petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

oregon 03 paito harian

ayahqq 900Jutaan kata 70533Orang-orang telah membaca serialisasi

《oregon 03 paito harian》

YLKI Usul Sederhanakan Cukai Agar Rokok Murah Tak Banjiri Pasar******

Pengurus Harian YLKI Agus Suyatno menyarankan penyederhanaan layer cukai agar rokok murah tidak membanjiri pasar.
Pengurus Harian YLKI Agus Suyatno menyarankan penyederhanaan layer cukai agar rokok murah tidak membanjiri pasar. (CNN Indonesia/ Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno menyarankan penyederhanaan layercukaiagar rokok murahtidak membanjiri pasar. Hal ini menyusul maraknya rokok murah legal yang bebas ditemukan di pasaran.

Ia menjelaskan bahwa layer cukai di Indonesia beragam, mulai dari sigaret kretek mesin (SKM) hingga sigaret putih mesin (SPM).

"Masalahnya adalah, misal SKM 1 dan SKM 2 itu ada selisih cukai per batangnya cukup tinggi. Makanya, perusahaan rokok downgrading. Jadi memproduksi rokok dengan harga lebih murah. Industri-industri rokok besar pun sekarang mengeluarkan produk baru dengan harga lebih murah, untuk menyiasati itu (layer cukai)," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (1/11).

"Jadi kalau sekarang ada 10 (layer cukai), disederhanakan jadi 4. Jadi SKM A dan B, SPM A dan B. Ini harganya bisa dikendalikan, jadi antara harga rokok terkenal dan baru tidak berbeda jauh. Kalau sekarang kan harganya jadi agak tinggi. Ini jadi permasalahan regulasi yang akhirnya disiasati industri," jelas Agus.

"Kalau disederhanakan, permasalahan hilang. Jadi meski turun kelas pun, harga yang dipasarkan di lapangan tidak akan jauh beda dan negara tetap akan mendapatkan keuntungan. Jadi cukai yang masuk ke negara akan dalam struktur yang tinggi," sambungnya.

Persoalan layer cukai dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.010/2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021 Tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

Lihat Juga :
SPBU Shell di Jakarta Sepi Meski BBM Lebih Murah dari Pertamina

Dalam aturan tersebut ada 9 golongan pengusaha pabrik hasil tembakau, mulai dari sigaret kretek mesin (SKM), sigaret putih mesin (SPM), sigaret kretek tangan (SKT), sigaret putih tangan (SPT), sigaret kretek tangan filter/sigaret putih tangan filter (SKTF/SPTF), tembakau iris (TIS), klobot (KLB), sigaret kelembak kemenyan/klobot (KLM), hingga cerutu (CRT).

SKM, SPM, dan KLM terbagi ke dalam 2 golongan, lalu SKT atau SPT mempunyai 3 golongan, sedangkan sisanya tanpa golongan.

Untuk urusan tarif cukai per batang, tertinggi adalah CRT dengan harga jual eceran (HEJ) per gram/batang lebih dari Rp198 ribu dipatok cukai per batang atau gramnya Rp110 ribu. Sedangkan yang paling murah adalah TIS dengan HEJ Rp55 hingga Rp180 dipatok cukai seharga Rp10 per batang.

Untuk SKM golongan 1 tarif cukai per batangnya adalah Rp985 dan golongan 2 Rp600, SPM golongan 1 Rp1.065 dan golongan 2 Rp635, SKT atau SPT golongan 1 di angka kisaran Rp345 hingga Rp440 dan golongan 2 Rp205, lalu golongan 3 Rp115 per batang. Sedangkan SKTF atau SPTF dikenakan tarif cukai Rp985 per batang.

Lihat Juga :
Harga Pertamax Turbo Turun, Harga Solar Non-Subsidi Naik

Sementara itu, penyederhanaan layer tarif cukai sudah sempat disinggung dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/2017 Tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

"Penyederhanaan struktur tarif cukai hasil tembakau sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 dilakukan secara bertahap mulai 2018 sampai dengan 2021," bunyi Pasal 18 ayat 1 PMK tersebut. 

Adapun dalam pasal 18 ayat 2 dirinci sebagai berikut: 10 (sepuluh) strata tarif mulai 2018; 8 (delapan) strata tarif mulai 2019; 6 (enam) strata tarif mulai 2020; 5 (lima) strata tarif mulai 2021.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

PHK Karyawan Twitter akan Disampaikan Lewat Email, Jumat Ini******

Twitter akan menginformasikan keputusan PHK bagi sejumlah karyawannya melalui email yang akan dikirim pada Jumat pukul 09.00 waktu Pasifik.
Twitter akan menginformasikan keputusan PHK bagi sejumlah karyawannya melalui email yang akan dikirim pada Jumat pukul 09.00 waktu Pasifik. (REUTERS/Dado Ruvic).
Jakarta, CNN Indonesia--

Twitter akan menyampaikan keputusan PHKbagi sejumlah karyawannya melalui email yang akan dikirim pada Jumat pukul 09.00 waktu Pasifik. Rencana PHK itu seiring dengan diambil alihnya perusahaan sosial media tersebut oleh Elon Musk.

"Dalam upaya untuk menempatkan Twitter di jalur yang sehat, kami akan melalui proses sulit untuk mengurangi tenaga kerja global kami pada hari Jumat," kata email yang dikirim pada hari Kamis, dikutip dari Reuters, Jumat (4/11).

Dalam hal ini, Twitter menyatakan akan menutup kantornya sementara waktu, termasuk akses untuk memastikan keamanan setiap karyawan, serta sistem dan data pelanggan.

Pengiriman email tersebut tidak hanya bagi karyawan yang akan di-PHK melainkan juga bagi pekerja yang tidak terpengaruh kebijakan layoff tersebut.

Sementara itu, rencana PHK itu muncul setelah Musk menuntut pemotongan biaya yang dalam dan memberlakukan etos kerja baru yang agresif di seluruh perusahaan media sosial.

Dia telah mengarahkan tim Twitter untuk menemukan penghematan biaya infrastruktur tahunan hingga US miliar.

Dia telah membersihkan jajaran senior perusahaan, memecat kepala eksekutif dan eksekutif keuangan dan hukum puncaknya. Yang lain, termasuk mereka yang duduk di divisi periklanan, pemasaran, dan sumber daya manusia, pergi sepanjang minggu lalu.

Lihat Juga :
Pertamina Respons Kelangkaan Minyak Tanah di Sorong: Ulah Mafia

Minggu pertama Musk sebagai pemilik Twitter ditandai dengan kekacauan dan ketidakpastian.

Dua pertemuan di seluruh perusahaan dijadwalkan, hanya dibatalkan beberapa jam kemudian. Karyawan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka dibiarkan mengumpulkan informasi melalui laporan media, grup pesan pribadi, dan forum anonim.

PHK, yang sudah lama diharapkan, telah mendinginkan budaya perusahaan Twitter yang terkenal terbuka yang telah dihormati oleh para karyawannya.

Tak lama setelah email masuk ke kotak masuk karyawan Twitter, ratusan orang membanjiri saluran Slack perusahaan untuk mengucapkan selamat tinggal, kata dua karyawan kepada Reuters.

Lihat Juga :
Krisis Solar Ancam Dunia, Stok AS Sisa 25 Hari

Seseorang mengundang Musk untuk bergabung dengan saluran tersebut, kata sumber tersebut.

"Jika Anda berada di kantor atau dalam perjalanan ke kantor, silakan kembali ke rumah," kata Twitter dalam email pada hari Kamis.

Adapun saat ini Twitter merugi sekitar US juta per hari dengan semua pengeluaran dan pendapatan dipertimbangkan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

Badan Perlindungan Konsumen Minta BPOM Setop Izin Edar Produk Sirop******

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Rizal E Halim meminta BPOM menangguhkan izin edar produk obat sirop sementara waktu buntut gagal ginjal akut.
Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Rizal E Halim meminta BPOM menangguhkan izin edar produk obat sirop sementara waktu buntut gagal ginjal akut. Ilustrasi. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Badan Perlindungan KonsumenNasional (BPKN) Rizal E Halim meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menangguhkan izin edar produk obat sirop.

Permintaan menyusul kasus gagal ginjal akut yang diduga disebabkan oleh kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas pada obat sirop.

"Kami akan minta audit total mulai dari hulu ke hilir dan kami minta BPOM untuk melakukan moratorium izin edar produk sirop," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (3/11).

Ia juga menyinggung apabila benar temuan senyawa itu menjadi penyebab kematian kasus gagal ginjal akut, maka aparat penegak hukum harus memberikan hukuman sebesar-besarnya kepada para industri farmasi yang 'nakal' dalam temuan kasus ini.

"Tugas kami, BPOM, memastikan ini tidak terjadi lagi dari aspek sistem pengawasan, sistem jaminan keamanan dan mutu obat," kata Penny dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX, Rabu (2/11).

Penny menjelaskan dalam teknis pengawasan, pihaknya hanya melakukan pemeriksaan pada bahan baku pharmaceutical gradeyang masuk kategori larangan dan pembatasan (Lartas).

[Gambas:Video CNN]

Barang-barang tersebut harus mendapatkan izin BPOM baru boleh masuk ke Indonesia. Ia juga menyebut pengawasan itu sejauh ini sudah dilakukan secara ketat.

Sementara bahan pelarut seperti PG dan Polietilen glikol (PEG) yang merupakan bahan pelarut dan diimpor melalui kategori non-Lartas, sehingga bukan masuk pemeriksaan BPOM, melainkan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Oleh sebab itu, BPOM mengusulkan agar terdapat revisi pada skema importasi PG dan PEG dengan menjadi kategori Lartas. Sehingga nantinya, importasi kedua senyawa itu harus melalui persetujuan atau SKI BPOM.

Sementara itu, Direktur Impor Kemendag Sihard Hadjopan Pohan mengatakan BPOM seharusnya tahu siapa saja produsen farmasi yang menggunakan PG dan PEG pada obat sirop.

Lihat Juga :
Gaprindo Duga Rokok Murah yang Marak Beredar Ilegal

Menurut Pohan, PG dan PEG tersebut masuk ke Indonesia sebagai produk non-lartas alias bukan kategori larangan dan pembatasan. Dengan begitu, Kemendag meloloskan saja impor bahan baku tersebut.

"Karena dia tidak termasuk lartas ya lewat-lewat saja. BPOM yang tahu harusnya siapa saja produsen-produsen farmasi yang menggunakan barang itu. Sehingga kemarin ada opsi pengawasannya yang harus diketatkan dalam proses produksi," katanya.

Pohan menambahkan karena bahan baku tersebut tidak termasuk lartas jadi hanya perlu angka pengenalan impor (API), baik API-U untuk umum atau API-P untuk produsen.

(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:daftar slot gacor malam ini

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
slot gacor hari ini 777
mega118 slot
forza88
slot gacor terpercaya mudah menang
wisata slot
1121slot
slot188
agen asia slot 88
slot gacor hari ini rtp tinggi
Daftar isi semua bab
Bab 1 batman88
Bab 2 semangat88
Bab 3 awanslot
Bab 4 pinjol gampang acc
Bab 5 slot judi paling gacor
Bab 6 slot gacor ku
Bab 7 erek 86
Bab 8 bintang 86 slot
Bab 9 slot online mudah menang
Bab 10 winslots
Bab 11 situs slot nexus engine terbaik
Bab 12 kredit laptop 24 bulan
Bab 13 idntoto
Bab 14 situs terpercaya 2023
Bab 15 bunga pinjaman akulaku
Bab 16 juarabet
Bab 17 wajikslot
Bab 18 pinjaman online per bulan
Bab 19 slot212 demo
Bab 20 tafsir mimpi 1001 macam
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6284bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Daftar keahlian saya

e commerce kredivo
Pemerintah mengejar penyelesaian perumahan pekerja konstruksi sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Pemerintah mengejar penyelesaian perumahan pekerja konstruksi sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah mengejar penyelesaian perumahan pekerja konstruksi sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kita ingin memanusiakan pekerja yang bekerja di IKN dan untuk itu harus dibangun hunian yang layak," ujar Kepala Urusan Unit Pejabat Pembuat Komitmen Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan II Ari Nugroho di Kalimatan Timur, seperti dikutip dari Antara, Minggu (6/11).

Hunian tersebut akan mengusung konsep bangunan hijau yang mampu menampung sebanyak mungkin air hijau serta panas matahari menggunakan panel surya.

Pembangunan hunian pekerja konstruksi IKN ini, merupakan arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) 10 Maret 2022 yang meminta agar pelaksanaan pembangunan harus menghindari terjadinya kerumunan baru di lokasi IKN.

Pembangunan infrastruktur di IKN akan memicu mobilisasi tenaga kerja konstruksi (TKK) yang masif dan estimasi jumlah pekerja konstruksi yang akan terlibat dalam pembangunan IKN sebanyak 233 ribu orang.

"Mobilisasi yang masih tersebut memerlukan hunian untuk TKK beserta fasilitas sosial dan fasilitas umum dalam skala besar," ujarnya.

Lihat Juga :
Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru Dijual Mulai Senin Besok

Ratusan ribu pekerja tersebut akan mengerjakan sejumlah proyek mulai dari pembangunan istana negara, gedung DPR RI, kementerian, lembaga negara, hingga rumah menteri yang akan mendatangkan hampir ratusan ribu tenaga kerja dari luar wilayah Penajam Paser Utara.

Pembangunan akan menggunakan sistem konstruksi yang fleksibel atau dapat dibongkar/dipindah dengan sedikit material yang terbuang dan dilanjutkan pemanfaatannya untuk jangka panjang dengan fungsi sesuai kebutuhan.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Mata Dharma Tertinggi

rtp situsslot777
IHSG diproyeksi melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (3/11), karena kenaikan suku bunga bank sentral AS, The Fed.
IHSG diproyeksi melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (3/11), karena kenaikan suku bunga bank sentral AS, The Fed. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (3/11), karena kenaikan suku bunga bank sentral AS, The Fed.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memprediksi investor cenderung lebih konservatif setelah penetapan suku bunga The Fed yang kembali naik 75 basis poin.

"IHSG diprediksi melemah. Secara teknikal, mengindikasikan potensi pelemahan," kata Dennies seperti dikutip dari riset hariannya.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat konsolidasi wajar dengan kecenderungan tekanan yang masih cukup besar. Fluktuasi nilai tukar rupiah juga turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG.

"Peluang koreksi masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian untuk rentang investasi jangka panjang. Tapi, hari ini IHSG berpotensi menguat," imbuhnya.

Ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.954 dan resistance 7.172.

Lihat Juga :
Alasan Uang Rp20 Ribu yang Viral di India Ditarik oleh BI

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan GGRM, ASRI, PWON, CTRA, HMSP, JSMR, TLKM, BINA, dan UNVR.

IHSG melemah ke level 7.015 pada Rabu (2/11). Indeks saham melemah 36,61 poin atau minus 0,52 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp13,68 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,59 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

Kontrak Hantu yang Salah

situs slot qqmacan
Harga emas Antam stagnan dua hari berturut-turut di posisi Rp939 ribu per gram pada Jumat (4/11).
Harga emas Antam stagnan dua hari berturut-turut di posisi Rp939 ribu per gram pada Jumat (4/11). (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp939 ribu per gram pada Jumat (4/11). Harga emasstagnan jika dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya.

Tak beda jauh, harga pembelian kembali (buyback) masih tetap di angka Rp824 ribu per gram seperti hari sebelumnya.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp519,5 ribu, 2 gram Rp1,81 juta, 3 gram Rp2,70 juta, 5 gram Rp4,47 juta, 10 gram Rp8,88 juta, 25 gram Rp22,08 juta, dan 50 gram Rp44,09 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,06 persen menjadi US.631 per troy ons. Harga emas di perdagangan spot menguat 0,11 persen ke US.631 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan harga emas melemah hari ini, tertekan oleh penguatan dolar AS dan naiknya imbal hasil obligasi AS.

Lihat Juga :
Krisis Solar Ancam Dunia, Stok AS Sisa 25 Hari

"Harga emas diperkirakan akan melemah oleh penguatan dolar AS dengan imbal hasil obligasi AS yang naik tinggi. Imbal hasil 2 tahun mencapai tingkat tertinggi sejak 2007," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, The Fed baru menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps) untuk yang keempat kalinya, ditetapkan di angka 3,5-4 persen. Ini tertinggi sejak Januari 2008.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.510 per troy ons dan resistance US.540 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

Dewa agung palsu

slot gacor indonesia
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia lewat pintu masuk utama mencapai 538,32 ribu orang pada September 2022.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turis asing ke Indonesia lewat pintu masuk utama mencapai 538,32 ribu orang pada September 2022. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turis asingke Indonesia lewat pintu masuk utama mencapai 538,32 ribu orang pada September 2022.

Angka ini melesat 10.768 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara, jika dibandingkan bulan sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada September 2022 juga meningkat 5,50 persen.

Sedangkan dari Januari hingga September 2022, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia melalui pintu masuk utama mencapai 2,27 juta. Capaian ini naik 2.530 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama pada 2021.

Yakni, Bandara Ngurah Rai, Bali, sebesar 291.115 kunjungan dan Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 111.033 kunjungan.

"Untuk di Ngurah Rai ini terbesar adalah untuk wisatawan dari Australia, India, Perancis, Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat. Ini yang menggunakan visa kunjungan saat kedatangan selama 30 hari," kata Setianto dalam konferensi pers, Selasa (1/11).

Sedangkan untuk kunjungan di Bandara Soekarno-Hatta, kebangsaan terbesar adalah dari Malaysia, Singapura, China, Korea Selatan, Jepang, dan India.

Lihat Juga :
Daftar Harga BBM Ron 92 di Pertamina dan SPBU Swasta

Lebih lanjut, Setianto mengungkapkan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada September 2022 mencapai 50,02 persen, naik 13,38 poin dibandingkan dengan TPK September 2021.

Adapun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, TPK September 2022 juga mengalami kenaikan sebesar 2,64 poin.

Sedangkan, TPK hotel klasifikasi non bintang pada September 2022 tercatat mencapai 23,39 persen, naik 3,44 poin dibandingkan dengan TPK September 2021. Namun, capaian tersebut turun 0,30 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Lihat Juga :
Lion Air Polisikan Penyebar Video Mesin Pesawat Terbakar

Rata-rata lama menginap tamu hotel klasifikasi bintang selama September 2022 tercatat sebesar 1,64 hari, naik 0,05 poin dibandingkan September 2021.

Kendati demikian, angkanya turun 0,02 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Pak, saya akan bertengkar di rumah

murahqq
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menegaskan tidak ada PHK terhadap 45 ribu karyawan di industri tekstil sepanjang tahun ini.
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menegaskan tidak ada PHK terhadap 45 ribu karyawan di industri tekstil sepanjang tahun ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menegaskan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 45 ribu karyawan di industri tekstil sepanjang tahun ini.

"Tidak benar, Partai Buruh dan KSPI sudah mendalami fakta-fakta, tidak benar ada PHK 45 ribu lebih buruh di sektor tekstil, garmen, sepatu," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/11).

Said mengaku pihaknya pun telah memeriksa seluruh anggota KSPI. Hasilnya, tidak ada anggota yang mengalami PHK.

"Apalagi otomotif, itu berita bohong. Kalau ada berita PHK di otomotif, itu berita bohong," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja menyebut industri tekstil dan produk tekstil (TPT) telah merumahkan 45 ribu karyawan sepanjang tahun ini.

"Potensi PHK sudah dapat dirasakan. Perkiraan 45 ribu karyawan sudah mulai dirumahkan," ujar Jemmy.

Lihat Juga :
Elon Musk ke B20 di Bali pada 13-14 November

Ia mengatakan kondisi ini terjadi karena permintaan pasar ekspor seperti Amerika Serikat dan Eropa menurun tajam akibat kondisi global yang tidak stabil. Penurunan permintaan berada di kisaran 30 persen sejak akhir Agustus 2022.

"Bilamana kondisi ini berlanjut, angka (karyawan dirumahkan) yang lebih besar akan terjadi," terang Jemmy.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan Kamar Dagang Industri (Kadin) Adi Mahfudz Wuhadji menyebutkan PHK tak hanya hanya menghantui industri tekstil dan sepatu, tapi juga otomotif.

Menurutnya, permintaan yang turun di tengah pelemahan ekonomi dunia menjadi penyebab ancaman PHK tersebut. "Iya (banyak PHK di sektor padat karya), terutama sektor usaha yang produksinya untuk ekspor, seperti garmen (tekstil), sepatu, otomotif dan lainnya," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



 

(sfr/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Huang Quan tidak akan menyerah

jp paus hk malam ini
IHSG ditutup di level 7.045 pada Jumat (4/11) ini. Indeks saham menguat 10,95 poin atau plus 0,16 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 7.045 pada Jumat (4/11) ini. Indeks saham menguat 10,95 poin atau plus 0,16 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.045 pada Jumat (4/11) ini. Indeks saham menguat 10,95 poin atau plus 0,16 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,78 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 19,92 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 211 saham menguat, 315 terkoreksi, dan 167 lainnya stagnan. Terpantau, delapan dari sebelas indeks sektoral kompak melemah, dipimpin oleh sektor infrastruktur di angka 0,79 persen.

Namun, bursa saham Eropa dominan melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,62 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,54 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 0,95 persen.

Tak beda jauh, bursa Amerika kompak memerah. Indeks S&P 500 turun 1,06 persen, indeks NYSE melemah 0,29 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 1,73 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)