petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

promo kredivo blibli

situs maxwin malam ini 808Jutaan kata 549791Orang-orang telah membaca serialisasi

《promo kredivo blibli》

Daftar Kenikmatan yang Didapat PIK******

BSD dan Pantau Indah Kapuk akan mendapatkan beberapa 'kenikmatan' dari pemerintah usai mereka ditetapkan jadi Proyek Strategis Nasional (PSN).
Sebagai PSN, BSD dan PIK akan mendapatkan kemudahan dan kenikmatan dari pemerintah. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PresidenJokowi menambah 14 proyek strategis nasional (PSN) baru di 2024 ini, mulai dari Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD) hingga Pantai Indah Kapuk Tropical Concept.

Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Senin (18/3). Meski jadi PSN, 14 proyek baru itu diklaim tidak akan memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) karena dibangun oleh pihak swasta.

"Ini disetujui oleh presiden dan ada PSN baru penyesuaian nomenklatur dan perubahan dari ruang lingkup PSN itu sendiri," kata Airlangga di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Kawasan Industri Patimban Industrial Estate Subang; Pengembangan Kawasan Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara; Pengembangan Kawasan Industri Kolaka Resource, Sulawesi Tenggara; dan Pengembangan Kawasan Industri Stargate Astra, Sulawesi Tenggara.

Lalu, Pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront; Pengembangan Kawasan Neo Energy Morowali, Sulawesi Tengah; Pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD); Pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau. Pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II Jakarta Utara, serta Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung.

Nah, status yang disandang 14 proyek itu menjadi PSN, memberikan keuntungan khusus bagi mereka.

Lihat Juga :
9 Gurita Bisnis Gibran yang Sesaat Lagi Akan Dilantik Jadi Wapres

Lantas, apa saja keuntungan itu?

Proyek yang masuk PSN akan mendapatkan fasilitas atau kemudahan PSN dari pemerintah. Kemudahan itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2021.

Pada Pasal 1 Ayat 2 beleid tersebut diatur bahwa kemudahan yang bisa didapat proyek yang masuk daftar PSN berbentuk  kemudahan perizinan/non-perizinan yang diberikan dalam rangka percepatan proses perencanaan, penyiapan, transaksi, konstruksi, dan kelancaran pengendalian operasi, termasuk di dalamnya mekanisme pembiayaan PSN.

Sebenarnya ada banyak sejumlah kemudahan yang akan didapatkan proyek berstatus PSN. Beberapa di antaranya yang krusial adalah sebagai berikut:

Lihat Juga :
ANALISIS'Amis' Apa yang Buat Jokowi Tetapkan PIK-BSD Jadi Proyek Strategis?

1. Perizinan

Perizinan berusaha adalah legalitas yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan usaha dan/atau kegiatannya. PP ini mempermudah perizinan untuk proyek prioritas negara.

Misalnya, pada Pasal 4 Poin g dijelaskan pemerintah melalui stakeholderterkait harus memfasilitasi penyelesaian permasalahan dalam perizinan berusaha dan pengadaan tanah PSN. Lalu, pada Pasal 5 Ayat 2 dijelaskan perizinan berusaha bagi kegiatan yang termasuk dalam risiko tinggi harus dipercepat.

Fasilitas atau kemudahan ini mencakup dari proses perencanaan, penyiapan, transaksi, konstruksi, hingga operasi dan pemeliharaan. Ini tertuang dalam Pasal 2 Ayat 3 PP Nomor 42 Tahun 2021.

Lihat Juga :
Jawaban Lengkap Grab dan Gojek soal Imbauan Bayar THR Driver Ojol

2. Pembiayaan

Tak hanya perizinan, pembiayaan yang krusial dalam sebuah proyek juga dipermudah oleh Jokowi. Misalnya, pada Pasal 14 Ayat 1 dijelaskan pembiayaan PSN yang tidak memakai APBN dan APBD bisa ditopang melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Lalu, di Pasal 13 Ayat 3 disebutkan PSN yang didanai dari sumber pembiayaan lain dapat dilakukan dengan memperhatikan:

a. Integrasi secara teknis dengan rencana induk pada sektor yang bersangkutan;
b. Kelayakan secara ekonomi dan finansial; dan
c. Kemampuan keuangan Badan Usaha untuk membiayai pelaksanaan penyediaan PSN, dalam hal badan usaha bertindak selaku pemrakarsa.

Lihat Juga :
Jokowi Berterima Kasih ke Aguan di Peresmian Bandara Singkawang

3. Jaminan pemerintah

Jaminan pemerintah diberikan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara untuk meningkatkan kelayakan proyek dengan skema pembagian risiko. Ini diberikan demi mendukung percepatan pelaksanaan PSN.

"Pemerintah dapat memberikan jaminan pemerintah terhadap proyek strategis nasional yang pembiayaannya bersumber dari pembiayaan lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis Pasal 18 ayat 1.

Lalu, di Pasal 18 Ayat 2 disebutkan jaminan pemerintah diberikan untuk:

a. Kredit atau pembiayaan syariah;
b. Kelayakan usaha;
c. KPBU; dan/atau
d. risiko politik

Lihat Juga :
Peran Aguan di Bandara Singkawang Hingga Buat Jokowi Berterima Kasih

PIK-BSD Juga Dapat Nikmat Bantuan Hukum Usai PSN

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Melihat Lonjakan Harga Tiket Pesawat Kalau Normal Vs H******

Harga tiket pesawat ke beberapa tujuan favorit melonjak tajam pada lebaran nanti dibandingkan hari ini. Berikut gambaran lengkap lonjakannya.
Harga tiket pesawat ke beberapa tujuan favorit melonjak tajam pada lebaran nanti dibandingkan hari ini. ( CNN Indonesia/Safir Makki).
Daftar Isi
  • 1. Jakarta-Denpasar
    • Tiket.com (harga tiket hari ini)
    • Harga tiket 9 April 2024
    • Traveloka (harga tiket hari ini)
    • 9 April 2024
  • 2. Jakarta-Kualanamu
    • Tiket.com (harga hari ini)
    • H-1 lebaran
    • Traveloka (harga hari ini)
    • H-1 lebaran
  • 3. Jakarta-Surabaya
    • Tiket.com (harga hari ini)
    • Harga tiket 9 April 2024
    • Traveloka (harga hari ini)
    • 9 April 2024
  • 4. Jakarta-Makassar
    • Tiket.com (harga hari ini)
    • H-1 lebaran
    • Traveloka (harga hari ini)
    • H-1 lebaran
  • 5. Jakarta-Padang
    • Tiket.com (harga hari ini)
    • Harga 9 April 2024
    • Traveloka (harga hari ini)
    • 9 April 2024
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga tiket pesawat lebaran menjadi sorotan setiap tahun, terutama menjelang musim mudiklebaran. Terlebih ada dugaan kartelyang diusut oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Kenaikan tarif wajar terjadi, terutama di saat peak season. Meski begitu, para maskapai wajib mematuhi tarif batas atas (TBA) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

Aturan soal TBA ini ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

"Kami juga memantau penjualan tiket. Tiket ini sampai sekarang ada beberapa yang sudah meminta extra flight, namun tidak banyak," kata Maria dalam Jumpa Pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 secara virtual, Minggu (17/3).

"Hanya airlines low cost carrier (LCC)yang minta (extra flight), yaitu Citilink, AirAsia, dan Scoot untuk internasional," sambungnya.

Pada bahan paparannya, ada setidaknya 5 rute favorit pemudik. Mulai dari Jakarta (CGK)-Denpasar (DPS), CGK-Kualanamu (KNO), CGK-Surabaya (SUB), Jakarta-Makassar (UPG), dan CGK-Padang (PDG).

Berdasarkan penulusaran CNNIndonesia.comdi online travel agent (OTA)Tiket.com dan Traveloka, ada perbedaan harga yang mencolok untuk keberangkatan hari ini dengan H-1 lebaran alias 9 April 2024.

Lihat Juga :
Sejarah THR, Rezeki Tambahan Buruh dan PNS Tiap Jelang Lebaran

Misalnya, tarif termurah hari ini untuk rute Jakarta-Denpasar di Tiket.com dijual oleh Super Air Jet seharga Rp703 ribu. Namun, pada H-1 lebaran harganya melonjak Rp807 ribu untuk maskapai yang sama menjadi Rp1,51 juta.

Perbedaan harga di dua waktu keberangkatan tersebut tak jauh beda di Traveloka. Pada layanan OTA itu menunjukkan harga termahal disediakan oleh Garuda Indonesia senilai Rp1,92 juta, baik untuk keberangkatan CGK-DPS, hari ini maupun H-1 lebaran.

Sementara itu, tiket penerbangan Jakarta-Kualanamu termurah hari ini dipatok Rp1,26 juta dengan maskapai Citilink. Namun, pada 9 April 2024 harga termurah rute ini bisa tembus Rp1,72 juta di Tiket.com dengan maskapai Lion Air, di mana yang termahal mencapai Rp2,32 juta bersama Garuda Indonesia.

Berikut daftar lengkap perbandingan harga tiket pesawat hari ini dengan H-1 lebaran 2024:

Lihat Juga :
Rumah Dinas Menteri di IKN Telan Rp14 M per Unit

1. Jakarta-Denpasar

Tiket.com (harga tiket hari ini)

Super Air Jet: Rp703 ribu
Trans Nusa: Rp738 ribu
Air Asia: Rp748 ribu
Citilink: Rp811 ribu
Pelita Air: Rp1,14 juta
Garuda Indonesia: Rp1,63 juta-Rp1,88 juta

Harga tiket 9 April 2024

Air Asia: Rp1,36 juta
Super Air Jet: Rp1,51 juta
Citilink: Rp1,54 juta
Batik Air: Rp1,56 juta
Trans Nusa: Rp1,61 juta
Pelita Air: Rp1,64 juta
Garuda Indonesia: Rp1,88 juta

Traveloka (harga tiket hari ini)

Super Air Jet: Rp707 ribu
Trans Nusa: Rp738 ribu
Air Asia: Rp755 ribu
Citilink: Rp812 ribu
Pelita Air: Rp1,14 juta
Garuda Indonesia: Rp1,66 juta-Rp1,92 juta

9 April 2024

Air Asia: Rp1,36 juta
Super Air: Jet Rp1,52 juta
Citilink: Rp1,54 juta
Batik Air: Rp1,57 juta
Trans Nusa: Rp1,61 juta
Pelita Air: Rp1,68 juta
Garuda Indonesia: Rp1,92 juta

2. Jakarta-Kualanamu

Tiket.com (harga hari ini)

Citilink: Rp1,26 juta
Lion Air: Rp1,29 juta
Super Air Jet: Rp1,37 juta
Batik Air: Rp1,41 juta
Garuda Indonesia: Rp2,07 juta-Rp2,29 juta

H-1 lebaran

Lion Air: Rp1,72 juta
Super Air Jet: Rp1,96 juta
Citilink: Rp1,98 juta
Garuda Indonesia: Rp2,19 juta
Batik Air: Rp2,31 juta-Rp2,32 juta

Traveloka (harga hari ini)

Citilink: Rp1,27 juta
Lion Air: Rp1,30 juta
Super Air Jet: Rp1,37 juta
Batik Air: Rp1,42 juta
Garuda Indonesia: Rp2,14 juta-Rp2,37 juta

H-1 lebaran

Lion Air: Rp1,72 juta
Super Air Jet: Rp1,97 juta
Citilink: Rp1,98 juta
Garuda Indonesia: Rp2,27 juta-Rp2,37 juta
Batik Air: Rp2,32 juta

[Gambas:Video CNN]

3. Jakarta-Surabaya

Tiket.com (harga hari ini)

Citilink: Rp848 ribu
Lion Air: Rp883 ribu
Batik Air: Rp919 ribu
Pelita Air: Rp977 ribu
Garuda Indonesia Rp1,39 juta-Rp1,57 juta

Harga tiket 9 April 2024

Citilink: Rp1,28 juta
Lion Air: Rp1,32 juta
Pelita Air: Rp1,42 juta
Batik Air: Rp1,49 juta
Garuda Indonesia: Rp1,57 juta

Traveloka (harga hari ini)

Citilink: Rp849 ribu
Lion Air: Rp886 ribu
Batik Air: Rp928 ribu
Pelita Air Rp977 ribu
Garuda Indonesia: Rp1,42 juta-Rp1,59 juta

9 April 2024

Citilink: Rp1,28 juta
Lion Air: Rp1,32 juta
Pelita Air: Rp1,43 juta
Batik Air: Rp1,50 juta
Garuda Indonesia: Rp1,59 juta

INFOGRAFIS: Arus Mudik 2024 dalam Angka
INFOGRAFIS: Arus Mudik 2024 dalam Angka. (CNN Indonesia/ Agder Maulana).

4. Jakarta-Makassar

Tiket.com (harga hari ini)

Sriwijaya Air: Rp1,19 juta
Lion Air: Rp1,23 juta
Citilink: Rp1,28 juta
Batik Air: Rp1,54 juta
Garuda Indonesia: Rp2,37 juta

H-1 lebaran

Super Air Jet: Rp1,98 juta
Sriwijaya Air: Rp1,99 juta
Lion Air: Rp2 juta
Citilink: Rp2,06 juta
Batik Air: Rp2,24 juta
Garuda Indonesia: Rp2,25 juta-Rp2,37 juta

Traveloka (harga hari ini)

Sriwijaya Air: Rp1,19 juta
Lion Air: Rp1,24 juta
Citilink: Rp1,29 juta
Batik Air: Rp1,54 juta
Garuda Indonesia: Rp2,40 juta

H-1 lebaran

Super Air Jet: Rp1,99 juta
Sriwijaya Air: Rp2 juta
Lion Air: Rp2,02 juta
Citilink: Rp2,06 juta
Garuda Indonesia: Rp2,28 juta-Rp2,40 juta
Batik Air: Rp2,25 juta

Lihat Juga :
Sri Mulyani Pastikan THR PNS 2024 Mengikuti Kenaikan Gaji 8 Persen

5. Jakarta-Padang

Tiket.com (harga hari ini)

Super Air Jet: Rp1 juta
Pelita Air: Rp1,04 juta-Rp1,19 juta
Citilink: Rp1,06 juta

Harga 9 April 2024

Super Air Jet: Rp1,62 juta
Citilink: Rp1,62 juta

Traveloka (harga hari ini)

Super Air Jet: Rp1,01 juta
Citilink: Rp1,01 juta
Pelita Air: Rp1,19 juta-Rp1,24 juta

9 April 2024

Super Air Jet: Rp1,63 juta

(skt/agt)




bab terbaru:cara pasang togel lewat transfer

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
link zone slot machine
pinjaman online legal ojk 2022
maxplay99
rbet303
prediksi togel terlengkap
papuwa4d
slot sering kasih menang
pinjam di bank jago
inislot88
Daftar isi semua bab
Bab 1 judi slot terbaik
Bab 2 rbet303
Bab 3 bidadari88 slot
Bab 4 mpo99id
Bab 5 gacor slot
Bab 6 zeus slot88
Bab 7 rtp cocol88
Bab 8 bocoran jarwo slot
Bab 9 sepakbolacc
Bab 10 situs web yang terpercaya
Bab 11 cara meminjam uang online
Bab 12 candubola88
Bab 13 slot gacor hari ini terbaru
Bab 14 slot m
Bab 15 pinjaman online legal terbaik
Bab 16 link slot domino island
Bab 17 cara top up slot pakai dana
Bab 18 zonagaming77
Bab 19 cara menghasilkan uang instan
Bab 20 gacor slot88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6814bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

badai setan

kumpulan situs slot tergacor
Kunjungan turis India ke Indonesia mengalahkan China. Data Menparekraf Sandiaga Uno, dari total turis asing 5,19 pada Januari-Juni 2023, 6,48 persen dari India.
Kunjungan turis India ke Indonesia mengalahkan China. Data Menparekraf Sandiaga Uno, dari total turis asing 5,19 pada Januari-Juni 2023, 6,48 persen dari India. (Istockphoto/xavierarnau).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Unomengungkapkan jumlah wisatawanmancanegara yang berkunjung ke Indonesia mencapai 5,19 juta sepanjang Januari-Juni 2023.

Angka ini melejit 250,33 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yakni 1,48 juta.

"Kebangkitannya sangat strong, Alhamdulillah, dari kenaikan misalkan (kunjungan wisatawan) mancanegara ini naik signifikan, year on yearjuga naik signifikan," ucap Sandiaga dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (7/8).

Sementara, China berada di posisi kelima, dengan sumbangsih sebesar 5,88 persen dari total jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.

"Surpriseyang keempat India. India ini sudah mencapai angka yang melampaui Tiongkok. Jadi teman-teman, jumlah ini patut kita syukuri," tutur Sandiaga.

Adapun di posisi pertama ada Singapura dengan sumbangsih kunjungan sebanyak 16,41 persen. Di posisi kedua ada Malaysia dengan sumbangsih 15,88 persen.

Kemudian, di posisi ketiga ada Australia dengan sumbangsih sebesar 12,47 persen.

Sandiaga menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023 naik dua kali lipat dari tahun ini menjadi 3,5 juta -7,4 juta orang.

Ia optimis target itu tercapai usai menangkap sinyal positif dari prediksi Organisasi Pariwisata Dunia (UN World Tourism Organization/UNWTO) yang menyatakan sektor pariwisata tumbuh 70 persen dibandingkan 2019.

Untuk menarik wisatawan, Kemenparekraf juga akan mendorong lima Destinasi Super Prioritas (DSP), sejumlah acara tahunan, MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), dan peningkatan kualitas pariwisata melalui reskilling, newskilling,dan upskillinguntuk sumber daya manusia di sektor terkait.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Cinta dan kebencian penyihir tergila-gila pada cinta

play slot77
IHSG diprediksi lesu Kamis (21/3) ini imbas gejolak rupiah yang membebani laju indeks. Namun pelemahan akan tertahan arus modal asing masuk yang masih deras.
IHSG diprediksi lesu Kamis (21/3) ini imbas gejolak rupiah yang membebani laju indeks. Namun pelemahan akan tertahan arus modal asing masuk yang masih deras. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Kamis (21/3).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan rilis data perekonomian Indonesia tak banyak mengubah gerak IHSG di rentang konsolidasi. Di lain sisi, fluktuasi nilai tukar rupiah yang berdampak terhadap sejumlah emiten juga membebani laju indeks.

"(Tapi) Arus deras capital inflowyang tercatat secara year to date (ytd)masuk ke dalam pasar modal Indonesia masih menjadi salah satu faktor penunjang kenaikan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," kata William.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan ASII, BMRI, BBNI, ICBP, BSDE, AKRA, dan AALI.

Sedangkan Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto menilai ada tekanan jual dalam indeks. Ia meramal IHSG hari ini melemah di rentang 7.270-7.400.

"Walaupun sempat beberapa kali mencoba menguat, IHSG tidak mampu mencapai highest levelharian yang mampu dipertahankan hingga akhir perdagangan," ramalnya.

IHSG merosot ke level 7.331 pada perdagangan Rabu (20/3). Indeks saham turun 5,61 poin atau minus 0,08 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesarRp10,35 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 19,67 miliar saham.



(skt/agt)

wadah pemikir perkotaan

game slot game slot
Pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan mengatakan peluang Jokowi 17 Agustus-an di IKN pada 2024 besar saat menyinggung kemudahan investasi.
Pendiri Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan mengatakan peluang Jokowi 17 Agustus-an di IKN pada 2024 besar saat menyinggung kemudahan investasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pendiri Agung SedayuGroup Sugianto Kusuma alias Aguan berbicara soal peluang Presiden Jokowi merayakan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Peluang ia sampaikan saat berbicara mengenai kemudahan izin usaha bagi pengusaha di IKN. Aguan mengatakan kalau izin usaha atau berinvestasi di IKN dipermudah dan segala hambatan logistik di ibu kota baru teratasi, ia optimis keinginan Jokowi itu bisa terwujud. 

Optimisme itu diketahui dari pernyataan resmi Kementerian Investasi/ BKPM pada Minggu (13/8). Pernyataan resmi dikeluarkan terkait kunjungan Aguan dan Menteri Investasi/Kepala BKPM ke proyek IKN pada Jumat (11/8) lalu.

Bahlil dan Aguan mengunjungi proyek IKN pada akhir pekan kemarin. Bahlil mengatakan kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas rencana investasi investor dalam negeri Rp30 triliun-Rp40 triliun di IKN yang proyeknya akan di-groundbreakingpada September 2023.

Ia menambahkan kunjungan bertujuan untuk meninjau pembangunan di IKN serta menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh para investor dalam proyek pembangunan IKN.

Masalah tersebut salah satunya berkaitan dengan desain paket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang belum rampung. Padahal, desain penting sebagai gambaran bagi investor untuk ikut serta dalam proyek tersebut.

"Kita harus bicara mana proyek existing, mana yang harus dikerjakan. Yang penting tidak melanggar substansi, tidak korupsi, dan bertujuan untuk negara," ujar Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Darah kerajaan

cara pinjol lewat dana
Raksasa keripik kentang asal Jepang, Calbee, memaparkan cara mereka mengantisipasi krisis suplai global agar tidak kembali menghantam perusahaannya.
Raksasa keripik kentang asal Jepang, Calbee, memaparkan cara mereka mengantisipasi krisis suplai global agar tidak kembali menghantam perusahaannya. (*Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Raksasa keripik kentang asal Jepang, Calbee, memaparkan cara mereka mengantisipasi krisis suplai global agar tidak kembali menghantam perusahaannya.

Calbeee menghadapi krisis besar ketika dihadapkan pada kekurangan suplai kentang dari musim panas 2021 hingga musim gugur 2022.

Krisis ini diakibatkan kondisi harga pangan tinggi, karena produsen bergulat dengan masalah rantai pasokan terkait pandemi, kekeringan parah di Brasil, dan peningkatan penggunaan minyak nabati, gula, dan sereal secara global.

Calbeee biasanya memasok sebanyak 90 persen kentangnya dari Jepang, dengan 80 persen pasokannya berasal dari Hokkaido, sebuah pulau di bagian utara Jepang.

Namun, daerah tersebut dilanda kekeringan pada 2021, dan pasokan kentang domestik perusahaan turun 8 persen dan 14 persen pada tahun fiskal 2021 dan 2022.

Lihat Juga :
Kuliner Terbaik di 10 Destinasi Wisata Dunia, Jangan Lupa Dicicip

Calbeee mencoba menutupi kekurangan tersebut dengan mengimpor lebih banyak dari AS, yang biasanya hanya menyumbang 10 persen sisa pasokan kentangnya. Namun, upaya ini tidak berhasil.

Kekurangan kontainer pengiriman secara global menyebabkan penundaan pengiriman dan membuat harga menjadi lebih tinggi.

Hal lebih buruk kemudian terjadi. Pada akhir 2021, banjir di Barat Laut Pasifik AS membuat pelabuhan tidak dapat beroperasi seperti biasa, sehingga menyulitkan Calbeee untuk mendapatkan kentang dan serpihan kentang (potongan kecil putih kentang tumbuk kering yang digunakan untuk membuat Jagarico, produk biskuit stik renyah yang populer).

Akibatnya, perusahaan harus menangguhkan promosi penjualan dan peluncuran produk baru, serta menerima biaya pengadaan dan pengiriman yang lebih tinggi.

Tantangan-tantangan ini berkontribusi pada penurunan laba operasional sebesar 7 persen pada laporan keuangan hingga periode Maret 2022.

Kini, untuk menopang pasokan kentang dan mengantisipasi krisis serupa, Calbeee bekerja sama dengan para petani di seluruh Jepang untuk meningkatkan pasokan domestiknya dari 320.000 ton menjadi 400.000 ton per tahun pada akhir dekade ini.

"Cuaca sangat, sangat penting bagi kami. Jadi untuk menghindari hal semacam itu, kami sekarang mencoba untuk menambah ladang di Jepang, selain di Hokkaido" kata Ehara, dikutip dari CNN.

Mereka juga memperkirakan akan mengurangi proporsi impor kentang yang mereka dapatkan dari Amerika Serikat (AS), satu-satunya pemasok luar negerinya, menjadi setengahnya.

Menurut Ehara, Calbee juga mempertimbangkan untuk mengimpor dari pasar lain, seperti Eropa, untuk melakukan diversifikasi.

(lom/asa)

[Gambas:Video CNN]

Yang paling arogan dalam sejarah

erek2 rambut
Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (8/8) pagi.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (8/8) pagi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Selasa (8/8) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG ditutup di bawah garis SMA-20 pada perdagangan kemarin, sehingga kemungkinan besar akan berlanjut hari ini.

"Berdasarkan indikator MACD (Moving Average Convergence Divergence) menandakan momentum bearish," ujar Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat ada peluang IHSG menguat terbatas mengingat data pertumbuhan ekonomi yang berada di atas ekspektasi di tengah berbagai sentimen negatif.

"Pasca rilis data perekonomian cadangan devisa serta tingkat PDB yang menunjukkan masih stabilnya perekonomian Indonesia cukup memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang, namun masih adanya peluang koreksi wajar tetap perlu diwaspadai mengingat IHSG terlihat belum mampu menembus resisten level terdekat," kata William.

Ia pun memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.821 danresistance6.954 hari ini. William merekomendasikan sejumlah saham, yakni AALI, GGRM, BBRI, ASII, BMRI, INDF dan PWON.

Sebelumnya, IHSG ditutup di level 6.886 pada Senin (7/8). Indeks saham menguat 33,52 poin atau 0,49 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,2 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,24 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 276 saham menguat, 245 terkoreksi, dan 223 lainnya stagnan. Terpantau, delapan dari 11 indeks sektoral menguat dipimpin sektor keuangan, yakni plus 0,96 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Permainan emas kripton di dunia lain masih belum bisa dihentikan

pinjol ilegal 2021
BRIN sebut sastra hijau bentuk keberpihakan penulis pada lingkungan
Tangkapan layar-Kepala Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ade Mulyanah dalam diskusi bedah buku "Suara Alam dari Komunitas Kita" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (21/3/2024). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)
Menarik bagaimana bahasa dan sastra disuguhkan dalam satu bentuk yang dikaitkan dengan ekologi,
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Ade Mulyanah menyebut sastra hijau merupakan bentuk keberpihakan penulis pada lingkungan.

"Sedikit saya mencuplik sastra hijau, yang merepresentasikan kepedulian atau keberpihakan penulis terhadap ekologi, dengan mengangkat tema-tema tentang lingkungan hidup atau kesejahteraan bersama," kata Ade dalam diskusi yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Diskusi bedah buku "Suara Alam dari Komunitas Kita" yang diselenggarakan oleh BRIN dengan
mengundang para penulis yang merupakan sivitas akademika dari berbagai perguruan tinggi.

"Menarik bagaimana bahasa dan sastra disuguhkan dalam satu bentuk yang dikaitkan dengan ekologi, juga bagaimana buku ini menawarkan berbagai sudut pandang terkait beragam komunitas dengan tradisi dan multimoderat," ujar dia.

Baca juga: Perhutani Surakarta ajak remaja cinta hutan lewat sastra hijau

Sejak tahun 1970-an sastra hijau juga diagungkan sebagai aktivitas lingkungan, di Amerika Latin misalnya, karya sastra tersebut banyak bermunculan akibat kerusakan hutan oleh para pengusaha kayu. Ade menambahkan pada awal tahun 90-an literatur Barat menyebut sastra hijau sebagai kritik ekologis, sehingga buku yang dibedah tersebut sangat berkaitan dengan konsep-konsep kritik ekologis tersebut.

Ia juga menjelaskan sastra hijau dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk turut memelihara bumi.
"Sastra hijau ini memiliki tujuan menyadarkan para penghuni bumi agar dapat mengubah gaya hidup, perusak bumi menjadi pemelihara bumi," ucapnya.

Ia menyebutkan buku "Suara Alam dari Komunitas Kita" akan memberikan perspektif baru terhadap bahasa dan sastra yang dilihat dengan latar belakang lingkungan.

Baca juga: Kisah perempuan aktif selamat dari kanker

"Kisah-kisah dalam buku ini merupakan representasi bagaimana bahasa diwujudkan dalam karya sastra yang berlatar belakang lingkungan dan sering disebut juga sebagai sastra hijau, bagaimana memandang bahasa dan sastra dari latar belakang lingkungan," tuturnya.

Ia memaparkan ide tentang sastra hijau dimunculkan sebagai tanggapan para sastrawan dan periset dalam melihat bahasa dan sastra sekaligus mengalami dan merasakan lingkungan sekitar atau tempat yang ditinggali.

"Buku ini menampilkan tulisan-tulisan dari para peneliti tentang suara alam kita, tentang respons dan sekitarnya, bagaimana kisah-kisah tentang air, vegetasi, dan beragam spesies saling bersinggungan," katanya.

Ia menegaskan ke depan penelitian-penelitian tentang sastra hijau maupun kegiatan bedah buku akan menjadi tradisi sebagai kontribusi BRIN kepada masyarakat, yang dapat diajukan pendanaan ke rumah program sebagai pendanaan internal, maupun pendanaan dengan skema Riset Inovasi Indonesia Maju (RIIM).

Baca juga: BRIN: Riset sastra dan bahasa bisa didanai lewat skema RIIM ekspedisi

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024