petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjam uang 10 juta

kredivo dana tunai 477Jutaan kata 927247Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjam uang 10 juta》

Bos Semikonduktor Taiwan Berbagi Resep Sukses hingga Peluang Investasi******

Chairman Win Semiconductors Corp Dennis Chen membagikan soal resep Taiwan menjadi pemain industri global hingga peluang investasi di Indonesia.
Chairman Win Semiconductors Corp Dennis Chen membagikan soal resep Taiwan menjadi pemain industri global hingga peluang investasi di Indonesia.. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Jakarta, CNN Indonesia--

Taiwan memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi dunia. Maklum, mayoritas semikonduktor global, terutama yang tercanggih, berasal dari Negeri Formosa itu.

Semikonduktor kerap dianggap sebagai 'otak' dari beragam alat elektronik sehari-hari dan teknologi yang bisa mengubah masa depan manusia mulai dari kecerdasan buatan hingga 5G.

CNN Indonesiaberkesempatan untuk wawancara eksklusif dengan Chairman Win Semiconductors Corp Dennis Chen melalui program Asia Forward yang ditayangkan pada Kamis (25/1) lalu.

Pria penggemar olahraga ini membagikan soal resep Taiwan menjadi pemain industri global hingga dampak gejolak geopolitik terhadap industri semikonduktor.

Chen juga membagikan sejumlah saran bagi Indonesia jika ingin membangun industri berteknologi tinggi.

Berikut petikan wawancaranya:

1. Sekitar 50 hingga 60 persen pasokan semikonduktor yang dibutuhkan dunia berasal dari Taiwan. Mengapa Taiwan memiliki industri semikonduktor yang begitu kuat?

Saya pikir hasil dari industri semikonduktor Taiwan tidak terbentuk dalam satu atau dua hari karena ini merupakan masa akumulasi yang sangat lama.

Taiwan memiliki beberapa poin spesial. Pertama, orang Taiwan pekerja keras, berbeda dengan yang biasa kami lakukan di daratan.

Kami melewati Selat Taiwan dan Ngarai Heishui, kami berbincang tentang semangat reklamasi lahan kosong di jalan biru dan hijau dari Ngarai Heishui menuju Taiwan.

Kedua, pendidikan di Taiwan cukup populer sehingga tingkat pendidikan seluruh masyarakat pada umumnya cukup tinggi. Itu karena kerja keras dan standar pendidikan yang tinggi.

Kemudian, ketiga, jiwa tanggung jawabnya cukup besar, yang ini lumayan bagus.

Apa yang menyebabkan berbagai faktor ini? Dimulai dari industri yang sangat tradisional. Perlahan, perlahan, perlahan, ia berkembang menjadi industri semikonduktor, dan dengan cara ini, seluruh rantai industri terbentuk sedikit demi sedikit, sedikit demi sedikit.

Untuk melengkapi semikonduktor ini lebih dari setelah tiga puluh atau empat puluh tahun, ini merupakan hasil kumulatif. Jadi bukan suatu kebetulan.

Lihat Juga :
ASIA FORWARDSepak Terjang ITRI Taiwan, Mengubah Wajah Industri Lewat Inovasi

2. Apakah pemerintah Taiwan juga memberikan dukungan kepada industri semikonduktor?

Saya pikir dukungan pemerintah tidak bisa dihindari. Pemerintah Taiwan pada awalnya tentu saja dia pemimpin satu arah. Bagaimana dengan masyarakat sipil Taiwan yang cukup kuat?

Oleh karena itu, setelah arahan pemerintah relatif jelas dan Taiwan karena negara kepulauan, berkembang sampai mendunia.

Hampir semua orang mempunyai gagasan ini. Jadi penjualan ekspor Taiwan menyumbang hampir setengah dari penjualan ekspor kami. Sekitar 70 persen pendapatan warga negara kami. Jadi, disinilah orang tersebut menetap dan tinggal.

Satu demi satu, kita mempelajari model ekonomi ilmu ekonomi. Oleh karena itu, masyarakat Taiwan bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini agar dapat bertahan hidup, jaraknya cukup dekat.

Lihat Juga :
Morowali dan Bara di Jantung Sulawesi

3. Menurut Anda, apa yang akan ditimbulkan oleh kebijakan atau situasi geopolitik saat ini terhadap industri semikonduktor?

Saya kira dampaknya cukup besar. Geopolitik sebenarnya adalah perubahan besar. Seluruh industri terdampak, bukan hanya semikonduktor.

Anda bilang rantai pasokan dunia berasal dari globalisasi dan kemudian tiba-tiba menjadi teregionalisasi. Dengan kata lain, biaya globalisasi adalah rantai pasokan yang relatif panjang.

Mari kita membagi pekerjaan dan bekerja sama, bagaimana setelah menjadi satu blok? Kemudian akan putus dan rantai panjang tersebut akan menjadi rantai pendek maka seluruh dunia juga akan menjadi dunia dengan dua rantai pasokan.

Kalau begitu, tentu saja ini dampaknya besar. Bukan hanya semikonduktor saja. Setiap industri juga punya dampak yang besar.

Tentu saja, di antara mereka, semikonduktor ini punya dampak yang lebih besar. Karena tiba-tiba semua orang mengetahui bahwa semikonduktor adalah bahan strategis negara. Jadi setelah geopolitik, maka setiap negara harus menganggapnya sebagai sesuatu yang harus dimiliki negaranya.

Materi strategis, khususnya bagi negara maju. Negara-negara berkembang juga secara aktif berharap untuk berkembang. Jika Anda berdiri di posisi Taiwan, Anda akan ingin keluar.

Ternyata tentu saja dia (industri semikonduktor) berada di Taiwan karena hal tersebut integrasi waktu yang tepat, tempat yang tepat, orang yang tepat dan seluruh kondisi sangat baik.

Tapi karena harus berhadapan dengan hubungan geopolitik, jadi juga harus keluar. Sekarang kalau lihat Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC), Anda pergi ke Amerika Serikat, Jepang, atau Jerman. Itu disebut dispersi. Maka saya yakin tren ini tidak akan berubah.

Ketika industri semikonduktor Taiwan menghadapi situasi seperti ini, hal itu mungkin akan terjadi. Letakkan ini milik Anda sendiri. Industri semikonduktor telah menyebar dan menyebar ke seluruh dunia adalah tren yang tidak berubah pasti akan menjadi seperti ini.

Lihat Juga :
Bos Sampoerna Buka Suara Usai Diklaim Boy Thohir Siap Dukung Prabowo

4. Beberapa pabrik TSMC telah dipindahkan ke negara lain, mungkin karena kebijakan beberapa negara mengharuskan Anda untuk berproduksi. Apakah semikonduktor perdagangan luar negeri juga menghadapi situasi seperti ini sekarang?

Tentu saja kami juga dihadapkan pada tuntutan seperti itu. Namun, perkembangan industri semikonduktor berbeda dengan industri pada umumnya.

Industri semikonduktor memiliki rantai pasokan yang cukup kompleks. Kebutuhan. Lihatlah titik pendaratan yang sudah dipindahkan sekarang, mungkin semuanya terjadi di negara-negara maju, misalnya, di Amerika Serikat. Dalam hal peralatan dan desain, ini relatif maju. Jadi sekarang ini menggantikan bagian yang dibuatnya.

Tentu saja biayanya akan bertambah karena sebelumnya tidak ada basis manufaktur, kemudian ada pembatasan ketenagakerjaan, undang-undang, dan aspek lainnya.

Untuk berada dalam substansi itu mungkin biaya bukanlah faktor yang mereka pertimbangkan.

Bagaimana dengan yang kedua, seperti Jepang, Jepang mempunyai bahan yang sangat kuat. Dia bisa, dan sebelum Plaza Accord ini. Faktanya, semikonduktor Jepang cukup kuat, terutama pada memori akses acak dinamis (DRAM) penyimpanan.

Jadi pada dasarnya Jepang sudah memiliki rantai pasokan untuk manufaktur dan material semikonduktor. Ada juga peluang sukses di sini dan ditambah dengan semangat keahlian Jepang dalam mengerjakan sesuatu.

Artinya, semangat mengejar kualitas ini dan mereka juga cukup rajin. Bagaimana dengan sikap ini, sikap terhadap kualitas? Peluang keberhasilan mereka, menurut saya, lebih besar dibandingkan Amerika Serikat.

Jepang juga memilikinya ketekunan dan tanggung jawab. Negara-negara Asia seperti itu.

Bersambung ke halaman berikutnya.

Peluang Investasi di Indonesia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kepala kebijakan luar negeri UE mengaku ngeri atas serangan Israel******

Kepala kebijakan luar negeri UE mengaku ngeri atas serangan Israel
Arsip - Kepala Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Uni Eropa yang juga Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell menyampaikan pandangan pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama Uni Eropa di Jakarta, Kamis (13/7/2023). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz/aa.)
Athena (ANTARA) - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell pada Kamis mengatakan dirinya merasa "ngeri" atas berita tentang serangan Israel terhadap kerumunan warga yang menunggu bantuan kemanusiaan di Gaza.

"Saya merasa ngeri dengan berita tentang pembantaian lagi warga sipil di Gaza yang sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan," katanya di X.

"Kematian ini benar-benar tidak bisa diterima."

Sembari menekankan bahwa merampas bantuan pangan bagi masyarakat merupakan pelanggaran serius terhadap hukum humaniter internasional, Borrell mengatakan bahwa "akses kemanusiaan tanpa hambatan ke Gaza harus diberikan."

Pernyataan Borrell tersebut muncul setelah pasukan Israel menembaki kerumunan warga Palestina pada Kamis pagi saat mereka menunggu bantuan kemanusiaan di Kota Gaza, menewaskan sedikitnya 112 orang dan melukai 760 warga lainnya, menurut Kementerian Kesehatan yang berbasis di Gaza.

Israel meluncurkan serangan militer mematikan ke Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menurut Tel Aviv telah menewaskan hampir 1.200 orang.

Sedikitnya 30.035 warga Palestina sejak saat itu telah tewas dan lebih dari 70.457 orang lainnya luka-luka di tengah kehancuran massal dan kelangkaan kebutuhan bahan pokok.

Israel juga memberlakukan blokade yang melumpuhkan di Jalur Gaza, menyebabkan penduduknya, khususnya warga di Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza menjadi pengungsi di tengah kelangkaan akut bahan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur daerah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituding melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan aksi genosida dan mengambil langkah-langkah untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan disalurkan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Uni Eropa minta Israel hentikan serangan ke Rafah
Baca juga: Borrell desak Israel tidak melakukan serangan darat ke Rafah
Baca juga: Uni Eropa: Israel tak bisa halangi Palestina tentukan nasib sendiri

Penerjemah: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024

Bank Neo Commerce salurkan kredit modal kerja ke Moladin Group******

Bank Neo Commerce salurkan kredit modal kerja ke Moladin Group
Manajemen PT Bank Neo Commerce Tbk bersama Manajemen PT Moladin Finance Indonesia setelah acara penandatanganan kerja sama. (ANTARA/HO-Bank Neo Commerce)
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) menyalurkan kredit modal kerja kepada Moladin Group yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan usaha platform fintech dan marketplaceotomotif tersebut.

"Kami berkeyakinan kerja sama dengan berbagai mitra strategis ini dapat mempercepat pengembangan bisnis BNC yang lebih prudentdan pada akhirnya berkontribusi terhadap terwujudnya pembangunan ekonomi nasional yang semakin baik," kata Pejabat Sementara (Pjs.) Direktur Utama PT Bank Neo Commerce Tbk Aditya Windarwo dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Aditya mengatakan bahwa BNC berperan aktif dalam mendukung berbagai upaya pemerintah untuk percepatan laju pertumbuhan inklusi keuangan. Maka, penyediaan berbagai produk keuangan yang bisa diakses masyarakat secara mudah menjadi salah satu langkah strategis BNC lakukan melalui kolaborasi dengan sejumlah mitra.

"Bagi kami, percepatan laju pertumbuhan inklusi keuangan dapat tercapai dengan sinergi dan sejak awal transformasi kami menjadi bank dengan layanan digital, BNC konsisten berkolaborasi dengan berbagai pihak," kata dia.

Direktur Utama PT Moladin Finance Indonesia Mulyadi mengatakan kemitraan yang dijalin bersama BNC itu menandai tonggak penting dalam perjalanan Moladin. Dia meyakini, kolaborasi tersebut memungkinkan perusahaan untuk mencapai dan menghasilkan dampak yang lebih besar.

"Dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya kami, kami dapat memberdayakan individu, memungkinkan lebih banyak UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka, dan membangun lanskap keuangan yang lebih inklusif di Indonesia," kata Mulyadi.

BNC juga menyalurkan kredit modal kerja kepada Home Credit Indonesia. Kerja sama dengan perusahaan pembiayaan itu merupakan kerja sama yang berkelanjutan sejak tahun 2022.

Selain itu, BNC juga berkolaborasi dengan platform pinjaman Cairin untuk menyalurkan pinjaman multiguna kepada masyarakat. Kolaborasi itu dilakukan BNC sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan akses layanan keuangan yang lebih luas.

Baca juga: Bank Neo Commerce lengkapi layanan untuk nasabah korporasi hingga UMKM
Baca juga: Bank Neo Commerce sediakan layanan tarik tunai "cardless" di Indomaret
Baca juga: RUPSLB Bank Neo Commerce angkat Aditya Windarwo jadi Pjs Dirut
 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:erek2 tangan

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
erek togel 2d
promo kredivo cicilan 0
voucher axis 15 hari
permainan judi slot
situs slot free saldo
erek erek 63 2d
garena4d
kumpulan situs togel terpercaya
juragantoto2
Daftar isi semua bab
Bab 1 link slot 10k
Bab 2 angka jitu wla
Bab 3 cara dapat uang 1 juta sehari
Bab 4 tafsir mimpi 84
Bab 5 pinjol umur 18
Bab 6 pinjol amanah
Bab 7 candubola88
Bab 8 super win 303 slot
Bab 9 bonus new member olxtoto
Bab 10 3d texas paito
Bab 11 aplikasi kredit elektronik
Bab 12 ppgbet
Bab 13 situs slot agen
Bab 14 situs slot china
Bab 15 totomacou
Bab 16 tambang888
Bab 17 slot promo 25 25
Bab 18 nama game slot gacor
Bab 19 jutaslot88
Bab 20 nsr4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6983bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Leluhur Naga Penentang Surga

judi 55 slot
China kembali menikung Jepang di proyek impor KRL baru. Sebelumnya, Jepang juga didepak China dalam pengadaan kereta cepat.
China kembali menikung Jepang di proyek impor KRL baru. Sebelumnya, Jepang juga didepak China dalam pengadaan kereta cepat. (Foto: Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

China kembali menikungJepang di proyek pengadaan kereta di Indonesia. Setelah di proyek kereta cepat, kali ini, Tiongkok kembali sukses menggolkanimpor KRL baru senilai Rp783 miliar untuk KAI Commuter.

KAI Commuter resmi membeli tiga rangkaian KRL baru dengan tipe KCI-SFC120-V dari perusahaan China, CRRC Sifang Co., Ltd pada Rabu (31/1). Total investasi kerja sama ini mencapai sekitar Rp783 miliar.

"Pengadaan sarana KRL baru ini merupakan pemenuhan atas jumlah sarana KRL sesuai dengan kebutuhan pelayanan pengguna Commuter Line Jabodetabek 2024-2025, yang sudah mencapai hampir 1 juta pengguna per harinya," ungkap Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto melalui keterangan resmi.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, BPKP, PT INKA, dan stakeholder lainnya.

Selain membeli tiga rangkaian KRL baru dari China, KAI Commuter juga sudah melakukan penandatangan kerja sama pengadaan 16 rangkaian sarana KRL baru oleh PT INKA dengan total investasi hampir sebesar Rp3,83 triliun.

Selain itu, KAI Commuter juga telah melakukan penandatanganan kerja sama pengadaan 19 rangkaian KRL Retrofit oleh PT INKA dengan total investasi lebih dari Rp2,23 triliun.

Adapun seluruh pembiayaan pengadaan tersebut berasal dari pinjaman KAI Commuter, Shareholder Loan dari PT KAI, dan bantuan dari Pemerintah melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

Lihat Juga :
Boy Thohir Respons Djarum-Sampoerna Bantah Dukung Prabowo

"Pengadaan Impor sarana KRL baru ini juga merupakan proses terakhir dari rangkaian pengadaan sarana KRL oleh KAI Commuter sesuai hasil Rapat Koordinasi yang dipimpin Menko Marves tersebut," tutur Asdo.

Ia mengungkapkan pengadaan KRL ini dilakukan untuk penambahan kapasitas angkut pengguna dan replacement kereta yang akan diretrofit oleh PT INKA.

Menurutnya, sarana KRL yang sudah memasuki masa peremajaan secara bertahap akan terus dilakukan penggantiannya dengan proses retrofit. Hak ini untuk menjaga kebutuhan operasional layanan Commuter Line Jabodetabek dengan target 1,2 juta pengguna per hari pada 2025.

Pada 2023 lalu, KAI Commuter mencatat total pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 290.890.677 orang. Angka tersebut lebih besar 38 persen jika dibanding volume pada 2022 yaitu sebanyak 239.254.813 orang.

KAI Commuter juga memprediksi pertumbuhan volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebesar 4 persen per tahun atau bertambah sebanyak 16,98 juta pengguna setiap tahunnya.

Kerja sama KAI Commuter dengan Sifang bukan yang pertama. Pada 9 November 2023 lalu, kedua perusahaan telah menandatangani MoU kerja sama dalam pengembangan sarana perkeretaapian Indonesia.

Kerja sama itu mulai dari pengadaan sarana Electric Multilple Unit (EMU) atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga listrik maupun Diesel Multiple Unit (DMU) atau sarana kereta berpenggerak dengan tenaga diesel.

Pengadaan tiga rangkaian KRL baru ini sebenarnya sudah ramai dibicarakan sejak tahun lalu. Saat itu, KAI Commuter mengungkapkan impor bakal berasal dari Jepang dan baru bisa tiba di Tanah Air pada 2024.

Lihat Juga :
ANALISISBansos 'Tahu Bulat' Jokowi di Masa Kampanye Pilpres untuk Siapa?

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan mulai Juli 2023 pihaknya melakukan asesmen administrasi, teknis, dan negosiasi dengan pabrikan Jepang. Meski demikian, ia belum membocorkan dari pabrikan mana KRL itu akan dibeli.

Kala itu, Anne menargetkan pada Agustus-September 2023, tanda tangan kontrak untuk impor KRL bisa dilakukan. Kemudian, dalam 14 bulan hingga 15 bulan setelahnya akan dilakukan proses produksi, pengiriman, hingga sertifikasi kereta untuk siap dipakai.

"Kami akan mengadakan tiga KRL baru tahun ini dan mudah-mudahan nanti 2024 sudah bisa didatangkan. Ini butuh waktu 14-15 bulan," ucap Anne di Depo KRL Depok, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2023.

Namun rencana impor tersebut mental setelah ditolak Luhut.  Menurutnya, impor KRL bekas itu tak dilakukan karena berpotensi melanggar tiga aturan yaitu peraturan presiden (Perpres), aturan di Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan. Untuk memenuhi kebutuhan armada, pemerintah akan mengimpor KRL baru.

Lihat Juga :
Anggaran Bansos Naik Rp20,5 T Jadi Rp493,5 T Tahun Ini

"Karena itu rapat kemarin, saya minta dari tiga empat hari lalu untuk mengambil langkah-langkah apa yang dilakukan supaya tidak terganggu angkutan dengan kereta api. Dan ternyata bisa, tapi kita memang harus mengimpor barang baru," tuturnya pada Juni 2023.

Rencananya, imbuh Luhut, pemerintah akan mengimpor tiga trainset KRL baru untuk dua tahun kritis ini.

"Tapi kita akan mengimpor tiga saja yang baru, untuk menutupi, kritisnya hanya tahun depan dan 2025," katanya.

Seorang sumber CNNIndonesia.comyang mengetahui soal rencana impor KRL mengatakan ada dugaan sikut-sikutan antara China dengan Jepang di balik kisruh rencana impor KRL bekas. China mengancam akan menahan gelontoran pinjaman untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) jika Indonesia ngotot mengimpor KRL bekas dari Jepang.

"Dilema kalau ambil dari Jepang, China (CDB) katanya enggak mau kasih pinjaman utang buat proyek KCJB," kata sumber tersebut.

Namun, pernyataan sumber tersebut dibantah Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto.

Ia mengatakan setiap keputusan yang diambil pemerintah terkait impor KRL bekas dari Jepang dilandaskan pada kehati-hatian pemerintah. Pemerintah tidak ingin kasus korupsi impor KRL bekas Jepang yang pernah terjadi pada 2006-2007 lalu terulang lagi.

"Tidak ada, tidak ada (sikut-sikutan). Tidak ada hubungannya, saya jamin tidak ada (sikut-sikutan) itu. Kita kan hanya hati-hati impor KRL bekas ini karena dulu sempat ada kasus. Kami tidak mau ini terulang," katanya.

Sebelumnya, China juga menikung Jepang di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang kini bernama Whoosh.

Awalnya, Jepang yang akan menggarap proyek ini namun batal di tengah jalan. Setelahnya, China masuk.

Pada 2020, Luhut mengaku ditugasi Presiden Jokowi untuk melobi China agar mau mendanai proyek kereta cepat tersebut.

"Presiden perintahkan saya untuk pergi ketemu Tiongkok. Kita lihat kalau mereka setuju dan prinsipnya setuju bagaimana kita," kata Luhut.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Penguasa Naga Putih dari Dunia Lain

link judi slot gacor
Negara G20 perkuat kerja sama atasi tantangan perekonomian global
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI Bulan Februari 2024 di Jakarta, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak/aa.
berbagai tantangan ekonomi, kesehatan, dan geopolitik telah memperparah salah satu permasalahan utama dunia, yaitu kemiskinan dan kelaparan
Jakarta (ANTARA) - Negara-Negara Kelompok 20 (G20) sepakat secara konsisten memperkuat semangat multilateralisme melalui kerja sama untuk mengatasi tantangan perekonomian global. "Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai tantangan ekonomi, kesehatan, dan geopolitik telah memperparah salah satu permasalahan utama dunia, yaitu kemiskinan dan kelaparan," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat. Kondisi tersebut dapat menghambat pencapaian pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif, khususnya di negara berkembang. Hal itu mengemuka dalam pertemuan pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) di bawah Presidensi G20 Brasil, yang berlangsung pada 28-29 Februari 2024 di Sao Paulo, Brasil. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur BI Perry Warjiyo memimpin delegasi Republik Indonesia pada pertemuan tersebut. Pada forum tersebut, Perry mengatakan bahwa koordinasi kebijakan moneter dan fiskal telah membawa kinerja perekonomian Indonesia menjadi yang terbaik di antara negara berkembang. Ia juga menyoroti koordinasi kebijakan fiskal-makroprudensial yang telah dilakukan. Pada saat kebijakan fiskal memberikan prioritas insentif pada sektor tertentu, kebijakan makroprudensial melengkapi dengan turut memberikan insentif likuiditas yang dialokasikan kepada bank yang memberikan pinjaman ke sektor-sektor tersebut sehingga turut mendorong pertumbuhan dengan tetap menjaga stabilitas makroekonomi. Selain itu, Perry juga menyoroti tiga tren digitalisasi di sektor keuangan, yaitu digitalisasi di sistem pembayaran dan digitalisasi di perbankan juga industri keuangan, serta digitalisasi melalui konektivitas cross-border payments. Dari tren tersebut, ia menuturkan lima peran pembuat kebijakan di G20, yakni, rethink and reviewkonsolidasi industri perbankan dan pembayaran, baik dari sisi transaksi, interkoneksi, kapasitas, manajemen risiko, dan teknologi informasi; serta memperkuat regulasi dan supervisi, termasuk manajemen risiko dan keamanan siber. Selanjutnya, regulasi kepemilikan dan privasi data, baik data publik, data kontraktual, maupun data pribadi; serta cross-border governance, baik dari sisi teknis, regulasi dan supervisi, nilai tukar dan capital flows. Kemudian, literasi keuangan dan edukasi, antara lain perlindungan konsumen dan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT). Pertemuan pertama FMCBG di bawah Presidensi Brasil membahas berbagai agenda penting yang dipayungi oleh tema utama presidensi, “Building a Just World and a Sustainable Planet", yaitu peran kebijakan ekonomi dalam mengatasi ketidaksetaraan (inequalities), perkembangan perekonomian global, sektor keuangan dan kebijakan perpajakan internasional untuk abad ke-21, serta global debt dan pembangunan berkelanjutan. Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral sepakat bahwa perekonomian global berubah secara cepat, namun masih dibayangi oleh ketidakpastian. Selain itu, ketegangan geopolitik yang semakin meluas berisiko meningkatkan ancaman perekonomian kedepan. Oleh karena itu, G20 sepakat untuk mengoptimalkan kerja sama internasional. Dalam pembahasan terkait agenda sektor keuangan, para gubernur bank sentral sepakat bahwa penting untuk memanfaatkan potensi teknologi digital, termasuk aset kripto, Central Bank Digital Currencies, dan cross-border payments, namun tetap mengedepankan regulasi untuk mengantisipasi risiko yang melekat. Pertemuan perdana untuk tingkat menteri keuangan dan gubernur itu dihadiri oleh seluruh anggota G20, termasuk African Union yang telah menjadi anggota tetap G20, negara undangan (Angola, Mesir, Nigeria, Norwegia, Portugal, Spanyol, Singapura, Swiss, dan Uni Emirat Arab), serta sejumlah organisasi internasional.

Baca juga: BI berkomitmen perkuat posisi Indonesia di kancah internasional
Baca juga: G20 sepakat pererat koordinasi atasi tantangan ekonomi global
Baca juga: BI kembangkan sistem pengawasan transaksi berbasis kecerdasan buatan

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Saat seorang otaku bertemu dengan dunia kultivasi

markas338
Penalti Brandao amankan kemenangan 3-2 Bhayangkara atas Madura
Pesepak bola Madura United Hugo Gomes Dos Santos Silva (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jawa Timur, Senin (26/2/2024). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Spt/am.
Jakarta (ANTARA) - Gol penalti Jose Brandao mengamankan kemenangan 3-2 Bhayangkara FC atas tamunya Madura United, pada pertandingan Liga 2023/2024 di Stadion Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Jumat. Kemenangan yang juga mengakhiri catatan nir kemenangan selama tiga pertandingan itu mendongkrak posisi Bhayangkara di klasemen sementara. Bhayangkara naik ke posisi 17 dengan 18 poin, sedangkan Madura tertahan di posisi ketujuh dengan 35 poin. Bertanding di lapangan yang becek membuat kedua tim agak kesulitan mengembangkan permainan. Tim tamu Madura mengancam terlebih dahulu saat sundulan penyerangnya membentur mistar gawang. Memasuki menit ke-19, Bhayangkara memecah kebuntuan. Umpan panjang Mati Mier dikejar Witan Sulaeman yang lolos dari perangkap offside. Witan kemudian menyepak bola sambil menjatuhkan badan, bola sempat berhenti sedikit karena lapangan basah, namun tetap meluncur masuk ke gawang Madura. Bhayangkara kembali mengancam. Kali ini umpan panjang Radja Nainggolan gagal disambar pemain depan Bhayangkara. Menjelang turun minum, tepatnya pada menit ke-45, Bhayangkara menggandakan keunggulan. Sepakan jarak jauh Matias Mier melayang tajam masuk ke sudut kanan atas gawang Madura tanpa dapat dihalau kiper Lucas Frigeri. Bhayangkara pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Baca juga: Penampilan gemilang Lilipaly antar Borneo FC hantam Bhayangkara FC 4-0 Madura mengancam sejak awal babak kedua. Tendangan bebas Hugo Gomes melambung di atas mistar gawang Awan Setho. Madura menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Menerima operan diagonal dari luar kotak penalti, Yuda Pratama menggiring bola sedikit sebelum menaklukkan kiper Bhayangkara. Madura lantas berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-78. Riski Afrisal mendapat operan di mulut gawang Bhayangkara. Tanpa mengontrol lagi, ia melepaskan sepakan untuk menyambut bola dan berbuah gol. Kedudukan imbang 2-2. Asa Madura untuk membawa pulang poin sirna pada menit ke-83. Tangan salah satu pemainnya terkena bola di kotak terlarang. Brandao yang menjadi eksekutor lantas menjalankan tugasnya dengan sempurna, untuk membawa Bhayangkara menang 3-2. Daftar susunan pemain: Bhayangkara: Awan Setho, Arif Satria, Anderson Salles, Fatchu Rahman, I Putu Gede, Zulfahmi Arifin, Radja Nainggolan, Witan Sulaeman, Mati Mier, Jose Brandao Pelatih: Emral Abus Madura United: Lucas Frigeri, Koko Ari Araya, Fachruddin, Cleberson Martins, Novan Sasongko, Jacob Mahler, Ricky Ariansyah, Hugo Gomes, Salim Tuahera, Abiyoso, Malik Risaldi Pelatih: Rakhmad Basuki

Baca juga: Madura United taklukkan Persikabo 3-2

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Tawarikh Tirus

rtp wd hoki
Jalan Tol Binjai-Langsa berada di bawah naungan PT Hutama Karya (Persero) atau HK sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).
Jalan Tol Binjai-Langsa telah terintegrasi dan bisa dilalui masyarakat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jalan Tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura di Sumatraakan mulai beroperasi mulai besok, Senin (29/1) pukul 07.00 WIB. Jalan tol sepanjang 19 kilometer (km) ini akan dibuka secara fungsional tanpa tarif alias gratis.

Jalan tol ini berada di bawah naungan PT Hutama Karya (Persero) atau HK sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Tol ini juga merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Pengoperasian seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura ini menyambung seksi Binjai-Stabat sepanjang 12,3 km yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022 dan seksi Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 km sejak September 2023.

"Sebelumnya seksi tol ini telah diuji coba terlebih dahulu pada Libur Nataru lalu dengan dioperasikan secara fungsional sejak selama lebih dari dua pekan mulai dari tanggal 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024 dan telah dilalui sebanyak lebih dari 100 ribu kendaraan dengan lancar serta nihil kecelakaan," tutur Tjahjo, dikutip dari laman resmi BPJT PUPR, Minggu (28/1).

Tjahjo menambahkan pihaknya siap mengoperasikan jalan tol ini dari sisi fasilitas maupun kesiapan petugas di lapangan.

"Terdapat sebanyak 62 personil siaga hanya untuk seksi ini, jika digabung dengan petugas dari Binjai hingga Kuala Bingai totalnya mencapai 162 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, derek, ambulans hingga patroli," imbuh dia.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Gelontorkan Rp455,8 T untuk Bangun Infrastruktur di 2023

Lebih lanjut, Tjahjo menyebut selama masa beroperasi tanpa tarif, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara masif mengenai aturan berkendara di jalan tol.

"Selama beroperasi tanpa tarif ini pastinya kami sekaligus akan mensosialisasikan aturan berkendara di jalan tol, walaupun masyarakat sekitar telah banyak mempelajari aturannya mengingat sebelumnya telah dioperasikan 2 seksi sehingga sudah memahami bahwa aturan di jalan tol cukup berbeda dengan jalan nasional, terutama terkait penggunaan kartu uang elektronik hingga peraturan putar balik kendaraan," tambah dia.

Meski belum ditetapkan tarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik khususnya pengguna yang melintas dari arah Kuala Bingai menuju Tanjung Pura atau sebaliknya melalui seksi Binjai-Stabat dan Stabat-Kuala Bingai, di mana Tol Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat tetap dikenakan tarif normal karena sudah beroperasi dengan tarif sejak lama.

(dla/mik)

[Gambas:Video CNN]

Akhir dari kerajaan hewan peliharaan dunia

slot gacor link alternatif
Tokopedia mengangkat Vonny Ernita Susamto sebagai direktur utama baru menggantikan Melissa Siska Juminto. Pengangkatan usai TikTok mengakuisisi Tokopedia.
Tokopedia mengangkat Vonny Ernita Susamto sebagai direktur utama baru menggantikan Melissa Siska Juminto. Pengangkatan usai TikTok mengakuisisi Tokopedia. (AFP/YASUYOSHI CHIBA).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Tokopedia mengangkat Vonny Ernita Susamto sebagai direktur utama baru menggantikan Melissa Siska Juminto. Pengangkatan itu terjadi usai TikTok mengakuisisi Tokopedia.

Keputusan itu disampaikan lewat keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (31/1).

Mengutip informasi dari LinkedIn-nya, Vonny merupakan lulusan dari Universitas Pelita Harapan jurusan administrasi bisnis dan manajemen pada 2002.

Ia juga pernah bekerja di ByteDance, perusahaan induk TikTok sebagai category management selama 2 tahun 8 bulan.

Selain Vonny, Tokopedia juga mengangkat Melissa Siska Juminto sebagai direktur bersama Mengzhi Xu.

Berikut susunan direksi dan komisaris Tokopedia terbaru.

Direktur Utama: Vonny Ernita Susamto
Direktur: Mengzhi Xu
Direktur: Melissa Siska Juminto

Komisaris Utama: Wilfred Halim
Komisaris: Chi-Jen Sung
Komisaris: Ran Gao
Komisaris: Sugito Walujo
Komisaris: Garibaldi Thohir

[Gambas:Video CNN]

TikTok resmi mengakuisisi 75 persen saham Tokopedia yang dimiliki GoTo, seharga US,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS). Akuisisi terjadi pada Desember lalu.

Manajemen GoTo mengatakan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia kini dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

Akan tetapi, kembalinya TikTok Shop ke Tanah Air dengan menggandeng Tokopedia ternyata tak mengubah skema mereka berjualan. Perusahaan asal China itu tetap mengusung konsep transaksi di media sosial alias social commerce yang dilarang di Indonesia.

Lihat Juga :
Sri Mulyani: Orang Lebih Silau dengan Pembangunan karena Gunting Pita
(fby/agt)

Hiburan Korea adalah penyakit

bewokbet
BPS mencatat harga beras eceran naik 0,63 persen secara month to month (mtm) atau 16,24 persen secara year on year (yoy) pada Januari 2024.
BPS mencatat harga beras eceran naik 0,63 persen secara month to month (mtm) atau 16,24 persen secara year on year (yoy) pada Januari 2024. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras eceran naik 0,63 persen secara month to month(mtm) atau 16,24 persen secara year on year(yoy) pada Januari 2024.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan kenaikan harga beras tidak hanya terjadi di tingkat eceran, melainkan juga di level grosir dan penggilingan.

"Harga beras grosir pada Januari 2024 naik sebesar 0,97 persen secara mtm dan 16,66 secara yoy," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (1/2).

Harga gabah di tingkat petani juga meningkat pada Januari 2024. Harga gabah kering panen (GKP) naik 2,97 persen secara bulanan dan naik 18,64 persen secara tahunan.

Harga gabah kering giling (GKG) juga naik 4,85 persen secara bulanan dan naik 24,52 persen secara tahunan.

Amalia mengatakan harga beras masih tinggi meski saat ini pemerintah menggelontorkan bantuan sosial (bansos) pangan karena suplai yang lebih rendah dibanding permintaan. Hal itu disebabkan karena sejumlah negara menutup keran ekspor beras.

"Sementara di dalam negeri panen beras relatif rendah karena El Nino yang berkepanjangan. Untuk Januari-Februari, BPS memperkirakan produksi beras masih lebih rendah dari konsumsi atau terjadi defisit," katanya.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)