petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjam uang lewat wa

mainan gacor 448Jutaan kata 415458Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjam uang lewat wa》

Levi's dan Gundam luncurkan koleksi pakaian Levi's x Gundam SEED******

Levi's dan Gundam luncurkan koleksi pakaian Levi's x Gundam SEED
Koleksi terbaru dari Levi's x Gundam SEED. (ANTARA/HO-Levi's)
Jakarta (ANTARA) - Jenama fesyen denim Levi’s resmi berkolaborasi dengan karakter fiksi Gundam, meluncurkan koleksi pakaian Levi’s x Gundam SEED yang menampilkan desain futuristik serta menarik untuk digunakan.

Sejak seri Mobile Suit Gundam dirilis pada tahun 1979, Gundam universesecara konsisten terus berkembang untuk memikat penggemarnya dengan karakter-karakter yang menarik dan cerita yang kompleks, seperti dikutip dari keterangan persnya, Sabtu.

Sebagai jenama yang lekat dengan kultur fesyen, Levi's terus berinovasi untuk memperluas gaya ikonik klasiknya. Kali ini, Levi’s menggabungkan ciri khasnya itu dengan desain imajinatif dari karakter Gundam.

Baca juga: Levi's resmikan toko terbesar di Indonesia, mengusung konsep baru

Levi’s dan Gundam berkolaborasi untuk membuat koleksi futuristik bernama Levi’s x Gundam SEED yang menangkap keindahan fiksi ilmiah di semesta cerita Gundam. Koleksi ini terdiri dari celana, jaket, hingga aksesori yang menampilkan ikon Gundam serta Levi’s di dalamnya.
Koleksi terbaru dari Levi's x Gundam SEED. (ANTARA/HO-Levi's)


Ada celana serta jaket denim Levi’s x Gundam SEED ‘93 501 yang cocok dipadukan dengan Relaxed Trucker dan terbuat dari denim indigo dengan finishing light stonewash. Selain itu, item koleksi ini menampilkan printatau motif Strike Gundam, jacron backpatchberwarna biru, dan co-branded patchdi bagian luarnya.

Ada juga anorak jacketatau parka dengan model boxydan sedikit cropped, serta dilengkapi dengan silver piping, oversized utility chest pockets, tali pengikat belakang, dan grafik GAT X105 Strike Gundam besar pada bagian belakangnya.
Koleksi terbaru dari Levi's x Gundam SEED. (ANTARA/HO-Levi's)


Anorak jacketini dapat dipadukan dengan cargo pantyang memiliki pipingsenada dan patchGundam di bagian luar celana hingga bagian kantung belakangnya.

Koleksi Levi’s x Gundam SEED memiliki beberapa pilihan atasan yang menarik, seperti boxy tee, long sleeve tee, hingga hoodie. Atasan boxy teetersedia dalam dua pilihan warna dan model, yakni Starbright White dan Destruction Black yang menampilkan grafik Gundam (Strike Gundam dan GAT-X105 Strike Gundam), serta jacquard co-branded patchyang dijahit.

Untuk long sleeve tee biru tua, kaus panjang tersebut menampilkan motif ZGMF-X10A Freedom Gundam yang mencolok di bagian belakangnya, serta campuran printreflektif dan non-reflektif di bagian dada kiri dan lengan kanan kaus.

Terakhir, ada hoodieLevi’s x Gundam SEED merah dengan print glossyGAT-X303 Aegis Gundam di bagian tengah dan patch jacquarddi lengan kiri.

Koleksi Levi’s x Gundam SEED juga dilengkapi dengan ragam aksesori fungsional, antara lain Gundam SEED Harness Bag yang terbuat dari bahan nilon dan denim, Gundam SEED Accent Pouch, dan Gundam SEED Utility Beanie yang dilengkapi dengan kantung penyimpanan kecil.

Koleksi Levi’s x Gundam SEED sudah tersedia di sejumlah gerai Levi’s Original dan toko daring resmi mereka di laman www.Levi.co.id.

Baca juga: Levi's dan New Balance luncurkan koleksi sepatu seri MT580

Baca juga: Levi's dan Crocs luncurkan koleksi alas kaki terbaru

Baca juga: Koleksi denim untuk rayakan Tahun Macan 2022

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

Menaker mengingatkan perusahaan lakukan PHK sebagai jalan terakhir******

Menaker mengingatkan perusahaan lakukan PHK sebagai jalan terakhir
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberikan keterangan kepada wartawan, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/1/2024). ANTARA/Farhan Arda Nugraha/aa.
Jika ternyata tidak bisa dihindarkan, maka PHK harus sesuai dengan ketentuan peraturan kementerian, di antaranya ada kesepakatan.
Cikarang (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawan menjadi jalan terakhir yang dilakukan perusahaan saat menghadapi permasalahan.

"Yang dilakukan oleh kementerian (Kementerian Ketenagakerjaan, Red) itu mengupayakan bahwa PHK itu adalah jalan terakhir," kata Ida saat ditemui di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Ida menyampaikan hal tersebut saat menanggapi maraknya kasus PHK. Salah satunya yang dilakukan oleh pabrik ban asal Korea Selatan, PT Hung-A Indonesia di Kawasan Hyundai Cikarang.

Menurut Ida, pemangkasan karyawan dilakukan setelah perusahaan berusaha menempuh berbagai upaya penyelesaian masalah, tetapi masih belum mendapat solusi. Ida juga mengingatkan PHK harus dilakukan dengan mengikuti aturan yang berlaku.

"Jika ternyata tidak bisa dihindarkan, maka PHK harus sesuai dengan ketentuan peraturan kementerian, di antaranya ada kesepakatan," ujar Ida.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Dirjen PHI JSK) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indah Anggoro Putri meminta Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) setempat untuk memberikan pendampingan kepada para pekerja yang terdampak PHK.

Indah juga menyampaikan, Kemnaker siap untuk mendampingi dan memantau proses pendampingan yang dilakukan Disnaker.

"Kami tetap mendampingi para dinas-dinas tenaga kerja, seperti misal PHK di Bekasi yang handleDisnaker, tapi kami juga memantau apa yang kira-kira Kemnaker bisa lakukan," ujar Indah.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendampingi pekerja terdampak PHK oleh PT Hung-A Indonesia di Kawasan Hyundai Cikarang sebagai upaya pemenuhan hak karyawan.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan Pemkab Bekasi telah menerima laporan mengenai PHK yang dilakukan oleh pabrik ban asal Korea Selatan tersebut, dan langsung menginstruksikan jajaran Dinas Ketenagakerjaan mendampingi para karyawan yang menjadi korban PHK.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi Edi Rochyadi mengatakan ada 1.170 karyawan PT Hung-A Indonesia terkena PHK berdasarkan laporan yang masuk.

Menurut laporan yang diterima Disnaker Kabupaten Bekasi, PHK tersebut dilakukan karena PT Hung-A Indonesia akan menutup perusahaan lantaran tidak ada pesanan dari para pembeli.
Baca juga: Menkeu: Anggaran kesehatan terealisasi Rp183,2 triliun pada 2023
Baca juga: Dirut BRI: Digitalisasi tidak sebabkan PHK, justru tingkatkan efisiensi dan produktivitas pekerja

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Souq Waqif yang tetap klasik meski dikepung moderenisasi Doha******

Souq Waqif yang tetap klasik meski dikepung moderenisasi Doha
Salah satu sudut di Souq Waqif pada malam hari, yang menjadi area ramai bagi pelancong untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan kuliner atau berbelanja cendera mata khas Qatar. ANTARA/Roy Rosa Bachtiar/am.
Doha (ANTARA) - Jika berkunjung ke Qatar maka dipastikan kita akan merapat ke Doha, tempat dimana satu-satunya bandara internasional negara tersebut terletak.

Negeri yang luasnya sekitar 11.500 Km persegi tersebut, atau hanya sepertiga Provinsi Jawa Barat, punya sentuhan modernitas yang begitu kental dalam sarana dan prasarana.

Tiba di Bandara Hamad International Airport, lalu melihat-lihat dari lobinya, kita bisa menemukan beragam gedung pencakar langit yang megah sekaligus indah berdiri kokoh dari berbagai penjuru mata angin. Hanya sisi timur bandara saja yang langsung berbatasan dengan Teluk Persia.

Qatar mulai mendapatkan tempat tersendiri bagi masyarakat penjuru dunia. Yang tadinya lebih dikenal sebagai negara transit penerbangan dari Benua Asia menuju Eropa atau sebaliknya, kini negara berpranata monarki itu menjadi lokasi perhelatan beragam ajang olahraga berkelas internasional.

Tak ayal kian banyak orang datang ke Qatar untuk menonton agenda olahraga seperti MotoGP dan F1 di Sirkuit Lusail, atau baru-baru ini Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.

Pemerintah Qatar tahu betul bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi pelancong selama di negaranya. Doha yang menjadi kota terbesar, menjadi episentrum para pendatang untuk menginap, berwisata, atau berbelanja.

Demi mendukung pelayanan, beragam fasilitas anyar dibangun dan mengubah wajah Doha dan sekitarnya hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

Salah satu proyek fenomenalnya adalah pembangunan jaringan kereta bawah tanah Metro, pembangunan bandara Hamad International Airport sebagai pengganti Doha Airport, serta fasilitas umum lainnya.

Doha divermak sedemikian rupa mengikuti standar pariwisata urban berkelas dunia.

Namun dari banyaknya pembangunan di Doha, ada satu lokasi yang tetap mempertahankan keaslian dan mengusung konsep klasik seperti awal didirikan.

Lokasi tersebut adalah Souq Waqif, sebuah area perdagangan berusia sekitar satu abad yang memiliki bangunan khas Timur Tengah.

Kompleksnya berupa bangunan petak dengan lorong-lorong sempit. Dinding bangunannya berlapis semen, namun dibiarkan dengan finishing kasar, lalu dilabur dengan cat khaki selayaknya warna khas gurun pasir.
 
Sebuah lorong di Souq Waqif yang menghubungkan area pasar dengan kafe dan restoran. ANTARA/Roy Rosa Bachtiar/am.


Lagi di bagian atasnya, tepat sebelum garis atap, masih terpasang kayu-kayu yang disusun berjejer. Kayu-kayu silindris tersebut menjadi penopang bagian atap yang berbobot.

Atapnya sendiri tidak membentuk sudut miring seperti perumahan di Indonesia, namun mendatar berlapis tanah. Konstruksi atap demikian lah yang menuntut dibutuhkan penopang kuat bermaterial kayu utuh.

Di luar kekunoannya, Souq Waqif tetap memperhatikan unsur keamanan yang mumpuni. Pompa hidran dan alarm api disisipkan di sejumlah sudut pasar dengan papan peringatan jelas untuk tidak menaruh barang apapun di area hidran.

Belum lagi penempatan polisi yang rutin menjaga di sejumlah sudut Souq Waqif.

Souq Waqif menjadi pembeda dari area sekitarnya. Bahkan kawasan Musheireb yang juga menyimpan nilai historis awal mula berdirinya Doha, sudah menjelma menjadi daerah downtown yang modern dan sarat bangunan estetik kekinian.

Gedung megah yang berdempet serta fasilitas stasiun utama Metro menjadi pemandangan besar di kawasan yang mulanya hanya diisi empat rumah penduduk di masa lampau.

Kawasan Musheireb juga banyak dijumpai hotel-hotel dari kelas menengah hingga mewah. Mobilitas pelancong di Musheireb didukung dengan stasiun utama Metro yang mempertemukan tiga jalur layanan yaitu, Red Line, Yellow Line, dan Green Line.

Ada juga terminal bus listrik yang terintegrasi dengan stasiun tersebut.

Namun selisih satu blok di sisi timur Musheireb, masih ada Souq Waqif yang hadir untuk mengisi keingintahuan pendatang akan unsur kehidupan lawas di Doha.

Baca juga: Akhir perjalanan Garuda dan awal petualangan baru tak kalah menantang
Baca juga: Pertunjukan Tari Saman warnai laga Indonesia vs Vietnam di Doha
Baca juga: Pj Gubernur sebut hubungan baik Sumut-Qatar buka peluang investasi

Halaman berikut: Mengisi perut dan belanja di Doha
 12Tampilkan Semua

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:game slot terbaik di dunia

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
dapat duit banyak
2d erek erek
wdkilat
permainan slot hari ini
rekomendasi situs slot gacor
baris slot
vodka138
www maxwin slot
mexwin138
Daftar isi semua bab
Bab 1 1001 buku mimpi
Bab 2 nama slot gacor 2023
Bab 3 trik pola zeus slot
Bab 4 website slot paling gacor
Bab 5 game online 77
Bab 6 putri slot gacor
Bab 7 slot gacor 168
Bab 8 situs link gacor hari ini
Bab 9 trik cara main slot olympus
Bab 10 situs gacor akun baru
Bab 11 situs slot ter
Bab 12 aston 777 slot
Bab 13 keahlian yang bisa menghasilkan uang
Bab 14 limit kredivo pertama
Bab 15 tanda tanda maxwin princess
Bab 16 link game slot online terbaik
Bab 17 bonanzaslot88
Bab 18 itupoker
Bab 19 eden307
Bab 20 bibit168 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6621bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Perjalanan Fantasi dan Legendaris

slot gacor resmi
MotoGP Argentina 2024 dibatalkan
MS Glow For Men mengumumkan kelanjutan dukungan untuk Gresini Racing Team sebagai sponsor resmi di ajang MotoGP tahun ini. (ANTARA/HO/ J99 Corp.)
Jakarta (ANTARA) - Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan penyelenggara MotoGP Dorna Sports mengonfirmasi pembatalan Grand Prix (GP) Argentina 2024, demikian laporan resmi yang diterima pada Rabu.

“Karena keadaan saat ini di Argentina, promotor acara telah menyampaikan bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada tahun 2024 sesuai standar MotoGP,” tulis pengumuman tersebut.

“Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap dapat kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025,” ujarnya menambahkan.

Tidak ada informasi detail terkait alasan dibatalkannya MotoGP Argentina musim ini, yang sebelumnya dijadwalkan pada 5-7 April tersebut. Namun, rumor terkait pembatalan ini sudah mencuat sejak beberapa waktu terakhir, menyusul dibatalkannya pula final World Superbike (WSBK) 2023 di San Juan Villicium. Final tersebut sebelumnya dibatalkan karena tingginya tingkat inflasi di Amerika Selatan yang mencapai lebih dari 200 persen pada tahun lalu.

Inflasi ini pun membuat Argentina sebagai salah satu negara besar di wilayah Amerika Selatan untuk melakukan kebijakan penghematan yang cukup ketat, termasuk mempertimbangkan penyelenggaraan kejuaraan dunia olahraga motor yang menelan biaya yang tidak sedikit.

Sementara itu, setelah melakoni rangkaian sesi uji coba resmi MotoGP 2024 di Sepang dan Qatar, ajang balap motor kelas premier musim mendatang pun akan dibuka dengan grand prix pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

Baca juga: Red Bull KTM: 2024 jadi tahun pembuktian buat Miller
Baca juga: Bagnaia & Bastianini siap hadapi 2024 dengan desain baru Ducati

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024

Kuil Kiamat

slot bidadari
Levi's dan Gundam luncurkan koleksi pakaian Levi's x Gundam SEED
Koleksi terbaru dari Levi's x Gundam SEED. (ANTARA/HO-Levi's)
Jakarta (ANTARA) - Jenama fesyen denim Levi’s resmi berkolaborasi dengan karakter fiksi Gundam, meluncurkan koleksi pakaian Levi’s x Gundam SEED yang menampilkan desain futuristik serta menarik untuk digunakan.

Sejak seri Mobile Suit Gundam dirilis pada tahun 1979, Gundam universesecara konsisten terus berkembang untuk memikat penggemarnya dengan karakter-karakter yang menarik dan cerita yang kompleks, seperti dikutip dari keterangan persnya, Sabtu.

Sebagai jenama yang lekat dengan kultur fesyen, Levi's terus berinovasi untuk memperluas gaya ikonik klasiknya. Kali ini, Levi’s menggabungkan ciri khasnya itu dengan desain imajinatif dari karakter Gundam.

Baca juga: Levi's resmikan toko terbesar di Indonesia, mengusung konsep baru

Levi’s dan Gundam berkolaborasi untuk membuat koleksi futuristik bernama Levi’s x Gundam SEED yang menangkap keindahan fiksi ilmiah di semesta cerita Gundam. Koleksi ini terdiri dari celana, jaket, hingga aksesori yang menampilkan ikon Gundam serta Levi’s di dalamnya.
Koleksi terbaru dari Levi's x Gundam SEED. (ANTARA/HO-Levi's)


Ada celana serta jaket denim Levi’s x Gundam SEED ‘93 501 yang cocok dipadukan dengan Relaxed Trucker dan terbuat dari denim indigo dengan finishing light stonewash. Selain itu, item koleksi ini menampilkan printatau motif Strike Gundam, jacron backpatchberwarna biru, dan co-branded patchdi bagian luarnya.

Ada juga anorak jacketatau parka dengan model boxydan sedikit cropped, serta dilengkapi dengan silver piping, oversized utility chest pockets, tali pengikat belakang, dan grafik GAT X105 Strike Gundam besar pada bagian belakangnya.
Koleksi terbaru dari Levi's x Gundam SEED. (ANTARA/HO-Levi's)


Anorak jacketini dapat dipadukan dengan cargo pantyang memiliki pipingsenada dan patchGundam di bagian luar celana hingga bagian kantung belakangnya.

Koleksi Levi’s x Gundam SEED memiliki beberapa pilihan atasan yang menarik, seperti boxy tee, long sleeve tee, hingga hoodie. Atasan boxy teetersedia dalam dua pilihan warna dan model, yakni Starbright White dan Destruction Black yang menampilkan grafik Gundam (Strike Gundam dan GAT-X105 Strike Gundam), serta jacquard co-branded patchyang dijahit.

Untuk long sleeve tee biru tua, kaus panjang tersebut menampilkan motif ZGMF-X10A Freedom Gundam yang mencolok di bagian belakangnya, serta campuran printreflektif dan non-reflektif di bagian dada kiri dan lengan kanan kaus.

Terakhir, ada hoodieLevi’s x Gundam SEED merah dengan print glossyGAT-X303 Aegis Gundam di bagian tengah dan patch jacquarddi lengan kiri.

Koleksi Levi’s x Gundam SEED juga dilengkapi dengan ragam aksesori fungsional, antara lain Gundam SEED Harness Bag yang terbuat dari bahan nilon dan denim, Gundam SEED Accent Pouch, dan Gundam SEED Utility Beanie yang dilengkapi dengan kantung penyimpanan kecil.

Koleksi Levi’s x Gundam SEED sudah tersedia di sejumlah gerai Levi’s Original dan toko daring resmi mereka di laman www.Levi.co.id.

Baca juga: Levi's dan New Balance luncurkan koleksi sepatu seri MT580

Baca juga: Levi's dan Crocs luncurkan koleksi alas kaki terbaru

Baca juga: Koleksi denim untuk rayakan Tahun Macan 2022

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

Bangkitnya Kelahiran Kembali 2012

gacor 338
Jaleswari Pramodhawardani umumkan undur diri dari KSP
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani. ANTARA/HO-KSP/aa.
Melalui siaran pers ini, saya Jaleswari Pramodhawardani menginformasikan pengunduran diri saya dari jabatan Deputi V Kepala Staf Kepresidenan terhitung 1 Februari 2024
Jakarta (ANTARA) - Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya di Kantor Staf Presiden (KSP), terhitung mulai Kamis, 1 Februari 2024.

"Melalui siaran pers ini, saya Jaleswari Pramodhawardani menginformasikan pengunduran diri saya dari jabatan Deputi V Kepala Staf Kepresidenan terhitung 1 Februari 2024," kata Jaleswari dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Jaleswari menyampaikan secara formal proses permohonan pengunduran dirinya sudah diajukan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Jaleswari yang diketahui masuk dalam Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md sejak November 2023, menyatakan mundur karena tidak ingin dipersepsikan sebagai beban politik Presiden Joko Widodo.

Baca juga: KSP: Penyelenggaraan Pemilu 2024 harus miliki perspektif HAM

Baca juga: KSP harap DPR segera bahas RUU Perampasan Aset

Baca juga: KSP dorong KPU ciptakan Pemilu 2024 ramah disabilitas

"Alasan pengunduran diri saya didasari pada etika dan keyakinan yang saya harus pegang. Dalam hal ini, saya menyadari penuh bahwa saya perlu menghindari situasi dimana saya dapat dipersepsikan sebagai beban politik bagi Bapak Presiden maupun lembaga kepresidenan secara umum dikarenakan pilihan politik pribadi saya," tutur Jaleswari.

Dia juga menyatakan memahami dan menangkap kebutuhan publik atas netralitas dan profesionalisme pemerintah terutama di tahun politik.

"Saya pribadi memohon maaf apabila dalam mengemban jabatan sebagai Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, terdapat ruang penyempurnaan yang belum saya isi secara maksimal," ujar Jaleswari.

Dia mendoakan Indonesia terus bergerak ke arah yang lebih baik dan senantiasa diterangi jalannya oleh Allah SWT.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

Kaisar Agung

situs maxwin terpercaya
Kemendikbudristek: Pendidikan usia dini harus menyenangkan
Tangkapan layar - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa (30/1/2024). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah/aa.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbudristek, Iwan Syahril menegaskan pendidikan bagi anak-anak usia dini harus berlangsung secara menyenangkan, sehingga memunculkan rasa cinta mereka pada belajar.

“Kita ingin anak-anak sejak PAUD dan SD kelas 1 dan 2 memiliki rasa cinta terhadap belajar. Belajar adalah sesuatu yang mereka rindukan. Bukan hal yang menakutkan,” katanya dalam Sosialisasi Penguatan Implementasi Transisi PAUD ke SD 2024 di Jakarta, Selasa.

Iwan menuturkan apabila anak-anak sejak usia dini memiliki rasa cinta dan nyaman terhadap kegiatan belajar, mereka akan memiliki fondasi yang baik dan kuat untuk bisa menyambut masa depan lebih cerah.

Baca juga: Kemendikbudristek apresiasi Bunda PAUD kawal transisi bahagia ke SD

Menurutnya, pembelajaran yang berlangsung menyenangkan bagi anak-anak akan membuat mereka memiliki nilai-nilai pribadi yang baik, mulai dari sisi agama, budi pekerti, bersosialisasi, komunikasi, meregulasi emosi, hingga motorik.

Oleh sebab itu, Kemendikbudristek pada tahun lalu mengeluarkan gerakan Merdeka Belajar Episode ke-24 bertajuk "Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan" dan kini telah diimplementasikan oleh lebih dari 504 kabupaten/kota di Indonesia.

Salah satu kebijakan dari gerakan tersebut adalah menghapuskan tes membaca, menulis, dan menghitung (calistung) ketika anak-anak PAUD mendaftar untuk masuk ke jenjang SD.

Iwan mengatakan proses pembelajaran yang menyenangkan, bahkan yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan masing-masing siswa akan memicu mereka untuk memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga membentuk pribadi yang berpikir kritis.

“Jadi, harapan kami guru kelas 1 dan kelas 2 tidak bingung kalau anaknya tidak bisa calistung. Tetapi, secara holistik melihat tumbuh kembang anak di enam kemampuan fondasi,” katanya.

Ada enam kemampuan fondasi pada anak usia dini yang ingin dibentuk melalui kebijakan ini, yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, serta kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

Kemudian, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, serta pemaknaan belajar yang menyenangkan dan positif.

Baca juga: Kolaborasi menjadikan gerakan Transisi PAUD ke SD lebih bermakna

Baca juga: Kemendikbud: PAUD fondasi anak jadi pembelajar sepanjang hayat

Ia menambahkan apabila para guru bingung dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak usia dini, guru bisa menggunakan Kurikulum Merdeka.

Di dalam Kurikulum Merdeka sudah mengasumsikan bahwa anak-anak sebagian belum bisa calistung, sehingga dari buku dan pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan, tingkat perkembangan, dan pertumbuhan anak.

“Jika anak belum bisa calistung, tidak apa-apa. Ada anak yang mungkin lebih cepat, ada anak yang lebih lambat. Apalagi tidak semua anak-anak memiliki kesempatan masuk ke taman anak-anak,” kata Iwan.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024

Jiwa Takdir yang Abadi

slot situs
Sembilan wakil Indonesia siap berlaga di 16 besar Thailand Masters
Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri saat berlaga di babak 32 besar Thailand Masters 2024 di Bangkok, Selasa (30/1/2024). ANTARA/HO/PBSI.
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak sembilan wakil Indonesia siap berlaga di babak 16 besar turnamen bulu tangkis Thailand Masters 2024, Kamis.

Pertandingan pertama di lapangan satu Nimibutr Stadium, Bangkok, akan diisi dengan pertandingan antara ganda putra Indonesia yang turun sebagai unggulan ketiga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melawan pasangan tuan rumah Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul mulai pukul 13.00 WIB.

Sementara, pertandingan pertama di lapangan kedua diisi oleh ganda putra Indonesia lainnya Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang bakal bertemu dengan wakil Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol di babak kedua turnamen ini.

Beralih ke lapangan ketiga, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang turun sebagai unggulan keempat akan berhadapan dengan Hsu Yin Hui/Lin Jhih Yun (Taiwan).

Sementara itu, dari sektor tunggal putri ada Ester Nurumi Tri Wardoyo yang akan bertemu dengan wakil Kanada Wen Yu Zhang.

Lalu ada dua pasangan ganda putri lainnya yakni Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum, yang masing-masing akan bersua dengan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) dan Linda Efler/Isabel Lohau (Jerman).

Selain Leo/Daniel dan Bagas/Fikri, wakil Indonesia lainnya di sektor ganda putra yang berhasil lolos ke babak kedua adalah pasangan baru Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Rahmat Hidayat. Yere/Rahmat akan berjumpa dengan He Ji Ting/Ren Xiang Yu asal China.

Selanjutnya ada Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di sektor ganda campuran yang siap beraksi di babak 16 besar turnamen BWF Super 300 ini.

Rehan/Lisa akan bertemu dengan unggulan kelima asal Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie. Sementara Dejan/Gloria yang merupakan unggulan keempat akan berhadapan dengan Lee Chun Hei/Ng Tsz Yau dari Hong Kong, pada hari ini.

Baca juga: Rinov ungkap tidak dalam kondisi mental yang baik untuk bertanding
Baca juga: Leo/Daniel fokus jaga kondisi jelang 16 besar Thailand Masters
Baca juga: Rehan/Lisa tampil tenang demi raih kemenangan pertama Thailand Masters

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024

Sistem tamparan muka pamer yang paling kuat

aplikasi kredit tanpa bunga
Penuhi panggilan KPK, Idrus Marham ditanya soal posisinya di CLM
Politikus Partai Golkar Idrus Marham (tengah) menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (31/1/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym/aa.
Jakarta (ANTARA) - Politikus Partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Idrus Marham mengaku ditanya soal posisinya di PT Citra Lampia Mandiri (CLM) saat memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi.

Idrus saat dijumpai di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa dirinya memang pernah menjadi Komisaris PT CLM, namun jabatan itu hanya diembannya selama satu hari.

"Saya ditanya soal posisi saya pernah menjadi Komisaris CLM satu hari. Jadi, saya tanggal 4 Juli 2022 diangkat dalam RUPS (rapat umum pemegang saham) luar biasa, tetapi tanggal 5 (Juli 2022) saya sudah mengundurkan diri. Jadi, itu dikonfirmasi dan yang lain-lainlah, saya kira itu saja," ucap Idrus.

Idrus Marham dipanggil penyidik KPK untuk dimintai keterangan sebagai saksi dari pihak swasta dalam perkara dugaan korupsi suap pengurusan administrasi hukum umum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pemanggilan Idrus Marham semula dijadwalkan KPK pada Selasa (30/1), tetapi dia baru memenuhi panggilan tersebut pada Rabu ini.

Baca juga: KPK panggil Idrus Marham di kasus Eddy Hiariej

Kepada wartawan, Idrus menjelaskan bahwa dirinya diminta menjadi komisaris dalam RUPS luar biasa, kemudian dia mundur dari posisi komisaris PT CLM karena merasa jabatan itu bukan bidangnya.

“Kalau itu kan saya merasa bukan bidang saya, yang mengurusi masalah itu, sehingga akan lebih bagus (mengundurkan diri), kalau pun ada yang mau dibantu tanpa komisaris pun bisa,” ucap Idrus.

Kendati baru sehari menjadi komisaris, Idrus Marham mengaku pernah mendengar soal permasalahan internal di perusahaan tersebut.

"Ya pastilah saya tahu ada masalahnya, waktu itu saya sarankan supaya diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan. Kalau di dalam proses hukum ada namanya restorative justice(keadilan restoratif, red), itu saran saya dulu," ujarnya.

Baca juga: Idrus Marham bebas usai jalani masa hukuman dua tahun penjara

Dalam perkara ini, penyidik KPK pada 7 Desember 2023 telah menahan Direktur Utama PT CLM Helmut Hermawan (HH).

Selain itu, KPK juga telah menetapkan tiga tersangka lainnya, yakni mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej alias Eddy Hiariej (EOSH), pengacara Yosi Andika Mulyadi (YAM), dan asisten pribadi EOSH, Yogi Arie Rukmana (YAR).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menjelaskan konstruksi dugaan korupsi tersebut berawal dari terjadinya sengketa dan perselisihan internal di PT CLM dari tahun 2019 hingga 2022 mengenai status kepemilikan.

Untuk menyelesaikan sengketa tersebut, HH selaku Direktur Utama PT CLM berinisiatif mencari konsultan hukum dan sesuai rekomendasi yang diperoleh yang tepat adalah EOSH.

Sebagai tindak lanjut atas hal tersebut, sekitar April 2022 dilakukan pertemuan di rumah dinas EOSH yang dihadiri HH bersama staf dan PT CLM. Hasil pertemuan tersebut dicapai kesepakatan, yaitu EOSH siap memberikan konsultasi hukum untuk pengurusan administrasi hukum umum PT CLM.

Baca juga: KPK periksa tiga saksi soal pemberian suap ke Eddy Hiariej

EOSH lantas menugaskan YAR dan YAM sebagai representasi dirinya. Besaran uang yang disepakati untuk diberikan HH kepada EOSH sejumlah Rp4 miliar.

Selain itu, HH juga mengalami permasalahan hukum di Bareskrim Polri. Untuk itu, EOSH bersedia dan menjanjikan proses hukumnya dapat dihentikan melalui SP3 dengan adanya penyerahan uang sejumlah Rp3 miliar.

HH juga meminta bantuan EOSH selaku Wamenkumham pada saat itu untuk membantu proses buka blokir hasil RUPS PT CLM. Atas kewenangan EOSH, proses buka blokir akhirnya terlaksana.

Berikutnya, HH kembali memberikan uang sejumlah sekitar Rp1 miliar untuk keperluan pribadi EOSH maju dalam pencalonan Ketua Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti).

KPK menjadikan pemberian yang sejumlah sekitar Rp8 miliar dari HH pada EOSH melalui YAR dan YAM sebagai bukti awal untuk terus ditelusuri dan didalami hingga dikembangkan.

HH sebagai pihak pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Baca juga: PN Jaksel putuskan penetapan tersangka Eddy Hiariej tidak sah
Baca juga: KPK periksa pengacara dan aspri eks Wamenkumham Eddy Hiariej

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024