petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot suka toto

pinjaman online jangka waktu 12 bulan 814Jutaan kata 968904Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot suka toto》

Indonesia dorong penyediaan vaksin TBC terbaru dipercepat******

Indonesia dorong penyediaan vaksin TBC terbaru dipercepat
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan pernyataan Indonesia dalam agenda Stop TB Partnership (STP) Board Meeting ke-37 yang berlangsung di Kota Brasilia, Brasil, Jumat (9/2/2024). ANTARA/HO-Kemenkes.
Apabila eliminasi TBC ingin dicapai pada 2030, kita hanya memiliki tiga tahun untuk mengembangkan vaksin TBC
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendorong upaya percepatan penyediaan vaksin Tuberkulosis (TBC) terbaru melalui Stop TB Partnership (STP) Board Meeting ke-37 yang berlangsung di Kota Brasilia, Brasil.

Budi melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes di Jakarta Sabtu mengatakan, vaksin TBC dapat menjadi solusi perlindungan yang terjangkau secara ekonomi dan menjaga keberlangsungan produktivitas masyarakat.

“Apabila eliminasi TBC ingin dicapai pada 2030, kita hanya memiliki tiga tahun untuk mengembangkan vaksin TBC agar dapat mulai digunakan di 2028. Pengembangan vaksin harus dilakukan secara fokus,” katanya saat menjadi pembicara dalam kapasitasnya sebagai board memberdalam pertemuan tersebut.

Baca juga: FMS Makassar optimalkan skrining TBC di 153 kelurahan

STP Board Meeting ke-37 yang berlangsung pada Jumat (9/2) merupakan wadah kolaborasi dan komunikasi bagi organisasi dan individu dari berbagai sektor yang berkomitmen untuk mengakhiri Tuberkulosis.

Indonesia sebagai negara yang juga terdampak TBC, kata Budi, telah meyakinkan seluruh anggota negara G20 agar melakukan investasi memadai, sehingga vaksin TBC baru dapat tersedia dalam tiga tahun mendatang.

Budi mengatakan, vaksin TBC yang tersedia di tanah air saat ini adalah vaksin Bacillus Calmette-Guerin (BCG) sebagai perlindungan parsial untuk mencegah TBC yang berat pada bayi dan anak usia dini, tetapi tidak cukup untuk melindungi anak dan orang dewasa dari TBC.

Pengembangan vaksin TBC yang efektif, menurut Budi perlu mencakup semua usia, terutama untuk anak dan orang dewasa dengan kemampuan menurunkan insiden 90 persen dan 95 persen menurunkan kematian.

Kandidat vaksin TBC juga harus memiliki kemampuan menanggulangi resistensi obat, di mana bakteri tidak merespons pengobatan standar yang umumnya efektif untuk mengobati infeksi TBC.

Baca juga: Kemenkes minta masyarakat aktif kampanyekan pencegahan TBC

Sejumlah kandidat vaksin TBC yang sedang dikembangkan memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit TBC pada anak dan orang dewasa, menggantikan atau menguatkan vaksin BCG, mencegah kekambuhan pada pasien yang telah menyelesaikan pengobatan, atau memperpendek durasi pengobatan.

Indonesia aktif berkontribusi dalam tiga uji klinis kandidat vaksin TBC. Pertama adalah vaksin yang dikembangkan Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF). Vaksin yang awalnya dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal Inggris, GSK, ini memanfaatkan protein rekombinan.

Kedua, vaksin yang dikembangkan melalui kerja sama perusahaan farmasi asal China, CanSinoBio, dan perusahaan biofarmasi asal Indonesia, Etana. Pengembangan vaksin ini menggunakan vektor virus dan sedang uji klinis fase pertama.

Ketiga, vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi asal Jerman, BioNTech, dan perusahaan farmasi asal Indonesia, Biofarma. Pengembangan vaksin ini menggunakan teknologi mRNA dan saat ini sedang penjajakan untuk lokasi uji klinis fase 2 di Indonesia.

“Saya percaya dengan investasi ini kita tidak hanya akan menyelamatkan nyawa, namun juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang” demikian Budi Gunadi Sadikin.

Baca juga: Kemenkes: Kasus TBC tinggi karena perbaikan sistem pelaporan

Baca juga: Kalbe Farma kembangkan alat tes diagnostik TBC

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024

Menkes sampaikan pengalaman RI deteksi TBC di Forum STP Brasil******

Menkes sampaikan pengalaman RI deteksi TBC di Forum STP Brasil
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat hadir dalam agenda Stop TB Partnership (STP) Board Meeting ke-37 di Kota Brasilia, Brasil, Jumat (9/2/2024). ANTARA/HO-Kemenkes.
Indonesia sebelumnya hanya bisa mendeteksi kasus TBC sebanyak 400-500 ribu kasus, bahkan turun menjadi sekitar 300 ribu selama pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berbagi pengalaman Indonesia dalam upaya mendeteksi dini kasus tuberkulosis (TBC) saat hadir di agenda Stop TB Partnership (STP) Board Meeting ke-37 di Kota Brasilia, Brasil.

"Indonesia sebelumnya hanya bisa mendeteksi kasus TBC sebanyak 400-500 ribu kasus, bahkan turun menjadi sekitar 300 ribu selama pandemi COVID-19," ujar Budi Gunadi Sadikin melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, sistem deteksi dini TBC di Indonesia kembali berjalan normal di era endemi di mana jumlah kasus yang dapat dideteksi mencapai 700 ribu kasus per 2022 dan 800 ribu kasus pada 2023.

Baca juga: Kemarin, perayaan Tahun Naga Kayu hingga penyediaan vaksin TBC terbaru

Dikatakan Budi, Indonesia berkomitmen meningkatkan sistem deteksi dini TBC hingga mencapai 900 ribu pada 2024 dari angka perkiraan kasus TBC di Indonesia sekitar 1 juta kasus, agar seluruh pasien dapat mengakses perawatan lebih optimal.

Dalam kesempatan itu, Budi juga menyampaikan bahwa Indonesia sebagai beban kedua global kasus TBC berkomitmen menyediakan pengobatan TBC yang lebih singkat, memperkuat kolaborasi dengan komunitas, serta melakukan inovasi pembiayaan untuk layanan TBC.

Menkes mengatakan, eliminasi TBC akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Untuk itu Kemenkes RI berkolaborasi dengan masyarakat dan kader kesehatan untuk menyaring 2,2 juta populasi berisiko tinggi TBC.

“Kami melibatkan masyarakat untuk membentuk TBC Army, sebuah komunitas terlatih bagi para penyintas TBC yang membantu mendeteksi dan mengawasi pasien multidrug-resistant tuberculosis,” ujarnya.

Multidrug-resistant (MDR) tuberculosis adalah jenis TBC yang kebal terhadap dua obat antituberkulosis paling kuat. Artinya, obat-obatan tersebut sudah tidak mempan untuk membunuh bakteri TBC dalam tubuh penderita.

Baca juga: Indonesia dorong penyediaan vaksin TBC terbaru dipercepat

Selanjutnya, Indonesia juga mendorong inovasi dalam diagnosis tuberkulosis dengan memproduksi lima alat deteksi TBC berbasis PCR, yang dapat dimanfaatkan oleh 1.000 laboratorium PCR yang sudah ada di Indonesia.

“Kami juga mempercepat penerapan pengobatan presisi dengan mendirikan inisiatif ilmu biomedis dan genom yang mencakup pengurutan genom pada MDR sampel TBC untuk meningkatkan surveilans,” katanya.

Menkes menambahkan, Indonesia juga memastikan pengobatan TB dapat diakses oleh semua orang. Indonesia merupakan salah satu negara pertama di Asia yang meluncurkan bedaquiline, pretomanid, linezolid, dan moksifloksasin (BPaL dan BPaLM).

Pengobatan ini dikenal sebagai regimen oral jangka pendek untuk tuberkulosis resisten obat (TBC RO). Regimen ini membantu mempersingkat pengobatan jangka pendek TBC RO menjadi enam bulan dari semula 9--11 bulan dan menggunakan suntikan.

Selain itu, Indonesia mendukung penelitian operasional mengenai potensi regimen pengobatan yang lebih singkat untuk Tuberkulosis Sensitif Obat (TBC SO).

Jika TBC RO memerlukan pendekatan pengobatan yang lebih kompleks karena bakteri penyebab TBC Mycobacterium tuberculosis resisten terhadap obat-obatan tertentu, TBC SO dapat diobati dengan regimen standar. Namun, durasi pengobatan TBC SO saat ini masih sekitar 6--9 bulan.

Baca juga: Kemenkes: Kasus TBC tinggi karena perbaikan sistem pelaporan

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024

Disney Plus akan mulai menindak pelanggan yang berbagi kata sandi******

Disney Plus akan mulai menindak pelanggan yang berbagi kata sandi
Ilustrasi - Sebuah smartphone berlogo Disney+ di atas sebuah keyboard di depan tulisan layanan streaming. ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/am.
Jakarta (ANTARA) - Disney Plus akan mulai menindak pelanggan yang berbagi kata sandi di platformnya musim panas ini, yang berlangsung mulai Juni.

Menurut siaran The Verge pada Kamis (8/2), Kepala Keuangan Disney Hugh Johnston mengatakan bahwa akun-akun Disney Plus yang "dicurigai berbagi (kata sandi) secara tidak pantas" akan mendapatkan opsi untuk mendaftar berlangganan sendiri.

Disney juga akan mulai mengizinkan pemegang akun menambahkan orang di luar rumah mereka dengan "biaya tambahan", tetapi tidak menyebutkan berapa biayanya.

Tahun ini, Disney Plus dan Hulu telah memperbarui persyaratan layanan mereka dan melarang pengguna berbagi langganan dengan orang-orang di luar rumah tangga mereka.

Ketentuan tersebut diberlakukan pada pelanggan baru mulai 25 Januari 2024 dan pada pelanggan lama mulai 14 Maret 2024.

Netflix tahun lalu telah menerapkan sistem berbagi langganan dengan biaya tambahan 7,99 USD atau sekitar Rp125 ribu per bulan untuk menambahkan orang dari luar rumah.

"Berbagi bayar adalah sebuah peluang bagi kami, ini adalah salah satu yang jelas-jelas dimanfaatkan oleh pesaing kami, dan kami memiliki beberapa tindakan yang sangat spesifik yang akan kami lakukan dalam beberapa bulan ke depan," kata Johnston.

Baca juga: Versi beta dari aplikasi gabungan Disney+ dan Hulu dirilis bulan depan

Pembaruan persyaratan layanan diterapkan ketika Disney Plus berencana meluncurkan satu aplikasi bersama Hulu pada Maret, setelah merilis versi beta tahun lalu.

Laporan pendapatan perusahaan menunjukkan bahwa Disney Plus kehilangan 1,3 juta pelanggan di Amerika Serikat dan Kanada setelah kenaikan harga tahun lalu, sedangkan Hulu menambah 1,2 juta anggota.

Saluran ESPN milik Disney baru-baru ini juga menyampaikan rencana untuk meluncurkan layananstreamingolahraga langsung baru dalam kemitraan dengan Fox dan Warner Bros Discovery.

Layanan yang belum diberi nama tersebut akan diluncurkan pada musim gugur ini (sekitar September hingga November) dan juga akan tersedia dalam bentuk paket Disney Plus dengan Hulu dan ESPN Plus.

Berita mengenai layanan itu muncul ketika Disney berencana meluncurkan versi ESPN langsung ke konsumen pada Agustus 2025, yang mencerminkan pergeseran dari TV berbayar di tengah menurunnya jumlah pemirsa dan susutnya pasar iklan.

Baca juga:
Disney investasikan Rp23,4 triliun pada pengembang gim Epic Games
Taman Zootopia pertama di dunia dibuka di Shanghai Disney Resort

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:prediksi togel north carolina day

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
61 togel
naga303 login
stras77
gacor slot 168
trik pola pragmatic
cara pinjam spaylater
situs slot gacor siang ini
cara dapat duit yang banyak
slot gacor anti rungkad hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs judi slot online gampang menang
Bab 2 slot dunia
Bab 3 member maxwin
Bab 4 jarum77
Bab 5 luxsury777
Bab 6 link game judi slot online
Bab 7 hk 6d paito
Bab 8 apa itu bonus new member
Bab 9 juarabet99
Bab 10 slot paling gacor jp
Bab 11 slot langsung ke dana
Bab 12 turbo 123 slot
Bab 13 slot dan rtp
Bab 14 buku mimpi 90
Bab 15 boom slot 88
Bab 16 kakek zeus pemilik slot
Bab 17 cod 4d slot
Bab 18 pamungkas slot
Bab 19 slot gacor 4d toto
Bab 20 game slot terlaris
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5576bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Susah memanjakan istri manja Pak Li, tolong ambil alih

situs slot ug
Bawaslu: Tidak ada pembatasan ruang gerak media pada masa tenang
Tenaga Ahli Bawaslu RI Ahmad Thohir (tengah) dalam konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan hasil Pemilu 2024, Jakarta, Jumat (9/2/2024). ANTARA/Luthfia Miranda Putri
bertujuan untuk menyamakan persepsi  agar tak memiliki keberpihakan pemberitaan.
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia menegaskan tidak ada pembatasan ruang gerak media pada masa tenang Pemilu 2024  demi mewujudkan kebebasan pers.

"Saya ingin menegaskan bahwa tidak perlu ada kekhawatiran terkait pembatasan itu, kalau memang ada maka Bawaslu siap bergerak bersama media," kata Tenaga Ahli Bawaslu RI Ahmad Thohir dalam konsolidasi media bertemakan Penguatan Pemberitaan Hasil Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat.

Ahmad menuturkan hal ini berdasarkan pasal 56 Ayat (4) Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 yakni selama masa tenang, media massa cetak, media daring, media sosial, dan lembaga penyiaran dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, atau bentuk lainnya yang mengarah kepada kepentingan kampanye pemilu yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu.

Dia juga menjelaskan  Bawaslu akan selalu bersama media untuk menegakkan kebebasan pers sebagaimana pasal 2 UU No.40/1999 bahwa kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

Dalam kesempatan itu, dia menyebutkan konsolidasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi  agar tak memiliki keberpihakan pemberitaan.

"Artinya sebenarnya ini penekanannya pasal tersebut lebih pada jika pemberitaan atau publikasi media itu mengarah pada kampanye pasangan calon tertentu atau peserta pemilu," jelasnya.

Maka dari itu, dia menegaskan pihaknya masih mampu berdiskusi jika media memberitakan pemilu hanya sebatas ruang lingkup kerja.

Lebih lanjut, dalam aturan tanpa menggiring opini ataupun menguntungkan pihak tertentu.

"Menurut saya ini harus kita jadikan satu pemahaman yang sama bahwa penyelenggara pemilu tidak berpotensi membatasi ruang media dalam pemberitaan," ujarnya.

Dengan demikian, dia berharap konsolidasi ini mampu menggandeng media dalam menggerakkan partisipasi masyarakat sekaligus membantu sosialisasi program Bawaslu.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut tiga.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari dan hari-H pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
Baca juga: 117.754 warga daerah lain mencoblos di DKI Jakarta
Baca juga: KPU DKI gandeng Kanwil Kemenkumham pastikan kesiapan TPS di rutan
Baca juga: KPU DKU: Sediakan kursi prioritas di TPS bagi pemilih tertentu

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

Kapan cuaca akan cerah atau hujan?

bintang77 slot
Wamenparekraf Angela apresiasi KBS berinovasi pascapandemi COVID-19
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat memberikan makan jerapah di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (11/2/2024). ANTARA/Indra Setiawan/am.
Surabaya (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo memberikan apresiasi kepada pengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang terus meningkatkan inovasi pascapandemi COVID-19.

"Kami mengapresiasi kepada pengelola KBS yang mampu berinovasi dan bertahan sampai dengan saat ini, terutama pascapandemi COVID-19," katanya di sela kunjungan ke KBS, di Surabaya, Minggu. Ia mengatakan, KBS dengan kurang lebih dua ribu satwa bisa dikelola dengan baik tentunya membutuhkan ketelatenan dan performa yang baik menyusul sampai dengan saat ini banyak di antara pengelola wisata yang harus tutup akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: KBS buka wahana baru "Mushroom House and Playland Surabaya Zoo" "KBS juga memiliki 50 persen ruang terbuka hijau di mana tempat ini bisa dijadikan masyarakat di Kota Surabaya sebagai lokasi wisata," kata dia. Ia berharap KBS masih jadi lokasi wisata bagi warga di Surabaya salah satunya dengan banyaknya inovasi yang dilakukan oleh pengelola KBS. "Saya mendapatkan informasi kalau KBS akan membuat kandang aviari terbaru serta membuat akses masuk dari arah Terminal Joyo Boyo sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat dengan mudah," katanya.

Baca juga: Pemerhati satwa liar soroti KBS kembangkan Taman Komodo di Surabaya Direktur Keuangan dan SDM Perusahaan Daerah Taman Satwa KBS Moh Nahroni menjelaskan upaya memaksimalkan layanan kepada masyarakat terus dilakukan. "Kami terus berinovasi untuk meningkatkan grafik yang terus naik salah satunya yaitu mendekatkan diri ke pengunjung. Pengunjung merupakan mitra kami sehingga kondisi kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama," katanya.
 Dalam kunjungan singkat di KBS, Angela Tanoesoedibjo menyempatkan diri melihat dari dekat pemberian makan satwa komodo dan berinteraksi langsung memberikan makan satwa jerapah.

Baca juga: Wamenparekraf kagumi jejak sejarah di Pos Bloc Surabaya
Berdasarkan data, jumlah pengunjung KBS pada Kamis (8/2) sebanyak 10.500 orang, Jumat (9/2) sebanyak 6.500 orang, dan Sabtu (10/2) sebanyak 15.500 orang.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024

Sistem tamparan muka pamer yang paling kuat

game slot mudah menang
Cerita pemilih pemula tempuh jarak ribuan kilometer ke TPS di Jepang
Laura (19 tahun), pemilih pemula yang berangkat dari Beppu, Oita, untuk mencoblos di TPS di Tokyo, Jepang. ANTARA/Juwita Trisna Rahayu/am.
Tokyo (ANTARA) - Seorang pemilih pemula, Laura (19 tahun), menempuh jarak ribuan kilometer dari Beppu, Prefektur Oita, untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) yang berlokasi di Tokyo.

Laura mengaku pertama kalinya menggunakan hak suara, yang ia anggap sayang kalau dilakukan melalui pos.

“Awalnya lewat pos, tapi karena sekalian ketemu teman dan ada eventjuga, kita ganti pilihan ke TPS,” katanya.

Mahasiswa semester dua jurusan bisnis Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) itu naik pesawat dari Beppu menuju Tokyo dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Prefektur Oita berada di Pulau Kyushu, salah satu provinsi Jepang yang berada di wilayah Selatan dan berjarak sekitar 1.117 kilometer dari Tokyo.

“Kurang lebih sejam naik pesawat buat nyoblosdi sini. So, it’s such a great experience,” ujarnya

Hal senada juga disampaikan Angel. Jauh-jauh ia datang dari Gunma karena ingin merasakan suasana pemilu di TPS.

“Biar seru, Kak,” katanya.

Dia meyakini siapa pun presiden yang terpilih merupakan yang terbaik.

Para pemilih pemula dari Tokyo juga tak ketinggalan, seperti Aufa dan Harits yang tak mau menyia-nyiakan hak suaranya.

“Kalau buat saya sebagai pemilih pemula, ini berkesan banget karena pertama kalinya mencoblos untuk capres cawapres. Karena sebelumnya hanya mengikuti, tidak mencoblos,” kata Aufa.

Dia pun sempat mencari tahu tentang kandidat para calon pemimpin negeri itu melalui sosial media dan diskusi dengan keluarga.

“Sampai akhirnya saya yakin sama satu paslon karena melihat kerjanya yang dulu-dulu,” katanya.

Harits juga demikian. Sebagai pemilih, ia tidak ikut arus tetapi turut mencari rekam jejak para kandidat sebelum memilih.

“Saya memilih yang visi misinya sesuai dengan yang saya yakini,” katanya. 


Baca juga: WNI di Jepang hari ini mencoblos di TPS

Baca juga: WNI di Jepang mulai mencoblos lewat pos

 

Begini pandangan pemilih pemula tentang Pemilu 2024

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024

Strategi Nanchen

website judi slot online
Pemerintah jajaki implementasi AI yang minim risiko dengan China
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria. ANTARA/HO-Kemkominfo/am.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menjajaki kerja sama dalam implementasi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang minim risiko dan maksimal manfaatnya di Indonesia dengan China.

"Dengan China, kami coba perkuat kerja sama dalam bentuk program-program khusus untuk pengembangan AI," kata Nezar dalam siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta, Selasa.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengatakan China merupakan salah satu negara yang secara konkret telah mengimplementasikan teknologi AI di negaranya.

Baca juga: Wamenkominfo dukung kolaborasi redam sebaran konten negatif Pemilu

Saat ini, ada sekitar 40 ribu mahasiswa Indonesia bersekolah di China. Sebagian besar memilih fokus studi dalam bidang digitalisasi teknologi.

Informasi itu didapatkan usai pertemuan bilateral antara Wamenkominfo dengan Vice Minister of Education Peoples Republic of China Wang Jiayi di Brdo Congress Centre, Slovenia, Senin (5/2).

Pihaknya turut didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong dan Staf Ahli Menkominfo bidang Media Massa Widodo Muktiyo dalam pertemuan tersebut.

Nezar menyampaikan, data sains dan machine learningmemiliki relevansi kuat dalam pengembangan ekosistem AI nasional. Pengembangan dan pemanfaatan AI akan menjadikan kerja sama kedua negara lebih konkret.

"Artinya, kami lebih konkret lagi dalam soal kolaborasi dengan China. Karena selama ini sudah ada kolaborasi yang dilakukan, terutama dalam soal peningkatan kapabilitas talenta digital Indonesia," kata dia pula

Nezar mengatakan kolaborasi itu tentu saja dapat memperkuat posisi Indonesia dengan politik yang bebas dan aktif, sehingga pemerintah  bisa berkolaborasi dengan banyak negara untuk memaksimalkan manfaat penggunaan AI serta meminimalkan risikonya.

Baca juga: Wamenkominfo tekankan pentingnya berpikir kritis hadapi hoaks dari AI

Baca juga: Wamenkominfo: Keterampilan digital dasar wajib dimiliki mahasiswa

Baca juga: Wamenkominfo terbuka berdiskusi temukan solusi pembajakan buku

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

Hidup kembali dengan plug-in diaktifkan

pengeluaran oregon 9 paito
BIOTA sensus burung air asia di Danau Limboto
Peserta menerima pembekalan sebelum melakukan Sensus Burung Air Asia di Sunset Cottage, Kabupaten Gorontalo. ANTARA/HO-BIOTA/am.
Ini juga menjadi data penting bagi populasi burung air dunia
Gorontalo (ANTARA) - Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (BIOTA) melakukan sensus burung air asia atau Asian Waterbird Census(AWC) di Danau Limboto Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Minggu.

Kegiatan sensus burung air ini menjadi kegiatan tahunan yang selalu digelar oleh BIOTA dan berbasis jaringan kerja yang bersifat sukarela dengan melibatkan beberapa kelompok yang di dalamnya termasuk mahasiswa bertujuan untuk mengetahui populasi burung air di Danau Limboto.

"Ini juga menjadi data penting bagi populasi burung air dunia, karena data ini akan kita laporkan ke penyelenggara nasional yang kemudian dikompilasi dengan data-data dari berbagai negara," kata Sekretaris BIOTA, Rosyid Azhar.

Sebelum melakukan sensus, peserta diberikan pembekalan oleh pakar biodiversitas Iwan Hunowu terkait cara menggunakan teropong, membuat sketsa burung untuk memudahkan identifikasi jenis, menggunakan buku identifikasi burung, hingga jenis-jenis burung dan habitatnya.

Peserta kemudian dibagi dalam empat grup yang masing-masing didampingi oleh para pengamat burung dan mempraktikkan langsung di sekitar Danau Limboto.

Baca juga: Burung air belahan bumi utara bermigrasi di Cagar Alam Panua

Data temuan burung di kawasan danau tersebut dicatat, diidentifikasi, kemudian dibahas bersama seusai pengamatan dilakukan.

Kegiatan sensus burung air ini menjadi rujukan di tingkat lokal untuk mengetahui perkembangan populasi burung air, serta beberapa perubahan alam di Danau Limboto yang menyebabkan populasi burung air semakin berkurang.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk mahasiswa. Mereka diajak untuk bisa memperhatikan danau, menghitung populasi burung air, dan menghitung kerentanan di lokasi pengamatan. Harapan kami Danau Limboto nyaman untuk ditempati dan menjadi habitat satwa liar serta bisa memberi daya dukung nelayan masyarakat Gorontalo," kata Rosyid.

BIOTA berkolaborasi bersama Kelompok Studi Lingkungan Archipelago Universitas Negeri Gorontalo, KSK PWK Schediasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, dan Lembaga Pers Mahasiswa Akurat Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, Young Birdwatcher Gorontalo, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Gorontalo dan Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) Simpul Gorontalo, Harry Mimin Cottages, Universitas Gorontalo, Program Studi Konservasi Hutan (Konstans) Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo.

AWC 2024 merupakan bagian dari kegiatan internasional.

Baca juga: Mari menghitung burung air di sekitar kita

Penyelenggaraan di Indonesia dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wetlands International Indonesia, Yayasan EKSAI, Burung Indonesia, Burungnesia dan Burung Laut Indonesia.

Sejak tahun 1986 Wetlands International Indonesia/Yayasan Lahan Basah telah mengkoordinasi pelaksanaan program AWC di seluruh Indonesia.

Data dan informasi yang dikumpulkan digunakan sebagai rujukan estimasi populasi burung air secara global maupun untuk keperluan pengelolaan di tingkat nasional dan lokal.

Status sebanyak 871 jenis burung air dikaji secara ilmiah untuk menentukan kegiatan pengelolaannya.

Di Indonesia, data populasi digunakan sebagai acuan untuk pengelolaan beberapa taman nasional penting, penentuan lokasi penting untuk Konvensi Ramsar dan East Asian Australasian Flyway Partnership, serta penentuan status jenis-jenis yang dilindungi.

Baca juga: Pakar: Ekowisata penting bagi konservasi burung air di lahan gambut

Pewarta: Susanti Sako/Lifka Ismail
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Keluar dari Bintang Neraka

situs slot tergacor
Menkominfo ajak gen Z ke TPS pada hari pencoblosan gunakan hak suara
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (kedua kanan) dalam Konser Harmoni Pemilu Damai 2024, di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2024). ANTARA/HO-Kemenkominfo/am.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak generasi Z berpartisipasi pada hari pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak suara.

“Jadi, jangan lupa tanggal 14 Februari biasanya diingat sebagai hari kasih sayang, tetapi juga untuk tahun ini akan menjadi Hari Beri Suara. Kasih sayang dalam bentuk suara,” ujarnya dalam rilis pers, Jumat.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Konser Harmoni Pemilu Damai 2024, di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Rabu (7/2). 

Menurut Budi Arie, pesta demokrasi yang berlangsung setiap lima tahun sekali merupakan kontestasi bagi sesama anak bangsa Indonesia dalam memilih pemimpin menuju masa depan bangsa.

Baca juga: Wali Kota Surabaya luncurkan "Arek Suroboyo Maknyos Makbleg"

Dia optimistis atas keberadaan generasi muda yang akan menjadikan Indonesia maju. Menurutnya, kemampuan generasi muda yang kelak akan menjadi penopang, penggerak, sekaligus mengisi Indonesia Emas 2045.

“Karena mereka masih punya waktu yang cukup menuju 2045. Masih hot-hot nya untuk berkarya bagi negeri tercinta. Karena Indonesia bisa menjadi negara maju kalau kita semua bersatu,” ucapnya.

Menkominfo menyatakan tahun ini jumlah generasi muda yang memiliki hak pilih cukup signifikan. Dengan persentase jumlah mencapai 60 hingga 70 persen, keterlibatan generasi muda akan menentukan masa depan bangsa.

Budi Arie menyatakan keberadaan generasi muda menjadi penentu kelangsungan pesta demokrasi, apalagi saat ini generasi muda aktif di media sosial.

Baca juga: Perludem: Pemilih muda tentukan nasib bangsa pada Pemilu 2024

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengajak mereka untuk mengampanyekan larangan menyebar berita bohong ataupun hoaks dan berita apapun yang bisa merugikan dari satu sisi maupun sisi yang lain.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo memimpin pembacaan Deklarasi Pemilu Damai 2024.

Lewat deklarasi itu, Budi Arie berharap Pemilu 2024 akan menjadi pesta demokrasi yang damai. Untuk pemilih pemula, secara khusus Menkominfo berharap agar mereka tetap bijak di tengah keragaman yang ada.

“Gen Z yang sudah bisa meramaikan pesta demokrasi kali ini untuk pertama kalinya menjadi pemilih pemula. Saya imbau kalian untuk tidak saling menyerang, karena sekali lagi Pemilu damailah yang kita inginkan,” pungkas dia.

Baca juga: Menteri Bintang pesan pemilih pemula jangan golput pada Pemilu 2024

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024