petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara pinjam di home credit

link demo pragmatic 349Jutaan kata 148827Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara pinjam di home credit》

Dirjen HAM: Revitalisasi KUA layani semua agama permudah pelayanan publik******

Dirjen HAM: Revitalisasi KUA layani semua agama permudah pelayanan publik
Ilustrasi - Seorang penghulu membimbing prosesi akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten, Jumat (1/2/2024). Kementerian Agama merancang transformasi KUA menjadi pusat layanan keagaman bagi semua agama dengan menyiapkan 40 jenis layanan guna mengimplementasikan toleransi di Indonesia. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/Spt.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Hak Asasi Manusia (HAM) Kementerian Hukum dan HAM Dhahana Putra menilai rencana merevitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi sentra pelayanan keagamaan bagi semua agama mempermudah akses layanan publik bagi seluruh rakyat.

Menurutnya, wacana KUA yang diproyeksikan sebagai tempat pencatatan pernikahan bagi semua agama merupakan terobosan yang positif dari Kementerian Agama.

“Merevitalisasi KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan maupun pelaksanaan pernikahan tentu merupakan terobosan yang patut diapresiasi karena selain mempermudah akses juga membuat KUA semakin inklusif dalam memberikan layanan kepada publik,” kata Dhahana dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Kendati demikian, rencana tersebut tentu memerlukan kajian yang komprehensif dari aspek regulasi, birokrasi, hingga sosiologis. Pasalnya, pengejawantahan terobosan Menteri Agama tersebut memerlukan kerja-kerja praktis yang tidak sederhana.

Dhahana mencontohkan dari aspek birokrasi, misalnya, pencatatan pernikahan bagi masyarakat yang memeluk agama Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu serta penghayat kepercayaan dilakukan di dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil).

Oleh karena itu, dia menyoroti sejumlah regulasi yang mengatur mengenai pernikahan juga menjadi tantangan tersendiri bagi KUA bila akan direvitalisasi sebagai tempat atau pencatatan pernikahan bagi semua agama.

“Bilamana diperlukan untuk revisi sejumlah regulasi guna merevitalisasi KUA, kami di Direktorat Jenderal HAM siap untuk menjadi partner dialog,” ujarnya.

Ia mengakui Direktorat Jenderal HAM memang tengah menyiapkan parameter HAM di dalam proses penyusunan peraturan perundang-undangan. Indikator-indikator yang digunakan dalam parameter HAM di antaranya terkait dengan inklusivitas, kesetaraan, dan non-diskriminasi serta aksesibilitas pelayanan.

Dhahana juga menggarisbawahi pentingnya membangun komunikasi yang intensif dengan para pemangku kepentingan. Sehingga, tidak memunculkan kekeliruan persepsi di masyarakat.

“Yang juga tidak kalah penting, dalam pembahasan revitalisasi KUA itu mungkin juga perlu mendengarkan aspirasi stakeholdersterkait khususnya organisasi-organisasi keagamaan,” pungkas Dhahana.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan KUA akan bertransformasi sebagai tempat yang tak hanya melayani umat Islam, tetapi juga akan dijadikan tempat pencatatan nikah bagi semua umat beragama.

"Kami sudah sepakat sejak awal bahwa KUA ini akan kami jadikan sebagai sentral pelayanan keagamaan bagi semua agama. KUA bisa digunakan untuk tempat pernikahan semua agama," kata Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (24/2).

Menurut Yaqut, dengan mengembangkan fungsi KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan secara agama selain Islam, maka diharapkan data-data pernikahan dan perceraian di Indonesia bisa lebih terintegrasi dengan baik.

Baca juga: Kemenkumham Sulut minta notaris tetap bekerja sesuai kode etik
Baca juga: Dirjen Imigrasi harap adanya sinergi bersama TNI mengawasi PLBN Skow
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024

Titi: MK tekankan Pilkada 2024 sesuai jadwal pada November 2024******

Titi: MK tekankan Pilkada 2024 sesuai jadwal pada November 2024
Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.
Semarang (ANTARA) - Anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini mengatakan Mahkamah Konstitusi menekankan dua substansi penting dalam putusan perkara Nomor 12/PUU-XXII/2024, salah satunya pemilihan kepala daerah serentak tahun ini tetap berlangsung pada November 2024 sesuai jadwal secara konsisten.

"Meski menolak permohonan pemohon, Mahkamah Konstitusi menekankan dua substansi penting," kata Titi Anggraini melalui percakapan WhatsApp kepada ANTARA di Semarang, Sabtu pagi, ketika merespons putusan MK terkait dengan uji materi Undang-Undang Pilkada terhadap UUD NRI Tahun 1945.

Sebelumnya, Ahmad Al Farizy dan Nur Fauzi Ramadhan, kedua pemohon ini mahasiswa Universitas Indonesia, mengajukan permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang (UU Pilkada) terhadap UUD NRI Tahun 1945.
 
Nur Fauzi Ramadhan (kiri) dan Ahmad Al Farizy, keduanya mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia. ANTARA/Dokumentasi Pribadi


Kendati Mahkamah Konstitusi pada hari Kamis (29/2) 2024 pukul 16.02 WIB menolak permohonan pemohon, lanjut Titi, MK menyebutkan bahwa mengingat pentingnya tahapan penyelenggaraan pilkada yang telah ditentukan yang ternyata membawa implikasi pada makna keserentakan pilkada secara nasional, Mahkamah perlu menegaskan ihwal jadwal yang telah ditetapkan dalam Pasal 201 ayat (8) UU Pilkada.

Pasal tersebut menyatakan bahwa pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dilaksanakan pada bulan November 2024.

Oleh karena itu, kata Titi, pilkada harus dilakukan sesuai dengan jadwal dimaksud secara konsisten untuk menghindari adanya tumpang-tindih tahapan-tahapan krusial Pilkada Serentak 2024 dengan tahapan Pemilu 2024 yang belum selesai.

"Artinya mengubah jadwal dimaksud akan dapat mengganggu dan mengancam konstitusionalitas penyelenggaraan pilkada serentak," kata Titi yang pernah sebagai Direktur Eksekutif Perludem.

Substansi penting lainnya, lanjut pakar kepemiluan ini, melalui pertimbangan hukum putusan perkara Nomor 12/PUU-XXII/2024, MK menekankan dan menegaskan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersyaratkan bagi calon anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD terpilih yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah untuk membuat surat pernyataan bersedia mengundurkan diri jika telah dilantik secara resmi menjadi anggota DPR, anggota DPD dan anggota DPRD apabila tetap mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Baca juga: KPU: Pilkada Serentak tetap 27 November 2024
Baca juga: KPU soal percepatan jadwal pilkada: Itu domain pembentuk UU


 

Pewarta: D.Dj. Kliwantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024

Hemat Jutaan Rupiah Beli TV hingga AC di Transmart Full Day Sale******

Di Transmart Full Day Sale, aneka produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai TV LED didiskon gede bahkan sampai jutaan rupiah.
Di Transmart Full Day Sale, aneka produk elektronik seperti AC, kulkas, sampai TV LED didiskon besar-besar bahkan sampai jutaan rupiah. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale nggak pernah bosan kasih diskon buat para pelanggannya.

Kali ini, Transmart Full Day Sale digelar dua hari sejak Sabtu (17/2) hingga Minggu (18/2) dan diskonnya berlaku sejak toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Sikat, Sepeda Listrik di Transmart Dijual Mulai Rp2 Jutaan Aja

Produk elektronik:

· LED TV 65"UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung harga normal mulai Rp11.209.000, harga diskon mulai Rp7.199.200. Pembeli hemat Rp4 jutaan.

· LED TV 50"UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung harga normal mulai Rp6.969.000, harga diskon mulai Rp4.799.200. Pembeli hemat Rp2 jutaan.

· Kulkas side by side merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung harga normal mulai Rp12.649.000, harga diskon mulai Rp9.239.200 (harga Luar Pulau Jawa, Bali, Lampung). Pembeli hemat Rp3 jutaan.

· Kulkas side by side merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung harga normal mulai Rp12.049.000, harga diskon mulai Rp8.799.200 (harga Pulau Jawa, Bali, Lampung). Pembeli hemat Rp3 jutaan.

· AC split 1/2 PK harga normal Rp3.889.000, harga diskon jadi Rp2.799.200 (harga Luar Pulau Jawa, Bali, Lampung). Pembeli hemat Rp1 jutaan.

· AC split 1/2 PK harga normal Rp4.199.000, harga diskon jadi Rp2.699.200 (harga Pulau Jawa, Bali, Lampung). Rp1 jutaan.

Khusus untuk pembelian AC di Transmart, pelanggan bakal dapat bonus berupa pipa dan instalasi standar secara gratis.

Selain produk elektronik masih ada banyak produk lainnya yang diskon di Transmart. Jadi pastikan, Anda mempunyai salah satu bank yang direkomendasikan supaya bisa belanja dengan diskon berlipat.

Bagi yang belum punya Allo Primebisa segera download Allo Bank melalui hp di App Store atau Google Play Store. Kemudian upgrade akun terdaftarnya ke Allo Prime.

Sementara untuk kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan secara instan di setiap gerai, sehingga pelanggan bisa langsung menggunakan limit kartunya untuk belanja.

Selagi masih banyak waktu, yuk manfaatkan semaksimal mungkin untuk belanja ke Transmart terdekat karena diskonnya sayang untuk dilewatkan.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:slotreceh

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
play 4d slot
bocoran situs slot gacor
master 77 slot
bersama4d
fragmatic4d
virginia day paito
petir88
joker99
pragmatic zombie carnival
Daftar isi semua bab
Bab 1 pejuang 138 slot
Bab 2 cara dapat limit kredivo 30 juta
Bab 3 pinjol auto acc
Bab 4 winfair88
Bab 5 link slot gacor malam ini
Bab 6 situs judi tergacor
Bab 7 ga slot
Bab 8 wargaqq
Bab 9 pola jam gacor olympus
Bab 10 masterdomino99
Bab 11 situs slot gacor pragmatic
Bab 12 jp gacor slot
Bab 13 juraganprediksi
Bab 14 pulitoto
Bab 15 mentol4d
Bab 16 cicilan pakai kredivo
Bab 17 link terbaru bola88
Bab 18 download joker123 versi terbaru
Bab 19 pola maxwin princess 1000
Bab 20 harmoni4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1210bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Menantu setingkat dewa

situs slot cambodia
Dua personel Polri jadi lulusan terbaik Kelas Zemi ke-34
Direktur Program Sarjana (Dirprog) STIK Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Nurul Azizah menyerahkan plakat kepada Irjen Izawa Kazuo dalam acara penutupan Kelas Zemi ke-34 di STIK Polri, Jakarta, Jumat (1/3/2024). ANTARA/HO-Humas STIK Polri.
Jakarta (ANTARA) - Dua dari 20 personel Polri mahasiswa STIK angkatan 81/WWS menjadi lulusan terbaik Kelas Zemi ke-34 yang dilaksanakan atas kerja sama Polri dan Kepolisian Jepang.

Direktur Program Sarjana (Dirprog) Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Polri Brigjen Pol. Nurul Azizah di Jakarta, Sabtu, mengatakan kedua mahasiswa lulus terbaik Kelas Zemi, yakni Ilham Yuliani (Polwan) dan Ade Hertiawan.

“Mereka menjadi lulusan terbaik karena keaktifan dan kemampuan problem solving dalam membangun strategi pemolisian masyarakat (polmas),” kata Nurul.

Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan, Kelas Zemi ke-34 dilaksanakan selama 10 kali pertemuan, para mahasiswa yang merupakan personel Polri aktif itu mendalami topik tertentu yang lebih mendalam terkait pemolisian masyarakat seperti yang ada di Jepang.

Filosofi pemolisian masyarakat merupakan pilar utama pemolisian modern yang membangun paradigma pemolisian proaktif dalam menangani masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat.

“Kemitraan kepolisian dengan masyarakat menjadi modal dalam membangun keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Nurul.

Kepolisian Jepang yang telah lama menginisiasi pemolisian masyarakat di Indonesia sejak tahun 2005, lanjut dia, mendorong paradigma pemolisian dengan menghadirkan konsep Polmas yang diaktualisasikan secara lebih luas oleh Bhabinkamtibmas yang menjadi ujung tombak sampai pada tingkat desa.

“Kelas Zemi memliki peran strategis dalam membangun pemolisian masyarakat,” ujarnya.

Mantan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri itu menambahkan, para lulusan diharapkan setelah mengikuti Kelas Zemi mampu memecahkan permasalahan ketika nanti tugas di lapangan, mengetahui sistem perbandingan sistem kepolisian Indonesia-Jepang dan bisa mengambil mana yang cocok untuk Indonesia dan bisa diterapkan.

Dosen Polmas STIK Polri Dr Yundini menambahkan, Kelas Zemi tahun ini dari segi jumlah mahasiswa 20 orang di tahun sebelumnya hanya 10 orang.

“Mahasiswa sangat luar biasa dalam mengikuti pelatihan. Kondisi ini akan menjadi kenangan bagi pak Izawa yang akan kembali ke Jepang dan diganti oleh pejabat lain,” katanya.

Sementara itu, Irjen Izawa Kazuo, selaku Program Manager Support Program for Reform of Indonesia National Police menyampaikan Kelas ZEMI terlaksana dengan adanya kerja sama antara Polri dan Kepolisian Jepang.

“DIharapkan kerja sama ini akan tetap berlanjut pada masa yang akan datang. Mahasiswa sangat bersemangat dalam mengikuti pelatihan yang sangat singkat tapi bisa diselesaikan dengan baik,” kata Kazuo.

Piagam penghargaan lulus terbaik Kelas Zemi ke-34 diberikan kepada dua mahasiswa angkatan 81/WWS pada acara penutupan di STIK Polri, Jakarta, Jumat (1/3).

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024

mata evolusi

receh 168 slot
Belanja di Transmart auto cuan pakai Allo Bank atau Bank Mega. Dengan metode pembayaran tersebut, pembeli bisa dapat diskon 20 persen!
Ilustrasi. Belanja di Transmart makin hemat pakai Allo Bank atau Bank Mega. Dengan metode pembayaran tersebut, pembeli bisa dapat diskon 20 persen! (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau belanja makin hemat di Transmart? Bisa banget dong kalau bayar belanjaannya pakai Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Soalnya, belanja dengan metode pembayaran tersebut, pembeli bisa otomatis dapat diskon sebesar 20 persen. Kalau gini belanja auto cuan!

Lihat Juga :
Siap-siap Belanja, Transmart Full Day Sale Balik Lagi Hari Ini!

Supaya bisa nikmati diskonnya, pastikan Anda sudah memiliki Allo Bank, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah, supaya diskonnya dobel jadi 50 persen plus 20 persen.

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgradeakun ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Ada banyak produk yang diskon loh. Mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal diskon.

Lengkap banget kan produknya. Yuk, siap-siap pergi belanjaan ke Transmart hari, ya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

kebangkitan orang mati

papuaslot
Anak buah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membeberkan alasan atasannya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara usai nyoblos pada Rabu.
Anak buah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membeberkan alasan atasannya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara usai nyoblos pada Rabu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anak buah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membeberkan alasan atasannya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara usai menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 pada Rabu (14/2) malam.

Juru bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengungkapkan Basuki menemui Presiden Jokowi untuk melaporkan soal penanganan banjir di Kudus dan Demak.

"Intinya tentang penanganan banjir di Kudus dan Demak yang sudah menggenangi permukiman warga sekitar 7 hari akibat jebolnya tanggul Sungai Wulan," kata Endra seperti dikutip Detik Finance, Kamis (15/2).

"Pak Menteri pamit kemarin malam ke Pak Presiden untuk meninjau lapangan sekaligus memastikan bahwa tanggul sudah tertutup dan pengeringan wilayah dengan pompa-pompa mobile berjalan baik," ujarnya.

"Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerja sama dengan Kodam IV Diponegoro, pekerjaan perbaikan tanggul sudah tuntas dan akses Semarang - Demak - Kudus mulai terbuka secara perlahan," ujar dia.

Berdasarkan keterangan Kementerian PUPR, Basuki hari ini memang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Demak dan Kudus untuk melakukan peninjauan pada perbaikan darurat titik tanggul Sungai Wulan yang jebol akibat hujan lebat pada 3-5 Februari 2024 silam.

Saat ini tanggul yang jebol itu sudah berhasil tertutup dan tinggal menyisakan pekerjaan penebalan atau penambahan tinggi tanggul.

Dalam keterangannya, Basuki mengatakan penambahan tinggi tanggul Sungai Wulan akan terus dilakukan. Hal itu untuk mencegah air melimpas diatas tanggul Sungai Wulan atau jebol kembali.

"Sesuai target yang disampaikan Senin lalu, kedua tanggul yang jebol sudah tertutup semua dalam 3 hari ini. Sekarang tinggal memperkuat dan meninggikan tanggul, karena diprediksi puncak hujannya masih terus sampai akhir Februari 2024," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Guru hebat dari kedua dunia

dunia777
Tarif baru Tol Serpong-Cinere mulai berlaku pada Rabu (21/2) pukul 00.00 WIB.
Tarif Tol Serpong-Cinere bakal mengalami kenaikan dari Rp17.500 menjadi Rp18.500 untuk jarak terjauh. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Daftar Isi
  • Seksi 1 (Serpong - Pamulang)
  • Seksi 2 (Pamulang - Cinere)
  • Tarif terjauh (Serpong - Cinere)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tarif Tol Serpong-Cinere bakal mengalami kenaikan dari Rp17.500 menjadi Rp18.500 untuk jarak terjauh.

General Manager Keuangan dan Administrasi PT Cinere Serpong Jaya, Ronald Reagen Alexander Pardede menyebut tarif baru tersebut mulai berlaku pada Rabu (21/2) pukul 00.00 WIB.

Lihat Juga :
Beras di Sejumlah Ritel Jakbar Muncul Lagi, Ada yang Kosong Satu Bulan

Berikut daftar penyesuaian tarif pada Ruas Tol Serpong-Cinere:

Seksi 1 (Serpong - Pamulang)

Gol I : Rp 12.000,- yang semula Rp 11.000,-
Gol II : Rp 18.000,- yang semula Rp 16.500,-
Gol III : Rp 18.000,- yang semula Rp 16.500,-
Gol IV : Rp 24.000,- yang semula Rp 22.000,-
Gol V : Rp 24.000,- yang semula Rp 22.000,-

Lihat Juga :
Jumlah Penduduk IKN Diprediksi 1,9 Juta pada 2045

Seksi 2 (Pamulang - Cinere)

Gol I : Rp 6.500,-
Gol II : Rp 10.000,-
Gol III : Rp 10.000,-
Gol IV : Rp 13.500,-
Gol V : Rp 13.500,-

Tarif terjauh (Serpong - Cinere)

Gol I : Rp 18.500,-
Gol II : Rp 28.000,-
Gol III : Rp 28.000,-
Gol IV : Rp 37.000,-
Gol V : Rp 37.000,-

(tfq/fra)

[Gambas:Video CNN]

Karier Pesawat Dandy

olb365
Komedian Alfiansyah Komeng sempat viral setelah ikut kontestasi pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2024. Berikut besaran gajinya jika lolos.
Komedian Alfiansyah Komeng sempat viral setelah ikut kontestasi pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2024. (dok. detikHOT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah dilakukan pada Rabu (14/2). Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih melakukan penghitungan.

Sejumlah nama turut masuk sebagai calon anggota DPR, termasuk komedian Alfiansyah Komeng.

Berdasarkan data sementara real count KPU per Kamis (15/2) pukul 08.00 WIB, Komeng telah mengantongi 8,16 persen atau 180.817 suara. Dari data sementarareal countdi situs resmi KPU, Komeng menempati perolehan suara tertinggi dari 53 calon lainnya.

Gaji dan tunjangan anggota DPD diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2008 tentang Hak Keuangan Administrasi Bagi Ketua Wakil Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah serta Mantan Ketua Wakil Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Beserta Janda/Dudanya.

Dalam Pasal 3 disebut bahwa gaji pokok tunjangan jabatan bagi ketua, wakil ketua, dan anggota DPD sama dengan gaji pokok dan tunjangan jabatan ketua, wakil ketua, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sementara itu, rincian gaji serta tunjangan para anggota DPR diatur dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 tentang Gaji Pokok dan Tunjangan Anggota DPR RI dan dan Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015.

Besaran gaji juga sudah diatur dalam PP Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara serta Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tinggi Negara.

Gaji anggota DPR ada tiga kategori, yakni gaji anggota DPR, gaji anggota DPR merangkap wakil ketua, dan gaji anggota DPR merangkap ketua.

Untuk anggota DPR saja, mereka menerima gaji pokok sebesar Rp4,2 juta. Kemudian gaji wakil ketua DPR sebesar Rp4,6 juta dan gaji ketua DPR sebesar Rp5,04 juta.

Gaji ini belum termasuk beragam tunjangan, di antaranya:

- Uang sidang/paket sebesar Rp2.000.000
- Asisten anggota Rp2.250.000.
- Tunjangan beras Rp 30.090 per jiwa, setiap bulan.
- Tunjangan PPh Rp 2.699.813.
- Tunjangan istri sebesar 10 persen dari gaji pokok
- Tunjangan dua anak sebesar 2 persen dari gaji pokok
- Tunjangan jabatan anggota Rp9.700.000 per bulan
- Tunjangan kehormatan anggota DPR Rp5.580.000 per bulan.
- Tunjangan komunikasi anggota DPR Rp15.554.000 per bulan.
- Bantuan listrik dan telepon Rp7.700.000

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Tidak beruntung di laut

pundi96
Kemendag sebut mayoritas produk tambang alami penurunan harga
Arsip foto - Foto udara kawasan tambang ore nikel di Desa Siumbatu, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Selasa (23/1/2023). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/Spt.
Mayoritas komoditas produk pertambangan yang dikenakan bea keluar periode Maret 2024 mengalami penurunan harga jika dibandingkan dengan periode sebelumnya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut mayoritas komoditas produk pertambangan yang dikenakan bea keluar (BK) mengalami penurunan harga dibandingkan dengan periode Februari 2024.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Budi Santoso mengatakan, penurunan harga ini disebabkan menurunnya permintaan atas produk tersebut di pasar dunia. Hal ini berpengaruh terhadap penetapan Harga Patokan Ekspor (HPE) produk pertambangan yang dikenakan BK periode Maret 2024.

"Mayoritas komoditas produk pertambangan yang dikenakan bea keluar periode Maret 2024 mengalami penurunan harga jika dibandingkan dengan periode sebelumnya," ujar Budi melalui keterangan di Jakarta, Sabtu.

Produk pertambangan yang mengalami penurunan harga rata-rata pada periode Maret 2024, yaitu konsentrat konsentrat tembaga (Cu ≥ 15 persen) dengan harga rata-rata 3.304,43 dolar AS per WE atau turun sebesar 0,75 persen, konsentrat besi laterit (gutit, hematit, magnetit) (Fe ≥ 50 persen dan Al2O2 + SiO2 ≥ 10 persen) dengan harga rata-rata 58,81 dolar AS per WE atau turun sebesar 3,81 persen, dan konsentrat seng (Zn ≥ 51 persen) dengan harga rata-rata 634,17 dolar AS per WE atau turun sebesar 4,00 persen.

Sedangkan produk pertambangan yang mengalami kenaikan harga rata-rata pada periode Maret 2024 ini, yaitu konsentrat timbal (Pb ≥ 56 persen) dengan harga rata-rata 868,81 dolar AS per WE atau naik sebesar 3,19 Persen.

Penetapan HPE produk pertambangan periode Maret 2024 dilakukan dengan terlebih dahulu meminta masukan/usulan tertulis dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selaku instansi teknis terkait.

Kementerian ESDM memberikan usulan setelah melakukan perhitungan data berdasarkan harga yang diperoleh pada perkembangan dari Asian Metal, London Bullion Market Association(LBMA), dan London Metal Exchange(LME).

Selanjutnya, penetapan HPE dilakukan setelah adanya rapat koordinasi antar instansi terkait yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian ESDM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Perindustrian.

Baca juga: Harga patokan ekspor produk tambang kembali alami fluktuasi
Baca juga: Kemenperin: Hilirisasi silika guna pengembangan industri semikonduktor

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024