petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara beli barang di shopee dengan cicilan

rrqslot188 293Jutaan kata 738414Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara beli barang di shopee dengan cicilan》

Yuk ke Transmart, Mumpung Diskon 50% + 20% Seharian Full!******

Transmart Full Day Sale hadir lagi dengan diskon gede-gedean di akhir tahun. Diskon hingga 50% + 20% berlaku untuk berbagai produk unggulan Transmart!
Transmart Full Day Sale hadir lagi dengan diskon gede-gedean di akhir tahun. Diskon hingga 50% + 20% berlaku untuk berbagai produk unggulan Transmart! (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat para pelanggan setia Transmart! Transmart Full Day Sale hadir lagi dengan diskon gede-gedean di akhir tahun.

Kali ini pesta diskon bertajuk Transmart Full Day Sale hadir selama dua hari yaitu Sabtu (30/12) dan Minggu (31/12), sejak toko buka hingga berakhir pukul 22.00.

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja di Transmart, Ada Diskon 20% Setiap Hari

Nah, bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega tidak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Cus ajak pasangan, keluarga, atau sahabat sekarang juga ke Transmart terdekat, jangan sampai lewatkan kesempatan belanja dengan diskon gede-gedean ini.

Saatnya borong belanjaan dengan banyak diskon di akhir pekan ini cuma di Transmart Full Day Sale.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Daftar Proyek Jokowi yang Ditinggalkan Investor Asing******

Sejumlah investor meninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sejumlah investor meninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Daftar Isi
  • 1. Proyek Gasifikasi Batu Bara
  • 2. Proyek Gas Laut Dalam
  • 3. Proyek Gas Abadi
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah investormeninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sektor yang paling banyak ditinggalkan adalah minyak dan gas bumi (migas).

Adapun daftar PSN yang ditetapkan tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Kemudian direvisi menjadi Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020.

Hingga akhirnya dituangkan dalam Peraturan Menteri Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga atas Permenko Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

1. Proyek Gasifikasi Batu Bara

Perusahaan Amerika Serikat (AS) Air Products and Chemicals Inc, mundur dari PSN gasifikasi batu bara yang berada di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan salah satu alasan Air Products and Chemicals Inc hengkang dari proyek kerja sama hilirisasi batu bara itu karena pengembangan bisnis di AS lebih menarik daripada di Indonesia.

Selain itu, pemerintah AS juga menawarkan subsidi, khususnya bagi pengembangan proyek energi baru dan terbarukan (EBT).

Lihat Juga :
Kemenkeu Hapus Artikel Tolak Pengungsi Rohingya Usai Dirujak Netizen

Tidak hanya keluar dari proyek yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tersebut, Air Products and Chemicals juga angkat kaki dari proyek hilirisasi batu bara lainnya di Indonesia.

Proyek gasifikasi batu bara yang digagas PTBA ditetapkan sebagai PSN melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020, yang diteken Presiden Jokowi 17 November 2020 lalu.

2. Proyek Gas Laut Dalam

Investor lainnya yakni Chevron Indonesia Company (CICO) memilih hengkang dari PSN gas laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD) di Kalimantan Timur.

Hal itupun dibenarkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Kendati, Arifin mengatakan meski ditinggalkan investor, proyek akan tetap jalan.

PSN ini terdiri dari dua proyek hub gas yang akan dikembangkan yakni Gendalo dan Gehem hub dan ditargetkan dapat beroperasi pada 2025.

3. Proyek Gas Abadi

PSN selanjutnya yang ditinggalkan investor adalah Proyek Lapangan Abadi, Blok Masela di Maluku.

Shell yang awalnya menjadi pengelola memutuskan untuk hengkang dengan melepas hak partisipasi (participating interest/PI) sebesar 35 persen.

Kekosongan sebagian hak partisipasi tersebut akhirnya 'memaksa' Kementerian ESDM untuk mendorong PT Pertamina (Persero) masuk ke blok migas tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

15 Investor Groundbreaking Proyek Baru di IKN Januari******

Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investor bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.
Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investor bakal melakukan groundbreaking proyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (OIKN) mengungkap 15 investorbakal melakukan groundbreakingproyek baru di IKN pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan hal tersebut menandakan bawah pemerintah bakal terus mempercepat pembangunan IKN di tahun depan.

"Sebagian di antaranya bahkan Desember ini tadinya mau groundbreaking, tapi dengan waktu terbatas mereka (investor) akhirnya bersiap di Januari hingga Februari (2024)," ucap Agung dalam acara media briefing, Jumat (29/12).

Lalu, Yayasan Arsari membangun Pulau Suaka Orang Utan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membangun gedung kantor, Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) membangun gedung kantor, dan BPJS Kesehatan membangun gedung kantor.

Lalu, PT PLN (Persero) membangun gedung kantor, Bank Mandiri membangun perkantoran/bank, Jambuluwuk membangun hotel, RGE (Royal Golden Eagle) Group membangun hotel bintang 5, dan Indogrosir membangun bangunan multi fungsi.

Kemudian, Ciputra Group membangun hunian hijau, hotel, dan lapangan golf, Bank BCA membangun perkantoran/bank, GGS Interiors membangunshowroom furniture, Ninar Primera membangun kawasan pergudangan, dan Grand Lucky membangun bangunan multi fungsi.

Meski demikian, Agung belum bisa membocorkan berapa nilai investasi dari 15 investor tersebut.

"Groundbreaking saya belum bisa sebut nilainya, tapi jumlah perusahaannya ada 15," kata dia.

Lebih lanjut, Agung mengatakan China dan Malaysia ikut seleksi tender pembangunan 166 tower dan rumah tapak di IKN dengan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU). Rinciannya, China diwakili oleh CITIC Limited dan Malaysia Maxim serta IJM Corporation Berhad.

CITC Construction rencananya akan membangun 60 tower. Sementara, Maxim 10 tower dan IJM 20 tower.

Adapun sisanya akan dibangun oleh empat perusahaan dalam negeri, yakni Summarecon, Trinitiland, PT Nindya Karya, dan Intiland. Keseluruhan proyek ini memiliki indikasi nilai capex sebesar Rp55 triliun.

"Mereka harus dievaluasi feasibility study, kemudian nanti dilakukan tender untuk kemudian ditetapkan mana yang terbaik. Baru kemudian ada perjanjian yang dibangun," jelas Agung.

Agung menyebut perusahaan asing yang ikut seleksi tender itu saat ini sedang dalam tahap evaluasi feasibility study. Jika proses itu lolos, mereka bisa menjadi tender.

"Jadi mereka berkompetisi, dipilih supaya kita mendapat hasil yang terbaik," tutur Agung.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Agung juga mengatakan saat ini ada enam negara yang telah menyatakan minat atauLetter of Intent (LOI)untuk mendukung pembangunan smart city di IKN.

Keenam negara itu yakni Korea Selatan, Amerika Serikat, Prancis, China, Jerman, dan Finlandia.

Terlepas dari itu semua, Agung mengatakan pihaknya berhasil merealisasikan komitmen investasi senilai Rp41 triliun dalam pembangunan IKN sepanjang 2023.

Total pendanaan non-APBN itu berasal dari 23 investor domestik alias dalam negeri.

Agung menuturkan masuknya 23 investor itu ditandai dengan pelaksanaan tiga rangkaian groundbreakingsejak September hingga Desember 2023 ini.

Ia menyebut tahap pertama ada empat investor masuk IKN, kemudian pada tahap kedua ada sembilan investor, dan pada tahap ketiga ada 10 investor.

"Dari investasi IKN ada 23 investor dan kita sebut mereka investor pelopor, pionir yang melaksanakan groundbreaking, total investasi senilai Rp41 triliun," ucap Agung.

Lihat Juga :
Luhut Sebut Ada Indikasi Pelanggaran SOP di Ledakan Smelter PT ITSS

Lebih rinci, keempat investor yang masuk dalam tahap pertama ini adalah Yayasan Innopark, RS Abdi Waluyo, PSSI, dan Konsorsium Nusantara (terdiri dari Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Pulau Intan, Salim Group, Astra, Mulia Group, Barito Pacific, Kawan Lama Group, dan Alfamart) dengan total investasi sebesar Rp23,1 triliun.

Lalu, investasi kedua yang masuk melalui groundbreakingpada November 2023 berasal dari RS Hermina, Pakuwon Group, Jakarta Intercultural School (JIS), Mayapada Hospital, Astra International, Kementerian Perhubungan, BPJS Ketenagakerjaan, Bank Indonesia (BI), dan PT PLN (Persero) dengan total nilai investasi sebesar Rp13,1 triliun.

Kemudian, investasi yang masuk IKN melalui groundbreaking pada Desember 2023 adalah Aqua, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, The Pakubuwono Development, Wulandari Bangun Laksana, Balikpapan Super Block, BSH, Bluebird, Polri dan TNI dengan total nilai Rp5,9 triliun.

(mrh/agt)




bab terbaru:game slot tergacor hari ini

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
rentalslot77
situs mandala 77
slot gacor jp maxwin
pinjol ojk bunga rendah 2022
pinjam dompet
supercuan889
rincian pinjaman kredivo
dipo4d
eneng4d
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara mendapatkan duit dengan mudah
Bab 2 slot indonesia terpercaya
Bab 3 daftar pinjol di ojk 2022
Bab 4 evo slot game
Bab 5 gacor club slot
Bab 6 spbolivescore
Bab 7 di akulaku
Bab 8 tebak angka jitu
Bab 9 link judi online
Bab 10 gopay138
Bab 11 hoki168
Bab 12 agen slot paling gacor
Bab 13 olympus gacor88
Bab 14 airbet88 slot
Bab 15 ratu3388 rtp
Bab 16 rtp live ajaib88
Bab 17 trik menang slot
Bab 18 jam slot gacor hari ini
Bab 19 slot 55
Bab 20 link slot terpercaya 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2859bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Perjalanan ke Barat: Kelahiran Kembali sebagai Iblis

club slot 888
Beli sepeda listrik baru di Transmart dijamin lebih murah soalnya ada banyak diskon selama gelaran Full Day Sale besok.
Beli sepeda listrik baru di Transmart dijamin lebih murah soalnya ada banyak diskon selama gelaran Full Day Sale besok. (CNN Indonesia/Muhammad Feraldi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Beli sepeda listrik baru di Transmart dijamin lebih murah soalnya ada banyak diskon selama gelaran Full Day Sale besok.

Kamu harus tahu Transmart Full Day Sale kini berlangsung spesial. Digelar selama dua hari mulai Sabtu, 30 Desember hingga Minggu, 31 Desember 2023, beragam produk pilihan bakal diskon gede-gedean hingga 50% + 20%.

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja di Transmart, Ada Diskon 20% Setiap Hari

Nggak cuma merek Exotic, merek lainnya pun juga didiskon selama gelaran ini.

Sepeda listrik Pacific E-Bike Vertex dari harga normal Rp7.200.000, diskon jadi Rp5.472.000 aja per unit khusus pembelian di gerai Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp1.728.000.

Sementara sepeda listrik Pacific E-Bike Vertex khusus luar Pulau Jawa dari harga normal Rp7.500.000, diskon jadi Rp5.760.000 per unit. Pembeli hemat Rp1.740.000.

Semua diskon sepeda listrik tersebut bisa pelanggan dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Keinginan Iblis

adminriki
Transmart kasih diskon gede-gedean buat sejumlah produk yang terpilih. Salah satunya dining set yang diskonnya sampai Rp800 ribuan.
Transmart kasih diskon gede-gedean buat sejumlah produk yang terpilih. Salah satunya dining set yang diskonnya sampai Rp800 ribuan (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi dan lebih spesial karena hadir selama dua hari pada Sabtu (30/12) dan Minggu (31/12).

Transmart kasih diskon gede-gedean buat sejumlah produk yang terpilih. Salah satunya dining setyang banting harga. Enggak tanggung-tanggung, diskonnya sampai Rp800 ribuan.

Lihat Juga :
Wow, Borong Belanjaan di Transmart Full Day Sale Bisa Semurah Ini

Bagi pelanggan Transmart yang belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Tinggal unduh aplikasinya dari hp kemudian upgradeke Allo Prime.

Bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart di seluruh Indonesia.

Gebyar diskon ini dimulai dari jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart di Indonesia.

Yuk segera ke Transmart dan serbu diskonnya sekarang juga dan bawa pulang meja dan kursi makan impianmu!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kaisar Iblis Abadi

paito paris
Petani menceritakan dampak kekeringan berkepanjangan (el nino) yang melanda tahun ini, mulai dari gagal panen hingga diceraikan istri.
Petani menceritakan dampak kekeringan berkepanjangan (el nino) yang melanda tahun ini, mulai dari gagal panen hingga diceraikan istri. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Sobar Alfahri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Petani menceritakan dampak kekeringanberkepanjangan (el nino) yang melanda tahun ini. Fenomena tersebut membuat mereka gagal panen, terlilit utang, hingga berujung pada perceraian.

Ketua Pusat Perbenihan Nasional Serikat Petani Indonesia (SPI) Kusnan mengatakan jeratan utang hingga perceraian umumnya terjadi di Jawa Barat. Ia mengamini gagal panen alias puso menjadi biang keroknya.

"Kalau di Jawa Barat kerentanan (perceraian gegara gagal panen) sangat tinggi karena lahan sempit. Jika terjadi kegagalan panen akhirnya terlilit utang terus enggak bisa bayar utang akhirnya terjadi perceraian," ungkapnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (28/12).

Kusnan mengatakan setelah perceraian tersebut, mantan istri petani itu meninggalkan daerahnya. Ia menyebut umumnya mereka kemudian beralih menjadi tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri.

Meski begitu, Kusnan tak memukul rata gagal panen di seluruh Indonesia akibat kekeringan. Ia hanya mengakui produktivitas tanaman menurun tahun ini.

Ia menyebut kekeringan air membuat produktivitas tanaman pangan menurun. Ujungnya, varietas yang ditanam lahan-lahan milik petani telat bertumbuh kembang.

Di lain sisi, Sekretaris Jenderal Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sadar Subagyo merinci dampak kekeringan tahun ini. Menurutnya, kekeringan yang terjadi kali ini bukan hanya berdampak ke gagal panen.

Sadar mengatakan petani juga harus dihadapkan dengan kenyataan pahit gagal tanam. Ia menyebut jadwal tanam pada akhirnya mundur 1 bulan hingga 2 bulan.

"Yang menyedihkan, Oktober 2023 sudah ada hujan, kami kira sudah masuk musim hujan jadi banyak (petani) yang langsung tanam. Eh, ternyata Desember kering lagi," curhat Sadar.

"Untuk produksi bisa berkurang sampai 3 juta ton gabah kering panen. Dampak lainnya jelas harga pangan meroket ⁠dan tak kalah penting adalah produksi gabah 2024 berpotensi turun lagi," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Suami hantu yang mendominasi sangat sulit untuk dihadapi

murniqq
Dishub Sumut sediakan 35 bus gratis pada F1Powerboat 2024
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Hassanudin. ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean
tidak ada kendala yang perlu dikhawatirkan dalam bidang transportasi
Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara menyediakan sebanyak 35 shuttlebus gratis dalam kejuaraan F1Powerboat Danau Toba 2024 yang digelar 2 sampai 3 Maret 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, di Medan, Jumat, mengatakan bus yang disediakan itu untuk mendukung kelancaran transportasi selama perhelatan kejuaraan balap air internasional tersebut.

"Langkah ini, kami lakukan untuk memastikan pengalaman terbaik untuk pengunjung selama berlangsungnya ajang internasional ini," ujar Agustinus, di Medan, Kamis.

Selama perhelatan itu, kata dia, pihaknya menyediakan 5 unit bus besar berkapasitas 50 kursi, 30 unit bus kecil 16 kursi yang akan dioperasikan mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

"Persiapan tersebut menjadi bagian dari kolaborasi dengan instansi terkait, mencakup Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut, Kemenhub melalui BPTD Sumut, Satlantas Polres Toba, dan Dishub Toba," kata dia.

Baca juga: Polda Sumut pasang 40 CCTV pantau pengamanan kejuaraan F1Powerboat 
Baca juga: Kapolda Sumut: Rekayasa lalu lintas F1Powerboat akses lokasi mudah

Selain itu, dia melanjutkan, pihaknya juga menyediakan dua unit Variable Message Sign (VMS) atau papan tanda jalan otomatis dan melibatkan sejumlah personel yang akan bertugas selama ajang tersebut.

"Konsep manajemen rekayasa lalulintas mengacu pada pelaksanaan eventAquabike 2023 lalu. Kita sudah siap dan akan berkolaborasi dengan instansi terkait, terutama dalam bidang transportasi," sebutnya.

Agustinus mengaku kejuaraan F1Powerboat 2023 menjadi pengalaman bagi pihaknya sehingga persiapan kejuaraan F1Powerboat 2024 dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

"Dishub Sumut memastikan bahwa tidak ada kendala yang perlu dikhawatirkan dalam bidang transportasi. Kolaborasi lintas instansi menjadi kekuatan utama dalam menyelenggarakan transportasi yang lancar dan efisien selama eventinternasional ini berlangsung," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumut kerahkan 1.138 personel amankan kejuaraan F1 Powerboat
Baca juga: 120 ton logistik F1Powerboat tiba di Danau Toba

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara melakukan simulasi rekayasa arus lalu lintas menjelang kejuaraan balap air internasional tersebut.

"Untuk kendaraan roda empat dan enam dari arah Tapanuli Utara dialihkan menuju by passBalige," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Dia mengatakan selama perhelatan kejuaraan F1Powerboat disediakan 10 lokasi parkir umum bagi masyarakat maupun wisatawan. Sedangkan akses warga menuju ke inti Kota Balige melawati Simpang Aek Bolon.

"Untuk kendaraan roda enam dari arah Medan atau Parapat dialihkan menuju by Pass Balige," kata dia.

Baca juga: Pembalap internasional F1Powerboat mulai berdatangan di Danau Toba
Baca juga: Menparekraf : F1Powerboat berdampak luas pada perekonomian 
Baca juga: Bupati Toba: F1Powerboat dorong peningkatan wisatawan ke Danau Toba

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Kaisar Agung

nama slot tergacor
Sejumlah investor meninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sejumlah investor meninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Daftar Isi
  • 1. Proyek Gasifikasi Batu Bara
  • 2. Proyek Gas Laut Dalam
  • 3. Proyek Gas Abadi
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah investormeninggalkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang disusun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sektor yang paling banyak ditinggalkan adalah minyak dan gas bumi (migas).

Adapun daftar PSN yang ditetapkan tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Kemudian direvisi menjadi Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020.

Hingga akhirnya dituangkan dalam Peraturan Menteri Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan Ketiga atas Permenko Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

1. Proyek Gasifikasi Batu Bara

Perusahaan Amerika Serikat (AS) Air Products and Chemicals Inc, mundur dari PSN gasifikasi batu bara yang berada di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan salah satu alasan Air Products and Chemicals Inc hengkang dari proyek kerja sama hilirisasi batu bara itu karena pengembangan bisnis di AS lebih menarik daripada di Indonesia.

Selain itu, pemerintah AS juga menawarkan subsidi, khususnya bagi pengembangan proyek energi baru dan terbarukan (EBT).

Lihat Juga :
Kemenkeu Hapus Artikel Tolak Pengungsi Rohingya Usai Dirujak Netizen

Tidak hanya keluar dari proyek yang digagas oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tersebut, Air Products and Chemicals juga angkat kaki dari proyek hilirisasi batu bara lainnya di Indonesia.

Proyek gasifikasi batu bara yang digagas PTBA ditetapkan sebagai PSN melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020, yang diteken Presiden Jokowi 17 November 2020 lalu.

2. Proyek Gas Laut Dalam

Investor lainnya yakni Chevron Indonesia Company (CICO) memilih hengkang dari PSN gas laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD) di Kalimantan Timur.

Hal itupun dibenarkan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Kendati, Arifin mengatakan meski ditinggalkan investor, proyek akan tetap jalan.

PSN ini terdiri dari dua proyek hub gas yang akan dikembangkan yakni Gendalo dan Gehem hub dan ditargetkan dapat beroperasi pada 2025.

3. Proyek Gas Abadi

PSN selanjutnya yang ditinggalkan investor adalah Proyek Lapangan Abadi, Blok Masela di Maluku.

Shell yang awalnya menjadi pengelola memutuskan untuk hengkang dengan melepas hak partisipasi (participating interest/PI) sebesar 35 persen.

Kekosongan sebagian hak partisipasi tersebut akhirnya 'memaksa' Kementerian ESDM untuk mendorong PT Pertamina (Persero) masuk ke blok migas tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Evolusi super kelahiran kembali

akun demo anti rungkad
Sejumlah harga bahan pokok naik jelang libur Tahun Baru 2024. Mulai dari daging sapi, beras, sampai daging ayam ras segar.
Sejumlah harga bahan pokok naik jelang libur Tahun Baru 2024. Mulai dari daging sapi, beras, sampai daging ayam ras segar. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah harga bahan pokoknaik jelang libur Tahun Baru 2024. Mulai dari daging sapi, beras, sampai daging ayam ras segar.

Berdasarkan harga pangan Bank Indonesia, Kamis (28/12), harga daging sapi kualitas 1 naik 0,36 persen atau Rp500 menjadi Rp138.150 per kilogram (kg). Diikuti oleh daging sapi kualitas 2 yang harganya naik 0,66 persen atau Rp850 menjadi Rp129.450 per kg.

Harga bawang merah ukuran sedang juga naik 6,77 persen atau naik Rp2.500 menjadi Rp39.450 per kg, dan bawang putih ukuran sedang naik 1,91 persen atau Rp750 menjadi Rp40.100 per kg.

Sedangkan harga cabai untuk semua jenis mengalami penurunan. Misalnya, cabai rawit merah turun 0,9 persen menjadi Rp93.300 per kg dan cabai merah keriting turun 2,18 persen menjadi Rp64 ribu per kg.

Sementara, dari info pangan Jakarta, mayoritas harga bahan pokok turun.

Daging sapi has turun Rp93 menjadi Rp143.825 per kg dan daging sapi murni (semur) turun Rp1.187 menjadi Rp138.285 per kg.

Semua harga cabai juga turun di Jakarta, cabe merah keriting turun Rp298 menjadi Rp72.885 per kg, cabe merah besar turun Rp655 menjadi Rp82.058 per kg dan cabai rawit merah turun Rp1.614 menjadi Rp92.885 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)