petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

laris138

jokerscm 623Jutaan kata 936376Orang-orang telah membaca serialisasi

《laris138》

Satgas UU Cipta Kerja Gelar FGD, Dorong Perizinan Bangunan Satu Pintu******

Satgas UU Cipta kerja menggelar FGD di Surakarta untuk mendorong perizinan bangunan dilakukan melalui satu pintu.
Satgas UU Cipta kerja menggelar FGD bertajuk "Serap Aspirasi Implementasi Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung Sebagai Amanat UU No. 6 Tahun 2023 dan Aturan Turunannya" di Surakarta, untuk mendorong perizinan bangunan dilakukan melalui satu pintu. (Foto: Arsip Satgas UU Cipta Kerja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Serap Aspirasi Implementasi Pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung Sebagai Amanat UU No. 6 Tahun 2023 dan Aturan Turunannya" di Surakarta, awal pekan ini. FGD digelar untuk mempercepat proses perizinan bangunan dan mendorong investasi di Indonesia.

Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arif Budimanta dalam sambutannya, menegaskan bahwa proses perizinan bangunan harus dilakukan secara cepat dan mudah dengan basis digital.

"UU Cipta Kerja hadir untuk mereformasi seluruh perizinan yang sebelumnya banyak pintu, menjadi cukup satu pintu saja, salah satunya perizinan dasar terkait Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)," kata Arif, dalam keterangan tertulisnya.

Dengan menggerakan perekonomian nasional melalui instrumen investasi, Arif menegaskan bahwa harus ada modal yang dikembangkan. Tak hanya modal materi, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) dan peralatan seperti mesin.

"Nah, SDM dan mesin ini membutuhkan gedung untuk bekerja dan memproduksi suatu barang, sehingga perizinan gedung ini harus mudah," tutur Arif.

Arif pun menjelaskan bahwa bangunan gedung ini menyangkut aspek lingkungan, keselamatan kerja, dan keselamatan orang yang tinggal di dalamnya. Sehingga selain perizinan yang mudah, dibutuhkan juga pengawasan yang cukup ketat.

Arif mendorong agar ke depannya seluruh perizinan bisa berada di dalam satu pintu, sehingga pelaku usaha tidak perlu membuka banyak aplikasi dan registrasi.

"Oleh sebab itu, Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja secara lisan menampung proses intergrasi dari sistem OSS, SIMBG, dan Amdalnet, agar perizinan hanya berada pada satu pintu," terang Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan FGD ini diharapkan bisa terjalin interaksi secara terbuka antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan penerima manfaat. Sehingga jika terjadi kendala bisa segera diselesaikan.

"Pada intinya Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) ini tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak ada dukungan dari pemerintah daerah." Jelas Arif.

Pada akhir sambutannya, Arif menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak menginginkan adanya pending issue dalam UU Cipta Kerja, khususnya dalam perizinan dasar.

"Selesaikan di masa pemerintahan sekarang, kalau ada yang kurang bisa diperbaiki, sehingga di pemerintahan berikutnya sudah selesai." Tutup Arif.

Terkait perubahan dalam perizinan bangunan, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti menjelaskan, semenjak adanya UU Cipta Kerja waktu perizinan yang dikeluarkan menjadi terukur.

"Saat ini PBG hanya melalui satu pintu, yaitu melalui aplikasi SIMBG. Di sana kami bisa memonitor secara langsung setiap permohonan yang masuk, dan sudah ada jangka waktu yang ditentukan," ujar Diana.

Lebih lanjut, Diana mendorong sinergitas bersama pemerintah daerah agar semakin kuat. Karena PBG ini tidak lepas dari peran daerah dalam melayani pemohon di wilayahnya masing-masing. "Seperti fungsi pengawasan, itu tanggung jawabnya pemerintah daerah. Semisal ada masalah, bisa langsung dikomunikasikan ke pusat melalui call center kami," ujar Diana.

Diana menjelaskan seluruh daerah di Indonesia sudah memiliki akun SIMBG, termasuk bahkan Otorita IKN. "Melalui akun SIMBG ini, standar teknisnya sudah ada, waktunya lebih singkat, proses lebih mudah, dan pembuatan SLF pun bisa sekaligus di sana," tambah Diana.

Sebagai informasi, SLF atau Sertifkat Laik Fungsi merupakan sertifikat yang diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk menyatakan kelaikan fungsi Bangunan Gedung sebelum Bangunan Gedung dapat dimanfaatkan.

SIMBG ini pun mendapat apresiasi dari perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Karanganyar, Farid Achmadi yang menyatakan bahwa sistem sangat membantu dalam membuat database terkait permohonan PBG.

"Di Karanganyar sendiri per harinya ada 21 pemohon PBG. Kami berterimakasih banyak akan adanya sistem ini," kata Farid dalam sesi diskusi.

Adapun FGD ini dihadiri oleh Dinas PUPR Jawa Tengah, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Tengah, Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) DPD Jawa Tengah, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) BPP Jawa Tengah, dan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI).

Selain itu, kegiatan juga dihadiri oleh DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provinsi Jawa Tengah, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) BPD Jawa Tengah, Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APRESI) DPD Jawa Tengah, Asosiasi Properti Syariah (APSI) DPW Jawa Tengah, DPN Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), serta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Tengah.

Tidak hanya perwakilan dari asosiasi pelaku usaha, agenda tersebut juga diselenggarakan dengan melibatkan akademisi di bidang hukum dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

(ory/ory)

Penyewa Kapal Kargo Penabrak Jembatan Baltimore AS Buka Suara******

Maersk, perusahaan logistik terintegrasi asal Denmark, buka suara terkait tragedi runtuhnya Jembatan Baltimore pada Selasa (26/3).
Maersk, perusahaan logistik terintegrasi asal Denmark, buka suara terkait tragedi runtuhnya Jembatan Baltimore pada Selasa (26/3). Ilustrasi. (REUTERS/Julia Nikhinson).
Jakarta, CNN Indonesia--

Maersk, perusahaan logistik terintegrasi asal Denmark, buka suara terkait tragedi runtuhnyaJembatan Baltimorepada Selasa (26/3).

"Kami sangat terkejut dengan apa yang terjadi di Baltimore, dan pikiran kami bersama semua yang terkena dampak", ungkap manajemen Maersk dalam keterangan yang dikutip Reuters, Rabu (27/3).Ungkap perusahaan itu.

Selanjutnya, Maersk berjanji akan terus memantau penyelidikan terkait tragedi ini dan memberikan informasi terkini kepada pelanggan.

Kapal kontainer Dali menabrak Jembatan Baltimore di Kota Baltimore, AS pada Selasa kemarin. Berdasarkan laporan The Washington Post, tragedi ini dilaporkan menelan 6 nyawa.

Data London Stock Exchange Group (LSG) menunjukkan kapal tersebut dimiliki oleh Grace Ocean Pte dari Singapura yang dikelola oleh Synergy Marine Group.

Meski begitu, dilansir Reuters, saat kejadian kapal tersebut sedang disewa oleh Maersk yang merupakan perusahaan pengiriman barang.

Kapal tersebut diselidiki sedang membawa muatan pelanggan Maersk. Meski begini, tidak ada kru atau personel perusahaan yang berada di kapal tersebut.

Berdasarkan pantauan situs web Maersk, Dali direncanakan akan berangkat dari Baltimore awal Selasa dan tiba di Colombo pada 22 April.

Usai tragedi ini saham Maersk turun 3,2 persen.

[Gambas:Video CNN]



(num/sfr)

TKI ke Jepang Melonjak 192 Persen Imbas Tergiur Upah Rp18 Juta******

Jumlah TKI di Jepang naik hampir tiga kali lipat pada tahun ini dibandingkan 2018. Ada 121.507 TKI yang mencari nafkah di Negeri Sakura.
Jumlah TKI di Jepang naik hampir tiga kali lipat pada tahun ini dibandingkan tahun 2018. Ada 121.507 TKI yang mencari nafkah di Negeri Sakura. (Foto: iStockphoto/blinow61)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Jepang naik hampir tiga kali lipat atau 192,2 persen menjadi 121.507 orang pada tahun ini dibandingkan 2018.

Berdasarkan laporan Nikkei Asia, lonjakan TKI selama lima tahun terakhir itu dipicu rendahnya upah di Tanah Air. Kondisi itu membuat banyak pekerja Indonesia melirik Jepang sebagai tujuan yang menarik untuk mencari pekerjaan.

Pasalnya, pengusaha di Jepang kini menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menarik pekerja. Gaji pokok bulanan untuk pekerja magang asing naik 8 persen pada 2022 menjadi 177.800 yen atau sekitar Rp18,7 juta.

Lihat Juga :
ASN Bisa Isi Jabatan TNI/Polri, Aturan Sedang Digodok

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang mencatat jumlah total pekerja asing di Jepang telah meningkat 40,3 persen dalam lima tahun menjadi 2,05 juta per Oktober 2023.

Lanskap tenaga kerja asing di Jepang juga berubah akibat perubahan upah dan nilai tukar. Jumlah pekerja asal Vietnam melampaui pekerja Tiongkok sebagai kelompok pekerja asing terbesar pada 2024.

Pekerja Vietnam meningkat 63,6 persen dalam lima tahun menjadi 518.364 orang. Banyak dari mereka yang berpartisipasi dalam Program Pelatihan Magang Teknis, yang dirancang untuk membantu mentransfer pengetahuan berbasis pekerjaan ke negara-negara berkembang.

Sementara, jumlah pekerja asal China hanya tumbuh 2,3 persen karena kenaikan upah di Tiongkok, serta melemahnya yen mengikis daya tarik bekerja di Jepang.

Lihat Juga :
Utang Luar Negeri RI Tembus Rp6.339 T per Januari 2024

Namun, beberapa agen penempatan tenaga kerja ke Jepang melihat Indonesia berpotensi menyalip Vietnam soal pekerja asing.

Badan kepegawaian yang berbasis di Tokyo, Persol Global Workforce, mulai mendatangkan pekerja terampil tertentu di sektor pertanian tahun lalu berdasarkan perjanjian dengan lembaga pendidikan Indonesia.

Indonesia bercita-cita menjadi salah satu produsen pertanian terkemuka di dunia, dan ingin memperoleh keahlian melalui warganya yang bekerja di Jepang.

Beberapa pekerja dipekerjakan langsung oleh pertanian individu. Persol juga mengirimkan pekerja pertanian ke penugasan sementara di seluruh Jepang selama musim puncak.

"Ada banyak potensi di Indonesia, yang memiliki populasi 270 juta jiwa. Saya pikir negara ini pada akhirnya bisa melampaui Vietnam dalam perannya di pasar tenaga kerja Jepang." kata Presiden Mynavi Global Motoki Yuzuriha.

Pekerja asing lain yang meningkat juga berasal dari Nepal. Angkanya melonjak 78,5 persen dalam lima tahun menjadi 145.587 orang. Lebih dari 41 persen juga belajar di Jepang, sebuah persentase yang lebih tinggi dibandingkan kelompok lain.

Pekerja dari Myanmar juga meningkat tajam menjadi 71.188 orang. Banyak warga negara Myanmar mencari pekerjaan di luar negeri di tengah kerusuhan politik di dalam negeri. Jepang telah menarik banyak pekerja berpendidikan dengan gelar sarjana.

Namun beberapa orang memilih Jepang karena biaya hidup lebih murah dibandingkan di kota-kota besar di Amerika Serikat dan Eropa, menurut agen perekrutan Robert Walters Japan. Agensi ini juga mengatakan akan terus merekrut orang-orang dari negara-negara tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)




bab terbaru:maxwin no limit city

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
trik jin ji bao xi slot online
slot gampang menang 2023
rtp daisototo
situs judi slot deposit dana
paylater baru
cara dapat uang 5 juta sehari
slot pasti gacor 1001
lazada pakai akulaku
akun main slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 daftar akun vip pasti jp
Bab 2 link slot gacor hari ini
Bab 3 369slot
Bab 4 aneka88
Bab 5 neonwin386
Bab 6 link maxwin slot
Bab 7 buktiqq
Bab 8 aston slot
Bab 9 jitu angka wap vegas
Bab 10 trik slot orang dalam
Bab 11 agen situs slot gacor
Bab 12 perdana303
Bab 13 roket77 slot
Bab 14 pinjol gampang acc
Bab 15 mpodewa
Bab 16 judi poker
Bab 17 rtp pasir 4d
Bab 18 voucher gratis ongkir lazada hari ini
Bab 19 slot gacor pagi hari ini
Bab 20 pinjaman tanpa selfie ktp
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2438bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Setan cinta tidak terkalahkan

mpocash
PT SMI mendapat kontrak penugasan dari pemerintah senilai Rp825 miliar untuk menggarap IKN.
PT SMI mendapat kontrak penugasan dari pemerintah senilai Rp825 miliar untuk menggarap IKN. (Foto: Biro Humas Setjen Kemhan)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Sarana Multi Infrastruktur(Persero) atau PT SMI mendapat kontrak penugasan senilai Rp825 miliar dari pemerintah untuk menggarap proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Secara total, perseroan mengungkap sudah menerima penugasan Rp1,3 triliun untuk mengerjakan proyek-proyek pemerintah.

"Iya,IKN Rp825 miliar dari sisi penugasan kepada PTSMI-nya," tutur Direktur Pembiayaan Publik dan Pengembangan Proyek PT SMI Faaris Pranawa dalam media briefing di Kantor SMI, Jakarta Pusat, Rabu (28/3).

"Menariknya saat ini sudah ada pihak swasta yang berinisiatif atau kita kenal dengan unsolicited project. Pemerintah-swasta itu sudah ada hampir enam calon investor di sektor perumahan dan juga ada di sektor pendidikan. Jadi dinamikanya mulai meningkat, apalagi untuk tahap-tahap awal risiko demand itu akan diambil oleh pemerintah," jelas dia.

Kendati demikian, ia menyebut hingga saat ini pembiayaan untuk infrastruktur dari sektor swasta belum berjalan. Hal ini dikarenakan pihaknya masih dalam tahap membantu Otorita IKN untuk mempersiapkan masterplan investasi dan pengembangan organisasi.

"Belum masuk tahap pembiayaan pihak swasta," imbuh Faaris.

"Ini kita membantu IKN dalam penyiapan proyeknya. Jadi kita melihat proyek yang akan ada partisipasi swasta, kita bantu baik untuk persiapan dokumen ataupun mengevaluasi proposal," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Penjahat terkuat di alam semesta

trik main gaple menang terus
Diskon dan promo Transmart Full Day Sale untuk baju Muslim banyak diminati pelanggan jelang Hari Raya Lebaran 1445 H.
Diskon dan promo Transmart Full Day Sale untuk baju Muslim banyak diminati pelanggan jelang Hari Raya Lebaran 1445 H. (CNN Indonesia/Feraldi Hifzurahman)
Jakarta, CNN Indonesia--

Baju Muslim turut mendapat potongan harga spesial di Transmart Full Day Sale yang hadir pada hari ini, Minggu (31/3). Pakaian yang diburu untuk Hari Raya Lebaran 1445 Hijriah itu bahkan mendapat diskon dan promo spesial dalam edisi ini.

Pantauan CNNIndonesia.comdi Transmart Kota Kasablanka Jakarta Selatan, produk baju Muslim dijual dengan promo spesial. Salah satu produk mendapat diskon 20 persen dengan pembayaran menggunakan Allo Bank.

Potongan harga itu juga masih ditambah dengan promo Buy 1 Get 1, sehingga pelanggan nantinya mendapat dua baju sekaligus saat membeli produk tersebut di Transmart Full Day Sale.

Selain itu, potongan harga juga berlaku pada kaus, sweater, hingga celana yang tersedia di Transmart. Sebut saja celana panjang yang mendapat diskon dari Rp339 ribu menjadi Rp271 ribu, lalu batik pria yang diskon dari Rp199 ribu menjadi Rp159 ribu.

Kemeja lengan pendek juga mendapat potongan harga, dari Rp169 ribu menjadi 135 ribu. Begitu pula berbagai merek kaus hingga sweatshirt yang diskon dari Rp100 ribu menjadi Rp80 ribu.

Seluruh diskon itu bisa diklaim pelanggan dengan metode pembayaran melalui Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Akun Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah dapat dibuat dengan mudah. Aplikasi Allo Bank diunduh dari hp melalui Google Play Store dan App Store, kemudian upgrade akunnya ke Allo Prime.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale, Dispenser Kaca buat Lebaran Mulai Rp199 Ribu

Selain itu, pengunjung juga dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Sementara itu, Transmart Full Day Sale kembali hadir untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan. Gelaran Transmart Full Day Sale edisi ini hanya berlangsung satu hari, yakni sejak toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

(frl/isn)

[Gambas:Video CNN]

Sistem perebutan tubuh yang tak terkalahkan

slot sering kasih maxwin
PLN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) meraih penghargaan pada kategori Best Green Energy Initiative di acara CNN Awards 2024.
PLN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) meraih penghargaan pada kategori Best Green Energy Initiative di acara CNN Awards 2024. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Makassar, CNN Indonesia--

PLN Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) meraih penghargaan pada kategori Best Green Energy Initiative di acara CNN Awards 2024.

Penghargaan tersebut diterima oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar Moch. Andy Adchaminoerdin dari pimpinan Redaksi CNN Indonesia di acara puncak penghargaan yang berlangsung di Hotel Claro Makassar, Kamis (21/3).

Acara CNN Awards dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, Jaksa Agung ST Burhanuddin hingga Chairman sekaligus Founder CT Corp Chairul Tanjung (CT).

Lihat Juga :
CNN Indonesia AwardsPLN Sulselrabar Dapat Penghargaan Best Public Satisfaction 2024

PLN Sulselrabar telah menerapkan program transisi energi, di antaranya Smart Grid di dua subsistem yaitu Selayar dan Tahuna, dengan menyediakan 20 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 12 lokasi, serta layanan sertifikasi REC (Renewable Energy Certificate) yang mencapai 19.927 unit.

Peningkatan ini adalah upaya elektrifikasi kendaraan bermotor di wilayah tersebut sepanjang 2023.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan, pada 2023 pihaknya berhasil menjual listrik di SPKLU mencapai 37.999 kiloWatt Hour (kWh).

Angkanya jauh lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 3.333 kWh. Penjualan ini mencakup seluruh SPKLU di Sulselrabar.

Bauran energi baru terbarukan di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan juga menjadi cerita sukses,yaitu sebesar 45,78 persen, jauh di atas dari rata-rata target nasional di tahun 2025 yaitu 23 persen.

Berdasarkan keterangan Andy, seperti dikutip dari situs Pemprov, hingga Juli 2023 realisasi rasio elektrifikasi di Sulselrabar mencapai 99,78 persen sedangkan rasio desa berlistrik telah mencapai 100 persen.

(MIR/vws)

Onmyoji hebat tingkat dewa

situs slot terbaru hari ini
Jumlah TKI di Jepang naik hampir tiga kali lipat pada tahun ini dibandingkan 2018. Ada 121.507 TKI yang mencari nafkah di Negeri Sakura.
Jumlah TKI di Jepang naik hampir tiga kali lipat pada tahun ini dibandingkan tahun 2018. Ada 121.507 TKI yang mencari nafkah di Negeri Sakura. (Foto: iStockphoto/blinow61)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Jepang naik hampir tiga kali lipat atau 192,2 persen menjadi 121.507 orang pada tahun ini dibandingkan 2018.

Berdasarkan laporan Nikkei Asia, lonjakan TKI selama lima tahun terakhir itu dipicu rendahnya upah di Tanah Air. Kondisi itu membuat banyak pekerja Indonesia melirik Jepang sebagai tujuan yang menarik untuk mencari pekerjaan.

Pasalnya, pengusaha di Jepang kini menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menarik pekerja. Gaji pokok bulanan untuk pekerja magang asing naik 8 persen pada 2022 menjadi 177.800 yen atau sekitar Rp18,7 juta.

Lihat Juga :
ASN Bisa Isi Jabatan TNI/Polri, Aturan Sedang Digodok

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang mencatat jumlah total pekerja asing di Jepang telah meningkat 40,3 persen dalam lima tahun menjadi 2,05 juta per Oktober 2023.

Lanskap tenaga kerja asing di Jepang juga berubah akibat perubahan upah dan nilai tukar. Jumlah pekerja asal Vietnam melampaui pekerja Tiongkok sebagai kelompok pekerja asing terbesar pada 2024.

Pekerja Vietnam meningkat 63,6 persen dalam lima tahun menjadi 518.364 orang. Banyak dari mereka yang berpartisipasi dalam Program Pelatihan Magang Teknis, yang dirancang untuk membantu mentransfer pengetahuan berbasis pekerjaan ke negara-negara berkembang.

Sementara, jumlah pekerja asal China hanya tumbuh 2,3 persen karena kenaikan upah di Tiongkok, serta melemahnya yen mengikis daya tarik bekerja di Jepang.

Lihat Juga :
Utang Luar Negeri RI Tembus Rp6.339 T per Januari 2024

Namun, beberapa agen penempatan tenaga kerja ke Jepang melihat Indonesia berpotensi menyalip Vietnam soal pekerja asing.

Badan kepegawaian yang berbasis di Tokyo, Persol Global Workforce, mulai mendatangkan pekerja terampil tertentu di sektor pertanian tahun lalu berdasarkan perjanjian dengan lembaga pendidikan Indonesia.

Indonesia bercita-cita menjadi salah satu produsen pertanian terkemuka di dunia, dan ingin memperoleh keahlian melalui warganya yang bekerja di Jepang.

Beberapa pekerja dipekerjakan langsung oleh pertanian individu. Persol juga mengirimkan pekerja pertanian ke penugasan sementara di seluruh Jepang selama musim puncak.

"Ada banyak potensi di Indonesia, yang memiliki populasi 270 juta jiwa. Saya pikir negara ini pada akhirnya bisa melampaui Vietnam dalam perannya di pasar tenaga kerja Jepang." kata Presiden Mynavi Global Motoki Yuzuriha.

Pekerja asing lain yang meningkat juga berasal dari Nepal. Angkanya melonjak 78,5 persen dalam lima tahun menjadi 145.587 orang. Lebih dari 41 persen juga belajar di Jepang, sebuah persentase yang lebih tinggi dibandingkan kelompok lain.

Pekerja dari Myanmar juga meningkat tajam menjadi 71.188 orang. Banyak warga negara Myanmar mencari pekerjaan di luar negeri di tengah kerusuhan politik di dalam negeri. Jepang telah menarik banyak pekerja berpendidikan dengan gelar sarjana.

Namun beberapa orang memilih Jepang karena biaya hidup lebih murah dibandingkan di kota-kota besar di Amerika Serikat dan Eropa, menurut agen perekrutan Robert Walters Japan. Agensi ini juga mengatakan akan terus merekrut orang-orang dari negara-negara tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

Sistem peti harta karun yang luar biasa

cara kerja cepat dapat uang
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat semakin banyak daerah di Indonesia yang mengalami lonjakan harga pangan, mulai dari telur ayam ras hingga minyak goreng.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat semakin banyak daerah di Indonesia yang mengalami lonjakan harga pangan, mulai dari telur ayam ras hingga minyak goreng. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat semakin banyak daerah di Indonesia yang mengalami lonjakan harga pangan, mulai dari telur ayam ras hingga minyak goreng.

"Semakin banyak kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga untuk komoditas tersebut, yaitu telur ayam ras, daging ayam ras, minyak goreng, bawang putih, dan juga cabai rawit," kata Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, dikutip dari YouTube Kemendagri, Senin (18/3).

Amalia mengatakan terjadi kenaikan harga telur ayam ras sebesar 6,89 persen di minggu kedua Maret 2024 dibandingkan Februari 2024. Ada 287 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga, di mana kini telur ayam ras dihargai Rp32.439 per kg.

"Untuk daging ayam ras, di minggu kedua Maret 2024 terjadi kenaikan harga 4,78 persen. Itu mayoritas ada di Pulau Jawa, Sumatra, dan sedikit sebagian ada di Sulawesi. Sekitar 73,61 persen wilayah di Indonesia mengalami kenaikan harga daging ayam ras," tuturnya.

Pada minggu kedua Maret 2024 ada 265 kabupaten/kota yang mengalami lonjakan harga daging ayam ras mencapai Rp39.560 per kg. Pekan sebelumnya, hanya 250 daerah terdampak dengan harga rata-rata nasional di kisaran Rp39.345 per kg.

Sementara itu, minyak goreng mengalami kenaikan 1,20 persen di 69,72 persen wilayah tanah air. Kini, rata-rata harga migor secara nasional menyentuh Rp17.987 per kg.

"Yang perlu menjadi catatan kita, jumlah kabupaten/kota mengalami peningkatan menjadi 251 (dibandingkan pekan lalu 236 daerah) dengan rata-rata harga minyak goreng Rp17.987 per kg," jelas Amalia.

Sedangkan beras dianggap mulai ada tanda-tanda flattening atau pergerakan harga yang mendatar. Harga beras hanya naik tipis dari Rp15.956 per kg menjadi Rp15.966 per kg pada pekan kedua bulan ini.

Bahkan, BPS mencatat daerah terdampak kenaikan harga beras mulai menurun dari 271 ke 268 kabupaten/kota.

"Ini sudah ada flattening, kelihatannya juga didorong oleh Maret (2024) ini kan perkiraan BPS produksi beras sudah mulai meningkat jauh lebih besar dibandingkan Januari (2024) dan Februari. Ini merupakan tanda-tanda yang sangat baik," tuturnya.

"Impor beras juga cukup stabil di 442 ribu ton di Januari (2024), 439 ribu ton di Februari. Asal utama impor kita saat ini adalah Thailand, Pakistan, Myanmar, serta Vietnam," tandas Amalia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Arena Para Dewa dari Dunia Lain

slot m
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (27/3) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (27/3) ini. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (27/3) ini.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menilai gerak IHSG masih mungkin naik mengingat indeks terlihat cukup kuat menjaga support level terdekatnya di tengah gelombang tekanan yang sedang berlangsung.

"Namun momentum koreksi minor masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka menengah mengingat minat investor yang terlihat dari data capital inflow secara year to date masih cukup besar," katanya.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan AALI, BBRI, GGRM, TBIG, PWON, dan LSIP.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal indeks masih menjaga peluangnya untuk mencatatkan level tertinggi baru di atas 7.454 apabila support terdekat di level 7.295 tetap dapat bertahan.

"Level supportIHSG berada di 7.295, 7.238 dan 7.180, sementara level resistennya di 7.454 dan 7.503," katanya.

IHSG ditutup di level 7.365 pada Selasa (26/3). Indeks saham melemah 12,09 poin atau minus 0,16 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,42 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,10 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 219 saham menguat, 356 terkoreksi, dan 208 lainnya stagnan. Terpantau tujuh dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor transportasi yang turun 3,09 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)