petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot resmi online

gentoto 362Jutaan kata 174883Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot resmi online》

BPS Bali: Nilai tukar petani Februari 2024 tertinggi dalam 5 tahun******

BPS Bali: Nilai tukar petani Februari 2024 tertinggi dalam 5 tahun
Kepala BPS Bali Endang Retno Sri Subiyandani saat menjelaskan NTP Bali Februari 2024 di Denpasar, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari
Pada bulan Februari 2024 NTP di Bali sebesar 105,98, nilai ini meningkat 2,30 persen dibandingkan Januari 2024
Denpasar (ANTARA) - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bali Endang Retno Sri Subiyandani menyebutkan nilai tukar petani (NTP) Bali Februari 2024 merupakan yang tertinggi dalam lima tahun terakhir.

“Pada bulan Februari 2024 NTP di Bali sebesar 105,98, nilai ini meningkat 2,30 persen dibandingkan Januari 2024. NTP yang mencapai 105,98 ini merupakan yang tertinggi dalam lima tahun terakhir,” kata Endang Retno di Denpasar, Jumat.

Endang menjelaskan NTP Bali ini terus meningkat belakangan ini ditopang oleh peningkatan indeks harga yang diterima petani yang lebih tinggi dibanding harga yang dibayar petani.

Adapun indeks yang diterima petani naik 3,04 persen berkat komoditas gabah, tomat, dan cabai merah, sementara indeks yang dibayar petani naik hanya sedikit yaitu 0,72 persen karena andil beras, cabai rawit, daging ayam ras, dan cabai merah.

“Sebelumnya memang NTP kita belum sampai setinggi sekarang, ini dari 100 naik terus jadi 105,98. Nilai tukar petani itu dipicu dua sisi bisa dari produksinya petani bagus bisa juga ongkos yang dikeluarkan ditekan oleh pemerintah pada saat ongkos yg dikeluarkan ditekan pemerintah misalkan diberi bantuan traktor atau alat bajak,” ujar Endang.

Baca juga: BPS sebut kabupaten lumbung padi Bali alami inflasi beras tertinggi

Baca juga: Buleleng luncurkan portal satu data dasar kebijakan publik 

“Jadi, hanya bibit yang tidak bisa dikendalikan karena harganya mengikuti pasaran, tapi ketika itu bisa ditekan juga maka pembaginya menurun lagi jadi yang diterima petani lebih tinggi,” sambung Kepala BPS Bali.

Salah satu komoditas yang membantu tingginya penerimaan petani adalah gabah. BPS Bali mengakui bahwa gabah bak dua mata pisau yang menguntungkan petani sekaligus merugikan masyarakat karena berujung kenaikan harga beras.

Namun bagi petani Bali, kenaikan harga gabah tidak akan menguntungkan apabila biaya produksinya juga tinggi sehingga yang patut disyukuri adalah keberhasilan dalam menekan pengeluaran petani.

Lebih lanjut NTP Bali Februari 2024 dilihat dari sub sektornya masih ada sektor yang belum menyentuh nilai 100 meski secara keseluruhan tertinggi sepanjang lima tahun terakhir.

Endang menyebutkan subsektor tersebut yaitu peternakan dan perikanan dengan indeks di bawah 100, sementara yang sudah lebih dari 100 yaitu tanaman pangan, hortikultura dan tanaman perkebunan rakyat.

“Peningkatan tertinggi pada subsektor hortikultura sebesar 6,77 persen,” ucapnya.

Jika lihat dari nilai tukar usaha pertanian (NTUP) yaitu mengeluarkan indeks pengeluaran konsumsi rumah tangga petani nilainya lebih tinggi lagi, yaitu 110,21.

“Ini akibat indeks harga yang diterima petani lebih tinggi dari biaya produksi. Adapun komoditas penyumbang biaya produksi petani diantaranya jagung pipilan, dedak, dan benih padi,” ujar Kepala BPS Bali itu kepada media.

Baca juga: BPS catat pertumbuhan ekonomi Bali 2023 lebih dari sebelum pandemi

Baca juga: Provinsi Bali awali 2024 dengan kondisi deflasi sepanjang Januari

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Mendag Sebut Harga Bapok Stabil Hadiah Natal dan Tahun Baru******

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, berharap kestabilan harga bapok di momen Nataru ini bisa menjadi hadiah bagi seluruh masyarakat.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengunjungi sejumlah pasar di berbagai daerah di Indonesia untuk mengecek berbagai harga bapok. (Foto: Arsip PAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), memastikan harga kebutuhan bahan pokok (bapok) di momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) cenderung stabil. Ia pun berharap hal ini bisa jadi hadiah bagi seluruh rakyat Indonesia yang merayakan momen spesial ini.

"Suplai cukup harga stabil. Jadi Natal dan Tahun Baru tenang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (25/12).

Sebelumnya dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, dia mengunjungi sejumlah pasar di berbagai daerah di Indonesia untuk mengecek berbagai harga bapok. Pasar yang ia kunjungi pun tersebar, dari ujung Sumatera di Aceh, Batam, Jakarta, Bima, Manuju, Palu, Ambon, hingga Papua.

Menurutnya, hal itu terjadi karena suplai bahan pokok seperti cabe dan bawang sudah cukup. Sehingga harga di pasar bisa lebih stabil.

Dia menjelaskan, pemerintah akan terus bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam menstabilkan harga barang kebutuhan pokok. Langkah itu dilakukan agar masyarakat dapat memperoleh bapok dengan harga terjangkau.

"Pengendalian harga bapok menjadi prioritas pemerintah untuk menjaga inflasi sehingga masyarakat lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

Dengan stabilitas harga bapok, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kenaikan harga yang bisa membebani keuangan mereka. Hal ini akan memberikan ruang bagi masyarakat untuk fokus pada perayaan Nataru, seperti berkumpul bersama keluarga dan teman, beribadah, dan berbagi kasih.

(rir/rir)

Mentan tinjau pelaksanaan optimalisasi lahan di Banyuasin Sumsel******

Mentan tinjau pelaksanaan optimalisasi lahan di Banyuasin Sumsel
Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman meninjau optimalisasi lahan di Desa Sumber Hidup, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/HO/Kementan)
Pada tahun 2024 untuk wilayah Sumsel ada lahan kurang lebih 100 ribu hektare yang akan kita jadikan pertanian modern.....
Palembang (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman meninjau pelaksanaan optimalisasi lahan di Desa Sumber Hidup, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Amran dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Jumat, mengatakan percepatan optimalisasi lahan rawa dilakukan untuk mengejar peningkatan produksi pangan dalam negeri utamanya beras.

Upaya itu dilakukan melalui peningkatan indeks pertanaman (IP) dengan menggunakan varietas unggul baru (VUB) padi yang adaptif, dipadukan dengan mekanisasi pertanian untuk rawa.

“Pada tahun 2024 untuk wilayah Sumsel ada lahan kurang lebih 100 ribu hektare yang akan kita jadikan pertanian modern. Jika dulu produktivitas lahannya lima ton per hektare maka nanti setelah optimalisasi, produktifitas akan menjadi 10 ton per hektare, kemudian biayanya turun 60 persen, minimal 50 persen karena seluruhnya menggunakan mekanisasi,” katanya.

Baca juga: Mentan optimistis produksi padi naik melalui pompanisasi air

Ia menjelaskan salah satu sasaran utama optimalisasi lahan rawa yang dilakukan di Sumsel yakni meningkatkan indeks pertanaman yang masih rendah yakni dari 1 menjadi 3 kali dalam setahun sehingga ke depan ada tambahan produksi beras sebesar 1 hingga 2 juta ton khusus dari Provinsi Sumsel.

“Hal ini bisa menyelesaikan 30 persen persoalan negara masalah impor, hanya dari Sumsel saja, jadi lokasi yang sedang kami kembangkan di Sumsel ini akan menjadi salah satu daerah penyangga pangan nasional,” jelasnya.

Selain itu, dalam peningkatan produktivitas pangan, Mentan mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas diputuskan bahwa kuantum pupuk subsidi tahun 2024 naik dari 4,7 juta ton menjadi 9,55 juta ton.

“Jadi petani tidak perlu khawatir untuk segera melakukan pertanaman karena pupuk sudah ditambah menjadi dua kali lipat. Dalam 3 bulan ke depan saya mengajak petani Sumsel segera tanam, benihnya akan kami berikan gratis namun jika setelah 3 bulan tapi tidak tanam maka kesempatan ini hangus,” kata Mentan.

Baca juga: Mentan gandeng mitra strategis percepat masa tanam padi

Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan Provinsi Sumatera Selatan memiliki lahan rawa seluas 3,36 juta hektare. Lahan rawa pada umumnya mempunyai keunggulan spesifik antara lain dapat menghasilkan padi saat musim kemarau, dimana agroekosistem lainnya seperti sawah irigasi dan tadah hujan mengalami kekeringan.

“Kegiatan yang dapat dilakukan di lahan rawa adalah pengembangan infrastruktur air dan lahan, mekanisasi pertanian pra tanam dan pasca panen, serta penyediaan sarana produksi,” katanya.

Fatoni mengatakan peningkatan produksi pangan pada lahan rawa memang belom dilakukan secara optimal. Maka dari itu program optimalisasi lahan rawa dari Kementan sangat membantu petani dalam meningkatkan produktifitas panen dan meningkatkan kesejahteraan petani Sumsel.

“Pak Menteri tiga bulan awal ini kami akan optimalkan seratus ini. Lahan Sumsel cukup luas dan kita siap garap lebih luas lagi lahan rawa yang ada . Terima kasih Pak Menteri sudah bekerja keras menjadikan Sumsel sebagai penyangga pangan nasional,” kata dia.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Ali Jamil menyampaikan bahwa lahan sawah rawa di Sumsel seluas 340.486 hektare dan pada  2024 ini kegiatan Optimasi Lahan Rawa seluas 98.400 hektare yang berada di Kabupaten Banyuasin 22.000 hektare, Kabupaten Ogan Komering Ilir 65.000 hektare, Kabupaten OKU Timur 5.000 ha, Kabupaten Ogan Ilir 4.000 ha, dan Kabupaten Muara Enim 2.400 hektare.

“Dukungan kegiatan optimasi lahan rawa kami lakukan melalui penyusunan dokumen Survei Investigasi Desain (SID), pembangunan atau rehabilitasi infrastruktur air dan lahan, dan pengolahan tanah hingga tanam,” kata dia.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:slot bersama

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
jendral99
daftar situs slot resmi
situs paling gacor terpercaya
kredit laptop di akulaku
rumah main slot
daftar akun vip server luar
pinjam gampang legal atau ilegal
kentucky mid paito
qqkini
Daftar isi semua bab
Bab 1 rtp dolar138
Bab 2 kredivo tidak bisa pinjam uang
Bab 3 horasbet88
Bab 4 bo gacor malam ini
Bab 5 angka jitu togel 09
Bab 6 cara pinjam uang di bank mandiri tanpa jaminan
Bab 7 google gimana cara dapat uang
Bab 8 m11hkb
Bab 9 bandar jaya togel
Bab 10 situs slot yang bisa deposit pulsa indosat
Bab 11 mega288
Bab 12 erek erek penari
Bab 13 cobra33
Bab 14 akun baru maxwin
Bab 15 situs slot jamin wd
Bab 16 erek sepak bola
Bab 17 situs lagi gacor
Bab 18 slot gacor maxwin 4d
Bab 19 slot mpo228
Bab 20 harmonibet bocoran
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9975bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

menjadi seekor anjing

stars77 demo slot
PGN jalankan 3 strategi prioritas tingkatkan pemanfaatan gas domestik
Dirut PT PGN Arief Setiawan Handoko. ANTARA/HO-PGN
PGN terus berkomitmen mendukung upaya-upaya peningkatan utilisasi gas bumi sebagai sumber energi domestik yang memberikan banyak manfaat
Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Subholding Gas PT Pertamina (Persero), menjalankan tiga inisiatif strategis untuk menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan dalam jangka panjang, sekaligus mengoptimalkan sumber energi domestik melalui pemanfaatan gas bumi.

"Grow, Adapt & Step out (GAS) menjadi strategi PGN dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis energi yang sangat dinamis. Sebagai bagian dari BUMN PGN terus berkomitmen mendukung upaya-upaya peningkatan utilisasi gas bumi sebagai sumber energi domestik yang memberikan banyak manfaat bagi bangsa kita,” jelas Dirut PGN Arief Setiawan Handoko di Jakarta, Jumat.

Menurut Arief, strategi prioritas pertama Grow , adalah memperkuat dan menumbuhkan layanan bisnis yang ada saat ini untuk memastikan setiap layanan kepada pelanggan berlangsung prima dan mampu mendorong kinerja perusahaan terus tumbuh positif.

Beberapa inisiatif yang telah dan akan dilakukan antara lain membangun sejumlah infrastruktur gas seperti penyaluran gas dari Jambaran Tiung Biru (JTB) ke Petrokimia Gresik, proyek pipa WNTS – Pemping yang ditujukan untuk mendorong optimalisasi gas dari West Natuna, serta proyek Kilang Tuban yang menjadi bagian dari proyek strategis nasional.

PGN berupaya untuk merealisasikan target pertumbuhan panjang infrastruktur gas bumi nasional dengan penambahan 11 ribu km di 2034.

"Secara bisnis, proyek-proyek strategis tersebut akan mendorong pertumbuhan konsumsi gas dalam jumlah yang besar. Sementara dengan banyaknya perusahaan besar yang beralih ke gas, turut membantu proses transisi energi menuju net zero emisi. Dua hal itu adalah aspek fundamental bagi masa depan PGN,” kata Arief.

Baca juga: PGN dan Conrad Energy jajaki pasokan gas domestik dari Aceh

Baca juga: PGN SOR III edukasi P2HIV di Offtake Station Waru Sidoarjo

Masih dalam upaya menguatkan bisnis, perusahaan juga terus memperluas jaringan gas (jargas) bagi rumah tangga. Pada tahun 2024, PGN menargetkan untuk membangun perluasan sambungan rumah tangga sebanyak 200 ribu sambungan rumah tangga. Perseroan juga sedang dalam tahap pembangunan proyek jargas di IKN, sehingga ditargetkan pengguna jargas dalam setahun ke depan sudah mencapai 1 juta rumah tangga.

Arief mengungkapkan, bisnis PGN dalam mendukung sektor hulu migas terbukti memberikan dampak bisnis yang besar. Salah satunya adalah proyek pipa minyak Rokan. Direncanakan tahun ini PGN berpartisipasi dalam membangun infrastruktur pipa Cikampek - Plumpang.

Strategi prioritas kedua adalah Adaptatau adaptif terhadap berbagai perubahan bisnis dan terus mengoptimalkan setiap peluang yang tersedia di pasar.

Langkah inisiatif yang dilakukan diantaranya adalah mengembangkan bisnis LNG sebagai salah satu sumber pasokan gas bumi bagi PGN.

Untuk mendukung penguatan bisnis LNG ini, perseroan berinisiatif untuk membangun infrastruktur LNG di dalam negeri. Pengembangan bisnis LNG penting untuk memperkuat ketahanan pasokan gas dalam negeri dimana pasokan gas pipa dalam kondisi natural declinesehingga LNG menjadi pilihan utama dalam menjaga keberlangsungan layanan termasuk menjadi sumber pertumbuhan kinerja baru dimana PGN telah memasuki era tradingLNG Internasional.

“Kami akan terus beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang terus berubah, baik domestik maupun global. LNG akan menjadi salah satu fokus perusahaan mengingat di masa depan sumber utama gas domestik adalah LNG. Itu sebabnya, kami terus melakukan sosialisasi kepada para pelanggan-pelanggan kami terkait potensi perubahan portofolio sumber gas yang tentunya akan berdampak terhadap seluruh mata rantai layanan gas bumi nasional,” tutur Arief.

Strategi prioritas ketiga adalah Step out untuk mulai merintis ke segmen-segmen bisnis baru yang berkaitan dengan gas bumi.

Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan memasuki bisnis bahan kimia seperti pabrik petrokimia dan pengolahan gas sebagai bahan kimia dasar seperti amonia dan metanol.

Gas to chemicalsini sangat strategis untuk segera dijalankan pada fase awal dengan berpartisipasi, salah satunya di pabrik petrokimia. Terdapat potensi besar dari sektor ini sehingga diharapkan ke depannya dapat meningkatkan pemanfaatan gas dalam volume yang cukup besar dan tentunya merupakan bentuk upaya optimalisasi pemanfaatan gas bumi domestik,” katanya.

PGN juga berencana membangun infrastruktur dan komersialisasi biometana sebagai renewable gas yang dapat dihasilkan dari pengolahan lebih lanjut dari biogas.

Rencana ini juga merupakan komitmen serta dukungan PGN terhadap tercapainya target bauran energi nasional. Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) menetapkan porsi gas dalam bauran energi Indonesia meningkat dari 22 persen pada 2030 menjadi 24 persen pada 2050.

Baca juga: PGN dan MRT bekerja sama pengembangan jaringan gas bumi di kawasan TOD

Baca juga: PGN tampilkan produk BBG GasKu yang ramah lingkungan di IIMS 2024

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Istriku yang cantik di sekolah

mantap gacor
Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari untuk aneka kebutuhan harian, termasuk daging shabu segar berkualitas. Belanja auto hemat!
Transmart kasih diskon 20 persen setiap hari untuk aneka kebutuhan harian, termasuk daging shabu segar berkualitas. Belanja auto hemat! (iStockphoto/bjdlzx)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat penggemar menu teriyaki, kamu bisa masak hidangan ini di rumah dengan membeli daging shabu-nya di Transmart.

Soalnya Transmart bagi-bagi diskon 20 persen setiap hari untuk aneka kebutuhan harian, termasuk daging shabu segar berkualitas. Belanja auto hemat!

Lihat Juga :
Dapatkan Produk Berkualitas dengan Diskon 20% Tiap Hari di Transmart

Belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah? Tenang, cukup unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgradeke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Selain daging, ada juga beragam kebutuhan harian yang didiskon, seperti aneka seafood bakso, semangka merah, sampai anggur muscat yang viral.

Dijamin belanja aneka produk segar di Transmart memuaskan karena produknya berkualitas dan harganya ramah di kantong.

Yuk, belanja daging shabu buat masak sukiyaki di rumah dan kebutuhan harian lainnya ke Transmart sekarang juga dan nikmati berbagai promo dan diskon menariknya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Jungler hutan super di kota

game yang lagi gacor
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,12 persen ke 7.245 pada Rabu (27/12) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,12 persen ke 7.245 pada Rabu (27/12) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.245 pada Rabu (27/12) sore. Indeks saham menguat 8,39 poin atau plus 0,12 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,4 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,54 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 263 saham menguat, 261 terkoreksi, dan 241 lainnya stagnan.

Beralih ke asing, bursa saham Asia menguat. Tercatat Nikkei 225 di Jepang melemah 1,59 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong menguat 1,75 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan plus 0,42 persen.

Senada, bursa saham Eropa kompak bergerak di zona hijau.

Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,37 persen, indeks DAX di Jerman plus 0,17 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis plus 0,11 persen.

Mengikuti Eropa dan Asia, bursa saham AS juga kompak perkasa. Indeks S&P 500 menguat 0,42 persen, indeks NYSE Composite plus 0,53 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 0,54 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Penguasa paling kuat di kota

jam gacor princess 2023
Dirut PTDI mengatakan manajemen telah mengomunikasikan keadaan ini dan disepakati bersama serikat pekerja untuk pembayaran gaji secara bertahap.
Ilustrasi. Pekerja menyelesaikan produksi pesawat NC 212i di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022) (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan usaha milik negara (BUMN) bidang industri pesawat terbang, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengakui mencicil gaji karyawannya pada November 2023.

Sebelumnya dikabarkan terjadi penundaan pembayaran gaji di BUMN tersebut. Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan menegaskan tak ada pemotongan gaji karyawan, hanya pencicilan pembayaran.

"Gaji karyawan PT DI tidak dipotong, melainkan dilakukan pembayaran secara bertahap," kata Gita dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/12) seperti dikutip dari Antara.

Lihat Juga :
Pertamina Buat 48 SPBU Temporer di Tol Trans Jawa-Sumatera Saat Nataru

Meski demikian, Gita menyampaikan bahwa kondisi yang dialami saat ini dipastikan hanya sementara, dan terkait pembayaran upah secara mencicil tersebut telah disepakati bersama para pekerja.

"Manajemen PTDI telah mengomunikasikan keadaan ini, dan disepakati bersama serikat pekerja untuk pembayaran gaji secara bertahap," ujarnya.

Manajemen PTDI, ujar dia lagi, saat ini tengah melakukan upaya percepatan yang dapat mendorong perbaikan arus kas perusahaan.

"Sehingga diharapkan dalam waktu relatif singkat arus kas dapat membaik dan pembayaran gaji karyawan dapat kembali normal sebagaimana mekanisme semula," katanya tanpa menerangkan lebih detail upaya yang dilakukan.

Diinformasikan, upah seluruh karyawan PTDI untuk November 2023, baru dibayar rata sebesar Rp1 juta.

Soal tertundanya pembayaran gaji tersebut, sebelumnya disampaikan Direksi PT DI melalui surat edaran tanggal 23 November 2023 tentang Pembayaran Gaji Bulan November 2023.

Semula gaji seluruh karyawan akan dibayarkan pada 15 Desember 2023, tapi hingga tanggal tersebut, dana untuk membayar gaji karyawan masih berproses.

Lihat Juga :
ANALISISJanji Ekonomi Cak Imin, Gibran, Mahfud, Siapa Paling Menjanjikan?

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM PTDI Wildan Arief menjelaskan tadinya pembayaran gaji penuh kepada para karyawan akan dilakukan dengan dana dari hasil penjualan persediaan material tidak terpakai (dead stock), serta penerimaan uang muka dari customer.

Tapi tidak dijelaskan, pihak customer mana yang memiliki kewajiban pembayaran ke PT Dirgantara Indonesia. 

Dalam beberapa waktu terakhir, PT DI menyerahkan sejumlah pesawat dan helikopter pesanan Kementerian Pertahanan.

(Antara/kid)

[Gambas:Video CNN]

Dari satpam hingga penyanyi

maxwin zeus bet 400
Kemenkes: Edukasi penting untuk jaga kesehatan pendengaran publik
Tangkapan layar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu saat menyampaikan pemaparan soal kesehatan telinga serta gangguan pendengaran. (ANTARA/Tangkapan Layar Kemenkes)
Gangguan pendengaran adalah ketika suara yang didengar sama dengan atau lebih dari 20 desibel
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Dr dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, edukasi, seperti melalui media, penting agar masyarakat dapat menjaga kesehatan pendengarannya.

Maxi menyebut bahwa sebenarnya, 60 persen penyebab gangguan pendengaran, seperti infeksi, serta kebisingan di tempat-tempat kerja maupun rekreasi, dapat dicegah.

"Yang paling penting bagaimana kita melakukan promosi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat sekaligus melakukan pencegahan gangguan pendengaran melalui tindakan deteksi dini yang efektif," ujarnya dalam "Temu Media Hari Pendengaran Sedunia" yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Jumat.

Maxi menjelaskan, gangguan pendengaran adalah ketika suara yang didengar sama dengan atau lebih dari 20 desibel. Dia mengutip data dari The Lancet, yang menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 25 tahun terakhir, prevalensi gangguan pendengaran secara global terus meningkat. Pada 2015, angkanya bertambah dari 14,3 persen menjadi 18,1 persen.  

Adapun di Indonesia, ujarnya, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), prevalensi gangguan pendengaran pada anak usia 5 tahun sebesar 2,6 persen. Artinya, kata dia, setiap 100 anak, ada dua sampai tiga anak yang mengalami gangguan pendengaran.

Dia menjelaskan, tema Indonesia tahun ini dalam Hari Pendengaran Sedunia adalah "Ubah Pola Pikirmu, Mari peduli, Tuli Dapat Ditangani". Maxi menilai, tema tersebut penting guna mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan pendengaran.

Dia menyebut bahwa tantangan yang dihadapi adalah mengubah pola pikir masyarakat, agar lebih peduli terhadap isu kesehatan tersebut, serta melihat bahwa pendengaran adalah aset berharga, terutama bagi anak-anak. Oleh karena itu, edukasi sangat penting agar masyarakat dapat menjaga kesehatan pendengarannya.

"Setiap orang yang harus menguruskan pendengaran mereka secara berkala. Terutama mereka yang berisiko tinggi mengalami gangguan pendengaran," ujarnya.

Menurutnya, orang-orang dengan risiko tersebut termasuk orang-orang berusia di atas 50 tahun, mereka yang bekerja di tempat bising seperti bandara, yang mendengarkan musik dengan volume keras dalam waktu sangat lama.

Dia juga menyarankan untuk tidak mengorek telinga dengan benda-benda tajam, atau memasukkan cairan ke telinga kecuali obat dari dokter.

Selain itu, kata dia, perlu ada upaya pencegahan dengan cara menggunakan pelindung telinga di tempat-tempat berisik, dan mendengarkan apapun dalam batasan volume yang aman. Dia menambahkan, jika ada sakit telinga, atau merasa telinga seperti sesak, kemungkinan ada infeksi, dan harus segera berobat ke dokter serta menghindari tempat yang diduga infeksius itu.

Maxi menurutkan, upaya-upaya rehabilitatif juga penting dilakukan, contohnya seperti implan koklea, terapi, atau pembelajaran bahasa isyarat, agar potensi orang-orang dengan gangguan pendengaran tetap dapat dimaksimalkan, dan mereka tetap memiliki kesempatan berkarya.

Dia mengutip data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2021, yang menyebutkan bahwa 65 persen disabilitas di dunia disebabkan oleh gangguan pendengaran sedang hingga berat. Permasalahan tersebut, kata Maxi, menyebabkan beban ekonomi yang tinggi secara global.

"Hampir 1 triliun dolar per tahun. Belum lagi ditambah dengan perlunya biaya dukungan. Karena untuk pendidikannya, hilangnya waktu produktivitas, dan juga biaya sosial banyak." ujarnya menjelaskan.

Baca juga: Dokter: Perokok punya risiko tinggi terkena TBC

Baca juga: Menkes: Pelayanan kesehatan primer perlu fokuskan upaya-upaya promotif

Baca juga: Dokter: Gunakan penyuara telinga dengan metode 60-60 agar tetap sehat

Baca juga: Profesor Jenny sebut gangguan pendengaran pada lansia bisa dicegah

 

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024

Istri Manis di Atas: Suami Tidak Bisa Berhenti Menyayangi

buku mimpi 2d 3d 4d
Presiden Jokowi tinjau Pusat Komando IKN dan Studio Mini TVRI
Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Komando Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada Jumat (1/3/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/am.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Pusat Komando (Command Center)Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Kalimantan Timur pada Jumat.

Presiden juga meninjau studio mini TVRI yang terletak bersebelahan dengan Pusat Komando IKN, demikian keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Pusat Komando Nusantara dibangun untuk optimasi pembangunan lbu Kota Nusantara serta integrasi dan koordinasi. Pusat Komando Nusantara juga merupakan salah satu infrastruktur utama pendukung kota cerdas Nusantara.

Pusat Komando tahap 1 ini memiliki fungsi utama dalam layanan pemantauan pembangunan lbu Kota Nusantara dengan memanfaatkan teknologi pengawasan dan pemantauan berbasis CCTV, monitoring drone berbasis visual, serta integrasi layanan digital.

Setelah meninjau Pusat Komando Nusantara, Presiden Jokowi kemudian meninjau studio mini TVRI.

Direktur Utama TVRI Imam Brotoseno mengatakan bahwa sesuai dengan aturan, TVRI hadir di ibu kota negara.

Untuk diketahui, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik disebutkan bahwa RRI dan TVRI berkedudukan di ibu kota negara Republik Indonesia dan cabang-cabangnya berada di daerah.

"Artinya TVRI harus hadir di Nusantara, ibu kota negara yang baru nanti," ujar Imam Brotoseno.

Lebih jauh, Imam menjelaskan bahwa kehadiran TVRI di IKN merupakan komitmen dari TVRI untuk mendukung pembangunan IKN, sekaligus menyosialisasikan IKN, serta memberikan informasi baik di dalam negeri maupun luar negeri melalui TVRI World.

"TVRI World itu khusus untuk audiens global, luar negeri, berbahasa Inggris, di situ disebutkan juga ada peluang investasi sehingga mengundang investor untuk datang ke IKN juga," katanya.
Baca juga: Jokowi tinjau pembangunan menara perumahan untuk ASN di IKN
Baca juga: Jokowi tinjau perkembangan pembangunan Kantor Presiden di IKN
Baca juga: Presiden Jokowi sarapan sukun goreng bersama para menteri di IKN

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024