petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kuda55

paito warna ukraine 879Jutaan kata 629975Orang-orang telah membaca serialisasi

《kuda55》

Teten Minta Instagram Copot Akun Jual Baju Bekas Impor di Bandung******

Teten Masduki meminta akun Instagram mencopot satu akun karena menjual baju impor bekas.
Teten Masduki meminta akun Instagram mencopot satu akun karena menjual baju impor bekas. (Foto: CNN Indonesia/Tunggul)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki meminta platform media sosial Instagram untuk mencopot satu akun terkait dengan perdagangan pakaian bekas impor di aplikasinya.

"Kami menemukan ada akun di Bandung yang jualan produk pakaian bekas itu kan ilegal. Kita minta IG (Instagram) untuk men-takedownakun itu karena itu kan menjual barang ilegal, enggak boleh," ujar Teten di Gedung Kemenkop UKM, Jakarta, Rabu (25/10), melansir Antara.

Menurutnya, Instagram harus berkomitmen untuk mencegah perdagangan barang ilegal karena media sosial memiliki tanggung jawab atas konten yang ditampilkan di platform itu.

"Kami ingin mereka punya komitmen itu dan perkembangan pengaturan platform di dunia sudah begitu. Platform itu harus bertanggung jawab terhadap konten yang ada di dalam platform itu," ujar Teten.

Lihat Juga :
Bos TikTok Surati Jokowi Minta Bertemu Bahas Kelanjutan Operasi di RI



Teten menambahkan Uni Eropa memiliki regulasi Digital Service Act yang mencegah unggahan konten dan perdagangan ilegal di platform media sosial.

Kendati Indonesia belum memiliki aturan serupa, Teten meminta Instagram tetap berkomitmen dalam menjaga etika di ruang digital.

"Mereka (Instagram) mau bisnis di sini, ini (perdagangan pakaian bekas impor) kan mengganggu juga perekonomian Indonesia karena penjualan barang ilegal selain memang dilarang, itu ada pidananya, juga akan merugikan," ujar dia.

Lebih lanjut, Teten mengungkap pihaknya telah bekerja sama dengan aparat penegak hukum, Kementerian Perdagangan, dan Bea Cukai dalam mencegah masuknya barang impor ilegal, termasuk pakaian bekas, ke Indonesia.

Diketahui, pakaian bekas merupakan barang yang dilarang impornya. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Permendag Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan TikTok belum mengajukan izin membuka e-commerce. Artinya, TikTok belum bisa melayani transaksi jual-beli seperti TikTok Shop sebelumnya.

Mengikuti ketentuan pemerintah, sejak 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB, TikTok sudah resmi menghentikan operasional TikTok Shop.

(del/asa)

[Gambas:Video CNN]

Kronologi Suap Airbus Sampai RI Tuntut Badan Anti******

Pemerintah Indonesia akan menggugat lembaga anti-korupsi Inggris untuk meminta bagian dari penyelesaian suap yang dibayarkan oleh Airbus ke pemerintah Inggris.
Pemerintah Indonesia akan menggugat lembaga anti-korupsi Inggris untuk meminta bagian dari penyelesaian suap yang dibayarkan oleh Airbus ke pemerintah Inggris. ( airbus.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah Indonesia akan menggugat lembaga anti-korupsi Inggrisuntuk meminta bagian dari penyelesaian suap yang dibayarkan oleh perusahaan penerbangan raksasa Airbuskepada pemerintah Inggris.

Airbus menyetujui pembayaran tersebut pada 2020 sebagai bagian dari penyelesaian kasus senilai US miliar dengan Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat setelah penyelidikan kriminal selama 3,5 tahun atas tuduhan suap dan korupsi.

Investigasi tersebut mencakup dugaan korupsi yang dilakukan Airbus di lima negara, termasuk Indonesia.

Berikut kilas balik kasus penyuapan Airbus.

Airbus menyuap pejabat di sejumlah negara termasuk Indonesia sempat menjadi salah satu skandal terbesar beberapa tahun lalu. Peristiwa itu juga melibatkan penerbangan di negara/yuridiski selain Indonesia, seperti di Ghana, Malaysia, Sri Lanka, dan Taiwan.

Airbus telah mengakui perbuatan-perbuatan suap tersebut. Dan, dalam kasus itu, Airbus wajib membayar penalti sejumlah 991 juta euro (sekitar Rp16,24 triliun) kepada SFO Inggris melalui mekanisme Deferred Prosecution Agreement (DPA).

DPA merupakan konsep perjanjian penangguhan penuntutan dalam perkara pidana yang lazim digunakan di sejumlah negara penganut sistem hukum common lawseperti Inggris dan Amerika Serikat.

DPA adalah salah satu tindak penyelesaian perkara pidana di sektor bisnis dengan menggunakan pendekatan analisis ekonomi. Tujuannya adalah untuk memberikan efek jera kepada pelaku kejahatan korporasi tertentu melalui penalti keuangan yang cukup signifikan.



Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Cahyo R Muzhar pada 2020 silam juga sempat meminta Airbus memenuhi kompensasi melalui DPA kepada negara-negara korban penyuapan.

"Penyuapan itu sangat mempengaruhi pengambilan keputusan dalam proses pengadaan barang dan jasa, sehingga hasil keputusan menjadi tidak objektif dan merugikan negara," ujar Cahyo, Jakarta, Minggu (27/12).

Menurut Cahyo, sejumlah kesepakatan DPA itu seringkali belum memperhitungkan kompensasi kepada negara korban penyuapan. Dia pun mencontohkan DPA antara Airbus dengan SFO Inggris yang belum memperhitungkan peran negara-negara korban yang membantu penyidikan hingga berhasil menguak skandal itu.

Padahal, kata dia, dalam DPA Code of Practice pada bagian Terms, langkah-langkah untuk mengembalikan ganti rugi bagi korban sangat dikedepankan SFO, seperti pembayaran kompensasi.

Pembayaran kompensasi korban dalam kasus korupsi atau suap terdapat dalam pasal-pasal pada DPA, di mana perseroan (pelaku) memiliki kewajiban untuk membayar kompensasi kepada negara korban, mengembalikan setiap keuntungan dari tindak pidana korupsi, membayar biaya perkara termasuk jaksa, dan perusahaan harus ikut ambil bagian dalam proses investigasi.

[Gambas:Video CNN]

Jika menelisik Konvensi PBB Anti-korupsi (UNCAC) juga mewajibkan negara pihak untuk memberikan kompensasi kepada negara korban kejahatan korupsi, termasuk penyuapan. UNCAC adalah Konvensi PBB yang merupakan instrumen antikorupsi internasional pertama yang mengikat secara hukum.

Sementara itu, dalam kasus penyuapan Airbus ini yang diselesaikan dengan mekanisme DPA, sejumlah negara korban telah mempertanyakan kompensasi tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Airbus mengakui lima dakwaan karena gagal mencegah penyuapan dan telah menggunakan jaringan agen rahasia untuk membayar uang sogokan berskala besar kepada para pejabat di negara-negara asing untuk mendapatkan kontrak-kontrak bernilai tinggi.

SFO memulai penyelidikannya pada 2016 setelah mereka menemukan bukti hal yang tidak beres yang melibatkan agen rahasia Airbus. Penyelidikan Prancis dan Amerika dimulai setelahnya.

Sejumlah petinggi maskapai negara seperti mantan direktur maskapai nasional SriLankan Airlines Kapila Chandrasena dan juga dua bos AirAsia Tony Fernandes dan Kamarudin Meranun ikut terseret ke dalam perkara tersebut.

Lihat Juga :
Jokowi Beberkan Bukti Warga RI Tak Sadar Sudah Terjajah Secara Ekonomi

Airbus diketahui menyuap direktur dan karyawan maskapai SriLankan Airlines (SriLankan) sebesar US,84 juta melalui perusahaan milik istri mantan CEO SriLankan Kapila Chandrasena, Priyanka Niyomali Wijenayaka, di Brunei.

Oleh karena itu, Dirjen AHU Kemenkumham RI meminta hak kompensasi dari Airbus bagi Indonesia sebagai korban dalam kasus suap terhadap pejabat asing (bribery of foreign officials) yang seharusnya dipenuhi juga.

"Kasus skandal suap tersebut juga sangat merugikan Indonesia dan Garuda sebagai maskapai nasional Indonesia. Skandal suap tersebut telah mendorong pengambilan keputusan yang tidak tepat dan merugikan dalam proses pengadaan pesawat," kata Cahyo.

(del/agt)

Cuaca Gerah Bikin Gobyos, Beli Aja AC Baru Cuma Rp3 Juta di Transmart******

Biar nggak kegerahan dan gobyos lagi, beli AC baru di Transmart Full Day Sale yuk soalnya bakal dapat diskon plus bonus pipa dan instalasi gratis.
Biar nggak kegerahan dan gobyos lagi, beli AC baru di Transmart Full Day Sale yuk soalnya bakal dapat diskon plus bonus pipa dan instalasi gratis. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belakangan ini cuaca di Indonesia memang lagi gerah-gerahnya sampai bikin gobyos.

Cara paling ampuh biar kembali adem yaitu pasang AC di rumah supaya jadi sejuk. Ragu beli AC karena takut harganya mahal? Tenang, kalau belinya di Transmart Full Day Sale pasti bakal dapat diskon.

Lihat Juga :
Kalap, Pengunjung Borong 3 Sepeda Listrik di Transmart Full Day Sale

Potongan harga tersebut berlaku pembayaran menggunakan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Selain AC, produk elektronik lainnya juga banting harga karena di Transmart Full Day Sale berlaku diskon hingga 50 persen plus ekstra 20 persen bagi pengguna Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah.

Produk lain yang didiskon ada Samsung LED TV 55" UHD Smart dari harga normal Rp10.089.000, diskon jadi Rp6.959.200.

LED TV 65" UH Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung dari harga normal Rp11.209.00, diskon jadi Rp7.679.200.

Kulkas SBS 436L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung dari harga normal Rp8.769.000, diskon jadi Rp6.215.200 (harga khusus Pulau Jawa, Bali, Lampung).

Kulkas SBS 436L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung dari harga normal Rp9.239.000, diskon jadi Rp6.639.200 (harga khusus luar Pulau Jawa, Bali, Lampung).

Solusi kepanasan sudah teratasi, tapi masih butuh belanja keperluan lain? Jangan khawatir, semua kebutuhan kamu tersedia lengkap di Transmart mulai dari keperluan harian dapur, buah, aneka daging, sampai baju-baju diskon.

Pastikan bayar belanjanya menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah supaya bisa klaim diskon dan bebas belanja sekarang bayar belakangan.

Jadi tunggu apalagi, langsung datang sekarang ke Transmart terdekat di kota kamu karena periode Full Day Sale cuma hari ini aja, mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:link slot gacor terbaru hari ini

Perbarui waktu:2024-06-03

Daftar bab terbaru
pinjaman 5 menit cair 2022
zeus88 demo
slot78
aman pinjam legal atau ilegal
slot demo 138
admin jarwo gacor
pencethoki
situs slot 2022 terpercaya
cara dapat uang 500rb sehari 2022
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs gacor slot online
Bab 2 slot situs terbaru
Bab 3 slot gacor thailand
Bab 4 pinjam uang masuk ke dana
Bab 5 slot game gacor
Bab 6 h2oslot
Bab 7 slot menang hari ini
Bab 8 situs slot maxwin hari ini
Bab 9 tempat main slot
Bab 10 rtp agen338
Bab 11 link slot yang ada bonus member baru
Bab 12 arena99 slot
Bab 13 qqpedia
Bab 14 situs yang gacor
Bab 15 logo maxwin
Bab 16 gacorx500
Bab 17 casino slot 77
Bab 18 info slot paling gacor
Bab 19 video maxwin zeus
Bab 20 maksud limit tersedia di akulaku
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4269bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Kegilaan energi

cara kredit hp akulaku
Bahlil Lahadalia yang pada masa kecilnya pernah berjualan kue dan menjadi sopir angkot kini diangkat menjadi wakil ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.
Bahlil Lahadalia yang pada masa kecilnya pernah berjualan kue dan menjadi sopir angkot kini diangkat menjadi wakil ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bahlil Lahadalia resmi ditunjuk sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Bahlil yang juga berstatus koordinator relawan mendampingi RosanRoeslani yang menjadi ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. Informasi penunjukan disampaikan oleh Kepala Bappilu Partai Golkar Maman Abdurrahman.

"Sepengetahuan saya Pak Bahlil ditaruh sebagai Wakil Ketua Tim Pemenangan untuk Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Maman usai mendampingi Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU, Rabu (25/10).

"Menanggapi pemberitaan yang menyebutkan Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dengan ini kami perlu mengklarifikasi bahwa Bapak Bahlil Lahadalia tidak menjabat seperti yang dimaksud dan beliau juga tidak bersedia untuk terlibat secara resmi dalam TKN," katanya.

Tina mengatakan kalau belakangan ini Bahlil sering terlihat di kubu Prabowo-Gibran, itu semua dilakukan karena mantan ketua HIPMI itu merupakan dewan pembina di beberapa komunitas relawan Prabowo-Gibran.

Tina menambahkan keputusan Bahlil itu dilakukan karena ia ingin fokus pada tugasnya sebagai menteri investasi/kepala BKPM.

Lantas, siapa Bahlil dan bagaimana sepak terjangnya sehingga ia dipercaya menduduki posisi itu?

Lihat Juga :
ANALISISMenguak Curiga Ahok dan Dugaan Modus Bos Parpol Makan Subsidi LPG 3 Kg

Bahlil merupakan Menteri Investasi/ Kepala BKPM di kabinet Jokowi jilid II. Meski sekarang punya jabatan mentereng jangan disangka Bahlil pada masa kecilnya hidup enak.

Lahir dari keluarga kurang berkecukupan, Bahlil cukup hidup prihatin di waktu kecil. Karena kondisi ekonomi keluarga itu, ia sudah harus berjualan kue sejak kecil.

Tak hanya menjajakan kue, ia juga pernah bekerja sebagai kondektur angkot sejak masih duduk di SD hingga SMP. Setelah SMA, ia naik pangkat menjadi supir angkot.

Meski menjalani hidup yang penuh perjuangan, pria kelahiran Maluku itu tak melupakan pendidikan. Usai lulus SMA, ia lantas memutuskan pergi ke Jayapura untuk kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay.

Semasa berkuliah, Bahlil dikenal sebagai pentolan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Bahkan, ia pernah dipercaya menjadi bendahara umum PB HMI.

Usai karier di bangku kuliah, Bahlil terjun ke dunia usaha dan dipercaya sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2019. Semasa menjabat, ia pernah memimpin delegasi perdagangan pengusaha muda ke Jepang di 2016 dan ke Eropa pada 2018 lalu.

Kepada CNNIndonesia.com, ia bercerita bahwa melalui organisasi dirinya mengenal Jokowi. Pria kelahiran 1976 ini mengaku hubungannya dengan sang kepala negara cukup baik, bahkan Jokowi dianggapnya seperti abang sendiri.

Kedekatan Bahlil dengan eks wali kota Solo itu juga terlihat kala dirinya tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf saat Pilpres 2019.

Lalu, Bahlil ditunjuk Jokowi sebagai kepala BKPM pada 23 Oktober 2019 untuk mengurus segala kepentingan investasi. Ia kemudian berstatus menteri usai Jokowi meresmikan Kementerian Investasi pada April 2021.

Di luar itu, Bahlil tercatat memiliki bisnis di bawah bendera PT Rifa Capital Holding Company. Perusahaan ini bergerak di berbagai lini usaha, mulai dari perkebunan, properti, transportasi, pertambangan, hingga konstruksi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Guru Tiongkok terlahir kembali di dunia lain

madame destiny demo
Kabar gembira buat pelanggan setia Transmart! Transmart Full Day Sale balik lagi di akhir bulan ini pada Minggu (29/10).
Transmart Full Day Sale balik lagi di akhir bulan ini pada Minggu (29/10). (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat pelanggan setia Transmart! Pesta diskon seharian bertajuk Transmart Full Day Sale balik lagi di akhir bulan ini pada Minggu (29/10).

Promo ini cuma berlangsung satu hari, mulai dari jam operasional toko sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Belanja Sekarang di Transmart Bayarnya Nanti Pakai Allo Paylater

Kamu cuma perlu belanja terus bayar transaksi belanjanya pakai Allo Bank, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah, kemudian tambahan diskon 20 persen bisa langsung didapat.

Banyak banget kan diskonnya? Makanya enggak perlu ragu belanja di akhir belum dan belum gajian, datang aja ke gerai Transmart terdekat di kotamu besok untuk nikmati berbagai diskonnya.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Ketuhanan Otak Ringan

gen777
3 perusahaan Taiwan mengucurkan dana sebesar Rp15 triliun untuk membantu pembangunan smelter nikel, perikanan tangkap, serta perdagangan karbon di Indonesia.
3 perusahaan Taiwan mengucurkan dana sebesar Rp15 triliun untuk membantu pembangunan smelter nikel, perikanan tangkap, serta perdagangan karbon di Indonesia. (AFP/SAM YEH)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tiga perusahaan Taiwan mengucurkan dana investasi sebesar Rp15 triliun untuk membantu hilirisasi industri pertambangan termasuk nikel dan batu bara di Indonesia.

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei yang berada di bawah Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi penandatanganan dua nota kesepahaman (MoU) investasi ini antara tiga perusahaan Taiwan dengan satu pelaku usaha Indonesia.

Lihat Juga :
Dugaan Staf Erick soal Senjata Buatan BUMN Bisa Jatuh ke Junta Myanmar

Kepala KDEI Taipei Iqbal Shofwan mengatakan investasi tersebut diperuntukkan bagi pembangunan smelter nikel, perikanan tangkap, serta perdagangan karbon.

"Investasi tiga perusahaan asal Taiwan ini sangat membantu hilirisasi industri berbagai komoditas, di antaranya adalah nikel, tembaga, timah, dan minerba (mineral dan batu bara) lainnya," ujar Iqbal melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/10).

Pilihan Redaksi
  • Ahok Sebut Rosan Mundur dari Wakomut Pertamina Usai 'Ikut' Prabowo
  • Amran Minta Pegawai KPK Berkantor di Kementan
  • Jokowi Resmikan Infrastruktur 'Langka' Bernilai Rp1,23 T di Palembang

Sejak 2018, KDEI Taipei gencar memfasilitasi kerja sama antara pengusaha Taiwan dengan pengusaha di Indonesia. KDEI Taipei terus mencari perusahaan-perusahaan asal Taiwan yang ingin berinvestasi ke Indonesia yang tengah fokus membangun integrasi menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia.

Iqbal mengungkapkan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan teknologi tinggi dan investasi.

(Antara/rds)

[Gambas:Video CNN]

Bangkitnya Kelahiran Kembali 2012

trik bermain gaple
Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Senin (9/10).
Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Senin (9/10). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) berpeluang menguat pada Senin (9/10).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memperkirakan pergerakan IHSG dipengaruhi oleh rilis beberapa data yang menunjukkan cukup stabilnya kondisi perekonomian Indonesia. Hal itu membuat IHSG masih memiliki peluang untuk mengalami kenaikan pasca berada dalam tekanan pada beberapa waktu sebelumnya.

"Namun adanya sentimen negatif dari fluktuasi nilai tukar rupiah tetap perlu diwaspadai," katanya.

Ia pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni UNVR, ASII, ITMG, TLKM, SMRA, dan TBIG.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memprediksi IHSG akan melanjutkan tren turun sebelumnya menuju 6.804.

"Level supportIHSG berada di 6.861, 6.804 dan 6.747, sementara level resistennya di 6.940, 7.000 dan 7.058. Berdasarkan indikator MACD menandakan momentum bearish," kata Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

IHSG ditutup di ditutup di level 6.888 pada Jumat (6/10) sore. Indeks saham menguat 13,69 poin atau 0,20 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp7,83 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 19,30 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 261 saham menguat, 252 saham terkoreksi, dan 242 saham lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

gelandang jenius

pinjol singa
BPS memproyeksi produksi beras Indonesia turun 650 ribu ton pada akhir tahun ini. Penurunan produksi merupakan imbas El Nino.
BPS memproyeksi produksi beras Indonesia turun 650 ribu ton pada akhir tahun ini. Penurunan produksi merupakan imbas El Nino. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksi produksiberasIndonesia turun 650 ribu ton pada akhir tahun ini imbas El Nino.

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menuturkan produksi beras nasional sepanjang Januari sampai September 2023 mencapai 26,11 juta ton. Angka ini turun sebesar 0,06 juta ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, potensi produksi sepanjang Oktober sampai dengan Desember 2023 diperkirakan mencapai 4,78 juta ton.

"Dengan demikian, produksi beras 2023 diperkirakan sebesar 30,90 juta ton yang kira-kira turun sebesar 0,65 juta ton atau 2,05 persen dibandingkan tahun lalu," ucap Amalia dalam konferensi pers, Senin (16/10).

Lebih lanjut, Amalia menuturkan kekeringan juga membuat luas panen padi RI pada September 2023 turun 3.968 hektare dibanding tahun lalu.

Penurunan terjadi di 13 provinsi. Adapun lima provinsi dengan penurunan luas panen tertinggi, yakni Sulawesi Selatan seluas 25,64 ribu hektare, Jawa Barat 17,87 ribu hektare, dan Jawa Tengah 10,77 ribu hektare.

Lalu, Banten seluas 7,83 ribu hektare dan Nusa Tenggara Timur 2,63 ribu hektare.

Amalia juga menyebut produksi pada pada September 2023 turun sebesar 49.863 ton gabah kering giling (GKG) dibanding tahun lalu.

Pihaknya pun memproyeksi luas panen padi terus turun hingga Desember 2023. Hal ini seiring dengan kondisi kekeringan berkepanjangan akibat El Nino.

"Penurunan ini diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah sentra produksi," ucap Amalia.

Ia merinci potensi luas panen padi secara nasional pada Oktober 2023 turun 117,894 hektare dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Selanjutnya, potensi luas panen padi secara nasional pada November 2023 turun 93.531 hektare dibanding bulan yang sama tahun lalu.

Adapun potensi luas panen padi secara nasional pada Desember 2023 turun 11.317 hektare dibanding bulan yang sama tahun lalu.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Istri militer yang terlahir kembali adalah peri

akun slot paling gampang menang
Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 0,17 persen ke 6.927 pada Rabu (18/10) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 0,17 persen ke 6.927 pada Rabu (18/10) sore. llustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.927 pada Rabu (18/10). Indeks saham layu 11,70 poin atau minus 0,17 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp17,76 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 30,35 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 209 saham menguat, 321 terkoreksi, dan 220 lainnya stagnan. Terpantau enam dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor cyclical yang turun 0,65 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia dominan kuat. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,01 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong minus 0,55 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan tumbuh 0,10 persen.

Serupa, bursa saham Eropa mayoritas menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris macet, indeks CAC 40 di Prancis naik 0,09 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,04 persen.

Sedangkan bursa Amerika dominan ditutup merah. Indeks S&P 500 melemah 0,01 persen, indeks NYSE naik 0,37 persen, dan indeks NASDAQ Composite merosot 0,25 persen.

Pengamat Komoditas dan Mata Uang Lukman Leong menilai pasar modal sebenarnya menyambut baik deklarasi pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Pelemahan di 6.923 pada perdagangan sesi I hingga ditutup merah di 6.927 disebut bukan karena deklarasi pasangan tersebut.

"Pasar modal terlihat bereaksi positif pada pencalonan (pengumuman duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD). Namun, sentimen masih didominasi oleh faktor eksternal," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP) mengumumkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Pengumuman nama Mahfud MD disampaikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD," kata Megawati hari ini di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)