petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman online 1 juta

situs slot mudah 31Jutaan kata 58255Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman online 1 juta》

Jokowi: Ekonomi Indonesia terus tumbuh di tengah ketidakpastian global******

Jokowi: Ekonomi Indonesia terus tumbuh di tengah ketidakpastian global
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo seusai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARAYoutube Sekretariat Presiden/pri.
Meskipun kalau melihat angka-angka baik, saya terus mengingatkan kita harus hati-hati, kita harus tetap waspada, karena ke depan kompetisi global itu semakin kompleks, semakin tidak jelas arahnya ke mana
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa perekonomian Indonesia cukup kokoh di tengah ketidakpastian global.

 

“Patut kita syukuri alhamdulillah di tengah krisis dunia yang bertubi-tubi, ketidakpastian ekonomi yang sulit dikalkulasi, perekonomian kita cukup kokoh dan kalau di G20 masuk tiga besar ekonomi yang kondisi growthdan pertumbuhan ekonominya baik,” kata Jokowi dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu.

 

Jokowi memaparkan bahwa ekonomi Indonesia pada 2023 tumbuh 5,05 persen, dengan inflasi yang terkendali di angka 2,57 persen.

 

Tingkat kemiskinan Indonesia turun di angka 9,36 persen, tingkat pengangguran turun di angka 5,32 persen, dan rasio gini juga turun di angka 0,388 persen.

 

“Meskipun kalau melihat angka-angka baik, saya terus mengingatkan kita harus hati-hati, kita harus tetap waspada, karena ke depan kompetisi global itu semakin kompleks, semakin tidak jelas arahnya ke mana,” kata Jokowi.

 

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan konflik yang sedang berlangsung di Ukraina, Gaza, dan Yaman turut berkontribusi pada kenaikan inflasi pangan.

 

Kondisi itu menyebabkan sejumlah negara menerapkan kebijakan proteksionisme untuk komoditas pangan mereka.

 

Jokowi mencatat, saat ini terdapat 1.348 kebijakan proteksionisme yang dilakukan negara-negara di dunia terkait pangan. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat dibandingkan pada 2014, dan diprediksi akan terus meningkat.

 

“Kita tahu kalau dulu banyak yang menawarkan pada kita misalnya beras, sekarang ini kita mencari beras ke negara-negara produsen, itu juga tidak gampang dan tidak mudah, karena semuanya sekarang ini mengerem untuk tidak ekspor bahan pangannya, baik gandum maupun beras, akibat perubahan iklim, akibat perubahan cuaca dan gangguan rantai pasok,” kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi: TNI-Polri harus jadi bagian penting songsong Indonesia Emas

Baca juga: Presiden Jokowi tanggapi isu kenaikan harga beras

Baca juga: Jokowi minta jajarannya jaga stok dan harga pangan jelang Ramadhan
 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

PM Luxon akan bertemu Jokowi di Melbourne bahas kelanjutan bilateral******

PM Luxon akan bertemu Jokowi di Melbourne bahas kelanjutan bilateral
Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon dalam rangka pembicaraan hubungan bilateral Indonesia-Selandia Baru di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa (27/2/2024). ANTARA/HO-BPMI Setwapres/am.
Wellington, Selandia Baru (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Christopher Luxon mengagendakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Melbourne, Australia dalam waktu dekat untuk membahas keberlanjutan hubungan bilateral kedua negara.

"Saya pribadi akan bertemu dengan Presiden Indonesia di Melbourne," kata Luxon saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa.

Dalam kesempatan itu, Luxon menyampaikan terima kasih atas sejumlah masukan Wapres Ma'ruf yang memberi harapan bagi hubungan diplomatik RI-Selandia Baru yang lebih baik ke depan.

Indonesia dan Selandia Baru telah menjalin kemitraan komprehensif sejak 2018. Melalui kemitraan strategis itu, Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan peran dan kerja sama di berbagai bidang.

Sedangkan, PM Luxon baru menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada 27 November 2023, usai partainya, National Party, mengalahkan Labour Party yang berkuasa selama beberapa tahun terakhir.

Dalam kesempatan itu Wapres Ma'ruf menyampaikan sejumlah masukan dalam pertemuan hangat dengan PM Luxon selama 25 menit di Speaker's Lounge, New Zealand Parliament Buildings, Wellington, Selandia Baru.

Salah satunya berkaitan dengan dukungan Selandia Baru dalam mendorong peningkatan peran Indonesia di Forum Negara Kepulauan Pasifik.

"Saya ingin menegaskan bahwa Indonesia adalah bagian dari Pasifik. Untuk itu, Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan peran di kawasan Pasifik,” kata Wapres.

Oleh sebab itu, Wapres berpandangan kedua negara harus terus mencari peluang untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan, termasuk kerja sama jaminan produk halal.

Selain itu, Wapres juga melihat pentingnya Indonesia dan Selandia Baru untuk meningkatkan kerja sama di bidang sosial dan budaya, terutama melalui people to people contact.

“Hal ini guna mendorong masyarakat kedua negara untuk berbagi pengalaman masing-masing dalam memelihara toleransi di tengah masyarakat yang majemuk,” katanya.

Menutup pertemuan, Wapres mengatakan bahwa pada kunjungan kerjanya di Selandia Baru kali ini, dirinya juga akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru guna memperdalam upaya peningkatan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

"Besok saya akan bertemu dengan Yang Mulia Deputi Perdana Menteri untuk membahas lebih lanjut upaya bersama memajukan hubungan kedua negara,” katanya.

Sementara itu, Duta Besar RI Wellington Fientje Maritje S mengatakan Selandia Baru di bawah kepemimpinan PM Luxon memiliki fokus pada sektor perdagangan.

"Kita lihat pemerintah baru ini fokusnya pada perdagangan. Nanti akan dibawa tim perdagangan ke Indonesia," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024

Banjir bandang dan tanah longsor kembali terjang Sumbawa******

Banjir bandang dan tanah longsor kembali terjang Sumbawa
Banjir yang melanda menenggelamkan salah satu jembatan penghubung Desa Labangkar dan Desa Ropang di Kabupaten Sumbawa pada Sabtu (24/2/2024). ANTARA/BPBD Kabupaten Sumbawa.
Banjir bandang dan tanah longsor ini akibat hujan dengan intensitas tinggi
Mataram (ANTARA) - Banjir bandang dan tanah longsor kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat, mengatakan banjir dan tanah longsor ini terjadi di Desa Labangkar dan Desa Ropang. Keduanya berada di Kecamatan Ropang, Sabtu (24/2) pukul 16.30 Wita.

"Banjir bandang dan tanah longsor ini akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu di Kecamatan Ropang," ujarnya di Mataram, Minggu.

Ia mengungkapkan akibat banjir bandang tersebut puluhan rumah di Desa Labangkar terendam banjir. Tak hanya itu, banjir juga mengakibatkan tanah longsor sehingga menyebabkan kerugian materi.

"Tanah longsor ini terjadi di pemukiman warga yang bila tidak ditangani akan berdampak meluas ke pemukiman warga lainnya," terang Nurhidayat.

Baca juga: LHK NTB: Banjir Kabupaten Sumbawa akibat curah hujan tinggi
Baca juga: Empat kabupaten di Pulau Sumbawa diterjang banjir

Menurut dia, jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir di Desa Labangkar sebanyak 30 KK, sedangkan, jumlah rumah yang terdampak longsor ada empat unit.

Sedangkan di Desa Ropang, longsor mengakibatkan terlepasnya besi plat bordes jembatan di desa setempat sehingga mengganggu akses pengguna jalan.

"Kebutuhan mendesak yaitu pembangunan bronjong penahan tebing pemukiman dan penanganan perbaikan jembatan limpas Desa Ropang," ujarnya.

Menurut Nurhidayat, kondisi saat ini air sudah surut dan warga mulai membersihkan rumah masing-masing dan membersihkan bekas banjir bandang di jembatan penyeberangan Desa Labangkar.

"Jadi semua ikut terlibat membantu warga baik dari BPBD Kabupaten Sumbawa, TNI/Polri, unsur kecamatan, unsur desa, relawan kebencanaan dan masyarakat," katanya.

Baca juga: Kerusakan hutan dan hilangnya kawasan resapan picu banjir NTB
Baca juga: BPBD: Banjir bandang di Sumbawa disebabkan oleh penebangan liar

Sebelumnya pada Rabu (21/2) sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa juga diterpa bencana banjir dan tanah longsor akibat tingginya intensitas hujan.

Di antara wilayah yang terdampak tersebut, antara lain Desa Kalabeso, Desa Labuhan Burung, dan Desa Jurumapin yang berada di Kecamatan Buer. Kemudian banjir juga terjadi di Desa Marente, Kecamatan Alas.

Akibat banjir tersebut, jembatan penghubung antara Desa Kalabeso ke Desa Labuhan Burung Kecamatan Buer terputus. Tidak hanya itu, tanggul penahan tebing di bagian kiri dan kanan jembatan penghubung tersebut ikut ambruk sekitar 60 meter.

Kemudian areal pertanian sekitar 25 hektare terendam banjir dan mengakibatkan gagal panen, termasuk 52 KK juga ikut terdampak banjir bandang tersebut.

Sementara di Desa Marente, Kecamatan Alas, banjir bandang mengakibatkan jembatan penghubung antara Dusun Marente Loka dan Dusun Beru Marente terputus.

Baca juga: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan sedang-lebat pada Minggu
Baca juga: BPBD evakuasi warga terdampak banjir di Lampung Selatan
Baca juga: Pj Gubernur Jatim tinjau lokasi bencana alam di Pamekasan



Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:dragontiger

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
mansion88 slot
slotrtp666
kecurangan slot pragmatic
fins88
voucher gosend mei 2022
trik cara main game slot biar menang
slot sport
link slot terbaru dan tergacor
olympus88 demo
Daftar isi semua bab
Bab 1 judi slot terbaik indonesia
Bab 2 pokermania
Bab 3 slot bagus gacor
Bab 4 erek erek penipu
Bab 5 cara menggunakan akulaku
Bab 6 bonus new member 100 di depan
Bab 7 website slot terbaik
Bab 8 pinjaman online paling murah
Bab 9 slot hoki link alternatif
Bab 10 binggo88
Bab 11 daftar situs judi slot online gampang menang
Bab 12 vbslot88
Bab 13 mojobet89
Bab 14 seluruh situs slot
Bab 15 situs terbaik hari ini
Bab 16 pinjaman online 24 jam nonstop
Bab 17 gadun slot link alternatif
Bab 18 13 togel
Bab 19 kumpulan link slot bonus new member 100
Bab 20 pinjam saldo gopay
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8527bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Ular yang melahap dunia

pinjol untuk pelajar
Banjir bandang dan tanah longsor kembali terjang Sumbawa
Banjir yang melanda menenggelamkan salah satu jembatan penghubung Desa Labangkar dan Desa Ropang di Kabupaten Sumbawa pada Sabtu (24/2/2024). ANTARA/BPBD Kabupaten Sumbawa.
Banjir bandang dan tanah longsor ini akibat hujan dengan intensitas tinggi
Mataram (ANTARA) - Banjir bandang dan tanah longsor kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Muhammad Nurhidayat, mengatakan banjir dan tanah longsor ini terjadi di Desa Labangkar dan Desa Ropang. Keduanya berada di Kecamatan Ropang, Sabtu (24/2) pukul 16.30 Wita.

"Banjir bandang dan tanah longsor ini akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu di Kecamatan Ropang," ujarnya di Mataram, Minggu.

Ia mengungkapkan akibat banjir bandang tersebut puluhan rumah di Desa Labangkar terendam banjir. Tak hanya itu, banjir juga mengakibatkan tanah longsor sehingga menyebabkan kerugian materi.

"Tanah longsor ini terjadi di pemukiman warga yang bila tidak ditangani akan berdampak meluas ke pemukiman warga lainnya," terang Nurhidayat.

Baca juga: LHK NTB: Banjir Kabupaten Sumbawa akibat curah hujan tinggi
Baca juga: Empat kabupaten di Pulau Sumbawa diterjang banjir

Menurut dia, jumlah kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir di Desa Labangkar sebanyak 30 KK, sedangkan, jumlah rumah yang terdampak longsor ada empat unit.

Sedangkan di Desa Ropang, longsor mengakibatkan terlepasnya besi plat bordes jembatan di desa setempat sehingga mengganggu akses pengguna jalan.

"Kebutuhan mendesak yaitu pembangunan bronjong penahan tebing pemukiman dan penanganan perbaikan jembatan limpas Desa Ropang," ujarnya.

Menurut Nurhidayat, kondisi saat ini air sudah surut dan warga mulai membersihkan rumah masing-masing dan membersihkan bekas banjir bandang di jembatan penyeberangan Desa Labangkar.

"Jadi semua ikut terlibat membantu warga baik dari BPBD Kabupaten Sumbawa, TNI/Polri, unsur kecamatan, unsur desa, relawan kebencanaan dan masyarakat," katanya.

Baca juga: Kerusakan hutan dan hilangnya kawasan resapan picu banjir NTB
Baca juga: BPBD: Banjir bandang di Sumbawa disebabkan oleh penebangan liar

Sebelumnya pada Rabu (21/2) sejumlah wilayah di Kabupaten Sumbawa juga diterpa bencana banjir dan tanah longsor akibat tingginya intensitas hujan.

Di antara wilayah yang terdampak tersebut, antara lain Desa Kalabeso, Desa Labuhan Burung, dan Desa Jurumapin yang berada di Kecamatan Buer. Kemudian banjir juga terjadi di Desa Marente, Kecamatan Alas.

Akibat banjir tersebut, jembatan penghubung antara Desa Kalabeso ke Desa Labuhan Burung Kecamatan Buer terputus. Tidak hanya itu, tanggul penahan tebing di bagian kiri dan kanan jembatan penghubung tersebut ikut ambruk sekitar 60 meter.

Kemudian areal pertanian sekitar 25 hektare terendam banjir dan mengakibatkan gagal panen, termasuk 52 KK juga ikut terdampak banjir bandang tersebut.

Sementara di Desa Marente, Kecamatan Alas, banjir bandang mengakibatkan jembatan penghubung antara Dusun Marente Loka dan Dusun Beru Marente terputus.

Baca juga: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan sedang-lebat pada Minggu
Baca juga: BPBD evakuasi warga terdampak banjir di Lampung Selatan
Baca juga: Pj Gubernur Jatim tinjau lokasi bencana alam di Pamekasan



Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Tersenyum bangga di dunia keabadian

dunia777 rtp
PBB deklarasikan 2027 jadi tahun pariwisata berkelanjutan dan tangguh
Dua ekor gajah melintas di sungai saat Festival Gajah tahunan di Xayaboury, Laos, Sabtu (17/2/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan konservasi gajah dan mempromosikan pariwisata lokal dan pembangunan ekonomi. ANTARA/Xinhua/Kaikeo Saiyasane/am.
PBB (ANTARA) - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (26/2) mengadopsi sebuah resolusi untuk mendeklarasikan tahun 2027 sebagai Tahun Pariwisata Internasional yang Berkelanjutan dan Tangguh.

Resolusi tersebut mengajak Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization) untuk memfasilitasi penyelenggaraan dan pelaksanaan tahun internasional itu, bekerja sama dengan pemerintah, organisasi yang relevan dalam sistem PBB, organisasi internasional dan regional, serta para pemangku kepentingan terkait lainnya.

Resolusi itu mendorong semua negara, sistem PBB, dan semua pelaku lainnya dalam memanfaatkan tahun internasional tersebut untuk menggalakkan berbagai upaya di semua tingkatan serta mendukung pariwisata yang berkelanjutan dan tangguh sebagai sebuah sarana untuk mendorong dan mempercepat pembangunan berkelanjutan. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024

Aku mungkin monster

mpored
Tim SAR evakuasi seorang pendaki tersambar petir di Gunung Cikuray
Petugas mengevakuasi pendaki yang menjadi korban tersambar petir di Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (24/2/2024). ANTARA/HO-Polres Garut/pri.
Survivor dan lima rekannya sedang berteduh di bawah pohon dan hendak memasang fly sheet, ketika hendak akan memasang fly sheet,  ada petir menyambar ke survivor dan dua rekan yang ada di dekatnya terpental
Garut (ANTARA) - Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan mengevakuasi seorang pendaki yang tewas setelah tersambar petir saat melakukan pendakian di Gunung Cikuray, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk dibawa ke rumah sakit di Garut.

"Survivorsudah dibawa ke Rumah Sakit RSUD dr Slamet," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Daris Hilman saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Minggu.

Ia menuturkan tim SAR gabungan terdiri dari BPBD, forum komunikasi pimpinan kecamatan, Taruna Siaga Bencana (Tagana), kepolisian, TNI, dan sukarelawan masyarakat setempat, yang bersama-sama mengevakuasi korban di Gunung Cikuray pada Sabtu (24/2) malam.

Peristiwa itu, kata dia, menimpa Akbar (22), laki-laki warga Kampung Kaum, Malingping Utara, Kabupaten Lebak, Banten, yang meninggal dunia setelah tersambar petir di Gunung Cikuray.

Baca juga: Tim SAR masih cari nelayan yang hilang di perairan Garut

Daris menyampaikan sebelum kejadian korban bersama lima rekannya melakukan pendakian ke puncak Gunung Cikuray, Sabtu (24/2), sekitar pukul 14.30 WIB. Kemudian turun hujan dan mereka berteduh di bawah pohon, lalu memasang terpal untuk berteduh.

"Survivordan lima rekannya sedang berteduh di bawah pohon dan hendak memasang fly sheet, ketika hendak akan memasang fly sheet,  ada petir menyambar ke survivordan dua rekan yang ada di dekatnya terpental," kata Daris.

Adanya informasi itu, kata Daris, petugas gabungan langsung bergerak untuk memberikan bantuan kepada korban yang tewas tersambar petir untuk dievakuasi turun dari gunung.

Sekitar pukul 21.00 WIB petugas berhasil mengevakuasi korban untuk dibawa ke rumah sakit, sedangkan lima teman lainnya menginap di rumah warga setempat.


Baca juga: Tim SAR cari wisatawan yang hilang terseret ombak di Garut

"Survivorberhasil dievakuasi melalui Pos Pemancar pada pukul 21.17 WIB," katanya.

Kepala Polsek (Kapolsek) Cilawu M Duhri mengatakan korban sudah berhasil diidentifikasi dan saat ini sudah dibawa ke rumah sakit dengan kondisinya luka bakar pada bagian perut dan dada.

Ia menyampaikan korban selanjutnya diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan dan pihak keluarga menolak dilakukan autopsi.

Adanya kejadian itu, Kapolsek mengimbau masyarakat khususnya pendaki untuk tidak berteduh di bawah pohon saat turun hujan deras karena berisiko tersambar petir.

"Kami mengimbau kepada para pendaki dan seluruh warga masyarakat apabila hujan turun agar jangan berteduh di bawah pohon, karena berisiko terkena sambaran petir," katanya.

Baca juga: Tim SAR masih cari nelayan yang hilang di perairan Garut

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Meizu terbaik

warunggol
Wapres sampaikan pengalaman RI jaga perdamaian melalui dialog agama
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menyampaikan pemaparan pada agenda kuliah umum di Universitas Victoria Wellington, Selandia Baru, Rabu (28/2/2024). ANTARA/Andi Firdaus./pri.
Wellington, Selandia Baru (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan pengalaman Indonesia dalam memperkuat dialog lintas agama dan moderasi beragama sebagai kontribusi menciptakan perdamaian dunia.

Pengalaman itu disampaikan Wapres Ma'ruf dalam agenda Dialog Lintas Agama pada kuliah umum di Universitas Victoria Wellington, Selandia Baru, Rabu.

"Indonesia dan Selandia Baru memiliki kesamaan, antara lain tingginya penghormatan terhadap keragaman, termasuk keragaman agama," katanya.

Ia mengatakan, Indonesia sejak dua tahun terakhir berkomitmen untuk aktif di bidang dialog lintas agama sebagai salah satu elemen penting dalam politik luar negeri Indonesia.

Indonesia bekerja sama dengan negara-negara lain dan komunitas internasional untuk mendorong saling pengertian antarpemeluk agama secara global.

Dikatakan Wapres Ma'rif, Indonesia memiliki modal yang kuat di bidang dialog lintas agama karena berangkat dari pengalaman sebagai negara yang sangat majemuk.

"Kami memiliki 278 juta penduduk,17 ribu pulau, enam agama yang diakui secara resmi, sekitar 1.300 suku, dan 718 bahasa daerah," katanya.

Pada kesempatan kuliah umum yang dihadiri sekitar 100 lebih mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Victoria Wellington, Wapres menyampaikan pengalaman Indonesia dalam mengelola perbedaan, sehingga tidak menjadi faktor yang memicu perpecahan.

Baca juga: Wapres: RI-Selandia Baru berpandangan sama ciptakan perdamaian global

Baca juga: Wapres: Daging halal peluang dongkrak neraca dagang RI-Selandia Baru

Pertama, kata Ma'ruf, tradisi dialog lintas iman telah melembaga dan mengakar kuat di masyarakat sebagai pilihan pertama dan utama dalam mencari solusi atas persoalan bangsa Indonesia.

"Kami memiliki Forum Kerukunan Umat Beragama, yang anggotanya terdiri dari majelis-majelis agama yang ada di Indonesia, untuk mencegah terjadinya konflik berlatar belakang agama dan sekaligus menyelesaikan jika terjadi perselisihan internal dan lintas umat beragama," katanya.

Pemerintah juga memperkuat regulasi tentang kehidupan bangsa yang rukun dan damai, serta melakukan penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang melakukan pelanggaran atas nama agama, kata Ma'ruf menambahkan.

Kedua, kata Ma'ruf, Indonesia memegang teguh landasan bernegara yang menjunjung tinggi persatuan dan harmoni.

"Nilai-nilai tersebut tertuang dalam ideologi Pancasila, Konstitusi 1945, dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjadi kesepakatan para pendiri bangsa Indonesia yang memiliki latar berbeda, nasionalis dan religius," katanya.

Sementara dari sisi kebijakan, tidak boleh ada regulasi yang diskriminatif berbasis agama di semua bidang, baik itu politik, ekonomi, hukum, budaya, maupun bidang-bidang lainnya, kata Ma'ruf menambahkan.

Berikutnya, Wapres menyampaikan peran pemuka agama dan masyarakat sipil yang kuat dalam berbagai aspek kehidupan, sehingga terus dilibatkan dalam penyebaran nilai-nilai toleransi dan moderasi.

"Terkait hal ini, dua organisasi Islam terbesar Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, baru saja menerima Penghargaan Zayed untuk Persaudaraan Manusia dari Uni Emirat Arab, atas dedikasi dan komitmennya dalam memajukan moderasi, persaudaraan dan perdamaian," katanya.

Baca juga: Wapres minta dukungan Selandia Baru tingkatkan peran RI di Pasifik

Baca juga: Wapres sebut inisiatif Christchurch Call perlu dialog lintas agama

Baca juga: Wapres tawarkan kemitraan komprehensif RI-Selandia Baru di Pasifik

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024

Dewa laki-laki Gao Xiaoleng

erek 82
BMKG prakirakan cuaca di sebagian besar Indonesia berawan Selasa
Ilustrasi - Langit cerah berawan di atas gedung-gedung bertingkat di bagian wilayah Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. ANTARA/Fiqih Arfani/am.
Sementara hujan disertai dengan petir diprediksi terjadi di Denpasar hari ini
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi berawan pada Selasa.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta Selasa, cuaca berawan diprakirakan terjadi di sejumlah daerah, yakni Serang, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Pontianak.

Kemudian daerah lainnya yang cuacanya diprediksi berawan adalah Palangka Raya, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Lampung, Pekanbaru, Medan, Banjarmasin, Mataram, Kendari, dan Jayapura.

BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan di sejumlah daerah, yakni di Bengkulu, Surabaya, Padang, Gorontalo, Palu, Manado, Ambon, Sofifi, dan Manokwari.

Adapun cuaca di wilayah Banda Aceh berpotensi cerah.

Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di wilayah Jambi, Palembang, Mamuju, dan Makassar.

Sementara hujan disertai dengan petir diprediksi terjadi di Denpasar hari ini.

Cuaca di Kupang diprakirakan berawan tebal.

BMKG memprediksi cuaca di Samarinda dan Tanjung Selor diliputi kabut.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024

Bepergian melintasi surga

kinggaruda138
PM Selandia Baru ucapkan selamat atas kelancaran Pemilu di Indonesia
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjabat tangan dengan Perdana Menteri Selandia Baru (PM) Christopher Luxon di Gedung Parlemen Selandia Baru, Selasa (27/2/2024). ANTARA/HO-BPMI Setwapres/am.
Wellington, Selandia Baru (ANTARA) - Perdana Menteri Selandia Baru (PM) Christopher Luxon mengucapkan selamat atas kelancaran proses Pemilu di Indonesia kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam pertemuan bilateral di Wellington, Selasa sore waktu setempat.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda atas terlaksananya pemilihan umum terbesar di Indonesia, termasuk pemilihan presiden di sana," kata Christopher Luxon saat membuka pertemuan bilateral di Gedung Parlemen Selandia Baru.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 25 menit di Speaker's Lounge New Zealand Parliament Buildingsitu, PM Luxon berharap pemerintah Selandia Baru dapat meningkatkan kerja sama dengan pemerintah baru Indonesia.

“Kami menanti untuk bertemu dengan Presiden Indonesia minggu depan. Semoga kita bisa meningkatkan perdagangan kita,” kata PM Luxon mengakhiri pengantarnya.

Membalas ucapan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin juga mengucapkan selamat atas terpilihnya PM Luxon yang baru menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada 27 November 2023, setelah partainya, National Party, mengalahkan Labour Partyyang berkuasa selama beberapa tahun terakhir.

“Saya juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Yang Mulia sebagai Perdana Menteri. Saya yakin, di bawah kepemimpinan Anda Selandia Baru akan terus maju dan terus memainkan peran aktif di kawasan Pasifik maupun di tataran global,” kata Wapres.

Mendampingi Wapres pada pertemuan tersebut, Duta Besar RI Wellington Fientje Maritje S., Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Koordinator Fungsi KBRI Lucky Saud.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024