petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

ovo hari ini

kredivo pinjaman tunai 749Jutaan kata 94110Orang-orang telah membaca serialisasi

《ovo hari ini》

Pengamat: KPU harus libatkan multipihak amankan data pemilu******

Pengamat: KPU harus libatkan multipihak amankan data pemilu
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kedua kanan) bersama anggota KPU Mochammad Afifuddin (kedua kiri), August Mellaz (kanan), dan Betty Epsilon Idroos (kiri) memberikan keterangan mengenai update Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (22/6/2023). KPU melalui KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di 514 kabupaten/kota yang tersebar di 38 Provinsi dan 128 PPLN. ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)
Jakarta (ANTARA) - Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute (TII) Arfianto Purbolaksono menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu sudah seharusnya melibatkan banyak pihak untuk mengamankan data terkait Pemilu 2024. “Kalau kita hanya menyandarkan kepada KPU secara institusi, saya rasa KPU tidak memiliki banyak resources gitu ya terkait dengan bagaimana mengamankan data,” kata Manajer Riset dan Program TII Arfianto Purbolaksono di Jakarta, Selasa. Berkaca dari kebocoran dan penjualan data pemilih Indonesia di situs gelap baru-baru ini, Arfianto menerangkan langkah taktis yang harus dilakukan KPU ialah meminta maaf secara langsung kepada publik serta menjelaskan kekurangan dari jaringan sistem informasi maupun penyimpanan data yang mereka bangun. Pasalnya, salah satu indikator dari integritas penyelenggaraan pemilu ialah perlindungan data, mulai dari data pemilih, data logistik, hingga data calon. “Jika KPU tidak bisa melindungi data itu menjadi persoalan baru gitu. Jangan sampai muncul ketidakpercayaan publik terhadap KPU,” tegasnya. Ia pun menambahkan permintaan maaf tersebut haruslah diikuti dengan keterbukaan dan ajakan kolaborasi untuk memperbaiki celah-celah kebocoran data yang luput dari pengawasan KPU. “Seperti tadi yang saya katakan bahwa ada kelemahan-kelemahan, baik dari infrastruktur dan juga sumber daya manusia sehingga sudah seharusnya juga dibantu oleh banyak pihak. Setidaknya KPU juga cukup terbantu gitu,” ujarnya. Arfianto juga meminta kepada masyarakat untuk tidak ragu mengawasi dan mengkritisi layanan sistem informasi dan komunikasi yang telah dibuat oleh KPU sehingga KPU juga menunjukkan keseriusan dalam memperbaiki penyelenggaraan pemilu.

Baca juga: Muhaimin: Polri, TNI, dan penyelenggara pemilu harus jaga netralitas

Baca juga: Pilar 08 laporkan Roy Suryo terkait dugaan ujaran kebencian

Baca juga: Putri Bung Hatta harap Mahfud jalankan UUD 1945 bila jadi Wapres

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Iga Swiatek bantu Polandia kalahkan Spanyol 2******

Iga Swiatek bantu Polandia kalahkan Spanyol 2-1 di United Cup
Petenis Polandia Iga Swiatek. ANTARA/AFP/EMMANUEL DUNAND.
Jakarta (ANTARA) - Iga Swiatek membawa Polandia meraih kemenangan 2-1 atas Spanyol untuk melaju ke perempat final United Cup di Perth pada Senin (1/1), sedangkan juara bertahan Amerika Serikat ditaklukkan tuan rumah Australia.

Bagi Australia, kemenangan 2-1 yang mereka kantungi juga membawa mereka ke putaran delapan besar.

Petenis putri peringkat satu dunia Swiatek tidak memperlihatkan belas kasih kepada Sara Sorribes Tormo, saat ia meraih kemenangan 6-2, 6-1. Setelah itu Swiatek berpasangan dengan Hubert Hurkacz pada kategori ganda campuran untuk mengunci kemenangan 6-0, 6-0.

Hurkacz menelan kekalahan pada pertandingan tunggal pembukaan pada Senin. Ia takluk 6-3, 3-6, 4-6 dari Alejandro Davidovich Fokina.Tim unggulan teratas Polandia menyelesaikan fase Grup A dengan catatan sempurna 2-0, dan kini menanti lawannya di delapan besar.

Swiatek, yang hanya kalah dalam tujuh gim di dua pertandingan tunggal dalam persiapan menuju Australian Open, mengatakan bermain di nomor ganda campuran merupakan pengalaman yang bagus.

“Ini merupakan pelajaran untuk masa depan dan latihan yang bagus. Saya mengalami kesulitan bermain di ganda campuran. Anda menggunakan skill yang berbeda, ini mengenai merasakan geometri lapangan,” kata Swiatek seperti dikutip AFP.

Hurkacz memberi pujian kepada Swiatek yang menurutnya sangat berkontribusi.

Baca juga: Swiatek memulai musim dengan bantu Polandia tekuk Brasil di United Cup
 Australia sukses atasi AS

Pada pertandingan lainnya, Australia harus bekerja keras untuk menemani Polandia ke perempat final, namun mereka akhirnya mampu mengatasi AS.

Alex de Minaur mengawali permainan bagus Australia, dengan mendulang kemenangan 6-4, 6-2 atas Taylor Fritz. Ia hanya memerlukan empat match point dan 90 menit untuk mengunci kemenangan.

“Hari ini nuansanya terasa seperti “tahun baru, saya yang baru.” Saya memainkan tipe tenis yang ingin saya mainkan. Saya senang dengan hal itu,” kata De Minaur.

Ajla Tomljanovic tidak mampu mengatasi permainan Jessica Pegula, yang menang 7-6 (8-6), 6-3. Kemenangan Pegula membuat skor menjadi imbang 1-1.

Baca juga: Rybakina dan Pegula pimpin daftar pemain di Adelaide International

Namun Australia melengkapi pekerjaan bagus di nomor ganda campuran, di mana Storm Hunter dan Matt Ebden menaklukkan pasangan Pegula dan Rajeev Ram dengan skor 6-3, 6-1.

Hunter mengatakan kemenangan itu merupakan momen istimewa.

“Bermain di depan penonton sendiri dan melakukannya dengan Matty, warga lokal Perth, itu merupakan impian yang menjadi nyata untuk menang dan melaju ke perempat final di kandang sendiri,” kata Hunter.
 

Prancis menang atas Jerman.

Juara ATP Finals dua kali Alexander Zverev perlu bekerja keras untuk menang 4-6, 6-4, 6-3 atas Adrian Mannarino, dan membawa Jerman memimpin 1-0 atas Prancis di Sydney.

Kelihatannya Jerman akan menjadi pemenang ketika mantan petenis peringkat satu dunia Angelique Kerber memenangi set pertama atas Caroline Garcia dengan skor 6-1, namun ia kalah pada dua set berikutnya dengan skor 2-6, 2-6, dan membuat pemenang harus ditentukan dengan pertandingan ganda campuran.

Kerber berpasangan dengan Zverev saat melawan Garcia dan Edouard Roger-Vasselin, namun Prancis mampu memenangi laga ganda campuran itu dengan skor 7-6 (7/4), 2-6, 12-10.

Baca juga: United Cup 2024 jadi ajang pemanasan Olimpiade untuk ganda campuran

Pada pertandingan yang dimainkan sebelumnya di Sydney, Casper Ruud memenangi pertandingan tunggal keduanya secara beruntun, sebelum kemudian berpasangan di nomor ganda campuran untuk membawa Norwegia mengalahkan Kroasia.

Donna Vekic menang 7-5, 3-6, 6-3 atas Malene Helgo, untuk membawa Kroasia memimpin terlebih dahulu pada pertandingan di Grup F.

Namun Ruud menang 6-4, 6-1 atas Borna Coric untuk membuat kedudukan imbang, kemudian berpasangan dengan Ulrikke Eikeri untuk menaklukkan pasangan Vekic dan Ivan Dodig dengan kemenangan 6-2, 3-6, 10-7.

Baca juga: Osaka berusaha santai saat kembali ke kompetisi tenis
Baca juga: Pertahankan emas Olimpiade prioritas Zverev pada 2024
Baca juga: Nadal "comeback" ramaikan babak kualifikasi Brisbane International

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Moeldoko: Pemerintah tetap lanjutkan program bantuan sosial******

Moeldoko: Pemerintah tetap lanjutkan program bantuan sosial
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (3/1/2024). ANTARA/HO-KSP.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pemerintah tetap akan melanjutkan program bantuan sosial (bansos), meski ada pihak-pihak yang meminta program tersebut dihentikan karena memunculkan persepsi menguntungkan pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

Moeldoko dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, menegaskan bansos merupakan program jaminan sosial yang sudah lama digagas oleh pemerintah, dan telah memberikan manfaat bagi jutaan masyarakat Indonesia terutama yang kurang mampu.

"Ndak akan menghentikan (bansos). Jadi nggak ada, nggak ada tendensi apapun, ini memang program jaminan sosial yang sudah lama digagas oleh pemerintah,” kata Moeldoko di Jakarta, Rabu.

Ia mencontohkan bansos beras sebesar 10 kilogram yang telah disalurkan oleh pemerintah sejak bulan April 2023, di mana dari penyaluran awal terbukti mampu mengendalikan inflasi.

“Masyarakat akhirnya mengurangi pengeluaran dengan adanya bantuan pemerintah yang 10 kilogram," ujar dia.

Dia menegaskan program bansos, termasuk bantuan beras kepada masyarakat miskin itu jauh dilakukan sebelum pasangan capres-cawapres ditetapkan.

Panglima TNI 2013-2015 ini mengatakan program bansos terutama bansos beras tidak ada hubungannya dengan pemilu atau Pilpres 2024, dan bansos akan terus diberikan hingga Maret 2024.

“Jadi kalau ada hubungannya dengan pemilu, mungkin setelah Februari berhenti. Buktinya berjalan terus, nanti ada tiga bulan, ada lagi tiga bulan berikutnya,” ujar Moeldoko.

Moeldoko juga menepis anggapan pemberian bansos tidak lagi mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Ia menyampaikan dalam penyaluran bansos, pemerintah mensinergikan tiga basis data, yakni Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Kementerian Keuangan, dan data dari Kemenko PMK.

“Semua itu bagian dari penyempurnaan data agar tepat sasaran, nggak ada tujuan lain,” jelasnya.

Baca juga: Ketua Banggar pastikan bansos disalurkan sesuai kesepakatan dengan DPR
Baca juga: Gus Imin soal penundaan bansos: Tetap diberikan namun ada pengawasan
Baca juga: PDIP pastikan bansos terus berlanjut tanpa ada politisasi
Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud bantah usul penghentian program bansos

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:erek 10

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
situs judi online24jam terpercaya 2022
judi online24jam
aneka slot 99 gacor
pinjol no ribet
datahk
cara mendapatkan uang 500 ribu sehari
baywin88
tafsir mimpi 2d abjad az togel
gongbola
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot dana 2022
Bab 2 situs belanja online luar negeri terpercaya
Bab 3 pinjaman hp online
Bab 4 cicilan kartu kredit bukalapak
Bab 5 crownslot88
Bab 6 daftar game slot gacor hari ini
Bab 7 slot gacor resmi
Bab 8 main slot asli
Bab 9 situs bonus new member 100 to kecil
Bab 10 888 area slot
Bab 11 situs judi slot cepat menang
Bab 12 situs slot paling aman
Bab 13 indo jp 888
Bab 14 slot situs gacor hari ini
Bab 15 jelas138
Bab 16 rtp gebyar4d
Bab 17 btv4d
Bab 18 trisula88
Bab 19 web slot terpercaya
Bab 20 slot gacor kakek zeus
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8372bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Telapak tangan Guru Qiao yang halus

seribu mimpi tawon
Elkan Baggot telah bergabung pemusatan latihan timnas di Turki
Bek tim nasional Indonesia Elkan Baggot saat menjalani latihan di TC timnas yang berlangsung di Antalya, Turki, Kamis (4/1/2023). ANTARA/HO-PSSI/am.
Jakarta (ANTARA) - Elkan Baggot telah bergabung dengan pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia di Antalya, Turki.

Dilansir dari keterangan resmi PSSI, Kamis, Elkan Baggot menggenapi jumlah 28 pemain skuad Garuda yang menjalani pemusatan latihan yang digunakan untuk persiapan jelang Piala Asia 2023.

"Hari yang bagus, kondisi lapangan juga baik, rekan-rekan yang lain juga dalam kondisi fit, saya siap untuk Piala Asia nanti," kata Elkan Baggot.

Elkan mengungkapkan bahwa masih terdapat sejumlah pertandingan uji coba yang dapat dimanfaatkan oleh tim asuhan Shin Tae-yong tersebut sebelum menjalani turnamen.

"Kita masih punya beberapa laga uji coba lagi, jadi kami saat ini bersiap-siap untuk menghadapi semuanya dengan memanfaatkan waktu yang ada sebelum turnamen dimulai," tutup pemain Ipswich Town itu.

Sebelumnya Elkan harus absen dari pertandingan uji coba pertama Indonesia menghadapi Libya pada Selasa lalu (2/1).

Timnas Indonesia akan kembali melakoni laga uji coba melawan Libya pada Jumat (5/1) setelah itu terbang ke Qatar pada Sabtu (6/1).
Sebelum turun di Piala Asia 2023, skuad Garuda akan melawan Iran dalam pertandingan uji coba terakhir yang berlangsung pada 9 Januari mendatang.

Baca juga: Timnas Indonesia telan kekalahan telak 0-4 kontra Libia
Baca juga: Elkan dan Rafa beri pesan pemain Indonesia yang ingin bermain di Eropa
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Ada pintu ke ruang bawah tanah

7upbet
Aparat amankan 17 pengungsi Rohingya di Dumai
Komandan KP Hayabusa-3008 Baharkam Polri IPTU Andi Yasser di Kantor Imigrasi Dumai, Rabu (3/1/2023). ANTARA/Abdul Razak/am.
Dumai, Riau, (ANTARA) - Aparat Kepolisian mengamankan 17 pengungsi Rohingya asal Myanmar yang masuk ke Kota Dumai, Provinsi Riau dari awalnya hanya 11, kini sudah menjadi 17 orang, dan saat ini ditempatkan di ruang detensi Kantor Imigrasi Dumai.

11 orang pengungsi Rohingya awalnya diamankan Kepolisian Sektor Medang Kampai Dumai di dua lokasi berbeda di Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Selasa (2/1/24). Lalu, lima orang lagi diamankan Kapal Patroli Hayabusa-3008 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri masih di seputaran Pelintung Kecamatan Medang Kampai pada Selasa (2/1) sore. Menyusul seorang lagi Polsek Medang Kampai kembali menyerahkan ke Imigrasi Dumai, Rabu sore.

Komandan KP Hayabusa-3008 Inspektur Satu Andi Yasser di Dumai, Rabu mengatakan, kelima warga Rohingya ini sebelum diamankan sempat kejar-kejaran dengan mobil pengangkut jenis Avansa dan Calya di Jalan Lintas Dumai-Sei Pakning.

Informasi kehadiran warga asing ini diperoleh dari masyarakat, dan anggota KP Hayabusa akhirnya menemukan mereka di tepi jalan setelah diturunkan secara acak oleh mobil pengangkut.

"Supir mobil yang ditumpangi pengungsi Rohingya ini berhasil kabur, dan selanjutnya warga asing ini kita serahkan ke kantor Imigrasi Dumai," kata IPTU Andi Yasser.

Dijelaskan, informasi awal diterima, 5 pengungsi Rohingya ini bertolak dari Camp Bangladesh di Provinsi Aceh ke Pekanbaru, dan melanjutkan perjalanan ke Dumai lewat darat dengan tujuan hendak menuju Malaysia.

"Kita masih memburu supir mobil yang membawa masuk warga Rohingya ini ke Dumai. Selanjutnya mereka kita serahkan ke Imigrasi untuk proses lebih lanjut" sebut Andi.

Adapun nama nama 5 orang Rohingya ini, Shohida (15), Montas (18), Rohima (23), Umme Habiba (18) dan Sayed Hassain umur 31 tahun. Tambahan 1 orang lagi hasil penangkapan Polsek Medang Kampai bernama Robi Alom (17).

Sementara, Kepala Sub Seksi Intelijen Kantor Imigrasi Dumai Ryanda Pratama menjelaskan, pihaknya kembali menerima pelimpahan 5 warga Rohingya yang diamankan KP Hayabusa-3008 dan tambahan satu lagi dari Polsek Medang Kampai, Rabu sore.

Total warga negara asing Rohingya yang saat ini menghuni ruang detensi Imigrasi Dumai sebanyak 17 orang.

Sebelum memasuki ruang detensi, belasan warga asing ini sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya akan berkoordinasi dengan UNHCR dan Kanwil Imigrasi Riau.

"Kita harus mengundang penerjemah karena warga Rohingya ini tidak ada satupun bisa berbahasa Indonesia. Setelah diperiksa kondisi kesehatan cukup baik, termasuk seorang anak perempuan dibawah lima tahun," sebut Ryanda.

Baca juga: Jaringan penyelundupan Rohingya ke Aceh tersebar di 3 provinsi

Baca juga: Mahfud : Ada dugaan TPPO soal pengungsi Rohingnya ke Indonesia

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Abdul Razak
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Pembalasan Tentara Bayaran

paylater kredivo
KemenPPPA kawal proses hukum kekerasan seksual guru ngaji di Purwakarta
Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar. (ANTARA/ HO-Kemen PPPA)
Selain itu, kami juga mendorong pihak dinas dan kepolisian untuk menguatkan para orang tua atau wali korban untuk mengajukan permohonan restitusi ke LPSK
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA ) terus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan pemerintah daerah untuk mengawal proses hukum kasus kekerasan seksual oleh guru ngaji di Purwakarta, Jawa Barat.

KemenPPPA juga melakukan pendampingan terhadap 15 korban kekerasan seksual oleh guru ngaji tersebut.

"Tim Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) Layanan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus telah melakukan penjangkauan dan koordinasi kasus," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Tingkat pelayanan SAPA 129 KemenPPPA naik jadi 94,57 persen pada 2023

Nahar mengatakan KemenPPPA mendorong dinas setempat terus mengupayakan pendampingan psikologis pada seluruh korban dan keluarganya agar dapat pulih dari trauma akibat kekerasan seksual yang mereka alami.

"Selain itu, kami juga mendorong pihak dinas dan kepolisian untuk menguatkan para orang tua atau wali korban untuk mengajukan permohonan restitusi ke LPSK," katanya.

Kekerasan seksual diduga telah dilakukan tersangka sejak 2018, dengan modus memanggil para korban untuk memijat dengan iming-iming menjanjikan kepada para korban akan mendapat ilmu spiritual.

Apabila korban menolak permintaan tersebut, tersangka berdalih para korban akan celaka.

Baca juga: KemenPPPA pastikan pendampingan anak korban selamat laka lantas Sumsel

Dalam kasus ini, diduga korbannya ada lebih dari 15 orang.

"Saat ini korban berjumlah 15 orang, empat korban diduga mengalami persetubuhan dan telah dilakukan visum et repertum, serta 11 korban lainnya diduga mengalami pencabulan oleh tersangka," kata Nahar.

Pihaknya pun meminta murid-murid tersangka dan masyarakat setempat agar tidak takut melapor.

"Dengan berani melapor kepada pendamping maupun pihak kepolisian, korban nantinya dapat mengakses pemulihan psikologis, memperoleh keadilan di ranah hukum, dan dibantu mengupayakan haknya atas restitusi," katanya.

Baca juga: KemenPPPA pastikan pendampingan anak korban pemerkosaan di Bandung

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024

Nona seksiku

frebet
Kejagung lelang enam tas mewah milik istri Benny Tjokro
Tas mewah bermerek Hermes milik istri terpidana kasus korupsi dan TPPU Benny Tjokrosaputro diperlihatkan pada publik untuk dilelang oleh Kejaksaan Agung, Kamis (4/1/2024). ANTARA/HO-Kejaksaan Agung/am.
Jakarta (ANTARA) - Kejaksaan Agung (Kejagung), melalui Pusat Pemulihan Aset, melelang barang sitaan berupa enam buah tas mewah bermerek terkenal milik istri terpidana kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Benny Tjokrosaputro.

"Pusat Pemulihan Aset Kejagung akan melakukan lelang barang sitaan eksekusi berupa enam buah tas bermerek Hermes milik istri terpidana Benny Tjokrosaputro," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Benny Tjokrosaputro merupakan terpidana perkara tindak pidana korupsi dan TPPU dalam pengelolaan keuangan dan investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Nantinya, limit barang yang ditetapkan Kejagung atas barang sitaan yang dilelang itu kurang lebih senilai Rp60 juta untuk setiap tas mewah tersebut.

Baca juga: Kejagung telusuri aset terpidana korupsi Benny Tjokro di Surakarta

Selanjutnya, Ketut menjelaskan pelaksanaan lelang dilakukan secara open biddingterhadap enam tas itu pada Rabu, 24 Januari 2024, di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta IV.

Enam barang sitaan yang dilelang itu juga akan melewati tiga kali tahapan pemasaran bagi peminat tas mewah asal Paris itu, yakni tahap I pada 9 Januari, tahap II pada 16 Januari, dan tahap III pada 22 Januari.

Pemenang lelang akan diumumkan pada Kamis, 24 Januari 2024, pukul 14.00 WIB (sesuai server), melalui akun lelang.go.id.

"Usai dilaksanakannya lelang barang sita eksekusi ini, diharapkan dapat berdampak pada pulihnya perekonomian negara serta mendukung program Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional melalui optimalisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)," ujar Ketut.

Baca juga: Kejagung sita aset terpidana Jiwasraya Benny Tjokro dan Heru Hidayat

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024

Permainan emas kripton di dunia lain masih belum bisa dihentikan

slot gacor luar negeri
BMKG minta warga Sumedang waspada selama sepekan setelah gempa bumi
Warga mengungsi di lapangan pascagempa di Babakan Hurip, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (31/12/2023). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa/aa.
Sumedang, Jawa Barat (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Kabupaten Sumedang untuk tetap waspada selama sepekan ke depan setelah terjadi pasca guncangan gempa bumi di penghujung tahun 2023.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu di Sumedang, Jawa Barat, Senin, mengatakan terjadinya gempa susulan tidak ada yang bisa memprediksi, termasuk BMKG.

"Kami mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dengan meningkatkan kewaspadaan, terutama sepekan ke depan, karena kita belum bisa memprediksi gempa susulannya seperti apa. Jadi, selama satu minggu ke depan harus meningkatkan kewaspadaan," kata Rahayu.

Baca juga: BNPB pastikan pasien dapat kembali tempati ruangan di RSUD Sumedang

Rahayu mengatakan kewaspadaan itu harus dimiliki oleh masyarakat, terutama yang memiliki bangunan rumah, yang sudah lima kali diguncang gempa  sejak 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024.

"Sudah pasti struktur bangunannya bergeser, karena bangunan kita kan bukan bangunan yang didesain tahan gempa. Jadi, harus waspada," ucapnya.

Ketika ditanya mengenai penyebab lima gempa di Sumedang, Rahayu mengatakan BMKG untuk sementara ini belum bisa mengidentifikasi secara jelas aktivitas patahan atau sesar apa.

"Namun, kita bisa sampaikan bahwa ini dari aktivitas sesar-sesar lokal yang aktif. Mudah-mudahan kita di lapangan secepatnya bisa ambil data, jadi bisa dijustifikasi sesar apa, mudah-mudahan setelah gempa utama 4,8 magnitudo, tren gempa susulan mengecil kekuatannya, mudah-mudahan meluruh terus," ujarnya.

Akibat rangkaian gempa dengan yang terbesar berkekuatan 4,8 magnitudo di Sumedang pada 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024, sebanyak 138 rumah rusak ringan, 110 rumah rusak berat, 456 warga mengungsi, 11 orang mengalami luka ringan, dengan dua orang diantaranya dirawat di RSUD Sumedang dan RS Santosa Bandung, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Baca juga: Pemkab Sumedang tetapkan status tanggap darurat bencana gempa

Baca juga: Pemkab Sumedang cek bangunan RSUD sebelum ditempati pasien

Berdasarkan hasil analisa Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), kejadian gempa bumi ini diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif Cileunyi - Tanjungsari yang disimpulkan berdasarkan posisi lokasi pusat gempa bumi dan kedalaman dari data BMKG.

Menurut data Badan Geologi, Sesar Cileunyi - Tanjungsari merupakan sesar mendatar mengiri, sebarannya mulai dari selatan Desa Tanjungsari menerus ke timur laut hingga lembah Sungai Cipeles, dan nilai laju geser berkisar antara 0,19 - 0,48 mm/tahun.

Badan Geologi juga mencatat wilayah Kabupaten Sumedang pernah mengalami kejadian gempa bumi merusak pada tahun 1972, sedangkan kejadian gempa bumi tahun 2010 menimbulkan kecemasan bagi penduduk di daerah Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Pada tahun 2022, tercatat kejadian gempa bumi dengan magnitudo (M2,7) pada kedalaman 16 km.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024

Ternyata saya sudah mencapai level penuh

bonus new member 100 slot
Komnas: Femisida intim kasus tertinggi pembunuhan perempuan di 2023
Tangkapan layar Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/7/2023). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)
Jakarta (ANTARA) - Komnas Perempuan menyatakan bahwa femisida intim atau pembunuhan terhadap perempuan yang dilakukan oleh pasangannya ataupun mantan pasangannya menempati posisi teratas dalam kasus pembunuhan terhadap perempuan selama 2023.

"Pada 2023, diberitakan femisida intim menempati pemberitaan tertinggi yaitu pembunuhan yang dilakukan oleh suami, mantan suami, pacar, mantan pacar, atau pasangan kohabitasi yang mencapai 67 persen dari keseluruhan kasus femisida diberitakan atau 109 kasus," kata Anggota Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Femisida intim ini terdiri dari jenis kekerasan terhadap isteri sebanyak 64 kasus, kekerasan dalam pacaran sebanyak 33 kasus, kekerasan mantan pacar sebanyak 11 kasus, dan kekerasan mantan suami sebanyak satu kasus.

"Yang paling banyak adalah jenis femisida intim yaitu femisida yang dilakukan suami, mantan suami, pacar, atau mantan pacar," kata Siti Aminah Tardi.

Menurut pihaknya, fakta tersebut menunjukkan bahwa relasi perkawinan dan relasi pacaran menjadi salah satu relasi yang tidak aman bagi perempuan.

Baca juga: Komnas : Kasus suami mutilasi istri di Malang Jatim tergolong femisida

Baca juga: Bareskrim diminta lakukan pemilahan data pembunuhan berbasis gender

Berdasarkan pantauan Komnas Perempuan terhadap pemberitaan online selama 2023, dari 159 kasus yang diberitakan, terdapat 162 jenis femisida, dikarenakan satu kasus memuat dua jenis femisida, seperti pembunuhan terhadap ibu dan anaknya.

Baru-baru ini terjadi pembunuhan terhadap seorang perempuan yang dilakukan oleh suaminya atau tergolong femisida intim.

Seorang suami inisial JM (61) membunuh dan memutilasi istrinya NMS (55) di Kota Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (30/12), diduga karena permasalahan rumah tangga.

Usai membunuh dan memutilasi istrinya, pelaku menyerahkan diri ke polisi pada Minggu (31/12).

Baca juga: Rasa superioritas laki-laki salah satu penyebab terjadi femisida

Baca juga: Kasus menantu perempuan dibunuh mertua di Jatim tergolong femisida

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024