petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara mendapatkan uang dari shopback

pinjaman online izin ojk 378Jutaan kata 37034Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara mendapatkan uang dari shopback》

Harga Kripto Kebakaran, Bitcoin Dkk Keok******

Harga kripto jatuh pada Kamis (3/11) usai pengumuman kenaikan suku bunga The Fed.
Harga kripto jatuh pada Kamis (3/11) usai pengumuman kenaikan suku bunga The Fed. (istockphoto/jpgfactory).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto jatuh pada Kamis (3/11), usai pengumuman kenaikan suku bunga The Fed. Bitcoin dan ethereum merosot, termasuk dogecoin yang sempat mencatat pertumbuhan mengilap.

Mengutipcoinmarketcap.com, bitcoin turun 1,47 persen dalam 24 jam terakhir atau 2,67 persen dalam sepekan terakhir menjadi US.223 per keping.

Serupa, ethereum juga melorot 3,38 persen dalam semalam menjadi US.535 per keping. Diikuti oleh BNB yang jatuh 1,66 persen menjadi US0,53 per keping.

Selanjutnya, cardano merosot 2,27 persen ke posisi USJakPro Sebut Formula E Raup Laba Rp6,41 Miliar******

Penyelenggaraan Jakarta E-Prix atau Formula E Tahun 2022 mencatatkan laba sebelum pajak senilai Rp6,41 miliar.
Penyelenggaraan Jakarta E-Prix atau Formula E Tahun 2022 mencatatkan laba sebelum pajak senilai Rp6,41 miliar. (AFP/BAY ISMOYO).
Jakarta, CNN Indonesia--

VP Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo atau JakPro Syachrial Syarief mengklaim penyelenggaraan Jakarta E-Prix atau Formula E 2022 mencatatkan labasebelum pajak senilai Rp6,41 miliar.

Data itu ia sebut berdasarkan laporan inhouse penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022.

"Jadi kami sampaikan kembali bahwa Rp6,41 miliar merupakan laba dalam penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022. Tentunya sudah memperhitungkan keseluruhannya, termasuk pemenuhan kewajiban-kewajibannya. Sedangkan kewajiban kepada Jaya Ancol sudah dilakukan pada bulan Agustus 2022 lalu," ujar Syachrial dalam keterangannya, Sabtu (5/11).

Selanjutnya, Jakpro menunggu hasil audit yang dilakukan KAP independen yang diperkirakan selesai akhir tahun 2022 ini.

"Audit keuangan Jakarta E-Prix 2022 masih berlangsung oleh KAP" ujar dia.

Syachrial menegaskan audit laporan keuangan Formula E 2022 masing berlangsung sampai saat ini. Audit dilakukan oleh lembaga independen atau Kantor Akuntan Publik (KAP). "Bukan oleh BPK sesuai informasi sebelumnya," kata dia.

Lihat Juga :
Edukasi KeuanganTips Investasi Valas saat Dolar AS Gagah Perkasa, Jual atau Beli?

Audit merupakan review laporan keuangan sebuah perusahaan atau bisnis yang dilakukan secara independen dan obyektif.

Tujuan audit tersebut untuk memberi kepastian bagi setiap pemangku kepentingan bahwa laporan dibuat sudah akurat, lengkap, dan sejalan dengan standar ketentuan audit.

Sebagai informasi, polemik ajang Formula E di Jakarta tengah menuai perhatian publik. Hal ini tak lepas dari pemanggilan oleh KPK terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 7 September lalu.

Anies diminta keterangan oleh KPK yang tengah melakukan penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta. Pada 5 Oktober lalu, Anies menjamin tak menerima duit sepeserpun dari gelaran Formula E.

[Gambas:Video CNN]



(rzr/dzu),3913 per keping, dan solana terjun bebas 3,37 persen ke posisi US,16.

Dari 10 kripto dengan kapitalisasi pasar utama, hanya tether dan binance yang tercatat stagnan. Posisi mereka di zona hijau, namun tidak mencatat pertumbuhan berarti.

Lihat Juga :
The Fed Makin 'Galak' Suku Bunga Naik 75 Bps, Tertinggi Sejak 2008

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)

Menhub Klaim Jepang, Korea, dan Inggris Akan Investasi di Proyek MRT******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan investor dari Jepang, Korea Selatan, dan Inggris akan berinvestasi dalam pembangunan MRT Jakarta.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan investor dari Jepang, Korea Selatan, dan Inggris akan berinvestasi dalam pembangunan MRT Jakarta. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan investor dari Jepang, Korea Selatan, dan Inggris akan berinvestasi dalam pembangunan MRT Jakarta.

Menurutnya, investasi itu akan disahkan di sela-sela KTT G20. Kemenhub dan Pemprov DKI Jakarta akan menjadi perwakilan Indonesia dalam penandatanganan kerja sama tersebut.

"Yang membanggakan adalah investornya tak hanya Jepang, tetapi Korea dan Inggris akan masuk sebagai konsorsium yang memberikan allowance. Kami rencanakan pada G20 akan ada signing," kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (2/11).

Budi menyampaikan MRT Jakarta menjadi bagian penting dari pembangunan transportasi massal perkotaan Indonesia. Menurutnya, berbagai transportasi massal di Jakarta akan menjadi percontohan untuk daerah lainnya.

"Dalam catatan bahwa kerugian secara akumulatif apabila angkutan massal tidak dilakukan, paling tidak terdapat kerugian Rp100 triliun dalam massa satu tahun. Oleh karana itu, cukup beralasan untuk dilakukan intensifikasi angkutan massal di semua kota," ucap Budi.

Lihat Juga :
KSPI soal Ancaman Resesi: Jangan Dipikir Buruh Bodoh, Ditakuti Terus

Sebelumnya, Budi menawarkan proyek transportasi massal di Indonesia ke investor dari sejumlah negara. Salah satu proyek yang ditawarkan Budi adalah MRT Jakarta.

Pada acara ASEAN di 28th ASEAN Transport Minister Meeting di Bali, Budi menawarkan proyek fase keempat MRT Jakarta ke Korea Selatan. Proyek perkeretaapian yang ditawarkan mencakup MRT Jakarta Fase 4, pengembangan LRT Jakarta, dan pengembangan LRT Bali.

"Kami sangat berharap Korea Selatan dapat berpartisipasi dalam pengembangan MRT Jakarta Fase 4 dan mengulang kerja sama baik yang pernah terjalin sebelumnya pada pengembangan LRT Jakarta fase pertama," ucap Budi seperti dilansir Antara, Selasa (18/10).

[Gambas:Video CNN]



(dhf/dzu)

Harga Kripto Menguat, Dogecoin Naik Peringkat Susul Ethereum******

Harga kripto dogecoin melesat. Bahkan, dogecoin naik ke peringkat 8 sebagai kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar.
Harga mayoritas kripto menguat, dengan penguatan terbesar dialami dogecoin. Bahkan, dogecoin naik ke peringkat 8 sebagai kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. (iStockphoto/Adrian Black).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto menghijau dalam semalam. Yang paling mengagetkan, dogecoin naik peringkat ke posisi 8 dari 10 koin digital dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Dogecoin melaju meninggalkan cardano dan solana yang terus melempem. Dalam 24 jam terakhir, dogecoin tercatat tumbuh 14,05 persen atau 125,39 persen dalam sepekan terakhir.

Saat ini, sekeping kripto yang difavoritkan Pendiri SpaceX Elon Musk tersebut dibanderol USHarga Emas Antam Melesat Rp8.000 Jadi Rp944 Ribu per Gram******

Harga emas Antam melesat Rp8.000 per gram menjadi Rp944 ribu pada Rabu (2/11) jelang kenaikan suku bunga The Fed.
Harga emas Antam melesat Rp8.000 per gram menjadi Rp944 ribu pada Rabu (2/11) jelang kenaikan suku bunga The Fed. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp944 ribu per gram pada Rabu (2/11). Harga emastercatat naik Rp8.000 per gram dibanding perdagangan sebelumnya yang sebesar Rp936 ribu per gram.

Harga pembelian kembali (buyback) naik lebih tinggi sebesar Rp10 ribu per gram di posisi Rp830 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp522 ribu, 2 gram Rp1,828 juta, 3 gram Rp2,717 juta, 5 gram Rp4,495 juta, 10 gram Rp8,935 juta, 25 gram Rp22,212 juta, dan 50 gram Rp44,345 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Mengikuti, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX juga naik 0,20 persen menjadi US.653 per troy ons dan harga emas di perdagangan spot naik 0,10 persen ke US.649,63 per troy ons pada pagi ini.

Lihat Juga :
Mengapa Harga Pertalite Tidak Turun, Padahal Harga Minyak Landai?

Namun, Senior Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan harga emas cenderung datar pada perdagangan sepanjang hari ini jelang pertemuan bank sentral AS The Fed malam ini (Kamis dini hari WIB).

"Antisipasi investor terpecah pada kemungkinan The Fed akan sedikit less hawkish atau tidak, walaupun tetap menaikkan suku bunga sebesar 75 bps (basis poin)," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.630 per troy ons dan resistance US.660 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir),143.

Sekeping bitcoin sekarang ini dihargai US.510, sedangkan ethereum dipatok US.586 per koin.

Selanjutnya, XRP naik tipis 0,88 persen ke posisi USAnalis Prediksi Harga CPO Melandai di Tahun Depan******

Analis Oil World Thomas Mielke memperkirakan harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) tidak akan jatuh terlalu dalam pada 2023.
Analis Oil World Thomas Mielke memperkirakan harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) tidak akan jatuh terlalu dalam pada 2023. (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS).
Nusa Dua, CNN Indonesia--

Analis Oil WorldThomas Mielke memperkirakan harga minyak kelapa sawit(crude palm oil/CPO) tidak akan jatuh terlalu dalam pada 2023.

Hal ini disebabkan produksi minyak sawit akan naik pada tahun depan. Selain itu, harga CPO akan dipengaruhi oleh masalah geopolitik, iklim dan energi.

"Harga minyak sawit dunia tidak mungkin jatuh kembali ke posisi terendah sebagaimana terjadi baru-baru ini. Pada 28 September kemarin, harga RBD Palm Olein Malaysia mencapai FOB US0 per ton. Walaupun kembali membaik pada 2 November sebesar US5 per ton," ujar Mielke saat berbicara di 18th Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) and 2023 Price Outlook di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Jumat (4/11).

Kendati demikian, lanjutnya, kenaikan produksi sawit dunia yang tumbuh signifikan sepanjang 40 tahun terakhir sejak 1980 hingga 2022 menghadapi tantangan produktivitas.

Total produksi sawit dunia mencapai 78,3 juta ton sampai 2022 yang berkontribusi 32 persen terhadap produksi minyak dan lemak (oil and fats).

"Pertumbuhan minyak sawit telah kehilangan dinamikanya akibat sejumlah faktor yang mempengaruhinya yaitu penurunan produktivitas, rendahnya pembukaan kebun baru, kekurangan tenaga kerja, dan masalah hama penyakit tanaman," tutur Mielke.

Lihat Juga :
Perhelatan KTT G20 Serap 33 Ribu Pekerja

Sebelumnya, rata-rata kenaikan produksi sawit dalam 10 tahun terakhir mencapai 2,9 juta ton/tahun sampai 2020.

"Namun, rerata produksi sawit bakalan turun menjadi 2,3 juta ton dalam 10 tahun mendatang sampai 2030," imbuh Mielke.

Dari Aspek permintaan, program biodiesel sangat mempengaruhi kebutuhan sawit dunia. Mielke menjelaskan produksi biodiesel naik dua kali lipat dalam 10 tahun terakhir.

Saat ini, harga CPO naik karena daya saing kelapa sawit di Indonesia dan dampak program pencampuran biodiesel.

Lihat Juga :
Edukasi KeuanganTips Investasi Valas saat Dolar AS Gagah Perkasa, Jual atau Beli?

Data Oil World menyatakan produksi biodiesel Indonesia mencapai 8,7 juta ton pada 2022 atau naik 3,3 juta ton dalam 4 tahun belakangan. Setelah harga minyak sawit domestik jatuh di bawah minyak gas, penggunaan biodiesel dapat melebihi mandatori.

Di Amerika Serikat produksi biodiesel telah melebihi 10 juta ton pada 2022 dan meningkat lebih tinggi pada 2023. Begitupun dengan produksi biodiesel Brasil yang meningkat setidaknya 6 juta ton pada 2023.

Untuk proyeksi harga minyak nabati di tahun depan, Oil World memperkirakan harga minyak sawit termasuk minyak nabati sedikit menurun dari tahun ini.

"Ada tren penurunan minyak bunga matahari, kedelai, dan rapeseed, akibat pasokan yang naik tajam, kemungkinan akan membuat harga minyak kedelai dan oil seed turun sebesar US0 hingga US0 per ton dari level saat ini, bahkan bisa terdiskon US0 per ton," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mts/dzu),4648 per keping. Lalu, USD coin stagnan di posisi US per keping.

Sementara sisanya tercatat meradang. Antara lain, cardano dan solana yang jatuh masing-masing 1,54 persen dan 1,35 persen.

Lihat Juga :
ANALISISInflasi Terjaga di 5,71 Persen, Jaminan RI Bebas Krisis dan Resesi?

Cardano makin murah meriah dibanderol USBSU Tahap 7 Cair Hari Ini, Cek Penerimanya Lewat Pospay******

Pemerintah dijadwalkan mencairkan BSU tahap 7 hari ini, Selasa (2/11). Pencairan dilakukan PT Pos dan bisa dicek melalui Pospay.
Pemerintah dijadwalkan mencairkan BSU tahap 7 hari ini, Selasa (2/11). Pencairan dilakukan PT Pos dan bisa dicek melalui Pospay. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah dijadwalkan mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 7 hari ini, Selasa (2/11). Pencairan akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia(Persero) dan bisa dicek melalui Pospay.

Bantuan senilai Rp600 ribu tersebut diberikan oleh pemerintah kepada para pekerja yang terdampak secara ekonomi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

BSU diberikan kepada pekerja bergaji maksimal Rp3,5 juta per bulan dengan syarat terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.

"Tahap terakhir ini tersisa sekian juta, mudah-mudahan segera pada November ini selesai dan insyaallah terealisasi 100 persen," katanya dalam Pembukaan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional di JCC, Jumat (28/10).

Lihat Juga :
Rokok Murah Banjiri Pasar

Dikutip dari CNBC, berikut cara cek penerima BSU tahap 7 lewat Pospay:

1. Unduh aplikasi Pospay di Play Store
2. Registrasi Akun dengan membuat username, password, masukan kode OTP yang dikirim via SMS, dan membuat PIN transaksi
3. Kemudian masuk ke akun terdaftar dengan cara klik tombol berwarna merah di pojok kanan halaman utama dan klik logo Kementerian Ketenagakerjaan
4. Klik BSU Kemenaker 1 pada bagian Jenis Bantuan
5. Kemudian klik tautan Ambil Foto Sekarang untuk mengambil foto e-KTP. Jika sistem tidak bisa memproses foto, Anda bisa kembali mengambil ulang foto e-KTP Anda
6. Masukkan data pribadi
7. Jika NIK sudah sesuai dengan data penerima BSU, akan muncul QR Code
8. Anda bisa menunjukkan QR Code tersebut saat mengambil bantuan di Kantor Pos

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir),4 per keping, sedangkan solana dihargai US,23 per keping.

Baik cardano maupun solana sama-sama turun ke peringkat sembilan dan sepuluh dalam 10 koin teratas.

Saat ini, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/bir)




bab terbaru:dewa4d

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
arta88
daftar permainan slot gacor
mahjong ways 3 dimana
erek erek anting anting
wingbet303
tutorial pasang togel online
infortpslot
rtp cinema777
qris togel
Daftar isi semua bab
Bab 1 777 slot gacor
Bab 2 situs paling gacor 2023
Bab 3 micin4d
Bab 4 cara mendapatkan uang dengan membaca
Bab 5 tatabet
Bab 6 judi 55 slot
Bab 7 judi slot gacor
Bab 8 mansion77
Bab 9 totoabadi
Bab 10 daftar nama slot online
Bab 11 pinjaman online 30 hari
Bab 12 daftar pinjol legal ojk
Bab 13 janda303
Bab 14 deluxe 88 slot
Bab 15 slot resmi paling gacor
Bab 16 cara mengajukan cicilan di lazada
Bab 17 championqq
Bab 18 slot bonus new member 25 25
Bab 19 anti rungkad
Bab 20 situs slot gacor hari ini 2023
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5802bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Catatan Pengaduan

99onlinesport
Twitter akan menginformasikan keputusan PHK bagi sejumlah karyawannya melalui email yang akan dikirim pada Jumat pukul 09.00 waktu Pasifik.
Twitter akan menginformasikan keputusan PHK bagi sejumlah karyawannya melalui email yang akan dikirim pada Jumat pukul 09.00 waktu Pasifik. (REUTERS/Dado Ruvic).
Jakarta, CNN Indonesia--

Twitter akan menyampaikan keputusan PHKbagi sejumlah karyawannya melalui email yang akan dikirim pada Jumat pukul 09.00 waktu Pasifik. Rencana PHK itu seiring dengan diambil alihnya perusahaan sosial media tersebut oleh Elon Musk.

"Dalam upaya untuk menempatkan Twitter di jalur yang sehat, kami akan melalui proses sulit untuk mengurangi tenaga kerja global kami pada hari Jumat," kata email yang dikirim pada hari Kamis, dikutip dari Reuters, Jumat (4/11).

Dalam hal ini, Twitter menyatakan akan menutup kantornya sementara waktu, termasuk akses untuk memastikan keamanan setiap karyawan, serta sistem dan data pelanggan.

Pengiriman email tersebut tidak hanya bagi karyawan yang akan di-PHK melainkan juga bagi pekerja yang tidak terpengaruh kebijakan layoff tersebut.

Sementara itu, rencana PHK itu muncul setelah Musk menuntut pemotongan biaya yang dalam dan memberlakukan etos kerja baru yang agresif di seluruh perusahaan media sosial.

Dia telah mengarahkan tim Twitter untuk menemukan penghematan biaya infrastruktur tahunan hingga US miliar.

Dia telah membersihkan jajaran senior perusahaan, memecat kepala eksekutif dan eksekutif keuangan dan hukum puncaknya. Yang lain, termasuk mereka yang duduk di divisi periklanan, pemasaran, dan sumber daya manusia, pergi sepanjang minggu lalu.

Lihat Juga :
Pertamina Respons Kelangkaan Minyak Tanah di Sorong: Ulah Mafia

Minggu pertama Musk sebagai pemilik Twitter ditandai dengan kekacauan dan ketidakpastian.

Dua pertemuan di seluruh perusahaan dijadwalkan, hanya dibatalkan beberapa jam kemudian. Karyawan mengatakan kepada Reuters bahwa mereka dibiarkan mengumpulkan informasi melalui laporan media, grup pesan pribadi, dan forum anonim.

PHK, yang sudah lama diharapkan, telah mendinginkan budaya perusahaan Twitter yang terkenal terbuka yang telah dihormati oleh para karyawannya.

Tak lama setelah email masuk ke kotak masuk karyawan Twitter, ratusan orang membanjiri saluran Slack perusahaan untuk mengucapkan selamat tinggal, kata dua karyawan kepada Reuters.

Lihat Juga :
Krisis Solar Ancam Dunia, Stok AS Sisa 25 Hari

Seseorang mengundang Musk untuk bergabung dengan saluran tersebut, kata sumber tersebut.

"Jika Anda berada di kantor atau dalam perjalanan ke kantor, silakan kembali ke rumah," kata Twitter dalam email pada hari Kamis.

Adapun saat ini Twitter merugi sekitar US juta per hari dengan semua pengeluaran dan pendapatan dipertimbangkan.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

Pelindung Negara Long Shuai

maxwin slot88
Ekonom senior Faisal Basri menyebut ada 3 tips yang bisa dilakukan masyarakat agar tetap selamat jika ancaman resesi global menjalar ke ekonomi RI.
Ekonom senior Faisal Basri menyebut ada 3 tips yang bisa dilakukan masyarakat agar tetap selamat jika ancaman resesi global menjalar ke ekonomi RI. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonomi Senior Faisal Basri membeberkan beberapa tips bagi masyarakat jika Indonesia mengalamiresesi.

Hal tersebut ia ungkapkan saat berbincang dengan Ronal Surapradja dan Tike Priatnakusumah melalui kanal Youtube RoTivi. CNNIndonesia.comtelah mendapatkan izin untuk mengutip obrolan tersebut.

Faisal menerangkan bahwa kondisi ekonomi global sedang tidak baik-baik saja. Penyebab utamanya, perang Rusia-Ukraina.

Hal tersebut membuat rantai pasok dan harga energi melambung. Imbasnya inflasi di sejumlah negara melonjak.

Untuk mengendalikan inflasi itu, sejumlah bank sentral setiap negara pun menaikkan suku bunga acuan. Di sisi lain kenaikan suku bunga ini dapat melemahkan ekonomi negara bersangkutan.

Karenanya, ancaman resesi global pun bisa terjadi pada 2023. Meski begitu, Faisal mengatakan Indonesia masih jauh dari resesi karena pertumbuhan ekonominya masih cukup baik.

Namun, ia juga memberikan beberapa tips terkait apa yang harus dilakukan jika Indonesia resesi.

Lihat Juga :
Krisis Solar Ancam Dunia, Stok AS Sisa 25 Hari

Berikut tips dari Faisal Basri.

1. Simpan Uang Tunai

Menurut Faisal, saat kondisi ekonomi sedang memburuk, uang tunai merupakan sarana paling baik untuk menyimpan aset.

"Cash is the king," kata dia seperti dikutip pada Kamis (3/10).

Saat resesi uang tunai sangat dibutuhkan karena bisa membeli apapun. Sementara, harga barang-barang bisa turun karena permintaan yang melambat.

[Gambas:Video CNN]

2. Jangan Rakus

Faisal mengatakan ketika memiliki uang tunai, seseorang juga tidak boleh rakus untuk membelanjakan uangnya tersebut.

Misalnya, jangan karena harga sedang turun, secara serampangan belanja. Menurut Faisal, sebelum mempergunakan uang harus dipikirkan dulu risiko ke depannya.

"Jangan rakus, jadi jangan nafsu, misalnya harga emas lagi turun, semua uang taruh di emas, itu bahaya," kata Faisal.

3. Investasi

Ia juga mengatakan dalam menghadapi ancaman resesi, seseorang perlu berinvestasi. Namun, ia menyarankan untuk berinvestasi pada instrumen yang memiliki keuntungan yang pasti.

Ia pun menyebut saham sebagai salah satu instrumen yang bisa menjadi pilihan.

"Karena logikanya kalau pegang saham, dalam jangka panjang, tidak pernah rugi itu," kata Faisal.

Lihat Juga :
Transaksi Valas Melesat 40 Persen di Bali Jelang G20
(mrh/sfr)

Kemana perginya integritas moral sang dewi?

voucher belanja shopee

Penguasa Misteri

paduka138

Kehidupan budidaya yang santai di kota

situs slot 555

keyakinan abadi

dana gacor 777