petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gobwin

pola maxwin terbaru hari ini 562Jutaan kata 565546Orang-orang telah membaca serialisasi

《gobwin》

Peneliti: Putusan ambang batas parlemen perlu didorong di DPR******

Peneliti: Putusan ambang batas parlemen perlu didorong di DPR
Arsip foto - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo (tengah) memimpin jalannya sidang perkara nomor 116/PUU-XXI/2023 mengenai uji materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di Gedung MK, Jakarta, Kamis (29/2/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt/aa.
Menurut saya, ini (putusan MK) perlu didorong agar DPR membuka ruang untuk merevisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu
Jakarta (ANTARA) - Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute (TII) Arfianto Purbolaksono menilai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas parlemen perlu didorong agar DPR merevisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
 "Menurut saya, ini (putusan MK) perlu didorong agar DPR membuka ruang untuk merevisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," kata Anto, panggilan akrabnya, ketika dihubungi di Jakarta, Minggu. Diketahui, MK pada sidang pleno Kamis (29/2) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Pasal 414 ayat (1) UU Pemilu yang diajukan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). MK dalam amar putusan-nya, meminta pembentuk undang-undang untuk mengatur ulang besaran angka dan persentase ambang batas parlemen dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu agar lebih rasional. MK juga menyatakan pasal tersebut konstitusional untuk Pemilu DPR 2024 dan konstitusional bersyarat untuk diberlakukan pada Pemilu DPR 2029 dan pemilu berikutnya, sepanjang telah dilakukan perubahan terhadap norma ambang batas parlemen serta besaran angka atau persentase ambang batas parlemen.

Baca juga: Fraksi PKB DPR RI masih kaji angka ambang batas parlemen yang tepat

Baca juga: Peneliti harap putusan ambang batas parlemen bisa wakili suara rakyat Anto mengatakan, apabila putusan MK tersebut menghasilkan besaran ambang batas parlemen yang baru, angka itu diharapkan dapat merepresentasikan suara rakyat, tidak membuang suara rakyat, dan juga bisa mendorong agar kinerja legislatif lebih baik lagi ke depannya. Ia menilai, besaran batasan angka yang tepat adalah di bawah empat persen agar ada semakin banyak fraksi partai politik (parpol) di parlemen. "Karena kalau melihat komposisi sekarang itu hanya terbatas di 8-9 fraksi. Dengan melihat performa dari parlemen kita, seharusnya fraksi-fraksi-nya bisa ditambah lagi, bukan diperkecil, agar lebih beragam pandangannya dan pola pengawasannya juga lebih kuat," ujar dia. Maksud dari pola pengawasan, lanjutnya, adalah partai pendukung pemerintah tidak boleh sekadar “memberikan cap stempel” untuk kebijakan yang dihasilkan atau diusung oleh pemerintah. "Partai koalisi dengan legislatif seharusnya menjalankan perannya. Ada fungsi check and balanceyang itu sangat penting. Makanya, dengan adanya keputusan MK ini, menurut saya seharusnya angka ambang batasnya itu lebih rendah dibanding hari ini," tegasnya.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

upGrad tunjuk Venkatesh Tarakkad sebagai Chief Financial Officer (CFO)******

upGrad tunjuk Venkatesh Tarakkad sebagai Chief Financial Officer (CFO)
Venkatesh Tarakkad, CFO, upGrad
Mumbai, India, (ANTARA/PRNewswire) -- upGrad adalah salah satu jurusan pembelajaran, keahlian, dan pengembangan tenaga kerja terintegrasi yang terbesar di Asia. upGrad menunjuk Venkatesh Tarakkad sebagai Chief Financial Officer (CFO) pertama. Venkatesh pernah memimpin Keuangan, Inventaris, dan inisiatif strategis di DealShare, dan mulai bekerja di upGrad sejak tanggal 1 Maret 2024.
Beliau akan bertanggung jawab mengawasi strategi keuangan domestik dan global upGrad, yang mencakup spektrum bidang lebih luas seperti hubungan investor, keuangan bisnis, keuangan perusahaan, pengawasan perusahaan/akuntansi, perencanaan dan analisis keuangan, manajemen risiko, pajak, dan fungsi perbendaharaan. 
Sebelumnya, beliau membantu perusahaan lain membangun dan meningkatkan operasi keuangan mereka, menetapkan kerangka kepatuhan dan Tata Kelola, mengotomatisasi proses termasuk implementasi ERP, mengelola akuisisi, memimpin putaran pendanaan, dan menjadikan perusahaan publik. Venkatesh menjabat kepemimpinan di berbagai merek terkenal seperti EEcom Express, TCNS Clothing, Siam Makro Thailand, Metro Cash & Carry dan Coca-Cola India setelah memulai karirnya di Ernst & Young di awal tahun 1990-an.
Mengomentari penunjukan Venkatesh, Mayank Kumar, salah satu Pendiri & MD upGrad berkata, "Venkatesh adalah pimpinan perusahaan yang berpengalaman. Penunjukan beliau merupakan lompatan maju yang strategis dalam proses pertumbuhan kami di India maupun seluruh dunia. Sejauh ini Kami telah meletakkan landasan bisnis yang kuat, membangun dan meningkatkan penawaran kami. Di saat kami berupaya menjadi pemimpin global, keunggulan operasional Venkatesh akan memastikan profil kredit yang kuat, kepatuhan menyeluruh, dan tata kelola perusahaan maupun keuangan yang transparan dalam ekosistem upGrad." Venkatesh akan bekerja di kantor pusat upGrad di Mumbai.
Setelah penunjukan penting ini, Rohit Agarwal – yang saat ini memimpin operasi keuangan, akan tetap berperan penting dalam ekosistem upGrad. Rohit akan bertanggung jawab secara global dan memimpin pengoperasian semua wilayah di luar India.
Tentang upGrad
Didirikan pada tahun 2015, upGrad adalah Perusahaan Pembelajaran, Keahlian, dan Pengembangan Tenaga Kerja terintegrasi yang terbesar di Asia. upGrad menawarkan berbagai program keahlian online & hibrid, Sertifikasi, dan Bootcamp berdasarkan portofolio B2C. upGrad juga memfasilitasi berbagai universitas terkemuka di India dan seluruh dunia untuk menawarkan gelar Diploma, Magister dan Doktor Eksekutif. Selain itu, beberapa program tertentu disesuaikan untuk klien kalangan perusahaan dengan model B2B, beserta layanan perekrutan dan penempatan staf lainnya. www.upgrad.com
Foto: https://mma.prnasia.com/media2/2352412/Venkatesh_Tarakkad_CFO_upGrad.jpg?p=medium600 Logo: https://mma.prnasia.com/media2/2033521/upGrad_Logo.jpg?p=medium600

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

PBSI akan bahas konsep triple badminton di internal federasi******

PBSI akan bahas konsep triple badminton di internal federasi
Ketua Umum Komunitas BangBro Badminton Bambang Brodjonegoro (kiri) saat mengembalikan kok pada acara pertandingan pembuka Piala BangBro 2024 di Candra Wijaya International Badminton Centre, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (2/3/2024). Turnamen tersebut mengusung konsep pertandingan triple atau 3 vs 3 dengan melibatkan legenda bulutangkis Indonesia dan artis ternama Ibukota. Warta Kota/Yulianto.
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan membahas konsep triple badminton di internal federasi.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Minggu, Sekretaris Jenderal PP PBSI Muhammad Fadil Imran mengapresiasi penyelenggaraan "Piala BangBro Badminton Triple 2024" yang berlangsung di Candra Wijaya International Badminton Centre, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten.

"Mudah-mudahan turnamen bulu tangkis 3 lawan 3 ini kelak menjadi cabang olahraga yang bisa dipertandingkan secara resmi. Kami akan bicarakan lebih intens di PBSI. Kalau dalam cabang olahraga basket, voli ada konsep triple (3 on 3), kenapa tidak kalau diterapkan di badminton?," kata Fadil Imran.

Piala BangBro Badminton Triple 2024 merupakan turnamen yang diinisiasi Komunitas BangBro Badminton Triple.
Bambang Soemantri Broedjonegoro menjadi ketua umum komunitas yang berdiri sejak 2013 namun baru diresmikan 3 Oktober 2022 tersebut. BangBro diambil dari adalah sapaan akrab Prof Bambang.

"Konsep ini mencakup banyak elemen pencinta bulu tangkis khususnya pemula, senior, hingga mantan atlet yang memiliki semangat bermain masih tinggi tapi terhalang umur sehingga tidak lagi proporsional," ujar Fadil Imran.

Baca juga: PBSI bertemu dengan perwakilan Chambly terkait TC jelang Olimpiade

Bambang Soemantri yang juga merupakan mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia (2019-2021) ini menjelaskan penyelenggaraan turnamen Piala BangBro dilakukan untuk terus memperkenalkan konsep bulu tangkis 3 lawan 3 kepada masyarakat.
Alasannya, nomor triple pada cabang olahraga bulu tangkis dapat dimainkan seluruh lapisan masyarakat dengan intensitas yang lebih ringan.

"Yang terpenting bagaimana komunitas triple ini kian meningkatkan antusiasme seluruh masyarakat Indonesia terhadap bulu tangkis dan kami berharap nantinya ikut berkontribusi terhadap upaya pembinaan bulu tangkis," kata Bambang.

Piala BangBro Badminton Triple 2024 diikuti oleh 12 tim dengan total 120 peserta. Telkom 1 keluar sebagai juara usai mengalahkan Kemendikbudristek dengan skor 2-1. Peringkat ketiga diraih Telkom Akses.

Tim juara memperoleh uang hadiah senilai Rp20 juta, peringkat kedua Rp15 juta, dan peringkat ketiga Rp10 juta.

Dalam turnamen ini juga diselenggarakan pertandingan ekshibisi antara tim merah versus tim biru. Tim Merah diperkuat Prof Bambang, artis Arya Saloka, dan peraih medali emas Olimpiade 2000 Candra Wijaya.
Sedangkan Tim Biru diisi pelawak Faqih "Ngademin", artis Bopak Castelo, dan peraih medali emas Olimpiade 2004 Taufik Hidayat.

Ekshibisi lainnya dilakukan dengan konsep ganda putra mempertemukan Candra/Arya di Tim Merah menghadapi Taufik/Fadil dari Tim Biru.

Baca juga: PBSI: Tim Indonesia sudah siap bertanding di French dan All England
Baca juga: Tim bulu tangkis Indonesia langsung jalani latihan jelang French Open

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:cara membayar pinjaman di kredivo

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
pinjol kirim ke dana
cara pasang shio online
bunga uatas
turbo99 slot
rtp bonus138
manjurbet
pt slots
petir777 situs slot
6d sdy
Daftar isi semua bab
Bab 1 idnsport
Bab 2 slot138 bonus 100
Bab 3 slot resmi gacor
Bab 4 gacor win slot
Bab 5 jempol 55 situs slot online
Bab 6 64 togel
Bab 7 trik dapat petir merah olympus
Bab 8 bandar55
Bab 9 permainan slot baru
Bab 10 demo fishing god
Bab 11 bonus new member olxtoto
Bab 12 slot server thailand asli
Bab 13 situs terbaru slot online
Bab 14 bandar online slot terpercaya
Bab 15 cara pinjam di bank neo
Bab 16 qqsutera
Bab 17 bonus new member di depan
Bab 18 erek erek mimpi potong rambut
Bab 19 premier slot88
Bab 20 total maxwin
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8236bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Sarjana Shenwu

pragmatic90
5 Manfaat Buku Bacaan Literasi untuk Kecerdasan Anak
Ilustrasi anak membaca (ANTARA/Pexels/Victoria Rain)
Jakarta (ANTARA) - Memberikan pendidikan yang layak adalah bentuk tanggung jawab utama orang tua kepada anak. Pendidikan tak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di rumah. Adapun salah satu cara yang bisa Parentslakukan yaitu memberikan buku bacaan literasi.
 Buku bacaan literasi memang didesain khusus untuk membantu meningkatkan keterampilan literasi pembacanya. Misal, meningkatkan kemampuan memahami, menafsirkan, serta mengevaluasi suatu hal. Buku bacaan literasi ini dapat mencakup berbagai genre, mulai dari fiksi hingga nonfiksi. Pun kerap memiliki fitur tambahan seperti pertanyaan pemahaman, aktivitas, dan panduan membaca yang membantu pembaca memperdalam pemahamannya tentang teks tersebut. Jenis buku bacaan literasi ini dapat ditujukan untuk berbagai tingkatan usia, termasuk untuk anak-anak. Oleh karena itu, tak ada salahnya Parentsmemberikan buku bacaan literasi kepada si Kecil sedari dini. 5 Manfaat Buku Bacaan Literasi untuk Anak-Anak  Buku bacaan literasi memiliki beragam manfaat untuk perkembangan si Kecil, di antaranya: 1. Menstimulasi Kemampuan Bahasa  Dapat membantu si Kecil memperkaya kosa kata mereka, memahami struktur kalimat yang benar, dan meningkatkan kemampuan berbicara serta menulis. 2. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis  Dengan menghadirkan masalah-masalah yang kompleks, bacaan ini dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menganalisis masalah dengan lebih baik. 3. Mendorong Kreativitas dan Imajinasi  Buku bacaan literasi sering kali menghadirkan cerita-cerita yang kaya akan imajinasi. Alhasil, mampu mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi dan mengembangkan kreativitas saat mereka membayangkan cerita-cerita yang sedang dibaca. 4. Memperluas Wawasan Buku literasi sering menghadirkan berbagai tema, latar, dan karakter. Ini membantu anak-anak memperluas wawasan mereka tentang dunia di sekitar, memperkenalkannya pada budaya-budaya baru, dan membantu memahami perspektif orang lain. 5. Menumbuhkan Kebiasaan Membaca  Dengan membiasakan buah hati Anda membaca buku bacaan literasi sejak dini, secara tidak langsung ini membuat mereka menjadikan membaca sebagai kebiasaannya. Tentu saja, ini dapat membawa manfaat jangka panjang bagi si Kecil dalam memperluas pengetahuan dan pemahamannya tentang dunia. Berburu Buku Bacaan Literasi di Kinokuniya Pakai BRI  Banyak banget ya, Parents, manfaat memberikan buku bacaan literasi untuk anak? Nah, berita baiknya nih, ada Promo Spesial BRI nih, saat kamu berbelanja di Kinokuniya, toko kesayangan keluarga. Seperti apa promo spesial BRI di Kinokuniya ? 
Promo Spesial BRI
 Pada Promo Spesial BRI di Anniversary Kinokuniya yang berlangsung dari tanggal 1-3 Maret 2024, BRI menawarkan potongan langsung 10% untuk setiap pembelian buku. Yep, Anda bisa menggunakan Kartu Kredit BRI dan Debit BRI Potongan langsung 10% ini berlaku untuk minimal pembelian Rp750.000,- dan hanya untuk pembelian offlineatau in-storeKinokuniya. Jadi, tunggu apa lagi, Parents! Yuk, segera kunjungi toko Kinokuniya terdekat dan manfaatkan Promo Spesial BRI ini untuk memberikan yang terbaik untuk perkembangan si Kecil. Selain itu, kamu juga bisa mendapat berbagai kemudahan dengan bertransaksi via BRImo. Unduh daninstall BRImo di App Store, Play Store, atau Huawei App Gallery untuk mempermudah kamu bertransaksi. Follow juga Instagram @bankbri_id untuk informasi promo lainnya. Di mana pun transaksinya, jangan lupa gunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo di EDC BRI untuk merasakan kemudahan transaksi.
 #BRI #PromoBRI #EDCBRI #MudahTransaksi #PromoMerchantBRI #DiskonBRI #MerchantBRI #DebitBRI #KartuKreditBRI #QRISBRImo #EDCBRIkeren #BRImoMudahSerbaBisa #TabunganBRIPasBuatmu     

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

Budaya menaklukkan dunia lain

ug slot 88
Persik Kediri fokus ke pemulihan fisik sebelum hadapi PSIS
Pesepak bola Persik Kediri Mohammad Khanafi (kanan) bersama rekannya Flavio Antonio Da Silva (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Barito Putera dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (28/2/2024). Persik Kediri menang dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/tom.
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persik Kediri Marcelo Rospide menjelaskan timnya fokus ke pemulihan fisik sebelum menghadapi PSIS Semarang pada pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu.
Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Minggu, Marcelo menjelaskan timnya tak memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan. "Kami pilih fokus ke pemulihan pemain. Melakukan video meeting dan berbicara dengan pemain bagaimana menghadapi laga. Saya tahu laga akan cukup berat tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin," tegas Rospide. Menanggapi jadwal padat kompetisi di sisa laga, Rospide mengatakan hal yang normal dalam sepak bola. Sebab semua tim juga mengalami, tidak hanya Persik saja. "Semua tim pasti merasakan kondisi serupa. Yang terpenting bagaimana kerja keras kami," ungkap Rospide. Baca juga: PSIS Semarang siap berikan yang terbaik ketika jumpa Persik Kediri

Senada dengan Rospide, pemain Persik Kediri Adi Eko menegaskan kesiapannya untuk menghadapi jadwal kompetisi yang padat. Menurutnya sebagai pemain profesional, saat ini ia harus menjaga kondisi fisik dengan baik, terutama soal makan dan tidur dan dengan cara tersebut berharap target mencuri poin tercapai. "Persiapan tim memang singkat tapi kita tetap optimistis dan siap kerja keras. Kami ke sini intinya cari poin," terang Adi. Saat ini Persik Kediri berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan 40 poin dari 26 pertandingan, terpaut dua poin dari PSIS Semarang di posisi empat.

Baca juga: Rans Nusantara FC bidik tiga poin ketika jamu Persib Bandung
Baca juga: Rizky Ridho persembahkan kemenangan Persija untuk The Jakmania

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Ibuku berasal dari dunia para dewa

slot777 online login
PSIS kembali ke jalur kemenangan setelah kalahkan Persik 2-1
Pesepak bola PSIS Semarang Alfeandra Dewangga (kiri) bersama rekannya berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (5/2/2024). PSIS Semarang merangsek ke peringkat dua klasemen sementara seusai mengalahkan tuan rumah Arema FC dengan skor 4-1. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.
Jakarta (ANTARA) - PSIS Semarang kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan Persik Kediri dengan skor 2-1 pada pekan ke-27 Liga 1 Indonesia di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu. Pada pertandingan ini kemenangan PSIS Semarang hadir berkat gol dari Evan Dimas Darmono dan Riyan Andriansyah, sedangkan Persik Kediri sempat membalas lewat Renan Silva, demikian catatan Liga Indonesia. Kemenangan ini mengantarkan PSIS Semarang naik ke peringkat tiga klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan 46 poin dari 27 pertandingan, sedangkan Persik Kediri masih tertahan di posisi keenam dengan 40 poin. Secara statistik sebenarnya Persik Kediri lebih mendominasi dengan mencatatkan 56 persen penguasaan bola serta melepaskan total 14 tendangan, namun PSIS Semarang dapat bermain efektif. Pada pertandingan ini PSIS mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki peluang lewat tendangan bebas Alfeandra Dewangga yang masih menuju ke pelukan Dikri Yusron. PSIS berhasil mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat tendangan yang dilepaskan oleh Evan Dimas Darmono sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-17. Tertinggal satu gol, Persik berupaya menyamakan kedudukan, salah satunya lewat tendangan Flavio Silva yang masih membentur tiang gawang PSIS. Menjelang berakhirnya babak pertama, Persik kembali mendapatkan peluang lewat tendangan keras Renan Silva, namun dapat ditepis kiper PSIS Adi Satryo. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai. Baca juga: Persib Bandung kokoh di peringkat kedua setelah tekuk Rans 4-0

Memasuki babak kedua, Persik berupaya mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu untuk menyamakan kedudukan. Upaya tersebut membuahkan hasil pada menit ke-63 setelah sodoran umpan Bayu Otto dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan Renan Silva sehingga skor berubah menjadi 1-1. PSIS tidak tinggal diam dan berhasil kembali berbalik unggul pada menit ke-70, skor pun menjadi 2-1 lewat tendangan yang dilepaskan oleh Riyan Andriansyah. Pada sisa waktu pertandingan, Persik kembali berusaha untuk menyamakan kedudukan, akan tetapi hingga pertandingan selesai skor 2-1 untuk kemenangan PSIS tetap bertahan. Selanjutnya pada pekan ke-28 Liga 1 Indonesia, PSIS Semarang akan ditantang oleh Bali United, Jumat (8/3), sedangkan Persik Kediri menjamu Rans Nusantara FC, di hari yang sama.

Baca juga: Persebaya memenangi laga kandang 2-1 atas PSS Sleman
Baca juga: Bali United kumpulkan tenaga untuk hadapi Barito Putera

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Wuzong

ugslot
Peneliti: Putusan ambang batas parlemen perlu didorong di DPR
Arsip foto - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo (tengah) memimpin jalannya sidang perkara nomor 116/PUU-XXI/2023 mengenai uji materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di Gedung MK, Jakarta, Kamis (29/2/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt/aa.
Menurut saya, ini (putusan MK) perlu didorong agar DPR membuka ruang untuk merevisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu
Jakarta (ANTARA) - Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute (TII) Arfianto Purbolaksono menilai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas parlemen perlu didorong agar DPR merevisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
 "Menurut saya, ini (putusan MK) perlu didorong agar DPR membuka ruang untuk merevisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," kata Anto, panggilan akrabnya, ketika dihubungi di Jakarta, Minggu. Diketahui, MK pada sidang pleno Kamis (29/2) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Pasal 414 ayat (1) UU Pemilu yang diajukan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). MK dalam amar putusan-nya, meminta pembentuk undang-undang untuk mengatur ulang besaran angka dan persentase ambang batas parlemen dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu agar lebih rasional. MK juga menyatakan pasal tersebut konstitusional untuk Pemilu DPR 2024 dan konstitusional bersyarat untuk diberlakukan pada Pemilu DPR 2029 dan pemilu berikutnya, sepanjang telah dilakukan perubahan terhadap norma ambang batas parlemen serta besaran angka atau persentase ambang batas parlemen.

Baca juga: Fraksi PKB DPR RI masih kaji angka ambang batas parlemen yang tepat

Baca juga: Peneliti harap putusan ambang batas parlemen bisa wakili suara rakyat Anto mengatakan, apabila putusan MK tersebut menghasilkan besaran ambang batas parlemen yang baru, angka itu diharapkan dapat merepresentasikan suara rakyat, tidak membuang suara rakyat, dan juga bisa mendorong agar kinerja legislatif lebih baik lagi ke depannya. Ia menilai, besaran batasan angka yang tepat adalah di bawah empat persen agar ada semakin banyak fraksi partai politik (parpol) di parlemen. "Karena kalau melihat komposisi sekarang itu hanya terbatas di 8-9 fraksi. Dengan melihat performa dari parlemen kita, seharusnya fraksi-fraksi-nya bisa ditambah lagi, bukan diperkecil, agar lebih beragam pandangannya dan pola pengawasannya juga lebih kuat," ujar dia. Maksud dari pola pengawasan, lanjutnya, adalah partai pendukung pemerintah tidak boleh sekadar “memberikan cap stempel” untuk kebijakan yang dihasilkan atau diusung oleh pemerintah. "Partai koalisi dengan legislatif seharusnya menjalankan perannya. Ada fungsi check and balanceyang itu sangat penting. Makanya, dengan adanya keputusan MK ini, menurut saya seharusnya angka ambang batasnya itu lebih rendah dibanding hari ini," tegasnya.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Wuzong

oplet4d
BPBD Sulteng: Empat kecamatan di Kabupaten Buol terendam banjir
Rumah warga terendam banjir di Kabupaten Buol, Minggu (3/3/2024). ANTARA/HO-BPBD Sulteng/pri.
Dari laporan yang kami terima, empat kecamatan yang terendam banjir tersebut yaitu Kecamatan Keramat, Lakea, Biau, dan Momonu
Palu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebutkan empat kecamatan di Kabupaten Buol dengan 14 desa atau kelurahan terendam banjir.
"Dari laporan yang kami terima, empat kecamatan yang terendam banjir tersebut yaitu Kecamatan Keramat, Lakea, Biau, dan Momonu," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andy Sembiring di Kota Palu, Minggu. Ia mengemukakan intensitas curah hujan yang tinggi telah menyebabkan air sungai di masing-masing daerah setempat meluap ke pemukiman warga dan cuaca buruk juga menyebabkan gelombang pasang pada sepanjang pesisir pantai. Andy Sembiring menjelaskan tiga desa terdampak di Kecamatan Keramat yakni Desa Busak 1, Busak 2 dan Monano. Begitu juga di Kecamatan Lakea ada tiga desa terdampak yaitu Desa Ngune, Lakea II, dan Tuinan.

Baca juga: BPBD: Warga terdampak banjir-longsor di Buol Sulteng butuh logistik Sementara itu terdapat lima kelurahan terdampak di Kecamatan Biau juga terdampak banjir yakni Kelurahan Leok I, Kumaligon, Leok II, Kali, dan Kulango, serta satu desa di Kecamatan Momonu yaitu Desa Pinamula. Dia menyebut Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBP Sulteng masih berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan asesmen di lapangan. Berdasarkan hasil asesmen sementara, kata dia, sebanyak 50 jiwa atau 10 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir dengan empat rumah rusak berat dan enam rumah rusak ringan di Desa Busak 1, Kecamatan Keramat. "Untuk Desa Ngune, Kecamatan Lakea, sebanyak 228 KK atau 948 jiwa dengan 91 balita, 31 bayi, dan 22 lansia, terdampak banjir," katanya.

Baca juga: BPBD Sulteng: 4 kecamatan terdampak banjir hingga satu meter di Buol Selain itu 191 rumah,  tiga madrasah, satu fasilitas kesehatan, dua masjid, dan tiga unit perkantoran, juga terendam banjir. Selanjutnya sebanyak 78 KK dan 78  rumah terendam banjir dengan tujuh rumah rusak di Kelurahan Kumaligon, Kecamatan Biau. "Untuk daerah lainnya yang terdampak, saat ini masih sementara dilakukan asesmen," ujar Andy. Dia menyebut tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun 25 keluarga atau 90 orang di Desa Ngune mengungsi ke tempat aman. Menurut dia, warga terdampak banjir di Kabupaten Buol membutuhkan logistik berupa tenda, pakaian, makanan siap saji, pakaian, dan selimut, untuk warga dalam kondisi darurat ini. Karena itu dia mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan apabila bermukim di daerah yang rawan terjadi banjir dan tanah longsor.

Baca juga: 3.570 warga terdampak banjir di Desa Pinamula Kabupaten Buol
 

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Jalan menuju pagi berbintang

rtp terpercaya
Peneliti: Putusan ambang batas parlemen perlu didorong di DPR
Arsip foto - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo (tengah) memimpin jalannya sidang perkara nomor 116/PUU-XXI/2023 mengenai uji materiil Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di Gedung MK, Jakarta, Kamis (29/2/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt/aa.
Menurut saya, ini (putusan MK) perlu didorong agar DPR membuka ruang untuk merevisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu
Jakarta (ANTARA) - Manajer Riset dan Program The Indonesian Institute (TII) Arfianto Purbolaksono menilai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas parlemen perlu didorong agar DPR merevisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.
 "Menurut saya, ini (putusan MK) perlu didorong agar DPR membuka ruang untuk merevisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," kata Anto, panggilan akrabnya, ketika dihubungi di Jakarta, Minggu. Diketahui, MK pada sidang pleno Kamis (29/2) mengabulkan sebagian permohonan uji materi Pasal 414 ayat (1) UU Pemilu yang diajukan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). MK dalam amar putusan-nya, meminta pembentuk undang-undang untuk mengatur ulang besaran angka dan persentase ambang batas parlemen dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu agar lebih rasional. MK juga menyatakan pasal tersebut konstitusional untuk Pemilu DPR 2024 dan konstitusional bersyarat untuk diberlakukan pada Pemilu DPR 2029 dan pemilu berikutnya, sepanjang telah dilakukan perubahan terhadap norma ambang batas parlemen serta besaran angka atau persentase ambang batas parlemen.

Baca juga: Fraksi PKB DPR RI masih kaji angka ambang batas parlemen yang tepat

Baca juga: Peneliti harap putusan ambang batas parlemen bisa wakili suara rakyat Anto mengatakan, apabila putusan MK tersebut menghasilkan besaran ambang batas parlemen yang baru, angka itu diharapkan dapat merepresentasikan suara rakyat, tidak membuang suara rakyat, dan juga bisa mendorong agar kinerja legislatif lebih baik lagi ke depannya. Ia menilai, besaran batasan angka yang tepat adalah di bawah empat persen agar ada semakin banyak fraksi partai politik (parpol) di parlemen. "Karena kalau melihat komposisi sekarang itu hanya terbatas di 8-9 fraksi. Dengan melihat performa dari parlemen kita, seharusnya fraksi-fraksi-nya bisa ditambah lagi, bukan diperkecil, agar lebih beragam pandangannya dan pola pengawasannya juga lebih kuat," ujar dia. Maksud dari pola pengawasan, lanjutnya, adalah partai pendukung pemerintah tidak boleh sekadar “memberikan cap stempel” untuk kebijakan yang dihasilkan atau diusung oleh pemerintah. "Partai koalisi dengan legislatif seharusnya menjalankan perannya. Ada fungsi check and balanceyang itu sangat penting. Makanya, dengan adanya keputusan MK ini, menurut saya seharusnya angka ambang batasnya itu lebih rendah dibanding hari ini," tegasnya.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024