petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

angka jitu lebah

slot scatter login 529Jutaan kata 567361Orang-orang telah membaca serialisasi

《angka jitu lebah》

Intan, Ramadan dan Lonjakan Omzet Jualan 500 Persen Imbas Ramadan******

Ramadan memberikan berkah bagi banyak orang, salah satunya Intan. Berkat Ramadan, omzet jualannya bisa melesat hingga 500 persen.
Ramadan memberikan berkah bagi banyak orang, salah satunya Intan. Berkat Ramadan, omzet jualannya bisa melesat hingga 500 persen. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ramadan menjadi berkahbagi banyak bagi sejumlah orang.

Salah satunya; Intan. Pemilik restoran catering bernama Sake 77 mengatakan omzet bisnis yang ia mulai pada 1998 itu melesat hingga 500 persen Ramadan ini.

Sake 77 sendiri merupakan restoran yang awalnya khusus menjual kue yang terdiri dari kue kering dan basah. Ia mengatakan toko ini mulai merambah ke dunia catering dan nasi box pada 2.000. 

Lihat Juga :
3 Poin Penting Kesaksian Sri Mulyani soal Banjir Bansos di Sidang MK

Intan mengungkapkan nama Sake sendiri terinspirasi dari sagu keju yang merupakan menu kue kering paling laku saat mulai berjualan dan angka 77 yang merupakan nomor rumahnya.

Untuk kue basah, pengusaha muda ini mengungkap kue paling lakunya adalah pisang ijo yang dibuat dari resep tahun 80-an ala neneknya dengan modifikasi pisang ijo Makassar.

Dengan ini Sake 77 sekarang berfokus di penjualan catering, nasi box, dan pisang ijo.

Intan juga mengungkapkan selain rasa yang enak, faktor lain peningkatan omset pesat ini juga berkat bundling kemasan hampers yang dilakukannya menjelang lebaran.

Namun, selain omset yang meningkat pesat, Intan juga membeberkan duka internal dan eksternal selama berjualan di bulan Ramadan.

"Duka eksternalnya pisang raja makin susah dicari karena infonya semakin banyak yang menjual kue dengan bahan dasar pisang raja terutama toko-toko besar," ungkapnya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani, Airlangga, hingga Muhadjir Ungkap Asal Uang Bansos Jokowi

Sedangkan untuk duka internal Ia mengatakan sulitnya memproses banyak orderan dengan jumlah karyawan yang sedikit.

"Karena pesanan yang membludak kami kelelahan dalam proses pembuatan pisang ijo, karena hanya 2 orang yang mahir menggulung pisang ijo, karyawan kami sedikit hanya 7 orang sedangkan orderan terbesar kami adalah 500 pisang ijo dalam sehari, akhirnya saya minta tolong tante saya bantu buat, karena beliau bisa bantu buatkan," lanjutnya.

Intan kemudian menambahkan tidak adanya musim puncak pelanggan lain bagi toko tersebut selain Ramadhan. Hal ini karena tidak adanya tradisi kirim-kiriman takjil sebesar Ramadhan bahkan saat Idul Adha.

"Peak season selain Ramadhan tidak ada, di bulan lain kami lebih besar orderan untuk catering dan nasi box, kalau Idul Adha normal saja karena kembali lagi pisang ijo itu termasuk takjil berbuka puasa, sedangkan Idul Adha tidak ada tradisi kirim-kiriman takjil," tutupnya.

Selain Sake 77 yang mendapat peningkatan omset sebesar 500 persen, Lidya, pemilik usaha hampers bernama The Dahlia Official mendapat keuntungan hingga 67 persen Ramadan ini.

The Dahlia Official mengkhususkan menjual hampers untuk acara-acara syariah sehingga tidak melayani untuk pesanan perayaan imlek dan natal.

Jenis makanan yang dijual juga merupakan makanan hari raya lebaran seperti cookies, nastar, kastengel, coklat batu arab. Selain itu toko ini juga menjual tasbih dan gelas cantik sesuai paket pesanan pembeli.

Lidya juga mengatakan ada 2 jenis hampers yang dijual di toko ini yaitu Ghali dan Khasun Hampers dengan harga mulai dari 149 ribu.

Ia kemudian membeberkan suka dan duka kondisi pasar di era menjelang lebaran.

[Gambas:Video CNN]

"Sukanya pasti ada, apalagi di tengah era menjelang lebaran banyak sekali customer yang memesan hampers, sehingga kita bisa membantu perekonomian untuk tetap jalan terus walau dalam skala kecil, sukanya juga bisa membantu beberapa rekan-rekan yang membutuhkan pekerjaan untuk dapat kita pekerjakan," ungkapnya.

Sebaliknya terkait duka Ia menyatakan harus menghadapi duka internal dan eksternal.

"Untuk Internal agak sedih kalau lagi dapat customer yang mintanya banyak nawarnya juga banyak," sebutnya.

Sedangkan dari segi eksternal Ia mengungkapkan masih sulitnya mencari bahan dan vendor yang baik dan berkualitas dengan adanya peningkatan harga.

"Agak susah mencari bahan dan vendor yang bagus dan berkualitas, apalagi sudah mau lebaran seperti ini mereka biasanya naikin harga sementara harga yang sudah kita publish kan ga bisa berubah, pasti untung rugi ada," lanjutnya.

Berbeda dengan Sake 77, selain lebaran, The Dahlia Official memiliki musim puncak pelanggan lain yaitu Idul Adha.

Lidya mengatakan Idul Adha merupakan musim puncak lain yang ditunggu-tunggu selain lebaran karena banyaknya orang pulang haji.

Lihat Juga :
Blak-blakan Sri Mulyani soal Banjir Bansos Jelang Pilpres 2024

"Kalau selesai lebaran, sesuai visi misi The Dahlia kita syariah hampers kemungkinan akan prepare untuk Idul Adha karena pasti banyak orang pulang haji yang butuh dibuatkan oleh-oleh jadi untuk hampers oleh-oleh akan kita siapkan juga," bebernya.

Entrepreneur wanita ini juga menyatakan The Dahlia Official juga bekerja sama dengan Bang Onim Care yang merupakan relawan Palestina di Gaza untuk donasi saudara/i di Palestina sebanyak 2,5 persen per transaksi.

Ia kemudian menegaskan dengan membeli produknya di masa menjelang Ramadan ini selain bisa sebagai media silaturahmi juga dapat menyalurkan bantuan zakat bagi rakyat Palestina di Gaza secara bersamaan.

Selain Lidya dan Intan, berkah Ramadan juga menghampiri pedagang parsel di Pasar Kembang, Cikini, Jakarta Pusat. 

Salah seorang pedagang bernama Dian mengaku pesanan parselnya mengalir deras selama Ramadan ini. 

"Selama puasa memang naik sih jumlah orderannya, bisa dibilang naik 30 persen (dibanding sebelum bulan puasa), kemarin ada sepuluh lebih (pesanan)," katanya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Usai Bersaksi di MK: Forum Baik Rawat Nalar Publik

Dian menjelaskan dagangannya. Harga yang ditawarkan bergantung pada banyaknya isi, mulai dari Rp300 ribu untuk ukuran kecil hingga Rp1,5 juta untuk ukuran yang bisa menyamai tinggi manusia.

Nampak, kiosnya menawarkan aneka pencuci mulut yang biasa ditemui di ritel modern.

"Macam-macam kalau harga, ini yang 350 (ribu), itu 750 (ribu). Kalau yang besar itu Rp1,5 juta, tergantung isinya, tapi bisa nego juga," jelas Dian.

Berkah sama juga diraup toko hampers milik Astuti. Menjual hampers dengan kisaran harga Rp700 ribu hingga Rp1,8 juta, ia mengungkap omzet dagangannya bisa naik tiga kali lipat, jika dibanding dengan hari biasa.

"Orderan kita oke terus mas, bisa tiga kali lipat lebih banyak. Terjualnya (jumlah dagangan yang terjual) sih nggak tentu, tapi kalau lagi rame omzet nyampe Rp20 juta lebih juga bisa," bebernya sambil membungkus hampers untuk dipasarkan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani di MK: Anggaran Bansos Tak Ada Perubahan Signifikan
(nma/wlm/agt)

Jangan sampai Terlewat, Hari Terakhir Transmart Full Day Sale******

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari dengan diskon gede. Jangan sampai terlewat hari terakhir Transmart Full Day Sale!
Ilustrasi. Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari dengan diskon gede. Jangan sampai terlewat hari terakhir Transmart Full Day Sale! (CNN Indonesia/Ryan Hidayatullah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4) dengan diskon gede-gedean.

Jangan sampai terlewat ya, hari terakhir Transmart Full Day Sale di kotamu. Pesta diskon ini berlangsung mulai jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Nikmati Diskon 50% + 20% di Transmart Hari Ini sampai Pukul 22.00

Nggak cuma itu, berbagai kategori produk di Transmart juga diskonnya nggak main-main bisa sampai 50 persen.

Biar makin hemat, setiap pelanggan juga masih bisa kesempatan mendapat tambahan diskon sebesar 20 persen selama belanja di periode Full Day Sale.

Diskon tambahan 20 persen ini bisa didapatkan khusus untuk pengguna Allo Bank, Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Aplikasi Allo Bank dapat diunduh dari hp kemudian upgradeakunnya ke Allo Prime.

Bagi pelanggan yang ingin membuka Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Transmart Full Day Sale digelar serentak di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Jadi, langsung aja ke Transmart terdekat di kota kamu sekarang dan borong diskonnya biar makin untung.

Gif banner Allo Bank
(juh)

[Gambas:Video CNN]

Transmart Full Day Sale, Sepeda Listrik Besok Diskon Rp 3 Juta******

Salah satu produk yang mendapat diskon besar di Transmart Full Day Sale adalah sepeda listrik, dengan potongan harga sampai Rp3 juta!
Ilustrasi. Salah satu produk yang mendapat diskon besar di Transmart Full Day Sale adalah sepeda listrik, dengan potongan harga sampai Rp3 juta! (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kembali lagi nih dengan Full Day Sale yang enggak boleh kamu lewatkan. Kali ini Full Day Sale akan digelar selama dua hari dari hari Sabtu (6/4) hingga Minggu (7/4).

Salah satu produk yang mendapat diskon besar di Transmart adalah sepeda listrik, dengan potongan harga sampai Rp3 juta!

Lihat Juga :
Nikmati Diskon 50% + 20% di Transmart Hari Ini sampai Pukul 22.00

Di luar Pulau Jawa, harga diskon tetap berlaku, tetapi dari harga normal Rp6.750.000 menjadi Rp3.968.000 setelah sale.

Gimana, murah kan? Kamu bisa mendapatkan harga dan diskon spesial ini dengan menggunakan kartu kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Belum punya kartu kredit Bank Mega? Jangan khawatir! Kamu bisa mengunjungi kantor cabang Bank Mega terdekat atau di unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart.

Jika belum punya Allo Prime gampang kok caranya. Kamu tinggal downloadaplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore, atau AppStore, dan meng-upgradeakun mu menjadi Allo Prime.

Yuk, jangan sampai kelewatan! Segera kunjungi Transmart Full Day Sale besok dan bawa pulang sepeda listrik impianmu. Penawaran ini dimulai dari saat gerai Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:gacor slot online

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
langkahcurang
pinjaman online yang bisa dicicil
ketentuan pinjaman tunai kredivo
slot gacor hari ini 2023 terbaru
sultanmpo
mpo338
king 168 slot
situs tergacor sedunia
super4d
Daftar isi semua bab
Bab 1 semua slot gacor
Bab 2 garuda88
Bab 3 trik untuk menang slot
Bab 4 cara kredit hp di akulaku tanpa limit
Bab 5 555 slot online
Bab 6 big777 alternatif
Bab 7 pinjaman go ojk
Bab 8 kredivo website
Bab 9 slot pragmatic
Bab 10 judi gacor
Bab 11 logamtoto
Bab 12 pinjol tanpa potongan awal
Bab 13 naga138 rtp
Bab 14 persyaratan pengajuan kredivo
Bab 15 web situs aman
Bab 16 gacor slot 138 login
Bab 17 demo slot badak
Bab 18 ahliqq
Bab 19 slotkakek
Bab 20 situs slot gacor akun baru
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2704bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Gadis biasa yang mencari keabadian

gbowin demo
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menepis isu tarif Transjakarta akan mengalami perubahan sesuai status ekonomi dan domisili penumpang.
PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menepis isu tarif Transjakarta akan mengalami perubahan sesuai status ekonomi dan domisili penumpang. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menepis isu tarif Transjakartaakan mengalami perubahan sesuai status ekonomi dan domisili penumpang.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Wibowo menegaskan tarif bus Transjakarta saat ini masih sama dan belum mengalami perubahan.

"Tarif Transjakarta masih Rp3.500. Belum berubah," kata Wibowo kepada CNNIndonesia.com, Senin (25/9).

Ia menyampaikan perubahan tarif bus Transjakarta menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, kata dia, sistem tiket berbasis akun atau account based ticketing (ABT)tengah dikaji secara mendalam oleh Transjakarta.

"Pengaturan berdasarkan status ekonomi dan KTP itu belum diaplikasikan. Tentu perlu kajian dalam mengimplementasikan dalam program," jelasnya.

Rencana perubahan tarif bus Transjakarta ditentukan berdasarkan status ekonomi dan KTP domisili penumpang ramai diperbincangkan di media sosial.

Akun X @TMIHARIINI menyebut tarif bus Transjakarta untuk warga domisili DKI Jakarta dan non Jakarta akan berbeda.

"Tarif bus Transjakarta akan mengalami perubahan. Transjakarta berencana memberlakukan sistem Account-Based Ticketing (ABT) yang mana tarifnya ditentukan berdasarkan status ekonomi dan KTP domisili penumpang. Tarif untuk warga domisili DKI Jakarta dan non Jakarta akan berbeda," tulisnya, Jumat (22/9).

[Gambas:Video CNN]



(lna/agt)

Bisikan Penyihir

banner slot gacor
Kemendag memastikan platform social commerce harus menyelesaikan seluruh transaksi yang sudah dibuat sebelum aturan larangan berjualan berlaku.
Kemendag memastikan platform social commerce harus menyelesaikan seluruh transaksi yang sudah dibuat sebelum aturan larangan berjualan berlaku. Ilustrasi. (Tangkapan layar web seller-id.tiktok.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Social commerceseperti TikTok Shop resmi dilarang menjadi platformjualan dan melayani transaksi di Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang diundangkan pada 26 September 2023.

Lantas, bagaimana nasib transaksi yang belum selesai?

"Iya, (transaksi) harus diselesaikan sampai selesai," ujar Isy di Kantor Kementerian Perdagangan pada Rabu (27/9).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sendiri memberikan waktu sepekan untuk social commerce menutup toko dan berhenti melakukan transaksi jual-beli baru.

"(Larangan) berlaku mulai kemarin, tapi kita memberitahukan dulu beberapa hari ini, kita surati, ya seminggu ini lah," ujarnya.

Zulkifli juga mengatakan social commerce yang ingin berjualan harus memiliki aplikasi e-commerce terpisah. Pasalnya social commerce hanya boleh untuk promosi.

Lalu, aturan itu juga menetapkan harga minimum sebesar US0 per unit barang asal luar negeri yang langsung dijual oleh pedagang ke Indonesia melalui platform e-commerce lintas negara (cross border). Sedangkan pedagang dalam negeri yang menjual barang impor tidak dikenakan batasan tersebut.

"Hanya untuk luar negeri saja, yang impor. (Pedagang dalam negeri) bebas berapa saja boleh," katanya.

Fenomena TikTok Shop tengah meresahkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offline maupun marketplace lainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Bahkan, barang yang dijual pedagang di TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border. Jika benar, banjir barang impor tersebut berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang semestinya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

jalan dewa permainan

kredivo mahasiswa
Terminal Kalideres berangkatkan 4.000 lebih penumpang pada H-2 Lebaran
Ilustrasi situasi mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (3/4/2024). ANTARA/Risky Syukur
kota tujuan favorit para pemudik hari ini adalah Padang, Jawa Tengah, dan Palembang.
Jakarta (ANTARA) - Terminal Kalideres, Jakarta Barat  telah memberangkatkan sebanyak 4.151 penumpang menggunakan 189 bus pada H-2 Lebaran 1445 Hijriah.

Jumlah penumpang mudik tersebut menurun dibandingkan dengan jumlah penumpang mudik pada H-3 lebaran, Minggu, sebanyak 6.511 penumpang.

"Sampai pukul 20.00 WIB, jumlah penumpang berangkat itu 4.151 penumpang menggunakan 189 bus," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Hingga pukul 24.00 WIB, jumlah penumpang berangkat diprakirakan mencapai 4.500 penumpang.

"Tadi sudah 4.000 ribu ya, (pukul 24.00 WIB) bisa sampai 4.500 lah, enggak sampai 5.000. Kemarin itu puncaknya untuk arus mudik," kata Revi.

Adapun kota tujuan favorit para pemudik hari ini adalah Padang, Jawa Tengah, dan Palembang.

"Favorit itu Padang, Jawa Tengah, Palembang," ucap Revi.

Sementara itu, lanjut dia, untuk kedatangan  jumlah penumpang sebanyak 341 penumpang menggunakan 201 bus.
Baca juga: TransJakarta tambah operasional di Terminal Kalideres selama mudik
Baca juga: Terminal Kalideres siagakan tiga posko untuk amankan mudik
Baca juga: Penumpang Terminal Kalideres diprakirakan capai 3.000 pada H-6 Lebaran
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

Toko dunia lain

situs slot yang sering jp
PT Bukaka Teknik Utama Tbk mencopot Direktur Operasional Sofiah Balfas buntut dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsi Elevated alias Tol MBZ.
PT Bukaka Teknik Utama Tbk mencopot Direktur Operasional Sofiah Balfas buntut dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsi Elevated alias Tol MBZ. (CNNIndonesia/Taufiq Hidayatullah).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Bukaka Teknik Utama Tbk mencopot Direktur Operasional mereka Sofiah Balfas buntut dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsiProyek Tol Jakarta Cikampek II (Japek) Elevated alias Tol MBZ.

Informasi pencopotan diketahui dari pemberitahuan yang mereka sampaikan ke Bursa Efek Indonesia akhir pekan lalu. Namun, berdasarkan pemberitahuan yang dikutip dari keterbukaan informasi, pencopotan hanya bersifat sementara.

"Dewan Komisaris Perseroan pada 20 September telah menetapkan pemberhentian sementara terhadap anggota direksi perseroan Sdr. Sofiah Balfas," kata mereka dalam pemberitahuan itu.

Bukaka menyatakan pencopotan itu tak akan berdampak ke kinerja perusahaan baik secara materiil maupun kelangsungan bisnis. 

Mereka juga menjamin pencopotan tak akan mengganggu jalannya kelangsungan usaha.

 Bukaka menyatakan pelaksanaan tugas perusahaan usai pencopotan Sofiah akan dilaksanakan oleh dewan direksi perusahaan secara kolektif kolegial.

Kejaksaan Agung menetapkan Sofiah Balfas sebagai tersangka korupsi proyek Tol MBZ pada Selasa (19/9) lalu.

Ia menyusul 3 tersangka lainnya, yakni Djoko Dwijono (DD) selaku Dirut PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) periode 2016-2020, YM selaku Ketua Panitia Lelang JJC, TBS selaku tenaga ahli Jembatan PTLGC, dan Ibnu Noval (IBN) sebagai pensiunan BUMN yang pernah menjabat Kepala Divisi 5 PT Waskita Karya (persero) Tbk.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi menyebut penetapan tersangka dilakukan setelah penyidik menemukan bukti dugaan tersangka menggunakan perannya untuk melakukan pemufakatan jahat, yakni mengatur dan mengubah spesifikasi barang terkait proyek Tol MBZ tersebut.

Kasus ini merupakan dugaan tindak pidana korupsi pada pekerjaan Tol MBZ ruas Cikunir-Karawang Barat, termasuk on/off ramp pada Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat. Nilai kontrak proyek ini mencapai Rp13,5 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Bintang Xianwu

semua gacor
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar Sarmuji mengusulkan pengelolaan food estate diambil alih Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar Sarmuji mengusulkan pengelolaan food estate diambil alih Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar Sarmuji mengusulkan pengelolaan lumbung pangan (food estate) diambil alih Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir.

Sarmuji menyebutfood estatesangat strategis untuk ketahanan pangan Indonesia. Ia menegaskan sepakat dengan semangat Presiden Joko Widodo menggarap megaproyek ini.

"Tapi harus jelas ukurannya. Kalau dilaksanakan oleh satu kementerian, menurut saya itu susah untuk pertanggungjawaban bisnis. Memang tujuan bukan bisnis, tapi kalau ini (food estate) bisa diambil BUMN, nanti takarannya bisa lebih kita kalkulasi," jelasnya dalam rapat kerja dengan Menteri BUMN Erick Thohir di DPR RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Jika Erick beserta jajarannya mengambil alih megaproyek tersebut, Sarmuji yakin DPR dan pemerintah akan lebih mudah berdiskusi. Ujungnya, pertanggungjawaban food estatedapat lebih terukur.

"Rencana juga jelas, misal mau memberikan penyertaan modal negara (PMN), itungannya bisa ngomong leverage, kapitalisasi, dan sebagainya. Saya usul food estate ditangani BUMN," tutupnya.

Erick tidak secara khusus merespons usulan tersebut. Namun, ia ikut menyoroti masalah pangan yang dihadapi Indonesia.

Ia menyebut sedang diskusi intens dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, khususnya terkait subsidi pupuk bagi petani.

"Memang ini menjadi catatan kami, saya sudah sampaikan ke Ibu Menkeu (Sri Mulyani) waktu itu bahwa ini memang ada tagihan subsidi hampir Rp29 triliun yang belum dibayarkan pemerintah kepada PT Pupuk Indonesia," ungkap Erick.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Apakah itu sungai atau danau?

link alternatif sgpslot
Peta jalan Indonesia EMas itu diserahkan Ketua Umum Kadin Arsjad kepada Jokowi saat malam apresiasi di IKN Nusantara.
Presiden Joko Widodo meninjau progres penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Agro Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Sabtu, 23 September 2023 (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)
Samarinda, CNN Indonesia--

Pengurus Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menyerahkan Peta Jalan Indonesia Emas dari pihaknya ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 22 September 2023.

Peta jalan ini merupakan advis program pembangunan yang lebih terarah hingga 2045 mendatang. Roadmap tersebut diberikan Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid pada Malam Apresiasi di kawasan IKN Nusantara yang berada di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Peta jalan ini akan kami gunakan sebagai pedoman dalam perencanaan Indonesia Emas," terang Jokowi usai menerimaroadmapberbentuk buku tersebut.

"Kami berharap rencana pembangunan nasional untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045 semakin terarah," kata Arsjad.

Lihat Juga :
Proyek Istana Negara dan Lapangan Upacara di IKN Telan Rp1,34 T

Lebih lanjut dia menerangkan, Peta Jalan Indonesia Emas 2045 disusun berdasarkan empat aspek prioritas

Pertama, meningkatkan ketahanan pangan dan kesehatan.

Kedua, aspek kesejahteran. Salah satunya hilirisasi industri dan digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ketiga, aspek inklusivitas yang menitikberatkan pada kesetaraan gender dan pemberdayaan populasi rentan. Upaya ini penting dilakukan mengingat seluruh masyarakat memiliki hak yang sama untuk mengakses kebutuhan dasar.

"Keempat, aspek keberlanjutan. Aspek ini menargetkan dekarbonisasi dengan memperhatikan dan menjaga keberlangsungan lingkungan,"ujar Arsjad.

Sebagai informasi, dalam Struktur Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 yang diluncurkan pada Juni lalu terdapat 6 bab yang menjadi fokus pembangunan Indonesia.

Enam bab itu adalah Selayang Pandang Pembangunan Indonesia; Megatren dan Modal Dasar; Indonesia Emas 2045: Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan; Indonesia Bertransformasi: Kolaborasi Menuju Indonesia Emas 2045; Mewujudkan Pembangunan Wilayah dan Sarana Prasarana Menuju Negara Nusantara; dan Mengawal Indonesia Emas 2045.

Pada area transformasi ekonomi, pertumbuhan sebesar 5 persen yang saat ini telah digapai, masih perlu ditingkatkan. Dengan skenario transformatif diperlukan rata-rata pertumbuhan sebesar 6 persen Indonesia dapat keluar MIT pada 2041 mendatang. Sedangkan dengan skenario sangat optimis, rata-rata pertumbuhan sebesar 7 persen agar pada 2038 Indonesia dapat keluar MIT.

Lihat Juga :
Jokowi Groundbreaking Proyek Strategis IKN, PLN Hadirkan Listrik Andal

Optimistis menggapai cita-cita tersebut, Indonesia dibekali berbagai kekuatan yang harus diperhitungkan.

Pertama, Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia dengan angkatan kerja sebesar 146,6 juta. Perluasan lapangan kerja tentunya menjadi fokus penting.

Kedua, optimalisasi peluang bonus demografi. Saat ini Indonesia berada pada periode Rasio Ketergantungan Penduduk yang paling rendah (Puncak Bonus Demografi), yang terjadi hanya satu kali dalam sejarah peradaban suatu negara, sehingga hal tersebut harus bisa dioptimalkan.

Ketiga, letak wilayah Indonesia yang strategis sangat menguntungkan dalam perdagangan internasional. Selain itu, pengaruh musim menjadikan Indonesia menjadi negara agraris.

Keempat, melimpahnya sumber daya alam dengan kekayaan cadangan mineral yang sangat besar, di mana Indonesia menjadi peringkat pertama cadangan Nikel (21 juta MT), Bauksit peringkat ke-6 (1 miliar MT), Tembaga peringkat ke-7 (24 juta MT), Timah peringkat ke-1 (0,8 juta MT).

Namun demikian, Indonesia tetap perlu bersiap menghadapi berbagai tantangan yang akan muncul, yang terkait dengan peningkatan produktivitas SDM, peningkatan produktivitas modal, perubahan iklim, hingga tantangan stabilitas global ke depan yang semakin dinamis.

(rio/kid)

[Gambas:Video CNN]