petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara pinjaman mekar online

situs sbo terbaru 732Jutaan kata 702985Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara pinjaman mekar online》

Pengusaha di Belakang Prabowo******

Deretan pengusaha di belakang Prabowo-Gibran, ada pebisnis kosmetik, mantan dubes hingga bos Lippo.
Deretan pengusaha di belakang Prabowo-Gibran, ada pebisnis kosmetik hingga bos Lippo. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengusahaternama bergabung di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam persiapan Pilpres 2024.

Para pengusaha ini masuk struktur tim pemenangan yang terdiri dari pembina, pengarah, penasihat, pakar, hingga koordinator relawan.

"Atas izin bapak bacawapres dan ketua kami diminta untuk bacakan susunan TKN KIM pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

1. Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie atau Ical pernah menjabat Menteri Koordinator Perekonomian masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla pada 2004. Setahun kemudian, ia beralih tugas menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat hingga 2009.

Pria kelahiran 15 November 1946 itu menyelesaikan kuliah di Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung pada 1973. Ical lahir dari keluarga pebisnis. Orang tuanya, Achmad Bakrie, adalah pengusaha Lampung yang berbisnis kopi, karet, dan lada di Teluk Betung pada 1942, dengan bendera PT Bakrie Brothers.

Ia pun memilih fokus mengembangkan perusahaan keluarga, dan kemudian memimpin Kelompok Usaha Bakrie pada 1992-2004.

Aburizal juga aktif dalam kepengurusan sejumlah organisasi pengusaha. Ia menjabat Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) selama dua periode 1994-2004.

Ia dinobatkan oleh majalah Forbes Asia sebagai orang terkaya di Indonesia pada 2007. Setahun kemudian, majalah Globe Asia mendapuknya sebagai orang terkaya di ASEAN.

2. Hashim Djojohadikusumo

Hashim Sujono Djojohadikusumo adalah putra dari Profesor Soemitro Djojohadikusumo. Ayahnya terkenal sebagai begawan ekonomi Indonesia, yang menjabat Menteri Ekonomi serta Menteri Riset dan Teknologi pada era Soeharto.

Sejak SD hingga SMA, pria kelahiran 5 Juni 1954 itu mengenyam pendidikan di Eropa, lalu melanjutkan pendidikan tinggi di bidang Politik dan Ekonomi di Pomona College, California, AS.

Dalam perjalanan kariernya, adik Prabowo ini menjadi analisis keuangan di bank investasi Prancis. Hashim juga menjabat sebagai direktur di Indo Consult, yang merupakan salah satu perusahaan milik ayahnya.

Ia kemudian mulai menanamkan sahamnya di Bank Niaga dan Bank Kredit Asia. Namun, karir Hashim tak selalu mulus. Pada 2002, ia ditahan karena kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia lantaran kredit seharusnya dikucurkan ke kreditor, rupanya dikucurkan ke grupnya sendiri.

Setelah itu ia pun bangkit kembali. Bersama Prabowo, ia membeli Kiani Kertas, perusahaan eks-Bob Hasan, yang bermarkas di Kalimantan Timur. Ia pun memperluas bisnisnya ke berbagai sektor seperti perkebunan dan hutan, tambang batubara, dan ladang migas.

Forbes menobatkan Hashim sebagai salah satu orang terkaya di Asia pada 2012, dengan harta US0 juta.

Lihat Juga :
KAI Beri Diskon 25 Persen di 29 Rute Kereta Ekonomi Hingga Eksekutif

3. Putri Kuswisnu Wardani

Putri Kuswisnu Wardani merupakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 2019. Ia anak Mooryati Soedibyo, pendiri PT Mustika Ratu, perusahaan kosmetik nasional.

Di perusahaan ibunya, Putri dipercaya menjadi kepala Departemen Promosi dan Periklanan pada 1986, manajer keuangan pada 1988, lalu wakil presiden direktur sejak 1991.

Sejak 2011, Putri menerima tongkat kepemimpinan bisnis dari ibunya. Ia menjabat komisaris utama Mustika Ratu sejak 2019 hingga kini.

Putri juga merupakan salah satu petinggi kontes kecantikan nasional Puteri Indonesia, yakni sebagai dewan pembina dan penasehat di Yayasan Puteri Indonesia.

Pada 2021, Putri masuk daftar Asia's Most Influential Indonesia versi majalah fesyen, Tatler Asia. Penghargaan untuk tokoh yang dianggap berpengaruh di industri fesyen dan kecantikan.

Wanita kelahiran 20 September 1959 itu meraih gelar Master of Business Administration dari National University, Inglewood, California, AS pada 1990.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Bos Lippo hingga keponakan Luhut dan JK Jadi Timses Prabowo-Gibran

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

PT DI Ekspor 6 Pesawat Senilai Rp1,25 T ke Filipina******

PTDI mengekspor enam unit pesawat terbang NC212i ke Filipina. Nilai ekspor itu mencapai US juta atau Rp1,25 triliun (asumsi kurs Rp15.851 per dolar AS).
PTDI mengekspor enam unit pesawat terbang NC212i ke Filipina. Nilai ekspor itu mencapai US juta atau Rp1,25 triliun (asumsi kurs Rp15.851 per dolar AS). (Tangkapan layar web indonesian-aerospace.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Dirgantara Indonesia(PTDI) mengekspor enam unit pesawat terbangNC212i ke Department of National Defense/Armed Forces of Philippines (DND/AFP) Filipinasenilai US juta atau setara Rp1,25 triliun (asumsi kurs Rp15.851 per dolar AS).

Ekspor ini pun didukung oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dengan skema Penugasan Khusus Ekspor (PKE).

Dukungan LPEI tersebut tertuang dalam Penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Ekspor antara LPEI dan PTDI untuk pengadaan 6 pesawat NC212i, Rabu (18/10).

Direktur Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U. Norhadi mengatakan ekspor enam pesawat ini merupakan kebanggaan Indonesia. Sebab, PTDI dapat memproduksi produk industri strategis yang bernilai teknologi tinggi.

"Ekspor pesawat terbang akan meningkatkan reputasi Indonesia di mata global, terutama perusahaan Indonesia yang tergabung dalam industri strategis kedirgantaraan yang sarat dengan teknologi tinggi," kata Maqin melalui keterangan resmi, Kamis (19/10).

Ia menjelaskan, LPEI melaksanakan program PKE dari pemerintah untuk mendukung pertumbuhan industri kedirgantaraan Indonesia agar memiliki daya saing yang tinggi.

"Hal ini sejalan dengan strategi LPEI untuk memperkuat ekosistem ekspor Indonesia", katanya.

PKE merupakan mandat yang diberikan pemerintah kepada LPEI untuk menyediakan pembiayaan, penjaminan dan/atau asuransi untuk transaksi atau proyek yang secara komersial sulit dilaksanakan.

Namun, proyek atau transaksi itu dianggap sangat penting oleh pemerintah untuk menunjang kebijakan atau program ekspor nasional.

Sampai saat ini, LPEI telah menyalurkan program PKE senilai Rp12 triliun untuk mendukung ekspor lebih dari 80 produk ke lebih dari 100 negara.

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan Sumber Daya Manusia PTDI Wildan Arief memberikan apresiasi tinggi atas dukungan LPEI.

Wildan menyebut Filipina telah memesan pesawat terbang produksi PTDI untuk kedua kalinya. Menurutnya, hal ini merupakan bukti pesawat terbang produksi PTDI memiliki performa yang tinggi dan andal.

Wildan juga berharap adanya solusi pembiayaan dari LPEI dapat menjadi keran pembuka ekspor pesawat terbang produksi PTDI lebih banyak lagi ke negara-negara lain. Ia mengatakan peningkatan ekspor itu pada akhirnya dapat meningkatkan devisa Indonesia.

"Kami harap PTDI dapat bangkit kembali, terbang tinggi melintasi langit, dan terus berkibar," imbuh Wildan.

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpitdan autopilot. Pesawat ini dilengkapi dengan winglet, ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Sejak 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i.

Hingga saat ini terhitung sebanyak 123 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 606 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

BPJT Kejar Proyek Tol ke IKN Kelar April 2024******

BPJT Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada April 2024.
BPJT Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada April 2024. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada April 2024.

"Jalan Tol Akses IKN ditargetkan dapat selesai pada April 2024," ujar Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi di Jakarta seperti dikutipAntara,Kamis (16/10).

Rencananya, jalan tol tersebut dapat digunakan saat perayaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara.

Kemudian, Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A dan 3B saat ini masing-masing progres pembangunannya mencapai 34,22 persen dan 42,67 persen.

Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A dan 3B terkoneksi dengan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda yang sudah beroperasi.

Jalan Tol Akses IKN menghubungkan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara dengan Kota Balikpapan. Apabila selesai, jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh Balikpapan - KIPP IKN Nusantara dari 2,5 jam menjadi sekitar 30 menit.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 2 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Armen Adekristi sebelumnya mengungkapkan terdapat tiga seksi Jalan Tol IKN yang berjalan, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Untuk seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI saat ini sudah dalam proses lelang paket pekerjaan dengan target penandatangan kontrak pada Agustus 2023.

"Sementara untuk Seksi 1 ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target kontrak pada Desember 2023 dan Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang - Simpang Rencana Bandara VVIP serta Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP - Riko akan mulai lelang pada September 2023 dengan target kontrak November 2023," kata Armen.

Sedangkan untuk seksi 2 adalah bagian dari Tol Balsam. Untuk di seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan, dan di seksi 4 juga disediakan dua lintasan untuk satwa.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:rekomendasi slot gacor

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
2022 slot
trik main slot crazy
foto prediksi togel
cara pinjam uang lewat dana
ahlibet88
coin138
mainmpo
cara kredit lewat lazada
slot gaming 88
Daftar isi semua bab
Bab 1 100 tafsir mimpi
Bab 2 admin jarwo
Bab 3 judi slot online mudah menang
Bab 4 slot paling gacor banget
Bab 5 cika4d slot
Bab 6 situs new member 100
Bab 7 situs paling gacor hari ini
Bab 8 elanggame
Bab 9 gadun slot login alternatif
Bab 10 rtp ceria777
Bab 11 akun slot tergacor
Bab 12 akun gacor malam ini
Bab 13 kode alam kucing berkelahi
Bab 14 daftar pinjol resmi
Bab 15 angkanet paito warna sydney
Bab 16 cara jualan di kredivo
Bab 17 trik bermain slot princess
Bab 18 sob77
Bab 19 ok bank pinjaman online
Bab 20 nusabet88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4878bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Lintasan penguasa dunia komik Amerika

sgp77 slot
Sorin tak berpikir banyak saat membeli sebuah televisi pintar di Transmart Full Day Sale, Kota Kasablanka. Sorin tergiur potongan harga besar yang ditawarkan.
Warga Bogor memborong TV saat Transmart Full Day Sale di Kota Kasablanka, Minggu (29/10). (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sorin (53) tak pikir panjang untuk membeli satu unit Televisi (TV) saat Transmart mengadakan Full Day Salepada hari ini, Minggu (29/10). Sorin mengaku sudah mengincar produk LG tersebut dalam beberapa pekan belakangan.

Sorin datang dari Kota Bogor demi mendapatkan potongan harga hingga mencapai Rp800 ribu. Ia berhasil membawa pulang LG 32LQ630 HD Smart TV dengan menebus hanya Rp2.159.200 dari harga normal Rp2.999.000.

Harga itu didapat karena Transmart memberikan diskon hingga 50 persen. Ada juga ekstra diskon 20 persen bagi pengguna Allo Prime dari Allo Bank maupun kartu kredit Bank Mega dan Mega Syariah.

Sorin menyebut belakangan ia kerap berbelanja di Transmart lantaran dari transaksi yang ia lakukan mendapatkan poin, dan poin tersebut dipergunakan untuk membeli produk selanjutnya, dan seterusnya.

"Habis belanja dapat poin, kan, jadi kapan-kapan bisa belanja lagi," ujarnya.

Nah, Anda butuh TV baru? Transmart menawarkan Samsung LED TV 55" UHD Smart dari harga normal Rp10.089.000, diskon jadi Rp6.959.200.

Atau bisa pilih LED TV 65" UH Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung dari harga normal Rp11.209.00, diskon jadi Rp7.679.200

Misalnya nih Anda lagi perlu AC untuk pendingin ruangan, Transmart juga menyediakan AC split 1 PK merek Samsung, LG, Panasonic, Sharp, dan Polytron dari harga normal Rp4.199.00 juta, diskon jadi Rp3.066.400. Plus dapat bonus pipa dan instalasi standar yang dijamin antirepot.

Mau sekalian beli kulkas? ada kulkas SBS 436L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung dari harga normal Rp8.769.000, diskon jadi Rp6.215.200 (harga khusus Pulau Jawa, Bali, Lampung).

Pesta diskon ini berlangsung selama seharian mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart.

Ada banyak produk yang didiskon. Mulai dari daging, buah-buahan, fesyen, furnitur, hingga produk elektronik, seperti TV, AC, kulkas, sampai sepeda listrik.

Lihat Juga :
Warga Serbu Diskon Belanja hingga 50 Persen di Transmart Full Day Sale

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapat diskon tambahan 20 persen khusus untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Segera ajak pasangan, keluarga, atau sahabat sekarang juga ke Transmart terdekat, jangan sampai lewatkan kesempatan belanja dengan diskon gede-gedean ini.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Monster Apartemen Sehari-hari

188 slot gacor
Perusahaan coworking space WeWork berencana mengajukan kebangkrutan pekan depan usai berjuang dengan tumpukan utang dan kerugian yang besar.
Perusahaan coworking space WeWork berencana mengajukan kebangkrutan pekan depan usai berjuang dengan tumpukan utang dan kerugian yang besar. (Getty Images/nycshooter).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan coworking space WeWork berencana mengajukan kebangkrutan pekan depan. Perusahaan itu dilaporkan tengah berjuang dengan tumpukan utangdan kerugian yang besar.

Melansir Reuters, Rabu (1/11), saham perusahaan yang didukung oleh SoftBank Group tersebut turun 32 persen pada perdagangan baru-baru ini. Sahamnya dilaporkan telah jatuh sekitar 96 persen tahun ini.

WeWork yang berbasis di New York, AS disebut sedang mempertimbangkan untuk mengajukan petisi Bab 11 di New Jersey. Namun pihak WeWork menolak untuk berkomentar.

Perusahaan ini memiliki utang jangka panjang bersih sebesar US,9 miliar atau setara Rp45,96 triliun (asumsi kurs Rp15.850 per dolar AS) pada akhir Juni dan lebih dari US miliar atau setara Rp206,05 triliun dalam bentuk sewa jangka panjang. Hal ini terjadi di saat kenaikan biaya pinjaman dapat merugikan sektor real estat komersial.

Pengajuan kebangkrutan WeWork akan menandai penurunan nilai perusahaan yang secara pribadi bernilai US miliar pada tahun 2019. Hal ini tentu dapat menjadi titik hitam bagi investor SoftBank yang telah kehilangan miliaran dolar.

Pasalnya, perusahaan ini telah mengalami guncangan sejak rencananya untuk go publicpada tahun 2019 meledak. Itu terjadi usai skeptisisme investor atas model bisnisnya yang mengambil sewa jangka panjang dan menyewakannya untuk jangka pendek serta kekhawatiran atas kerugiannya yang besar.



Keterpurukan WeWork tak mereda di tahun-tahun berikutnya. Perusahaan ini akhirnya berhasil go publicpada 2021 dengan valuasi yang jauh berkurang.

Pendukung utamanya, konglomerat Jepang SoftBank, menggelontorkan puluhan miliar untuk menopang perusahaan rintisan ini. Sayangnya, perusahaan ini terus merugi.

Tak hanya itu, WeWork pun menimbulkan keraguan besar atas kemampuannya untuk melanjutkan operasi pada Agustus silam dengan sejumlah eksekutif tertinggi, termasuk CEO Sandeep Mathrani, mengundurkan diri tahun ini.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

Saya memiliki manik-manik ajaib untuk ditanami

raja555
Spesial di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (5/11) buah lengkeng manis dan segar didiskon jadi murah banget mulai Rp4 ribuan.
Spesial di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (5/11) buah lengkeng manis dan segar didiskon jadi murah banget mulai Rp4 ribuan (Bigtreegroup/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Penggemar buah longan atau lengkeng segera merapat ke Transmart terdekat. Spesial di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (5/11), buah lengkeng manis dan segar didiskon jadi murah banget.

Buah longan di Transmart bisa kamu dapat mulai dari harga Rp4 ribuan saja per 100 gram. Harga diskon bisa berbeda-beda di setiap gerai Transmart dan tidak berlaku untuk pembelian partai besar.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Hari Ini, Diskon Berlaku di Semua Toko!

Di luar pembayaran dari bank yang disebutkan, pembelian hanya berlaku dengan harga normal.

Pastikan kamu sudah mempunyai salah satu dari banknya. Untuk Allo Bank bisa di unduh gratis lewat hp melalui App Store atau Play Store, lalu buka akun dan upgrade ke Allo Prime.

Sementara Kartu Kredit Bank Mega dan Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan instan di booth bank yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Transmart Full Day Sale ini hanya berlangsung satu hari saja, mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat. Jangan sampai terlewat diskonnya ya!

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Dongeng dunia yang berbeda

cara bermain hago agar dapat uang
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan tak butuh tambahan wakil menteri lagi usai posisi itu kosong karena ditinggal Rosan Roeslani karena 'ikut' Prabowo-Gibran.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan tak butuh tambahan wakil menteri lagi usai posisi itu kosong karena ditinggal Rosan Roeslani karena 'ikut' Prabowo-Gibran. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan tak butuh tambahan wakil menteri lagi usai posisi itu kosong karena ditinggal Rosan Roeslani karena 'ikut' Prabowo-Gibran.

Posisi tersebut, kata Erick, cukup diisi oleh Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini menjabat sebagai Wamen BUMN I.

Terkait keputusan tersebut, menurut dia, pihaknya juga sudah melapor kepada Presiden Jokowi.

Rosan Roeslani ikut bergabung menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran. Atas keputusannya tersebut, Rosan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wakil menteri BUMN dan wakil komisaris utama Pertamina.

Erick menghormati keputusan Rosan tersebut.

"Saya hormati keputusan pak Rosan, dan saya sudah diskusi internal di kementerian," kata Erick di Jakarta, Sabtu.

[Gambas:Video CNN]



(antara/agt)

Peradaban ajaib empat puluh ribu tahun

link paling gacor slot
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan nilai devisa pariwisata pada kuartal III 2023 mencapai Rp92 triliun.
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan nilai devisa pariwisata pada kuartal III 2023 mencapai Rp92 triliun. (Foto: CNN Indonesia/Khaira Ummah JP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan nilai devisapariwisata pada kuartal III 2023 mencapai US miliar atau Rp92 triliun (asumsi kurs Rp15.485 per dolar AS).

Sandi menyebut capaian ini melampaui target yang ditentukan, yakni sebesar US,07 miliar pada batas bawah dan US,95 miliar pada batas atas.

Ia menambahkan sektor pariwisata mempunyai kontribusi sebesar 3,76 persen terhadap pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia.

Sandi menjelaskan nilai ekspor produk ekonomi kreatif (ekraf) mencapai US,82 miliar, sedangkan nilai tambah ekraf sebesar Rp691,75 triliun.

Kemenparekraf mencatat sektor pariwisata dan ekraf menyerap lebih dari 45 juta tenaga kerja. Rinciannya, 21,93 juta tenaga kerja di sektor pariwisata dan 24,34 tenaga kerja di sektor ekraf.

"Untuk wisatawan mancanegara, yang ditargetkan 8,5, juta kunjungan, di September 2023 sudah tercapai 8,51 juta kunjungan," paparnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Apakah itu sungai atau danau?

dana bayar nanti
Kawasan IKN dibagi dalam 9 kawasan bertema tertentu, dari mulai kawasan inti, pusat finansial, agrokultural, pendidikan, hingga riset dan inovasi.
Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantano saat mengunjungi kawasan perusahaan teknologi Silicon Valley di San Francisco, AS, Senin (13/11). CNN Indonesia/Suriyanto
San Francisco, CNN Indonesia--

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono menjelaskan soal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sempat mengatakan bahwa rem investasi asingdi IKN akan direm dulu.

Bambang mengatakan hal ini bukan berarti investasi asing di Nusantara benar-benar akan disetop dulu. Hal ini menurutnya hanya berlaku di kawasan inti IKN.

Kawasan inti ini merupakan kawasan di sekitar pusat pemerintahan. Bambang mengatakan keberadaan investor dalam negeri di kawasan inti agar IKN kelak lebih kental nuansa lokalnya.

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatOtorita IKN Teken MoU dengan 3 Perusahaan Teknologi Dunia

Perusahaan-perusahaan di San Francisco yang sudah diajak kerja sama bisa menempati kawasan riset dan inovasi atau kawasan pusat keuangan. Kawasan pendidikan misalnya sudah menggandengn Tony Blair Institute, Pertamina yang akan membangun Pertamina City hingga enam kampus negeri yang sudah menjalin kerja sama dengan IKN.

"Stanford akan bangun riset centernya," kata Bambang.

Di pusat teknologi Amerika Serikat, IKN sudah menandatangani nota kesepahaman dengan sejumlah perusahaan raksasa seperi Cisco, Autodesk, ESRI, hingga Microsoft.

Sebelumnya Jokowimengaku sedang mengereminvestasi asing dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi menyatakan ingin mengutamakan investor dalam negeri untuk ikut dalam pembangunan di IKN. Dia yakin banyak pengusaha nasional yang berminat membangun di ibu kota baru.

"Kami memang rem dulu. Saya sampaikan kepada Kepala Otorita, rem untuk yang dari luar, berikan kesempatan, kalau bisa juga di joint-kan (pengusaha) dari dalam (negeri)," kata Jokowi di IKN, Rabu (1/11).

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatWujudkan Smart City, Para Pejabat IKN Kunjungi Silicon Valley

Jokowi berkata ada 130 investor Singapura yang menunjukkan ketertarikan berinvestasi di IKN. Lalu ada 30 investor dari Jepang dan 30 orang dari Malaysia dan Uni Emirat Arab yang juga menunjukkan ketertarikan serupa.

Meski begitu, Jokowi tetap menutup pintu untuk investasi asing saat memang pengusaha dalam negeri tak ada yang mau ikut serta.

"Kalau mentok dan sudah tidak ada (investor dalam negeri), kita akan keluarkan jurus yang dari luar," kata Jokowi.

(sur/sur)

[Gambas:Video CNN]