petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sl9t demo

bisnis yang bisa menghasilkan uang 831Jutaan kata 756385Orang-orang telah membaca serialisasi

《sl9t demo》

Respons Sri Mulyani soal Neraca Dagang Surplus 30 Bulan Berturut******

Menkeu Sri Mulyani mengklaim surplus neraca dagang RI selama 30 bulan berturut-turut tak hanya dipicu oleh kenaikan harga komoditas tapi juga hilirisasi.
Menkeu Sri Mulyani mengklaim surplus neraca dagang RI selama 30 bulan berturut-turut tak hanya dipicu oleh kenaikan harga komoditas tapi juga hilirisasi. (REUTERS/EVELYN HOCKSTEIN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan surplus neraca perdaganganIndonesia selama 30 bulan berturut-turut bukan hanya dipicu kenaikan harga komoditas atau commodity boom.

Ia mengklaim surplus juga didorong oleh kemampuan Indonesia yang mulai mengolah bahan mentah untuk diekspor.

"Surplus perdagangan selama 30 bulan ini tidak dapat disangkal bukan hanya karena ledakan komoditas. Indonesia berkali-kali menikmati ledakan komoditas dalam sejarah kita.Tetapi surplus perdagangan ini didukung karena sebagian bahan mentah sekarang telah diproses dan memberikan nilai tambah bagi perdagangan kita," ujarnya dalam acara World Bank Indonesia Economic Prospects Report, Kamis (15/12).

Ani menjelaskan perekonomian Indonesia saat ini masih didominasi oleh sektor informal khususnya sektor perdagangan di mana sangat sulit untuk meningkatkan kesejahteraan hanya dengan mengandalkan upah sektor perdagangan yang cenderung informal.

"Jadi manufaktur sebenarnya adalah transformasi perekonomian Indonesia. Tidak hanya nilai tambah, lebih sehat dan lebih baik, dalam hal ini untuk tenaga kerja tetapi juga untuk modal," katanya.

Ani menjelaskan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mengembangkan industri manufaktur. Pertama, adalah infrastruktur karena manufaktur tidak mungkin akan sampai ke tempat yang kekurangan air, kekurangan listrik, kekurangan jalan, kekurangan pelabuhan, dan kekurangan konektivitas. Maka dari itu, pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur.

Kedua, reformasi kebijakan dan reformasi birokrasi. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu menciptakan tenaga kerja yang lebih produktif.

"Itu sebabnya kami mengesahkan omnibus law tentang penciptaan lapangan kerja. Itu sebabnya kami mereformasi perpajakan kami. Itu sebabnya kami mereformasi sektor keuangan kami," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

9 Ide Bisnis Selama Libur Nataru, biar Cuan di 2023******

Masa liburan tak selalu harus diisi dengan kegiatan yang menghabiskan uang. Justru, Anda bisa menjalankan ide bisnis selama libur Nataru agar mendulang cuan.
Ilustrasi. Masa liburan tak selalu harus diisi dengan kegiatan yang menghabiskan uang. Justru, Anda bisa menjalankan ide bisnis selama libur Nataru agar mendulang cuan. (Foto: iStockphoto/chingyunsong)
Jakarta, CNN Indonesia--

Libur Natal dan tahun baru alias Nataru tak selalu harus diisi dengan kegiatan yang menghabiskan uang. Justru, libur Nataru bisa menjadi ladang cuan dengan menjalankan ide bisnis yang sesuai momen liburan tersebut.

Berikut dirangkum sembilan ide bisnisselama libur Nataru yang bisa Anda coba biar cuan di 2023. Simak rekomendasinya.

Kendati begitu, jangan takut bersaing. Sebab, sekalipun banyak pemainnya, namun ide bisnis ini ada saja pembelinya. Apalagi, jika Anda punya jaringan pertemanan dan kolega yang luas. Anda bisa memasarkannya melalui media sosial maupun grup WhatsApp misalnya.

Jika Anda bisa membuat kue kering dan camilan, tentu bakat ini bisa digunakan. Jika tidak, Anda bisa coba reseller kue kering dan camilan dari berbagai sumber.

Namun, sebaiknya Anda mempelajari dulu hal-hal seputar bisnis ini. Misalnya kue kering dan camilan yang akan dijual tahan berapa lama, seperti apa pengemasannya agar tidak rusak, biaya pengiriman, saluran pemasaran yang akan digunakan, dan lainnya.

Tujuannya untuk meminimalkan risiko kerugian. Jangan sampai niat mencari untung justru jadi buntung.


2. Jasa bikin hampers

ilustrasi hampers NatalIlustrasi. Ide bisnis selama libur Nataru salah satunya dengan membuka jasa pembuatan hampers (Foto: istockphoto/calvste)

Anda yang ingin berbisnis reseller kue kering dan camilan juga bisa meningkatkan bisnis dengan menambahkan jasa pembuatan hampers Nataru. Ide bisnis ini juga tidak kalah populer ketika momen libur akhir tahun.

Soalnya, momen Nataru kerap menjadi ajang bertukar hampers antarteman dan kolega. Tentunya, ide bisnis ini bisa Anda coba.

Selain kue kering dan camilan, Anda juga bisa mengkreasikan isi hampers yang akan dijual. Misalnya, aksesori Natal, lilin aromaterapi, masker dan hand sanitizer, baju dan sandal, skincare dan make up, hingga piring cantik.

Jika ingin memulai bisnis ini, cobalah untuk mulai mencari sumber produk yang sesuai dengan budget alias modal usaha. Sebab, Anda harus membeli dulu isi hampersnya baru dijual.

Namun, Anda juga bisa menerapkan sistem pre-order, jadi barang-barang isian hampers baru dibeli setelah menerima pembayaran dari pemesan hampers. Jangan lupa pelajari cara pengemasan hampers agar tidak mudah rusak.


3. Jual aksesori Nataru

Natal dan tahun baru juga tak lepas dari berbagai aksesori yang identik dengan momen libur tersebut. Misalnya, hiasan pohon Natal, dekorasi rumah ala Natal, kembang api, terompet, sampai alat pemanggang untuk BBQ di rumah jelang pergantian tahun.

Nah, berbagai aksesori ini tentu bisa Anda jadikan ide bisnis untuk dijual. Apalagi saat ini aksesori ini banyak dijual secara grosir di toko-toko online.

Anda bisa mulai mencari toko mana yang menawarkan harga grosir dan tentunya memiliki kualitas barang yang baik agar bisa dijual kembali.

Lihat Juga :
7 Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga Muda


4. Jasa katering

Ide bisnis selama libur Nataru selanjutnya adalah membuka usaha jasa katering. Sebab, ketika libur terkadang orang tidak sempat memasak atau justru ingin beristirahat sehingga ingin membeli makanan katering.

Jenis makanan kateringnya pun bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki hingga tren yang sedang berkembang. Misalnya, jika Anda bisa memasak makanan rumahan, tentu tidak ada salahnya usaha katering berupa makanan rumahan.

Jika ingin mengikuti tren, Anda bisa mempelajari cara membuatnya dulu. Misalnya, sedang tren Korean cake dan mille crepes. Namun pastikan cita rasanya sesuai dengan pasar yang akan digarap.


5. Jastip sembari liburan

Anda mungkin berpikir jika berlibur ketika momen Nataru maka tak bisa menjalankan bisnis. Padahal, bisnis tetap bisa dijalankan, salah satunya membuka jasa titip alias jastip.

Misalnya Anda berencana liburan ke Jepang atau Korea Selatan pada momen Nataru, nah, Anda bisa membuka jastip barang-barang yang hanya dijual di negara tersebut. Mulai dari skincare, make up,sampai sneakers.

Jika tidak berlibur ke luar negeri pun, Anda tetap bisa membuka jastip berupa oleh-oleh suatu daerah. Misalnya Anda akan berlibur ke Medan, Anda bisa membuka jastip Bolu Meranti, Bika Ambon Zulaikha, Ucok Durian, dan lainnya.


6. Jasa dekorasi dan event organizer

ilustrasi masker tema natalIlustrasi. Ide bisnis selama libur Nataru salah satunya dengan menawarkan jasa dekorasi atau EO. Foto: istockphoto/andresr)

Ide bisnis yang juga bisa dieksekusi ketika momen Nataru adalah jasa dekorasi danevent organizer(EO). Soalnya, perayaan Natal dan Tahun Baru kerap dijadikan momen untuk berkumpul antarsaudara di keluarga, teman, maupun kolega.

Acara perkumpulan ini terkadang ingin dibuat dengan dekorasi dan EO agar lebih meriah, menarik, dan berjalan lancar. Nah, kesempatan ini bisa Anda jajal dengan membuka bisnis jasa dekorasi dan EO.

Anda bisa menawarkan jasa dekorasi dan EO ini ke saudara, teman, maupun kolega. Untuk ide dekorasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget calon klien.

Jangan lupa cari sumber penjual aksesori dan bahan-bahan dekor tepercaya agar dekorasi yang dibuat menarik dan tidak gagal. Saat ini, pernak-pernik dekorasi juga banyak dijual di e-commerce, sehingga mudah didapatkan.


7. Buka open trip

Selain membuka usaha jastip, Anda yang ingin pergi liburan pada akhir tahun juga bisa membuka open trip. Jadi, Anda tak sekadar 'menghamburkan uang' tapi juga bisa menghasilkan cuan.

Mulanya, Anda bisa menentukan destinasi wisata mana yang akan dikunjungi. Kemudian, rancang seluruh kegiatan beserta lokasi-lokasi liburan yang akan didatangi selama beberapa hari.

Mulai dari lokasi wisata yang populer dan atraktif sampai tempat pembelian oleh-oleh. Jangan lupa lengkapi dengan akomodasi, konsumsi, dan transportasi yang akan dipakai. Lalu, tawarkan kepada teman atau kolega mengenai trip ini.

Lihat Juga :
Daftar Mobil Bisa Disewa 'Lepas Kunci' Rp600 Ribu per Hari buat Mudik


8. Jasa MUA

Jika Anda memiliki bakat make up, maka hal ini juga bisa dijadikan ide bisnis selama momen Nataru. Biasanya, perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi momen diadakannya acara-acara penting.

Sebagian orang terkadang ingin tampil prima dengan make up yang menarik untuk datang ke acara-acara tersebut. Hal ini merupakan kesempatan untuk menawarkan jasa make up artist (MUA) kepada saudara, teman, dan kolega yang ingin pergi ke acara Natal dan Tahun Baru.

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan jasa MUA ini. Jangan lupa, pajang juga hasil make up buatan Anda sebagai referensi agar jasa MUA ini dilirik.


9. Rental kendaraan

Saat libur Nataru, Anda tidak ada rencana pergi apalagi berlibur? Nah, kendaraan yang tak terpakai di rumah bisa direntalkan sebagai ide bisnis selama libur Nataru.

Anda bisa memasarkan usaha rental kendaraan ini di media sosial atau menawarkan ke teman-teman terdekat.

Namun, jangan lupa periksa dulu kelaikan kendaraan sebelum dirental dan seleksi ketat pihak yang boleh merental kendaraan kepada Anda untuk meminimalkan masalah di kemudian hari.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

5 Negara Pemberi Subsidi Kendaraan Listrik, China hingga Jerman******

Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk setiap pembelian kendaraan listrik. Berikut 5 negara yang sudah lebih dulu menerapkannya.
Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk setiap pembelian kendaraan listrik. Ilustrasi. (Istockphoto/3alexd).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah berencana memberikansubsidi untuk setiap pembeliankendaraan listrik. Hal ini dilakukan demi mendorong percepatan penggunaan motor danmobil listrik di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memaparkan pemerintah akan menyubsidi Rp80 juta untuk setiap pembelian mobil listrik dan Rp8 juta untuk pembelian motor listrik.

Tak hanya pembelian motor listrik baru, pemerintah juga akan memberikan subsidi sebesar Rp5 juta bagi masyarakat yang mengkonversi motornya dari berbahan bakar bensin menjadi motor listrik.

"Seperti Eropa, kenapa mereka lebih maju dalam penggunaan mobil listrik? Ya karena pemerintah beri insentif, China juga dan Thailand juga memberikan insentif," katanya dalam video di kanal Youtube Sekretariat Presiden seperti dikutip pada Kamis (15/12).

Pemberian subsidi untuk pembelian kendaraan listrik ini memang sudah diberlakukan di beberapa negara.

Berikut beberapa negara yang memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik:

Lihat Juga :
Kemendag Jawab Kenapa RI Impor Broken Rice

1. Thailand

Thailand memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik hingga 2025. Khusus untuk mobil listrik, pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian mobil penumpang dengan kapasitas di bawah 10 kursi dengan harga eceran maksimum 2 juta baht atau sekitar Rp893,47 juta.

Dilansir dari Bangkok Post, kendaraan dengan kapasitas baterai 10 kWh hingga 30 kWh akan mendapat subsidi sebesar 70 ribu baht atau sekitar Rp31,27 juta per unit.

Sementara, kendaraan dengan kapasitas baterai 30 kWh atau lebih menerima subsidi sebesar 150 ribu baht atau sekitar Rp67 juta per unit.

Sedangkan, untuk motor listrik dengan harga eceran maksimal 150 ribu baht mendapat subsidi sebesar 18 ribu bath atau sekitar Rp8 juta per unit.

Lihat Juga :
Pengusaha Kapal Gugat Menhub Rp92,6 M, Ganti Rugi Rp942 Juta per Hari

2. China

Pemerintah China saat ini memberikan sejumlah kecil subsidi kepada pembeli kendaraan listrik dan hibridaplug-inyang memenuhi syarat masing-masing US.836 atau sekitar Rp28,67 juta dan US9 atau Rp10,76 juta per unit.

Meski demikian, subsidi ini akan berakhir pada akhir 2022.

Oleh karena itu, beberapa produsen kendaraan listrik termasuk Nio, Xpeng Motors, SAIC mitra Volkswagen China, unit EV premium Geely Zeekr, dan Aito, baru-baru ini berjanji untuk menanggung kenaikan harga jika pelanggan melakukan pemesanan sebelum akhir 2022.

Lihat Juga :
Apa Sih Urgensinya Subsidi Mobil dan Motor Listrik?

3. India

Pemerintah memberikan subsidi untuk setiap pembelian motor listrik hingga 2 lakh atau sekitar Rp37,7 juta per unit.

Untuk subsidi ini pemerintah menyediakan total dana sebesar 100 crore atau sekitar Rp188,5 triliun.

Sementara untuk mobil listrik India memberikan subsidi sebesar 1 lakh atau sekitar Rp18,85 juta.

Untuk subsidi ini, pemerintah menyediakan dana hingga 250 crore atau sekitar Rp471,36 rupiah.

Lihat Juga :
Viral Rupiah Seri Unik Mahar Pernikahan Kaesang, BI Buka Suara

4. Jerman

Jerman memberikan subsidi sebesar 6.000 euro atau sekitar Rp99,46 juta untuk setiap pembelian mobil listrik dengan harga di bawah 40 ribu euro atau sekitar Rp663,25 juta.

Sementara, untuk mobil listrik dengan harga antara 40 ribu hingga 65 ribu euro atau sekitar Rp1,07 triliun, subsidi yang diberikan sebesar 5.000 euro atau Rp82,89 juta.

Meski demikian, besaran subsidi ini akan dikurangi mulai tahun depan. Hal ini seiring dengan semakin ramainya penggunaan mobil listrik.

5. Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan memberikan subsidi sebesar 9 juta won sekitar Rp117,46 juta untuk pembelian mobil penumpang listrik dengan harga di bawah 85 juta won atau sekitar Rp952,62 juta.

Korea Selatan juga memberikan subsidi sebesar 9 juta won hingga 27 juta won atau sekitar Rp321,57 juta untuk pembelian truk listrik.

Pemerintah menyebut akan memberikan subsidi itu untuk 14.200 pembelian kendaraan listrik. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung penggunaan 27 ribu kendaraan listrik sepanjang 2022.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)




bab terbaru:slot sonic 77

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
lt88sport
admin kredivo
slot new member 100 persen
cara melihat saldo di kredivo
slot depo 25 bonus 100
ngeslot gacor
aladin4d
situs slot paling gacor 2023
mas 123 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 dangdut4d
Bab 2 cara pinjam uang 50 juta tanpa jaminan
Bab 3 rtp meriah4d
Bab 4 jagomerah88
Bab 5 situs gacor 2022
Bab 6 palu4d
Bab 7 siputri88
Bab 8 pinjol tercepat
Bab 9 kredit digital
Bab 10 slot modal receh gampang menang
Bab 11 kredit hp apk
Bab 12 mimpi digigit ular angka jitu
Bab 13 aplikasi belanja paylater
Bab 14 dunia gacor77
Bab 15 trik bermain slot princess
Bab 16 slot member baru pasti menang
Bab 17 judi slot388
Bab 18 erek 78
Bab 19 99 togel 2d
Bab 20 pinjol bayar bulanan
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9177bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Laksamana Gadis Siru

asihoki77
Tingkat kepercayaan bisnis China turun ke level terendah dalam 10 tahun terakhir akibat melonjaknya kembali penyebaran covid-19.
Tingkat kepercayaan bisnis China turun ke level terendah dalam 10 tahun terakhir akibat melonjaknya kembali penyebaran covid-19. (AP/MiaoMiao).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tingkat kepercayaan bisnis China turun ke level terendah dalam 10 tahun terakhir akibat melonjaknya kembali penyebaran covid-19.

Mengutip Reuters, Senin (19/12), survei World Economics menyebut tingkat kepercayaan bisnis China turun dari level 51,8 menjadi 48,1. Ini adalah realisasi terendah sejak survei dimulai pada Januari 2013.

Survei ini dilakukan terhadap lebih dari 2.300 perusahaan yang berlangsung pada 1-16 Desember 2022.

"Survei menunjukkan dengan kuat bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi China telah melambat secara dramatis dan mungkin menuju resesi pada 2023," tulis World Economics dalam hasil surveinya.

Ekonomi China diperkirakan hanya bisa tumbuh 3 persen pada tahun ini. Artinya kinerja terburuk dalam hampir setengah abad terakhir.

Survei juga menunjukkan aktivitas bisnis turun tajam pada Desember yang tercermin dari indeks manajer penjualan di sektor manufaktur dan jasa di bawah level 50.

Lihat Juga :
Jokowi Ajak Usaha 'Wong Cilik' Manfaatkan KUR Klaster

"Persentase perusahaan yang mengklaim saat ini terkena dampak negatif covid telah meningkat ke survei tertinggi, dengan lebih dari separuh responden sekarang menyatakan operasi mereka dirugikan dengan satu atau lain cara," kata penyedia data yang berbasis di London tersebut.

China baru-baru ini memang membatasi aktivitas dan lockdown ketat di beberapa wilayah negaranya.

Langkah ini dilakukan oleh Presiden Xi Jinping untuk menurunkan kasus covid-19, namun berujung pada pelemahan ekonomi sehingga memicu protes besar-besaran dari rakyatnya, yang bahkan belum pernah terjadi selama ini.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Munculnya rumput

rtp omtogel
Menhub Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar ke PTUN Jakarta terkait penerbitan Kemenhub soal tarif penyelenggaraan angkutan penyeberangan.
Menhub Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar ke PTUN Jakarta terkait penerbitan Kemenhub soal tarif penyelenggaraan angkutan penyeberangan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadidigugat Rp92,6 miliar ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Mengutip berkas gugatan yang di website PTUN Jakarta, gugatan dilayangkan oleh dua orang yang bernama Khoiri Soetomo dan Aminuddin Rifai.

Gugatan dilayangkan terkait  penerbitan Keputusan Menhub Nomor KM 184 Tahun 2022 tentang tarif penyelenggaraan angkutan penyeberangan kelas ekonomi lintas antarprovinsi dan lintas antarnegara.

"Mewajibkan kepada tergugat untuk membayar ganti kerugian sebesar Rp92.629.249.084 (sembilan puluh dua milyar enam ratus dua puluh sembilan juta dua ratus empat puluh Sembilan ribu delapan puluh empat rupiah)," kata gugatan tersebut seperti dikutip Kamis (15/12).

Selain itu, mereka juga meminta kepada pengadilan untuk memerintahkan Budi untuk  membayar ganti kerugian selama proses gugatan sampai ada putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap (inkracht) dengan perhitungan kerugian sebesar Rp942,19 juta per hari.

KM 184/2022 sendiri mematok tarif penyeberangan yang lebih rendah dibanding yang sebelumnya diatur dalam KM 172/2022.

Kemenhub menilai penurunan tarif ini untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan masyarakat, keberlangsungan industri penyeberangan, serta keselamatan dan keamanan pelayaran.

Sebagai contoh, tarif penyeberangan kelas ekonomi Merak-Bakauheni dalam KM 184/2022 adalah Rp16.575. Sementara, dalam KM 172/2022, tarifnya adalah Rp20 ribu.

Lihat Juga :
Viral Rupiah Seri Unik Mahar Pernikahan Kaesang, BI Buka Suara

Kemenhub sendiri masih menunggu isi gugatan lengkap dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

"Kami baru menerima surat pemberitahuan tentang adanya gugatan tersebut dari PTUN kemarin, 15 Desember, yang belum memuat isi gugatan," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepada CNNIndonesia.com.

Setelah menerima surat berisi isi gugatan lengkap, Kemenhub baru akan menentukan tindak lanjutnya.

"Saat ini kami masih menunggu surat berikutnya dari PTUN yang akan memuat isi gugatan. Segera setelah itu kami akan menentukan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Menjadi seorang Tao yang fana

slot 99 slot
Harga 10 kripto teratas berjatuhan pada dalam 24 jam terakhir ini dipimpin oleh ethereum.
Harga 10 kripto teratas berjatuhan pada dalam 24 jam terakhir ini dipimpin oleh ethereum. ( iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga 10 kripto teratas berjatuhan pada dalam 24 jam terakhir ini dipimpin oleh ethereum.

Mengutip coinmarketcap, Jumat (16/12), harga ethereum melemah 1,56 persen ke level US.270,12 per keping. Dengan pelemahan ini, ethereum sudah melemah 0,96 persen sepekan ini. 

Di belakang ethereum ada bitcoin yang melemah 1,48 persen ke level US.408,07 per keping. Dalam sepekan, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu sudah melemah 1,02 persen.

Pelemahan ethereum, bitcoin dan BNB itu diikuti oleh XRP, dogecoin, cardano dan polygon.

Untuk XRP melemah 0,51 persen selama 24 jam terakhir. Dengan pelemahan ini, XRP sudah melemah 4,24 persen selama sepekan terakhir. 

Dogecoin melemah 0,93 persen selama 24 jam terakhir dan 11,98 persen selama sepakan terakhir. Sementara itu cardano dan polygon masing-masingnya melemah 1,04 persen dan 0,71 persen dalam 24 jam terakhir.

Kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Kaisar Agung

99 slot login
Kompas Gramedia (KG Media) akan menghentikan penerbitan Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior, Majalah Mombi, dan Majalah Mombi SD.
Kompas Gramedia (KG Media) akan menghentikan penerbitan Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior, Majalah Mombi, dan Majalah Mombi SD. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kompas Gramedia (KG Media) akan menghentikan penerbitan Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior, Majalah Mombi, dan Majalah Mombi SD.

Hal tersebut diketahui dari surat bernomor 085/SirDis/XII/2022 yang beredar yang banyak beredar di sosial media dan kalangan pekerja media.

Surat yang ditandatangani oleh GM Circulation & Distributor Titus Kitot KS pada 1 Desember 2022 itu ditujukan kepada para pemimpin toko buku dan pemimpin agen dan mitra bisnis.

Adapun edisi terakhir untuk keempat majalah tersebut adalah Tabloid Nova edisi bundling No.1818 dan 1819, terbit 22 Desember 2022. Lalu, Majalah Bobo Junior No.20, terbit 21 Desember 2022.

Kemudian, Majalah Mombi No.08, terbit 28 Desember 2022 dan Majalah Mombi SD no.213, terbit 21 Desember 2022.

Oleh karena itu, KG Media mengatakan kewajiban retur dan pembayaran atas produk-produk yang masih tersisa dapat diselesaikan oleh toko buku dan agen sesuai ketentuan berlaku paling lambat 28 Februari 2023.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

Dosa Lumen

sultan138
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar oleh pengusaha angkutan sungai dan penyeberangan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar oleh pengusaha angkutan sungai dan penyeberangan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta. (Dok. Angkasa Pura II)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar oleh pengusaha angkutan sungai dan penyeberangan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Mengutip berkas gugatan yang di website PTUN Jakarta, gugatan dilayangkan oleh Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Khoiri Soetomo dan Sekretaris Jenderal Gapasdap Aminuddin Rifai.

Gugatan dilayangkan terkait penerbitan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 184 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172 Tahun 2022 Tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

Selain itu, mereka juga meminta kepada pengadilan agar Budi membayar ganti rugi selama proses gugatan sampai ada putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap (inkracht) dengan perhitungan kerugian sebesar Rp942,19 juta per hari.

Lantas seperti apa aturan yang membuat Budi Karya digugat Rp92,6 miliar dan bayar Rp942 juta per hari itu?

Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 184 tahun 2022 mengatur tentang besaran tarif penyeberangan kelas ekonomi.

Lihat Juga :
Pemerintah Bakal Jual Beras Impor Rp9.450 per Kg

Dalam beleid yang ditandatangani pada 28 September 2022 itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mematok tarif yang lebih rendah dibanding yang sebelumnya telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172 tahun 2022.

Kemenhub menilai penurunan tarif ini untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan masyarakat, keberlangsungan industri penyeberangan, serta keselamatan dan keamanan pelayaran.

Sebagai contoh, tarif penyeberangan kelas ekonomi Merak-Bakauheni dalam Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 184 tahun 2022 adalah Rp16.575. Sementara, dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172 tahun 2022 tarifnya adalah Rp20 ribu.

Sebelumnya Khoiri Soetomo selaku ketua umum Gapasdap memprotes penurunan tarif ini. Menurutnya, tarif baru itu masih sangat jauh dari kebutuhan pengusaha.

Lihat Juga :
Titah Jokowi, Alokasi Biodiesel 2023 Naik Jadi 13,15 Juta Kl untuk B35

Sesuai perhitungan pemerintah sebelumnya, menurut Khoiri ada kekurangan tarif terhadap Harga Pokok Produksi (HPP) angkutan penyeberangan sebesar 35,4 persen.

Apalagi, pengaruh kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap biaya operasional dapat menaikkan HPP hingga kurang lebih 8 persen. Oleh karena itu, Khoiri menilai seharusnya kenaikan tarif angkutan penyeberangan yang sesuai adalah 43 persen.

"Dengan ditetapkannya KM 184/2022 itu, kami dengan terpaksa melakukan pemenuhan standar keselamatan dan kenyamanan yang sifatnya darurat dan negotiablesaja. Jika ini dibiarkan terus menerus, ini seolah Kemenhub mendorong pengusaha melakukan penipuan kepada rakyat karena tidak bisa meng-coverstandar keselamatan dan kenyamanan," jelas Khoiri beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Kisah Yang Abadi dengan Pedang

indonesia 88 slot
Presiden Jokowi mengajak pelaku usaha 'wong cilik' di seluruh sektor untuk memanfaatkan KUR klaster.
Presiden Jokowi mengajak pelaku usaha 'wong cilik' di seluruh sektor untuk memanfaatkan KUR klaster. (Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pelaku usaha 'wong cilik' di seluruh sektor untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) Klaster, mulai dari perkebunan, peternakan, serta UMKM.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara Penyerahan KUR Klaster di Istana Negara, Senin (19/12). Dalam acara tersebut, hadir juga Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki.

"KUR Klaster ini dapat dilaksanakan di semua sektor, baik perkebunan rakyat, peternakan, perikanan, industri UMKM, dan usaha-usaha lain yang memiliki peluang pasar yang besar atau produk-produk unggulan di dalam negeri agar daya saing semuanya meningkat dan bisa masuk ke pasar global," jelas Jokowi.

Berdasarkan data pemerintah, ada 14.888 klaster yang telah mengakses KUR Klaster dengan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mencapai 1,3 juta unit.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa realisasi penyaluran KUR Klaster per 15 Desember 2022 sebesar Rp4,8 triliun setara 96,7 persen dari ekspektasi kredit Rp4,9 triliun. Program ini diterima sekitar 1,39 juta debitur.

Di lain sisi, pemerintah menetapkan kenaikan target penyaluran KUR dari Rp373 triliun pada 2022 menjadi Rp460 triliun pqeq tahun depan.

Lihat Juga :
GBK Aset Termahal di Indonesia, Bernilai Rp348 T

Sementara itu, porsi kredit perbankan pada 2024 diharapkan mencapai 30 persen atau sekitar Rp1.800 triliun dibandingkan posisi saat ini yang baru mencapai 20 persen atau sekitar Rp1.200 triliun.

"Untuk itu, upaya percepatan dan penyaluran KUR Klaster sangat penting dijalankan sebagai upaya untuk meningkatkan akses penyaluran kredit bagi pelaku ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Teten merinci di hadapan Jokowi mengenai beberapa keuntungan KUR Klaster. Pertama, memberikan peluang pembiayaan kepada kelompok usaha dengan plafon hingga Rp500 juta per pelaku usaha.

Kedua, KUR Klaster juga diberikan kepada UMKM secara berkelompok yang terintegrasi dari hulu ke hilir dan terhubung dengan offtaker, sehingga mengurangi potensi kredit macet dan bisa memudahkan perbankan untuk melakukan proses monitoring.

Ketiga, KUR Klaster memperkuat kemitraan UMKM dengan usaha besar. Keempatatau yang terakhir, UMKM menjadi bagian dari rantai pasok industri, sehingga bisa meningkatkan kemampuan manajemen usaha untuk meningkatkan kualitas produksi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

[Gambas:Video CNN]