petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

angka jitu macau jam 10 malam ini

bo slot asia 808Jutaan kata 450601Orang-orang telah membaca serialisasi

《angka jitu macau jam 10 malam ini》

Indef proyeksikan inflasi masih berlanjut jelang Ramadhan******

Indef proyeksikan inflasi masih berlanjut jelang Ramadhan
Warga membawa beras yang didapatkan saat penyaluran bantuan pangan beras di Gudang Bulog Meger, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (31/1/2024). . ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/rwa.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto memproyeksikan, kenaikan tingkat inflasi masih akan berlanjut menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Dia memprediksi tingkat inflasi bulan Maret ini dapat mencapai 0,6 persen yang utamanya dipengaruhi oleh tingginya permintaan disusul dengan naiknya harga kebutuhan pokok.

“Maret nanti saya rasa akan lebih tinggi tingkat inflasinya, karena kenaikan tidak hanya terjadi pada beras. Nanti juga akan menyusul transportasi, harga BBM non-subsidi, harga (jalan) tol dan kebutuhan pokok lainnya. Ya telur, daging, gula semua akan naik ya, karena permintaan tinggi di Ramadhan dan Lebaran,” kata Eko saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Hari ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan tingkat inflasi bulanan sebesar 0,37 persen pada Februari 2024 (month-to-month/mtm). Sedangkan, secara tahunan Indonesia mengalami kenaikan inflasi 2,75 persen (year-on-year/yoy), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 2,57 persen yoy.

Baca juga: BPS: Beras masih alami inflasi pada Februari

Eko menilai tingkat inflasi bulan ini masih terbilang aman lantaran berada di rentang target inflasi 2024.

Namun, peningkatan tersebut menjadi sinyal khusus bagi pemerintah untuk segera menstabilkan harga kebutuhan pokok, khususnya beras yang memiliki andil pada inflasi bulanan sebesar 0,21 persen.

Tren inflasi komoditas beras pada Februari tercatat 5,32 persen. Peningkatan itu menjadikan beras sebagai penyumbang inflasi bulanan terbesar bulan ini.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan bahwa ada tiga faktor utama yang mendorong naiknya harga beras di pasaran. Yang pertama, faktor produksi beras nasional yang kian berkurang. Kemarau panjang imbas dari El Nino dinilai masih menjadi penyebab utama berkurangnya produksi beras. Selain itu, estimasi panen raya baru terjadi pada bulan Maret-April 2024.

Berdasarkan data BPS, produksi beras nasional pada 2023 mencapai 31,10 juta ton, turun sebanyak 440 ribu ton atau 1,39 persen dibandingkan dengan 2022 di mana tercatat sebesar 31,54 juta ton.

Baca juga: BPS: Waspadai inflasi pada Ramadhan

Faktor kedua yang mempengaruhi inflasi beras yakni adanya keterlambatan distribusi yang disebabkan salah satunya karena program bantuan sosial (bansos) yang marak disalurkan beberapa bulan terakhir.

“Khususnya kemarin-kemarin ya. Kemudian karena Bulog harus melayani bansos dan harus melayani pasar tradisional. Saya rasa kapasitas yang terbatas dari mereka untuk bisa (memenuhi) secara birokrasi ya, bukan cadangannya,” jelasnya.

Faktor ketiga yang turut mempengaruhi adalah periode Pemilu 2024 yang meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat. Seperti diketahui, penyelenggaraan pesta demokrasi itu turut memberikan stimulus terhadap daya beli masyarakat.

“Tidak ada penyebab tunggal dalam konteks inflasi beras hari ini ya, jadi faktor fundamental produksi yang memang turun karena El Nino, ada faktor distribusi karena bansos (jika) ditarik ke depan,” terang Eko.

Adapun Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah mengatakan bahwa memang hampir seluruh provinsi mengalami inflasi beras, tepatnya sebanyak 37 provinsi yang mencatatkan kenaikan harga beras. Sementara satu provinsi lainnya mengalami penurunan inflasi beras.

Secara umum, komponen harga bergejolak(volatile food) mengalami inflasi sebesar 1,53 persen, memberikan andil lebih tinggi (0,25 persen) dibanding komponen lainnya yaitu inflasi inti (0,09 persen) dan inflasi harga diatur pemerintah (0,03 persen).

Komoditas pangan lainnya yang menjadi faktor pendorong inflasi Februari adalah cabai merah dengan andil 0,09 persen, telur ayam ras 0,04 persen, serta daging ayam ras 0,02 persen.

Khusus untuk komoditas cabai merah, inflasi tercatat di setiap level perdagangan, di mana inflasi pada produsen pedesaan sebesar 4,56 persen, grosir 16,01 persen, dan eceran 17,78 persen.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024

GSMA Konfirmasikan M360 APAC 2024 Akan Kembali Diadakan Di Seoul******

GSMA Konfirmasikan M360 APAC 2024 Akan Kembali Diadakan Di Seoul
Je Myung Ryu, Deputy Minister/ Office of Network Policy, Ministry of Science and ICT, Kim Young Shub, CEO, KT, Mats Granryd, Director General, GSMA merayakan kembalinya GSMA M360 APAC dalam upacara penandatanganan di MWC Barcelona 2024
Barcelona, Spanyol, (ANTARA/PRNewswire) - Hari ini GSMA mengonfirmasikan bahwa M360 APAC 2024, yang diselenggarakan melalui kemitraan dengan KT, akan kembali diadakan di Seoul, Korea Selatan, pada tanggal 1-2 Oktober 2024.
Pengumuman ini disampaikan saat acara penandatanganan di MWC Barcelona 2024 dengan GSMA dan sponsor tuan rumah, KT, serta dihadiri oleh perwakilan Kementerian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Korea Selatan.
M360 APAC 2024 akan mempertemukan para pemimpin dari ekosistem seluler global, industri terkait dan pembuat kebijakan, untuk sebuah agenda yang berfokus pada dampak teknologi seluler terhadap perekonomian Asia Pasifik.
Diskusi akan mencakup peran inisiatif seperti GSMA Open Gateway dalam mendorong kerja sama seluruh industri, pentingnya kerangka kebijakan yang memastikan bahwa semua pelaku utama berkontribusi terhadap pemeliharaan infrastruktur seluler, dan kemajuan dalam menutup kesenjangan penggunaan serta memberikan manfaat internet seluler bagi semua orang.
M360 APAC pertama kali diadakan di ibu kota Korea Selatan pada bulan September 2023 yang mengumpulkan para pemimpin daerah untuk membahas berbagai topik seperti percepatan 5G dan inklusi digital.
Kata Mats Granryd, Direktur Jenderal GSMA, "Peluncuran 5G lebih cepat dibandingkan teknologi seluler generasi sebelumnya, hingga mencapai 1,6 miliar koneksi pada akhir tahun 2023. Kami tidak sabar kembali ke kondisi semula di tahun 2019. Kami senang sekali kembali menjadi tuan rumah M360 APAC di Seoul. Acara ini wajib dihadiri oleh siapa pun yang ingin melihat inovasi terjadi di pasar-pasar seluler terbesar di dunia."
Kata Kim Young Shub, CEO KT, "Sebagai 'mitra transformasi digital', KT ingin mentransformasi paradigma pasar digital yang biasanya didominasi oleh perusahaan teknologi besar dengan berbagai agenda untuk meningkatkan kemampuan dan dominasi pasar operator telekomunikasi. Seperti tahun lalu, kami akan berusaha memimpin M360 APAC di Seoul dengan sukses dan menjadi pemimpin ekosistem digital, termasuk AI."
Seri M360: Fokus regional, dampak global 
Dipersembahkan oleh GSMA, M360 adalah rangkaian acara global yang menyatukan ekosistem seluler regional. Acara ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan memberikan inovasi yang berfungsi sebagai landasan bagi lingkungan bisnis yang positif dan perubahan masyarakat.
Untuk informasi lebih lanjut, termasuk berita dan informasi terkini secara langsung dari MWC Barcelona, harap kunjungi Press Zone. 
Tentang GSMA
GSMA adalah asosiasi global yang menyatukan ekosistem seluler untuk menemukan, mengembangkan, dan memberikan inovasi yang mendasari lingkungan bisnis yang positif dan perubahan sosial. Visi kami adalah mewujudkan seluruh kekuatan konektivitas agar manusia, industri, dan masyarakat dapat berkembang. Mewakili operator dan perusahaan seluler di seluruh ekosistem seluler dan industri terkait, GSMA menyediakan tiga tonggak yang luas kepada anggotanya: Konektivitas Demi Kebaikan, Layanan dan Solusi Industri, dan Penjangkauan. Kegiatan ini mencakup memajukan kebijakan, mengatasi berbagai tantangan sosial yang terbesar saat ini, mendukung teknologi dan interoperabilitas yang membuat perangkat seluler dapat berfungsi, dan menyediakan sarana terbesar di dunia untuk menyelenggarakan ekosistem seluler di rangkaian acara MWC dan M360. Ketahui lebih jauh di gsma.com
Foto - https://mma.prnasia.com/media2/2347990/GSMA.jpg?p=medium600Logo - https://mma.prnasia.com/media2/1882833/GSMA_Logo.jpg?p=medium600

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024

Konsultan Properti Sebut 2024 Jadi Waktu Tepat untuk Beli Apartemen******

Konsultan properti Colliers Indonesia menyebut tahun ini merupakan waktu tepat untuk membeli apartemen karena ada gratis PPN pembelian properti.
Konsultan properti Colliers Indonesia menyebut tahun ini merupakan waktu tepat untuk membeli apartemen karena ada gratis PPN pembelian properti. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konsultan properti Colliers Indonesia menyebut tahun ini merupakan waktu tepat untuk membeliapartemen. Terlebih, pemerintah menggratisan pajak pertambahan nilai (PPN) atas pembelianproperti.

Colliers juga memprediksi 2024 akan menjadi tahun kebangkitan sektor apartemen.

"Kami melihat sektor apartemen, bagi konsumen, ini saat yang tepat untuk mulai membeli. Tapi tentunya dengan catatan bahwa membeli dengan kehati-hatian dan melihat potensi bahwa properti ini bisa bertumbuh," tutur Senior Associate Director Colliers Ferry Salanto dalam Media Briefing Kuartal IV 2023 secara virtual, Rabu (10/1).

Pertama,potensi penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI) pada tahun ini. Kedua,penerapan insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) hingga akhir 2024.

Ketiga,Ferry mengatakan harga apartemen saat ini cenderung lebih murah dibandingkan price to income (PIR) ratio. Keempat,relaksasi PPN juga berlaku untuk warga negara asing (WNA) yang punya nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Berdasarkan hitungan Colliers, ada 14 persen apartemen kelas atas yang memenuhi kriteria gratis PPN. Batas untuk kelas atas, harganya tidak lebih dari Rp5 miliar, sesuai aturan insentif PPN.

Sedangkan kelas menengah ke atas ada 41 persen dan 45 persen sisanya segmen apartemen untuk menengah ke bawah.

"Jadi, total memenuhi syarat ada sekitar 10.581 stok unit yang bisa mendapatkan insentif PPN. Dari unit ini yang mendominasi adalah kelas menengah bawah dengan range harga Rp500 juta-Rp600 juta per unit," tutur Ferry.

Ferry memperkirakan permintaan apartemen pada 2024 bakal meningkat hingga 2 persen didorong dengan insentif PPN DTP tersebut.

Sejauh ini, harga apartemen dengan strata title atau status kepemilikan masih stabil di angka Rp35,6 juta per meter persegi. Colliers meramal harganya akan naik 1 persen sampai 2 persen dalam 3 tahun mendatang.

Insentif PPN DTP diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120 Tahun 2023 tentang PPN atas Penyerahan Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023. Beleid ini ditetapkan November tahun lalu.

Pada pasal 7 dijelaskan bahwa pemerintah akan menanggung 100 persen PPN untuk periode 1 November 2023 hingga 30 Juni 2024. Sedangkan Juli 2024 hingga Desember 2024 PPN yang digratiskan hanya 50 persen dari besaran PPN.

"PPN ditanggung pemerintah sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 dimanfaatkan untuk setiap satu orang pribadi atas perolehan satu rumah tapak atau satu satuan rumah susun," tulis pasal 5 ayat 1 beleid tersebut.

"Orang pribadi yang telah memanfaatkan fasilitas PPN ditanggung pemerintah atas penyerahan rumah sebelum berlakunya peraturan menteri ini, dapat memanfaatkan fasilitas PPN ditanggung pemerintah sesuai peraturan menteri ini," sambung pasal 5 ayat 2.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)




bab terbaru:pinjam saldo dana 50 ribu

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs game slot gacor
ratu3388
layangan 2d togel
rtp sky77
slot online gacor malam ini
cara membayar tagihan kredivo
otwslot777
game slot gacor
situs slot terbaik di asia
Daftar isi semua bab
Bab 1 naga138
Bab 2 panen77
Bab 3 koin138
Bab 4 pahlawan 4d slot online
Bab 5 kode referral pada kredivo
Bab 6 rtp wajik777
Bab 7 situs slot 4d terpercaya
Bab 8 mimpi belut togel
Bab 9 situs gacor slot terpercaya
Bab 10 trik main slot rezeki nomplok
Bab 11 situs bonus new member 100 tanpa to
Bab 12 88 plus slot
Bab 13 akun wso slot pragmatic
Bab 14 permainan slot tergacor
Bab 15 venuspoker
Bab 16 bintang29
Bab 17 rekomendasi slot gacor malam ini
Bab 18 moba4d demo slot
Bab 19 link gacor new member
Bab 20 kupon promo mcd
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6614bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Kaisar Abadi

sistem cicilan akulaku
IHSG loyo 0,10 persen ke 7.219 pada Kamis (11/1) imbas tertekan penurunan kinerja 267 saham.
IHSG loyo 0,10 persen ke 7.219 pada Kamis (11/1) imbas tertekan penurunan kinerja 267 saham. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeksharga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.219 pada Kamis (11/1). Indeks saham melemah 7,33 poin atau minus 0,10 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,15 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 249 saham menguat, 267 terkoreksi, dan 252 lainnya stagnan. Terpantau tujuh dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor transportasi yang naik 0,74 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia mayoritas hijau. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang tumbuh 1,77 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong naik 1,09 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan merosot 0,07 persen.

Bahkan, bursa saham Eropa kompak menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,49 persen, indeks CAC 40 di Prancis tumbuh 0,61 persen, dan indeks DAX di Jerman naik 0,85 persen.

Bursa Amerika pun serempak ditutup dengan kokoh. Indeks S&P 500 menguat 0,57 persen, indeks NYSE naik 0,27 persen, dan indeks NASDAQ Composite melesat 0,75 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Kelahiran Kembali Dunia Idiom

pinjaman kilat ojk
RANS pecat Almeida dan tunjuk Francis Wewengkang sebagai pengganti 
Arsip - Pelatih Rans Nusantara FC Eduardo Almeida (kedua dari kanan) menjawab pertanyaan pewarta pada konferensi pers setelah pertandingan Liga 1 antara Persija Jakarta melawan Rans FC di Stadion PAtriot Candrabagha, Bekasi, Minggu (22/10/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)
Jakarta (ANTARA) - RANS Nusantara FC memecat pelatih Eduardo Almeida dan menunjuk Francis Wewengkang sebagai pengganti sementara, pada Kamis.

Almeida dipecat melalui kesepakatan bersama setelah dinilai tidak mampu mendongkrak performa tim itu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Eduardo Almeida atas kontribusinya selama melatih RANS Nusantara FC. Keputusan berpisah ini telah disetujui oleh kedua belah pihak. Kami juga mendoakan kesuksesan karier Coach Almeida pada masa mendatang,” kata manajer RANS FC Hamka Hamzah, melalui pernyataan di laman resmi klub.

“Saat ini, kami masih berjuang untuk mencari posisi aman dari zona degradasi. Kami memberikan kepercayaan penuh kepada Coach Francis dan meminta seluruh tim bekerja sama dengan Coach Francis memberikan seluruhnya untuk sisa pertandingan di musim ini. Semoga perubahan ini menjadi angin segar dan berbuah hasil yang maksimal untuk RANS FC,” tambah Hamka.

Almeida telah menangani RANS sejak awal musim 2023/2024. Setelah pada awal musim sempat memberi kejutan, belakangan penampilan RANS memburuk, dan puncaknya adalah saat mereka kalah 0-5 dari Dewa United pada Selasa (27/2) silam.

Klub berjuluk The Prestige Phoenix itu saat ini menghuni posisi kesepuluh di klasemen sementara dengan 33 poin. Mereka selanjutnya akan berhadapan dengan Persib Bandung pada Minggu (3/3) depan.

Sebelum Almeida, pelatih Bhayangkara FC Mario Gomez sudah lebih dahulu mengalami pemecatan. Pelatih asal Argentina itu dipecat Bhayangkara pada Kamis (29/2) lalu.

Baca juga: Dewa United pesta lima gol ke gawang RANS

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Grup Peri WeChat

erek erek 2d 82
Harga kedelai terancam naik lantaran impor kedelai terhambat karena pendangkalan Terusan Suez, Mesir.
Harga kedelai terancam naik lantaran impor kedelai terhambat karena pendangkalan Terusan Suez, Mesir. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga kedelai terancam naik lantaran impor kedelai terhambat karena pendangkalanTerusan Suez, Mesir.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi terlambatnya impor kedelai menyebabkan kelangkaan di dalam negeri.

"Ada masalah transportasi. Saya dapat kabar bahwa Terusan Suez mendangkal dan adanya konflik di Timur Tengah malah membuat ketersediaan kapal dan kontainer terganggu," ujar Bulog saat Konferensi Pers Keberhasilan Bantuan Pangan Beras Menahan Laju Inflasi di Gedung Bulug Pusat di Jakarta, Kamis (11/1), seperti dikutip Antara.

Melihat hal itu, ia menilai permasalahan transportasi menjadi kendala terbesar dalam menjaga stok kedelai di dalam negeri. Terlebih, impor kedelai sepenuhnya dilakukan oleh swasta.

Namun, sejumlah daerah yakni Jawa Timur dan Banten telah mulai kedatangan kedelai yang diharapkan mampu menormalkan stok jelang Ramadan. Tahun ini, Bulog juga berencana melakukan impor kedelai.

"Tahun ini kita akan coba untuk melakukannya. Namun demikian kalau saya melakukan saat ini paling cepat kedelai baru datang 1-1,5 bulan lagi karena memang belum ada," terangnya.

Permasalahan tersebut telah disampaikan kepada Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gapoktindo). Bulog pun berencana mencoba sistem impor baru agar kejadian serupa tidak kembali terjadi.

Minimnya stok kedelai turut disampaikan Sekretaris Jenderal Asosiasi Kedelai Indonesia (Akindo) Hidayatullah Suralaga dalam siaran persnya (28/12) lalu.

Berdasarkan catatannya distribusi kedelai sempat terganggu pada awal Desember, namun pelaku usaha telah berusaha mempercepat kedatangan kedelai.

Hidayatullah mengungkapkan pada November dan Desember, Indonesia kedatangan kedelai sebanyak 60 ribu ton dengan menggunakan kapal curah dan 75 ribu ton dengan menggunakan kontainer yang langsung didistribusikan ke seluruh Indonesia.

"Lalu, kedatangan pasokan kedelai ke Indonesia dengan menggunakan kapal curah adalah 72 kmt pada tanggal 30 Desember 2023, dilanjutkan 110 kmt selama bulan Januari 2024," terang Hidayatullah.



(sfr/sfr)

Bumi ini agak jahat

satuslot
Tak cuma Indonesia, sejumlah negara juga memutuskan untuk pindah ibu kota negara. Berikut perbandingan biaya pindah ibu kota di enam negara.
Tak cuma Indonesia, sejumlah negara juga memutuskan untuk pindah ibu kota negara. Berikut perbandingan biaya pindah ibu kota di enam negara. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tak cuma Indonesia, sejumlah negara juga memutuskan untuk pindah ibu kota negara. Bahkan, beberapa di antaranya sudah menetap di kota baru sejak lama.

Biaya pembangunan ibu kota baru di setiap negara bervariasi. Ada yang terbilang murah, tapi ada juga yang jor-joran.

Tak semua negara transparan menjelaskan berapa uang yang dihabiskan untuk pemindahan ibu kota. Beberapa di antaranya juga hanya berbentuk estimasi.

Kawasan Pusat Inti Pemerintahan Pusat (KIPP) menjadi prioritas utama. Rencananya, Presiden Joko Widodo dan jajaran juga akan mengadakan upacara bendera di IKN dalam peringatan HUT Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Lantas, negara mana yang paling banyak menghabiskan uangnya untuk pemindahan ibu kota? Berikut biaya pindah ibu kota di enam negara:

1. Indonesia

Pemindahan ibu kota Indonesia diatur dalam UU Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Beleid ini diteken Presiden Jokowi pada Oktober 2023 lalu.

Berdasarkan perkiraan resmi yang disampaikan pemerintah, biaya pembangunan IKN berkisar Rp466 triliun sampai Rp486 triliun hingga 2045 mendatang. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menanggung 19 persen biayanya alias Rp88,54 triliun-Rp92,34 triliun.

Lihat Juga :
ANALISISBisakah Anggaran Pertahanan 2 Persen dari PDB Seperti Usul Ganjar?

Sedangkan sisanya memanfaatkan dana dari investasi swasta, BUMN, hingga skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Khusus di 2024 ini, negara menggelontorkan Rp40,6 triliun untuk melanjutkan pembangunan IKN. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut uang sebanyak itu akan dipakai untuk membangun Bandara VVIP IKN hingga perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Akan tetapi, ia menegaskan bahwa porsi APBN di tahun-tahun mendatang akan semakin menyusut. Ini dilakukan seiring dengan masifnya skema pembiayaan yang menggaet swasta atau KPBU.

"Kami sudah dukung untuk Otorita IKN prospeknya bisa KPBU, sehingga penggunaan APBN bisa lebih kecil dalam jangka pendek dan sesuai kemampuan APBN ke depannya," ucapnya dalam Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024 di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan, Agustus 2023 lalu.

Lihat Juga :
Bahlil Bersuara soal Isu Djarum-Wings Hengkang dari Konsorsium IKN

2. Malaysia

Tetangga Indonesia ini sudah lebih dulu pindah ibu kota sejak 1999, dari Kuala Lumpur ke Putrajaya. Ibu kota baru Malaysia itu dulunya merupakan lahan perkebunan karet dan kelapa sawit bernama Prang Besar.

Putrajaya pada akhirnya menjadi pusat pemerintahan anyar Malaysia. Pasalnya, kemacetan Kuala Lumpur disebut sudah sampai menghambat proses administrasi negara.

Mengutip The Malaysian Reserve, pembangunan pertama di Putrajaya dilakukan pada 1995. Kala itu, pemindahan ibu kota ini disebut menjadi proyek terbesar di Malaysia.

Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk pemindahan tersebut mencapai US,1 miliar. Jika diasumsikan dengan kurs saat ini senilai Rp15.531 per dolar AS, maka pembangunan Putrajaya menghabiskan Rp125 triliun.

Lihat Juga :
RI Jajaki Kerja Sama Bangun LRT Bali dan Kereta IKN dengan China-Korea

3. Brasil

Rio de Janeiro sempat didapuk sebagai ibu kota Brasil sejak negara tersebut berubah menjadi republik pada 1889. Namun, beberapa puluh tahun kemudian, pemerintah memindahkan ibu kota negara.

Seorang pemimpin gerakan kemerdekaan di Brasil, Joaquim José da Silva Xavier, sempat mengusulkan pemindahan ibu kota pada 1789. Ia berucap ibu kota Brasil harus dipindah ke daerah pedalaman.

Usulan ini kemudian ditegaskan ilmuwan dan politikus José Bonifácio de Andrada e Silva pada 1822. Itu adalah tahun di mana Brasil memeroleh kemerdekaan usai dijajah Portugal.

Barulah pada 1956 ditunjuk lokasi ibu kota baru Negeri Samba, yakni Brasilia. Wilayah itu mulai dibangun di bawah pimpinan mantan presiden Brasil Juscelino Kubitschek de Oliveira dan Brasilia sah menjadi ibu kota anyar sejak 1960.

Berdasarkan jurnal Columbia University, biaya pembangunan Brasilia cukup mahal. Bahkan, biaya pemindahan tersebut diklaim menyebabkan kas negara defisit.

"Menurut Menteri Keuangan Eugênio Gudin di bawah Presiden Café Filho, perkiraan biaya untuk membangun Brasilia adalah US,5 miliar (kurs dolar pada 1954)," tulis jurnal tersebut, dikutip Rabu (10/1).

Jika diasumsikan dengan kurs saat ini, biaya pembangunan dan pemindahan ibu kota Brasil senilai Rp23 triliun.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Korea Selatan hingga Mesir

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Ketakterbatasan Wisatawan

heroslot88
Bos Meta Mark Zuckerberg merambah bisnis ternak sapi dengan membuka Peternakan Ko'olau, Kauai, Hawaii. Ia berambisi ciptakan daging terbaik di dunia.
Bos Meta Mark Zuckerberg merambah bisnis ternak sapi dengan membuka Peternakan Ko'olau, Kauai, Hawaii. Ia berambisi ciptakan daging terbaik di dunia. (AP/Nick Wass).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bos Meta Mark Zuckerberg  merambah bisnis ternak sapidengan membuka Peternakan Ko'olau, Kauai, Hawaii.

Dari bisnis itu, ia berambisi menciptakan daging sapi dengan kualitas terbaik di dunia.

"Ternaknya adalah wagyu dan angus, dan mereka akan tumbuh dengan memakan makanan macadamia dan minum bir yang kami tanam dan produksi di peternakan ini," tulis Zuckerberg di akun instagram pribadinya, Selasa (9/1).

Zuckerberg mengatakan ia ingin seluruh proses ternak sapinya bersifat lokal dan terintegrasi secara vertikal. Setiap sapi, sambungnya, akan mengonsumsi 5.000 hingga 10 ribu ton pon makanan setiap tahun. Karena, dibutuhkan banyak sekali pohon macadamia.

Zuckerberg menceritakan ia dibantu sang putri membantu menanam pohon macadamia dan merawat berbagai hewan.

"Kami masih dalam tahap awal perjalanan dan sangat menyenangkan untuk terus meningkatkannya setiap musim. Dari semua proyek saya, ini yang paling enak," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Menjadi Sun Wukong

catur777 rtp
Kemnehub menjajaki peluang kerja sama pembangunan LRT Bali dan kereta tanpa rel di IKN Nusantara dengan Korea Selatan dan China.
Kemnehub menjajaki peluang kerja sama pembangunan LRT Bali dan kereta tanpa rel di IKN Nusantara dengan Korea Selatan dan China. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerhubunganBudi Karya Sumadi akan membahas kerja sama pembangunanLRT Bali hingga kereta tanpa rel di IKN Nusantara saat kunjungan kerja ke Korea Selatan dan China.

Dalam kunjungan yang berlangsung pada 9-13 Januari 2024 itu, Budi juga membahas kerja sama di sektor penerbangan.

"Beberapa hal yang kami bahas yaitu mulai dari rencana pembangunan LRT di Bali, Autonomous Rail Transit (ART) di Ibukota Nusantara (IKN), jaringan komunikasi dan persinyalan kereta api berteknologi tinggi, hingga menjajaki peluang kerja sama terkait pesawat komersial," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (8/1).

Ia juga akan bertemu sejumlah pihak lainnya, di antaranya pimpinan Korea National Railway (KNR) dan Eximbank. Pertemuan ini membahas kelanjutan kerja sama pembangunan LRT di Bali untuk tahap 1 dari Bandara Ngurah Rai ke Central Park.

Menurut Budi, LRT Bali akan menjadi transportasi massal berbasis rel pertama di Pulau Dewata yang diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah kemacetan.

"Kami berharap feasibility study-nya yang sudah dimulai pada awal Januari 2023 lalu dapat diselesaikan pada pertengahan tahun 2024 ini," tuturnya.

Sementara itu, di China Budi akan menemui Menteri Transportasi Tiongkok Li Xiaopeng dan sejumlah pihak lainnya, di antaranya yaitu pimpinan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC).

Pertemuan ini dikhususkan membahas kelanjutan kerjasama pembangunan transportasi massal kereta api tanpa rel di IKN.

Budi juga akan bertemu dengan pimpinan Huawei untuk menjajaki peluang kerjasama terkait sistem perkeretaapian yang cerdas dan berteknologi tinggi. Huawei merupakan perusahaan yang menggarap pembangunan jaringan komunikasi untuk Kereta Cepat Whoosh.

Tak hanya itu, Budi juga akan bertemu dengan pimpinan dari Commercial Aircraft Corp of China (COMAC) untuk menjajaki peluang kerjasama investasi di sektor penerbangan.

Saat ini COMAC merupakan perusahaan pemasok utama pesawat dari maskapai dalam negeri Transnusa.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)