petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

asiampo

juragan777 371Jutaan kata 462190Orang-orang telah membaca serialisasi

《asiampo》

Tarif Ojol Bakal Diputuskan Gubernur, Tak Lagi Menhub******

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan penyesuaian tarif ojel daring (ojol) akan diputuskan oleh gubernur di masing-masing wilayah.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan penyesuaian tarif ojel daring (ojol) akan diputuskan oleh gubernur di masing-masing wilayah. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan penyesuaian tarif ojel daring (ojol) akan diputuskan oleh gubernur di masing-masing wilayah.

Hal itu akan diatur dalam revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pelindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat.

"Adapun Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 sedang dilakukan revisi atau penyesuaian terhadap kewenangan atas biaya jasa," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR, seperti dikutip dari Antara, Selasa (29/11).

Dalam revisi beleid itu nantinya formula perhitungan biaya jasa akan diatur oleh menteri perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat dalam bentuk pedoman dan menjadi acuan dasar dalam menetapkan biaya jasa batas atas dan batas bawah.

Selanjutnya, besaran biaya jasa batas atas dan batas bawah tersebut akan diputuskan oleh gubernur sesuai dengan kewenangan wilayah operasi.

Kemudian, Kemenhub bersama-sama dengan gubernur akan melakukan sosialisasi pedoman penghitungan dan besaran biaya jasa batas atas dan batas bawah.

Lihat Juga :
5 Provinsi dengan Gaji Tertinggi, Meski Kenaikan UMP Biasa-biasa Saja

"Besaran biaya jasa yang telah ditetapkan sebelumnya, dinyatakan tetap berlaku sampai dengan ditetapkannya besaran biaya oleh gubernur. Penyesuaian PM ini sedang dalam proses pengundangan di Kementerian Hukum dan HAM," ujarnya.

Selain itu, terdapat pula perubahan dalam Keputusan Menteri Perhubungan (KP) Nomor KP 667 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi, yang diteken pada 7 September 2022 lalu.

Revisi tertuang dalam KP Nomor 1001 Tahun 2022 tertanggal 22 November 2022 yang diantaranya berisi tentang ketentuan perusahaan aplikasi menerapkan biaya tidak langsung berupa biaya sewa penggunaan aplikasi paling tinggi 15 persen.

Perusahaan aplikasi juga dapat menerapkan biaya penunjang berupa biaya dukungan kesejahteraan mitra pengemudi paling tinggi 5 persen berupa: asuransi keselamatan tambahan, penyediaan fasilitas pelayanan mitra pengemudi, dukungan pusat informasi, bantuan biaya operasional, dan bantuan lainnya.

Kendati demikian, perusahaan aplikasi dalam menerapkan biaya penunjang tersebut wajib menyampaikan laporan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat untuk dilakukan evaluasi kinerja aplikator.

Laporan itu berupa dashboardsistem aplikasi, laporan keuangan 3 bulanan atas biaya penunjang 5 persen, data operasional jumlah mitra pengemudi, dan laporan keuangan tahunan yang diaudit oleh akuntan publik yang masuk kategori big five.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Ekonom: Libur Nataru Bakal Bikin Inflasi RI 2022 Bengkak******

Ekonom memprediksi inflasi Indonesia pada akhir 2022 akan membengkak imbas libur Natal dan Tahun Baru.
Ekonom memprediksi inflasi Indonesia pada akhir 2022 akan membengkak imbas libur Natal dan Tahun Baru. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom sekaligus Co-Founder & Dewan Pakar Institute of Social Economics and Digital (ISED) Ryan Kiryanto memprediksi inflasi Indonesia pada akhir 2022 akan membengkak imbas libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Inflasi 2022 berkisar 5,9-6,3 persen year on year (yoy) karena secara seasonal inflasi di Desember selalu tinggi, berkisar 0,5-0,7 persen mtm, karena dorongan konsumsi masyarakat jelang perayaan Nataru dan liburan anak sekolah serta banyak pekerja mengambil cuti tahunan untuk berwisata," katanya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/12).

Selain itu, Ryan mengatakan kenaikan harga bahan berbagai jenis bakar minyak (BBM) pada tiga bulan lalu masih menyumbang inflasi, khususnya untuk November ini.

"Kenaikan mobilitas orang dan barang melalui berbagai moda transportasi mendorong kenaikan konsumsi BBM dan/atau energi sehingga mendorong laju inflasi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto memproyeksi inflasi RI sampai akhir tahun menyentuh 5,5 persen yoy. Kenaikan harga makanan dan minuman, transportasi karena libur Nataru, dan rekreasi pada libur akhir tahun menjadi faktor pendorong.



Di lain sisi, Ekonom Makro Bank Mandiri Faisal Rachman memperkirakan inflasi tahunan Indonesia akan terus mereda. Bahkan, inflasi RI pada akhir 2022 diramal bakal lebih rendah dari perkiraan awal.

"Mengingat keberhasilan pemerintah dalam menjaga pasokan pangan dan mengendalikan harga pangan, inflasi pada akhir 2022 bisa berada di sekitar 5,6 persen yoy atau lebih rendah dari perkiraan kami sebesar 6,27 persen yoy," jelas Faisal.

Namun, ia melihat inflasi tahunan Indonesia akan tetap tinggi setidaknya hingga semester pertama 2023, berada di kisaran 5 sampai 6 persen yoy. Sedangkan inflasi pada akhir 2023 diperkirakan berkisar antara 3,6 persen hingga 4,02 persen.

Lihat Juga :
Daftar Harga BBM Terbaru Pertamina, Shell, Vivo dan BP

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi RI sebesar 5,42 persen (year on year/yoy) pada November 2022. Tingkat inflasi ini lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, yakni 5,71 persen. Sedangkan, inflasi bulanan terealisasi sebesar 0,09 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa (Disjas) BPS Setianto mengatakan inflasi terjadi karena kenaikan berbagai harga bahan pokok di Tanah Air.

"Komoditas penyumbang inflasi tertinggi secara year on year adalah komoditas bensin (BBM), bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan udara, rokok, beras, telur ayam ras, termasuk tarif angkutan dalam kota," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (1/12).

Tahun 2021, BPS mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi atau kenaikan harga sebesar 0,57 persen secara bulanan pada Desember 2021. Sementara, secara tahun berjalan dan tahunan keduanya seragam yakni inflasi 1,87 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Di Balik Kepulan Asap, Lampung 'Digempur' Rokok Ilegal******

Provinsi Lampung digempur peredaran rokok ilegal. Peredarannya menggunakan berbagai macam modus.
Provinsi Lampung digempur peredaran rokok ilegal. Peredarannya menggunakan berbagai macam modus. Ilustrasi. (Pixabay/Alexas_Fotos).
Bandar Lampung, CNN Indonesia--

ProvinsiLampungdigempur peredaran rokok ilegal. Peredarannya menggunakan berbagai macam modus.

Berdasarkan penelusuranCNNIndonesia.comselama dua pekan terakhir, peredaran rokok illegal banyak ditemui di warung-warung, di toko ritel bahkan hingga ke pelosok-pelosok desa.

Dari 15 kabupaten/kota di Lampung, redaksi mengambil sampel penelusuran di enam kabupaten yakni Kabupaten Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah, Kota Metro dan Kota Bandarlampung.

Modus Peredaran Rokok Ilegal

Rokok ilegal yang beredar di Lampung, di antaranya rokok polosan atau tidak dilekati pita cukai, rokok diduga dilekati pita cukai palsu atau penggunaan pita cukai bekas. Selain itu, pita cukai yang tidak sesuai dengan produk rokok.

Semisal, pita rokok 12 batang digunakan untuk isi 20 batang dan pita cukai rokok jenis SKT (Sigaret Kretek Tangan) digunakan untuk rokok jenis SKM (Sigaret Kretek Mesin) begitu juga sebaliknya.

Lihat Juga :
ANALISISUMP Naik 7,5 Persen, Bisa Cegah PHK dan Topang Daya Beli Pekerja?

Dalam mengedarkan rokok ilegal pelaku menggunakan jasa ekspedisi, mobil pribadi dan ada juga menitipkan barang (rokok ilegal) melalui sales resmi dan sales rokok ilegal yang sengaja keliling menggunakan sepeda motor mendatangi setiap warung atau toko.

Berdasarkan penelusuran CNN Indonesia.com, ditemukan berbagai modus para pelaku bisnis dalam memasarkan rokok ilegal tersebut.

Keterangan yang dihimpun dari berbagai sumber pedagang ritel atau kios pengecer, dengan mudah mereka mendapatkan rokok ilegal untuk diperdagangkan secara bebas.

Buktinya, di lapangan tidak sulit menemukan penampakan rokok ilegal. Rokok ilegal yang terlihat 'menggurita' di pasaran, selain rokok tanpa dilekati pita cukai juga rokok ilegal yang dilekati pita cukai.

Lihat Juga :
Pemerintah Bakal Subsidi Beli Motor Listrik Rp6,5 Juta Tahun Depan

Rokok-rokok tersebut dipajang bebas berjejer di etalase warung atau toko ritel. Bahkan, ada juga ditemukan diperjualbelikan di beberapa pedagang grosir dengan harga sangat murah.

Di salah satu toko di Pasar Semarang Baru, Kabupaten Lampung Timur, terdapat berbagai merek rokok yang didominasi rokok SKM isi 20 batang tapi dilekati pita cukai 12 batang yang ditaruh di etalase/rak penyimpanan.

"Ini saja mas yang murah cuma Rp10 ribu per bungkus, rokok ini (RASTEL) yang lagi rame danboomingdi sini (Lampung Timur)," ujar wanita pemilik warung kepada CNN Indonesia.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, salah satu toko di Pasar Pekalongan, Lampung Timur menjual berbagai merek rokok ilegal yang menggunakan cukai tidak sesuai peruntukan.

Lihat Juga :
Miranda Goeltom Dicopot dari Kursi Komisaris Bank Mayapada

Sang pemilik toko sempat curiga dan mengaku tidak menjual rokok murah (ilegal) meski di etalase/rak penyimpanan terdapat beberapa slop rokok ilegal.

"Saya kira tadi petugas (bea cukai atau polisi), jadi saya khawatir dan bilang enggak ada. Ada rokok yang murah (ilegal), mau berapa bungkus mas," ujar pria pemilik toko didampingi istrinya.

Berbagai merek rokok yang ditemukan di antaranya merek Titan, Nayan, Cartel, O Gold, Toracino Coffee (kotak putih), Torracino Bold (kotak hitam), Have, Wish, Milde.

Selain itu ada juga ditemukan sejumlah merek rokok ilegal tanpa cukai atau polos, yakni, merek Milde, Luffman kotak merah, GA dan Fajar.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Tak Tahu Kalau Ilegal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:situs situs slot gacor

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
daftar bo slot tergacor
senang slot 777
hoye555
agar dapat uang cepat
cara pasang judi togel
777hoki
winslot88
game slot offline pragmatic
limatogel
Daftar isi semua bab
Bab 1 strong77
Bab 2 situs slot gacor2023
Bab 3 ug slot
Bab 4 sofabet88
Bab 5 link slot 100 new member
Bab 6 slot 7777
Bab 7 tafsir mimpi 3d d abjad
Bab 8 situs judi slot paling lengkap
Bab 9 akulaku lampung
Bab 10 petir77
Bab 11 admin jarwo
Bab 12 dolar188
Bab 13 sgp 138 slot
Bab 14 garuda138 login
Bab 15 yok4d slot
Bab 16 rtp gaspol168
Bab 17 pola maxwin olympus hari ini 2022
Bab 18 banner slot gacor
Bab 19 jokerbet888
Bab 20 slot yang ada p2p
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9016bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Catatan Perjalanan Dimensi Raja Iblis

rupiah 89 slot
Posyandu Prima di Kampung Berseri Astra Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Kota Denpasar, resmi meluncur bertepatan dengan momen ulang tahun Astra ke-65.
Posyandu Prima di Kampung Berseri Astra Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Kota Denpasar, resmi meluncur bertepatan dengan momen ulang tahun Astra ke-65. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Astra mengawali Festival Kesehatan Astra 2022 lewat acara pencanangan Posyandu Prima di Kampung Berseri Astra Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja, Kota Denpasar, akhir pekan lalu. Festival Kesehatan Astra 2022 digelar dalam rangka memperingati HUT Astra ke-65.

Posyando prima sendiri merupakan pengembangan puskesmas pembantu (Pustu). Artinya, posyandu tidak hanya melayani ibu dan balita, tapi juga kelompok masyarakat yang lebih luas. Posyando prima yang diresmikan oleh Astra kemarin sendiri merupakan puskesmas pembantu di Kelurahan Tonja Kota Denpasar.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Maria Endang Sumiwi mengungkapkan peran penting posyandu prima ini di masyarakat Indonesia.

Sebaliknya, posyandu prima justru semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan posyandu, karena lokasi yang dekat dengan masyarakat, layanan kesehatan yang semakin lengkap, serta sasaran yang lebih luas. Tidak hanya ibu dan anak, namun mencakup semua siklus hidup mulai dari bayi hingga lansia.

"Posyandu yang ada sekarang hanya diubah sedikit saja, posyandu prima yang menjadi koordinator dan melakukan pengawasan serta evaluasi. Di dusun-dusun tetap ada posyandu, tetapi ada satu koordinatornya yaitu posyandu prima," katanya.

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan posyandu prima bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat

"Kami berharap sinergitas ini mampu menjadi awal kolaborasi antara Kementerian Kesehatan, Pemprov Bali, Pemkot Denpasar dan pihak swasta khususnya Astra Indonesia dalam menciptakan inovasi dan transformasi pelayanan kesehatan primer," kata Arya Wibawa.

Arya juga menyampaikan apresiasi untuk kerja sama antara pemerintah dan swasta di Banjar Tegeh Sari.

"Keberadaan posyandu memiliki peranan penting di masyarakat, sehingga penguatan posyandu dengan transformasi dan inovasi harus terus dilaksanakan secara berkelanjutan," ujarnya.

Ia menegaskan, posyandu merupakan wadah kesehatan yang harus dipertahankan, keberadaannya secara efektif mampu mendeteksi awal kesehatan masyarakat.

Dengan posyandu prima ini diharapkan mampu memberikan pelayanan dari balita hingga lansia yang diiringi penguatan serta peningkatan standar pelayanan kesehatan masyarakat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Ketua GOW Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa mewakili PKK Kota Denpasar, Kadis Kesehatan Provinsi Bali dr I Nyoman Gede Anom serta Chief Corporate Human Capital Development Astra Aloysius Budi Santoso serta undangan lainnya.

Rangkaian Festival Kesehatan Astra 2022 sendiri mengusung tema Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku. Selain pencanangan Posyando Prima ada berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti
Senam Tera Indonesia, juga donor darah, apresiasi kader kesehatan Astra, pemberian bantuan kesehatan dan lingkungan, aksi kampanye Avicenna dan Aorta In Action.

Kemudian lomba lingkungan sehat dan lomba memasak makanan sehat, serta bazar pangan sebagai bentuk intervensi pengendalian inflasi daerah.

(vws/vws)

Penjahat menjadi dewa

jasqq
Pemerintah provinsi di berbagai daerah telah menetapkan upah minimum provinsi 2023 dengan kenaikan maksimal 10 persen dari besaran saat ini.
Pemerintah provinsi di berbagai daerah telah menetapkan upah minimum provinsi 2023 dengan kenaikan maksimal 10 persen dari besaran saat ini. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah provinsi di berbagai daerah telah menetapkan upah minimumprovinsi (UMP) 2023 dengan kenaikan maksimal 10 persen dari besaran saat ini.

Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan UMP 2023.

Dalam beleid tersebut, upah minimum 2023 dihitung berdasarkan upah 2022 ditambah penyesuaian upah minimum dikalikan UMP saat ini. Dalam perhitungan ini, jika ada wilayah yang besaran kenaikan UMP di atas 10 persen, maka dibatasi menjadi maksimal 10 persen.

Pantauan CNNIndonesia.com, dari seluruh provinsi yang telah mengumumkan besaran UMP 2023, ada lima wilayah yang memiliki nilai UMP terendah, yaitu;

1. Jawa Tengah

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menetapkan UMP 2023 sebesar Rp1,95 juta. UMP tersebut mengalami kenaikan 8,01 persen dibandingkan tahun ini yang sebesar Rp1,81 juta.

Ketentuan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561/50 Tahun 2022 tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

"Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 sebesar Rp.1.958.169,69," bunyi ketentuan tersebut.

Lihat Juga :
Khofifah Wanti-wanti Pengusaha Bayar Gaji Minimal UMP

2. D.I Yogyakarta

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga telah menetapkan UMP 2023 sebesar Rp1,981 juta. UMP tersebut naik 7,65 persen dibandingkan tahun ini yang sebesar Rp1,84 juta.

Pengumuman UMP 2023 ini disampaikan oleh Plh Asisten Sekda Bidang Administrasi dan Umum Beny Suharsono, di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (28/11).

3. Jawa Barat

Ridwan Kamil resmi menaikkan upah minimum provinsi (UMP) Jawa Barat 2023 menjadi Rp1,986 juta. Nilai tersebut naik 7,88 persen dari sebelumnya sebesar Rp1,84 juta.

Kenaikan UMP 2023 tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur yang ditandatangani Ridwan Kamil pada 25 November 2022. Rincinya dalam Keputusan Gubernur Nomor 561/Kep.752-Kesra/2022 Tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.



4. Jawa Timur

Pemprov Jawa Timur menetapkan UMP 2023 sebesar Rp2,04 juta. Jumlah ini naik Rp148.677 atau 7,8 persen dari UMP 2022 sebesar Rp1,89 juta.

Kenaikan UMP 2023 tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/860/KPTS/013/2022 yang ditandatangani Khofifah Indar Parawansa pada 21 November.

5. Nusa Tenggara Barat

Pemprov NTB menetapkan UMP 2023 sebesar 2,37 juta. Besaran tersebut naik sebesar 7,44 persen dari UMP 2022 sebesar Rp2,2 juta.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Era Sihir Super Abadi

situs slot gacor hari ini via dana
Kadin menyebut UMP 2023 yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi iklim investasi dan memicu PHK.
Kadin menyebut UMP 2023 yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi iklim investasi dan memicu PHK. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Damar Iradat).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebutkan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) tahun depan yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi iklim investasi, serta memicu pemutusan hubungan kerja (PHK) lebih besar pada tahun depan.

Wakil Ketua Umum Kadin Sarman Simanjorang mengungkapkan kenaikan UMP 2023 berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tidak mencerminkan kondisi pelaku usaha yang akan menanggung beban atas kebijakan pemerintah.

"Kalau kita bicara UMP ya kan bicara antara pengusaha dan pekerja. Jangan sampai siapa yang menetapkan, siapa yang bayar. Yang netapin pemerintah, yang bayar siapa? Pemerintah? Tidak, kita yang bayar. Jadi yang mengetahui kemampuan pengusaha itu kan kita sendiri, makanya kita sangat sayangkan," terang Sarman dalam diskusi media di Menara Kadin, Selasa (29/11).

Sebab, pelaku usaha yang belum seutuhnya pulih dipaksa mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membayar gaji, sehingga cashflow (arus kas) bisa kembali terganggu dan investasi yang direncanakan jadi batal.

Selain itu, gelombang PHK lebih besar bisa terjadi. Tidak menutup kemungkinan, bisa lebih besar dari tahun ini.

"Yang kita takutkan kalau UMP di luar kemampuan, maka pengusaha yang rencananya tahun depan mau merekrut karyawan baru itu bisa tertunda atau bisa dihilangkan. Bisa saja pengusaha melakukan rasionalisasi yaitu pengurangan karyawan atau bahkan PHK dalam hal ini," imbuhnya.

Lihat Juga :
5 Provinsi dengan UMP Terendah di 2023

Tak hanya itu, kenaikan UMP yang terlalu tinggi bagi pelaku usaha juga bisa membuat relokasi pabrik ke upah lebih murah makin banyak.

Apalagi dalam satu provinsi, UMK bisa berbeda jauh. Misalnya, Tangerang, Bekasi, dan Garut serta Banten upahnya jauh berbeda padahal sama-sama di Jawa Barat.

"Jadi, kita sangat berharap supaya angka dari pada kenaikan UMP ini betul-betul memang sesuai dengan kemampuan dunia usaha," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

Pakar hebat dari dunia lain

ug300 slot
Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di level 50,3 November 2022, melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 51,8.
Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di level 50,3 November 2022, melambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 51,8. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di level 50,3 November 2022. Angka ini melambat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 51,8.

Meski demikian, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan ekspansi sektor manufaktur nasional masih terjaga dalam 15 bulan secara berturut-turut.

Menurutnya, permintaan dalam negeri diindikasi masih cukup kuat, sebagaimana ditunjukkan oleh stabilitas konsumsi dalam negeri hingga saat ini. Selain itu, pembukaan lapangan kerja juga masih ekspansif dan diharapkan dapat konsisten.

Ia menyebut ekspansi manufaktur Indonesia terjadi di tengah pelemahan PMI manufaktur beberapa negara yang bahkan mulai mengalami kontraksi, seperti Vietnam 47,4 (Oktober 50,6) dan Jepang 49,0 (Oktober 50,7).

Secara keseluruhan, kata Febrio, optimisme dunia usaha masih terjaga dengan terus stabilnya kondisi pandemi serta pemulihan permintaan yang terus menguat meskipun sebagian responden mulai mengantisipasi risiko gejolak ekonomi global.

Lihat Juga :
Luhut Ancam Buldoser Orang yang Halang-halangi Investasi ke RI

Di sisi harga, pada November 2022 inflasi tercatat sebesar 5,42 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan Oktober yang mencapai 5,71 persen. Jika dibandingkan secara bulanan, inflasi November naik tipis sebesar 0,09 persen.

Menurut Febrio, melambatnya laju inflasi ini menunjukkan stabilitas harga domestik yang tetap dapat dijaga di tengah tekanan inflasi global yang masih tinggi.

Inflasi November pun lebih rendah dari prediksi yang dihitung oleh internal Kementerian Keuangan. Febrio menyebut hal ini merupakan hasil positif dari bauran kebijakan pengendalian inflasi, terutama komponen inflasi pangan.

"Keberhasilan tersebut dicapai melalui koordinasi antar otoritas terkait dalam upaya menjaga daya beli masyarakat yang perlu terus diperkuat untuk mendukung pemulihan ekonomi," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Keluarga Pengharum Mayat

situs gacor terbaru
PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya dan memilih Iwan Takwin sebagai Direktur Utama JakPro.
PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya dan memilih Iwan Takwin sebagai Direktur Utama JakPro. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Jakarta Propertindo (JakPro) merombak jajaran direksinya pada Senin (28/11). Iwan Takwin pun ditunjuk sebagai Direktur Utama JakPro pilihan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Iwan Takwin menggantikan posisi Widi Amanasto. Penunjukan Iwan tersebut dilakukan setelah pencopotan jajaran direktur JakPro di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Para pemegang saham menyetujui untuk memberhentikan dengan hormat empat direktur perusahaan lainnya.

Sebagai pengganti, pemegang saham mengangkat empat direktur JakPro lainnya, yakni I Gede Adi Adnyana T, Adrian Rusmana, Solihin, dan Adi Santosa. Selain itu, Heru juga mengangkat Dwi Wahyu Daryoto sebagai Komisaris Perseroan.

"Dengan pembaruan kepengurusan ini, diharapkan agar Direksi bersama Dewan Komisaris PT Jakarta Propertindo (Perseroda) mengupayakan percepatan pembangunan atas proyek-proyek strategis sesuai tata kelola perusahaan yang baik," kata Plt Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Provinsi DKI Jakarta Fitria Rahadiani, Senin (28/11).

"Proses pengangkatan dan pemberhentian Direksi dan Komisaris PT Jakarta Propertindo (Perseroda) telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," sambung Fitria.



Berikut ini nama-nama Direksi dan Komisaris baru JakPro:

Direktur Utama: Iwan Takwin
Direktur: I Gede Adi Adnyana T
Direktur: Adrian Rusmana
Direktur: Solihin
Direktur: Adi Santosa

Komisaris: Dwi Wahyu Daryoto

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Siapa saya

cara agar bisa menghasilkan uang dari internet
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengundang generasi muda untuk mengambil bagian dalam pembangunan ibu kota baru atau IKN Nusantara.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengundang generasi muda untuk mengambil bagian dalam pembangunan ibu kota baru atau IKN Nusantara. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengundang generasi muda untuk mengambil bagian dalam pembangunan ibu kota baruatau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut dia, penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan kompeten sangat dibutuhkan dan menjadi prioritas Kementerian PUPR dalam membangun IKN Nusantara.

"Sekali lagi, IKN untuk generasi muda PUPR adalah kesempatan, baik teknis maupun non teknis. Teknis karena kita membangun infrastruktur dengan teknologi baru. Anak-anak muda manfaatkan IKN ini menjadi training ground, Anda harus mulai tertarik sejak dari perencanaan," ujarnya dilansir Antara, Rabu (30/11).

"IKN Nusantara didesain menjadi kota masa depan. Apapun istilahnya, forest city atau smart city, berarti kota untuk generasi muda, manfaatkan kesempatan tersebut," ajak Basuki.

Menurut Basuki, generasi muda PUPR bisa mengambil intisari dan keilmuan tentang penerapan smart city untuk selanjutnya diimplementasikan dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur.



"Kami sudah siapkan 25 orang yang kemarin training di Korea Selatan. Di sana (Korsel) sedang membangun eco delta smart city Busan. Untuk yang ikut training, tolong sebarkan ilmunya dari Korea. Jadi, IKN adalah kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan diri, engineer maupun non-engineer," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah mulai membangun infrastruktur di kawasan inti IKN Nusantara yang mencakup gedung pemerintahan.

Antara lain, kementerian, termasuk juga istana kepresidenan dan wakil presiden.

[Gambas:Video CNN]



(bir/sfr)