petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

terjerat pinjol resmi

rtp kilau4d 44Jutaan kata 552345Orang-orang telah membaca serialisasi

《terjerat pinjol resmi》

Pertamina Buka SPBU Modular untuk Dorna Sports di MotoGP Mandalika******

Pertamina Patra Niaga membuka SPBU Modular yang akan dioperasikan selama acara MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Mandalika, Lombok, NTT.
Ketersediaan Energi, SPBU modular dioperasikan di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. (Arsip Pertamina)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga membuka Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Modular yang akan dioperasikan selama acara MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat diselenggarakan.

Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan, keputusan untuk membuka SPBU Modular ini merupakan bentuk dukungan ketersediaan energi bagi aktivitas operasional Dorna Sports selaku penyelenggara utama gelaran MotoGP.

SPBU Modular di MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 akan menyediakan layanan pengisian Pertamax Turbo untuk kendaraan operasional peserta, safety car, marshalldan medical rescue. Selama event ini berlangsung, Pertamina menyiapkan 4.000 liter BBM di SPBU Modular.

Pilihan Redaksi
  • Hamas Sambut Baik Dukungan dan Bantuan Rusia
  • Waktu 6 Jam Gaza Selesai, Netanyahu Minta IDF Siapkan Tahap Lanjutan
  • Iran Peringatkan Israel jika Terus Gempur Gaza: Ada Konsekuensinya

Riva berharap, dibukanya SPBU Modular ini dapat memberikan banyak dampak positif agar memperlancar seluruh rangkaian acara MotoGP di MAndalika.

Selain itu, Riva mengatakan dukungan yang diberikan oleh Pertamina melalui fasilitas SPBU modular untuk aktivitas operasional Dorna Sports ini juga menjadi upaya untuk "membawa nama baik Indonesia."

Menurut kesaksian salah satu operator SPBU Modular di Mandalika, Lalu Safrino, pembukaan SPBU ini telah dibangun sepekan sebelum event MotoGP berlangsung.

SPBU Modular tersebut telah beroperasi sejak Kamis (12/10) lalu, dan hanya dapat melayani kendaraan operasional tim Dorna Sports dengan produk Pertamax Turbo.

"Di Sirkuit ini, hanya ada 1 SPBU Modular dan berlokasi di dekat paddock. SPBU ini kita khususkan untuk kendaraan operasional tim Dorna. Karena kendaraan yang diberikan akses ke dalam sini dibatasi," jelas Lalu Safrino.

"Produk yang tersedia hanya Pertamax Turbo dan pembayaran dilakukan dengan voucher BBK dari Pertamina Retail," imbuhnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina akan terus mempersiapkan infrastruktur dan fasilitas penunjang yang semakin lengkap untuk mendukung kesuksesan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023.

"Tahun ini adalah tahun kedua Pertamina dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. Infrastruktur penunjang yang semakin lengkap diharapkan menyempurnakan ajang ini," ujar Fadjar menutup keterangan resmi pihak Pertamina.

Lihat Juga :
Israel Bersiap Serang Gaza, AS Kerahkan Jet Tempur ke Timur Tengah

SPBU Modular di Mandalika akan menyediakan bahan bakar Pertamax Turbo yang memiliki nilai oktan tertinggi RON98, dengan kelebihan teknologi Ecosave dan Ignition Boost Formula (IBF).

[Gambas:Video CNN]

Formula ini menjadikan Pertamax Turbo memiliki proses pembakaran yang sempurna, sehingga cocok untuk mesin berteknologi tinggi.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

(isa/bac)

Perjalanan KRL Prameks Batal Buntut Kecelakaan KA Argo Semeru******

KAI membatalkan perjalanan Commuter Line Prameks karena insiden anjloknya kereta api (KA) Argo Semeru dan KA Argo Wilis di Wates, Kulon Progo, Selasa (17/10).
KAI membatalkan perjalanan Commuter Line Prameks karena insiden anjloknya kereta api (KA) Argo Semeru dan KA Argo Wilis di Wates, Kulon Progo, Selasa (17/10). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Tunggul).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) membatalkan perjalanan Commuter Line Prameks karena insiden anjloknya kereta api(KA) Argo 17 Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng.

"Demi keselamatan dan keamanan perjalanan kereta maka untuk perjalanan operasional Commuter Line Prameks dibatalkan sementara hingga lintas perjalanan tersebut sudah dapat dilalui," ujar KAI dalam akun Twitter @CommuterLine, Selasa (17/10).

KAI meminta maaf atas pembatalan operasional Commuter Line Prameks tersebut. Sementara, penumpang yang telah membeli tiket bisa melakukanrefunddi loket yang tersedia di stasiun.

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan imbas kejadian tersebut, untuk sementara waktu kedua jalur yang berada di antara Stasiun Wates dan Stasiun Sentolo tidak bisa dilalui oleh semua kereta api.

"Kami melakukan upaya rekayasa operasi untuk mempercepat dan juga memperkecil dampak dari kejadian tersebut," ujarnya melalui pernyataan resmi.

Joni mengatakan pihaknya juga saat ini terus melakukan upaya-upaya evakuasi kepada semua penumpang pada dua rangkaian kereta api tersebut. Ia pun menegaskan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

Ia menambahkan bahwa perseroan juga melakukan upaya perbaikan dan normalisasi terhadap gerbong-gerbong yang anjlok.

Selain itu, perusahaan juga berupaya memperbaiki sarana-sarana dan jalan yang rusak.

"PT KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat atas terganggunya pelayanan perjalanan kereta api," kata Joni.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Perusahaan Barat Ramai******

Sejumlah perusahaan Barat menjual asetnya di Rusia atau menyerahkan kepada manajer lokal untuk mengenakan sanksi pada Kremlin atas perang di Ukraina.
Sejumlah perusahaan Barat menjual asetnya di Rusia atau menyerahkan kepada manajer lokal untuk mengenakan sanksi pada Kremlin atas perang di Ukraina. Ilustrasi. (AP/).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah perusahaan Barat menjual asetnya di Rusiaatau menyerahkan kepada manajer lokal untuk mengenakan sanksi pada Negeri Beruang Merah atas perang di Ukraina.

Hal itu juga sebagai respons dari ancaman Kremlin yang akan menyita aset milik asing.

Langkah tersebut, yang merupakan bagian dari eksodus korporasi yang lebih luas dari Rusia, memicu kekhawatiran perusahaan dan institusi Rusia akan mengambil aset-aset berharga dengan harga murah.

OTOMOTIF

KONTINENTAL

Produsen suku cadang mobil tersebut menjual pabrik bannya di Rusia ke perusahaan induk Rusia S8 Capital pada Mei 2023.

RENAULT

Produsen mobil Prancis tersebut menjual saham mayoritasnya di Avtovaz ke Rusia pada 2022, dilaporkan hanya dengan harga satu rubel tetapi dengan opsi enam tahun untuk membelinya kembali.

VOLKSWAGEN

Produsen mobil Jerman tersebut menyelesaikan penjualan pabrik produksinya di Kaluga dan anak perusahaan lokalnya pada Mei.

Lihat Juga :
Kemendag Butuh Aturan Baru Hapus 'Kecurangan' E-Commerce

BANK DAN ASURANSI

SOCIETE UMUM

Bank Prancis tersebut menjual bisnis Rosbank-nya ke Interros Capital Rusia pada Mei 2022, dan mengalami kerugian sebesar 3,1 miliar euro (US,38 miliar).

ENERGI

SHELL

Perusahaan energi dan petrokimia Inggris tahun lalu menjual bisnis ritel dan pelumasnya di Rusia ke Lukoil Rusia.

MAKANAN & MINUMAN

AB INBEV

Perusahaan pembuat bir Belgia setuju untuk menjual sahamnya di perusahaan patungan AB InBev Efes pada April 2022, dengan kerugian penurunan nilai sebesar US,1 miliar.

HEINEKEN

Perusahaan pembuat bir asal Belanda tersebut mengatakan pada 25 Agustus bahwa mereka keluar dari Rusia setelah menjual operasinya di sana kepada perusahaan Rusia Arnest Group dengan harga simbolis satu euro.

Lihat Juga :
Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Menko Marves Ad Interim Gantikan Luhut

KEHUTANAN DAN PENGEMASAN

INTERNATIONAL PAPER

International Paper menjual 50 persen sahamnya dalam usaha patungan kepada pemegang saham Rusia pada September. Mondi Inggris menjual tiga operasi konversi kemasan ke Gotek Group seharga 1,6 miliar rubel dan setuju untuk menjual pabrik terbesarnya di Rusia ke Sezar Invest seharga 80 miliar rubel.

HUHTAMAKI

Pembuat kemasan Finlandia Huhtamaki (HUH1V.HE) menjual operasinya di Rusia seharga 151 juta euro dan perusahaan kehutanan Stora Enso (STERV.HE) keluar dari negara tersebut dengan menjual tiga pabrik pengemasan bergelombang kepada manajemen lokal tahun lalu.

RESTORAN & ECERAN

AMREST

Operator restoran pada Mei menutup penjualan bisnis KFC-nya di Rusia ke Smart Service seharga 100 juta euro.

IKEA

Gazprombank Group membeli 14 pusat perbelanjaan MEGA di Rusia dari unit operator IKEA Ingka Group dengan harga yang tidak diungkapkan, kata perusahaan tersebut pada 28 September.

Lihat Juga :
Ketua PP Muhammadiyah Usul Gaji Buruh Naik Agar Tanah Abang Ramai Lagi

INDITEX

Moskow menyetujui penjualan bisnis pengecer fesyen Spanyol di Rusia kepada pembeli yang berbasis di UEA pada bulan April. Pemilik Zara telah setuju untuk menjual lebih dari 500 tokonya pada Oktober 2022.

MCDONALD'S

Jaringan restoran yang berbasis di AS ini menjual bisnisnya di Rusia tahun lalu, dengan biaya sebesar US,28 miliar.

TEMBAKAU

TEMBAKAU AMERIKA INGGRIS

Produsen rokok Camel dan Lucky Strike mengatakan pada 7 September bahwa mereka akan menjual bisnisnya di Rusia dan Belarusia dengan harga yang tidak diungkapkan kepada sebuah konsorsium yang dipimpin oleh anggota tim manajemen lokalnya.

MERK IMPERIAL

Grup tembakau Inggris mengalihkan bisnisnya di Rusia kepada investor yang berbasis di Rusia pada April 2022.

LAINNYA

XEROX (XRX.O)

Pembuat printer Xerox Holdings mengatakan pihaknya telah menjual operasinya di Rusia kepada manajemen lokal dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

VEON

Operator telekomunikasi seluler yang terdaftar di Amsterdam, Veon, mengatakan pihaknya telah menyelesaikan proses hengkang dari Rusia seiring dengan penutupan penjualan bisnisnya di Rusia, Vimpelcom, kepada anggota senior tim manajemen Vimpelcom, yang dipimpin oleh CEO Aleksander Torbakhov.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:4d gacor

Perbarui waktu:2024-07-02

Daftar bab terbaru
kominfo pinjol ilegal gak usah dibayar
situs judi online terlengkap
dewa138
bo tergacor
penaslot
bocoran admin jarwo hari ini
kupon grab food
slot game online indonesia
sistem kredivo
Daftar isi semua bab
Bab 1 qqalfa
Bab 2 maxwin olympus bet 2000
Bab 3 rtp batik77
Bab 4 daftar slot terbaru 2022 resmi
Bab 5 gacor terus slot
Bab 6 rtp agen338
Bab 7 data paito taiwan
Bab 8 pinjaman online ojk resmi
Bab 9 slot gacor modal receh
Bab 10 cara dapat koin di fizzo novel
Bab 11 rtp mpoid
Bab 12 rentalslot77
Bab 13 idn slot bonus new member 100
Bab 14 kantor pusat pragmatic play
Bab 15 pinjam duit
Bab 16 sayang dompet pinjol
Bab 17 bumi4d togel
Bab 18 aplikasi kredivo adalah
Bab 19 pinjam uang di bank tanpa jaminan
Bab 20 qq188
Klik untuk melihattersembunyi di tengah424bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Tuhan lahir

slot home
Lahan pertanian di Indonesia semakin berkurang dalam beberapa tahun terakhir. Padahal saat ini tengah terjadi fenomena El Nino.
Lahan pertanian di Indonesia semakin berkurang dalam beberapa tahun terakhir. Padahal saat ini tengah terjadi fenomena El Nino. Lahan pertanian di Bekasi yang mulai terkepung perumahan. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lahan pertanian di Indonesia semakin berkurang dalam beberapa tahun terakhir. Padahal saat ini tengah terjadi fenomena El Nino.

Imbasnya, harga beras pun kian melonjak. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan permasalahan harga beras naik terletak pada kesulitan penggilingan dalam mendapatkan gabah kering panen (GKP).

"Challenge-nya hari ini, saudara kita penggiling padi tidak dapat GKP dengan cukup dan harga pastinya akan naik," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (24/8).

CNNIndonesia telah berupaya mencari data terbaru lahan pertanian. Namun publikasi data terbaru hanya ditemukan sampai 2019.

Sementara itu, lahan pertanian kerap beralih fungsi menjadi kawasan industri dan perumahan. Peralihan fungsi lahan pertanian menjadi permukiman berdampak pada sejumlah aspek, seperti turunnya produksi pertanian, investasi di bidang pengairan menjadi tidak optimal, dan berkurangnya ekosistem sawah.

Pada 2021 lalu, mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahkan mencatat ada 150 ribu hektare lahan pertanian yang sudah beralih fungsi menjadi nonpertanian. Padahal, lahan yang tersulap baru 30 ribu hektare pada 1990.

Sebelumnya pada 2019, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan Indonesia telah kehilangan 650 ribu hektare lahan sawah.

Di tengah penurunan lahan pertanian itu, lahan perkebunan kelapa sawit justru naik setiap tahunnya.

Pada 2015, luasnya 11,2 juta hektar, lalu naik ke 14 juta hektar (2017), 14,3 juta hektar (2018), 14,4 juta hektar (2019). Kemudian bertambah lagi ke 14,5 juta hektar (2020), dan 16,8 juta hektar (2021-2023).

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Gerbang Bayangan Langit

kodok erek erek
Kemenperin buka suara soal munculnya seruan boikot produk-produk yang diduga terafiliasi dengan Israel, yang dipicu agresi Israel ke Gaza, Palestina.
Kemenperin buka suara soal munculnya seruan boikot produk-produk yang diduga terafiliasi dengan Israel, yang dipicu agresi Israel ke Gaza, Palestina. Ilustrasi. (REUTERS/KEVIN LAMARQUE)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memahami munculnya seruan boikot produk-produk yang diduga terafiliasi dengan Israel, yang dipicu agresi Israelke Gaza, Palestina.

Plt Sekretaris Jenderal Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan pihaknya ingin memposisikan diri sebagai pelaku pembina industri nasional. Meski begitu, ia menegaskan Kemenperin tidak dalam posisi mendukung ataupun menolak gerakan boikot produk Israel dan sekutu tersebut.

"Ranah Kemenperin adalah menjalankan kebijakan-kebijakan yang mendukung produktivitas dan daya saing sektor industri. Saat ini, fokus kami adalah langkah-langkah pengetatan arus barang impor untuk mendukung pengembangan pasar dalam negeri," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (2/11).

Harapannya, pengetatan produk impor dapat mendorong peningkatan penggunaan produk-produk dalam negeri, yang kualitasnya tak kalah ciamik.

"Hal ini agar industri kita semakin kuat dan produk-produknya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," tutupnya.

Jagad maya di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, diramaikan dengan seruan boikot produk-produk Israel.

Bahkan, merek dari negara lain yang disinyalir mendanai Israel juga ikut dalam daftar hitam.

Ini terjadi menyusul gempuran Israel ke Palestina yang dimulai sejak 7 Oktober 2023 lalu. Setidaknya, 8.796 warga Gaza tewas dalam kejahatan kemanusiaan tersebut, di mana sebagian besar korban adalah anak-anak dan perempuan.

Di lain sisi, korban tewas di pihak Israel mencapai 1.400 orang.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Kelahiran Kembali Penyihir Hitam

slot gacor x500
Menko Marves Luhut mengatakan organisasi transportasi saat ini terlalu banyak, mulai dari pemerintah pusat, BUMN, hingga pemerintah daerah.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bakal melebur seluruh organisasi transportasi di Indonesia menjadi satu. (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bakal melebur seluruh organisasi transportasidi Indonesia menjadi satu.

"Iya, kita mau lebur, kita lihatlah. Jadi besok kami akan ketemu dan nanti ahli Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) kita undang," kata Luhut usai acara ulang tahunnya ke-76 di Sopo Del Tower, Jakarta Selatan, Kamis (28/9).

Lihat Juga :
Menhub Cari Solusi Rencana Merger Garuda, Citilink, dan Pelita Air

"Sekarang bagaimana itu menjadi satu, jadi satu komandannya. Nanti kita cari CEO-nya siapa," ujarnya.

Akan tetapi, Luhut tidak merinci lebih detail bagaimana rencana peleburan organisasi transportasi tersebut. Ia juga tidak membahas dampaknya kepada badan atau lembaga yang sudah ada.

Luhut hanya menegaskan bangsa Indonesia harus guyub mengurus transportasi. Menurutnya, pemerintah akan mengakomodasi pikiran atau ide-ide cemerlang masyarakat serta para pakar.

Ia juga menyinggung soal titah Presiden Jokowi lain untuk mengintegrasikan sistem transportasi Indonesia. Luhut menyebut nantinya akan ada satu karcis untuk naik ke semua jurusan.

Lihat Juga :
Mundur Sehari, Luhut Sebut Peresmian Kereta Cepat WHOOSH 2 Oktober

Sebelumnya Luhut mengatakan Presiden Jokowi ingin membentuk organisasi untuk mengatur integrasi transportasi publik di Jabodebek.

Luhut mengatakan Jokowi meminta organisasi tersebut dibentuk dalam satu bulan ke depan. Namun, organisasi tersebut tidak akan dipimpin dirinya.

"Presiden memerintahkan saya untuk melihat strukturnya dan membuat organisasi yang lebih efisien, dan saya nanti akan undang beberapa pakar-pakar untuk memberikan masukan," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Rabu (27/9).

Jokowi meminta kolaborasi pemerintah dengan penyedia transportasi. Menurutnya, akan sangat bagus jika masyarakat cukup satu kali pesan, kemudian sistem sudah mengatur transportasi apa saja yang bisa digunakan.

"Misalnya pertama naik ojek ke stasiun, kemudian naik kereta, naik kereta naik Transjakarta sampe ke titik tujuan. sehingga tidak perlu dicari-cari, tidak perlu nunggu-nunggu karena semuanya sudah terintegrasi," katanya.

(skt/fra)

[Gambas:Video CNN]

Master catur bersih

slot terbaik mudah menang
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (25/10) ini meski masih dibayangi pelemahan rupiah dan aliran modal keluar.
IHSG diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (25/10) ini meski masih dibayangi pelemahan rupiah dan aliran modal keluar. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (25/10) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks diperkirakan dapat menguji resisten terdekat di 6.869.

"IHSG dapat melanjutkan penguatan menuju 6.968 jika tembus di atas 6.869," imbuh Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG menguat terbatas hari ini. Menurutnya, kenaikan yang terjadi dalam pola gerak indeks saham saat ini masih bersifat teknikal rebound.

Hal itu terjadi IHSG pasca melemah pada beberapa waktu sebelumnya. William pun mengingatkan investor tetap waspada terhadap peluang koreksi wajar.

"Mengingat masih terjadinya capital outflowserta adanya fluktuasi nilai tukar rupiah yang masih akan membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang, hari ini IHSG berpotensi menguat terbatas," imbuhnya.

William memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.702 danresistance6.899 hari ini. Ia pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni UNVR, ASII, AALI, JSMR, SMRA, KLBF, TBIG, dan AKRA.

IHSG ditutup menguat 64,7 poin atau 0,96 persen ke level 6.806 pada perdagangan Selasa (24/10) kemarin.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp8,14 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,63 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Kelahiran Kembali Republik Tiongkok

slot injector all situs
Perum Bulog bakal mengimpor 500 ribu ton jagung tahun ini demi mengatasi fluktuasi harga jagung pakan bagi peternak ayam.
Perum Bulog bakal mengimpor 500 ribu ton jagung tahun ini demi mengatasi fluktuasi harga jagung pakan bagi peternak ayam. ( ANTARA FOTO/AKBAR TADO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Bulogbakal mengimpor 500 ribu ton jagungtahun ini demi mengatasi fluktuasi harga jagung pakan bagi peternak ayam.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas menargetkan jagung tersebut sudah bisa tersedia di Tanah Air pada akhir tahun ini.

"Jadi gini, saya akhir tahun ini Insya Allahjuga jagung sudah ada. Saya berhitung dari masa panen. Jadi jumlah kebutuhan kaitannya dengan masa panen produksi jagung. Jadi jangan tabrakan," ucap Buwas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (12/9).

Terpisah, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan impor jagung pakan sebanyak 500 ribu ton ditugaskan kepada Perum Bulog.

Ia juga mengatakan untuk menjaga harga di tingkat petani tetap baik tersebut, impor jagung pakan dilakukan secara bertahap.

"Tahap pertamanya 250 ribu ton. Ini akan kami atur kedatangannya dan diupayakan sebelum panen, sehingga kepentingan petani jagung nasional tetap terjaga," ucap Arief dalam keterangan resmi, Rabu (11/10).

Ia mengatakan importasi tersebut dilakukan secara cermat dan terukur serta tetap menjaga harga di tingkat petani tetap baik.

"Tentunya kami tetap mengutamakan produksi dalam negeri, namun jika memang diperlukan dalam kondisi tertentu, intervensi pemerintah harus kita siapkan. Khusus untuk jagung pakan," katanya.

Arief menyebut berdasarkan Panel Harga Pangan, harga rata-rata nasional jagung tingkat peternak pada 1 Oktober tercatat di Rp6.840 per kg. Harga jagung kemudian naik menjadi Rp7.000 per kg pada 10 Oktober 2023.

Menurutnya, kondisi tersebut disebabkan karena harga jagung di tingkat produsen dan konsumen yang terus meningkat dan melampaui harga acuan penjualan (HAP).

Adapun HAP di tingkat konsumen untuk pengguna jagung sebagai pakan ternak di industri pakan ternak dan/atau peternak di harga Rp5.000 per kg.

Acuan itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Jiang Qiao Zhanyi

cara pasang colok jitu
Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Selasa (3/10) digeledah oleh Kejaksaan Agung terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dan korupsi impor gula.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Selasa (3/10) digeledah oleh Kejaksaan Agung terkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dan korupsi impor gula. Ilustrasi gula impor. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan(Kemendag) pada Selasa (3/10) digeledah oleh Kejaksaan Agungterkait kasus dugaan penyalahgunaan wewenang dan korupsi impor gula.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan dari hasil penyidikan, diduga tindak pidana korupsi itu terjadi di Kemendag dalam periode impor gula 2015-2023.

Penyidik, kata dia, menduga terjadi penyalahgunaan wewenang dalam kebijakan importasi gula terkait pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga.

Lantas, berapa banyak impor gula yang diduga bau amis korupsi itu?

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mengimpor 3,36 juta ton pada 2015. Mayoritas berasal dari Thailand (1,79 juta ton), Australia (1,02 juta ton), dan Brasil (458,1 ribu ton).

Lalu pada 2016, RI mengimpor gula sebanyak 4,74 juta ton. Mayoritas berasal dari Thailand (2,25 juta ton), Brasil (1,31 juta ton), dan Australia (896,4 ribu ton).

Lihat Juga :
Mentan 'Hilang' di Eropa Usai Dikabarkan Jadi Tersangka Korupsi

Selanjutnya, Indonesia mengimpor 4,48 juta ton gula pada 2017. Gula impor pada tahun itu mayoritas berasal dari Thailand (2,44 juta ton), Brasil (1,07 juta ton), dan Australia (646,8 ribu).

Kemudian pada 2018, RI mengimpor 5,02 juta ton. Mayoritas berasal dari Thailand (4,03 juta ton), Australia (922,8 ribu ton), dan Brasil (60 ribu ton).

Pada 2019, RI mengimpor 4,09 juta ton. Mayoritas dari Thailand (3,53 juta ton), Australia (542,2 ribu ton), dan Korea Selatan (7,2 ribu ton).

Indonesia kemudian mengimpor 5,53 juta ton gula pada 2020. Mayoritas berasal dari Thailand (2,02 juta ton), Brasil (1,54 juta ton), dan Australia (1,21 juta ton).

Lalu pada 2021, impor gula mencapai 5,48 juta ton. Mayoritas dari India (1,96 juta ton), Australia (1,33 juta ton), dan Brasil (1,14 juta ton).

Pada 2022, impor gula mencapai 6 juta ton yang mayoritas berasal dari Thailand (2,41 juta ton), India (1,61 juta ton), dan Brasil (1,31 juta ton).

[Gambas:Video CNN]



(feb/agt)