sangat tinggi. Persulit barang impor itu. Setop lah (impor). Ini duit APBN, APBD. Prioritaskan benar bahwa harga murah bukan patokan utama. Murah tapi impor, saya lebih senang beli barang lokal, meski harganya sedikit lebih mahal," tegas Jokowi kala itu.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

pewaris keluarga

rupiahtoto rtp
IKAPPI mengkritisi aturan Kemendag soal pembatasan penjualan Minyakita maksimal 2 liter per orang per hari. Pemerintah dinilai tak siap.
IKAPPI mengkritisi aturan Kemendag soal pembatasan penjualan Minyakita maksimal 2 liter per orang per hari. Pemerintah dinilai tak siap. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengkritisi isi aturan Kementerian Perdagangan (Kemendag) soal pembatasan penjualanMinyakita dari pengecer kepada konsumenmaksimal 2 liter per orang per hari.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 3 tahun 2023 tentang Pedoman Penjualan Minyak Goreng Rakyat, yang diteken Mendag Zulkifli Hasan pada 6 Februari 2023 lalu. Edaran ini juga memuat batasan penjualan minyak goreng curah maksimal 10 kg per orang per hari.

"Dari sini sebenarnya kita bisa menyimpulkan bahwa pemerintah belum siap menggelontorkan Minyakita di pasar tradisional," kata Sekjen IKAPPI Reynaldi Sarijowan dalam keterangan resmi, Kamis (16/2).

"Karena dalam Permendag sebelumnya minyak goreng curah atau Minyakita statusnya sama, harganya sam,a sehingga kami khawatir produsen lebih banyak menggelontorkan minyak goreng curah dibandingkan Minyakita," kata Reynaldi.

IKAPPI menilai sistem bundlingyang ada beberapa bulan terakhir ini membuktikan Minyakita tidak diharapkan oleh produsen karena dianggap akan menggerus produk unggulan mereka, yaitu minyak premium.

Lihat Juga :
Jokowi Akhirnya Bersuara soal Biaya Kereta Cepat Bengkak Rp18 T

Minyakita mendadak langka di sejumlah daerah sejak akhir Januari lalu. Kalaupun ada, harga jual dari pedagang melonjak di atas harga eceran tinggi (HET) Rp14 ribu per liter.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas pun kemudian membeberkan sejumlah alasan kenapa Minyakita langka di pasaran.

Salah satu penyebabnya adalah program biodiesel B35. Pasalnya program itu meningkatkan penggunaan CPO, bahan baku minyak goreng.

Dalam program B35, pemerintah akan meningkatkan persentase campuran bahan bakar bakar nabati ke dalam bahan bakar minyak jenis solar dari 20 persen pada B20 menjadi 35 persen.

"B20 menyedot CPO 9 juta, begitu berubah jadi B35 tambah 4 juta jadi 13 juta disedot," ujar Zulhas di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (30/1).

Selain itu, ia mengatakan kelangkaan Minyakita juga dipicu aksi serbu masyarakat karena kualitasnya premium tetapi harganya murah. Kemudian Minyakita juga mudah ditemukan di mana saja.

Padahal jatah DMO minyak goreng hanya 300 ribu ton per bulan.

"Jadi semua ibu-ibu carinya Minyakita. Padahal jatahnya 300 ribu ton per bulan. Tentu di pasar jadi kurang," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/pta)

penyihir penuh waktu

prediksi togel 4d toto macau

Seratus ribu cerita pendek

situs slot aman dan terpercaya

Teknik Kelahiran Kembali Kuno

lambangbet