petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

maluku4d

buku tafsir mimpi 503Jutaan kata 860033Orang-orang telah membaca serialisasi

《maluku4d》

China dan Arab Saudi Teken 34 Kesepakatan Investasi Energi Hijau******

China dan Arab Saudi meneken 34 kesepakatan investasi pada Rabu (7/12) waktu setempat. Kesepakatan itu dilakukan saat Xi Jinping berkunjung ke Arab Saudi.
China dan Arab Saudi meneken 34 kesepakatan investasi pada Rabu (7/12) waktu setempat. Kesepakatan itu dilakukan saat Xi Jinping berkunjung ke Arab Saudi. (AFP/NICOLAS ASFOURI).
Jakarta, CNN Indonesia--

China dan Arab Saudimeneken 34 kesepakatan investasi pada Rabu (7/12) waktu setempat. Kesepakatan itu dilakukan saat Xi Jinping berkunjung ke Arab Saudi.

Mengutip Reuters, kesepakatan tersebut meliputi sektor energi hijau, teknologi informasi, layanan cloud, transportasi, konstruksi, dan sektor lainnya.

Kendati, tidak disebutkan secara jelas berapa nilai dari kesepakatan 34 investasi tersebut. Hanya saja, dua negara itu disinyalir akan menandatangani perjanjian senilai US miliar.

Kedua negara itu juga akan meningkatkan kerja sama dalam rantai pasokan energi dengan mendirikan pusat regional di Arab Saudi untuk pabrik-pabrik China.

Sebelumnya, Xi Jinping terbang ke Arab Saudi untuk bertemu Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS).

Lihat Juga :
Enam Wajah Baru Hiasi Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Menurut media pemerintah China dan Saudi, Xi akan berada di Saudi selama tiga hari. Sejumlah pihak menuturkan fokus kunjungan Xi kali ini adalah meningkatkan kerja sama di sektor energi.

China adalah pembeli terbesar minyak Saudi sejak 2016. Beijing dan Riyadh tampaknya ingin memperluas kerja sama mereka dalam hal energi dan ekonomi pasca pandemi covid-19 di tengah ancaman krisis dan inflasi saat ini.

Selain pemimpin Saudi, Xi juga akan bertemu dengan sejumlah pemimpin negara Arab lainnya selama berada di negara kiblat Islam itu.

Lawatan Xi Jinping ke Riyadh ini menandakan hubungan China-Saudi yang kian mesra. Pertemuan Xi Jinping dengan Raja Salman dan MbS nanti pun berlangsung di tengah hubungan kedua negara dengan Amerika Serikat memburuk sehingga lawatan ini disebut bikin Negeri Paman Sam keki.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Harga Kripto Terbang ke 'Langit', Bitcoin Jadi US.228 per Keping******

Mayoritas harga kripto menanjak dengan penguatan bitcoin terpantau menyentuh ke level US.228 per keping.
Mayoritas harga kripto menanjak dengan penguatan bitcoin terpantau menyentuh ke level US.228 per keping. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga kripto melambung pada Jumat (8/12) pagi. Bahkan, bitcoin mampu kembali menyentuh level US.228 per keping setelah cukup lama bertahan di level U ribuan.

Mengutip coinmarketcap.com, bitcoin meningkat 2,19 persen dalam 24 jam terakhir atau 1,80 persen dalam sepekan belakangan.

Mengikuti bitcoin, ethereum juga melesat 3,80 persen ke level US.281 per keping. Diikuti oleh BNB yang naik 1,91 persen menjadi US9,64 per keping.

Senasib, cardano dan polygon juga mencatat kenaikan masing-masing 1,52 persen dan 3,27 persen. Cardano saat ini dihargai USIHSG Diproyeksi Tertekan, Banjir Sentimen Negatif******

Analis memperkirakan IHSG bergerak melemah hari ini, Kamis (8/12), karena banyaknya tekanan dan sentimen negatif.
Analis memperkirakan IHSG bergerak melemah hari ini, Kamis (8/12), karena banyaknya tekanan dan sentimen negatif. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12). Pelemahan indeks sahamdikarenakan banyaknya sentimen negatif.

"Perkembangan pola gerak IHSG terlihat masih berada dalam tekanan yang tergolong besar," kata CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya dalam riset harian.

Meski demikian, rilis data cadangan devisa menunjukkan Indonesia masih berada dalam kondisi stabil. Artinya, fundamental perekonomian Indonesia dinilai masih kuat.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.721 dan resistance 7.027. Adapun, saham pilihannya, yakni ITMG, JSMR, CTRA, GGRM, AKRA, BBNI, LSIP.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana punya pandangan berbeda. Ia memperkirakan IHSG berpotensi menguat untuk menguji rentang area yang lebih tinggi.

Lihat Juga :
Empat Anak BUMN akan IPO Tahun Depan, Anak Pertamina hingga Pupuk

"Berpeluang menguat untuk menguji rentang area 6.896-6.926 terlebih dahulu," kata Herditya.

Ia memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support 6.747 dan resistance 6.955 dengan saham pilihannya, yaitu ADRO, BIPI, SIDO, dan TKIM.IHSG ditutup di level 6.818 pada Rabu (7/12).

Indeks saham melemah73.818poin atau minus 1,07 persen dari perdagangan sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/bir),3145 per keping, sedangkan polygon USPengamat Imbau GoTo Tunggu Ekonomi Pulih Sebelum Masuk Indeks Global******
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk berencana untuk masuk ke Indeks Global pada 2023. Rencana itu dianggap gegabah mengingat masih ada ancaman resesi global.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk berencana untuk masuk ke Indeks Global pada 2023. Rencana itu dianggap gegabah mengingat masih ada ancaman resesi global. (Gojek).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana untuk masuk ke Indeks Global pada 2023. Namun, rencana GoTo dianggap gegabah mengingat ancaman resesi global masih menghantui dunia.

Analis Pasar Modal Oktavianus Audi mengatakan sebaiknya GoTo menunggu kondisi ekonomi kembali pulih sebelum masuk ke Indeks Global. Ia memahami rencana GoTo yang ingin menjaring investor dalam skala luas saat melakukan dual listing dalam prospektus pada saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurutnya, rencana tersebut adalah peluang yang baik untuk perusahaan berbasis digital itu. Hanya saja, waktu pelaksanaan yang ditargetkan pada 2023 diprediksi bakal menghadapi kondisi sulit.

Ia menambahkan kondisi laporan keuangan GoTo diperkirakan masih belum membaik sampai dengan akhir 2022, terlihat dari cash flow operating yang masih cenderung negatif.

Senada, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto mengatakan jangan terlalu serius menanggapi rencana GoTo untuk masuk ke indeks global karena investor pun bakal berpikir dua kali melihat pergerakan harga saham GoTo yang masih menurun.

"Namun, jika memang ada peluang untuk masuk ke indeks global, maka akan terlihat setidaknya ada aksi beli besar yang mengurangi offer tebal pada GoTo. Di situ baru kita bisa melihat adanya respon pasar dan bisa dijadikan sebagai momentum untuk rebound pada saham GoTo," jelasnya.

Lihat Juga :
OJK Izinkan Perusahaan Asuransi Baru Beroperasi, Asuransi Untuk Semua

Tak jauh beda, Senior Investment Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta melihat kondisi pasar global masih menghadapi peluang resesi yang cukup dalam. Jadi, GoTo harus melihat kondisi pasar dunia ke depan jika ingin merambah indeks global.

Investor akan mengamati bagaimana kebijakan strategis GoTo untuk menciptakan stabilitas dari sisi kinerja bottom line. Menurut Nafan, selama ini kinerja bottom line GoTo masih perlu ditingkatkan untuk membuktikan bahwa mereka bisa menghasilkan profitabilitas.

"Kalau misal (ekonomi) global kondusif, peluang untuk masuk dan mulai menjajaki ke indeks global bisa saja terbuka pada 2023. Namun, harus menunggu pemulihan ekonomi global. Di sisi lain, jika melihat dari domestik, saham GoTo dalam tren penurunan, sering terjadi Auto Reject Bawah (ARB) selama seminggu terakhir ini," kata Nafan.

Nafan berharap GoTo bisa mewujudkan peningkatan inovasi agar menciptakan segmentasi konsumen loyal baru mengingat persaingan saat ini semakin ketat.

Lihat Juga :
Resort Mewah Milik Donald Trump di Bali Kini Terbengkalai

Ia menegaskan bahwa keputusan GoTo yang ingin memasuki indeks global pada paruh pertama 2023 harus bersifat kondisional dengan memperhatikan beberapa aspek di pasar dan momentum yang ada.

"Kita berharap semestinya ini mengikuti momentum pemulihan ekonomi global terlebih dahulu baru nanti GoTo bisa memanfaatkan momentum untuk masuk ke indeks global agar menarik calon investor untuk meningkatkan minat investasinya di GoTo," pungkasnya.

Di lain sisi, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menekankan bahwa GoTo harus terlebih dahulu meyakinkan para investor domestik sebelum melangkah lebih jauh ke indeks global.

"Tentunya GoTo sendiri perlu meyakinkan investor domestik dengan berbagai upayanya untuk membalikkan posisi keuangan perusahaan, terlebih untuk menahan laju tekanan harga saham yang terjadi di pasar. Jika itu berhasil dilakukan, maka tidak mustahil untuk kemudian menarik investor baru," papar Ivan.

Lihat Juga :
Jasindo PHK 262 Karyawan dan Tutup 43 Kantor Cabang

Sebelumnya, Presiden Grup GoTo Patrick Cao mengatakan perusahaan tengah mencari investor baru yang potensial untuk bisa masuk ke indeks global di paruh pertama 2023. Strategi tersebut dibuat untuk memberikan manfaat dan nilai jangka panjang bagi para pemangku kepentingan, termasuk calon investor.

Ia menyebut perseroan juga akan terus fokus untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan melalui produk dan layanan berkualitas.

"Kami juga terus melakukan penjajakan dengan potensial investor yang baru, terutama menuju peluang masuknya GoTo ke dalam indeks global di paruh pertama 2023. Semua langkah-langkah ini kami lakukan untuk memberikan manfaat dan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan," kata Patrick dalam Public Expose GoTo, Kamis (8/12).

Lihat Juga :
AP I Siapkan 34 Parkir Jet Pribadi Sambut Tamu VVIP Kaesang-Erina

Presiden Grup GoTo tersebut juga berdalih soal anjloknya harga saham perusahaan yang disebabkan oleh kondisi makroekonomi pasar modal, kompetisi, dan kinerja perusahaan. Menurutnya, ada beberapa hal yang di luar kontrol perusahaan.

Patrick menyinggung soal investor awal yang masuk di harga saham lebih rendah yang merealisasikan keuntungan, berakhirnya masa investasi atau fund life untuk investor finansial, dan kebutuhan likuiditas di akhir tahun atau kebutuhan likuiditas lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),9246 per keping.

Adapun, dua kripto di 10 papan utama dengan kapitalisasi pasar terbesar, yakni USD coin dan binance coin, meringkuk di zona merah.

Lihat Juga :
Respons Kemenhub soal KCIC Minta Konsesi Kereta Cepat 80 Tahun

USD coin dan binance coin kompak turun tipis 0,02 persen menjadi ke level USDaftar 10 Orang Terkaya RI 2022 Versi Forbes******

Forbes baru merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Hartono bersaudara masih menduduki peringkat 1 daftar orang terkaya di RI dengan harta Rp744 triliun.
Forbes baru merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Hartono bersaudara masih menduduki peringkat 1 daftar orang terkaya di RI dengan harta Rp744 triliun. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agust Supriadi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Forbes merilis daftar orang terkaya Indonesia 2022. Dalam daftar itu, Hartono bersaudara masih menduduki peringkat wahid pada daftar orang terkayadi Indonesia.

Mengutip Forbes, Kamis (8/12), total kekayaan Budi dan Michael Hartonoini tercatat tembus US,7 miliar atau Rp744,12 triliun (asumsi kurs Rp15.600 per dolar AS).

Harta dua kakak-adik ini meningkat salah satunya karena IPO induk Blibli, Global Digital Niaga, yang meraup Rp8 triliun pada November lalu.

1. Hartono bersaudara

Total kekayaan Budi dan Michael Hartono ini tercatat tembus US,7 miliar atau Rp744,12 triliun (asumsi kurs Rp15.600 per dolar AS)

2. Low Tuck Kwong

Total kekayaan Low Tuck Kwong mencapai US,1 miliar (Rp188,76 triliun). Kekayaan pemilik Bayan Resource ini naik hampir lima kali lipat dari tahun lalu berkat lonjakan harga batu bara di tengah krisis.

3. Keluarga Widjaja

Mereka menempati posisi ke-3 dengan total kekayaan US,8 miliar (Rp168,48 triliun). Posisi klan Grup Sinar Mas ini turun 1 peringkat dari sebelumnya.

Lihat Juga :
Siapa PNS dengan Gaji Tertinggi di Indonesia?

4. Sri Prakash Lohia

Tercatat, kekayaan Sri sebesar US,7 miliar (Rp120,12 triliun)

5. Anthoni Salim

Total kekayaan Anthoni mencapai US,5 miliar (Rp117 triliun).

6. Chairul Tanjung

Bos Transmedia ini menduduki peringkat ke-6 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar US,2 miliar (Rp81,12 triliun).

Lihat Juga :
BUMN Ramai-ramai Jual Saham Tahun Depan

7.  Prajogo Pangestu

Total kekayaan Prajogo sebesar US,1 miliar (Rp80,7 triliun).

8. Boenjamin Setiawan

Duduk di peringkat delapan dengan total kekayaan US,8 miliar atau Rp74,88 triliun.

9. Tahir dan keluarga

Total harta Tahir tercatat sebesar US,2 miliar atau Rp65,52 triliun.

10. Djoko Susanto.

Djoko mengantongi kekayaan sebesar US,1 miliar atau Rp63,96 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(sfr),9999 per keping dan US per keping.

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia.

Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

[Gambas:Video CNN]



(bir/agt)

Viral Ribuan Turis Batal ke Bali Gegara Pasal Zina KUHP, Ternyata Hoax******

GM Bandara Bali membantah kabar ribuan turis Australia batal ke Bali karena pasal zina KUHP. Ia menyebut informasi itu tidak benar.
GM Bandara Bali membantah kabar ribuan turis Australia batal ke Bali karena pasal zina KUHP. Ia menyebut informasi itu tidak benar. (Humas Bandara I Gusti Ngurah Rai).
Badung, CNN Indonesia--

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai BaliHandy Heryudhitiawan angkat suara soal kabar ribuan turis dari Australia batal ke Bali karena pasal zina KUHP yang viral. Ia menegaskan bahwa kabar tersebut hoaks semata.

Handy menuturkan informasi tersebut tidak benar. Bahkan, ia menuding informasi itu bisa saja dijadikan sebagai kampanye hitam (black campaign) untuk pariwisata Indonesia.

"Itu hoaks. Sepertinya, itu black campaign buat Indonesia. Kita lihat Bali kan atraktif banget ini pertumbuhannya. Australia juga menjadi nomor satu wisatawan di Bali," katanya saat dihubungi, Kamis (8/12) malam.

Adapun, total penumpang di Bandara Bali, baik kedatangan maupun keberangkatan, mencapai 22 ribu hingga 23 ribu per hari.

"Jadi, masih normal ya. Ini yang Australia, datanya pada Oktober itu ada 100.225 penumpang yang datang dan pergi," ungkapnya.

"November kemarin itu karena ada G20, jadi ada penyesuaian penerbangan hanya 90 ribuan. Tapi, Australia masih menjadi penyumbang kedatangan penumpang luar negeri tertinggi ke Bali," tandas Handy.

[Gambas:Video CNN]



(kdf/bir)




bab terbaru:prediksi togel hari ini sgp

Perbarui waktu:2024-07-05

Daftar bab terbaru
situs trading forex indonesia terpercaya
kingtoto
pinjaman online dengan nik ktp
pinjol bunga rendah tenor 12 bulan
slot mudah maxwin
slot gacor 6000
pinjol gampang cair bunga rendah
97 togel
togel 98
Daftar isi semua bab
Bab 1 maksud jp paus
Bab 2 slot gacor pulsa 5000
Bab 3 buku seribu mimpi 2d abjad
Bab 4 cara pinjam di danamas
Bab 5 aplikasi cheat jam gacor
Bab 6 polaspin
Bab 7 mahjong ways slot demo
Bab 8 pola maxwin olympus bet 200
Bab 9 asiaslot777
Bab 10 situs slot nexus
Bab 11 19 erek erek togel
Bab 12 angka jitu kim malam ini
Bab 13 mpo7788
Bab 14 okb88
Bab 15 slot tergacor maxwin
Bab 16 kredit hp selain akulaku
Bab 17 erek erek lampu
Bab 18 demo slot playngo
Bab 19 mejampo
Bab 20 angka bingo bingo yang jitu
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7942bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Kecintaan pada hiburan Korea

pinjam uang 50 ribu
Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia Sutarto Alimoeso menuding kehadiran bantuan sosial (bansos) mengganggu harga beras.
Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia Sutarto Alimoeso menuding kehadiran bantuan sosial (bansos) mengganggu harga beras. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padidan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso menuding kehadiran bantuan sosial (bansos) mengganggu harga beras.

"Terjadi satu situasi penentu harga gabah dan beras cenderung karena ada kebijakan pemerintah dalam rangka menyalurkan bansos, seperti bantuan pangan non tunai (BPNT). Karena BPNT tidak satu pintu sehingga di lapangan terjadi persaingan pengadaan beras," katanya dalam RDPU bersama Komisi IV DPR RI, Rabu (7/12).

Kedua, penggilingan padi besar atau pemodal kuat cenderung berani membeli gabah atau beras dengan harga lebih mahal. Ini membuat penggilingan padi kecil mati suri.

"Artinya itu (bansos) kan perlu sekian ribu ton, itu kan banyak dan sekaligus. Kebutuhan yang sekaligus itu pasti akan berpengaruh (terhadap harga). Makanya harusnya melalui satu pintu agar lebih terkoordinasi," jelasnya kepadaCNNIndonesia.comdi Kompleks Gedung DPR RI, Rabu (7/12).

BPNT adalah pengganti program beras sejahtera (rastra) yang diluncurkan pada 2017. Pada 2020, nilainya Rp150 ribu per KK. Bantuan tersebut tidak dapat diambil tunai dan hanya dapat ditukarkan dengan beras dan/atau telur sesuai kebutuhan KPM di e-Warong.

Selain bicara soal efek bansos yang ikut menentukan harga beras, Sutarto buka-bukaan soal stok beras yang kritis di penggilingan hingga masyarakat.

Sutarto menjelaskan bahwa stok beras itu terpencar di mana-mana. Ada yang di pedagang, penggilingan padi, pengusaha horeka, hingga di level masyarakat.

"Di masyarakat juga ada kan. Nah, yang di masyarakat itu ada yang memang tidak siap dijual. Yang siap dijual pasti yang ada di penggilingan dan pedagang. Beras di penggilingan dan pedagang ini memang tidak besar dan tidak semuanya berada di situ," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Di Tiga Kerajaan

mild88
Kekayaan kolektif dari 50 orang terkaya di Indonesia melonjak dari US2 miliar menjadi US0 miliar atau Rp2.811 triliun pada 2022.
Kekayaan kolektif dari 50 orang terkaya di Indonesia melonjak dari US2 miliar menjadi US0 miliar atau Rp2.811 triliun pada 2022. (CNN Indonesia/Agust Supriadi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kekayaan kolektif dari 50 orang terkayadi Indonesia melonjak dari US2 miliar atau setara Rp2.530 triliun (asumsi kurs Rp15.620 per dolar AS), menjadi US0 miliar atau Rp2.811 triliun pada 2022.

Dikutip dari majalah asal AS, Forbes, Kamis (8/12), kekayaan bersih 22 orang taipan RI meningkat dalam tahun ini.

Di antaranya, seperti Hartono bersaudara yang masih berada di posisi pertama orang terkaya RI. Tahun ini mereka memiliki kekayaan sebanyak US,7 miliar atau Rp745 triliun, naik US,1 miliar (Rp79,6 triliun) dari tahun lalu.

Selain Hartono bersaudara, Low Tuck Kwong berada di posisi kedua sebagai orang terkaya karena harga batu bara yang meroket di tengah krisis energi global. Hartanya naik hampir lima kali lipat menjadi US,1 miliar atau Rp189 triliun.

Selain itu, melonjaknya saham Bayan Resources miliknya, penambang batu bara terbesar keempat di Indonesia membuatnya menjadi pemenang terbesar tahun ini baik dalam persentase maupun dolar.

Keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas merosot ke nomor 3, tetapi pemulihan bisnis kertas grup membantu meningkatkan kekayaan mereka sebesar ,1 miliar menjadi ,8 miliar atau setara Rp168,7 triliun.

Nama Djoko Susanto juga masuk dalam jajaran taipan yang kekayaannya melonjak pada tahun ini. Harta kekayaan pemilik jaringan toko serba ada Alfamart ini melonjak menjadi US,1 miliar atau Rp64 triliun.

Secara keseluruhan di antara para taipan tersebut, sekitar 6 orang kekayaannya naik lebih dari US miliar atau Rp15,6 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Mahkota Keheningan

pola maxwin inches
Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia Sutarto Alimoeso menuding kehadiran bantuan sosial (bansos) mengganggu harga beras.
Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia Sutarto Alimoeso menuding kehadiran bantuan sosial (bansos) mengganggu harga beras. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Umum Perkumpulan Penggilingan Padidan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso menuding kehadiran bantuan sosial (bansos) mengganggu harga beras.

"Terjadi satu situasi penentu harga gabah dan beras cenderung karena ada kebijakan pemerintah dalam rangka menyalurkan bansos, seperti bantuan pangan non tunai (BPNT). Karena BPNT tidak satu pintu sehingga di lapangan terjadi persaingan pengadaan beras," katanya dalam RDPU bersama Komisi IV DPR RI, Rabu (7/12).

Kedua, penggilingan padi besar atau pemodal kuat cenderung berani membeli gabah atau beras dengan harga lebih mahal. Ini membuat penggilingan padi kecil mati suri.

"Artinya itu (bansos) kan perlu sekian ribu ton, itu kan banyak dan sekaligus. Kebutuhan yang sekaligus itu pasti akan berpengaruh (terhadap harga). Makanya harusnya melalui satu pintu agar lebih terkoordinasi," jelasnya kepadaCNNIndonesia.comdi Kompleks Gedung DPR RI, Rabu (7/12).

BPNT adalah pengganti program beras sejahtera (rastra) yang diluncurkan pada 2017. Pada 2020, nilainya Rp150 ribu per KK. Bantuan tersebut tidak dapat diambil tunai dan hanya dapat ditukarkan dengan beras dan/atau telur sesuai kebutuhan KPM di e-Warong.

Selain bicara soal efek bansos yang ikut menentukan harga beras, Sutarto buka-bukaan soal stok beras yang kritis di penggilingan hingga masyarakat.

Sutarto menjelaskan bahwa stok beras itu terpencar di mana-mana. Ada yang di pedagang, penggilingan padi, pengusaha horeka, hingga di level masyarakat.

"Di masyarakat juga ada kan. Nah, yang di masyarakat itu ada yang memang tidak siap dijual. Yang siap dijual pasti yang ada di penggilingan dan pedagang. Beras di penggilingan dan pedagang ini memang tidak besar dan tidak semuanya berada di situ," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Armor Naga Pembunuh Langit

bonus new member tanpa deposit

Hidup di surga

situs kredit hp

Kecintaan pada hiburan Korea

link slot paling gampang menang