petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

77 bet slot

slot terbaru paling gacor 624Jutaan kata 775631Orang-orang telah membaca serialisasi

《77 bet slot》

Bandara Ngurah Rai Layani 11,88 Juta Penumpang hingga Juli 2023******

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali melayani melayani 11,88 juta penumpang domestik dan internasional hingga Juli 2023.
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali melayani melayani 11,88 juta penumpang domestik dan internasional hingga Juli 2023. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF).
Denpasar, CNN Indonesia--

Bandara Internasional I Gusti Ngurah RaiBalimelayani melayani 11,88 juta penumpang domestik dan internasional hingga Juli 2023.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan jumlah penumpang pada 2023 hampir menyamai jumlah keseluruhan penumpang tahun lalu.

"Di sepanjang 2023 hingga Juli, kami melayani sebanyak 11,88 juta penumpang domestik dan internasional atau sudah mencapai 95 persen dari keseluruhan jumlah penumpang 2022, di mana terdapat 12,52 juta penumpang domestik dan internasional," kata Handy, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8).

"Di Juli 2023, terdapat 1,15 juta penumpang internasional dengan rincian 581,8 ribu penumpang datang dan 568,24 ribu penumpang berangkat. Kami juga mencatat 993,59 ribu penumpang domestik dengan rincian 483,34 ribu penumpang datang dan 510,26 ribu penumpang berangkat," lanjutnya.

Ia menyebutkan, selama Juli 2023 rute Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi destinasi domestik dengan jumlah pergerakan penumpang tertinggi yakni 508,37 ribu penumpang.

Kemudian, Surabaya dengan 132,89 ribu penumpang dan Bandung dengan 53,65 ribu penumpang. Untuk rute internasional, Singapura menjadi rute paling sibuk dengan melayani 247,52 ribu penumpang. Diikuti dengan Kuala Lumpur, Malaysia dengan 141,29 ribu penumpang, dan Melbourne, Australia dengan 92,34 ribu penumpang.

Lihat Juga :
Arsitek Bantah Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Salah Desain

"Citilink Indonesia mencatatkan 1.059 pergerakan pesawat dengan mengangkut 152.060 penumpang. Diikuti maskapai Lion Air dengan 1.015 pergerakan pesawat yang mengangkut 191.498 penumpang, dan Indonesia Air Asia dengan 964 pergerakan pesawat yeng mengangkut 163.075 penumpang," ujarnya.

Sementara, untuk maskapai tersibuk yang melayani penerbangan internasional pada Juli 2023 adalah Jetstar Airways dengan 724 pergerakan pesawat yang melayani 156.450 penumpang.

Selanjutnya, Indonesia Air Asia dengan 684 pergerakan dan 107.079 penumpang, serta Batik Air Malaysia dengan 472 pergerakan dan 94.778 penumpang.

Walaupun hanya mencatatkan 124 pergerakan pesawat, namun maskapai Emirates melayani jumlah penumpang yang cukup tinggi yakni sebanyak 62.779 penumpang. Hal tersebut karena tingginya load factor pesawat A380 milik Emirates yang mencapai hingga 95 persen.

Lebih lanjut, Handy melihat lalu lintas angkutan udara di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terus meningkat seiring dengan pulihnya pariwisata di Pulau Bali.

"Disamping itu, secara intensif kami terus lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam rangka pembukaan rute baru menuju Bali. Sehingga, kami optimis dapat melakukan pelayanan kepada 20 juta penumpang pada 2023 ini," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/sfr)

KCIC Usulkan Tarif Diskon Kereta Cepat Jakarta******

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengusulkan tarif diskon KCJB rencananya ditetapkan seharga Rp250 ribu selama tiga tahun ke depan.
Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengusulkan tarif diskon KCJB rencananya ditetapkan seharga Rp250 ribu selama tiga tahun ke depan. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengusulkan tarif diskon Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) rencananya ditetapkan seharga Rp250 ribu selama tiga tahun ke depan. 

Dwiyana mengatakan tarif tersebut sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan. Adapun tarif diskon tersebut akan ditujukan untuk penumpang kelas II, namun tak berlaku bagi kelas VVIP.

"Kita sudah usulkan ke Kementerian Perhubungan, tiga tahun ini, kita usulkan untuk ada diskon tarif Rp250 ribu. Itu untuk kelas II. Kalau kelas VVIP kan memang segmented. Nggak perlu kita kasih diskon," ujarnya di Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung, Jakarta Timur, Sabtu (12/8).

"Pokoknya yg penting Rp250 ribu dulu, bagaimana itu bisa menarik minat masyarakat untuk beralih dari jalan tol ke kereta cepat, mengurangi macet," ujarnya.

Saat ini proyek KCJB masih terus dilakukan konstruksi. Adapun untuk pembangunan Stasiun Halim sudah mencapai 97,32 persen dan Karawang mencapai 98,14 persen. Sementara Stasiun Padalarang mencapai 67,51 persen dan Tegalluar mencapai 99,82 persen.

Lihat Juga :
Staf Luhut Klaim IMF Minta Maaf soal Hilirisasi Nikel

Selain itu, keempat stasiun tersebut akan terhubung dengan sejumlah akses seperti Jalan Raya, Tol, hingga LRT.

"Stasiun Halim akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jl DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta - Cikampek, LRT Jabodebek hingga nantinya BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, Shuttle dari bandara halim, Microtrans, dan taksi konvensional maupun online," ujar Dwiyana dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/8).

Dwiyana mengatakan untuk akses terusan jalan DI Pandjaitan dan Exit Tol km 1+850 Jakarta - Cikampek akan mulai beroperasi pada Agustus 2023. Sementara untuk yang lainnya, Dwiyana mengaku masih dalam proses penyelesaian. "Kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023," kata Dwiyana. 

Selain itu, Dwiyana mengatakan ketiga stasiun lainnya juga tengah dipersiapkan. Ia mengatakan Stasiun Padalarang bakal terhubung dengan Kawasan Kota Baru Parahyangan yang memiliki area drop off dan skybridge dan terhubung langsung dengan bangunan stasiun. Namun, saat ini KCIC tengah berfokus untuk memperbaiki dan melebar jalan eksisting menuju stasiun.

Sementara untuk Stasiun Karawang bakal dibangun akses jalan dari kawasan THK dan Deltamas serta Exit Tol Km 42 Tol Jakarta-Cikampek. Dwiyana mengatakan pembangunan tersebut masih dalam tahap persiapan.

Kemudian, untuk Stasiun Tegalluar saat ini telah memiliki akses dari Jembatan Cibiru Hilir yang baru saja dioperasikan pada 10 Agustus lalu.

[Gambas:Video CNN]



(pan/dzu)

Deret Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini******

Analis menyebut sejumlah saham berpotensi cuan pada pekan ini. Namun, mereka menyarankan pasar wait and see dalam mengoleksi saham.
Analis menyebut sejumlah saham berpotensi cuan pada pekan ini. Namun, mereka menyarankan pasar wait and see dalam mengoleksi saham. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.879 pada Jumat (11/8). Indeks saham melemah 13,29 poin atau turun 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data dari RTI, tercatat asing melakukan aksi net buysepanjang pekan lalu mencapai Rp2,06 triliun di seluruh perdagangan. Rerata nilai transaksi sepekan sebesar Rp12,24 triliun, lebih tinggi dibandingkan pekan sebelumnya sebesar Rp11,63 triliun.

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memproyeksi IHSG bergerak terbatas pekan ini. Ia menyebut jika IHSG gagal mempertahankan level 6.833 atau MA200 maka investor harus hati-hati terhadap koreksi.

Penurunan diperkirakan terjadi lantaran harga komoditas yang masih moderat. Penurunan juga dipicu impor China yang jatuh terdalam sejak Januari 2023.

"Kami berpandangan dengan potensi melambatnya China bisa memberikan dampak negatif pasar," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (14/8).

Sementara, sentimen yang mempengaruhi dari luar negeri adalah risalah rapat FOMC The Fed yang berpotensi memberikan dampak negatif terhadap pasar. Menurutnya, rilis data inflasi AS pada Juli yang naik ke 3,2 persen akan berdampak terhadap kebijakan bunga acuan The Fed.

Lihat Juga :
Staf Sri Mulyani Bantu Jokowi Jawab Kritik Hilirisasi Faisal Basri

Dengan pergerakan IHSG yang masih perlu konfirmasi untuk penguatan serta dari data ekonomi baik dalam maupun luar negeri cenderung negatif, Audi menyarankan investor untuk wait-and-seeterlebih dahulu.

"Jika terkonfirmasi breakout area supply, maka kami melihat IHSG berpotensi menguat lebih jauh," kata Audi.

Untuk pekan ini Audi merekomendasikan empat saham untuk dibeli, yakni PT Surya Esa Perkasa Tbk atau ESSA dengan prediksi support595 dan resistance740. Lalu, PT Mitra Adiperkasa Tbk atau MAPI diramal bergerak di rentang 1.950-2.200.

Kemudian, PT Wijaya Karya Tbk atau WIKA di rentang 366-446 dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) di rentang 2.070-2.260.

Sementara Associate Director PT Universal Broker Indonesia Sekuritas Hadrian Maynard Taslim melihat IHSG pada pekan ini akan bergerak sidewaysdengan support6.769-6.834 dan resistance6.931-6.966.

Menurutnya, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG ke depan adalah rilis data neraca perdagangan RI per Juli 2023 yang diperkirakan masih surplus US,51 miliar, walaupun turun dari bulan sebelumnya sebesar US,46 miliar.

Sentimen dalam negeri yang juga membayangi pasar adalah penerapan ARB simetris atau ketentuan persentase ARB yang sama atau selaras dengan batas persentase Auto RejectionAtas (ARA) mulai September mendatang.

Sementara dari global, Hadrian mengatakan tidak ada sentimen yang akan terlalu mempengaruhi IHSG. Namun, investor masih akan mencermati kebijakan moneter The Fed setelah rilis data inflasi AS pekan lalu yang melandai di 3 persen, tetapi belum mencapai target The Fed di kisaran 2 persen.

[Gambas:Video CNN]

Di tengah sentimen yang beragam ini, Hadrian menilai masih ada sektor yang berpotensi menguat dan layak untuk koleksi, yakni barang baku dan consumer cyclical.

Adapun saham yang direkomendasikan Hadrian pada pekan ini untuk dikoleksi adalah:

1. ESSA

Trading buy: 610-625
Target : 705-730
Support : 550-565

2. WIKA

Speculative buy if break 400
Target : 442-466
Support : 358-380

3. ADRO

Speculative buy: 2.280-2.320
Target : 2520-2630
Support : 2010-2190

Lihat Juga :
Staf Luhut Bantah Kritik Faisal Basri soal Harga Nikel RI Kemurahan
(agt/agt)




bab terbaru:rutinqq

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
lanjut slot
detik slot888
semua situs slot gacor
auraslot 88
berkelahi 2d togel
depo 77 slot
situs judi tergacor
paito oregon 9 wla
situs slot luar negeri 2023
Daftar isi semua bab
Bab 1 gamepols
Bab 2 slot gacor gampang
Bab 3 oriqq
Bab 4 superkaya88
Bab 5 pinjol auto acc
Bab 6 gacor indonesia
Bab 7 303vip
Bab 8 tutorial pasang togel
Bab 9 buku mimpi bergambar joker merah
Bab 10 situs judi slot gacor hari ini
Bab 11 slot gacor 555
Bab 12 madrid slot 88
Bab 13 link agen slot
Bab 14 pinjol resmi ojk 2021 cepat cair
Bab 15 wa cs kredivo
Bab 16 ngamenjitu
Bab 17 erek 22
Bab 18 jekpot88
Bab 19 klik388
Bab 20 link togel terlengkap
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8558bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Tuan Perang Penciptaan

heylink.me slot bonus new member 100
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali melemah pada perdagangan Kamis (10/8) pagi ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali melemah pada perdagangan Kamis (10/8) ini. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali melemah pada perdagangan Kamis (10/8) pagi ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan meski IHSG ditutup menguat pada perdagangan hari sebelumnya, namun masih di bawah garis SMA-20, sehingga kemungkinan besar akan lanjut melemah pada hari ini.

"Berdasarkan indikator MACD (Moving Average Convergence Divergence) menandakan momentum bearish," ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sedangkan, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat pergerakan IHSG akan cenderung sideways dengan potensi kenaikan terbatas. Hal ini didukung oleh adanya pembalikan arah pada nilai tukar rupiah serta masih tercatatnya capital inflow secara year to date.

"Kondisi ini akan memberikan sentimen bagi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," kata William.

Menurutnya, jika dalam jangka pendek terjadi koreksi wajar, maka para investor dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan akumulasi pembelian untuk saham-saham yang memiliki fundamental kuat dengan likuiditas tinggi.



Ia pun memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.821 danresistance6.954 hari ini. William merekomendasikan sejumlah saham, yakni ASII, ITMG, BBCA, BBNI, TLKM, ASRI, dan KLBF.

Sebelumnya, IHSG ditutup di level 6.875 pada Rabu (9/8) sore. Indeks saham menguat 6,29 poin atau 0,09 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,11 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 25,91 miliar saham. Pada penutupan kali ini, 219 saham menguat, 304 terkoreksi, dan 221 saham lainnya stagnan.

Terpantau, delapan dari 11 indeks sektoral melemah dipimpin sektor teknologi yang minus 2,19 persen. Sedangkan, tiga lainnya menguat.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Gerbang Bayangan Langit

permainan slot yang bagus
Meski gajian masih lama, kamu tetap bisa ikutan berburu diskon di Transmart Full Day Sale. Tinggal bayar pakai Allo Paylater, belanja sekarang bayar nanti.
Meski gajian masih lama, kamu tetap bisa ikutan berburu diskon di Transmart Full Day Sale. Tinggal bayar pakai Allo Paylater, belanja sekarang bayar nanti. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bagi kamu yang ingin ikutan pesta diskon seharian di Transmart Full Day Sale tapi gajian masih lama, tenang aja! Kamu tetap bisa ikutan berburu diskon.

Soalnya, di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja bisa menggunakan metode pembayaran Allo Paylater. Dengan layanan ini, kamu bisa belanja sekarang bayar nanti.

Lihat Juga :
Bisa Belanja Sekarang Bayar Nanti di Transmart Full Day Sale

Kamu juga enggak perlu khawatir kalau belum punya aplikasi Allo Bank, apalagi belum mengajukan Allo Paylater.

Soalnya, aplikasi Allo Bank tinggal diunduh aja di App Store atau Google Play Store. Kemudian, daftarkan diri untuk mendapatkan akun.

Lalu, upgrade akun ke Allo Prime. Setelah itu, lanjut ajukan Allo Paylater. Prosesnya dijamin mudah dan cepat. Jadi enggak akan ketinggalan promo Transmart deh!

Selain pakai Allo Paylater, kamu juga bisa belanja sekarang bayar nanti dengan kartu kredit Bank Mega dan Mega Syariah.

Buat yang belum punya, cus langsung ajukan. Prosesnya juga dijamin cepat dan mudah sehingga bisa langsung dipakai belanja di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja.

Keuntungan lainnya, belanja pakai Allo Paylater dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah selain bisa belanja sekarang bayar nanti, juga bisa dapat diskon tambahan sebesar 20 persen.

Wah, semakin hemat kan! Nah kalau amunisi sudah siap, jangan lupa ke Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja ya!

Pesta diskon seharian ini cuma berlaku pada Selasa (15/8) mulai jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia!

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Budidaya kembali: Saya adalah Tuhan yang sejati

liga367
Perusahaan-perusahaan besar Uni Eropa rugi hingga ratusan triliun akibat bermusuhan dengan Rusia. Tiga di antaranya BP, Shell dan TotalEnergies.
Perusahaan-perusahaan besar Uni Eropa rugi hingga ratusan triliun akibat bermusuhan dengan Rusia. Tiga di antaranya BP, Shell dan TotalEnergies. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan-perusahaan besar Uni Eropa rugi hingga ribuan triliun akibat bermusuhan dengan Rusia. Tiga di antaranya BP, Shell dan TotalEnergies.

Berdasarkan laporan Financial Times yang dikutipbusinessinsider, Rabu (9/8), total kerugian yang dialami perusahaan Eropa mencapai 100 miliar euro atau setara Rp1.667,33 triliun (asumsi kurs Rp16.673 per euro).

Survei yang dilakukan FT terhadap 600 laporan keuangan perusahaan, menunjukkan bahwa 176 di antaranya mengalami kerugian akibat penurunan penjualan, penutupan usaha hingga pengurangan bisnis di Rusia.

Kerugian terbesar dialami oleh perusahaan Eropa yang ada di sektor energi. Tiga diantaranya BP, Shell dan TotalEnergies mengakumulasi kerugian hingga 40,6 miliar euro Eropa atau Rp676.93 triliun. Kerugian terbesar kedua berasal dari sektor industri kimia dan otomotif.

Namun, kerugian ini masih bisa bertambah. Pasalnya belum semua perusahaan Eropa meninggalkan Rusia. Menurut studi yang dilakukan Yale, setengah dari 1.000 perusahaan yang berjanji untuk meninggalkan Moskow masih belum juga hengkang.

Kendati, studi menyebutkan meski perusahaan tersebut memilih untuk tetap tinggal di Moskow, bukan berarti mereka akan untung. Justru akan menambah kerugian. Artinya, pergi dan tetap tinggal di Rusia memberikan dampak negatif.

"Bahkan jika sebuah perusahaan kehilangan banyak uang (rugi) saat meninggalkan Rusia, mereka yang tetap tinggal menghadapi risiko kerugian yang jauh lebih besar," kata Nabi Abdullaev, partner di konsultan strategis Control Risks.

Serangan Rusia pertama kali ke Ukraina dilakukan pada awal tahun lalu memang mendapat kecaman dari berbagai negara. Sehingga banyak yang memilih untuk 'bermusuhan' dengan Moskow, termasuk AS dan negara-negara Eropa lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Bumi ini agak jahat

daftar link slot gacor 2022
Pengamat menilai tak semua infrastruktur yang ditugaskan pemerintah ke BUMN Karya menguntungkan bagi perusahaan. Imbasnya, perusahaan terbebani oleh utang.
Pengamat menilai tak semua infrastruktur yang ditugaskan pemerintah ke BUMN Karya menguntungkan bagi perusahaan. Imbasnya, perusahaan terbebani oleh utang. Ilustrasi. (CNN Indonesia / Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya tak henti-hentinya diterpa angin. Perusahaan-perusahaan pelat merah itu terus-menerus dihadapkan dengan masalah.

Lihat saja, belakangan PT Waskita Karya (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika dituding manipulasi laporan keuangan.

Saham Waskita juga ditangguhkan di pasar modal, bahkan hengkang dari indeks IDX BUMN 20 atau kumpulan saham-saham perusahaan pelat merah pilihan.

Terbaru, BUMN Karya ternyata memiliki utang segudang kepada perbankan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar.

Ia menyebut perbankan memberikan utang sebesar Rp46,21 triliun kepada sejumlah BUMN Karya.

"Untuk pinjaman bank-bank kepada BUMN Karya, menurut catatan yang kami miliki, secara total kredit seluruh bank kepada BUMN Karya adalah Rp46,21 triliun," katanya dalam Konferensi Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Menara Radius Prawiro OJK, Jakarta Pusat, Selasa (1/8).

Lihat Juga :
KCIC Jelaskan soal Isu Subkontraktor Tak Dibayar

Kendati demikian, Mahendra enggan merinci berapa BUMN Karya yang mendapat pinjaman sebesar itu dan porsinya. Ia berdalih data tersebut terlalu teknis.

Secara terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pemerintah berencana membatasi kredit yang disalurkan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) kepada BUMN karya. Ia mengaku rencana ini tengah menjadi pembicaraan antara pimpinan bank pelat merah dan BUMN karya.

Demi membatasi pinjaman BUMN Karya, ke depan pemberian kredit akan dilakukan berdasarkan proyek alias tidak berdasarkan korporasi.

"Kami akan dukung (pinjaman) BUMN Karya lagi, tetapi tidak berdasarkan korporasi, tapi berdasarkan proyek based. Karena (pinjaman) itu kan dibayarkan secara multiyears, itu kami coba inisiasi," ucapnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (7/8).

Lihat Juga :
Arsitek Bantah Jembatan Lengkung LRT Jabodebek Salah Desain

Erick menilai langkah tersebut juga dilakukan demi mencegah penyalahgunaan pinjaman seperti yang sudah lama terjadi. Maklum, penyalahgunaan tersebut pada akhirnya membuat kinerja keuangan BUMN Karya buruk.

"Jangan sampai di aksi korporasi di atas kita bantu, (tapi) nanti ada penyelewengan. Mestinya buat proyek, ini (malah) beli tanah, beli gedung. Itu problem lho di Karya, dan ini kembali bukan problem hari ini, ini problem beberapa tahun yang lalu," tuturnya.

Lantas, apa yang memicu BUMN Karya memiliki utang menggunung kepada perbankan?

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan sejak infrastruktur menjadi sektor andalan pemerintah, BUMN Karya menjadi tulang punggungnya di tataran lapangan. BUMN Karya mendapat misi khusus atau penugasan dari pemerintah untuk membangun berbagai macam infrastruktur.

Lihat Juga :
INDEF Bandingkan Kinerja Sektor Manufaktur Era Jokowi dengan SBY

Masalahnya, tak semua proyek yang ditugaskan oleh pemerintah itu memiliki Return of Investment(ROI) yang baik. Bahkan, kata Ronny, boleh jadi sebagian dari proyek-proyek tersebut kurang layak secara bisnis. BUMN Karyanya justru mengalami rugi setelah mengerjakannya.

BUMN Karya hanya mengandalkan dukungan penuh pemerintah, dengan asumsi jika terjadi hal-hal di luar perhitungan. Dengan kata lain, jika ada proyek yang membebani keuangan perusahaan, maka pemerintah diasumsikan akan ikut turun tangan membantu.

Tak pelak, perpaduan ketidaklayakan proyek dan asumsi didukung pemerintah juga melahirkan moral hazard. Ronny menilai hal ini sangat berpeluang untuk melahirkan berbagai tindakan malapraktik, mulai dari perencanaan sampai pengerjaan proyek.

"Walhasil, proyek-proyek yang dikerjakan BUMN-BUMN Karya tersebut memang akhirnya membebani keuangan perusahaan. Bahkan sebagian malah tak mampu membayar tagihan surat utang yang telah mereka terbitkan," jelas Ronny kepada CNNIndonesia.com.

Bersambung ke halaman berikutnya...

BUMN Perlu Privatisasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Teman buku terkuat

zet77
Para pemburu diskon, jangan lupa belanja di Transmart ya, soalnya promo pesta diskon seharian 50% + 20% datang lagi nih.
Para pemburu diskon, jangan lupa belanja di Transmart ya, soalnya promo pesta diskon seharian 50% + 20% datang lagi nih. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Para pemburu diskon, jangan lupa belanja murah kebutuhan rumah tangga di Transmart ya!

Soalnya, promo pesta diskon seharian bertajuk Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja datang lagi nih.

Lihat Juga :
Bisa Belanja Sekarang Bayar Nanti di Transmart Full Day Sale

Promo belanjanya akan berlaku untuk berbagai produk rumah tangga, bahan pangan, furnitur, elektronik, sampai sepeda listrik terpilih.

Diskonnya enggak tanggung-tanggung sampai 50 persen. Selain itu ada juga tambahan diskon sebesar 20 persen untuk metode pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, dan kartu kredit Bank Mega serta Mega Syariah.

Berikut syarat dan ketentuan lengkapnya.

  1. Diskon tambahan 20 persen hanya untuk menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.
  2. Diskon tambahan 20 persen hanya berlaku pada 15 Agustus 2023. Mulai buka toko sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh toko Transmart.
  3. Khusus untuk elektronik maksimal pembelian 2 pcs per kategori (TV, AC, kulkas, mesin cuci) small appliance tanpa pembatasan.
  4. Khusus untuk kebutuhan sehari-hari, pembelian maksimal 12 pcs per produk item.
  5. Khusus untuk pembelian ayam maksimal 2 ekor dan daging 2 kg.
  6. Khusus untuk sepeda listrik maksimal pembelian 2 unit.
  7. Khusus untuk kosmetik dan fragrance berlaku diskon 10 persen regular dan tidak berlaku diskon di Body Shop & Sport Station.
  8. Diskon tidak berlaku untuk minyak goreng, susu bayi & anak, mie instan, beras, terigu, telur, rokok, minuman beralkohol, parcel/hampers, gadget dan laptop, dan produk lainnya yang bertanda 'Tidak Berlaku Diskon'.
  9. Diskon tidak berlaku untuk Mega Corporate, Mega Wholesale Card, Mega Groserindo, TVS & Trans Hello.
  10. Tidak dapat refund dan tidak berlaku pembelian partai besar (pedagang).

Wah siap-siap berburu diskon ya! Jangan sampai ketinggalan! Ingat, belanja murah kebutuhan rumah tangga cuma di Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja!

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Sistem Kebangkitan Jiwa Tanpa Batas

ratu188
Akun instagram LRT Jabodebek kembali pulih pada Kamis (10/8) usai sempat diretas pada Rabu (9/8) kemarin.
Akun instagram LRT Jabodebek kembali pulih pada Kamis (10/8) usai sempat diretas pada Rabu (9/8) kemarin. (Tangkapan layar instagram @lrt_jabodebek).
Jakarta, CNN Indonesia--

Akun instagramLRTJabodebek kembali pulih pada Kamis (10/8) usai sempat diretas pada Rabu (9/8) kemarin.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardojo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah sangat peduli dan memberikan bantuan sehingga akun @lrt_jabodebek bisa kembali normal.

"Kami berterima kasih kepada tim IT KAI dan pihak lain yang membantu memulihkan akun instagram kami," ungkap Kuswardoyo dalam keterangan resmi.

LRT Jabodebek juga meminta bantuan masyarakat luas untuk segera menginformasikan bila terdapat unggahan yang terlihat tidak sesuai pada akun media sosial mereka.

Sebelumnya, akun instagram @lrt_jabodebek diretas pada Rabu (9/8) menjadi akun buat tebus murah Iphone 14 .

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, akun instagram @lrt_jabodebek mengunggah pengumuman membagikan iphone 15 promax secara gratis. Iphone diberikan gratis kepada dua orang pengikut @lrt_jabodebek.

"SPESIAL PROMO GIVE AWAY TEBUS MURAH KHUSUS UNTUK FOLLOWERS @Lrt_jabodebek , 2 ORANG TERCEPAT NEW IPHONE 14 PROMAX 256GB GARANSI RESMI IBOX," tulis akun @lrt_jabodebek.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)