petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

mesin hoki slot

trik slot crazy 777 463Jutaan kata 537618Orang-orang telah membaca serialisasi

《mesin hoki slot》

Jokowi Ajak Jerman Jadi Bagian Penting Kemitraan Bisnis Indonesia******

Presiden Joko Widodo mengajak Jerman untuk menjadi bagian penting kemitraan bisnis dengan Indonesia dalam acara Indonesia-Germany Business Summit.
Dalam rangkaian Hannover Messe 2023, Indonesia menggelar Indonesia-Germany Business Summit. (Foto: Arsip Kemenperin)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo membuka acara Indonesia-Germany Business Summit di International Convention Center, Hannover Fairgrounds, Senin (17/4) waktu setempat. Acara pertemuan bisnis itu merupakan bagian dari rangkaian perhelatan pameran industri Hannover Messe 2023.

Business Summit tersebut terselenggara berkat kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia, Pemerintah Jerman, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), dan Asien-Pazifik-Ausschuss der Deutschen Wirtschaft, Asia-Pacific Committee of German Business (APA).

Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, di tengah ketidakpastian global, ekonomi Indonesia justru mantap menjadi titik terang. Tahun 2022 lalu, ekonomi Indonesia tumbuh 5,31 persen, tertinggi sejak 2014.

Jokowi menyebut, setidaknya ada tiga hal yang menjadi prioritas Indonesia saat ini. Pertama, hilirisasi industri untuk meningkatkan added values, menjaga sustainability, dan membuka lapangan kerja.

Menurut Presiden, Indonesia siap menjadi mitra pengembangan industri semikonduktor dan produksi baterai kendaraan listrik.

"Saya mengharapkan dukungan pebisnis Jerman menjadikan Indonesia bagian dari rantai pasok chip global," jelasnya.

Kedua, lanjut Jokowi, yakni transisi energi. Bagi Indonesia, hal ini merupakan komitmen untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Terlebih, potensi energi baru dan terbarukan (EBT) Indonesia sangat besar, mencapai 434 ribu Mega Watt. Dalam hal ini, Indonesia membutuhkan dukungan pembiayaan inovatif, transfer teknologi tinggi, dan reskilling tenaga kerja.

Ketiga, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. "(IKN) ini merupakan hub baru yang menghubungkan fasilitas yang telah ada di kota-kota sekitar," tambahnya.

Kanselir Jerman Olaf Scholz yang turut membuka pertemuan bisnis ini menyampaikan, negaranya merupakan mitra bisnis terbesar Indonesia di Eropa. Total ada lebih dari 250 perusahaan Jerman memiliki cabang di Indonesia.

Ia juga melihat pertumbuhan Indonesia melaju impresif dan merupakan tempat yang tepat untuk tumbuh.

Menurutnya, ada peluang menjalin kemitraan bisnis dengan Indonesia di sektor transisi energi. Untuk dia mengajak pebisnis Jerman untuk memanfaatkan peluang tersebut.

"Yang terpenting, bisa dibangun bisnis baru yang mengembangkan cutting-edge technology yang memastikan climate neutrality dan kemakmuran dapat berjalan bersama. Saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan peluang yang sudah ada ini," ujarnya.

Sementara itu, APA Chairman and President & CEO of Siemens AG Dr. Roland Busch menyatakan, Indonesia dan Jerman bisa membangun kemitraan yang berlangsung lama. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia menjadi official partner country pada Hannover Messe 2023.

Selain itu, kerja sama antara Jerman dan Indonesia juga saling menguntungkan dengan dukungan teknologi tinggi dari Jerman, dan Indonesia yang menyediakan akses ke pasar yang besar dan berkembang.

"Indonesia merupakan tempat yang tepat untuk tumbuh," ujar Busch.

Ketua Kadin Indonesia M. Arsjad Rasjid P.M memaparkan bahwa green technology mendukung pemulihan ekonomi melalui digitalisasi dan renewable energy. Dengan meningkatkan kekuatan transformasi digital, Indonesia dapat menciptakan industri yang lebih berkelanjutan, efisien, dan resilien.

Melalui acara ini, kedua pihak mengharapkan, para pelaku bisnis Indonesia dan Jerman dapat bersinergi dan berkolaborasi pada proyek-proyek kerja sama teknologi industri yang berkesinambungan.

Adapun dalam forum tersebut juga hadir Presiden Komisaris Astra International Prijono Sugiarto dan Chairman of the Board of Executive Directors BASF SE Martin Brudermüller sebagai narasumber diskusi dengan tajuk Flashlight on Indonesia German Business Cooperation. Diskusi ini dimoderatori oleh Jan Rönnfeld, Executive Director of EKONID Jerman.

Dalam diskusi itu, Prijono mengatakan, jika dibandingkan puluhan tahun lalu, Indonesia kini telah berkembang menjadi negara dengan ketahanan bisnis yang lebih stabil.

Sedangkan Martin Brudermüller menyarankan agar Indonesia fokus dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia tanpa harus melakukan apa yang negara-negara Eropa lakukan. Dalam hal ini, Brudermüller menilai Indonesia mampu menjadi negara yang sukses dengan caranya sendiri.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dicatat. Ketahanan Indonesia lebih stabil dan memberikan berbagai kemudahan investasi, sehingga diharapkan bisa menarik pengusaha Jerman untuk berinvestasi.

(osc/osc)

BEI Suspensi Perdagangan Saham Waskita Karya Lagi******

BEI menghentikan sementara atau suspensi perdagangan saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk karena menunda pembayaran bunga obligasi ke-11.
BEI menghentikan sementara atau suspensi perdagangan saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk karena menunda pembayaran bunga obligasi ke-11. ( ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara atau suspensi perdagangan sahamPT Waskita Karya(Persero) Tbk karena menunda pembayaran bunga obligasi ke-11.

Langkah itu dilakukan dengan mengacu pada surat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) No. KSEI-1184/DIR/0523 tanggal 5 Mei 2023 terkait Penundaan Pembayaran Bunga Ke-11 Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 (WSKT04CN1).

"Dalam rangka menjaga perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien maka Bursa Efek Indonesia (Bursa) memutuskan untuk melakukan penghentian sementara Perdagangan Saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk di Seluruh Pasar terhitung sejak Sesi I Perdagangan Efek tanggal 8 Mei 2023, hingga pengumuman Bursa lebih lanjut," bunyi pengumuman BEI, Senin (8/5).

Sementara itu, Waskita mengatakan penundaan pembayaran obligasi dilakukan karena perseroan masih dalam masa standstillatau bentuk optimal dari equal treatmentkepada kreditur dan pemegang obligasi non penjaminan. Kondisi ini akan memberikan waktu bagi perseroan dalam melakukan preservasi kas untuk aktivitas operasi.

SVP Corporate Secretary Waskita Ermy Puspa Yunita mengatakan perseroan juga sedang mempersiapkan skenario modifikasi master restructuring agreement (MRA)dan skema restrukturisasi yang komprehensif kepada seluruh kreditur termasuk pemegang obligasi non penjaminan.

Masa standstill disebut bersifat sementara yaitu berlangsung dari 7 Februari 2023 hingga 15 Juni 2023 karena terdapat ketentuan yang mewajibkan perseroan untuk menerapkan equal treatmentkepada seluruh kreditur termasuk pemegang obligasi non penjaminan.

"Sehingga perseroan tidak dapat melakukan pembayaran apapun termasuk melakukan pembayaran bunga dan/atau pokok atas kewajiban keuangan perseroan terhadap seluruh kreditur dan pemegang obligasi non penjaminan serta pemberi pinjaman perbankan," kata Ermy dalam pernyataan resmi.

Meski sahamnya mengalami suspensi, Waskita disebut tetap akan menjalankan seluruh program dan strategi sesuai dengan target yang telah ditetapkan serta memasukkan penyelesaian proyek-proyek yang saat ini sedang berjalan tidak terkendala atau terganggu.

"Perseroan terus berkomitmen terhadap penguatan implementasi tata kelola perusahaan (good corporate governance), serta mengedepankan bisnis yang profitable, sustainable, dan implementasi manajemen risiko yang hati-hati," tutup Ermy.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Daftar BUMN Punya Utang Jumbo******

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki utang jumbo hingga kuartal I-2023 ini, bahkan jumlahnya mencapai puluhan triliun.
Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki utang jumbo hingga kuartal I-2023 ini, bahkan jumlahnya mencapai puluhan triliun. (iStockphoto/izusek)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki utangjumbo hingga kuartal I-2023 ini, bahkan jumlahnya mencapai puluhan triliun.

Berdasarkan laporan keuangan yang sudah diterbitkan para perusahaan plat merah tersebut, dikutip Rabu (17/5), setidaknya ada tiga BUMN yang masih memiliki utang besar. BUMN lainnya seperti PT PLN, PT Pertamina, hingga Garuda Indonesia belum menerbitkan laporan keuangannya per kuartal I ini.

Ketiga BUMN ini adalah yang perusahaan negara di bidang konstruksi dan bertugas atau bertanggung jawab penuh untuk melaksanakan pengembangan infrastruktur.

1. Waskita Karya

Dalam laporan keuangannya, per 31 Maret 2023, Waskita Karya masih memiliki liabilitas termasuk utang sebesar Rp84,37 triliun. Meski masih besar, namun jumlah ini turun dibandingkan per akhir Desember 2022 yang sebesar Rp83,98 triliun.

Liabilitas termasuk utang tersebut terdiri dari, jangka pendek sebesar Rp21,23 triliun dan jangka panjang sebesar Rp63,13 triliun.



2. Wijaya Karya

Wijaya Karya sampai akhir Marte 2023 ini memiliki total liabilitas termasuk utang sebesar Rp55,76 triliun. Jumlah ini turun dibandingkan akhir Desember 2022 yang sebesar Rp57,57 triliun.

Secara rinci, utang dan liabilitas ini terdiri dari, kewajiban jangka pendek sebesar Rp34,07 triliun dan jangka panjang sebesar Rp21,69 triliun.

3. Adhi Karya

Adhi Karya tercatat memiliki jumlah liabilitas termasuk utang sebesar Rp30,29 triliun per akhir Maret 2023. Jumlah tersebut juga turun dibandingkan per akhir Desember 2022 yang sebesar Rp31,16 triliun.

Dari laporan keuangan yang dirilis, liabilitas termasuk utang tersebut terdiri dari kewajiban jangka pendek sebesar Rp23,37 triliun dan jangka panjang Rp6,91 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)




bab terbaru:bukit slot net

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs slot jp maxwin
situs ug slot terbaru
panen33
kalau tidak bayar kredivo
bola855
slot gacor malam ini
barang kredit
gilabola88
situs game slot terbaik
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs judi slot terpercaya
Bab 2 slot7000
Bab 3 cara cepat dapat uang di internet
Bab 4 menang menang slot
Bab 5 istana338 slot
Bab 6 slot online jdb
Bab 7 togel virginia day
Bab 8 www 77 slot
Bab 9 29hoki demo
Bab 10 agen slot
Bab 11 inatoge
Bab 12 situs paling gacor mudah menang
Bab 13 zona paito
Bab 14 cara dapat limit kredit akulaku
Bab 15 promo goride hari ini
Bab 16 maxim4d
Bab 17 pinjaman online bunga paling rendah 2022
Bab 18 tulus slot
Bab 19 daftar slot terbaik
Bab 20 situs online slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7728bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Kaisar Jahat Surga yang Melahap

minimal pinjaman kredivo
Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengaku pengunjung pada musim Lebaran tahun ini tak seramai tahun-tahun sebelumnya.
Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengaku pengunjung pada musim Lebaran tahun ini tak seramai tahun-tahun sebelumnya. (CNN Indonesia/Mochammad Ryan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, selalu menjadi magnet bagi masyarakat yang ingin membeli pakaian baru menjelang Lebaran.

Pasar yang berada di pusat Ibu Kota ini memang termasyhur sebagai pusat penjualan produk tekstil. Tak heran, pembeli dari negeri jiran pun kerap berbelanja ke tempat tersebut.

Keriuhan Pasar Tanah Abang sempat padam kala pandemi covid-19 menghantam pada 2020 hingga 2021 lalu. Memasuki 2022, kegiatan ekonomi di pasar ini mulai berdenyut lagi.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Senin (17/4) siang, Pasar Tanah Abang Blok A cukup ramai. Hanya saja, keramaian tampak berada di kios-kios yang berada di dekat pintu masuk saja.

Di area ini, para pedagang memanggil-manggil setiap mereka yang lewat. "Dilihat-lihat dulu, boleh,", "Cari apa bu?", "Boleh mampir ada diskon,". Seruan-seruan ini terlontar dari mulut pedagang satu dan pedagang lainnya.

Tak ada desak-desakan yang membuat susah untuk berjalan.

Lihat Juga :
Neraca Dagang Maret Surplus US,91 Miliar, Sudah 35 Bulan Beruntun

Kios yang menjual pakaian muslim pria dan wanita serta peralatan ibadah menjadi yang paling digandrungi pembeli.

Ketika beralih ke area belakang, suasana sepi. Tak sedikit sejumlah pedagang yang menganggur. Mereka hanya menonton video atau melakukan video call untuk mengisi waktu kosong.

Toriq (23), salah seorang penjual pakaian koko mengeluhkan pengunjung tahun ini tak seramai tahun lalu.

"Kalau menurut saya, kalau sebelum covid ramainya 90 persen, pas corona 75, ini kayaknya 60 persen saja," ucapnya.

Lihat Juga :
Elon Musk Akan Dirikan Perusahaan AI Baru untuk Saingi OpenAI

Tak ayal, Toriq mengaku omzetnya turun hingga separuh dibandingkan saat pandemi masih melanda. Ia menyebut pada 2021-2022 lalu, menjelang Lebaran pendapatannya bisa mencapai Rp20 juta per hari. Namun, tahun ini, untuk mendapatkan Rp10 juta saja ia harus berusaha keras.

Ia menduga sepinya pembeli tahun ini tak lepas dari daya beli yang menurun. Menurutnya, saat pandemi kegiatan persekolahan pun dilaksanakan secara online, sehingga pengeluaran masyarakat berkurang.

Sementara, saat ini sekolah sudah normal. Mau tidak mau pengeluaran untuk belanja pun berkurang. Apalagi, kata dia, banyak masyarakat yang menganggur.

"Menurut saya bentrok sama sekolah, kan kalau pas corona kemarin sekolah gak ada, biaya juga gak terlalu banyak jadi yang belanja juga tinggi," jelasnya.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Omzet Pedagang Turun

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Li Shifan

slotpaling gacor
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan LRT Bali harus masuk proyek strategis nasional (PSN) karena bakal berdampak luas bagi perekonomian.
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan LRT Bali harus masuk proyek strategis nasional (PSN) karena bakal berdampak luas bagi perekonomian. (CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakanLRT Bali harus masuk proyek strategis nasional (PSN) karena bakal berdampak luas bagi perekonomian.

"Ini menurut saya sangat strategis ya dan layak masuk ke PSN. Karena proyek LRT Bali ini akan menuntaskan secara sistemastis permasalahan transportasi di destinasi unggulan Indonesia, yaitu Bali," katanya di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (14/5).

Sandi mengatakan Bali selalu ramai acara yang menimbulkan macet, terutama di masa liburan. Oleh karena itu, ia menyebut proyek tersebut sangat mendesak untuk masuk ke dalam PSN.

"Sangat mendesak dan harus betul-betul diseriusi pemerintah pusat, dan saya akan mendorong ke Pak Menko (Airlangga). Tadi sudah ada pembicaraan bahwa LRT Bali ini dan beberapa ekspansi dari proyek-proyek transportasi harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah," jelasnya.

Menurutnya, kemitraan pemerintah dan badan usaha berpotensi mendatangkan keuntungan besar, bahkan mencapai belasan persen. Sandi juga menyebut potensi penciptaan lapangan kerja baru.

Selain itu, bakal muncul peluang usaha lain jika sudah terbentuk ekosistem LRT Bali tersebut. Ia menegaskan keuntungan tidak hanya diperoleh dari proyek, melainkan secara menyeluruh.

Lihat Juga :
Mentan Bantah Flu Babi Afrika Merebak Tak Hanya di Batam

"Bukan saja dilihat dari keuntungan saja, tapi secara dampak nilai tambah ekonominya dari proyek transportasi dan terpenting menciptakan lapangan kerja. Sehingga target Bali untuk bertransisi dari hanya mengadalkan pariwisata lapangan kerjanya akan bergeser ke transportasi, maupun sektor-sektor lain penunjang dari kegiatan masyarakat yang ada di Bali," tutupnya.

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster terkait kerja sama untuk menciptakan energi bersih di Pulau Bali. Salah satu yang dibahas adalah potensi pengadaan bus listrik dan LRT.

"Tidak saja bus listrik, tapi juga LRT yang kami akan kembangkan di Bali. Yang saat ini sedang feasibility (studi) dan nanti setelah selesai ini kami akan tindaklanjuti dengan pihak mana saja melakukan kerjasama, untuk pelaksanaan program transportasi publik, khususnya LRT ini dan sudah pasti dengan cepat berjalan," jelas Koster di Gedung Jaya Sabha, Kantor Gubernur Bali, Kamis (11/5).

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Dunia Dewa Bela Diri

hahabola
Sebentar lagi Transmart Full Day Sale dimulai. Cus ke gerai Transmart terdekat dan borong aneka produk murah mulai dari pakaian, perabot, hingga elektronik!
Sebentar lagi Transmart Full Day Sale dimulai. Cus ke gerai Transmart terdekat dan borong aneka produk murah mulai dari pakaian, perabot, hingga elektronik! (Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jangan lewatkan kesempatan menikmati diskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale seluruh Indonesia hari ini juga. Gelaran diskon ini dimulai saat toko dibuka, yakni sekitar pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat.

Selama periode Transmart Full Day Sale, ada banyak produk terbaik Transmart yang didiskon sampai 20 persen.

Lihat Juga :
Belanja Pas Tanggal Tua? Ke Transmart Aja Mumpung Ada Full Day Sale

Semua produk diskon ini bisa langsung kamu bawa pulang, dengan melakukan pembayaran melalui AlloPayLater, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

TransmartSyarat dan ketentuan belanja di Transmart Full Day Sale. (Arsip Transmart)

Untuk yang belum punya kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah, jangan khawatir. Kamu bisa mengajukan langsung kartu kredit di booth Bank Mega dan Bank Mega Syariah yang ada di setiap gerai Transmart.

Kamu juga bisa menggunakan AlloPayLater agar bisa belanja sekarang bayarnya nanti, lho. Caranya download Allo Bank di App Store atau Google Play Store. Lalu, buat akun dan upgrade ke Allo Prime untuk mengaktifkan AlloPayLater.

Setelah itu, kamu bisa langsung belanja produk incaran sepuasnya sesuai kebutuhan di Transmart Full Day Sale.

Cus, cuma hari ini lho! Kapan lagi bisa belanja murah pas akhir bulan. Segera merapat ke Transmart terdekat dan serbu semua diskon seharian di Full Day Sale. Jangan sampai terlewat, ya!

Gif banner Allo Bank
(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Penjinak Jenius

situs terpercaya 2022
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pengerjaan PSN lanjut terus, siapapun presiden terpilih di 2024 nanti.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pengejaan PSN lanjut terus, siapapun presiden terpilih di 2024 nanti. (CNN Indonesia/ Panji Septo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartartomengungkapkan ada 156 proyek strategis nasional (PSN) yang sudah rampung sejauh ini. Ia menegaskan PSN bakal lanjut terus, siapapunpresiden terpilih di 2024 nanti.

"PSN sudah berjalan 8 tahun. Total, sudah selesai sekitar 156 PSN dengan nilai lebih dari Rp1.000 triliun di seluruh Indonesia,"  kata Airlangga di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan, Senin (8/5).

"Kalau saya lihat, beberapa pembangunan yang sifatnya infrastruktur akan terus berjalan. Infrastruktur publik, apakah busway (Transjakarta), MRT, saya yakin jalan terus siapapun pemerintahnya," imbuhnya.

Ia merinci beberapa PSN yang sudah rampung antara lain berbagai jalan tol, jalur kereta api, beberapa kawasan ekonomi khusus (KEK), hingga pengembangan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Ada juga infrastruktur untuk hilirisasi hingga kawasan industri.

"Saya yakin seluruh program PSN, apalagi yang finansial sudah closeakan terus jalan. Yangfinancialtidak tergantung APBN, akan terus berjalan. Oil and gasberhenti? Tidak, semua berjalan," tegasnya.

Airlangga pede semua PSN bakal terus berlanjut meski pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rampung, karena semuanya untuk kebutuhan negara. Ia menegaskan deretan PSN itu demi produktivitas negara yang berujung pada penciptaan lapangan kerja.

Sementara itu, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyinggung Bandara Kertajati, Majalengka adalah PSN yang kurang berhasil. Berbeda dengan MRT Jakarta yang diklaim sukses.

"Kalau sukses contohnya MRT. Kalau yang belum sukses itu contohnya Bandara Kertajati. Saya mengangkat itu karena berkaitan langsung dengan Cisumdawu," tutur Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian sekaligus Ketua Tim KPPIP Wahyu Utomo.

Ia mengatakan pemerintah baru sadar akses ke Bandara Kertajati kurang setelah lapangan udara itu rampung. Hal itu menunjukkan ketidaksinkronan antara pembangunan bandara dengan aksesnya.

Menurutnya, pembangunan jalan tol memang agak sulit dalam pembebasan tanah. Namun, ia mengungkapkan tol Cisumdawu diperkirakan rampung akhir Mei ini.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

[Gambas:Video CNN]

Naruto: pecinta kuliner

mpomax
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,94 miliar pada April 2023.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,94 miliar pada April 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,94 miliar pada April 2023.

"Neraca perdagangan Indonesia sampai April 2023 surplus 36 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," ujar Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Imam Machdi dalam konferensi pers, Senin (15/5).

Menurutnya, surplus neraca dagang barang pada April ini menguat dibandingkan bulan sebelumnya US,83 miliar. Namun, lebih rendah dibandingkan April 2022 yang sebesar US,56 miliar.

Ekspor

Nilai ekspor Indonesia pada April ini tercatat US,29 miliar atau turun 17,62 persen dibandingkan Maret 2023. Senada, dibandingkan April 2022 yang sebesar US,32 miliar, kinerja ekspor juga lebih dalam yakni 29,40 persen.

Adapun pertumbuhan ekspor secara month to month(mtm) ini terendah sejak awal tahun. Namun, realisasi tersebut sesuai dengan pola karena adanya momen libur lebaran.

Sedangkan, nilai ekspor secara tahunan turun dipengaruhi oleh turunnya harga komoditas, sehingga tren penurunan ekspor pun terus berlanjut.

Lihat Juga :
Jokowi: 345 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan Imbas Krisis Pangan

Menurut sektornya secara bulanan, semua komponen ekspor terkontraksi. Migas turun 5,95 persen; pertanian, kehutanan, dan perikanan turun 22,56 persen; tambang dan lainnya turun 7,84 persen; dan industri pengolahan minus 21,5 persen.

Senada, secara tahunan (year on year/yoy) semua sektor ekspor pun kontraksi. Migas minus 12,18 persen; pertanian, kehutanan, dan perikanan turun 26,02 persen; tambang dan lainnya merosot 25,85 persen; dan industri pengolahan anjlok 31,95 persen.

Impor

Nilai impor Indonesia pada April 2023 tercatat sebesar US,35 miliar atau turun 25,45 persen dibandingkan Maret 2023 sebesar US,59 miliar. Sedangkan, dibandingkan April 2022 yang sebesar US,76 miliar, impor ini turun 22,32 persen.


Secara bulanan, pola impor dalam tiga tahun terakhir memiliki pola yang sama, yaitu menurun dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan, secara tahunan trennya melanjutkan penurunan setelah sempat menguat pada Januari 2023.

Menurut penggunaan barangnya, impor secara bulanan semua mengalami kontraksi. Impor barang konsumsi turun 20,63 persen, bahan baku/penolong turun 23,26 persen, dan barang modal turun paling dalam, yakni 36,66 persen.

Mengikuti, secara tahunan impor barang juga mengalami penurunan. Impor konsumsi turun 17,68 persen, bahan baku/penolong turun terdalam 25,33 persen, dan barang modal turun 6,59 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Kamu Xuan Zhou Youwei

goltogel 168
Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menjadi orang terkaya kelima di Indonesia versi Forbes dengan total kekayaan US,4 miliar atau sekitar Rp95,11 triliun.
Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menjadi orang terkaya kelima di Indonesia versi Forbes dengan total kekayaan US,4 miliar atau sekitar Rp95,11 triliun. Ilustrasi. (Istockphoto/ Ipopba).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menjadi orang terkaya kelima di Indonesia versi Forbes.

Per Rabu (19/4), total kekayaan Lim mencapai US,4 miliar atau setara Rp95,11 triliun (asumsi kurs Rp14.861 per dolar).

Dengan usianya yang sudah 94 tahun, Lim menjadi konglomerat tertua di Tanah Air yang masuk 10 besar daftar orang terkaya Indonesia.

Harta dan kekayaan Lim Hariyanto utamanya berasal dari sektor pertambangan sampai kelapa sawit. Namun, berkat Harita Group yang dimiliki ia juga mendapatkan cuan dari berbagai bidang seperti ekspedisi, kayu, hingga properti.

Berikut beberapa rincian sumber kekayaan Lim Hariyanto:

Sawit

Lim Hariyanto menjadi pengusaha sawit melalui bendera Bumitama Agri yang tercatat sebagai emiten di Singapura. Di perusahaan ini ia menjadi pemilik saham mayoritas.

Nikel

Pemilik Harita Group ini juga mendapatkan pundi-pundi melalui bisnis nikel melalui PT Trimegah Bangun Persada (TBP) alias Harita Nickel. Perusahaan ini baru saja melakukan Penawaran Umum Perdana (IPO) dan menjadi perusahaan ke-31 yang tercatat di bursa pada 2023.

Dalam IPO ini, TBP menawarkan 7,99 miliar saham atau setara dengan 12,67 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Adapun harga penawaran umum yang ditetapkan Rp1.250 per saham. Melalui aksi korporasi ini, Harita memperoleh tambahan modal sebesar Rp9,99 triliun.

Bauksit

Lim Hariyanto juga diketahui pemilik mayoritas saham di perusahaan pertambangan bauksit yang terdaftar di Indonesia, yakni PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA).

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)