petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

trik slot domino island

asli gacor slot 356Jutaan kata 8984Orang-orang telah membaca serialisasi

《trik slot domino island》

Daftar Tol Era Jokowi di Tengah Kritik Cak Imin******

Cawapres Muhaimin Iskandar mengkritik pembangunan tol yang gencar dilakukan Jokowi karena tidak dinikmati oleh tukang becak.
Cawapres Muhaimin Iskandar mengkritik pembangunan tol yang gencar dilakukan Jokowi karena tidak dinikmati oleh tukang becak. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/).
Daftar Isi
  • 1. Tol Trans Sumatera
  • 2. Tol Trans Jawa
  • 3. Tol Trans Kalimantan
  • 4. Tol Trans Sulawesi
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar mengkritik pembangunan jalan tol di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Menurutnya, pembangunan jalan tol hanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang memiliki mobil saja. Sedangkan, tak bisa dinikmati oleh tukang becak.

"Kemarin saya ketemu tukang becak, tukang becak bilang, 'saya bayar pajaknya, dibikin bangun tol, lah kok saya enggak bisa menikmati tol'," kata Imin saat menghadiri Silaturahmi Pimpinan Majelis Taklim se-Kabupaten Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/12).

Jokowi pun berkali-kali membanggakan tol yang telah dibangunnya itu karena membantu mempercepat konektivitas dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Menurutnya, jalan tol adalah proyek infrastruktur strategis yang perannya sangat penting sebagai tulang punggung pembangunan ekonomi Indonesia.

Pembangunan jalan tol di pemerintah Jokowi pun tak hanya di pulai Jawa tapi juga di luar Jawa dan terus berlanjut.

Berikut beberapa daftar jalan tol yang telah dibangun  dan selesai di era Jokowi;

1. Tol Trans Sumatera

Data Hutama Karya dari total rencana panjang jalan tol 2.775 km, yang sudah selesai terbangun sampai dengan peringatan sewindu PSN kemarin mencapai 928 km.

Jalan tol itu antara lain;

a. Medan-Binjai sepanjang 16,8 km dengan nilai investasi Rp2,4 triliun.

b. Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km dengan nilai investasi Rp12,18 triliun.

c. Palembang-Indralaya sepanjang 22 km dengan nilai investasi Rp3,3 triliun.

d. Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189 km dengan nilai investasi Rp15 triliun.

e. Bakauheni- Terbanggi Besar sepanjang 140 km dengan nilai investasi Rp15,9 triliun.

Lihat Juga :
Rosalia Indah Buka Suara soal Viral iPad Penumpang Hilang di Bus

2. Tol Trans Jawa

Tol Trans Jawa yang berhasil digarap di era Jokowi antara lain;

a. Tol Pejagan-Pemalang dengan panjang 57,5 km dan investasi Rp6,8 triliun.

b. Tol Pemalang-Batang dengan panjang 39 km dan investasi Rp4,08 triliun.

c. Tol Batang-Semarang dengan panjang 75 km dan nilai investasi Rp11 triliun.

d. Tol Semarang-Solo dengan panjang 75,7 km dan investasi Rp7,3 triliun.

e. Tol Solo-Ngawi dengan panjang 90 km dan nilai investasi Rp5,14 triliun.

f. Tol Ngawi-Kertosono dengan panjang 87 km dan nilai investasi Rp3,8 triliun

g. Tol Kertosono-Mojokerto dengan panjang 40,5 km dengan investasi Rp3,8 triliun.

h. Tol Surabaya-Mojokerto dengan panjang 36,27 km dan investasi Rp3,7 km.

Lihat Juga :
Penumpang Bus Rosalia Indah Mengaku Kemalingan, iPad Ditukar Buku

3. Tol Trans Kalimantan

Pada masa Jokowi Jalan Tol Trans Kalimantan yang sudah terbangun adalah Samarinda-Balikpapan yang panjangnya mencapai 99,35 km dan nilai investasi Rp9,9 triliun.

4. Tol Trans Sulawesi

Pada eranya, Jokowi juga menyelesaikan Tol Manado-Bitung sepanjang 39 km dengan nilai investasi Rp4,95 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Mengintip Daftar Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini******

Sejumlah saham diprediksi berkilau pada pekan ini, salah satunya sektor perbankan.
Sejumlah saham diprediksi berkilau pada pekan ini, salah satunya sektor perbankan. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 14,97 poin atau 0,21 persen ke level 7.190 pada perdagangan Jumat (15/12) lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp20,53 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,95 miliar.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat tiga kali, sementara dua hari sisanya melemah. Tak heran, performa indeks pun menguat 0,44 persen.

Tercatat rata-rata nilai transaksi harian saham selama sepekan menguat sebesar 6,21 persen dari Rp14,12 triliun menjadi Rp14,99 triliun. Peningkatan diikuti pula oleh kenaikan pada kapitalisasi pasar bursa, yaitu sebesar 0,54 persen dari Rp11,47 triliun menjadi Rp11,54 triliun.

Sedangkan, rata-rata volume transaksi harian saham melemah 9,6 persen dari 33,14 miliar menjadi 29,96 miliar lembar saham.

"Rata-rata frekuensi transaksi harian saham selama sepekan turut berubah 9,21 persen menjadi 1.266.561 kali transaksi dari 1.394.975 kali transaksi pada pekan lalu," kata Aulia melalui keterangan resmi, Jumat (15/12).

Adapun investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp249,95 miliar. Sementara, sepanjang 2023 investor asing telah mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp10,51 triliun.

Lihat Juga :
Jusuf Hamka Ungkap Pemerintah Cuma Mau Bayar Utang Kepadanya Rp78 M

Lantas, seperti apa proyeksi pergerakan IHSG untuk sepekan ke depan?

Pengamat Pasar Modal Riska Afriani memproyeksi IHSG menguat terbatas sepanjang pekan ini. Menurutnya indeks saham bakal bergerak di rentang support7.117 dan resistance7.298.

Menurutnya, pergerakan indeks saham bakal ditopang oleh langkah bank sentral AS (The Fed) yang disinyalir bakal kembali mempertahankan suku bunganya di level 5,25 persen hingga 5,5 persen.

Tak hanya itu, kata Riska, The Fed juga mengisyaratkan untuk memangkas suku bunga sebanyak tiga kali tahun depan. Ia menilai jika suku bunga AS turun, capital inflowdi pasar modal Indonesia diperkirakan bakal semakin besar.

"Hal tersebut menjadi salah satu sentimen positif untuk market, terlihat dari net foreign buyasing selama sepekan terakhir tercatat sebesar Rp341 miliar," ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (17/12).

Selain itu, Riska menyebut naiknya IHSG dalam satu bulan terakhir, yakni sebesar 3.06 persen, juga mengindikasikan bahwa window dressingjuga sedang berlangsung pada Desember ini.

Istilah window dressingmerujuk pada tindakan manajer investasi yang membeli atau menjual saham untuk meningkatkan performa portofolio.

Di sisi lain, ia menuturkan investor akan mencermati hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) dalam menentukan suku bunga acuan.

BI sendiri masih mempertahankan suku bunga di angka 6 persen pada RDG yang berlangsung 22 November-23 November 2023 lalu.

[Gambas:Video CNN]

Senada, suku bunga deposit facilitytetap bertahan di level 5,25 persen dan suku bunga lending facilitysebesar 6,75 persen.

Riska pun menyinggung menjelang Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), volume perdagangan diperkirakan tidak se-atractivesebelumnya.

Dengan berbagai sentimen di atas, Riska pun menyarankan investor untuk membeli saham dalam window dressingsembari tetap memperhatikan fundamental saham tersebut.

"Investor dapat mengambil momentum beli saham dalam window dressing dengan tetap memperhatikan fundamental," ucapnya.

Adapun sejumlah saham yang ia rekomendasikan untuk dikoleksi, seperti PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BBNI yang pada pekan lalu ditutup melemah 1,4 persen ke posisi 5.275.

Lihat Juga :
Profil Tsamara Amany yang Diangkat Erick Thohir Jadi Staf Khusus

Kemudian, Riska juga merekomendasikan saham emiten perbankan lainnya, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang ditutup menguat 1,93 persen ke posisi 9.225 pada pekan lalu.

Ia juga rekomendasikan saham PT Telekomunikasi Indonesia Tb atau TLKM. Emiten sektor telekomunikasi itu ditutup menguat 1,02 persen ke posisi 3.980 pada pekan lalu.

Selanjutnya, ada PT Pertamina Geothermal Energy Tbk atau PGEO yang ditutup menguat 4,82 persen ke posisi 1.305 pada pekan lalu.

Terakhir, Riska merekomendasikan emiten sektor energi migas, yakni PT Elnusa Tbk atau ELSA yang ditutup stagnan di posisi 378 pekan lalu.

Sementera itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memproyeksi IHSG menguat pada pekan ini. Ia memprediksi indeks saham bergerak di rentang support7.150 dan resistance7.215.

Herditya berpendapat para investor akan mencermati berbagai rilis data ekonomi dari China dan AS.

Lihat Juga :
Erick Thohir Angkat Tsamara Amany Jadi Staf Khusus

"Akan ada beberapa rilis data, seperti suku bunga China, kemudian RDG BI, dan GDP (gross domestic product) AS," ucapnya.

Sepakat dengan Riska, Herditya juga memperkirakan nilai transaksi di bursa saham lebih kecil menjelang Nataru.

Herditya pun menyarankan investor dapat mencermati beberapa emiten yang ia rekomendasikan, yakni PT Petrosea Tbk (PTRO) yang menguat 9,07 persen ke posisi 6.025 pekan lalu. Ia memproyeksi PTRO dapat menyentuh level 6.600 pekan ini.

Lihat Juga :
Alasan Erick Thohir Angkat Tsamara Amany Jadi Staf Khusus

Selanjutnya, Herditya juga merekomendasikan saham PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk atau MPMX yang menguat 1,49 persen ke posisi 1.025 pekan lalu. Ia memperkirakan saham emiten otomotif itu dapat menyentuh level 1.060 pekan ini.

Seperti Riska, Herditya juga merekomendasikan saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk atau PGEO. Herditya memprediksi PGEO dapat menyentuh level 1.400 pekan ini.

(agt/agt)

Kemenhub Berangkatkan 3.600 Peserta Mudik Gratis Nataru ke 11 Kota******

Kementerian Perhubungan memberangkat ribuan orang mudik gratis Nataru 2023/2024 ke 11 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Foto: Arsip Kemenhub.
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali memberangkatkan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Ada 11 kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menjadi tujuan mudik gratis dari Kemenhub ini, yakni Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang, dan Madiun.

Pelepasan mudik gratis ini dilakukan di dua terminal, yakni Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur dan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (23/12) lalu. Keberangkatan di Terminal Pulogebang dilepas Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Robby Kurniawan bersama Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto.

Kepala BKT Robby Kurniawan menyampaikan mudik gratis Nataru ini diadakan atas perhatian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo terhadap masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

"Kami doakan semoga bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang akan melakukan perjalanan tetap sehat dalam perjalanan selamat sampai tempat tujuan berjumpa dengan keluarga dan kemudian nanti pada saatnya lagi bisa kembali ke sini dalam keadaan sehat walafiat juga," harapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala BPTJ Suharto menambahkan mudik gratis Nataru ini untuk memberikan pelayanan sekaligus demi menjaga ketertiban dalam berlalu lintas.

"Kami juga sudah berkali-kali mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan pribadi khususnya menggunakan sepeda motor, karena tingkat fatalitas paling tinggi adalah penggunaan sepeda motor, makanya kami akan hadir untuk memberikan kenyamanan keamanan bermasyarakat," ungkap Suharto.

KemenhubFoto: Arsip Kemenhub.

Adapun untuk pelepasan pemberangkatan bus di Terminal Kampung Rambutan dilakukan Inspektur 1, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Amin Hudaya didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh dan Direktur Sarana Transportasi Jalan, Danto Restyawan beserta jajaran.

"Kegiatan dengan tema 'Transportasi Aman Liburan Nyaman' ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya bagi sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan," ujar Amin saat membacakan sambutan Menteri Perhubungan.

Selain keberangkatan mudik gratis melalui bus, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada Jumat (22/12), dari Terminal tipe A Pondok Cabe, Tangerang.

Kasubdit Angkutan Perkotaan, Iman Sukandar dalam menuturkan ada 3.600 peserta yang mengikuti kegiatan mudik gratis Nataru 2023/2024. Jumlah itu dibagi menjadi dua pemberangkatan, yakni 1.024 peserta dari Terminal Kampung Rambutan dan 2.473 peserta dari Terminal Terpadu Pulogebang.

"Sebanyak 1.024 peserta mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan. Sedangkan, sebanyak 2.473 peserta mudik gratis dengan 63 bus saat ini juga akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang Jakarta Timur," jelas Iman.

Dia berharap para peserta mudik diberi kelancaran dan keselamatan selama perjalanan hingga tiba di tempat tujuan masing-masing.

"Kami titip salam kepada keluarga peserta mudik di kampung halaman dan kami ucapkan selamat berlibur dan berkumpul hangat dengan sanak saudara dan keluarga, transportasi aman liburan nyaman," tutup Iman.

(ory/ory)




bab terbaru:rtp jarwo hari ini

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
rejekipoker
ddbola
sgp slot link alternatif
salamtogel
91 togel
mercy88
ladangqq
situs slot member baru maxwin
betviva
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs bonus 100 to kecil
Bab 2 situs slot adalah
Bab 3 gacor 305 slot
Bab 4 cara kredit laptop
Bab 5 situs slot hoki 4d
Bab 6 pinjaman online yang bunga rendah
Bab 7 slot vip88
Bab 8 pinjam aja
Bab 9 situs gacor slot malam ini
Bab 10 pinjol yang bayarnya bulanan
Bab 11 erek erek 35
Bab 12 slot dijamin maxwin
Bab 13 jam gacor slot fafa
Bab 14 slot indonesia terpercaya
Bab 15 slot macan
Bab 16 jarum77
Bab 17 situs yang lagi gacor malam ini
Bab 18 20 slot demo gratis
Bab 19 mpotower
Bab 20 perbandingan kredivo dan home credit
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9601bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

latihan kecil

maxwin889
Memasuki tahun politik pada tahun 2024, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengadakan Forum Investasi dengan investor Singapura.
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia . (Foto: Arsip BKPM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa iklim investasi di Indonesia tetap berkembang, bahkan di tengah tahun politik.

Bahlil mengatakan, Indonesia tidak memberikan fasilitas khusus terhadap beberapa negara saja. Indonesia, kata dia, terbuka bagi semua penanam modal dari berbagai negara.

Hal ini disampaikan Bahlil di hadapan 200 peserta dalam Forum Investasi bertajuk "Tren Investasi Indonesia 2024 dan Peluang Ekonomi Hijau" di Singapura beberapa waktu lalu. Dalam forum ini Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo juga hadir sebagai pembicara kunci.

Akan tetapi, kata Suryo, Indonesia memiliki urgensi dalam memperhatikan industri yang berfokus pada pelestarian lingkungan, dan memastikan kesejahteraan untuk generasi di masa depan.

"Pemerintah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, mempromosikan sumber energi terbarukan dan melestarikan sumber daya alam yang telah diakui tingkat internasional," ujar Suryo.

"Kami telah memulai langkah ambisius untuk menjadi salah satu pemimpin global dalam ekonomi ramah lingkungan," kata Suryo.

Dalam diskusi ini juga menghadirkan pembicara Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Amalia Adininggar Widyasanti.

Selanjutnya, Staf Ahli Menko Bidang Perekonomian Reza Yamora Siregar, Staf Ahli Menko Bidang Maritim dan Investasi Edo Mahendra, serta Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro.

Sebagai informasi, Singapura merupakan asal Penanaman Modal Asing (PMA) terbesar selama tiga tahun terakhir, dengan investasi signifikan sebesar US,1 miliar dari Januari hingga September 2023.

Adapun investasi yang mendominasi berasal dari sektor industri logam dasar (US,3 miliar), transportasi pergudangan, dan telekomunikasi (US,9 miliar), serta real estate, kawasan industri, perumahan (US,8 miliar).

Sementara top lokasi tujuan investasi Singapura berada di DKI Jakarta (US,4 miliar), Sulawesi Tengah (US,5 miliar), dan Jawa Barat (US miliar).

(inh/inh)

Reinkarnasi di semua alam

akun slot resmi terpercaya
BPS mencatat neraca perdagangan RI surplus sebesar US,41 miliar pada November 2023.
BPS mencatat neraca perdagangan RI surplus sebesar US,41 miliar pada November 2023. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatneraca perdagangan RI surplus sebesar US,41 miliar pada November 2023.

Meski masih surplus, angkanya turun sebesar US,06 miliar dibanding bulan lalu.

"Dengan demikian neraca perdagangan Indonesia telah mencatat surplus selama 43 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Jumat (15/12).

Berikut perkembangan ekspor dan impor Indonesia sepanjang November 2023:

Ekspor

Nilai ekspor Indonesia pada November ini tercatat US miliar atau turun 0,67 persen dibandingkan Oktober 2023. Sementara, secara tahunan nilai ekspor turun 8,56 persen.

Menurut Pudji, penurunan ekspor pada November didorong oleh penurunan ekspor non-migas terutama pada golongan barang bahan bakar mineral atau HS27, lemak dan minyak hewani atau nabati dengan HS15 dan, pulp dari kayu dengan HS47.

Secara total, ekspor non-migas naik 7,42 persen dengan nilai US,78 miliar.

"November 2023 nilai ekspor non-migas mengalami penurunan secara tahunan pada semua sektornya. Penurunan terdalam terjadi pada sektor pertambangan dan lainnya yang turun 27,47 persen," kata Pudji.

Lihat Juga :
Misteri Pemerintah Pakai Acuan Lama Hapus Miskin Ekstrem di 2024

Secara kumulatif pada periode Januari sampai dengan November 2023 total ekspor mencapai US6,41 miliar atau turun 11,83 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Rinciannya, ekspor non-migas mencapai US1,96 miliar atau turun 12,47 persen. Sedangkan, ekspor migas mencapai US,44 miliar atau turun 0,67 persen.

Impor

Nilai impor Indonesia pada November 2023 tercatat sebesar US,59 miliar atau naik 4,89 persen dibandingkan Oktober 2023. Sementara, dibandingkan November 2022 nilai impor naik 3,29 persen.

Tercatat pada November 2022 nilai impor mencapai US,96 miliar.

Lebih rinci, Pudji menuturkan impor migas November 2023 mencapai US,49 miliar. Angka ini naik 8,79 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Impor migas terjadi peningkatan nilai impor minyak mentah hasil minyak dan gas yang masing-masing sebesar 9,39 persen kemudian 10,77 persen dan 11,55 persen," kata Pudji.

Adapun untuk impor non-migas mencapai US,10 miliar atau naik sebesar 4,08 persen.

Peningkatan impor non-migas secara bulanan ini disebabkan oleh peran komoditas. Pertama, besi dan baja atau HS72 yang naik 16,34 persen. Kedua, ampas dan sisa industri makanan atau HS23 naik 31,98 persen. Ketiga, pupuk atau HS31 naik 76,58 persen.

Perkembangan impor secara kumulatif pada periode Januari sampai dengan November 2023 mencapai US2,78 miliar atau turun 6,8 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Rinciannya, untuk impor non migas mencapai US0,32 miliar atau turun sebesar 5,57 persen. Sedangkan impor migas mencapai US,46 miliar atau turun sebesar 12,78 persen.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Buka log tugas Anda

voucher telkomsel 2 5gb
Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabow Subianto dan Timnas AMIN mengungkapkan ide mereka terhadap kebijakan larangan ekspor Nikel cs.
TKN menyebut calon presiden Prabowo Subianto belum tentu melanjutkan larangan ekspor nikel Cs yang dilakukan Jokowi karena itu perlu dicek strateginya. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tim Kampanye Nasional (TKN) menyebut calon presiden Prabowo Subianto akan mengevaluasi larangan ekspor nikelCs yang merupakan kebijakan di bawah Presiden Jokowi saat ini.

Pernyataan ini diungkap Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Drajad H. Wibowo. 

"Export bans(larangan ekspor bahan mentah) apakah menjadi andalan? Off course, no!" tegas Drajad dalam Diskusi Publik Timses Capres Cawapres di Auditorium CSIS, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Sementara itu, Co-Captain 2 Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Thomas Lembong mengkritisi larangan ekspor nikel yang diterapkan Jokowi. Ia mengatakan kebijakan tersebut tidak pro-pasar.

Pria yang akrab disapa Tom itu menegaskan negara lain tak suka disandera. Pada akhirnya, mereka akan mencari substitusi bahan mentah yang bisa menggantikan peran nikel Indonesia.

"Karena mahalnya nikel, tidak stabilnya pasokan karena ekspor nikel kita kerannya dibuka tutup, akhirnya industri mencari solusi lain. Yang sekarang menjadi semakin luas, baterai mobil listrik lithium ferro phosphate (LFP) yang menggunakan besi dan fosfat, tidak mengandung sama sekali nickel manganese cobalt (NMC)," tuturnya.

Senior Fellow CSIS Haryo Aswicahyono sepakat dengan apa yang disampaikan Thomas Lembong. Ia mengatakan ada berbagai jenis baterai listrik di dunia, tidak hanya mengandalkan nikel yang dikuasai Indonesia.

Haryo menilai jika harga nikel dibuat mahal, pasti akan muncul inovasi baru yang menggantikan bahan mentah kebanggaan Indonesia tersebut.

"Kita juga perlu memperhatikan bahwa di dunia ini semakin fragmented karena ada perang dagang Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan AS. Kalau kita mau masuk ke electric vehicle (EV)itu value chain dunia, tidak mungkin hanya mengandalkan pasar dalam negeri. Harus menembus AS dan Uni Eropa (UE)," jelasnya.

"Jadi walaupun kita punya market powerdi nikel, kita tetap butuh yang lainnya dengan cukup besar, lithium terutama dan itu rebutan di dunia. Jangan hanya strateginya mengandalkan nikel, nikel, nikel, tapi input lainnya bagaimana? Dan itu lithium-nya sudah dikuasai China misalnya, sudah kontrak berapa tahun," tandas Haryo.

[Gambas:Video CNN]

Ekspor bijih nikel sejatinya sudah dilarang Presiden Jokowi sejak Januari 2020 lalu. Larangan ini sampai membuat Indonesia digugat Uni Eropa di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Namun, Jokowi menyatakan tak akan berhenti dengan kebijakan itu. Pasalnya, kebijakan itu telah memberikan manfaat ekonomi besar ke Indonesia.

Jokowi memaparkan sebelum hilirisasi, nilai ekspor hanya US,1 miliar atau Rp30 triliun per tahun. Setelah kebijakan hilirisasi dimulai pada 2020, nilai tambah melonjak ke US,8 miliar atau setara Rp510 triliun.

(skt/agt)

Sistem dewa pedang terkuat

slot judi
Sekarang Bunda bisa masak sukiyaki di rumah dengan membeli daging shabu-nya di Transmart. Soalnya ada diskon 20 persen setiap hari!
Sekarang Bunda bisa masak sukiyaki di rumah dengan membeli daging shabu-nya di Transmart. Soalnya ada diskon 20 persen setiap hari! (lvneon/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sekarang Bunda bisa masak sukiyaki di rumah dengan membeli daging shabu-nya di Transmart. Soalnya dijamin hemat, lho.

Transmart bagi-bagi diskon 20 persen setiap hari untuk aneka kebutuhan harian, termasuk daging shabu segar berkualitas.

Lihat Juga :
Dapatkan Produk Berkualitas dengan Diskon 20% Tiap Hari di Transmart

Dijamin belanja aneka produk segar di Transmart memuaskan karena produknya berkualitas dan harganya ramah di kantong.

Khusus buat pelanggan setia Transmart yang menggunakan Allo Prime, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah bisa langsung dapat ekstra diskon 20 persen. Belanja jadi makin hemat!

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk, belanja daging shabu buat masak sukiyaki di rumah dan kebutuhan harian lainnya ke Transmart sekarang juga dan nikmati berbagai promo dan diskon menariknya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Perjalanan Shen Yuan menyatukan dunia

pinjaman online izin ojk
PT Angkasa Pura I buka suara usai video Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang mengalami pemadaman listrik viral di media sosial.
PT Angkasa Pura I buka suara usai video Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang mengalami pemadaman listrik viral di media sosial. (CNN Indonesia/ Ilham)
Makassar, CNN Indonesia--

PT Angkasa Pura I buka suara usai videoBandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang mengalami pemadaman listrik viral di media sosial.

Dalam video berdurasi sekitar 30 detik itu, terlihat para calon penumpang yang akan berangkat umrah menunggu di area bandara dalam kondisi gelap gulita.

"Memang sempat terjadi mati lampu, karena sempat mengalami trip area. Namun hanya di basemen," kata General Manager PT. Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi, Jumat (15/12).

Pilihan Redaksi
  • General Motors PHK 1.300 Karyawan di Awal Tahun Baru
  • Jokowi Tegaskan Pentingnya Perbaikan Iklim Investasi

"Area basemen yang memang digunakan untuk flowpenumpang penerbangan umrah. Namun, tidak mengganggu kelistrikan seluruh bandara," ungkapnya.

Meski demikian, kata Taochid, kejadian pemadaman listrik di Bandara Hasanuddin Makassar itu tidak berlangsung lama.

"Tidak berlangsung lama hanya sekitar 10 menit saja dan hanya diarea basemen saja," imbuhnya.

(mir/rds)

[Gambas:Video CNN]

Jalan peri berkabut

tafsir mimpi 80
Mau belanja buat menyambut pergantian tahun? Nah, supaya banyak pilihan dan hemat, belanjanya di Transmart besok hari ini dan besok ya.
Mau belanja buat menyambut pergantian tahun? Nah, supaya banyak pilihan dan hemat, belanjanya di Transmart besok hari ini dan besok ya (CNN Indonesia/ Muhammad Arief)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja buat menyambut pergantian tahun? Nah, supaya banyak pilihan dan tetap hemat, belanjanya di Transmart aja ya.

Soalnya Transmart Full Day Sale datang lagi pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12) di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Merapat ke Transmart Sekarang Juga, Kapan Lagi Belanja Semurah Ini

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Apa saja produk terpilih yang didiskon? Ada banyak, mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik seperti TV, kulkas, AC, sampai sepeda listrik.

Pesta diskon seharian ini berlaku dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat. Jadi jangan sampai kelewatan, ya!

Jangan lupa ke Transmart dan bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]