petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bunga pinjaman kredivo

games gacor 62Jutaan kata 780779Orang-orang telah membaca serialisasi

《bunga pinjaman kredivo》

Pengamat Sebut 200 Ribu Penumpang KRL Terancam Polemik Impor Kereta******

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagyo menyebut nasib 200 ribu penumpang KRL di ujung tanduk imbas polemik impor kereta antara Kemenperin dan KAI.
Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagyo menyebut nasib 200 ribu penumpang KRL di ujung tanduk imbas polemik impor kereta antara Kemenperin dan KAI. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengamat Kebijakan Publik PH&H Public Policy Interst Group Agus Pambagio menyebut nasib 200 ribu penumpangKRL di ujung tanduk. 

Hal itu merupakan imbas dari tidak jelasnya pergantian armada KRL yang dilakukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI). Mengutip detik.com, Agus mengatakan beberapa armada KRL harus pensiun dalam waktu dekat ini.

Data yang dimilikinya, tahun ini ada 10 rangkaian KRL Jabodetabek yang harus dipensiunkan. Hingga 2024 setidaknya akan ada 16 total rangkaian KRL yang harus pensiun.

Anak usaha PT KAI itu katanya, sedianya sudah melakukan pemesanan KRL pengganti sesuai dengan jumlah KRL yang pensiun. Pemesanan dilakukan langsung ke sesama BUMN PT Inka. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pemerintah yang ingin mengembangkan industri perkeretaapian lokal.

Masalahnya, PT Inka ternyata baru sanggup menyediakan gerbong KRL pesanan PT KCI di tahun 2025. Padahal, pada 2023-2024 ini sudah banyak sekali kereta KCI yang dipensiunkan dan butuh pengganti.

Untuk mengatasi kendala itu, Agus mengatakan PT KAI sebagai induk usaha KCI mulai meminta restu ke Kementerian Perhubungan untuk impor kereta KRL. Bahkan, impor kereta bekas pun tak mereka permasalahkan asalkan masih bisa digunakan dan terawat dengan baik.

"Berhubung produk PT INKA belum dapat terealisasi di 2023 dan 2024, PT KAI telah meminta izin Kementerian Perhubungan untuk dapat melakukan impor pengadaan KRL bekas pakai dari Jepang tentu melalui proses tata Kelola yang baik," ungkapnya.

Tapi sayang, di proses ini lah, KCI kesulitan mencari pengganti kereta-kereta yang mau dipensiunkan di 2023 dan 2024. Agus memaparkan ternyata proses perizinan impor gerbong-gerbong KRL sangat rumit birokrasinya, apalagi yang mau diimpor adalah kereta bekas.

Pasalnya, untuk urusan impor, Kementerian Perindustrian telah menerbitkan aturan teknis impor barang modal bekas lewat Peraturan Menteri Perindustrian No. 14 Tahun 2016. Aturan tersebut memperkuat Peraturan Menteri Perdagangan No. 127 Tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru.

Prosesnya impor pada umumnya harus mendapatkan surat izin impor dari Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan. Namun, Ditjen Perdagangan Luar Negeri pun butuh rekomendasi teknis dari Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian.

PT KCI sendiri sudah meminta izin impor ke Kemendag sejak 13 September 2022 yang lalu. Kemudian, kabarnya per 28 September 2022 Agus bilang Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag sudah bersurat ke Ditjen Ilmate Kemenperin untuk meminta rekomendasi teknis. Rekomendasi teknis ini lah yang sangat lama untuk terbit.

[Gambas:Video CNN]

Perlu diketahui bahwa surat tanggapan Dirjen ILMATE berfungsi sebagai Surat Rekomendasi untuk Dirjen Daglu Kementerian Perdagangan melakukan impor KRL bekas pakai yang diminta oleh PT KCI. Tanpa Surat Rekomendasi tersebut, importasi KRL belum bisa dilakukan," ujar Agus.

Agus menjelaskan dalam surat izin yang diajukan, KCI berencana untuk melakukan impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru (BMTB) berupa 120 Unit KRL Type E217 untuk kebutuhan 2023 dan 228 Unit KRL Type E217 untuk tahun kebutuhan 2024 dengan Pos Tarif/HS Code 8603.10.00.

Namun, pada akhirnya Kemendag mendapatkan juga surat jawaban dari Ditjen Ilmate Kemenperin tertanggal 6 Januari 2023, atau 4 bulan setelah surat permintaan rekomendasi teknis dikirimkan oleh Kemendag. Namun sialnya, surat itu justru menolak permintaan impor yang dilakukan KCI.

Lihat Juga :
Sri Mulyani ke Pegawai Pajak: Rileksnya Ga Usah Naik Motor Gede

Surat itu menyatakan bahwa berdasarkan pertimbangan teknis atas rencana impor oleh PT KCI belum dapat ditindaklanjuti dengan pertimbangan pada fokus pemerintah meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Intinya permohonan PT KCI untuk impor kereta bekas dari Jepang ditolak Kementerian Perindustrian," ujar Agus.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo menegaskan Indonesia sekarang memang tidak perlu melakukan impor gerbong kereta rel listrik (KRL) karena industri kereta api nasional mampu memproduksi semua kebutuhan kereta di dalam negeri.

"PT Industri Kereta Api (INKA) bisa membuat itu semua, kenapa kita harus impor gerbang kereta api bekas dari Jepang. Katanya bangga beli buatan Indonesia. Bangladesh saja membeli produk kereta kita sampai Rp1,3 triliun," kata Dody seperti dilansir dari Antara, Selasa (28/2).

Ia menyampaikan untuk memenuhi kebutuhan gerbong kereta dalam jumlah besar memang dibutuhkan waktu, karena tidak dapat direalisasikan dalam semalam.

Oleh karena itu, Dody mendorong adanya perencanaan untuk periode penggantian atau peremajaan setiap gerbong kereta yang beroperasi di Indonesia.

"Kalau mendadak memang pasti sukar, seharusnya kan sudah direncanakan jauh-jauh hari dan memberi kesempatan kepada industri dalam negeri untuk berproduksi," ujar Dody.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Tanya Sumber Harta ke Dirjen Pajak: Saya Yakin Kamu Benar

Harusnya tak ada polemik

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut polemik penolakan impor gerbong kereta rel listrik (KRL) harusnya tidak terjadi.

Erick mengatakan bisa saja Indonesia membangun kereta mandiri. Namun, menurutnya lonjakan penumpang dan pembangunan infrastruktur kereta api mesti melihat juga kapasitas produksi dalam negeri, apakah mencukupi atau tidak.

"Kalau ternyata kapasitas kita tidak siap, kan tidak ada salahnya kita bekerja sama dengan negara lain untuk mencari solusi supaya ini cepat bisa tersedia. Karena yang penting ongkos logistiknya jadi lebih murah," katanya di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Selasa (28/2).

Erick mencontohkan harga tiket makin mahal di industri pesawat terbang karena jumlah pesawat yang minim. Ia lantas menyinggung soal gerbong kereta yang makin panjang bakal memuat penumpang lebih banyak.

"Kalau saya minta dukungan dari para menteri pengambil kebijakan untuk saling mendukung, menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat di mana hari ini sangat membutuhkan. Jangan kita justru tidak bersinergi sehingga kembali angka-angka pengeluaran masyarakat jadi mahal," jelas Erick.

Lihat Juga :
Profil Kepala Bea Cukai DIY yang Viral Pamer Moge dan Mobil Antik
(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]

Erick Thohir Ancam Pengusaha soal Minyak Goreng******

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kalau swasta tak mau membantu pemerintah, BUMN akan bangun dari tidur untuk mengatasi masalah minyak goreng di RI.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kalau swasta tak mau membantu pemerintah, BUMN akan bangun dari tidur untuk mengatasi masalah minyak goreng di RI. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMNErick Thohir mengancam pengusaha soal kelangkaan dan lonjakan harga minyak gorengdi Indonesia yang tak kunjung selesai dalam waktu hampir dua tahun belakangan ini.

Ia mengatakan kalau pengusaha swasta tak segera membantu pemerintah mengatasi masalah itu, perusahaan pelat merah yang dikomandoinya bakal bergerak.

Ia pede kalau swasta tak mau membantu pemerintah, BUMN bisa mengatasi masalah minyak goreng. Kepercayaan diri didasarkan pada kapasitas BUMN dan lahan seluas 600 hektare yang dimiliki perusahaan pelat merah saat ini.

Masalah kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng terjadi di Indonesia sejak pertengahan 2021 lalu. Pada saat itu, harga minyak goreng yang biasanya hanya di kisaran Rp14 ribu per liter tiba-tiba melesat ke atas Rp20 ribu.

Tak hanya melesat, minyak goreng saat itu juga langka di berbagai daerah. Pemerintah sebenarnya sudah mengeluarkan banyak jurus untuk mengatasi masalah itu.

Pertama, meluncurkan minyak goreng kemasan sederhana Rp14 ribu per liter di ritel dan pasar tradisional secara bertahap pada Januari-Juni 2022. Total minyak goreng yang digelontorkan 2,4 miliar liter.

Untuk menyediakan minyak goreng ini pemerintah menggelontorkan subsidi Rp7,6 triliun yang diambilkan dari dana perkebunan kelapa sawit.

Kedua, menerapkan kewajiban bagi produsen memasok minyak goreng di dalam negeri (DMO) sebesar 20 persen dari total volume ekspor mereka dengan harga domestik (DPO) mulai 27 Januari lalu. Dengan kebijakan itu harga eceran tertinggi ditetapkan;

- Minyak goreng curah Rp11.500 per liter
- Minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500 per liter
- minyak goreng kemasan Rp14 ribu per liter

[Gambas:Video CNN]

Harga mulai berlaku 1 Februari 2022.  Tapi, meskipun pemerintah sudah jungkir balik mengendalikan harga minyak goreng, yang terjadi malah sebaliknya; muncul masalah baru.

Untuk kebijakan satu harga Rp14 ribu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag waktu itu, Oke Nurwan menyebut kebijakan itu membuat masyarakat menyerbu minyak goreng di ritel. Akibatnya, minyak goreng jadi langka di pasaran.

Karena gagal, pemerintah kemudian mengeluarkan jurus baru; memberlakukan harga eceran tertinggi minyak goreng curah naik dari Rp11.500 per liter jadi Rp14 ribu per liter

Supaya itu bisa berjalan, pemerintah akan memberikan subsidi lewat Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Pemerintah juga kemudian memberlakukan larangan ekspor CPO supaya harga minyak goreng bisa ditekan ke Rp14 ribu per liter.

Namun lagi-lagi kebijakan itu malah menimbulkan masalah. Karena tak berhasil, Jokowi kemudian mencopot M Lutfi dari posisinya sebagai menteri perdagangan. Sebagai pengganti Lutfi, ia menunjuk Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Tanya Sumber Harta ke Dirjen Pajak: Saya Yakin Kamu Benar

Di bawah komando Zulkifli, harga minyak goreng dan kelangkaannya berhasil dijinakkan melalui Program Minyakita yang dijual Rp14 ribu per liter. Tapi itu hanya berjalan beberapa bulan saja.

Belakangan ini, Minyakita langka dan juga harganya naik. Zulkifli Hasan mengungkap ada beberapa biang kerok yang menjadi penyebab Minyakita langka dan harganya naik. Biang kerok itu adalah;

- Penurunan penyaluran minyak goreng akibat realisasi pemenuhan minyak goreng untuk kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation/DMO) bulanan turun dari 100,94 persen pada November menjadi 86,31 persen pada Desember 2022.
- DMO kemudian turun lagi pada Januari 2023 menjadi 71,81 persen dari target pemenuhan bulanan 300 ribu ton.
- Program biodiesel B35 yang menyebabkan pasokan bahan baku minyak goreng berkurang

Lihat Juga :
Sri Mulyani ke Pegawai Pajak: Rileksnya Ga Usah Naik Motor Gede
(ldy/agt)




bab terbaru:totomacau

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
datatotomacao
masterbet188
cara dapat uang 100 ribu sehari
hal yang bisa menghasilkan uang di rumah
game slot yang mudah jackpot
vtogel
arenaslot99
ma slot
02 erek
Daftar isi semua bab
Bab 1 cicilan shopee pinjam 500 ribu
Bab 2 ayah4d
Bab 3 daftar slot online pakai dana
Bab 4 tema slot
Bab 5 promo bank shopee
Bab 6 kumpulan slot maxwin
Bab 7 cara kredit hp di lazada tanpa dp
Bab 8 civic188
Bab 9 pinjaman online yang terpercaya
Bab 10 situs togel yang aman
Bab 11 voucher tagihan shopee
Bab 12 tafsir mimpi 2 angka
Bab 13 totomacou
Bab 14 situs hari ini yang gacor
Bab 15 aplikasi kredit hp tanpa ribet
Bab 16 nomor whatsapp kredivo
Bab 17 garena4d
Bab 18 susubet
Bab 19 dago togel
Bab 20 istana77
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6102bab
takutBacaan TerkaitMore+

Kelahiran Kembali Ahli Nujum yang Menakjubkan

70 togel
Komoditas beras hingga rokok menjadi penyumbang inflasi terbesar pada Februari 2023.
Komoditas beras hingga rokok menjadi penyumbang inflasi terbesar pada Februari 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Februari 2023 sebesar 5,47 persen (year on year/yoy). Kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang mengalami inflasi 7,23 persen menjadi penyumbang inflasi terbesar dengan andil 1,87 persen.

Lima komoditas yang dominan memberikan andil atau sumbangan inflasi secara tahunan (yoy) yaitu beras sebesar 0,32 persen, rokok kretek filter 0,20 persen, telur ayam ras 0,15 persen. Kemudian ikan segar dan cabai merah masing-masing sebesar 0,11 persen.

Sementara, komoditas yang dominan memberikan andil inflasi secara bulanan (mtm) yaitu beras sebesar 0,8 persen, rokok kretek filter 0,04 persen, bawang merah 0,03 persen, cabai merah 0,02 persen. Kemudian rokok putih, bawang putih, dan kentang masing-masing 0,01 persen.

Kemudian kesehatan 2,94 persen, rekreasi olahraga, dan budaya 2,6 persen, pendidikan 2,76 persen, penyediaan makanan dan minuman atau restoran 4,08 persen, dan perawatan pribadi dan jasa lainnya 5,63 persen.

Berdasarkan provinsi, inflasi Februari 2023 di Sumatra paling tinggi ada di Kota Meulaboh sebesar 7,72 persen. Lalu, di Kalimantan tertinggi ada di Kotabaru sebesar 7,88 persen.

Kemudian, inflasi di Jawa tertinggi ada di Bandung sebesar 7,50 persen. Inflasi di Bali-Nusa Tenggara tertinggi ada di Kota Denpasar sebesar 6,37 persen.

Sementara itu, inflasi tertinggi di Sulawesi ada di Kota Kotamobagu sebesar 7,31 persen. Lalu, inflasi tertinggi di Maluku dan Papua ada di Manokwari sebesar 6,83 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Dewa dunia fantasi yang tidak lengkap

umi slot
Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mengaku kecewa dengan keputusan Kementerian Perdagangan yang melarang Minyakita dijual di ritel modern.
Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia mengaku kecewa dengan keputusan Kementerian Perdagangan yang melarang Minyakita dijual di ritel modern. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengaku kecewa dengan keputusan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang melarang Minyakita dijual di ritel modern.

Ketua Umum Roy N. Mandey membantah alasan Kemendag yang mengatakan konsumen beralih dari minyak goreng premium ke Minyakita sehingga membuat minyak goreng besutan pemerintah itu langka.

"Kami sangat menyayangkan karena ritel akhirnya tidak terbagi (Minyakita). Kalaupun dibilang ada shifting konsumen minyak premium ke Minyakita, kami enggak dapatkan datanya di ritel," ujar Roy di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (23/2).

Kendati demikian, Roy mengatakan tidak adanya peralihan dari minyak goreng premium ke Minyakita terjadi di konsumen ritel modern. Ia mengaku tidak mengetahui apakah hal itu terjadi di konsumen lainnya.

"Ini bicara di retail ya, saya enggak tahu di luar itu. Tapi kalau switching di retail dari konsumen yang minyak goreng premium ke Minyakita itu tidak ada datanya. Tidak bisa dibuktikan," katanya.

Lihat Juga :
Daftar BUMN yang Dibubarkan di Era Jokowi

Di lain sisi, Roy mengatakan sebelum adanya larangan penjual Minyakita di ritel modern, minyak goreng kemasan memang sering habis karena 15 hingga 20 persen dari konsumen merupakan masyarakat kelas menengah bawah.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan Minyakita akan diprioritaskan di pasar tradisional dan tidak boleh di ritel modern dan marketplace Langkah itu dilakukan untuk mengatasi kelangkaan MinyakKita.

"Di supermarket enggak ada. Ya memang kita untuk di pasar-pasar ini. Dan online enggak ada dan memang enggak boleh" tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Tuhan tanpa Batas

zeus007 slot
Pesawat Wings Air Semarang-Balikpapan terlambat akibat ulah penumpang yang bercanda ada bom. Penumpang tersebut kemudian tidak disertakan di penerbangan.
Pesawat Wings Air rute Semarang-Balikpapan terlambat terbang akibat ulah penumpang yang bercanda ada bom di dalam pesawat. ( CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pesawat Wings Air(kode penerbangan IW) member of Lion AirGroup terlambat terbang pada Selasa (28/2) pagi akibat ulah seorang penumpang berinisial UD (45) yang menyampaikan informasi soal keberadaan bomdi pesawat penerbangan nomor IW-1818 rute Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah (SRG) tujuan Bandar Udara Rahadi Oesman di Ketapang, Kalimantan Barat (KTG).

Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan peristiwa itu bermula saat pria tersebut akan menaiki pesawat. Saat itu penumpang tersebut membuat pernyataan bahwa terdapat bom di dalam koper yang akan dimuat ke kompartemen bagasi bagian belakang.

"Pernyataan tersebut segera dikonfirmasi ulang dan ditindaklanjuti oleh petugas keamanan Wings Air serta diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke otoritas penerbangan sipil setempat. Penumpang UD tidak diikutsertakan (offload) dari penerbangan," katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Selasa (28/2).

"Hasilnya tidak ditemukan bukti adanya bom atau benda lain yang membahayakan penerbangan," katanya.

Ia mengatakan akibat ulah penumpang tersebut, pesawat yang dijadwalkan berangkat pukul 07.00 WIB (GMT+ 07) mengalami keterlambatan keberangkatan 37 menit.

Ia mengecam candaan penumpang tersebut. Menurutnya, bercanda dilarang dalam penerbangan karena bisa mengancam keamanan penerbangan, menimbulkan rasa tak nyaman bagi penumpang dan konsentrasi awak kabin.

"Bercanda tentang bom atau tindakan meremehkan keamanan penerbangan adalah perilaku yang sangat tidak pantas dan dilarang di penerbangan. Itu pelanggaran hukum dan bisa mengakibatkan konsekuensi hukum serius bagi pelakunya. Undang-undang tentang keamanan penerbangan menegaskan ketat melarang tindakan dimaksud dan pelaku dapat dijerat dengan hukuman," katanya.

Namun, Danang tak menyebut apa langkah yang dilakukan terhadap penumpang yang bercanda soal bom tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

kelaparanku yang hebat

slot terbaru bonus 100
Tiket kereta api untuk mudik lebaran 2023 sudah bisa dipesan mulai hari ini. KAI berharap pemesanan tiket lebih awal bisa mempermudah warga mudik lebaran.
PT KAI resmi menjual tiket kereta untuk lebaran 2023 per hari ini, Minggu 26 Februari 2023. (CNN Indonesia/Yulia Adiningsih)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka penjualan tiket keretaapi jarak jauh mudik hari raya Idul Fitri 2023keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada hari ini, Minggu (26/2).

"Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan H-10 pada momen lebaran 1444 H per hari ini sudah dapat dipesan," ujar Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Minggu (26/2).

Lihat Juga :
Dua Pelabuhan Penyeberangan Banten-Lampung Dibuka Lagi Jelang Mudik

"Melalui kebijakan tersebut, maka hari ini 26 Februari 2023 pelanggan sudah dapat membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 12 April 2023 atau H-10 lebaran," kata dia.

Ia menjelaskan kebijakan ini berbeda dengan di luar masa angkutan lebaran. Di mana, penjualan tiket kereta jarak Jauh baru bisa dilakukan mulai 30 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Ia berharap penerapan kebijakan pemesanan yang lebih lama ini membuat masyarakat dapat lebih leluasa saat menghadapi masa mudik lebaran.

"Dengan kebijakan pemesanan H-45 tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih leluasa merencanakan perjalanan pada momen arus mudik lebaran," ujar Eva.

Eva juga menerangkan nantinya KAI akan menyampaikan lebih lanjut perihal jumlah armada kereta tambahan yang diturunkan pada masa angkutan lebaran.

Lihat Juga :
4 Ketentuan Beli Tiket KA Lebaran 2023
(mnf/wis)

[Gambas:Video CNN]

mata evolusi

akun slot 77
Kemenko Marves mengungkapkan nikel, bauksit dan tembaga akan membuat Indonesia kaya. Permintaan ketiga logam tersebut akan meningkat signifikan.
Kemenko Marves mengungkapkan nikel, bauksit dan tembaga akan membuat Indonesia kaya. Permintaan ketiga logam tersebut akan meningkat signifikan. Ilustrasi. (Arsip Polda Papua Barat)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengungkapkan ada tiga komoditasmineralyang bisa membuat Indonesiakaya raya.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto menyebut komoditas itu adalah nikel, bauksit dan tembaga. Ia memperkirakan ketiga logam tersebut permintaannya akan meningkat cukup signifikan.

"Memang yang paling seksi itu sebenarnya tiga. Pertama nikel, kedua bauksit yang menjadi alumunium, ketiga adalah copper(tembaga)," jelasnya dalam Energy and Mining Outlook 2023 di Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Seto menegaskan prioritas kedua pemerintah dalam hilirisasi adalah mengolah bauksit menjadi aluminium. Hal itu ditunjukkan dengan pembangunan smelter alumunium yang cukup besar di Kalimantan Utara.

Anak buah Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan itu juga menyebut, semenjak transisi energi menjadi prioritas negara-negara maju, harga tembaga relatif bertahan sangat bagus.

Lihat Juga :
Dirjen Pajak Cemas Kasus Rubicon Berdampak ke 45 Ribu Pegawai DJP

"Jangan barang mineral kita itu dibuang-buang, diobral. Jadi kerjakan ini dengan baik dan benar, bisa kok bikin duit banyak itu, tapi tetap dengan responsible mining. Itu bisa," tegas Seto.

Sementara itu, nikel sudah terbukti menambah kekayaan RI selepas Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor bijih nikel sejak Januari 2020. Hal itu terlihat dari nilai perdagangan yang didapatkan Indonesia selepas hilirisasi.

Sebelum larangan ekspor nikel mentah berlaku, Jokowi mengatakan nilai perdagangan yang diraih Indonesia dari penjualan produk tersebut hanya US,1 miliar atau Rp17 triliun.

Setelah larangan ekspor berlaku dan nikel diolah di dalam negeri, nilai ekspor dari bahan mentah itu melonjak 19 kali lipat jadi US,9 miliar atau Rp326 triliun.

Kendati demikian, Jokowi menegaskan Indonesia jangan puas di hilirisasi nikel. Ia mengatakan jangan berpikir RI bisa menjadi negara maju kalau takut melakukan hilirisasi bahan-bahan mentah yang ada di Tanah Air.

"Jangan sampai, ini nikel sudah stop (ekspor). Saya sampaikan lagi di Desember kemarin bauksit stop di Juni (2023), sebentar lagi saya umumkan tembaga stop tahun ini," tegasnya di Mandiri Investment Forum 2023, Rabu (1/2).

Tembaga bakal menjadi salah satu komoditas baru yang dijaga Jokowi karena ia sudah mengecek langsung kesiapan hilirisasi di smelter milik PT Freeport yang sudah lebih dari 51 persen siap. Dengan alasan itu Jokowi menegaskan berani menyetop ekspor tembaga di masa mendatang.

Jokowi menegaskan jangan takut jika digugat negara lain di WTO. Menurutnya, meski kalah, Indonesia harus terus melanjutkan hilirisasi karena sudah terbentuk ekosistemnya. Ia juga sedang merencanakan larangan ekspor timah lantaran cadangan timah RI nomor dua di dunia.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]

Penjara Naga Segala Alam

cara dapat uang banyak dan cepat
Quadra kembali merilis produk terbaru pada 2023 dengan desain baru melalui tema Precious Vision.
Chief Operating Officer (COO) Quadra Willie Low dalam peluncuran koleksi Precious Vision. (Foto: Arsip Quadra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Quadra, perusahaan pionir sintered stone slab dengan ukuran terbesar di Indonesia, kembali merilis produk terbaru pada 2023. Belasan koleksi dengan desain baru ini diluncurkan lewat tema Precious Vision.

"Quadra terus berinovasi mengembangkan berbagai desain, menciptakan visi untuk masa yang akan datang, yang juga akan menjadi sebuah warisan bagi dunia, untuk terus dikagumi oleh generasi masa depan," ucap Chief Operational Officer (COO) Quadra, Willie Low saat peluncuran koleksi Precious Vision di The Hall, Senayan City, Jakarta, Rabu (22/2).

Willie menerangkan, empat elemen menjadi dasar untuk membangun identitas Precious Vision, yakni History, Timeless, Culture, dan Precious. Keempat elemen ini menjadi dasar untuk membuat inovasi desain yang indah dan menarik.

"Dengan kombinasi empat elemen - History, Timeless, Culture, dan Precious, yang kami dekap erat di hati kami, kami berharap dapat menghadirkan sebuah konsep yang bermakna, kreatif, dan penuh aspirasi kepada Anda, yang pada akhirnya akan mendefinisikan diri kita sebagai manusia," ujar Willie menambahkan.

History

Elemen History merupakan yang pertama dari koleksi Precious Vision. Ada lima motif dalam elemen History, yakni Magma Scuro, Giza Dawn, Giza Dusk, Giza Night, dan Palazzo Gris.

Motif-motif elemen History merupakan penggambaran atas sejarah peradaban manusia. Misalnya motif Magma Scuro yang menggambarkan proses magma yang mengalir keluar dan membentuk batuan pada awal terbentuknya muka Bumi.

Motif ini menampilkan alur-alur berwarna keemasan menyerupai magma cair yang mengalir di bebatuan. Magma Scuro mampu menciptakan nuansa misterius yang elegan.

Dengan kilau lembut pada teksturnya, Magma Scuro mampu menciptakan nuansa dramatis untuk countertopdapur, vanity topkamar mandi, backsplash, dan focal pointdi rumah Anda.

Timeless

Koleksi berikutnya adalah Timeless. Ada lima motif dalam elemen ini, yakni Daino Royale, Trevi Panna, Basilica Gris, Basilica Graphite, dan Patagonia Light.

Koleksi dalam elemen ini menyajikan perpaduan warna-warna natural. Seperti pada motif Patagonia Light dimana perpaduan warna natural disempurnakan dengan motif abstrak yang berkilauan di bawah cahaya matahari.

Tone-tone warna yang netral membuat koleksi ini tidak pernah ketinggalan zaman dan cocok digunakan di berbagai area komersil, contohnya untuk kafe.

Culture

Quadra Dinamika InternasionalFesta Gold, salah satu motif dalam koleksi Culture. (Foto: Arsip Quadra).

Lewat elemen Culture, Quadra membuat terobosan inovasi desain dengan mengusung motif 'karya seni' buatan manusia. Motif karya seni ini menjadi simbol kemajuan manusia dan perkembangan budayanya.

Festa Gold, satu dari empat motif dalam elemen Culture hadir dengan sentuhan warna hijau. Berbagai motif granit African Gold terindah digabungkan ke dalam satu desain, sebuah karya one-of-a-kindyang hanya dimiliki oleh Quadra dalam koleksi ini.

Terdapat guratan berwarna abu-abu dan emas dengan pola yang menonjol, memberikan efek dramatis pada tampilan desain secara keseluruhan.

Selain Festa Gold, koleksi lain dalam elemen Culture, yakni Astro Logia, Melodia Vapore, dan Melodia Fiore.

Precious

Quadra Dinamika InternasionalAgata Cielo, satu dari tiga motif dalam koleksi Precious. (Foto: Arsip Quadra).

Elemen Precious merupakan sesuatu yang disebut berharga, sangat indah, dan bernilai tinggi. Motif Agata Cielo, Agata Neve, Onice Solare merupakan tiga motif dalam elemen Precious.

Motif-motif bernilai tinggi dan berharga menjadi satu dalam balutan yang sangat indah seperti pada motif Agata Cielo yang terinspirasi oleh Blue Agate sebagai simbol batu mulia dengan karakteristik yang luar biasa dan tampilan mewah.

Memiliki kombinasi tekstur yang kompleks dengan bagian-bagian serupa kristal semi-transparan berwarna biru, Agata Cielo sangat tepat untuk diaplikasikan sebagai focal point yang menawan.

Adapun peluncuran koleksi Quadra Precious Vision ini turut dihadiri sejumlah arsitek ternama hingga mitra bisnis Quadra. Juliana Brega, seorang stonespecialistdari Italia bersama Ketua Ikatan Arsitek Indonesia, Doti Windajani turut hadir membagikan wawasan mengenai tren desain dan arsitektur terkini.

Bagi Anda yang ingin melihat langsung produk terbaru Quadra, bisa mengunjungi salah satu dari 11 Quadra Gallery terdekat yang sudah ada di 7 kota di Indonesia. Bisa juga dengan mengunjungi website precious-vision.quadrasurface.com atau follow Instagram @quadra.surface.

(osc/osc)