petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

trik mahjong 2

kredivo bengkulu 438Jutaan kata 55389Orang-orang telah membaca serialisasi

《trik mahjong 2》

Thai Lee, Bos Lady Raksasa IT Berharta Rp83 T******

Thai Lee adalah co-founder sekaligus CEO SHI International, perusahaan TI bernilai Rp219 triliun.
Thai Lee adalah co-founder sekaligus CEO SHI International, perusahaan TI bernilai Rp219 triliun. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia--

Nama Thai Leemungkin tidak familiar bagi orang awam. Namun, namanya masuk dalam daftarwanita terkayaAmerika Serikat (AS), bersama Diane Hendricks, Meg Whitmen dan Oprah Winfrey.

Thai Lee adalah co-foundersekaligus CEO SHI International, perusahaan penyedia teknologi informasi (TI) bernilai US miliar atau setara Rp219 triliun (asumsi kurs Rp15.689 per dolar AS).

Berkat bisnisnya itu, Forbes mencatat harta Bos Lady ini mencapai US,3 miliar. Jika dirupiahkan, pundi-pundi uang Lee mencapai Rp83 triliun.

Tak heran jika namanya masuk jajaran orang terkaya dunia versi Forbes, kategori perempuan terkaya atas usaha sendiri di AS. Di daftar itu, Lee menempati urutan kelima.

Lee lahir dari keluarga terpandang di Korea Selatan. Ayah Lee merupakan seorang ekonom Korea Selatan terkemuka. Pemerintah menugaskan ayahnya keliling dunia untuk mempromosikan potensi ekonomi Korsel ke berbagai negara.

Tak heran, Lee lahir di Bangkok, Thailand. Atas dasar itulah orang tuanya menamainya Thai. Namun, Lee tumbuh besar di Korea Selatan.

Begitu menginjak remaja, Lee dan kakaknya hijrah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan sekolah menengah atas.

Lihat Juga :
TAIPANOprah Winfrey, Miliarder Wanita Kulit Hitam Pertama Berharta Rp37 T

Lee lalu melanjutkan studi di Amherst College, AS. Ia mengambil dua jurusan sekaligus, yakni biologi dan ekonomi.

Ia sengaja memilih jurusan yang membuatnya tak banyak berbicara dalam bahasa Inggris. Pasalnya, Lee merasa kemampuan bahasa Inggrisnya pas-pasan.

Siapa sangka, kini Lee menjadi salah satu alumni paling sukses di Amherst College.

Begitu lulus kuliah, ia balik kampung ke Korea Selatan. Di sana, ia bekerja di Daesung Industrial Co.

Lihat Juga :
TAIPANMeg Whitman, Wanita Tangan Besi Sukses Berharta Rp42,5 T

Tak lama, ia melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan magister bisnis di Havard Bussiness School. Lee menjadi perempuan Korea pertama lulusan Harvard.

Beres program magister, Lee pun kembali bekerja di Protect & Gamble. Kemudian, ia menjadi bankir di American Express selama dua tahun.

Bosan jadi pegawai, Lee kepincut bikin usaha sendiri. Ia dan Leo Koguan, yang saat itu masih suaminya, bertekad membangun bisnis sendiri.

Pada akhir tahun 80-an, mereka merintis Lautek, perusahaan peranti lunak. Namun, kliennya cuma sedikit hingga akhirnya bangkrut.

Lee tak menyerah meski gagal. Ia optimis bisnis peranti lunak punya prospek bisnis cerah.

Lihat Juga :
TAIPANAlice Walton, Pewaris Takhta Walmart yang Ogah Urusi Bisnis Keluarga

Ia dan Koguan pun mengakuisisi perusahaan peranti lunak, yang nyaris gulung tikar pada 1989. Nilai pembeliannya kurang dari US juta, itu pun mamakai uang hasil berutang ke bank.

Setelah dibeli, perusahaan ini berganti nama menjadi Software House International atau SHI International Corp. Bisnisnya menjual peranti keras, peranti lunak dan jasa konsultasi.

Di bawah tangan dingin Lee, SHI menjelma menjadi menjadi raksasa IT AS yang menyerap ratusan pekerja, serta melayani klien dari berbagai negara.

Kini, SHI Internasional memiliki sekitar 15 ribu pelanggan dari berbagai negara, termasuk Boeing dan AT&T.

Bos Lady ini memang berhasil menyulap SHI jadi perusahaan IT terbesar AS, tetapi ia gagal mempertahankan perkawinannya.

Lee dan Leo Koguan memutuskan bercerai 2002.

Setelah bercerai, Lee didapuk menjadi CEO, sementara Koguan pun masih memiliki saham minoritas di SHI.

[Gambas:Video CNN]



(pta/pta)

Menaker Klaim Upah Bisa Naik Lebih dari 10 Persen dengan Aturan Baru******

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan kenaikan upah minimum 2024 tidak akan dibatasi maksimal 10 persen seperti tahun ini.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan kenaikan upah minimum 2024 tidak akan dibatasi maksimal 10 persen seperti tahun ini. (CNN Indonesia/Lina Itafiana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan kenaikan upah minimum2024 tidak akan dibatasi maksimal 10 persen seperti tahun ini.

Oleh karena itu, ia mengklaim kenaikan upah minimum tahun depan bisa saja di atas 10 persen.

"Kemungkinan di atas 10 persen? ya mungkin saja. Tapi sekali lagi datanya kami berikan pada provinsi untuk menjadi acuan kenaikan upah minimum," ucap Ida di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa (14/11).

"Dulu ada batasan kenaikan 10 persen maksimal, sekarang dilepas tergantung (pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks alpha) provinsinya," kata Ida.

Kenaikan upah minimum 2024 sendiri mencakup tiga variabel yaitu Inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan indeks tertentu (disimbolkan dalam bentuk α).

Pasal 26 ayat (4) PP itu memuat formula perhitungan upah minimum tahun depan, yakni upah minimum tahun berjalan ditambah nilai penyesuaian upah minimum tahun depan.

Adapun nilai penyesuaian upah minimum tahun depan dihitung dengan menambahkan inflasi dengan hasil perkalian antara pertumbuhan ekonomi dikali indeks tertentu (α) dalam rentang yaitu 0,10 sampai dengan 0,30, kemudian dikalikan dengan upah minimum tahun berjalan.

Lihat Juga :
Pemerintah Akan Setarakan Gaji PNS dengan Pegawai BUMN

Sementara itu, dalam aturan yang lama kenaikan upah dibatasi maksimal 10 persen. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2023 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi.

Peraturan itu berisi beberapa ketentuan soal penentuan upah minimum bagi pemerintah daerah.

Pertama, kewajiban bagi pemerintah daerah menetapkan upah minimum 2023 berdasarkan aturan ini. Artinya, upah minimum 2023 harus terdiri atas;

a. Upah tanpa tunjangan atau

b. Upah pokok dan tunjangan tetap

Lihat Juga :
Pendiri Tokopedia Gabung Anies-Cak Imin Jadi Co-Captain Timnas AMIN

Kedua, rumus perhitungan upah minimum. Berdasarkan beleid ini, upah minimum 2023 harus dihitung dengan rumus yang sudah diatur pemerintah.

Rumus kenaikannya = Upah tahun sekarang + (Penyesuaian Nilai Upah Minimum (UM) x UM (tahun sekarang).

Penyesuaian upah minimum dihasilkan dari dari inflasi+ (pertumbuhan ekonomi x indeks kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 sampai dengan 0,30).

Ketiga,provinsi yang telah memiliki upah minimum, penetapannya dilakukan dengan penyesuaian nilai upah minimum yang besaran kenaikannya tidak boleh melebihi 10 persen.

"Dalam hal hasil penghitungan penyesuaian nilai upah minimum melebihi 10 persen, Gubernur menetapkan Upah Minimum dengan penyesuaian paling tinggi 10 persen," kata aturan tersebut.

Kemudian, jika pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, kenaikan upah hanya mempertimbangkan variabel inflasi.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Cabai Rawit Makin 'Pedas', Harga di Jakarta Tembus Rp100 Ribu******

Harga cabai keriting merah dan cabai rawit merah di Jakarta naik dari Rp80 ribu per kg menjadi Rp100 ribu per kg.
Harga cabai keriting merah dan cabai rawit merah di Jakarta naik dari Rp80 ribu per kg menjadi Rp100 ribu per kg. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga cabai di sejumlah pasartradisionalJakartaterpantau masih mahal, bahkan tembus Rp100 ribu per kilogram (kg) pada Kamis (13/11) ini.

Pantauan CNNIndonesia.comdi Pasar Cidodol, Jakarta Selatan, harga cabai keriting merah dan cabai rawit merah naik dari Rp80 ribu per kg menjadi Rp100 ribu per kg.

Cabai keriting hijau dan cabai rawit hijau pun melejit dari Rp50 ribu per kg menjadi Rp70 ribu per kg.

Senada, harga cabai di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, juga terpantau mahal. Cabai keriting merah naik dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp90 ribu per kg.

Kemudian harga cabai keriting hijau naik dari Rp40 ribu per kg menjadi Rp70 ribu per kg. Sementara, harga cabai rawit merah dan hijau naik dari Rp60 ribu per kg menjadi Rp100 ribu per kg.

Para penjual cabai juga melaporkan kenaikan harga cabai terjadi sejak 2-3 minggu yang lalu.

Tak hanya cabai, harga gula putih, beras, dan telur pun terpantau naik.

Lihat Juga :
Revisi APBN 2023, Jokowi Pangkas Target Penarikan Utang 39 Persen

Di Pasar Cidodol, gula putih naik dari Rp16 ribu per kg menjadi Rp18 ribu per kg. Sementara, harga telur naik dari Rp27 ribu menjadi Rp29 ribu per kg.

Beras pulen dibanderol Rp15 ribu per liter, dari sebelumnya dari Rp10 ribu per liter. Kemudian, beras pera naik dari Rp13 ribu per liter menjadi Rp15 ribu per liter.

Kenaikan serupa juga terjadi di Pasar Kebayoran Lama. Terpantau, beras merek Cap Tiga Jambu naik dari Rp10 ribu per liter menjadi Rp12 ribu per liter.

Lalu, beras Petruk naik Rp1.000 menjadi Rp13 ribu per liter. Sementara, beras pera naik dari Rp13 ribu per liter menjadi Rp14 ribu per liter.

Pedagang beras bernama Dimas menjelaskan harga beras per karung yang mereka dapatkan naik dari Rp500 ribu menjadi Rp600 per karung. Kenaikan harga ini telah terjadi sudah lebih dari sebulan yang lalu.

Sementara harga telur di Pasar Kebayoran Lama naik Rp2.000 menjadi Rp28 ribu per kg. Di sisi lain, harga telur kampung dan telur puyuh dilaporkan stabil.

Harga bawang merah, bawang putih, bawang bombai, tempe, tahu hingga minyak goreng terpantau stabil dan tidak mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)




bab terbaru:bagi jpslot

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
situs yang paling gacor
denda pembayaran kredivo
slot terbaru dan gacor
situs gacor 2023
slot88jp
slot baru
holybet777
erek erek 30 2d
pinjol ammana legal atau ilegal
Daftar isi semua bab
Bab 1 indovegas99
Bab 2 kumpulan situs pagcor
Bab 3 slot minimal deposit dana 5000
Bab 4 jekpot88
Bab 5 raja duit slot
Bab 6 cara membuat akun kredivo
Bab 7 cashtree pinjaman online
Bab 8 superwin88
Bab 9 rupiah138
Bab 10 top dewa slot gacor
Bab 11 game slot gacor
Bab 12 indonesia slot 388
Bab 13 pay4d
Bab 14 idealsport88
Bab 15 slot paling mudah menang
Bab 16 pinjaman tunai cepat
Bab 17 totobet sdy
Bab 18 pragmatic 268
Bab 19 panah4d
Bab 20 rekomendasi slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah383bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Putri Berubah

pinjaman renren
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,35 persen ke 6.862 pada Selasa (14/11) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,35 persen ke 6.862 pada Selasa (14/11) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.862 pada Selasa (14/11). Indeks saham menguat 23,74 poin atau plus 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp7,01 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,60 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 285 saham menguat, 233 terkoreksi, dan 234 lainnya stagnan. Terpantau sepuluh dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor transportasi yang melesat 1,36 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia dominan menguat. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,34 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong minus 0,14 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan melesat 1,23 persen.

Serupa, bursa saham Eropa mayoritas perkasa.

Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris layu 0,12 persen, indeks CAC 40 di Prancis naik 0,08 persen, dan indeks DAX di Jerman plus 0,14 persen.

Namun, bursa Amerika ditutup merah. Indeks S&P 500 melemah 0,08 persen, indeks NYSE plus 0,10 persen, dan indeks NASDAQ Composite jatuh 0,22 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Perjuangan Cannon Fodder

erek erek 2d 87
Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan kenaikan harga cabai bukan disebabkan oleh kurangnya produksi, tetapi produksi yang tidak merata.
Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan kenaikan harga cabai bukan disebabkan oleh kurangnya produksi, tetapi produksi yang tidak merata. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan kenaikan harga cabaibukan disebabkan oleh kurangnya produksi, tetapi produksi yang tidak merata.

Plt Sekretaris Jenderal Kementan Prihasto mengatakan produksi cabai secara tahunan sebenarnya cukup. Namun, produksinya tidak merata di setiap waktu dan daerah.

"Cuma memang fluktuasi antar waktu sama antar daerah. Ada (daerah) yang surplus, ada yang defisit. Tapi pada dasarnya produksi cabai nasional cukup," katanya di Gedung DPR, Senin (13/1).

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan daerah surplus di antaranya Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Selain itu, Bapanas juga menyiapkan ruang pendingin (cold storage) di sentra-sentra produksi sehingga bisa menyimpan cabai lebih lama saat panen melimpah.

Dengan cold storage, masa simpan cabai ditargetkan bisa sampai tiga bulan.

"Sehingga saat masa panen raya atau panen melimpah, harga relatif masih wajar. Sehingga ke depan harga tetap bisa dikendalikan," katanya.

Bapanas juga berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah agar menggalakkan gerakan menanam cabai. Gerakan menanam cabai diharapkan bisa dilakukan setiap keluarga.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)

Tuan Penyihir Serbaguna

cara mengkredit hp
Bapanas menaikkan harga gula di toko ritel modern menjadi Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per kg.
Bapanas menaikkan harga gula di toko ritel modern menjadi Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per kg. (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pangan Nasional (Bapanas) menaikkan harga guladi toko ritel alias pengecer menjadi Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per kg.

Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Bapanas I Gusti Ketut Astawa mengatakan kenaikan dilakukan di tengah fenomena El Nino yang mengerek harga gula internasional. Ia berharap kebijakan ini bisa menjaga stabilitas pasokan dan harga di dalam negeri.

"Berdasarkan hasil input tersebut, kami mengimbau kepada seluruh pelaku usaha ritel untuk dapat mengimplementasikan relaksasi harga dimaksud," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (9/11

Bapanas memprediksi produksi gula turun imbas El Nino dari estimasi awal 2,6 juta ton menjadi 2,3 juta ton. Di lain sisi, Ketut mengatakan realisasi impor gula kristal mentah (GKM) baru 180 ribu ton atau 22,61 persen dan gula kristal putih (GKP) 126.941 ton alias 58,82 persen.

Ia mengungkap beberapa perusahaan yang punya kuota impor GKM belum merealisasikannya. Pada akhirnya, harga gula internasional yang tinggi membuat penjualan sesuai harga acuan pembelian (HAP) di tingkat konsumen sulit dilakukan.

HAP gula diatur dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 17 Tahun 2023 yang menyebut HAP gula konsumsi di level produsen sebesar Rp12.500 per kg dan di tingkat konsumen Rp14.500 per kg. Sedangkan khusus wilayah Indonesia Timur dan daerah 3TP dipatok Rp15.500 per kg.

"Jadi selain optimalisasi penyerapan dalam negeri dan percepatan importasi, diusulkan adanya fleksibilitas harga penjualan di tingkat konsumen. Ke depan, pelaku usaha ritel bisa menjual gula konsumsi dengan harga Rp16 ribu per kg," tandasnya.

Sementara itu, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS Nasional) mencatat harga gula pasir lokal di pasar modern masih Rp14.950 per kg. Sedangkan gula pasir kualitas premium dihargai Rp15.600 per kg.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Tuan Elang Salju

pinjol pakai rekening ovo
Dewan pengupahan di Bangladesh memutuskan pada Selasa (7/11) kenaikan gaji buruh dari US per bulan atau setara Rp1,4 juta.
Demo berdarah buruh di Bangladesh sudah berlangsung sejak 2 minggu. (AFP/Munir Uz Zaman)
Jakarta, CNN Indonesia--

Demo berdarah buruh garmen di Bangladeshberpotensi mengganggu produksi merek kenamaan, seperti H&M hingga Zara.

Sudah berlangsung sejak dua minggu, setidaknya ada tiga pekerja garmen tewas dalam bentrok ribuan buruh dengan aparat. Mereka menolak keputusan upah yang dianggap tak layak.

Mengutip CNN, dewan pengupahan di Bangladesh memutuskan pada Selasa (7/11) kenaikan gaji buruh dari US per bulan atau setara Rp1,4 juta (asumsi kurs Rp15.679 per dolar AS) ke US3 alias Rp1,7 juta per bulan. Namun, para buruh menolak karena nominal tersebut dianggap tak setara dengan lonjakan inflasi selama lima tahun terakhir.

Para perusahaan kenamaan pun ketar-ketir produksinya terancam. Ada 18 merek, termasuk H&M, Levi's, Gap, Puma, dan Abercrombie & Fitch bersurat kepada perdana menteri Bangladesh agar negosiasi upah berjalan damai dan menghasilkan nominal gaji baru yang mencukupi kebutuhan buruh.

Beberapa merek global, seperti H&M memang tak punya pabrik di Bangladesh. Akan tetapi, mereka meneken kontrak dengan pemilik pabrik lokal terkait pasokan, fasilitas, hingga tenaga kerja.

Mengutip AFP, polisi Bangladesh menyebut demonstrasi pecah di kota-kota, seperti Gazipur dan Ashulia. Setidaknya ada 10 ribu buruh berdemo di pabrik dan sepanjang jalan untuk menolak kenaikan gaji yang dinilai terlampau kecil.

Ada 4 juta buruh pabrik di Bangladesh yang selama ini bermasalah dengan gaji mereka, terutama pekerja wanita. Padahal, 3.500 pabrik garmen di negara ini menyumbang 85 persen dari US miliar atau sekitar Rp863 triliun pendapatan setiap tahun.

(skt/wiw)

[Gambas:Video CNN]

berbaris menuju kekaisaran

pinjol limit 50 juta
Nikmati belanja bebas khawatir di Transmart Full Day Sale seharian besok, Minggu (12/11) dengan diskon belanja 50% plus 20%!
Nikmati belanja bebas khawatir di Transmart Full Day Sale seharian besok, Minggu (12/11) dengan diskon belanja 50% plus 20%! (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Nikmati belanja bebas khawatir di Transmart Full Day Sale besok, Minggu (12/11) dengan diskon belanja 50 persen dan diskon tambahan 20 persen.

Jangan sampai kelewatan karena promo ini cuma berlangsung satu hari, mulai jam operasional toko buka sampai toko tutup di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Belanja Sekarang Pakai Bank Mega Langsung Diskon 20%

Nah, bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega tidak perlu khawatir. Kamu bisa datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal downloadaplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Jangan lupa belanja hemat cuma di Transmart Full Day Sale besok ya, dan nikmati beragam diskon menariknya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Penebusan Xu Xian

situs resmi gacor
Pengusaha menjadi rebutan menjelang Pilpres 2024. Ada yang merapat ke kubu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, hingga Prabowo Subianto.
Pengusaha menjadi rebutan menjelang Pilpres 2024. Ada yang merapat ke kubu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, hingga Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha menjadi rebutan menjelang Pilpres 2024.Ada yang merapat ke kubu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo,hingga Prabowo Subianto.

Sejauh ini, baru pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mengumumkan line upresmi tim suksesnya. Sedangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tak kunjung mengumumkan Timnas AMIN.

Anies mengklaim ada sejumlah pengusaha menengah hingga besar yang ingin merapat. Namun, mereka disebut takut mendukungnya di Pilpres 2024.

"Ada contoh di Jawa Barat membantu, di Jawa Tengah membantu. Setelah selesai katanya random tapi 10 perusahaan miliknya semua diperiksa pajak. Itu yang katanya random," sambungnya.

Lantas, siapa saja sosok pengusaha dibalik Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, dan Prabowo-Gibran? Berikut rangkumannya:

1. Anies-Muhaimin (Timnas Pemenangan AMIN)

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut Timnas Pemenangan AMIN tidak akan diketuai oleh pengusaha maupun penguasa. Ia enggan AMIN meniru kandidat capres lain yang mengambil tokoh dari kalangan pengusaha beken.

Lihat Juga :
Kebanjiran Penumpang, Kereta Cepat Whoosh Kini Beroperasi 1 Jam Sekali

"Kita bukan dari unsur penguasa dan pengusaha. Kita cari rakyat biasa," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (3/11).

"Maksudnya kami tidak mengambil tokoh-tokoh ternama dari dunia usaha. kalau bahasa sekarang bukan bagian dari oligarki," imbuhnya.

Dengan kata lain, belum jelas siapa pengusaha yang berada di jajaran pendukung AMIN. Sejauh ini baru Ketua Umum Partai NasDem sekaligus Pimpinan Media Group Surya Paloh yang bisa diidentifikasi sebagai pengusaha di balik Anies dan Cak Imin.

Pemilik gurita bisnis media massa, mulai dari Metro TV hingga Media Indonesia itu adalah orang yang pertama mengusung Anies Baswedan bertarung di kontestasi 2024. Surya Paloh juga yang menjodohkan Anies dengan Cak Imin.

Lihat Juga :
Aturan Baru Terbit, Menaker Pastikan Upah Minimum Naik Tahun Depan

2. Ganjar-Mahfud (Tim Pemenangan Nasional/TPN)

Pasangan ini punya timses bernama Tim Pemenangan Nasional (TPN). Tak tanggung-tanggung, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid ditunjuk sebagai ketuanya.

Selain Arsjad yang memutuskan cuti untuk memenangkan Ganjar-Mahfud, TPN diisi nama pengusaha yang tak kalah tenar lainnya. Berikut daftarnya:

- Deputi Operasi 247 TPN Ganjar Denon Prawiraatmadja
Denon dikenal sebagai pengusaha nasional di bidang transportasi udara. CEO Whitesky Group itu mengelola Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma setelah mengakuisisi PT Angkasa Transportindo Selaras.

- Bendahara Umum TPN Orias Petrus Moedak
Namanya tersohor karena disebut-sebut berperan penting dalam pengambilalihan 51 persen saham PT Freeport. Orias malang-melintang di BUMN, seperti Pelindo 2 hingga Inalum.

Lihat Juga :
Deretan Bos BUMN yang Mundur karena 'Ikut' Prabowo-Gibran

- Sekretaris Eksekutif TPN Heru Dewanto
Heru dikenal sebagai pengusaha di bidang jasa konstruksi. Selama lebih dari 25 tahun Heru memimpin korporasi multinasional dan perusahaan nasional di bidang investasi dan pengembangan usaha, mulai dari pembangkit listrik, jalan tol, kereta api, LRT, terminal, hingga perumahan.

- Wakil Ketua TPN Bagas Adhadirga
Bagas adalah pendiri dan CEO PT Asia Aero Technology yang bergerak di bidang pengembangan dan pelayanan bandar udara. Ia juga dikenal sebagai design engineering aeordinamika di BIRU System Infrastructure IT dan Dinamika Aviasi Indonesia serta Maintenance, Repair, dan Operation Organization Prizma Engineering Aerodinamika.

- Kepala Staf Pimpinan TPN Regi Wahyu
Regi merupakan pengusaha, co-founder sekaligus CEO HARA Token, co-founder dan CEO Dattabot (2015-sekarang), dan Asia Pacific Regional Director DUPONT (2007-2010). Sejumlah perusahaan miliknya bergerak di bidang teknologi dan blokchain.

- Ketua Tim Pemenangan Muda (TPM) Dharmaji Suradika
Pria yang akrab disapa Aji ini adalah co-founder sekaligus CEO dari start-up nonprofit Pemimpin.id. Ia mendirikan start-up yang bergerak di pemberdayaan para pemuda Indonesia pada Juli 2019.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Prabowo-Gibran (Tim Kampanye Nasional/TKN)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2