petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

emp4d

situs gacor malam ini 835Jutaan kata 929070Orang-orang telah membaca serialisasi

《emp4d》

80 Persen Pembeli Mobil Listrik Bayar Kontan, Pertanda Apa Ini?******

Pengamat menyebut tren pembelian kendaraan listrik yang 80 persen masih dilakukan kontan menunjukkan program belum bersahabat dengan semua warga RI.
Pengamat menyebut tren pembelian kendaraan listrik yang 80 persen masih dilakukan kontan menunjukkan program belum bersahabat dengan semua warga RI. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengeluh soal penyaluran kredituntukkendaraan listrik.

Maklum, hingga kini tingkat penyaluran masih sangat minim. Ia mengatakan sekitar 80 persen transaksi pembelian mobil listrik dilakukan secara kontan alias tidak mengutang.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Oktober 2023, pembiayaan dari perusahaan leasing untuk kendaraan listrik masih di kisaran 0,01 persen dari total pembiayaan.

Suwandi mengungkap minimnya penyaluran pembiayaan itu terjadi karena mayoritas pembeli kendaraan listrik adalah masyarakat berada. Mereka sejatinya memiliki dana dan hanya membeli kendaraan listrik untuk sekadar mencari pengalaman baru atau mencoba saja.

"Pembeli EV hari ini tuh kebanyakan memang orang-orang, yang paling tidak dia cukup dananya. Dan kedua, dia mau first experience," ujarnya.

Faktor lain, harga kendaraan listrik masih relatif mahal. Hal itu tentu berbanding terbalik dengan segmentasi pasar perusahaan pembiayaan merupakan masyarakat menengah ke bawah.

"Dan kendaraan yang kita biayai itu rata-rata sekitar Rp200 juta-an atau yang kita kenal dengan LCC (Low-Cost Green Car)," jelas Suwandi.

Lihat Juga :
Asabri Buka-bukaan soal Uang Pensiun Prabowo dari Militer

Lalu adakah pertanda penting dari fenomena ini?

Direktur Center of Economic and Law (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan besarnya persentase pembeli kendaraan listrik dengan skema kontan menunjukkan bahwa mobil listrik bukan kebutuhan utama untuk sebuah kendaraan.

"Jadi mobil listrik belum menjadi kebutuhan utama," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Menurutnya, pembelian secara kontan biasanya dilakukan oleh orang kaya. Hal ini terbukti dari pemilik mobil listrik memang orang yang sudah memiliki kendaraan berbahan bakar BBM.

"Kalau cash dominanartinya pembeli mobil listrik adalah golongan orang kaya. Di garasi sudah punya mobil BBM tapi mobil listrik dijadikan kendaraan kedua," jelasnya.

Selain itu, pemilik kendaraan listrik biasanya memang menjadikan mobil tersebut menjadi tunggangan saat bepergian saja. Ini semakin menekankan bukan keperluan kendaraan yang prioritas.

"Pembeli mobil listrik biasanya menjadikan kendaraan BBM buat harian, sementara mobil listrik buat dipakai pada saat jalan-jalan akhir pekan," kata Bhima.


Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan wholesalesmobil listrik di Indonesia sepanjang 2023 tercatat 15.716 unit. Jauh di bawah target pemerintah terjual 200 ribu unit per tahun.

Sementara, Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution (ISEAI) Ronny P Sasmita mengatakan peminat mobil listrik masih golongan tertentu karena harganya yang mahal. Artinya, program kendaraan listrik yang dicanangkan pemerintah untuk memperbaiki mutu lingkungan belum bersahabat dengan semua golongan masyarakat Indonesia.

"Bahkan setelah banyak insentif pun harga masih terbilang mahal. Jadi memang saat ini, kendaraan listrik baru di konsumsi kalangan tertentu, terutama kalangan berada, sebagai kendaraan kedua dan oleh perusahaan-perusahaan untuk bisnis," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Ronny menilai tidak mudah menggenjot penjualan mobil listrik terutama untuk masyarakat kelas menengah. Sebab, selain harga mahal, ekosistemnya pun belum terbentuk, terutama dari sisi infrastrukturnya.

Menurutnya, untuk menggenjot penggunaan mobil listrik, insentif dari pemerintah saja tidak cukup. Tapi harus dibarengi dengan infrastruktur yang baik.

Misalnya, terlebih dahulu membangun stasiun pengisi daya (charging station) di banyak tempat. Langkah ini dilakukan oleh China dan terbukti sangat ampuh.

"Nah, karena di China saat ini telah berhasil membangun charging stationlebih dari dua juta, yang dibangun oleh pemerintah dan perusahaan produsen mobil, maka penjualan kendaraan listrik langsung meledak," jelasnya.

Lihat Juga :
Prabowo Subianto: Kita Tidak Perlu Hotel BUMN

Ronny mengatakan awalnya penjualan mobil listrik di China juga seret. Kemudian pemerintah menetapkan kebijakan dengan cara mewajibkan beberapa provinsi untuk menggunakan bus listrik untuk transportasi publiknya.

Namun, kebijakan itu juga tidak berhasil meningkatkan penjualan mobil listrik secara signifikan. Lalu, China melakukan riset dan menemukan adanya persoalan range anxiety atau kecemasan pengemudi mobil listrik kalau kendaraannya mati sebelum sampai tujuan.

"Hasil riset di China menunjukkan bahwa salah satu motivasi orang membeli kendaraan listrik adalah adanya jaminan keberadaan charging stationdi banyak lokasi. Jadi range anxietyadalah ketakutan kalau baterai habis di tengah jalan. Makanya dibangun banyak charging station," jelasnya.

Oleh sebab itu, Ronny menekankan selain insentif pemerintah untuk pembelian kendaraan listriknya, sangat perlu juga untuk membangun banyak infrastruktur utamanya.

Lihat Juga :
THR PNS Tahun Ini Dibayar Penuh 100 Persen Usai 4 Tahun Tidak Full

"Insentif dari pemerintah hanya sebagian kecil dari faktor yang akan mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik," kata Ronny.

Selain itu, ia juga menyarankan agar produsen pembuat mobil listrik di Indonesia memberikan harga yang lebih terjangkau. Serta, perbankan menawarkan skema pembiayaan mobil listrik lebih masih dan menarik.

"Selain insentif untuk membuat harganya bisa menjadi lebih affordable, juga diperlukan penyiapan infrastruktur untuk kendaraan listrik, terutama ketersediaan charging station secara luas dan skema pembiayaan pembelian kendaraan listrik yang menarik dan terjangkau dari perbankan," pungkasnya.

(agt)

Girona kembali puncaki klasemen setelah tundukkan Alaves 3******

Girona kembali puncaki klasemen setelah tundukkan Alaves 3-0
Penyerang Girona Artem Dovbyk (tengah) bersama rekan-rekannya merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Alaves pada pertandingan Liga Spanyol yang dimainkan di Stadion Montilivi, Girona, Senin (18/12/2023). (ANTARA/AFP/PAU BARRENA)
Jakarta (ANTARA) - Tim kejutan Girona kembali memuncaki klasemen Liga Spanyol setelah menundukkan Alaves dengan skor 3-0, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Montilivi, Girona, Senin setempat atau Selasa dini hari WIB.

Girona yang memiliki koleksi 44 poin, kini membuka keunggulan dua poin atas juara bertahan Real Madrid, berkat kemenangan ketiganya secara berturut-turut, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Penyerang asal Ukraina Artem Dovbyk membuka keunggulan Girona pada menit ke-23. Tuan rumah lantas menggandakan keunggulannya melalui tembakan Cristian Portu dari tepi kotak penalti pada menit ke-42. Girona pun memimpin 2-0 saat turun minum.

Alaves tidak mampu memberikan banyak perlawanan, dan saat pemain sayap kanan Girona Yan Couto dilanggar di kotak penalti untuk menghasilkan hadiah penalti bagi tuan rumah pada menit ke-59, Dovbyk sukses menjadi eksekutor. Itu sekaligus merupakan gol kesepuluh bagi Dovbyk di Liga Spanyol musim ini.

Girona yang baru menelan satu kekalahan di Liga Spanyol musim ini, akan melawat ke markas Real Betis pada Kamis (21/12), sedangkan Alaves menjamu Real Madrid pada Jumat (22/12).Daftar susunan pemain:

Alaves: Paulo Gazaniga, Eric Garcia, David Lopez, Daley Blind, Yan Couto, Aleix Garcia, Ivan Martin, M Gutierrez, Cristian Portu, Savio, Artem Dovbyk

Pelatih: Michel

Girona: Antonio Sivera, Nahuel Tenaglia, Rafa Marin, Ruben Duarte, Andoni Gorosabel, Ander Guevara, Antonio Blanco, Javi Lopez, Jon Guridi, Samuel Omorodion, Luis Rioja

Pelatih: Luis Garcia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023

Jokowi Klaim Stok Beras Jelang Lebaran Tahun Ini Aman******

Presiden Jokowi mengklaim stok beras pada Lebaran tahun ini aman. Panen raya pada April diharapkan menambah pasokan.
Presiden Jokowi mengklaim stok beras pada Lebaran tahun ini aman. Panen raya pada April diharapkan menambah pasokan. (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut stok bahan pokok dan pangan jelang Idulfitri 2024akan menjadi perhatian khusus pemerintah. Ia mengklaim stok beras pada Lebaran ini aman.

Hal itu menyikapi sejumlah bahan pokok seperti daging ayam dan telur yang naik belakangan di pasar.

"Ini mau Lebaran, sehingga persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok itu menjadi sangat penting," kata Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3).

Ia juga berharap panen raya yang kemungkinan April besok akan mampu memenuhi lumbung padi di sejumlah wilayah.

"Untuk beras, saya kira stoknya tidak ada masalah, dan bahan-bahan lainnya nanti secara detail saya lihat di lapangan," imbuhnya.

Jokowi mengatakan harga beras juga sudah mulai mengalami penurunan setelah sempat mengalami kenaikan harga beberapa waktu terakhir.

Ia pun meminta agar masyarakat langsung memeriksa kondisi beras di sejumlah pasar induk seperti Cipinang, Johor, dan Karawang.

"Coba dicek semuanya, dicek langsung, jangan ditanyakan ke saya. Meskipun saya tahu setiap hari harga itu naik turunnya saya tahu, tapi tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek di lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana ya," ujar Jokowi.

Harga beras membumbung tinggi jelang akhir masa pemerintahan Jokowi. Data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, harga beras bahkan tembus Rp18 ribu per kg.

Pemicunya diduga berbagai faktor mulai dari fenomena El Nino hingga gelontoran bansos dari pemerintah. Fenomena El Nino membuat area sawah kekeringan, bahkan gagal panen.

Sementara untuk bansos, pemerintah menggelontorkan bansos 10 kg beras ke 21,35 juta rakyat miskin pada Maret 2024.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)




bab terbaru:dapatqq

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
situs gacor gampang maxwin
mahjong ways pg soft demo
cara pinjam uang di bank btpn
promo grabfood februari 2022
manjur 4d slot
cari angka ekor jitu
jamin gacor
surgapaly
trik main slot online biar menang
Daftar isi semua bab
Bab 1 klik555
Bab 2 mania slot 88
Bab 3 pinjaman online tunaiku
Bab 4 slot yang gacor hari ini
Bab 5 situs slot luar negeri terpercaya
Bab 6 ada 77 slot
Bab 7 slot gacor hari ini
Bab 8 rodabet
Bab 9 jayavegas
Bab 10 erek48
Bab 11 cicil hp di akulaku
Bab 12 wajik777
Bab 13 cod4d
Bab 14 daftar slot tergacor hari ini
Bab 15 kredit hp tanpa dp tanpa aplikasi
Bab 16 rtp cnnslot
Bab 17 cara main slot gacor
Bab 18 slot gacor olympus 2023
Bab 19 situs online terpercaya
Bab 20 surya303
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7487bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Munculnya rumput

slot fafafa demo
Sejumlah pakar asing mewanti-wanti risiko program makan siang gratis yang diusung calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.
Sejumlah pakar asing mewanti-wanti risiko program makan siang gratis yang diusung calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pakar asing mewanti-wanti risiko program makan siang gratis yang diusung calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Lembaga pemeringkat utang Fitch Ratings menyebut program makan siang dan susu gratis Prabowo bakal berdampak pada peringkat kredit Indonesia karena memicu penumpukan tekanan pada kas pemerintah.

Lebih dari itu, program ambisius ini bahkan disebut bisa melampaui batas defisit anggaran yang ditetapkan undang-undang sebesar 3 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Lembaga ini menyinggung pernyataan Prabowo bahwa Indonesia bisa mempertahankan rasio utang terhadap PDB yang jauh lebih tinggi "juga menunjukkan risiko terhadap proyeksi fiskal dasar kami."

Prabowo menawarkan program makan siang dan susu gratis ditujukan kepada hampir 80 juta anak Indonesia. Program kampanye pemilihan presiden (pilpres) ini bertujuan mengurangi masalah kekurangan gizi dan stunting di Indonesia.

Saat ini, ia meraup suara terbanyak dalam real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hingga Selasa (5/3) pagi, ia dan Gibran Rakabuming Raka, pasangannya, mengantongi 58,82 persen suara.

Seorang perwakilan tim kampanye Prabowo mengatakan program makan siang dan susu gratis dijadwalkan berlangsung hingga 2029 dan membutuhkan hingga Rp450 triliun per tahun.

Lihat Juga :
Profil Haji Isam, Crazy Rich Berkaus Oblong Pembeli Pesawat Rp1,5 T

Dia mengatakan kepada Nikkei Asia bahwa pemerintahan Prabowo nantinya membutuhkan anggaran Rp100 triliun hingga Rp120 triliun untuk tahun pertama pemerintahan.

Wakil Presiden dan Pejabat Kredit Senior Moody's Investors Service Anushka Shah pun menyuarakan kekhawatiran serupa.

Shah berujar program makan siang dan susu gratis Prabowo "menunjukkan genjotan fiskal yang lebih ekspansif."

"Jika diterapkan, mereka akan menandai perbedaan dari rekam jejak panjang Indonesia dalam anggaran dan rasio utang yang dikelola secara konservatif," ucapnya pada 15 Februari lalu.

Lihat Juga :
Jeff Bezos Rebut Takhta Orang Terkaya Dunia Elon Musk, Harta Rp3.149 T

Selain program makan siang dan susu gratis, Prabowo juga punya proyek melejit lainnya yang merupakan warisan dari presiden saat ini, Joko Widodo (Jokowi). Proyek tersebut yakni pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

"Pada titik ini, implikasi untuk kelayakan kredit Indonesia netral, meski begitu kami sangat memperhatikan komposisi parlemen untuk mendapatkan petunjuk yang lebih besar mengenai arah kebijakan dan implementasi reformasi," kata Shah.

Saat ini, pemerintah RI sudah mulai membahas anggaran untuk tahun berikutnya, termasuk pula rencana kebijakan Prabowo.

Saat rapat kabinet 26 Februari lalu, Jokowi mengatakan proposal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 harus menyesuaikan program-program presiden baru dan memastikan kelangsungan kerja pemerintahan saat ini.

"Rencana Kerja Pemerintah tahun 2025 dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan dan mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres 2024," kata Jokowi saat itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga menyebut program makan siang dan susu gratis Prabowo telah dimasukkan ke dalam perhitungan pemerintah untuk perkiraan pertumbuhan PDB dan defisit fiskal tahun 2025.

Menurutnya, defisit APBN Indonesia pada 2025 akan mencapai 2,45 persen hingga 2,8 persen PDB. Angka ini naik dari target tahun ini sebesar 2,29 persen.

[Gambas:Video CNN]



(blq/sfr)

Kelahiran kembali kehidupan yang menyenangkan

win77
Girona kembali puncaki klasemen setelah tundukkan Alaves 3-0
Penyerang Girona Artem Dovbyk (tengah) bersama rekan-rekannya merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Alaves pada pertandingan Liga Spanyol yang dimainkan di Stadion Montilivi, Girona, Senin (18/12/2023). (ANTARA/AFP/PAU BARRENA)
Jakarta (ANTARA) - Tim kejutan Girona kembali memuncaki klasemen Liga Spanyol setelah menundukkan Alaves dengan skor 3-0, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Montilivi, Girona, Senin setempat atau Selasa dini hari WIB.

Girona yang memiliki koleksi 44 poin, kini membuka keunggulan dua poin atas juara bertahan Real Madrid, berkat kemenangan ketiganya secara berturut-turut, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Penyerang asal Ukraina Artem Dovbyk membuka keunggulan Girona pada menit ke-23. Tuan rumah lantas menggandakan keunggulannya melalui tembakan Cristian Portu dari tepi kotak penalti pada menit ke-42. Girona pun memimpin 2-0 saat turun minum.

Alaves tidak mampu memberikan banyak perlawanan, dan saat pemain sayap kanan Girona Yan Couto dilanggar di kotak penalti untuk menghasilkan hadiah penalti bagi tuan rumah pada menit ke-59, Dovbyk sukses menjadi eksekutor. Itu sekaligus merupakan gol kesepuluh bagi Dovbyk di Liga Spanyol musim ini.

Girona yang baru menelan satu kekalahan di Liga Spanyol musim ini, akan melawat ke markas Real Betis pada Kamis (21/12), sedangkan Alaves menjamu Real Madrid pada Jumat (22/12).Daftar susunan pemain:

Alaves: Paulo Gazaniga, Eric Garcia, David Lopez, Daley Blind, Yan Couto, Aleix Garcia, Ivan Martin, M Gutierrez, Cristian Portu, Savio, Artem Dovbyk

Pelatih: Michel

Girona: Antonio Sivera, Nahuel Tenaglia, Rafa Marin, Ruben Duarte, Andoni Gorosabel, Ander Guevara, Antonio Blanco, Javi Lopez, Jon Guridi, Samuel Omorodion, Luis Rioja

Pelatih: Luis Garcia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023

makhluk abadi

no limit city maxwin
Astra International kembali menggelar SATU Indonesia Awards yang ke-15 dan menyediakan dana bimbingan alias hadiah Rp65 juta.
Astra International kembali menggelar SATU Indonesia Awards yang ke-15 dan menyediakan dana bimbingan alias hadiah Rp65 juta. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

PTAstra International Tbk kembali menggelar program Semangat Astra Terpadu Untuk atau SATU Indonesia Awards yang ke-15 demi bangunkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.

Untuk program ini, Astra menyediakan dana bimbingan alias hadiah sebesar Rp65 juta.

Head Of Corporate Communication Astra Boy Kelana Soebroto mengatakan pada gelaran SATU Indonesia Awards tahun lalu, ada sekitar 15 ribu anak muda yang mendaftar. Ia mengajak kaum muda kembali berpartisipasi sebagai peserta pada tahun ini.

Tema SATU Indonesia Awards 2024 ini mendukung ciptakan kehidupan berkelanjutan di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi.

"Kalau kita lihat bersama temanya (Bersama, Berkarya, Berkelanjutan), kita harap SATU ini bisa ajak anak muda untuk ikut kontribusi dan sebarluaskan manfaat bagi Indonesia melalui 5 bidang ini," kata Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febriyanti.

Dalam acara tersebut, hadir pula Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2023, yakni Rengkuh Banyu Mahandaru. Ia turut membagikan cerita perjalanannya bersama Astra. Rasa pedulinya ditunjukkan dari solusi penyimpanan makanan yang ramah lingkungan berbahan pelepah pohon pinang bernama Plepah.

"Bermula di 2018, kita sudah dimudahkan untuk lakukan delivery makanan dari rumah. Pesan makan, lalu datangnya dalam bentuk sytrofoam, pasti dampaknya kurang baik bagi tubuh. Dari situ mikir buat bungkus makanan dari bahan natural," ujar Rengkuh.

Lihat Juga :
Asabri Buka-bukaan soal Uang Pensiun Prabowo dari Militer

Pendaftaran SATU Indonesia Awards 2024 bisa dilakukan melalui www.astra.co.id mulai 4 Maret hingga 4 Agustus 2024. Astra membolehkan masyarakat mendaftarkan diri sendiri atau orang lain yang penuhi syarat SATU Indonesia Awards.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2024, yaitu:

- Program diinisiasi secara individu atau kelompok

- Ketua kelompok berusia maksimal 35 tahun

- Kegiatan harus orisinal

- Kegiatan telah berlangsung minimal 1 tahun

- Tidak pernah menerima manfaat dari Grup Astra

- Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional

- Selaras dengan aspek sustainability ESG (Environmental, Social, Governance)

- Bukan karyawan Astra dan Mitra SATU Indonesia Awards.

[Gambas:Video CNN]

(wlm/pta)

Tuan Pertarungan

slot rtp
Vaksin dengue sudah ada, ini batas usia penerimanya
Ketua Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dr dr Sukamto Koesnoe, SpPD-KAI, FINASIM (kiri) bersama Ketua Umum Pengurus Besar PABDI Dr dr Sally A. Nasution, SpPD, KKV, FINASIM, FACP dalam dalam peluncuran Rekomendasi Jadwal Imunisasi Dewasa tahun 2023 dari PAPDI di Jakarta, Senin (18/12/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD-KAI, FINASIM mengatakan vaksin dengue bisa diberikan dua dosis mulai usia enam tahun hingga 45 tahun sebagai pencegahan demam berdarah.

"Vaksin dengue ini sudah ada di Indonesia, siap digunakan, merupakan vaksin hidup digunakan pada usia 6 hingga 45 tahun," kata dia dalam peluncuran Rekomendasi Jadwal Imunisasi Dewasa tahun 2023 dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di Jakarta, Senin.

Samsuridjal menuturkan jarak pemberian vaksin pertama dan kedua yakni selama tiga bulan. Setelah itu, pemberian vaksin ulangan dalam jangka waktu empat tahun kemudian belum diperlukan karena antibodi masih tinggi.

Baca juga: Kemkes kaji vaksin DBD untuk jadi program vaksinasi nasional

Dalam kesempatan yang sama Ketua Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dr dr Sukamto Koesnoe, SpPD-KAI, FINASIM mengatakan alasan 45 tahun sebagai usia batasan seseorang diberikan vaksin merujuk pada tinjauan Badan POM.

"Kami sangat tertib dengan rekomendasi atau izin edar dari Badan POM, sehingga kami in-linedengan kebijakan Pemerintah dalam hal ini Badan POM supaya masyarakat tidak bingung," kata dia.

Vaksin dengue dikontraindikasikan pada wanita hamil, menyusui dan kelompok dengan imunodefisiensi seperti HIV yang terbukti dengan adanya gangguan imun, imunodefisiensi bawaan atau yang didapat seperti penggunaan steroid dosis tinggi dan imunoterapi.

Sukamto merujuk studi jangka panjang selama 4,5 tahun setelah vaksinasi mengatakan vaksin dengue dapat mencegah keparahan dan tingkat rawat inap hingga 84 persen serta perlindungan secara keseluruhan terhadap demam berdarah dengan gejala hingga 61 persen.

Dia mewakili PAPDI berharap rekomendasi jadwal imunisasi baru, salah satunya yang memasukkan vaksin dengue dapat membuat semakin banyak masyarakat menyadari pentingnya perlindungan diri dengan vaksinasi.

"Kami mengajak masyarakat untuk berkonsultasi dengan dokter masing-masing untuk mendapatkan perlindungan dengan vaksinasi, terlebih dengan situasi musim hujan saat ini di mana kasus DBD cenderung meningkat, menjadikan pencegahan DBD menjadi semakin penting bagi masyarakat," ujar dia.

Sukamto mengingatkan semua orang berisiko terkena demam berdarah tanpa melihat usia, lokasi tinggal dan gaya hidup. Merujuk Kementerian Kesehatan, sebanyak 143.000 kasus demam berdarah yang tercatat sepanjang tahun 2022.

Sebanyak 39 persen dari jumlah itu merupakan golongan produktif dan dewasa dari rentang umur 15-44 tahun.

"Orang yang usia produktif banyak terkena, tren kasus meningkat dan ada 3M sudah kita lakukan, tetap diupayakan lebih optimal pengawasan dan pembinaanya. Kemudian ada inovasi untuk pencegahan demam berdarah yaitu vaksinasi," demikian pesan Sukamto.

Baca juga: Terapkan 3M dan tingkatkan daya tahan tubuh untuk cegah DBD

Baca juga: Vaksin DBD kini dapat dilakukan di Indonesia, apa syaratnya?

Baca juga: Takeda dan Good Doctor berkolaborasi perluas layanan vaksinasi DBD

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023

Kisah Yang Abadi dengan Pedang

voucher gojek desember 2022
Warga AS bernama Charles Stallard mendapat hadiah lotere Rp1,6 miliar gara-gara iseng membeli kupon seharga Rp78 ribu saat belanja.
Warga AS bernama Charles Stallard mendapat hadiah lotere Rp1,6 miliar gara-gara iseng membeli kupon seharga Rp78 ribu saat belanja. (Foto: iStockphoto/onurdongel)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketiban durian runtuh, itulah yang yang dirasakan Charles Stallard. Tanpa mengeluarkan keringat, ia mendadak dapat uang ratusan ribu dolar AS, bahkanbebas utangdari uang tersebut.

Berawal dari iseng-iseng, Charles mendapat uang US0 ribu atau atau Rp1,6 miliar (kurs Rp15.710 per dolar AS).

Rezeki nomplok itu didapat Charles usai menang lotre. Mulanya, ia iseng membeli satu kupon lotre seharga US saat belanja. Harganya setara Rp78 ribu per kupon.

"Pikirku itu akan jadi US," katanya dikutipCNN Business, Rabu (6/3).

Yang tak ia bayangkan, ternyata kupon Rp78 ribu yang dibelinya berhadiah US.000 atau setara Rp47 juta.

"Saat saya dapat lotre itu, saya menangis dan tidak percaya!" ucap Charles dengan haru.

Rasa gembira menyelimuti hatinya, sampai-sampai ia tak bisa tidak selama akhir pekan.

Charles pun pergi menukar kupon miliknya dengan hadiah uang tiga hari kemudian. Lagi-lagi, Dewi Fortuna berpihak padanya. Kuponnya ternyata tembus hadiah utama sebesar US0 ribu atau Rp2,3 miliar.

Namun, jumlah bersih yang diterima Charles menyusut menjadi US8 ribu atau sekitar Rp1,6 miliar usai dipotong pajak.

Meski kena 'sunat' banyak, Charles tetap bersyukur. Rezeki nomplok itu ia pakai untuk melunasi utang-utangnya, termasuk kredit rumah.

"Ini pertama kalinya saya tidak berhutang," ucapnya.

Kini, ia masuk bagian dari 23 persen orang Amerika yang hidup tanpa memiliki utang. Hingga saat ini, sebanyak 77 persen warga AS masih terlilit hutang dalam berbagai bentuk, dari kartu kredit hingga perumahan. Usai ketiban durian runtuh, nama Charles sudah tak ada di daftar 77 persen tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(wlm/pta)

Sistem tentara bayaran di akhir Dinasti Ming

prediksi sgp toto
Bank Jateng meraih penghargaan Top BUMD 2024 with Productive Financing Distribution to Support Local Government Program di ajang Indonesia Best BUMD Award 2024.
Bank Jateng meraih penghargaan Top BUMD 2024 with Productive Financing Distribution to Support Local Government Program di ajang Indonesia Best BUMD Award 2024. (Foto: Arsip Bank Jateng).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bank Jateng kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Top BUMD 2024 with Productive Financing Distribution to Support Local Government Program pada ajang Indonesia Best BUMD Award 2024.

Bank Jateng menyabet penghargaan untuk kategori BPD dalam ajang Indonesia Best BUMD Award 2024 bertajuk "Credibility Catalyst to Develop Regional Economy" yang digelar di di JS Luwansa Hotel & Convention Jakarta, Selasa (5/3).

Plt. Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Bank Jateng dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan Jawa Tengah.

Selain itu, lanjut Irianto, kontribusi Bank Jateng dalam meningkatkan pendapatan daerah juga dilakukan melalui pengembangan layanan digital kepada pemerintah.

"Antara lain Cash Management System (CMS) Pemda, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) yang berbasis CMS sehingga membantu layanan transaksi non tunai bagi pemerintah desa di Jawa Tengah," kata dia.

Irianto menambahkan, Bank Jateng juga berperan aktif dalam mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor melalui pengembangan sistem pembayaran pajak online via aplikasi Sakpole. Apkikasi ini terintegrasi dengan kanal pembayaran Bank Jateng seperti Bima Mobile dan Internet Banking Bank Jateng.

Di sisi lain, Bank Jateng juga menunjukkan komitmennya dalam pembangunan daerah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang disinergikan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Program TJSL Bank Jateng fokus pada berbagai prioritas penting diantaranya penanganan kemiskinan ekstrem (PKE) untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dan program pencegahan stunting

"Untuk program pencegahan stunting Bank Jateng merupakan satu satunya Bank Pembangunan Daerah yang mendapatkan penghargaan nasional untuk Kategori Mitra Filantropi yang diserahkan oleh wakil presiden tanggal 06 Oktober 2023," ujarnya.

"Lalu ada juga program unggulan lain berupa program pemberian keterampilan agar siswa binaan mempunyai jiwa kewirausahaan dan siap pakai di dunia kerja," tambah Irianto.

Lebih lanjut Irianto mengatakan, sebagai penunjang pembangunan daerah, Bank Jateng terus melakukan transformasi dengan lebih fokus menyalurkan kredit kepada sektor usaha produktif, khususnya UMKM. Pada akhir Desember 2023, penyaluran kredit segmen ritel dan UMKM telah mencapai Rp15,78 triliun dan tumbuh 23,38 persen.

Sementara untuk 2024, Irianto optimis pertumbuhan kredit Bank Jateng akan lebih tinggi lagi, terutama kredit UMKM.

"Tahun ini, Bank Jateng dipercaya Pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp6 triliun," pungkasnya.

(ory/ory)