petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredivo pinjaman uang

panen123 26Jutaan kata 435265Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredivo pinjaman uang》

Harga Kripto Jagoan Bervariasi, XRP dan BNB Rebound Tinggi******

Harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bervariasi pada Rabu (8/3) pagi. XRP dan BNB berhasil rebound.
Harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bervariasi pada Rabu (8/3) pagi. XRP dan BNB berhasil rebound. (istockphoto/gopixa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bervariasi pada perdaganganRabu (8/3) pagi. Di antara 10 koin teratas, XRP dan BNB berhasil rebound.

Mengutip coinmarketcap, XRP rebound 2,4 persen ke level USGaji Pekerja di IKN Bebas Pajak Sampai 2035, Kecuali PNS dan Pejabat******

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membebaskan pajak penghasilan bagi pekerja swasta yang bekerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membebaskan pajak penghasilan bagi pekerja swasta yang bekerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan insentif bagi pegawai yang kerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan pembebasan pajak penghasilan (PPh) pasal 21 yang bakal ditanggung pemerintah (DTP).

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara.

Namun, pembebasan PPh pasal 21 hanya berlaku bagi pekerja swasta. Sedangkan untuk PNS, hingga pejabat negara ataupun pegawai yang gajinya dari APBN dikecualikan.

Adapun pegawai tertentu sebagaimana dimaksud adalah pegawai yang:
a. menerima atau memperoleh penghasilan dari pemberi kerja tertentu;
b. bertempat tinggal di wilayah Ibu Kota Nusantara; dan
c. memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak yang terdaftar di kantor pelayanan pajak yang wilayah kerjanya meliputi wilayah IKN.

Untuk bisa mendapatkan fasilitas pembebasan PPh 21, maka pekerja wajib menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan Orang Pribadi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

"Atas penghasilan yang diterima atau diperoleh pegawai tertentu selain penghasilan yang diterima sehubungan dengan pekerjaan, tetap dikenakan PPh sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang PPh termasuk penghasilan yang berasal dari luar wilayah IKN," tulis pasal 51 ayat 22 PP tersebut.

Jokowi menekankan bahwa fasilitas ini bisa didapatkan atau berlaku bagi pekerja di IKN sampai 2035 mendatang.

Sedangkan yang dikecualikan dari fasilitas PPh pasal 21 DTP ini adalah:
a. penerima penghasilan merupakan pejabat negara, pegawai negeri sipil, anggota Tentara Nasional Indonesia, dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
b. penghasilan berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara atau anggaran pendapatan dan belanja daerah; dan
c. Pajak Penghasilan Pasal 21 telah ditanggung pemerintah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr),37 per koin. Tren sepekan, koin buatan Ripple Labs ini naik tipis 0,9 persen.

BNB bangkit 0,1 persen ke harga US9 per koin pada perdagangan 24 jam, serta turun 4,2 persen dalam seminggu.

Ethereum terpeleset ke US.563 per koin imbas pelemahan 0,6 persen. Sementara Cardano pun tergelincir 1,2 persen ke USMayoritas Kripto Kompak Bangkit, Bitcoin Anteng di Level US Ribu******

Mayoritas kripto berkapitalisasi pasar terbesar kompak bangkit pada Selasa (7/3). Meski menguat, Bitcoin masih anteng di level US ribu.
Mayoritas kripto berkapitalisasi pasar terbesar kompak bangkit pada Selasa (7/3). Meski menguat, Bitcoin masih anteng di level US ribu. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak bangkit pada perdaganganSelasa (7/3) pagi. Meski menguat tipis, Bitcoin masih anteng di level US ribu.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin naik 0,5 persen ke US.478 per keping. Tren sepekan, Si Raja Koin ini tercatat turun 4,2 persen.

Ethereum merangkak ke US.573 per koin setelah naik 0,9 persen. BNB bangkit 1,1 persen ke harga US8 per koin pada perdagangan 24 jam, serta turun 6,2 persen dalam seminggu.

Polygon dan Dogecoin mencatatkan kenaikan di atas 2 persen. Polygon melesat 2,5 persen ke harga US,15 per koin, sedangkan Dogecoin naik 2,6 persen ke USBapanas Kaji Harga Patokan Gabah dan Beras Baru Jelang Panen Raya******

Bapanas menggodok HPP gabah dan beras baru menjelang panen raya. HPP saat ini, yakni Rp4.200 per kg, dinilai sudah tak relevan lagi.
Bapanas menggodok HPP gabah dan beras baru menjelang panen raya. HPP saat ini, yakni Rp4.200 per kg, dinilai sudah tak relevan lagi. (ANTARA FOTO/CANDRA YANUARSYAH)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) tengah menggodok Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabahdan beras baru menjelang panen raya. HPP gabah kering panen (GKP) saat ini, yakni Rp4.200 per kg, dinilai sudah tak relevan lagi.

Pengkajian ini dilakukan bersama para pemangku kepentingan perberasan nasional untuk menentukan besaran HPP yang akan menjadi patokan harga dalam menyerap gabah petani. Dari regulator, pengusaha hingga petani memberi masukan soal harga baru gabah dan beras.

"Kami analisis setiap opsi, terutama terkait impact-nya apabila opsi A, B, dan seterusnya diterapkan, bagaimana dampaknya terhadap inflasi, kesejahteraan petani, serta daya beli masyarakat," kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dikutip dariAntara, Jumat (3/3).

Kementerian Pertanian (Kementan) mengusulkan HPP berada di kisaran Rp4.800-Rp5.100 per kg dan BRIN mengusulkan harga GKP berkisar Rp4.850-Rp5.000 per kg.

Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) mengusulkan HPP GKP Rp5.700 per kg, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengusulkan Rp5.550 per kg dan Serikat Petani Indonesia (SPI) mengusulkan Rp5.600 per kg.

Sementara itu, Aliansi Petani Indonesia (API) mengusulkan Rp5.800 per kg dan Penggerak Pembangunan Masyarakat Desa (Gerbangmassa) mengusulkan Rp5.375 per kg, lalu Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) mengusulkan Rp5.400 per kg.

Arief menjelaskan semua usulan akan diterima dan ditampung terlebih dahulu, setelah dianalisis selanjutnya akan dibawa ke tingkat pertemuan yang lebih tinggi.

Dalam penetapannya nanti, kata Arif, pemerintah mempertimbangkan dari berbagai sisi secara menyeluruh, baik dari sisi petani, pelaku usaha penggilingan, konsumen, pengendalian inflasi dan lainnya.

"Tidak mungkin pemerintah hanya mengedepankan satu aspek dan kelompok saja. Pasti akan ada pertimbangannya, misal apabila ditetapkan terlalu tinggi bagaimana dampaknya terhadap komoditas lain. Namun yang pasti, HPP GKP harga Rp4.200 per kg sudah tidak akan dipilih lagi," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)

[Gambas:Video CNN]
,075 per keping.

Trio koin stabil yakni Tether, Binance USD dan USD Coin masih setia di harga US. Ketiganya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu),32 per koin.

Polygon relatif stabil di US,15 per koin, berfluktuasi tipis di bawah 1 persen. Sedangkan Dogecoin anjlok 2,3 persen ke USIsi Surat KCI ke Kemendag Soal Impor KRL Bekas Jepang Usia 28 Tahun******

Ada enam poin dalam surat KCI kepada Kementerian Perdagangan soal permohonan impor KRL bekas dari Jepang berumur 28 tahun.
Ada enam poin dalam surat KCI kepada Kementerian Perdagangan soal permohonan impor KRL bekas dari Jepang berumur 28 tahun. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sudah mengirim surat permohonanimpor KRL bekasberusia 28 tahun dari Jepang sejak September 2022. Ada enam poin yang disebutkan dalam pengajuan impor kereta bekas buatan tahun 1994 tersebut.

Berdasarkan surat yang didapatkan CNNIndonesia.com, surat tersebut tertanggal 13 September 2022 dan ditujukan ke Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Surat bernomor 32/AL.105/CU/KCl/lX/2022 itu berjudul Surat Permohonan Dispensasi dalam Rangka Permohonan Persetujuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru.

"Mulai 2023 sampai dengan 2024, PT KCI memiliki kebutuhan untuk melakukan program konservasi/scrap/peremajaan atas trainset eksisting yang terdiri dari KRL Seri 05, KRL Seri 6000, dan KRL Seri 7000," tulis poin ketiga tersebut, dikutip Jumat (3/3).

Keempat, KCI menegaskan berkomitmen dengan produk industri dalam negeri dengan mengedepankan penggunaan suku cadang Tanah Air sejak 2009, antara Iain jok kursi penumpang, pembelian AC, hingga deadman pedal (peralatan siaga).

Lihat Juga :
Luhut dan Anak Buah Mulai Pakai Mobil Listrik untuk Dinas

"Maka dalam masa transisi pemenuhan sarana baru dari PT INKA, PT KCI mengajukan permohonan untuk dapat diberikan dispensasi impor barang modal dalam keadaan tidak baru sejumlah 348 unit KRL Seri E217," tulis poin kelima.

Rincian detail izin permohonan impor 348 unit KRL bekas Jepang tersebut adalah sebagai berikut:

Tahun kebutuhan: 2023
Uraian barang: KRL Seri E217
Pos Tarif/HS Code: 8603.10.00
Jumlah dan satuan: 120 unit
Usia/tahun pembuatan: 28 tahun/1994
Negara muat: Tokyo, Jepang
Pelabuhan tujuan: Tanjung Priok, Jakarta

Tahun kebutuhan: 2024
Uraian barang: KRL Seri E217
Pos Tarif/HS Code: 8603.10.00
Jumlah dan satuan: 228 unit
Usia/tahun pembuatan: 28 tahun/1994
Negara muat: Tokyo, Jepang
Pelabuhan tujuan: Tanjung Priok, Jakarta

"Demikian surat permohonan dispensasi dalam rangka permohonan persetujuan impor barang modal dalam keadaan tidak baru ini kami sampaikan, atas perkenan Bapak/lbu kami ucapkan terima kasih," tutup poin keenam surat tersebut.

Tembusan surat permohonan KCI tersebut ditujukan ke Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian dan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

CNNIndonesia.comberupaya mengonfirmasi kebenaran surat itu kepada VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. Namun, ia tidak membenarkan maupun membantah keaslian surat tersebut.

"Dapat dari mana? Surat-surat bisa menyebar. Saya tidak akan bahas surat-menyurat internal," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta),072 per keping.

Trio koin stabil yakni Tether, Binance USD dan USD Coin masih setia di harga US.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)

Baru Laku 30 Ribu, Tiket Kereta Mudik 2023 Masih Bisa Dipesan******

KAI memastikan tiket kereta untuk mudik 2023 masih tersedia banyak. Tiket baru terjual 30 ribu dari 3,5 juta kuota yang disediakan untuk mudik Lebaran.
KAI memastikan tiket kereta untuk mudik 2023 masih tersedia banyak. Tiket baru terjual 30 ribu dari 3,5 juta kuota yang disediakan untuk mudik Lebaran. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikantiket keretauntuk periode mudik 2023masih tersedia banyak.  VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan saat ini tiket mudik yang terjual baru 30 ribu tiket dari 3,5 juta kuota yang disediakan.

Ia menjelaskan pemesanan tiket mudik bisa dilakukan melalui aplikasitravel onlineyang dimiliki.

"Berdasarkan pantauan hari ini, 2 Maret 2023, tiket KA jarak jauh pada masa angkutan Lebaran yang telah terjual adalah sekitar 30.000 tiket," ujar Joni kepada CNNIndonesia.com, Kamis (2/3).

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia," jelasnya.

Sedangkan, untuk periode keberangkatan di atas 17 April 2023, penjualan tiket belum dibuka. Sebab, penjualan tiket kereta dilakukan H-45 keberangkatan. Banyak konsumen yang sudah berburu tiket mudik mulai tanggal tersebut agar bisa pulang kampung lebih awal.

"Penjualan tiket KA yaitu maksimal H-45 sebelum keberangkatan. Kalau 19 April sampai 2 Mei, itu lebih dari H-45, artinya belum dibuka penjualannya," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

[Gambas:Video CNN]

Harga Emas Anjlok ke Posisi Rp1,020 Juta per Gram Pagi Ini******

Harga jual emas Antam berada di posisi Rp1,020 juta per gram pada Rabu (8/3), turun Rp12 ribu dari Rp1,032 juta pada perdagangan sebelumnya.
Harga jual emas Antam berada di posisi Rp1,020 juta per gram pada Rabu (8/3), turun Rp12 ribu dari Rp1,032 juta pada perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/FB Anggoro).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,020 juta per gram pada Rabu (8/3). Harga emas tercatat turun Rp12 ribu dari Rp1,032 juta pada perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp15 ribu dari Rp912 ribu menjadi Rp897 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp560 ribu, 2 gram Rp1,98 juta, 3 gram Rp2,94 juta, 5 gram Rp4,87 juta, 10 gram Rp9,96 juta, 25 gram Rp24,11 juta, dan 50 gram Rp48,14 juta.

Harga jual emas tersebut belum termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX melemah 0,21 persen menjadi US.816 per troy ons. Sedangkan, harga emas di perdagangan spot melemah 0,02 persen ke US.813 per troy ons pada pagi ini.

Lihat Juga :
Mutasi Rekening Rafael Alun Tembus Rp500 M Dalam Empat Tahun

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas melemah hari ini. Menurutnya, pergerakan harga emas akan tertekan oleh penguatan dolar AS dan imbal hasil obligasi AS.

Hal itu terjadi setelah pernyataan hawkish dari Ketua Dewan Gubernur Bank Sentral AS (The Fed) Jerome Powell yang disinyalir akan menaikkan suku bunga yang lebih besar ke depannya.

"Imbal hasil obligasi AS 2-tahun mencapai level tertingggi baru sejak Juni 2007, sedangkan indek dolar AS tertinggi dalam 3 bulan," imbuh Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.800 per troy ons dan resistance US.830 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)




bab terbaru:cod4d

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
pinjam uang 30 juta di bank bri
juara 777 slot
persyaratan kredit hp
jp paus sydney hari ini
erek2 10
slot gacor youtube
cara pinjam uang di bank bri kur
cahaya4d
pinjol terdaftar di ojk
Daftar isi semua bab
Bab 1 freespbo
Bab 2 poker 88
Bab 3 cara pinjam uang di dana rupiah
Bab 4 nama pinjol resmi ojk
Bab 5 web situs aman
Bab 6 jam gacor main slot
Bab 7 syarat mendaftar kredivo
Bab 8 ayo gacor
Bab 9 pesiar88
Bab 10 slot panas99
Bab 11 pola gacor sugar rush hari ini
Bab 12 bocoran slot gacor hari ini pragmatic
Bab 13 virusjp
Bab 14 voucher vidio gratis 2022
Bab 15 voucher shopee pinjam 2022
Bab 16 slot ter
Bab 17 togel togel hari ini
Bab 18 hokivip
Bab 19 slot gacor 97
Bab 20 indovegas99
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8088bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Dewa Jahat

buku mimpi 2d togel
Petrosea melakukan pekerjaan project management,  termasuk penerapan operational excellence  dan technology solution melalui Minerva Digital Platform.
Peluncuran Digitalisasi Operasional Tambang Petrosea di Proyek IBP. (Foto: Arsip Petrosea)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Petrosea Tbk (PTRO) resmi meluncurkan Minerva Digital Platform pada proyek tambang batubara milik PT Indo Bara Pratama (IBP) di Kembang Janggut, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dalam proyek IBP, Petrosea melakukan pekerjaan project management, yang di dalamnya termasuk penerapan operational excellence dan technology solution melalui Minerva Digital Platform yang merupakan solusi teknologi digital terkini milik Petrosea.

Adapun pekerjaan ini mencakup penambangan di pit sampai kepada pengangkutan batubara ke pelabuhan (pit to port activity) dengan kaidah good mining practices. Dalam hal ini, Petrosea juga berencana untuk mengimplementasikan solusi dozer push pada kegiatan penambangan di IBP.

Selain itu, penerapan teknologi digital juga memegang peranan penting untuk menjaga operasional penambangan, mulai dari operasional pit sampai ke pelabuhan. Seluruh inisiatif dikendalikan dan dimonitor melalui Minerva Digital Platform yang didukung oleh sistem Fleet Management System (FMS) secara real-time dan akurat.

Sistem FMS ini, yang diterapkan pada alat-alat dengan kapasitas yang lebih kecil tersebut, adalah hasil kolaborasi Petrosea dengan partner lokal anak bangsa Indonesia. Tools tersebut akan mengakselerasi tindakan perbaikan secara cepat dan akurat, sehingga proses produksi tidak terganggu.

"Petrosea telah memulai transformasi digital kegiatan operasional tambangnya tahun 2018 dan berkat kesuksesannya mendapatkan pengakuan dari World Economic Forum sebagai lighthouse company. Kami terus mengembangkan digitalisasi di Petrosea untuk semakin meningkatkan produktivitas di seluruh proyek pertambangan, termasuk di proyek IBP," ujar Presiden Direktur Petrosea, Romi Novan Indrawan dikutip Kamis (2/3).

Dalam menjalankan usahanya, Petrosea didukung penuh oleh Haji Romo (Robert) Nitiyudo Wachjo yang merupakan pemilik saham mayoritas dari salah satu tambang emas terbesar di Indonesia, PT Nusa Halmahera Minerals dan PT Caraka Reksa Optima yang merupakan pemegang saham utama PT Petrosea Tbk.

Ke depannya, strategi Petrosea dibawah kepemimpinan Haji Robert adalah untuk terus menjalankan diversifikasi usaha ke sektor mineral lain melalui penyediaan jasa pertambangan dan rekayasa, pengadaan & konstruksi (EPC) secara berkelanjutan.

Selain itu, strategi jangka panjang Petrosea adalah untuk melakukan repositioning dari sebelumnya kontraktor tambang menjadi mine owner demi memperkuat kinerja perusahaan serta memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan di masa mendatang.

Acara peluncuran digitalisasi proyek IBP dilaksanakan secara daring dari Remote Operations Center (ROC) yang berlokasi di kantor pusat Petrosea-Bintaro, dimana manajemen IBP diwakili oleh Russel Powell selaku Direktur.

Sementara manajemen Petrosea diwakili oleh Romi Novan Indrawan selaku Presiden Direktur, Rafael Nitiyudo selaku Wakil Presiden Direktur dan Iman Darus Hikhman selaku Direktur Mining & Business Development. Turut hadir juga pada acara ini adalah tim operasional dan teknis IBP untuk menyaksikan secara langsung.

(inh/inh)

Otome berdiri teguh sebagai penjahat dalam pandangan dunia

mimpi 2 angka
KAI sudah memesan 16 kereta baru senilai Rp4 triliun kepada PT INKA pada 2022. Meski begitu, KAI tetap membutuhkan pembelian kereta bekas.
KAI sudah memesan 16 kereta baru senilai Rp4 triliun kepada PT INKA pada 2022. Meski begitu, KAI tetap membutuhkan pembelian kereta bekas. ( CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

KAI Commuter memesan 16 rangkaian kereta(trainset) baru senilai Rp4 triliun kepada PTINKA untuk menambah armada dan meningkatkan kapasitas angkut. Meski begitu, BUMN transportasi ini tetap membutuhkan pembelian kereta bekas.

Kesepakatan awal (MoU) KAI dengan INKA dilakukan sudah diteken pada 2022. Kereta baru tersebut akan dapat dioperasikan pada 2025-2026. Selain membeli kereta baru, KAI Commuter juga berencana membeli kereta bekas mulai tahun ini untuk mengganti beberapa gerbong yang akan dikonservasi.

"Adapun jumlah kereta yang akan dikonservasi sebanyak 10 pada tahun 2023 dan 19 pada tahun 2024," kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Jumat (3/3).

"Hasilnya, impor kereta bukan baru memang menjadi pilihan utama untuk menggantikan kereta-kereta yang dikonservasi. Terdapat pilihan lain dengan melakukan upgradeteknologi pada kereta yang akan dikonservasi, hanya saja pilihan tersebut membutuhkan waktu 1-2 tahun untuk pengerjaannya," imbuhnya.

Menurutnya, kereta bekas tersebut tidak serta merta langsung digunakan untuk operasional KRL. Pihaknya melakukan upgrade pada gerbong-gerbong kereta yang diimpor itu.

"Misalnya, menggantiair conditioner(AC) di dalam kereta, bangku-bangku di setiap kereta dengan barang-barang yang memiliki tingkat TKDN (Tingkat Komponen Dalam) yang tinggi," ujarnya.

Setelah dilakukan pekerjaan di interior dan eksterior kereta ini, KAI mengklaim tingkat TKDN setiap trainset kereta sekitar 40 persen. Jumlah ini di atas standar yang ada.

"Semua produk yang digunakan merupakan produk dalam negeri. Saat ini KAI Commuter masih belum mendapat izin untuk Kereta bukan baru tersebut," ungkap Anne.

Selama proses perizinan belum diberikan, KAI Commuter akan melakukan optimalisasi rekayasa pola operasi agar operasional perjalanan KRL tetap melayani para pengguna di Jabodetabek.

"Saat ini kami melayani lebih dari 800 ribu pengguna per hari. Sebelum pandemi sudah dapat melayani 1,2 juta pengguna per hari," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

Kaisar Hantu yang Kacau

erek01

Peralatan dari dunia lain

aplikasi paylater mudah

Tersenyum bangga di dunia keabadian

cara mengambil barang di akulaku