petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

radium play link alternatif

diskon 100 ribu shopee 494Jutaan kata 744653Orang-orang telah membaca serialisasi

《radium play link alternatif》

BPOLBF sebut ekologi jadi prinsip tata kelola pariwisata Labuan Bajo******

BPOLBF sebut ekologi jadi prinsip tata kelola pariwisata Labuan Bajo
Plt Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh. ANTARA/HO-Gecio Viana
Kita ingin pariwisata kita maju tapi maju bersama-sama dengan kesejahteraan yang kita impikan.
Labuan Bajo (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Frans Teguh mengatakan aspek ekologi menjadi prinsip dalam tata kelola dan pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pariwisata yang didorong ada kawasan koordinatif dan kawasan otoritatif, saat ini kami berada di kawasan otorita (Parapuar Labuan Bajo) yang menurut mandat perpres (peraturan presiden) kami mendapatkan hak pengelolaan. Tapi hak pengelolaan ini harus bisa dipertanggungjawabkan. Kami kelola dengan prinsip-prinsip ekologis, prinsip memberdayakan masyarakat," kata Frans Teguh, di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (1/3).

Dia menjelaskan tata kelola berbasis salah satunya diterapkan dalam pengembangan lahan otorita Parapuar Labuan Bajo.

"Sehingga yang kami tawarkan dalam konsep pengembangan Parapuar ke depan zona kebudayaan bisa menjadi karakter pengembangan kawasan ini apakah nampak dari simbol, bentuk, bangunan, ketinggian bangunan itu semua saya kira harus jadi hal-hal yang kita atur dalam guidelinepengembangan kawasan. Ini yang kita sudah sedang negosiasi kan teman-teman investor kalau mereka mau membangun ikuti aturan tata ruang," katanya lagi.

Dia menjelaskan Labuan Bajo, Flores sebagai satu entitas pengembangan kepariwisataan dalam tahapan membangun, termasuk pembangunan sumber daya manusianya.

Ia menambahkan bahwa produk-produk kepariwisataan yang disajikan harus benar-benar sesuai dan cocok dengan apa yang menjadi kebutuhan pengunjung atau wisatawan, namun tidak mengesampingkan aspek ekologis dan keberlanjutan.

"Saya tahu dan ini merupakan persoalan kita bersama yakni transformasi sosial-budaya kita yang tadinya agraris, tadinya birokrat, tadinya nelayan sekarang masuk new economy, artinya ada peluang baru di pariwisata, teman-teman pelaku pariwisata sudah paham sekali dunia pariwisata punya standar, kaidah-kaidah, kalau misalnya mau masuk ke sana ya sesuai dengan standar yang diminta," katanya pula.

Dia juga meminta seluruh stakeholder dan media massa memberikan masukan konstruktif dan secara kolektif bekerja untuk membangun pariwisata Labuan Bajo.

Dia meyakini seluruh stakeholder dan media massa akan memberikan kontribusinya sesuai peran masing-masing dalam pengembangan pariwisata yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di seluruh ekosistem kepariwisataan dari hulu sampai hilir.

"Teman-teman media memberikan masukan, penajaman menjaga momentum-momentum yang terbaik ini supaya pariwisata kita lebih berkualitas, kami ingin dorong sesuatu yang lebih meaningfuldan saya kira ini adalah kerja-kerja dalam proses, mudah-mudahan hasilnya optimal karena dalam strategi kita bersama," ujarnya lagi.

"Kita ingin pariwisata kita maju tapi maju bersama-sama dengan kesejahteraan yang kita impikan," katanya pula.
Baca juga: BPOLBF siapkan SDM internal yang unggul dan profesional
Baca juga: Otorita ajak investor lokal bangun Parapuar Labuan Bajo

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

DKI sepekan, Banjir kepung Jakarta sampai kasus DBD meningkat******

DKI sepekan, Banjir kepung Jakarta sampai kasus DBD meningkat
Warga berjalan melintasi banjir di kawasan Kelapa Hybrida Timur, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, Kamis (29/2/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww/aa.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan di DKI Jakarta dalam sepekan mulai Senin (26/2) sampai Sabtu (2/3) menjadi sorotan warga mulai dari Jakarta kembali dikepung banjir hingga peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) pada bulan Februari 2024.

Berikut lima pemberitaan DKI Jakarta selama sepekan yang masih dapat dinikmati para pembaca untuk mengawali pagi di akhir pekan ini.

1. Sebanyak 34 ruas jalan di Jakarta terendam banjir pada Kamis pagi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa
34 ruas jalan di wilayah Jakarta terendam banjir pada Kamis pagi pukul 10.00 atau mengalami peningkatan jumlah dibanding pukul 06.40 dan 09.00 WIB.

"BPBD mencatat saat ini terdapat 34 ruas jalan tergenang yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Baca berita selengkapnya di sini


2. Pemprov DKI bangun empat JPO di Jakarta bernuansa moderen pada 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun empat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dengan konsep bernuansa moderen pada 2024 untuk mewujudkan visi Jakarta menuju kota global.

"Alasannya pembangunan JPO dengan konsep moderen ini tidak hanya memperhatikan estetika dan fungsionalitas, tetapi juga keberlanjutan untuk berkontribusi mewujudkan visi Jakarta menuju kota global," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI Jakarta Wiwik Wahyuni saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya ada di sini


3. Jelang Ramadhan, warga DKI diminta tak panik karena stok pangan aman

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjamin ketersediaan bahan pangan untuk masyarakat menjelang datangnya Ramadhan dan meminta masyarakat tidak perlu melakukan pembelian secara panik (panic buying).

"Kami memastikan, stok pangan di Jakarta menjelang Ramadhan pada kondisi yang aman," kata Heru saat meninjau bazar murah di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis,

Baca berita selanjutnya di sini


4. PUPR lanjutkan normalisasi Ciliwung untuk tangani banjir Jakarta

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan normalisasi Ciliwung untuk menangani banjir di Jakarta.

"Kita harapkan bisa 500 meter, kalau misalkan lebih juga bagus," kata Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Bambang Heri Mulyono saat ditemui di Rumah Pompa Sentiong di Ancol, Jakarta Utara, Kamis.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini


5. Jaksel akui kasus DBD naik 100 persen lebih pada Februari 2024

Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mengakui, kasus demam berdarah dengue (DBD) selama Februari tahun ini di daerah itu naik hingga 100 persen lebih dibandingkan bulan sebelumnya.

"Berdasarkan data ada 149 kasus DBD sepanjang Februari," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan (Sudinkes Jaksel) Yudi Dimyati di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya dapat dibaca di sini
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024

PSI sebut jumlah suara meningkat karena dukungan dari daerah******

PSI sebut jumlah suara meningkat karena dukungan dari daerah
Arsip- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar konferensi pers di Kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Fath Putra Mulya/am.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD PSI Semarang, Melly Pangestu mengatakan meningkatnya perolehan suara PSI dipengaruhi oleh tingginya jumlah dukungan dari beberapa daerah, salah satunya Semarang.

Tingginya jumlah suara di Semarang dapat membuat partai berlambang bunga mawar itu meraih lima kursi di Dewan Perwakilan Rakyat DPR (DPRD) setempat.

"Untuk 2024 belum final perhitungan. Masih tingkat kota. Tapi bisa dipastikan PSI dapat 5 kursi untuk DPRD di 2024,” kata dia dalam keterangan persnya, Sabtu.

Keberhasilan itu dinilai Melly berkat kerja keras para relawan dan kader dalam melakukan kampanye di wilayah Semarang.

Bukan hanya karena kerja keras para kader di wilayah, Melly menilai faktor sosok Kaesang Pangarep selaku Ketua Umum PSI sekaligus putra Presiden RI Joko Widodo menjadi magnet baru bagi warga.

Hal tersebut terbukti ketika perolehan suara PSI tahun ini yang melebihi jumlah saat pemilu 2019 lalu sebelum Kaesang didapuk jadi ketua umum.

"Dua faktor, Kaesang dan Jokowi effectserta perjuangan caleg secara merata,” kata dia.

Dengan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada PSI, dia yakin para kader akan lebih semangat untuk membela kepentingan masyarakat ketika menjadi anggota legislatif.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menilai wajar adanya penambahan suara saat KPU melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024.

Oleh karena itu, dia mengingatkan semua pihak agar tidak tendensius dalam menyikapi penambahan suara untuk PSI.

“Penambahan termasuk pengurangan suara selama proses rekapitulasi adalah hal wajar. Yang tidak wajar adalah apabila ada pihak-pihak yang mencoba menggiring opini dengan mempertanyakan hal tersebut,” kata Grace Natalie dalam siaran resmi PSI di Jakarta, Sabtu.

Dia menambahkan berbagai kemungkinan masih dapat terjadi selama KPU masih merekapitulasi suara para pemilih dalam Pemilu 2024.

Rekapitulasi suara sementara KPU menunjukkan PSI, partai yang saat ini dipimpin oleh Kaesang Pangarep, memperoleh 3,13 persen suara dari pemilihan anggota DPR RI per Sabtu pukul 12.00 WIB. Dalam periode waktu itu, suara yang terhitung mencapai 65,73 persen.

Dengan demikian, PSI hanya membutuhkan kurang dari satu persen suara, tepatnya 0,87 persen suara, untuk dapat mencapai ambang batas parlemen (parliamentary threshold) empat persen. Jika berhasil mencapai ambang batas, maka untuk pertama kalinya, PSI dapat menduduki kursi DPR RI di Senayan.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:impian togel

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
5unsur1
voucher tokopedia pengguna baru
tafsir mimpi togel hari ini
tafsir mimpi 1 100
jam gacor mahjong ways hari ini
cara mendapatkan hadiah uang tunai
josstoto
aplikasi belanja yang ada paylater
baharbet88
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot paling gacor jp
Bab 2 elang win situs slot
Bab 3 istanaimpian4
Bab 4 kakaslot
Bab 5 slot bonus 100 persen
Bab 6 ggbet303
Bab 7 video maxwin gates of olympus
Bab 8 slot95
Bab 9 jarwo slot
Bab 10 tafsir mimpi 57
Bab 11 kantortoto
Bab 12 situs slot 5000
Bab 13 slot gacor hari ini 138
Bab 14 rtp sikat88
Bab 15 sexybaccarat
Bab 16 pinjam uang 5 juta di bank bri
Bab 17 akulaku online
Bab 18 situs slot paling besar
Bab 19 bandar jaya togel
Bab 20 pinjaman di kredivo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah393bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Dewa gila pertama

untungbet
AS Roma merangsek ke lima besar setelah tekuk Monza 4-1
Ilustrasi logo Liga Italia Serie A. (ANTARA/Gilang Galiartha)
Jakarta (ANTARA) - AS Roma merangsek ke posisi lima besar setelah menekuk Monza dengan skor 4-1 pada pekan ke-27 Liga Italia di Stadion U-Power, Monza, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB. Pada pertandingan ini kemenangan AS Roma hadir berkat gol-gol dari Lorenzo Pellegrini, Romelu Lukaku, Paulo Dybala dan Leandro Paredes. Monza sempat membalas melalui Andrea Carboni, demikian catatan Liga Italia. Kini AS Roma menempati posisi kelima klasemen sementara Liga Italia dengan 47 poin dari 27 pertandingan, sementara Monza di peringkat 11 dengan 36 poin. Secara statistik pada pertandingan ini AS Roma menorehkan 50 persen penguasaan bola serta melepaskan total 13 tendangan yang enam diantaranya tepat sasaran. Roma langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan ini dan memberikan ancaman lewat tendangan Lorenzo Pellegrini, namun dapat ditepis kiper Monza Michele Di Gregorio. Skuad asuhan Danielle De Rossi sempat terlebih dahulu membobol gawang Monza lewat tendangan Bryan Cristante, namun dianulir oleh VAR karena ada offside terlebih dahulu. Roma akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 38 lewat tendangan Pellegrini memanfaatkan umpan Lukaku sehingga skor berubah menjadi 1-0. Giallorossi menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 setelah umpan tarik Paulo Dybala dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan Lukaku pada menit 42. Memasuki babak kedua, Roma berhasil menambah keunggulan pada menit 63 setelah tendangan bebas cantik Dybala dapat membobolnya gawang Monza sehingga skor berubah menjadi 3-0. Selanjutnya Roma dapat menambah keunggulan menjadi 4-0 setelah tendangan penalti Leandro Paredes sukses membobol gawang Monza pada menit 82. Monza mampu memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-4 lewat tendangan keras Andrea Carboni dari luar kotak penalti pada menit 87. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan selesai.


Baca juga: Lazio geram dapat tiga kartu merah saat ditekuk AC Milan 0-1
Baca juga: Gol semata wayang Okafor kunci kemenangan 1-0 AC Milan atas Lazio
Baca juga: Sassuolo tunjuk pelatih veteran Davide Ballardini untuk balikkan nasib
Baca juga: Abaikan scudetto, Milan akan fokus kejar tempat di Liga Champions

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Kaisar Agung

toko slot gacor terbaik
Pemkab Muba siapkan mudik gratis bagi warganyadi Yogyakarta
Pj Sekda Muba Musni Wijaya saat acara pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM Muba) Yogyakarta. (ANTARA/HO-Pemkab Muba)
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, menyiapkan mudik gratis bagi warganya yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya untuk pulang kampung pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada April 2024.

"Mudik gratis tersebut telah disosialisasikan pada pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Musi Banyuasin (IKPM Muba) Yogyakarta periode 2023-2025, dan silaturahmi dengan Forum Masyarakat Muba di Yogyakarta (Fosmabayo) baru-baru ini," kata Penjabat (Pj) Sekda Muba Musni Wijaya di Sekayu, Sabtu.

Dia mengatakan warga, pelajar, dan mahasiswa asal Muba yang merantau di Yogyakarta dan sekitarnya dapat memanfaatkan program mudik gratis jika ingin pulang kampung pada Lebaran 2024.

"Program mudik gratis ini disediakan Pemkab Muba untuk membantu warga, pelajar, dan mahasiswa yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri 2024 bersama keluarga di Bumi Serasan Sekate ini," ujarnya.

Baca juga: Kemen BUMN tegaskan bakal gelar kembali Mudik Gratis BUMN

Menurut dia, tahun ini Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud memfasilitasi mudik gratis bagi warga, pelajar, dan mahasiswa Muba yang ada di Pulau Jawa lebih banyak dari Idul Fitri 2023.

"Untuk melayani mudik gratis itu disiapkan enam bus untuk kuota 240 orang," ujarnya.

Menurut dia, pelayanan mudik gratis ke Muba beberapa pekan menjelang Lebaran 2024 dengan titik kumpul keberangkatan di Yogyakarta dan beberapa titik pemberhentian di Bandung dan Jakarta.

"Tahun lalu hanya 100 orang, namun tahun ini Pj Bupati Apriyadi meningkatkan kuotanya menjadi 240 orang. Jadi, silakan mendaftar mulai sekarang untuk program mudik gratis," ujar Musni Wijaya.

Baca juga: Kemenhub selenggarakan program mudik gratis Lebaran 2024

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud menambahkan bahwa program mudik gratis telah dianggarkan melalui Dinas Perhubungan Muba.

Untuk pendaftaran mudik gratis, bisa melalui google form yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan Muba.

"Peserta mudik gratis akan mendapatkan fasilitas makan dua kali selama perjalanan (buka puasa dan sahur), bus dengan fasilitas pendingin udara (AC) dan toilet dijadwalkan keberangkatannya pada 30 Maret 2024," kata Apriyadi.

Pembina IKPM Muba Yogyakarta Yulan Hernedi mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba dalam memfasilitasi warganya yang ada di perantauan dengan program mudik gratis serta program beasiswa.

Baca juga: Mudik gratis DKI 2024 sediakan ratusan bus untuk tampung 27 ribu orang

Perhatian pemkab tersebut memberi semangat para pelajar dan mahasiswa asal Muba dalam mengikuti kegiatan belajar dan meraih prestasi.

"Tentu kita semua menaruh harapan besar bagi adik-adik mahasiswa yang kelak akan kembali ke daerah dan turut membantu pemerintah membangun Kabupaten Musi Banyuasin. Untuk itu manfaatkanlah fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya supaya nanti bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah," ujar Yulan.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Perhatikan saya

akun slot 77
BMKG: Seluruh wilayah Sulut berpotensi cuaca ekstrem
Beberapa warga Kota Manado memperhatikan gelombang tinggi yang pecah di bangunan pengaman pantai teluk Manado. Pekan belakangan ini, Kota Manado dan wilayah Sulut lainnya dilanda cuaca ekstrem. ANTARA/Karel A Polakitan (1)
Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi cuaca ekstrem beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 5 Maret 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Sabtu.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem di NTT pada 4-8 Maret

Dia meminta warga agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

""Waspadai potensi banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang manakala beraktivitas di saat cuaca ekstrem," ujarnya.

Potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada tanggal 3 Maret berpeluang terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem di Banten pada 2-3 Maret

Kemudian Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Sementara pada tanggal 4-5 Maret diperkirakan cuaca ekstrem berpotensi di seluruh kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Baca juga: BMKG: Sebagian besar wilayah RI berisiko diguyur hujan sedang-lebat

BMKG selalu memutakhirkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem dan bisa diakses masyarakat maupun pemangku kepentingan.
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Kelahiran Kembali Penguasa Segala Alam

vip bet slot
Produsen mobil China catat lonjakan penjualan di Januari-Februari 2024
(Xinhua)
Changchun (ANTARA) - Produsen mobil terkemuka China, FAW Group Co., Ltd., melaporkan lonjakan penjualan kendaraan dalam dua bulan pertama tahun ini, membawa perusahaan tersebut mencatatkan awal yang baik untuk 2024.

Penjualan mobil FAW Group menembus 448.000 unit dalam dua bulan pertama 2024, naik 17,7 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut produsen mobil tersebut.

Dari total penjualannya, Hongqi, merek mobil yang berada di bawah naungan FAW Group, menyumbang 65.300 unit sendiri, naik sebesar 37,56 persen (yoy). Hongqi berencana meluncurkan lebih banyak model kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) tahun ini, yang akan semakin meningkatkan penjualannya.

FAW Group merupakan perusahaan milik negara China dan berkantor pusat di Changchun, ibu kota Provinsi Jilin, China timur laut. Perusahaan ini telah memproduksi dan menjual lebih dari 54 juta unit kendaraan selama lebih dari enam dekade.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024

Istri Peri Tertinggi

pinjaman online tunaiku
Ahli: Pemilu damai menjadi angin segar capai investasi Rp1.650 triliun
KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi seluruh kepala daerah se-Kepulauan Babel yang mendukung penuh Pemilu 2024, sehingga penyelenggaraan pesta demokrasi di Negeri Serumpun Sebalai itu berjalan aman, lancar dan damai. ANTARA/ Aprionis
Pemilu kondusif menjadi sinyal positif bagi pengembangan bisnis di Tanah Air untuk saat ini.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat ekonomi Esther Sri Astuti mengatakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang telah berjalan damai menjadi angin segar yang mendukung target pemerintah untuk mencapai masuknya investasi dalam negeri sebesar Rp1.650 triliun pada 2024. "Pemilu kondusif menjadi sinyal positif bagi pengembangan bisnis di Tanah Air untuk saat ini," kata Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (Indef) itu, di Jakarta, Sabtu (2/3). Setelah pemilu, para pelaku pasar dan investor juga merespons positif hasil penghitungan cepat. Hal itu ditunjukkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang naik pascapemilu. Sejak awal 2024 sampai dengan 16 Februari 2024, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,86 persen year to date (ytd) ke level 7.335,55. "Kemarin saya lihat di berita pasar itu merespons positif, mungkin karena ada dinilai ada kepastian berkelanjutan, karena nilai IHSG naik tidak turun, artinya respons pasar positif," katanya lagi. Hasil hitung cepat juga menunjukkan kemungkinan satu putaran pemilu, sehingga akan mempersingkat kekhawatiran para investor untuk mulai berinvestasi di Tanah Air. Usai Pemilu Serentak pada 14 Februari 2024, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul berdasarkan quick count (hitung cepat) sejumlah lembaga survei. Esther berharap kondisi kondusif pascapemilu juga terus dapat terjaga demi berlanjutnya pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bangsa. "Kita berharap itu dijaga terus damai, ke depan responsnya tetap positif terus dan negara Indonesia menjadi lebih sejahtera," ujarnya lagi. Setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI baru pada Oktober 2024, maka para investor akan mulai menanamkan investasinya di Indonesia. Saat ini para pelaku pasar terus mencermati kondisi dalam negeri pascapemilu damai, dan diharapkan kestabilan politik terus terjaga. Sebelumnya, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang 2023 mencapai Rp1.418,9 triliun, atau melampaui target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar Rp1.400 triliun (101,3 persen) dengan total penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.823.543 orang. Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menargetkan aliran masuk investasi pada 2024 mencapai Rp1.650 triliun.
Baca juga: Ketua PBNU minta semua pihak sebarkan pesan damai usai pemilu
Baca juga: Imam Masjid Istiqlal apresiasi Polri wujudkan pemilu damai

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

jalan misterius

gacor 7
BRIN: Produksi singkong nasional untuk energi belum memadai
Ilustrasi- Hamparan lahan yang ditanami ubi kayu di Kabupaten Lampung Timur. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan produksi singkong nasional untuk memenuhi kebutuhan bahan baku etanol sebagai sumber energi baru terbarukan masih belum memadai.
 Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudhistira Nugraha mengatakan singkong termasuk tanaman yang menghasilkan pati tinggi dan dapat dikonversi menjadi etanol, namun produksi masih sangat jauh. "Indonesia masih harus mengimpor singkong dari luar negeri utamanya untuk kebutuhan bahan baku industri dan pangan," kata Yudhistira di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: BRIN ubah limbah tahu menjadi biogas Strategi untuk menjadikan singkong sebagai bahan biofuel, kata dia, harus didahului dengan meningkatkan produksi singkong nasional. Menurut Yudhistira, perlu ada lahan khusus untuk dijadikan sebagai kebun energi, sehingga tidak mengganggu peruntukan singkong sebagai bahan pangan. Outlook Ubi Kayu Tahun 2020 yang diterbitkan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian menyebutkan luas panen ubi kayu di Indonesia selama kurun waktu tahun 1980 hingga 2019 cenderung mengalami penurunan. Laju pertumbuhan rata-rata turun sebesar 1,76 persen per tahun. Pada tahun 1980 luas panen 1,41 juta hektare menjadi 0,63 juta hektare pada tahun 2019.

Baca juga: BRIN sampaikan potensi limbah lignoselulosa untuk bahan baku bioetanol Adapun perkembangan produksi ubi kayu di Indonesia periode 1980-2019 secara umum berfluktuasi dengan kecenderungan mengalami peningkatan. Angka perkembangan produksi ubi kayu selama empat dekade tersebut meningkat rata-rata hanya sebesar 0,66 persen per tahun. Tingkat produktivitas sebanyak 155,58 kubik per tahun. Pada 29 Februari 2024, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berwacana ingin "menyulap" singkong, sawit, dan tebu menjadi bahan bakar alternatif agar Indonesia tidak lagi mengalami ketergantungan terhadap impor bahan bakar minyak.

Baca juga: BRIN ungkap potensi rumput laut jadi sumber energi alternatif Prabowo optimistis Indonesia dapat mencapai swasembada energi terbarukan dalam waktu yang relatif singkat, serta menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam hal transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024