petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cheat slot pragmatic

erek2 01 331Jutaan kata 198360Orang-orang telah membaca serialisasi

《cheat slot pragmatic》

Apa Kata Pakar soal Hilirisasi Digital yang Jadi Program Gibran?******

Sejumlah pengamat tak mengerti maksud hilirisasi digital yang disampaikan oleh Gibran saat debat cawapres. Istilah yang baru didengar.
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat pertama Cawapres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023). (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengamat merespons pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Rakasoal hilirisasi digital.

Gibran berulang kali menyampaikan istilah hilirisasi digital dalam debat cawapres Pilpres 2024, Jumat (22/12).

"Kami akan lanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," ucap Gibran.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Izzudin Al Farras Adha mengatakan tidak ada istilah hilirisasi digital dalam dunia akademik.

"Saya tidak tahu karena tidak ada istilah hilirisasi digital di dalam berbagai literatur akademik maupun dokumen laporan terkait," katanya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (23/12).

Izzudin lantas mengatakan yang sebaiknya menjelaskan terkait hilirisasi digital adalah tim sukses Prabowo-Gibran.

Senada, Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Nailul Huda mengaku heran dengan istilah hilirisasi digital ala Gibran tersebut. Ia menyebut apa yang disampaikan Gibran tidak jelas dan hanya diucapkan untuk kepentingan kampanye semata.

"Hilirisasi digital itu program yang tidak jelas, tidak terarah, hanya untuk strategi kampanye menyasar pemilih yang terkesima dengan jargon-jargon hilirisasi dan digital. Tapi jadi bahan tertawaan masyarakat lainnya," katanya.

Lihat Juga :
Budiman Sebut Prabowo-Gibran Komitmen Genjot Infrastruktur Digital

Nailul menjelaskan hilirisasi biasanya proses pengolahan bahan baku atau raw material menjadi barang yang memiliki nilai tambah tinggi.

"Apa yang mau dihilirisasi dari digital? Teknologinya, manusianya, atau apa? Ini dari digital apa yang raw material? Nilai tambahnya di mana?" katanya.

Sementara Founder Drone Emprit Ismail Fahmi juga baru mendengar istilah hilirisasi digital seperti yang disampaikan Gibran.

"Baru dengar istilah itu. Musti tanya ke tim 02 apa yang mereka maksud," kata Ismail.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira juga mengatakan hilirisasi yang disampaikan Gibran agak rancu karena digital merupakan jasa, bukan barang industri atau komoditas.

Padahal terminologi hilirisasi, kata Bhima, biasanya melekat pada penciptaan nilai tambah pada sektor berbasis komoditas atau industri.

"Kalau yang dimaksud Gibran seperti AI kemudian blockchain dan web3 itu lebih tepatnya inovasi digital. Maksudnya mungkin pengembangan digitalisasi karena saat ini sudah sampai pada tahap web4 di mana teknologi internet tidak hanya terdesentralisasi tapi juga tersebar luas," kata Bhima.

Sedangkan Praktisi Teknologi Informasi, Ainun Nadjib berpendapat bahwa yang Gibran ucapkan tidak realistis karena belum ada ekosistem yang mendukung Indonesia menguasai hulu sampai ke hilir di sektor digitalisasi.

"Hilirisasi itu kan ketika kita menguasai hulu, tapi tidak menguasai hilir, misalnya tambang bahan mentah kita punya, tapi belum bisa mengolah," ucap Ainun.

"Lah digital itu kita tidak menguasai hulunya, China saja tidak menguasai hulunya. Justru karya-karya anak bangsa adanya hilir semua, aplikasi2 yang langsung dipakai masyarakat sebagai produk akhir," ucap Ainun kemudian.

[Gambas:Twitter]

Lihat Juga :
Budiman Jelaskan Hilirisasi Digital ala Gibran di Debat Cawapres

Penjelasan kubu Gibran

Sementara itu, Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko mengatakan hilirisasi digital yang disampaikan Gibran dimaknai dalam dua hal.

Pertama, hilirisasi digital sebagai bentuk pembangunan ekosistem digital atau digitalisasi rantai pasok.

"Dari hulu sampai hilir berupa produk alat teknologi atau technological devices seperti laptop, smartphone, komputer personal untuk berbagai sektor industri," katanya.

Artinya, sambung Budiman, membangun ekonomi digital tidak cukup hanya pengembangan aplikasi saja tetapi juga mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet serta membangun industri perangkat digitalnya pula.

Pengembangan hilirisasi digital dengan pendekatan ekosistem itu, katanya sering diistilahkan dengan Device, Network and Application (DNA).

"Sumber daya apa yang dibangun dalam ekosistem ini dan bernilai tambah tinggi? Data. Karena itu tepat sekali ketika Mas Gibran juga mengingatkan pentingnya membangun sistem Cyber Security dan Cyber Defense saat bicara ekonomi digital, karena pada akhirnya, data dan pengolahan data secara digital (dengan menggunakan teknologi AI atau Blockchain) yang memiliki nilai tambah ekonomi terbesar," katanya.

Lihat Juga :
DEBAT CAWAPRESGibran Janji Lanjutkan Hilirisasi Banyak Sektor Jika Menang Pilpres

Pemaknaan kedua terkait hilirisasi digital, kata Budiman, adalah melakukan digitalisasi secara intensif dalam suatu rantai pasok industri. Hal itu terkait potensi teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses industri di semua lini.

"Sebagai contoh untuk rantai pasok pangan, maka hilirisasi digital dimaknai dengan penerapan teknologi digital sejak pengembangan pupuk dan bibit unggul, proses produksi melalui IOT Smartfarming, digitalisasi logistik dan distribusi, digitalisasi pengolahan hasil pertanian hingga pengembangan e-commerce sektor pangan," katanya.

Budiman mengatakan hilirisasi digital telah diterapkan di China dan Amerika Serikat (AS). China, katanya, membangun ekonomi digitalnya dengan lengkap mulai dari teknologi chips, industri perangkat digital, teknologi internet, hingga pengembangan aplikasi-aplikasi berbasis AI yang sangat canggih.

Sementara AS, memiliki kapasitas teknologi yang kuat di pengembangan teknologi chips, perangkat digital dan teknologi satelit.

"Kedua negara tersebut kemudian dengan mudah melakukan digitalisasi di berbagai sektor industrinya," kata Budiman.

(fby/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Beli Anggur Muscat di Transmart buat Tahun Baruan Diskon 20% Tiap Hari******

Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari buat beragam produk segar terpilih seperti anggur hijau muscat. Cus beli buat tahun baruan!
Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari buat beragam produk segar terpilih, salah satunya anggur hijau muscat (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari buat beragam produk segar terpilih, salah satunya anggur hijau muscat. Cus, beli banyakan buat stok tahun baruan!

Buah yang lagi viral di media sosial ini banting harga di Transmart jadi Rp5.592 per 100 gram dari harga promo Rp6.990 per 100 gram. Murah banget, kan?

Lihat Juga :
Serbu Daging Shabu di Transmart buat Stok Tahun Baruan, Ada Diskon 20%

Biar bisa dapat diskon belanja 20 persen ini, pelanggan cukup lakukan transaksi menggunakan Allo Prime atau Kartu Kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Kapan lagi bisa beli anggur segar berkualitas semurah ini kalau bukan di Transmart! Mumpung lagi diskon, langsung aja ke Transmart sekarang juga ya dan borong anggur muscat buat tahun baruan!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

AP II Prediksi Puncak Mudik Penumpang Pesawat Terjadi Hari Ini******

Angkasa Pura II memprediksi puncak arus balik penumpang pesawat di musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terjadi pada Selasa (2/1) ini.
Angkasa Pura II memprediksi puncak arus balik penumpang pesawat di musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terjadi pada Selasa (2/1) ini. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa Pura II(Persero) memprediksi puncak arus balik penumpang libur Natal2023 dan Tahun Baru 2024 melalui di 20 bandara yang mereka kelola bakal terjadi pada 2-4 Januari 2024.

Direktur Operasi AP II Agus Haryadi menyampaikan pada puncak arus balik libur natal dan tahun baru ini pihaknya memproyeksikan 245 ribu orang menumpang pesawat.

"Pada arus balik mulai 1-4 Januari 2024, sebanyak 20 bandara AP II diproyeksikan melayani penumpang pesawat sebanyak 935 ribu orang. Adapun puncak arus balik diperkirakan pada 2 Januari 2024 dengan penumpang sebanyak 245 ribu orang," katanya Senin (1/1) seperti dikutip dari Antara.

"Saat puncak arus balik pada 2 Januari 2024, penumpang diperkirakan mencapai 165 ribu orang," katanya lagi.

Guna memastikan kesiapan personel dan fasilitas dalam melayani penumpang pesawat saat arus balik itu, pihaknya tengah menyiapkan beberapa titik penting operasional pelayanan.

"Melalui rencana operasi dan pelayanan, kami memastikan kesiapan dan kecukupan personel serta fasilitas bandara baik di sisi udara maupun sisi darat," ujarnya pula.

Agus menuturkan kolaborasi yang erat di antara stakeholder juga diperlukan untuk memastikan kelancaran arus balik.

"Terminal Operation Center di bandara-bandara AP II, juga Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Soekarno-Hatta, dan Posko Monitoring Natal-Tahun Baru di seluruh bandara, menjadi wadah kolaborasi dan koordinasi seluruh pihak untuk memastikan kelancaran operasional bandara, pergerakan pesawat di bandara, dan alur penumpang," ujar dia.

Adapun untuk titik penting operasi dan pelayanan yang disiapkan itu difokuskan pada adalah alokasi parkir pesawat, penanganan bagasi penumpang pesawat, ketersediaan moda transportasi publik dan lalu lintas di bandara.

Agus juga menuturkan koordinasi dengan maskapai dan perusahaan ground handling terus diperkuat, sehingga proses penanganan bagasi mulai dari pesawat hingga ke baggage claim area di terminal penumpang, dan sebaliknya, dapat berjalan baik dan lancar.

"Kelancaran penanganan bagasi membutuhkan kolaborasi seluruh pihak. Alokasi parkir pesawat juga mendukung kelancaran penanganan bagasi," katanya lagi.

Kemudian, AP II juga telah berkoordinasi dengan penyedia transportasi publik agar dapat melakukan rotasi dengan baik terhadap armadanya, sehingga dapat menyediakan transportasi bagi penumpang pesawat.

"Di Bandara Soekarno-Hatta, kami memiliki Land Transport Control Center (LTCC) untuk memantau pergerakan transportasi darat seperti taksi, bus, dan lainnya selama 24 jam. Ini guna memastikan ketersediaan armada bagi penumpang pesawat untuk mengantar mereka menuju tempat tinggal," ujarnya pula.

Selanjutnya, titik penting pada aspek pelayanan adalah manajemen terkait keterlambatan penerbangan, fasilitas publik, serta proses keberangkatan maupun kedatangan.

"Potensi keterlambatan penerbangan atau delay pasti ada, karena beragam faktor. Maskapai dan pengelola bandara akan menjalankan manajemen delay sesuai dengan prosedur dan regulasi," kata dia lagi.

[Gambas:Video CNN]



(antara/agt)




bab terbaru:pinjaman yang cepat cair

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
link judi slot terpercaya
rajalotre
slot depo 20rb dana
angka jitu hk malam ini
avantee pinjaman online
situs slot terpercaya gacor 2023
mantap slot link alternatif
transaksi kredivo gagal
mbaktoto
Daftar isi semua bab
Bab 1 lt88
Bab 2 logo slot gacor
Bab 3 slot300
Bab 4 slot pahlawan
Bab 5 hatoribet888
Bab 6 trik slot duo fu
Bab 7 warisan138
Bab 8 daftar pinjaman online legal
Bab 9 batikslot138
Bab 10 rtp pucuk4d
Bab 11 top138
Bab 12 app akulaku adalah
Bab 13 max slot login
Bab 14 voucher vidio com gratis
Bab 15 slot aman
Bab 16 key4d
Bab 17 situs slot gacor
Bab 18 erek erek kesurupan
Bab 19 tempat slot terbaik
Bab 20 angka main quezon hari ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2379bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Asimilasi Tertinggi

slot8bet
Menkop UKM Teten mendesak Permendag 31/2023 direvisi dalam 3 bulan demi memasukkan aturan harga jual di e-commerce.
Menkop UKM Teten mendesak Permendag 31/2023 direvisi dalam 3 bulan demi memasukkan aturan harga jual di e-commerce. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mendesak Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik harus direvisi dalam tiga bulan ke depan.

Ia meminta dalam aturan yang diundangkan September lalu itu, mengatur larangan platform perdagangan digital, seperti e-commerce, menjual produk di bawah harga pokok penjualan (HPP).

"Saya mengusulkan tiga bulan ke depan harus ada revisi Permendag untuk lebih menyempurnakan karena belum ada aturan HPP," katanya dalam konferensi pers di Gedung SMESCO, Jakarta, Selasa (21/12).

Teten juga mengatakan selama ini pengawasan terhadap perdagangan online dan perdagangan offline tidak sebanding. Menurutnya, perdagangan online tidak begitu ketat.

"Banyak sekali barang yang dijual di online tidak dilengkapi dokumentasi impornya. Bahkan para merchant yang menjual di marketplace tidak memiliki dokumen itu," katanya.

"Jadi selama ini ada pengaturan yang jomplang di offline dan online. Jadi sekarang di online bisa menjual barang yang tidak memenuhi standar," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Kembali ke dunia roh

situs game gacor
Beli sepeda listrik di Transmart mumpung besok ada diskon gede-gedean Full Day Sale dari harga normal Rp5 jutaan jadi cuma Rp3,5 juta aja.
Beli sepeda listrik di Transmart mumpung besok ada diskon gede-gedean Full Day Sale dari harga normal Rp5 jutaan jadi cuma Rp3,5 juta aja. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Masih belum punya sepeda listrik karena khawatir kemahalan? Nah,beli aja di Transmart mumpung sepeda listrik lagi didiskon gede-gedean selama gelaran Full Day Sale.

Kamu harus tahu kalau besok (7/1) Transmart Full Day Sale kasih diskon sepeda listrik jadi cuma Rp3,5 juta aja. Penasaran, kan?

Lihat Juga :
Transmart Sekarang Diskon 20% Setiap Hari, Belanja Dijamin Murah!

Aneka jenis sepeda dengan harga miring tersebut bisa pelanggan dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk, gas belanja di Transmart Full Day Sale besok dan bawa pulang sepeda listrik impianmu!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Jiwa naga di dunia ini

sgp 777 slot
Nusantara Superblock merupakan kawasan pusat perkantoran, hiburan, sekolah internasional senilai Rp3 triliun di IKN.
Nusantara Superblock merupakan kawasan pusat perkantoran, hiburan, sekolah internasional senilai Rp3 triliun di IKN. Ilustrasi. (Foto: Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking pembangunan Nusantara Superblock di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ia mengatakan pendanaan proyek senilai Rp3 triliun tersebut berasal dari investor Kalimantan Timur.

"Saya sangat senang karena ada investor dari Kalimantan Timur, investor dari Balikpapan, yang ikut berperan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan investasinya gede, Rp3 triliun," kata Jokowi di IKN, Rabu (20/12).

Lantas apa itu Nusantara Superblock?

Nusantara Superblock merupakan kawasan di atas lahan 7,5 hektare yang terdiri dari hotel bintang 5, hotel bintang 4, apartemen, pusat hiburan, gedung perkantoran, serta sekolah internasional.

Jokowi mengatakan nantinya hotel bintang 5 akan dibangun dengan fasilitas 215 kamar. Kemudian hotel bintang 4 dengan 200 kamar, apartemen sebanyak 8 tower, dan gedung perkantoran sebanyak dua tower.

Nusantara Superblock akan dibangun dengan desain green building. Hal itu, kata Jokowi, sejalan dengan konsep IKN yang ramah lingkungan.

"Jadi konsepnya berbeda dengan kota-kota yang ada di seluruh dunia. Ini nanti bisa disampaikan ke pak kepala otorita desainnya biar nanti dibimbing dikurasi Pak Ridwan Kamil, biar konsepnya sama, kawasan hijau, lingkungan hijau dan green building," kata Jokowi.

Sebelumnya, pembangunan proyek superblock lainnya juga telah dimulai di IKN oleh PT Pakuwon Jati Tbk. Pembangunan proyek senilai Rp5 triliun itu diresmikan Jokowi awal November lalu.

Proyek Pakuwon Nusantara Superblock dibangun di atas lahan 7,2 hektar di Kawasan Sumbu Kebangsaan, tepat di depan tugu titik nol IKN. Kawasan itu nantinya akan terdiri dari pusat perbelanjaan, kondominium, hingga hotel.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Jalan Taiyi Zheng di zaman kuno

situs slot 2022
Belanja makin hemat di Transmart kalau transaksinya pakai Allo Bank atau Bank Mega. Soalnya bisa langsung dapat diskon belanja 20 persen!
Belanja makin hemat di Transmart kalau transaksinya pakai Allo Bank atau Bank Mega. Soalnya bisa langsung dapat diskon belanja 20 persen (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja makin hemat di Transmart kalau transaksinya pakai Allo Bank atau Bank Mega. Soalnya bisa langsung dapat diskon belanja 20 persen!

Selain itu, ada juga diskon hingga 50 persen untuk beragam produk terpilih di Transmart Full Day Sale yang berlaku di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Ada Lagi, Diskon Seharian di Semua Gerai!

Belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah? Tenang, tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Ada banyak produk yang didiskon, mulai dari produk segar dan daging ayam, kebutuhan rumah tangga, furnitur, pakaian anak, barang elektronik, sampai sepeda listrik.

Lengkap banget kan produknya? Cus, siapkan daftar belanjaan buat ke Transmart sekarang juga, ya!

Jangan lupa bayarnya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan dan promo diskon menarik.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Saya sangat ingin mati sebagai guru

situs slot online 2023
Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan, kini terjun ke bisnis daging sapi impor. Berikut alasannya.
Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan, kini terjun ke bisnis daging sapi impor. (Instagram/@veronicatan_official).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Veronica Tan, kini terjun ke bisnis daging sapi impor.

Ia beralasan ingin memberikan dampak yang baik bagi kesehatan masyarakat lewat bisnis yang diberi nama Alpha Agro Indonesia itu.

"Saya ingin memberikan bisnis-bisnis yang berdampak pada orang lain," ujarnya dikutip daridetikfood, Kamis (28/12).

Ia pun mengaku telah membuktikannya sendiri dengan mengonsumsi barang dagangannya tersebut.

"Jadi saya ingin sebuah bisnis yang artinya kita memberikan kualitas yang terbaik. Kita belajar dan makan dengan apa sih yang namanya makanan yang baik dan sehat," jelasnya.

Ia bercerita awal dirinya terjun ke bisnis Alpha Agro Indonesia karena teman-temannya mengerti soal impor daging dan industri makanan dan minuman secara keseluruhan.

Kini, bisnis daging impor Veronica sudah hadir di Jakarta, Surabaya, Bali, Banjarmasin, dan Medan. Selain itu, tersedia juga di beberapa platform e-commerce.

Lihat Juga :
Bandara Husein Bandung Layani Penerbangan Komersial Lagi Mulai Besok

Daging yang dijual, katanya, merupakan kualitas premium di mana yang menjadi unggulan adalah wagyu.'

Veronica memastikan produk daging impornya sudah memenuhi berbagai aspek kelayakan dan mengantongi sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tak hanya itu, sapi-sapi ternak yang dagingnya dipasok oleh Alpha Agro Indonesia katanya diproduksi dengan mempertimbangkan aspek kesejahteraan sapi tersebut.

"Jadi pada saat mereka disembelih, mereka itu sebenarnya sudah ditidurkan dahulu, tapi bukan (diberi) obat tidur. Semacam obat yang masih dalam kategori boleh (digunakan) untuk membuat mereka pingsan, sebelum disembelih, sehingga mereka sebenarnya tidak menderita," pungkasnya.

Bagi Veronica, berbisnis bukan hal baru karena sudah digeluti sejak lama. Sebelumnya ia juga mempunyai bisnis aplikasi layanan home care bernama LoveCare.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kamu Ruxi Xie Chicheng

slot yang baru
BEI menghentikan sementara perdagangan saham Wijaya Karya atau WIKA pada Senin (18/12) ini buntut masalah yang terjadi pada pembayaran Sukuk Mudharabah.
BEI menghentikan sementara perdagangan saham Wijaya Karya atau WIKA pada Senin (18/12) ini buntut masalah yang terjadi pada pembayaran Sukuk Mudharabah. (Dok. Sekretariat Kabinet).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan sahamPT Wijaya Karya(Persero) Tbk atau WIKA pada Senin (18/12) ini.

Penghentian itu dilakukan karena WIKA telah menunda pembayaran pokok Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Wijaya Karya Tahap I Tahun 2020 Seri A (SMWIKA01ACN1). Padahal, kewajiban pembayaran itu jatuh tempo pada hari ini.

Menurut BEI, hal tersebut mengindikasikan adanya permasalahan pada kelangsungan usaha perusahaan pelat merah itu.

BEI juga meminta kepada pihak-pihak terkait untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh WIKA.

Adapun landasan BEI menghentikan sementara perdagangan saham WIKA adalah sebagai berikut:

1. Surat PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. ("Perseroan") No. SE.01.01/A.CORSEC.02005/2023 tanggal 14 Desember 2023 perihal Informasi terkait Pembayaran Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Wijaya Karya Tahap I Tahun 2020 Seri A;

2. Surat PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) No. KSEI-4860/DIR/1223 tanggal 15 Desember 2023 terkait Penundaan Pembayaran Pelunasan Pokok Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Wijaya Karya Tahap I Tahun 2020 Seri A (SMWIKA01ACN1).

[Gambas:Video CNN]

Merespons penghentian itu, manajemen WIKA mengaku dapat memahami langkah BEI. 

"Itu hak dari Bursa Efek Indonesia atas konsekuensi penangguhan pembayaran pokok Sukuk Mudharabah PUB I Tahap I tahun 2020 Seri A yang jatuh tempo pada 18 Desember 2023, di mana WIKA tetap membayarkan bagi hasilnya (kupon) sesuai jadwal dan nilai yang sesuai pada perjanjian dengan pemegang sukuk," kata manajemen dalam pernyataan resmi yang diterima CNNIndonesia.

WIKA berdalih menunda pembayaran pokok sukuk dengan dua pertimbangan.

Pertama,pemberlakuan equal treatmentkepada para kreditur, khususnya pemegang obligasi PUB I Tahap 1 Tahun 2020 yang telah menyetujui perpanjangan jatuh tempo pokok obligasi Seri A selama 2 (dua) tahun dengan opsi beli (call option) sejak tanggal jatuh tempo dengan perseroan tetap membayarkan bunga tanpa melakukan perubahan terhadap tingkat bunga dan jadwal pembayarannya;

Kedua, proyeksi arus kas perseroan di akhir 2023 yang terbatas keterbatasan. Karena terbatas, perseroan memprioritaskan penggunaan kas untuk modal kerja dan pembayaran mitra kerja sebagai bagian dari langkah penyehatan.




(mrh/agt)