petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

1001 mimpi bergambar

cara dapat uang 2022 991Jutaan kata 465381Orang-orang telah membaca serialisasi

《1001 mimpi bergambar》

Argentina Resmi Batal Gabung BRICS******

Argentina resmi mengumumkan batal gabung dengan organisiasi antarpemerintah BRICS.
Ilustrasi. Argentina umumkan resmi batal gabung organisasi antarpemerintah BRICS. Foto: GIANLUIGI GUERCIA / AFP
Jakarta, CNN Indonesia--

Argentina resmi mengumumkan tidak akan bergabung dengan organisasi antarpemerintah BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan).

Keputusan itu menjawab janji kampanye Presiden Argentina Javier Milei yang telah dilantik pada Desember 2023.

Diberitakan Al Jazeera, keputusan Argentina itu tertulis dalam surat yang ditandatangani pada 22 Desember dan baru dirilis Jumat (29/12).

"[Pendekatan saat ini] berbeda dalam banyak aspek dari pendekatan pemerintahan sebelumnya," tulis surat Javier Milei kepada anggota BRICS.

"Dalam hal ini, keputusan yang telah disepakati oleh pemerintahan sebelumnya akan ditinjau ulang," lanjut pernyataan tersebut.

Namun, dalam suratnya kepada para pemimpin BRICS, Milei mengatakan bahwa Argentina tetap berupaya membangun hubungan bilateral menjadi semakin intensif.

Argentina juga disebut berkomitmen meningkatkan arus perdagangan dan investasi, meski batal bergabung dengan kelompok tersebut.

Keputusan itu menjadi bagian dari sederet reformasi ekonomi radikal yang dilakukan Milei sejak menjabat presiden. Milei yang merupakan seorang liberal sayap kanan sejak awal menyatakan rencananya mengubah pendekatan pemerintah terdahulu yang menjalin hubungan dengan negara berkembang.

Milei lantas menegaskan bahwa kebijakan luar negeri yang akan dilancarkan selama masa kepemimpinannya cenderung sejalan dengan negara-negara Barat.

Lihat Juga :
Pemerintah Tetapkan Pajak Rokok Elektrik Mulai 1 Januari 2024

BRICS merupakan akronim dari lima negara yaitu Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Kelimanya membuat blok ekonomi baru dengan tujuan mempromosikan dialog dan kerja sama antarnegara-negara berkembang.

China dan Rusia belakangan ini juga kian mendorong perluasan kelompok BRICS untuk melawan dominasi ekonomi Barat.

Sebut saja ketika Arab Saudi, Iran, Ethiopia, Mesir dan Uni Emirat Arab turut diundang dalam KTT pada Agustus lalu untuk bergabung dengan BRICS.

(frl/dna)

Mengapa Indonesia Susah Sekali Lepas dari Jerat Impor Bawang Putih?******

Pengamat pertanian menyebut Indonesia susah lepas dari jerat impor bawang putih karena kebijakan pemerintah yang salah.
Pengamat pertanian menyebut Indonesia susah lepas dari jerat impor bawang putih karena kebijakan pemerintah yang salah. ( CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kantor Staf Presiden (KSP) mengklaim kenaikan harga bawang putihrawan memicu inflasi. Tak menutup kemungkinan, alarm inflasi pun dapat berbunyi nyaring.

Deputi III Bidang Perekonomian KSP Edy Priyono menilai harga salah satu bahan bumbu dapur ini sedang tidak baik-baik saja. Ia mengatakan harga bawang putih tembus Rp43.700 per kilogram (kg) pada 22 Maret 2024.

Menurutnya, angka itu jauh di atas rata-rata harga pada tahun lalu yang sebesar Rp38.200 per kg.

Lihat Juga :
Mengintip Klaim Kekayaan Helena Lim yang Terjerat Kasus Korupsi Timah

Sementara lima provinsi dengan harga bawang putih terendah yakni Aceh Rp39.400 per kg, Sumatera Utara Rp39.550 per kg, Sumatera Barat Rp40.650 per kg, Riau Rp39.150 per kg, dan Kepulauan Riau Rp35.850 per kg.

Edy mengatakan tingginya harga bawang putih disebabkan kenaikan harga di China sebagai eksportir bawang putih. Rata-rata harga bawang putih China tembus US,5 per kg atau Rp23 ribu per kg pada Maret tahun ini, naik dari US per kg pada Maret 2023.

"Mau tidak mau akan berpengaruh ke harga bawang putih kita karena sebagian besar bawang putih kita merupakan impor khususnya dari China," katanya.

Maklum, bawang putih di Indonesia, disebut 90 persen berasal dari impor. Alih-alih produksi sendiri.

Mahalnya harga bawang putih pun mencuri perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia sampai menyoroti tingginya harga bawang putih yang tembus Rp60 ribu per kg di Sulawesi Tengah.

Lihat Juga :
Profil Helena Lim, Crazy Rich PIK di Pusara Korupsi Tata Niaga Timah

"Bawang merah Rp35 ribu, bawang putih memang yang agak mahal, bawang putih sampai Rp60 ribu (per kg)," kata Jokowi saat meninjau harga pangan di Pasar Salakan, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah dalam video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/3).

Sementara itu, berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih berada di level Rp43.700 per kg pada Rabu (27/3). Angka ini turun tipis 0,11 persen atau Rp50 dibanding hari sebelumnya.

Lantas, mengapa harga bawang putih mahal dan Indonesia ketergantungan pada impor?

Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB sekaligus Associate Researcher CORE Dwi Andreas Santosa menilai ketergantungan RI terhadap impor bawang putih bukan 90 persen, melainkan 100 persen.

Menurutnya, ketergantungan itu terjadi karena disparitas harga impor dengan produksi petani di Indonesia terlampau jauh. Ia mencontohkan harga bawang putih impor di pelabuhan mencapai Rp18.400 per kg.

Lihat Juga :
Penyewa Kapal Kargo Penabrak Jembatan Baltimore AS Buka Suara

Sementara, biaya produksi bawang putih oleh petani berada di level Rp30 ribu per kg.

"Perbedaan harga yang relatif tinggi antara produksi dalam negeri dengan yang kita impor," ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (27/3).

Oleh karena itu, kata Andreas, jika pemerintah serius ingin swasembada bawang putih, maka harus bisa menyeimbangkan disparitas harga tersebut.

Selain itu, Andreas juga mengatakan Indonesia masih bergantung kepada impor karena konsep kebijakan yang diterapkan pemerintah tak tepat. Ia mengatakan syarat importir menanam sebanyak 5 persen dari total impor itu sudah pasti gagal.

Andreas menilai para importir ini tak punya pengalaman dalam budidaya bawang putih.

"Konsep awalnya importir disuruh wajib tanam. Kok importir disuruh tanam, itu bagaimana logikanya? Dari sisi situ saja sudah tidak benar," kata dia.

Karena hal tersebut, para importir ini bekerja sama dengan petani. Di sisi lain, bawang putih tidak bisa ditanam sembarang.

Lihat Juga :
Berapa Potongan Pajak THR Lebaran?

Komoditas itu hanya bisa tumbuh di lahan yang berada di ketinggian di atas 800 meter di atas permukaan laut. Di sisi lain, para petani juga peminatnya minim karena lebih memilih menanam produk hortikultura lain. Apalagi, biaya produksi bawang putih mahal.

"Bisa bayangkan tanaman di atas ketinggian itu (800 meter di atas permukaan laut), itu persaingannya luar biasa dengan hortikultura yang nilainya sangat tinggi," tutur Andreas.

Di satu sisi, Andreas mengatakan untuk mengendalikan harga bawang putih sebenarnya cukup mudah. Apalagi, bawang putih RI impor.

Ia berpendapat, pemerintah tinggal menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dan izin impor kepada importir secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan.

"Kalau kita penuhi dari luar kan gampang. Kebutuhan harian, kebutuhan bulanan kan ada, tinggal penuhi saja dari impor," kata Andreas.

Memang, risiko dari impor ini adalah harga yang menyesuaikan kondisi internasional. Artinya, jika harga di negara asal eksportir sedang tinggi, maka harga di Tanah Air pun akan ikut melambung.

Kendati demikian, menurut Andreas lonjakan harga di level internasional tidak pernah berlangsung lama.

Lihat Juga :
Menaker Kaji Aturan Perlindungan Kemitraan Ojol hingga Kurir Paket

Dimanfaatkan Oknum Buat Keruk Uang Haram

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

PMI Manufaktur Ekspansif, Pengusaha Desak Kebijakan Proindustri******

DPN Apindo menilai PMI manufaktur yang ekspansif selama 30 bulan berturut-turut bisa menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan proindustri.
DPN Apindo menilai PMI manufaktur yang ekspansif selama 30 bulan berturut-turut bisa menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan proindustri. Ilustrasi. (iStockphoto/ilbusca).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai purchasing manager's index (PMI) manufaktur yang ekspansif selama 30 bulan berturut-turut bisa menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan proindustri.

Ketua Bidang Ketenagakerjaan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Bob Azam mengungkapkan capaian Purchasing Managers' Index (PMI) sektor manufaktur Indonesia berada di level ekspansif selama 30 bulan berturut-turut.

Berdasarkan data dari S&P Global, indikator PMI manufaktur terus berada dalam fase ekspansif pada Februari 2024, yaitu berada di angka 52,7.

Dengan demikian, kebijakan yang diimplementasikan mampu memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

"Industri itu kan tidak bekerja sendiri, pasti dipengaruhi oleh kebijakan lainnya seperti perdagangan dan keuangan. Dan yang paling penting adalah indikator ketenagakerjaan," ujar Bob dalam keterangan resmi, dikutip Senin (25/3).

"Jadi, PMI yang positif selama 30 bulan berturut-turut berada di level ekspansif harus juga diikuti penyerapan tenaga kerja, ujungnya itu penyerapan tenaga kerja," sambungnya.

Ia juga menekankan bahwa kebijakan di sektor lain seperti pajak, kemudahan perdagangan, arus barang, dan lainnya, merupakan salah satu faktor yang sangat memengaruhi pertumbuhan sektor riil di Indonesia.

Lihat Juga :
AHY Minta Anggaran Kementerian ATR Tambah Rp675 M ke Sri Mulyani

Oleh sebab itu, imbuhnya, pemerintah harus serius mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap sektor industri nasional.

"Misalkan kita ingin produksi, tapi beberapa bahan baku impor sulit didapat, itu juga akan menghambat untuk tercipta sektor riilnya," kata Bob.

Ia menekankan bahwa optimisme sektor industri nasional yang tercermin dari angka PMI yang ekspansif perlu untuk dikonversi dalam aksi nyata. Hal ini, menurut Bob, membutuhkan dukungan lintas sektor sehingga kebijakan dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran.

"Kemenperin itu harus dibantu oleh kementerian lain seperti Kemendag (Kementerian Perdagangan) dan Kemenkeu (Kementerian Keuangan). Termasuk juga menyangkut arus barang," ujarnya.

"Dan juga kita sekarang dihadapkan dengan biaya logistik yang tinggi akibat konflik di berbagai negara. PMI ini menjadi satu modal positif, di tengah tantangan baik di dalam maupun luar negeri," tutur Bob.

Ia kemudian mengungkapkan Indonesia merupakan negara yang sektor ekonominya sangat tergantung pada sektor konsumsi. Hal ini tercermin dari dominasi sektor konsumsi sebesar 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini, kata dia, menjadi salah satu keunggulan Indonesia dibandingkan negara lainnya.

Selain itu, Indonesia juga memiliki keunggulan lainnya yaitu tenaga kerja yang berlimpah. Maka itu, menurut Bob, penting untuk dilihat bahwa terdapat pergeseran struktur employment yang penting untuk disikapi sehingga dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan sektor industri manufaktur nasional.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)




bab terbaru:pantun buat kakek zeus

Perbarui waktu:2024-07-04

Daftar bab terbaru
slot gacor jam 2 malam
slot gacor langsung maxwin
slot yang gacor jam berapa
kerja dapat uang banyak
piala88 slot
ugbet88
kredit hp dengan ktp
slot gacor free
jokerslot88
Daftar isi semua bab
Bab 1 buku mimpi 49
Bab 2 indosaku ojk
Bab 3 tajir777
Bab 4 rajawali988
Bab 5 mega303
Bab 6 web slot terbaru
Bab 7 abowin
Bab 8 slot freebet 5000
Bab 9 nagadewa
Bab 10 pinjol bunga rendah tenor panjang cepat cair
Bab 11 demo slot pdc
Bab 12 situs slot tergacor maxwin
Bab 13 mpo4d
Bab 14 cuan138
Bab 15 link gacor hari ini slot
Bab 16 erek2 39
Bab 17 situs luar gampang jp
Bab 18 wd slot 88
Bab 19 situs paling gampang maxwin
Bab 20 2d seribu mimpi
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9381bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Setengah kebahagiaan seumur hidup

slot 168 club
IHSG ditutup menguat ke level 7.323 pada Selasa (2/1) sore.
IHSG ditutup menguat ke level 7.323 pada Selasa (2/1) sore. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.323 pada Selasa (2/1) sore. Indeks saham menguat 50,7 poin atau minus 0,70 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp6,8 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 13,9 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 320 saham menguat, 240 terkoreksi, dan 212 lainnya stagnan. Terpantau, tujuh dari 11 indeks sektoral menguat, dipimpin oleh sektor transportasi, yakni naik 3,34 persen.

Sedangkan, bursa saham AS kompak berada di zona merah. Indeks S&P 500 melemah 0,28 persen, indeks NYSE Composite minus 0,22 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 0,56 persen.

[Gambas:Video CNN]



(pta/pta)

Lari ke dunia lain untuk membuka pabrik

spbobet 99
IHSG ditutup menguat ke level 7.323 pada Selasa (2/1) sore.
IHSG ditutup menguat ke level 7.323 pada Selasa (2/1) sore. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.323 pada Selasa (2/1) sore. Indeks saham menguat 50,7 poin atau minus 0,70 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp6,8 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 13,9 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 320 saham menguat, 240 terkoreksi, dan 212 lainnya stagnan. Terpantau, tujuh dari 11 indeks sektoral menguat, dipimpin oleh sektor transportasi, yakni naik 3,34 persen.

Sedangkan, bursa saham AS kompak berada di zona merah. Indeks S&P 500 melemah 0,28 persen, indeks NYSE Composite minus 0,22 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 0,56 persen.

[Gambas:Video CNN]



(pta/pta)

Perang Mata-Mata Tentara Beacon Fire

slot gacor terbaru
IHSG diprediksi lesu awal pekan. Namun, rilis data kinerja emiten yang masih baik akan menahan pelemahan.
IHSG diprediksi lesu awal pekan. Namun, rilis data kinerja emiten yang masih baik akan menahan pelemahan. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (25/3).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menilai gerak IHSG berada dalam fase konsolidasi wajar dengan potensi tekanan terbatas. Menurutnya, peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi pendek, menengah, maupun panjang.

"Mengingat dalam jangka pendek IHSG juga masih ditopang oleh rilis kinerja emiten sepanjang 2023 serta masih tercatatnya capital inflowsecara year to date," katanya.

Lihat Juga :
Unilever Akan Pecat 7.500 Karyawan Demi Bisnis Es Krim

Sementara itu, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto mengatakan IHSG berpotensi berkonsolidasi dengan kecenderungan menguat. Ia meramal IHSG hari ini menguat dalam rentang 7.270-7.400.

"Tren menguat masih berlanjut, tekanan jual saham-saham big capsnampak mereda sehingga ada peluang reakumulasi pekan ini," katanya.

IHSG ditutup di level 7.350 pada Jumat (22/3). Indeks saham menguat 11,79 poin atau plus 0,16 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,79 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,08 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 243 saham menguat, 267 terkoreksi, dan 253 lainnya stagnan. Terpantau lima dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor kesehatan yang naik 1,53 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Hanya dihormati

slotmetro
IHSG diproyeksi menguat pada Jumat (29/12). Kalau terkoreksi pun wajar dan bisa dimanfaatkan untuk mengakumulasi pembelian.
IHSG diproyeksi menguat pada Jumat (29/12). Kalau terkoreksi pun wajar dan bisa dimanfaatkan untuk mengakumulasi pembelian. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Jumat (29/12).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan perdagangan terakhir di 2023 diyakini masih akan cukup stabil. Jika pun ada koreksi wajar dan masih bisa dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian.

"Kenaikan yang terjadi dalam pergerakan IHSG saat ini masih ditopang oleh stabilnya kondisi perekonomian Indonesia yang terlihat dari data perekonomian, serta stabilnya nilai tukar rupiah," kata William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan UNVR, BMRI, ITMG, GGRM, BBRI, BSDE, PWON, dan ASII.

Sedangkan Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto mewanti-wanti potensi pelemahan IHSG, meski tidak akan mengubah arah tren. Ia memprediksi gerak indeks di rentang 7.220-7.250.

"Menurut kami ini dikarenakan terjadinya profit taking dan merupakan hal yang wajar terjadi pada akhir tahun," ungkapnya.

IHSG menguat ke posisi 7.303 pada perdagangan Kamis (28/12). Indeks saham naik 57,97 poin atau plus 0,80 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,04 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,04 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Kronik Yuan Neng di Masa Depan

masterdomino99
Kekayaan Prajogo Pangestu anjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun dalam sehari pada Selasa (9/1) imbas penurunan harga saham perusahaanya.
Kekayaan Prajogo Pangestu anjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun dalam sehari pada Selasa (9/1) imbas penurunan harga saham perusahaanya. (barito-pacific.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kekayaan Prajogo Pangestuanjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun (asumsi kurs Rp15.573 per dolar AS) dalam sehari pada Selasa (9/1).

Dilansir dari Forbes, penurunan harta itu terjadi karena saham Barito Renewables Energy dan Chandra Asri Pacific masing-masing anjlok 20 persen menjadi Rp5.400 dan Rp4.220.

Dengan penurunan itu, kini kekayaan bersih Prajogo tersisa US,1 miliar atau Rp655,75 triliun.

"Baik BREN dan TPIA berada dalam areaoverboughtdan saham-saham jatuh ketika investor melihat peluang untuk mengambil keuntungan," kata Ezaridho.

Ia mengatakan harga saham kedua perusahaan saat ini dinilai terlalu tinggi, meskipun prospeknya menjanjikan berdasarkan rencana ekspansi mereka.

"Mereka dinilai terlalu tinggi jika kita melihat matriks saat ini, namun tidak (dinilai terlalu tinggi) jika kita melihat dengan matriks yang diperkirakan, dengan mempertimbangkan kontribusi dan skalanya ketika proyek masa depan mereka selesai," tutue Ezaridho.

Ia pun memperkirakan saham tersebut akan rebound pada akhir kuartal I 2024 masing-masing menjadi Rp5.300 dan Rp6.800.

Meski pun jatuh, harga saham perusahaan-perusahaan milih Prajogo sempat melesat drastis pada 4 Desember 2023 lalu.

Selain BREN dan TPIA, perusahaan Prajogo lainnya adalah PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

BRPT, yang IPO pada 9 Oktober lalu, melesat 33,99 persen secara year to date (ytd) atau sejak awal 2023 hingga sesi kedua perdagangan hari ini (4/12).

Lalu perusahaan pertrokimia miliknya, TPIA, juga terbang 15,94 persen (ytd). BREN yang merupakan emiten geotermal juga melonjak 607,69 persen (ydt).

Ada juga emiten batu bara CUAN yang naik hingga 3.321,53 persen (ytd).

[Gambas:Video CNN]



(agt)

Percetakan Tiandao

idcjoker
Lima pemain Bali United jalani terapi jelang hadapi Persija
Tangkapan layar - Sejumlah pemain Bali United menjalani latihan fisik di Pemusatan Latihan Bali United di Pantai Purnama, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (27/3/2023) ANTARA/Instagram/@baliunitedfc
Denpasar (ANTARA) - Bali United mengungkapkan ada lima pemain yang menjalani terapi pemulihan menjelang laga ke-30 Liga 1 Indonesia menghadapi tim tamu Persija Jakarta di Stadion Dipta, Gianyar, Sabtu (30/3).

“Sejauh ini ada pemain yang sedang menjalani pemulihan cedera, antara lain Gede Agus Mahendra, Nyoman Adi, Made Andhika Wijaya, Jajang Mulyana, dan Gede Sunu,” kata dokter tim Bali United dr. Ganda Putra di Denpasar, Kamis.

Ia menjelaskan Agus Mahendra dan Nyoman Adi membutuhkan waktu paling lama untuk pemulihan yakni sekitar enam bulan karena keduanya menjalani operasi pada lutut atau ACL.

Agus Mahendra berposisi sebagai bek kiri sebagai pelapis dari Ricky Fajrin maupun Ardi Idrus.

Sedangkan Nyoman Adi sejak dipromosikan ke tim senior belum sempat menampilkan kualitasnya di lapangan. Nyoman Adi berposisi sebagai wingerdan juga bisa berposisi sebagai bek sayap.

Sementara itu, salah satu bek sayap Made Andhika Wijaya terpaksa menepi dalam membantu sektor pertahanan Bali United karena cedera.

Ia menyebutkan Andhika mengalami cedera otot betis saat sesi latihan pada Kamis (21/3) dan diperkirakan masih membutuhkan waktu satu pekan lagi untuk kebutuhan fisioterapi.

“Setelah itu, baru bisa mulai menjalani latihan fisik untuk mengembalikan kondisi fisik awal sebelum bergabung kembali dengan tim,” katanya.

Ia memperkirakan Made Andhika Wijaya absen menghadapi Persija Jakarta.

Baca juga: Persebaya rebut tiga poin tundukkan Arema di Bali

Untuk sektor bek kanan, tim pelatih berpotensi memanggil Novri Setiawan yang kondisi fisiknya sudah kembali bugar setelah sempat absen karena pemulihan dari cedera beberapa waktu lalu.

Di sisi lain bek tengah Bali United Jajang Mulyana juga sudah mulai mengikuti latihan fisik secara terpisah setelah sempat cedera lutut saat berlaga melawan Barito Putera pada Senin (4/3) di Stadion Bantul.

“Diperkirakan dalam beberapa hari ke depan akan bergabung dengan tim untuk latihan secara reguler,” imbuhnya.

Baca juga: Afredo Vera janji akan cepat beradaptasi di RANS Nusantara
Baca juga: Bali United minta pemain tak terbebani persaingan ketat

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024