petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pragmatic123

slot merah 789 976Jutaan kata 191250Orang-orang telah membaca serialisasi

《pragmatic123》

Berbuka di Feel Matcha dengan Promo Spesial BRI******

Berbuka di Feel Matcha dengan Promo Spesial BRI
Berbuka di Feel Matcha dengan Promo Spesial BRI (ANTARA/HO-BRI)
Jakarta (ANTARA) - Siapa yang tak kenal dengan matcha? Bubuk teh hijau yang satu ini memiliki aroma yang pekat. Selain itu, matcha juga telah lama menjadi bagian penting dari tradisi minum teh di Jepang.

Dibuat dari daun teh hijau yang digiling halus, matcha tidak hanya menyuguhkan rasa yang lezat, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat yang mengagumkan bagi kesehatan tubuh.

Karena itu, matcha juga bisa dijadikan pilihan ideal untuk berbuka puasa. Rasanya yang nikmat serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sangat cocok untuk menutrisi tubuh setelah berpuasa sepanjang hari.

Baca juga: Nikmati bukber cantik di Common Ground dengan Promo Spesial BRI

 




Baca juga: PAUL Bakery hadirkan menu hantaran khusus Promo BRI

Yuk, simak beberapa manfaat matcha yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa:

1. Kaya akan antioksidan

Matcha mengandung antioksidan tinggi, terutama katekin yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Hal ini penting untuk mempercepat proses pemulihan tubuh setelah seharian berpuasa.

2. Dapat membantu tingkatkan metabolisme

Kandungan EGCG dalam matcha dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu dalam proses pembakaran lemak dan mengontrol berat badan.

3.Dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh

Matcha memberikan energi yang stabil dan bertahap karena kandungan L-theanine yang membantu merilekskan tubuh dan meningkatkan fokus. Hal ini cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian tidak makan dan minum.

4. Dapat membantu memelihara sistem kekebalan tubuh

Untuk membantu kondisi tubuh tetap fit dan jauh dari penyakit, Matcha juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, selenium, zinc, dan magnesium yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi matcha secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Menu Tomoro Coffee yang perlu dicoba dengan promo BRI




Baca juga: Belanja hemat pakai promo spesial BRI di Star Department Store

Itulah beberapa manfaat dari matcha yang membuat menu ini cocok dipilih sebagai menu berbuka puasa. Karena tidak hanya menyegarkan, tetapi matcha juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Nah, buat kamu yang mau menikmati kelezatan dan manfaat kesehatan matcha di bulan Ramadhan ini bisa langsung datang ke outlet Feel Matcha terdekat. Resto spesialis matcha ini hadir dengan beragam menu olahan matcha yang sangat cocok dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Mulai dari Signature Matcha Latte, Matcha Biscoff Lotus, hingga Matcha Millie Crepe yang cocok menjadi hidangan penutup. Tidak hanya itu, bagi kamu nasabah BRI ada promo spesial menarik yang bisa kamu manfaatkan.

Dapatkan promo menarik 20 persen menggunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo dengan minimal transaksi sebesar Rp50 ribu (tidak berlaku kelipatan). Promo ini berlaku dari 16 Maret sampai 30 April 2024 di seluruh outlet Feel Matcha. Jadi, jangan sampai ketinggalan!

Jangan lupa juga download BRImo di App Store, Play Store, atau Huawei App Gallery karena #BRImoMudahSerbaBisa. Tanpa perlu repot ke bank, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan lewat satu aplikasi. Ada puluhan fitur yang siap membuat hidupmu makin sat set, lho!

Di mana pun transaksinya, gunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo untuk rasakan kemudahan transaksi.

Bagi kamu yang belum punya tabungan BRI, segera buka tabungan BRI via BRImo untuk dapatkan berbagai keuntungan, promo menarik, dan kemudahan bertransaksi. Tabungan BRI, pas buatmu!

Info lebih lanjut kunjungi: bbri.id/promoradan24

Mau promo spesial BRI yang lain? Tentu bisa! Dapatkan berbagai info menarik seputar penawaran spesial BRI dengan follow Instagram @bankbri_id.

Baca juga: Happy Harvest beri potongan harga Rp50Ribu dengan Promo Spesial BRI

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Mantan Wapres AS Mike Pence tolak dukung pencalonan Trump di pilpres******

Mantan Wapres AS Mike Pence tolak dukung pencalonan Trump di pilpres
Wakil Presiden AS Mike Pence (tengah) dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kanan) mengikuti sidang gabungan Kongres untuk mengesahkan hasil pemilu tahun 2020 di US Capitol di Washington, D.C., Amerika Serikat, 6 Januari, 2021. (Kevin Dietsch/Pool melalui Xinhua)
Ankara (ANTARA) - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence pada Jumat (15/3) menyatakan menolak mendukung Donald Trump yang kembali mencalonkan diri di pemilihan presiden AS akhir tahun ini.

"Seharusnya tidak mengejutkan bahwa saya tidak akan mendukung Donald Trump tahun ini," ucap Pence kepada televisi AS, Fox News.

Pence melontarkan sikapnya itu mengacu ke peristiwa penyerbuan Gedung Kapitol di Washington DC oleh pendukung Trump pada 6 Januari 2021, menyebutnya sebagai salah satu alasan dirinya tidak mendukung atasannya dari 2016 hingga 2020 itu.

Saat itu, Trump diduga menyebut Pence layak digantung karena tidak berupaya menghalangi pengesahan hasil pilpres AS 2020 yang dimenangi lawannya, Joe Biden.

Politisi Partai Republik yang sempat mencalonkan diri untuk pemilihan presiden 2024 itu juga menyoroti perbedaan kebijakannya dengan Trump, yang digadang-gadang kembali menjadi capres Partai Republik meski dengan masalah hukum dan kontroversi yang menimpanya.

Sembari membanggakan pencapaiannya saat menjabat sebagai wakil presiden untuk Trump dari 2016 hingga 2020, Pence mengatakan bahwa Trump saat ini mulai melenceng dari agenda konservatif yang mereka junjung saat memimpin AS.

"Saya mesti menekankan bahwa selama kampanye pencalonan presiden, saya menyoroti kesenjangan signifikan antara saya dan Trump dalam berbagai hal yang lebih jauh dari sekadar perbedaan (pandangan) terkait kewajiban konstitusional yang saya tunaikan pada 6 Januari itu," kata Pence.

Ia juga menyebut Trump mulai berpaling dari komitmennya menangani utang negara dan hak aborsi, serta telah berubah sikap dalam menghadapi China dan aplikasi TikTok.

"Selama menyaksikan perkembangan pencalonannya, saya melihat Trump mulai meninggalkan komitmennya menangani utang negara. Saya juga melihatnya mulai menghindar dari komitmennya terhadap kesucian nyawa manusia," ucap dia menambahkan.

Walaupun pejabat-pejabat yang ditunjuk Trump berdampak pada perubahan hukum aborsi di AS, Pence menyebut Partai Demokrat kini menggaet semakin banyak dukungan setelah menyatakan membela hak reproduksi.

"Donald Trump mengejar dan menegaskan agenda yang bertentangan dengan agenda konservatif yang dibangun selama empat tahun kepemimpinan kami yang lalu," ucap Pence.

"Karena itulah, hati nurani saya tidak bisa mendukung Trump dalam kampanyenya kali ini," tegasnya.

Walaupun sebagian besar rival Trump di Partai Republik sudah menyatakan mendukung Trump, Nikki Haley, bakal capres Partai Republik yang baru-baru ini membatalkan pencalonannya, masih belum menyatakan dukungannya kepada Trump.

Sementara itu, penentang Trump dari Partai Republik dan mantan anggota DPR AS, Adam Kinzinger, serta mantan juru bicara Barack Obama, Tommy Vietor, memuji keputusan Pence.

Meski demikian, Pence dengan jelas menyatakan tetap setia dengan Partai Republik dan tidak akan mendukung Joe Biden.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Macron sebut Trump tidak akan menang dalam Pilpres AS 2024
Baca juga: "Rematch" Joe Biden vs Donald Trump bagi dunia

Penerjemah: Nabil Ihsan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024

Boy Thohir Klaim Djarum, Sampoerna Cs Siap Menangkan Prabowo******

Boy Thohir mengklaim sejumlah perusahaan seperti Djarum Grup, Sampoerna dan wanita terkaya RI siap memenangkan Prabowo-Gibran 1 putaran.
Boy Thohir mengklaim sejumlah perusahaan seperti Djarum Grup, Sampoerna dan Adaro siap memenangkan Prabowo-Gibran 1 putaran. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengusaha Garibaldi Thohir atauBoy Thohir mengklaim sepertiga penyumbang perekonomian Indonesia siap membantu memenangkan pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Sepertiga penyumbang ekonomi itu termasuk Djarum Group, Sampoerna Strategic Group, hingga Adaro Group.

Hal itu disampaikan Boy dalam acara relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat yang juga dihadiri oleh Prabowo, Senin (22/1) malam.

"Mulai dari Djarum Group, Sampoerna Group, Adaro Group, siapa lagi, pokoknya grup-grup semua ada di sini. Ada Ninin, the richestwanita in Indonesia, dan semuanya," sambungnya.

Boy kemudian mengatakan siap memenangkan Prabowo-Gibran sekali putaran.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo mengaku merasa terhormat telah diundang.

Prabowo sempat berkelakar dirinya kalah di dua Pilpres sebelumnya karena tidak pernah diundang dalam acara serupa. Prabowo pun mengaku optimis dalam Pilpres kali ini.

"Kehormatan besar, baru saya paham sekarang kenapa saya dua kali kalah pilpres, karena dulu saya enggak diundang ke sini," kata Prabowo.

CNNIndonesia sudah berupaya untuk meminta tanggapan dari Head of Corporate Communication Adaro Febriati Nadira, Corporate Communication Djarum Group Budi Darmawan. 

CNNIndonesia.com juga berupaya menghubungi Marketing Communication Putera Sampoerna Dian Ilmi Amaliyah.

Namun, hingga berita diturunkan, yang bersangkutan belum memberikan tanggapannya.

[Gambas:Video CNN]



(yoa/del)




bab terbaru:338hero

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
aosbobet
cara meminjam uang
logam77 slot
saku123
gebyar4d
mobile slot
slot4d baik
barunatoto
pinjaman online 5jt langsung cair
Daftar isi semua bab
Bab 1 hokivegas
Bab 2 prediksi togel 4d toto macau
Bab 3 togel 49
Bab 4 alternatif slot
Bab 5 situs judi slot terbaik
Bab 6 slot gacor yang ada rtp tertinggi
Bab 7 mpo007 login
Bab 8 situs slot gacor 2022 terbaru
Bab 9 pinjol limit pertama besar
Bab 10 bocoran slot gacor harmonibet
Bab 11 kerja yang menghasilkan uang cepat
Bab 12 slot jackpot terbesar
Bab 13 boswin88
Bab 14 keluaran togel hongkong
Bab 15 bonus new member 500 di awal
Bab 16 togel live hk
Bab 17 voucher zalora pengguna baru
Bab 18 harga voucher axis 8gb
Bab 19 situs bo slot paling gacor
Bab 20 starpokerqq
Klik untuk melihattersembunyi di tengah127bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Penginapan Ruang dan Waktu Super

air 88 slot
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut pemerintah Vietnam ingin meniru program lumbung pangan atau food estate seperti Indonesia.
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut pemerintah Vietnam ingin meniru program lumbung pangan atau food estate seperti Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohirmenyebut pemerintah Vietnamingin meniru program lumbung pangan atau food estate seperti Indonesia.

Hal itu disampaikan saat Erick menceritakan kunjungan kerja ke Vietnam untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Saya kemarin baru ke Vietnam sama Pak Jokowi. Vietnam bilang, 'Pak Jokowi saya mau ikutin Indonesia bikinfood estate'," kata Erick dalam acara Memilih Masa Depan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, seperti dikutip Detik, Sabtu (3/2) kemarin.

"Kita bilang, kan (Vietnam) sudah swasembada. 'Nggak, kita (Vietnam) tetap mau bikin 1 juta hektare padi bersih' Padi bersih? Artinya padi yang di mana airnya tidak adachemicaldi pengairannya," ujarnya.

Menurut Erick, produksi lumbung pangan Vietnam akan diekspor ke pasar Eropa dan Amerika Serikat.

"Energinya hijau, pupuknya organik. Ini buat pasar Eropa dan Amerika Serikat mereka bilang. Mikirnya sudah ke sana," terangnya.

Dalam kaitannya dengan ketahanan pangan, Erick menilai food estate adalah suatu keharusan. Terlebih, ia memprediksi jumlah penduduk Indonesia akan naik mencapai 315 juta dan perlu diberi makan.

Lihat Juga :
Ahok ke Mega Usai Keluar Pertamina: Bu Kita Fight, Walau Tak Berkuasa

Adapun komoditas yang bisa dikembangkan cukup beragam mencakup padi, gula, hingga jagung.

"Food estate adalah suatu keharusan. Apakah nanti padi, gula, jagung, karena itu ketahanan ekonomi bagian kita juga. Ini yang kita mau. Kita harus juga berkaca dari negara lain. Mereka bisa, kita harus bisa," tutup Erick.

Proyek food estatemerupakan salah satu kebijakan pemerintah yang dirancang dengan konsep pengembangan pangan secara terintegrasi. Kebijakan ini menjadi bagian dari program strategis nasional (PSN) 2020-2024 yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Program itu di bawah kendali mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lihat Juga :
Pengamat Ungkap Bahaya Jika Sri Mulyani Mundur dari Kabinet Jokowi

Food estatemasuk proyek prioritas strategis mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 108 Tahun 2022 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023. Dalam Perpres tersebut, pemerintah menganggarkan Rp235,46 miliar untuk food estate.

Namun, program tersebut mendapat kritik. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai food estate di Kalimantan Tengah yang terbengkalai menambah daftar panjang cerita kegagalan proyek lumbung pangan pemerintah.

Pasalnya, program food estate secara historis, sejak masa Presiden Soeharto, tak pernah mendulang cerita sukses. Dengan begitu, menurut Walhi, kegagalan lumbung pangan di Kalteng adalah bukti pemerintah tidak belajar dari pengalaman.

"Semua cerita food estate itu cerita kegagalan. Sekarang cerita kegagalan itu diulang lagi [di Kalteng]. Seperti tidak belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya," kata Pengkampanye Hutan dan Kebun Walhi Uli Arta Siagian merespons tanaman singkong di lahan seluas 600 hektare di Gunung Mas, Desa Tewai Baru yang tidak terurus kepada CNN Indonesia beberapa waktu lalu.

Program tersebut juga mendapat kritik dari Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan cawapres nomor urut tiga Mahfud MD dalam debat pilpres keempat pada Minggu (21/1) lalu.

Cak Imin menilai program tersebut merugikan petani hingga memicu konflik agraria sehingga perlu dihentikan. Sementara Mahfud menyebut program food estate adalah program gagal dan merusak lingkungan yang dapat merugikan negara.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Perampok Ruang dan Waktu

cara dapat saldo paypal tercepat
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (17/1).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (17/1). (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Rabu (17/1).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan gerak IHSG masih menunjukkan pola konsolidasi wajar dengan potensi penguatan menjelang rilis tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI).

"Namun keseriusan kenaikan IHSG akan terlihat apabila IHSG mampu ditutup di atas resisten level terdekatnya. Sedangkan potensi adanya koreksi wajar masih cukup besar dikarenakan adanya fluktuasi harga komoditas dan nilai tukar rupiah," kata William.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanov mengatakan IHSG masih berada dalam konsolidasi di atas support minor 7.205 sehingga berpeluang melanjutkan penguatan.

"Level support IHSG berada di 7.111, 7.021 dan 6.931. Sementara level resistennya di 7.300, 7.422 dan 7.503," kata Ivan.

IHSG ditutup di level 7.242 pada Selasa (16/1). Indeks saham menguat 18,78 poin atau plus 0,26 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,46 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,33 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 272 saham menguat, 241 terkoreksi, dan 258 lainnya stagnan. Terpantau enam dari sebelas indeks sektoral mengua, dipimpin sektor cyclical yang naik 0,95 persen.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)

Jiuyou Abadi Racun

slot gacor gampang menang hari ini
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut pemerintah Vietnam ingin meniru program lumbung pangan atau food estate seperti Indonesia.
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut pemerintah Vietnam ingin meniru program lumbung pangan atau food estate seperti Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohirmenyebut pemerintah Vietnamingin meniru program lumbung pangan atau food estate seperti Indonesia.

Hal itu disampaikan saat Erick menceritakan kunjungan kerja ke Vietnam untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Saya kemarin baru ke Vietnam sama Pak Jokowi. Vietnam bilang, 'Pak Jokowi saya mau ikutin Indonesia bikinfood estate'," kata Erick dalam acara Memilih Masa Depan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, seperti dikutip Detik, Sabtu (3/2) kemarin.

"Kita bilang, kan (Vietnam) sudah swasembada. 'Nggak, kita (Vietnam) tetap mau bikin 1 juta hektare padi bersih' Padi bersih? Artinya padi yang di mana airnya tidak adachemicaldi pengairannya," ujarnya.

Menurut Erick, produksi lumbung pangan Vietnam akan diekspor ke pasar Eropa dan Amerika Serikat.

"Energinya hijau, pupuknya organik. Ini buat pasar Eropa dan Amerika Serikat mereka bilang. Mikirnya sudah ke sana," terangnya.

Dalam kaitannya dengan ketahanan pangan, Erick menilai food estate adalah suatu keharusan. Terlebih, ia memprediksi jumlah penduduk Indonesia akan naik mencapai 315 juta dan perlu diberi makan.

Lihat Juga :
Ahok ke Mega Usai Keluar Pertamina: Bu Kita Fight, Walau Tak Berkuasa

Adapun komoditas yang bisa dikembangkan cukup beragam mencakup padi, gula, hingga jagung.

"Food estate adalah suatu keharusan. Apakah nanti padi, gula, jagung, karena itu ketahanan ekonomi bagian kita juga. Ini yang kita mau. Kita harus juga berkaca dari negara lain. Mereka bisa, kita harus bisa," tutup Erick.

Proyek food estatemerupakan salah satu kebijakan pemerintah yang dirancang dengan konsep pengembangan pangan secara terintegrasi. Kebijakan ini menjadi bagian dari program strategis nasional (PSN) 2020-2024 yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Program itu di bawah kendali mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lihat Juga :
Pengamat Ungkap Bahaya Jika Sri Mulyani Mundur dari Kabinet Jokowi

Food estatemasuk proyek prioritas strategis mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 108 Tahun 2022 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023. Dalam Perpres tersebut, pemerintah menganggarkan Rp235,46 miliar untuk food estate.

Namun, program tersebut mendapat kritik. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai food estate di Kalimantan Tengah yang terbengkalai menambah daftar panjang cerita kegagalan proyek lumbung pangan pemerintah.

Pasalnya, program food estate secara historis, sejak masa Presiden Soeharto, tak pernah mendulang cerita sukses. Dengan begitu, menurut Walhi, kegagalan lumbung pangan di Kalteng adalah bukti pemerintah tidak belajar dari pengalaman.

"Semua cerita food estate itu cerita kegagalan. Sekarang cerita kegagalan itu diulang lagi [di Kalteng]. Seperti tidak belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya," kata Pengkampanye Hutan dan Kebun Walhi Uli Arta Siagian merespons tanaman singkong di lahan seluas 600 hektare di Gunung Mas, Desa Tewai Baru yang tidak terurus kepada CNN Indonesia beberapa waktu lalu.

Program tersebut juga mendapat kritik dari Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan cawapres nomor urut tiga Mahfud MD dalam debat pilpres keempat pada Minggu (21/1) lalu.

Cak Imin menilai program tersebut merugikan petani hingga memicu konflik agraria sehingga perlu dihentikan. Sementara Mahfud menyebut program food estate adalah program gagal dan merusak lingkungan yang dapat merugikan negara.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Sistem penguasaan bola paling kuat

agen69 demo
Iskander Makhmudov merupakan muslim yang menjadi penguasa tambang tembaga di Rusia. Orang terkaya ke-20 Rusia ini berharta Rp129 triliun.
Iskander Makhmudov merupakan muslim yang menjadi penguasa tambang tembaga di Rusia. Orang terkaya ke-20 Rusia ini berharta Rp129 triliun. (Foto: Basith Subastian/CNNIndonesia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah muslim sangat sukses dalam bisnisnya, bahkan tembus jajaran orang terkaya dunia.Iskander Makhmudov, salah satunya. Ia merupakan penguasa tambang tembaga di Rusia.

Pada 2023, Iskander masuk jajaran orang terkaya ke-20 di Rusia dan ke-312 versi Forbes. Harta kekayaannya saat itu diperkirakan tembus US,3 miliar atau Rp114 triliun (asumsi kurs Rp15.581 per dolar AS).

Namun, berdasarkan Real Time Billioners Forbes per Sabtu (16/3) pukul 20.00 WIB, kekayaannya tumbuh menjadi US,3 miliar atau setara Rp129 triliun.

UMMC ia dirikan pada 1999. Perusahaan ini lantas berkembang pesat dan menjadi salah satu pemain kunci di pasar industri Rusia. UMMC mengendalikan lebih dari 40 perusahaan dengan beragam spesialisasi mulai dari metalurgi, konstruksi mekanis, hingga pertambangan.

Omset bisnis UMMC tembus miliaran dolar AS dan menjadikannya sebagai salah satu pengusaha terpenting di Rusia.

Iskander juga memiliki saham di beberapa grup raksasa bisnis di Rusia seperti Transmashholding, produsen mesin kereta api, serta Kuzbassrazrezugol yang berspesialisasi dalam pertambangan batu bara.

Ia pun diketahui mempunyai saham di AeroExpress, sebuah perusahaan jasa transportasi penumpang kereta api yang beroperasi antara Moskow dan bandaranya.

Lihat Juga :
TAIPANAbdulsamad Rabiu, Konglomerat Muslim Asal Nigeria Berharta Rp124 T

Iskander lahir di Bukhara, Uzbekistan, pada 5 Desember 1963. Ayahnya adalah seorang insinyur sipil dan ibunya guru bahasa Rusia.

Ia menghabiskan masa sekolah di negara tersebut. Dirinya meraih gelar Studi Ketimuran dari Universitas Negeri Tashkent, Uzbekistan pada 1984. Saat kuliah, ia sempat magang di Kementerian Luar Negeri Rusia Uni Soviet (Rusia sebelum pecah).

Tak ujug-ujug menjadi pebisnis tambang dan transportasi, Iskander mengawali karirnya sebagai penerjemah bahasa Arab-Persia. Ia menjadi translator di Libya dan Irak untuk melayani Uni Soviet.

Pengalaman kerja keduanya, Iskader 'nyemplung' ke bisnis ekspor-impor dengan bergabung dengan Uzbekintorg pada 1989. Di perusahaan negara ini, ia menjabat kepala spesialis ekspor yang menangani produk industri dan bahan kimia.

Lihat Juga :
TAIPANSuhail Bahwan, Taipan Muslim Berharta Rp40 T dari Oman

Pada 1991, Uni Soviet runtuh dan terpecah-pecah menjadi 15 negara. Momentum ini menjadi peluang buat para pengusaha untuk mendulang cuan berlipat. Sebab, investor asing mulia masuk ke pasar.

Iskander pun tak menyia-nyiakan peluang emas ini. Ia cabut dari 'BUMN' tempat ia bekerja, lalu bergabung dengan perusahaan swasta di Moskow.

Ia bekerja di JSC Alice sebagai wakil direktur pemasaran dan beberapa posisi penting lainnya.

Pada 1996, Iskander menjadi direktur di perusahaan bernama Gaï. Ini merupakan pemimpin dalam ekstraksi dan pengayaan tembaga di Rusia.

Selang tiga tahun, ia membangun bisnisnya sendiri, yakni UMMC. Saat ini, UMMC merupakan peruhahaan tambang raksasa yang terkemuka di Rusia.

Pada 2003, Iskander dan mantan mitra bisnisnya Oleg Deripaska dituduh di pengadilan Amerika Serikat memimpin "skema pemerasan besar-besaran". Kedua warga negara Rusia itu menyangkalnya. Gugatan tersebut akhirnya dibatalkan karena alasan yurisdiksi.

Rajin berderma

Pebisnis tajir ini dikenal tak segan-segan menyumbangkan hartanya untuk kepentingan sosial. Ia merupakan filantropis yang rutin mendermakan uang demi untuk membantu orang lain seperti untuk pendidikan anak, anak yatim hingga dunia olah raga.

Salah satu donasinya yang paling dikenang masyarakat Rusia adalah saat Olimpiade Sochi 2014. Perusahaannya, UMMC menghabiskan US0 juta atau Rp1,5 miliar untuk membangun arena es Shayba untuk Olimpiade. Begitu Olimpiade rampung, arena es itu ia sumbangkan ke pemerintah Rusia.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Ribuan hati

tokopedia pakai kredivo
Berbuka di Feel Matcha dengan Promo Spesial BRI
Berbuka di Feel Matcha dengan Promo Spesial BRI (ANTARA/HO-BRI)
Jakarta (ANTARA) - Siapa yang tak kenal dengan matcha? Bubuk teh hijau yang satu ini memiliki aroma yang pekat. Selain itu, matcha juga telah lama menjadi bagian penting dari tradisi minum teh di Jepang.

Dibuat dari daun teh hijau yang digiling halus, matcha tidak hanya menyuguhkan rasa yang lezat, tetapi juga menawarkan sejumlah manfaat yang mengagumkan bagi kesehatan tubuh.

Karena itu, matcha juga bisa dijadikan pilihan ideal untuk berbuka puasa. Rasanya yang nikmat serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sangat cocok untuk menutrisi tubuh setelah berpuasa sepanjang hari.

Baca juga: Nikmati bukber cantik di Common Ground dengan Promo Spesial BRI

 




Baca juga: PAUL Bakery hadirkan menu hantaran khusus Promo BRI

Yuk, simak beberapa manfaat matcha yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa:

1. Kaya akan antioksidan

Matcha mengandung antioksidan tinggi, terutama katekin yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Hal ini penting untuk mempercepat proses pemulihan tubuh setelah seharian berpuasa.

2. Dapat membantu tingkatkan metabolisme

Kandungan EGCG dalam matcha dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu dalam proses pembakaran lemak dan mengontrol berat badan.

3.Dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh

Matcha memberikan energi yang stabil dan bertahap karena kandungan L-theanine yang membantu merilekskan tubuh dan meningkatkan fokus. Hal ini cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian tidak makan dan minum.

4. Dapat membantu memelihara sistem kekebalan tubuh

Untuk membantu kondisi tubuh tetap fit dan jauh dari penyakit, Matcha juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin C, selenium, zinc, dan magnesium yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi matcha secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Menu Tomoro Coffee yang perlu dicoba dengan promo BRI




Baca juga: Belanja hemat pakai promo spesial BRI di Star Department Store

Itulah beberapa manfaat dari matcha yang membuat menu ini cocok dipilih sebagai menu berbuka puasa. Karena tidak hanya menyegarkan, tetapi matcha juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Nah, buat kamu yang mau menikmati kelezatan dan manfaat kesehatan matcha di bulan Ramadhan ini bisa langsung datang ke outlet Feel Matcha terdekat. Resto spesialis matcha ini hadir dengan beragam menu olahan matcha yang sangat cocok dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Mulai dari Signature Matcha Latte, Matcha Biscoff Lotus, hingga Matcha Millie Crepe yang cocok menjadi hidangan penutup. Tidak hanya itu, bagi kamu nasabah BRI ada promo spesial menarik yang bisa kamu manfaatkan.

Dapatkan promo menarik 20 persen menggunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo dengan minimal transaksi sebesar Rp50 ribu (tidak berlaku kelipatan). Promo ini berlaku dari 16 Maret sampai 30 April 2024 di seluruh outlet Feel Matcha. Jadi, jangan sampai ketinggalan!

Jangan lupa juga download BRImo di App Store, Play Store, atau Huawei App Gallery karena #BRImoMudahSerbaBisa. Tanpa perlu repot ke bank, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan lewat satu aplikasi. Ada puluhan fitur yang siap membuat hidupmu makin sat set, lho!

Di mana pun transaksinya, gunakan Kartu Kredit BRI, Debit BRI, dan QRIS di BRImo untuk rasakan kemudahan transaksi.

Bagi kamu yang belum punya tabungan BRI, segera buka tabungan BRI via BRImo untuk dapatkan berbagai keuntungan, promo menarik, dan kemudahan bertransaksi. Tabungan BRI, pas buatmu!

Info lebih lanjut kunjungi: bbri.id/promoradan24

Mau promo spesial BRI yang lain? Tentu bisa! Dapatkan berbagai info menarik seputar penawaran spesial BRI dengan follow Instagram @bankbri_id.

Baca juga: Happy Harvest beri potongan harga Rp50Ribu dengan Promo Spesial BRI

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Master Paviliun Jingtian

12shio2
Staf Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut hingga kini pihaknya belum mendapat informasi lengkap soal dugaan suap SAP ke sejumlah BUMN.
Staf Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut hingga kini pihaknya belum mendapat informasi lengkap soal dugaan suap SAP ke sejumlah BUMN. (Dok. PSSI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga buka suara soal dugaan suap lintas negara yang dilakukan perusahaan teknologi informasi global (SAP) asal Jerman ke sejumlah BUMN termasuk PT Pertamina, PT Angkasa Pura I, dan PT Angkasa PuraII.

Arya mengaku belum mendapatkan informasi yang detail terkait masalah tersebut. Jika pihaknya sudah mendapatkan informasi detail, ia berharap para pihak BUMN yang terseret dapat kooperatif untuk menyelesaikan kasus ini.

"Ini kan setelah kita baca di informasi yang ada, ada Pertamina tahun 2017, Angkasa Pura I 2012, Angkasa Pura II 2015, tapi kami kan belum dapat detailnya," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (18/1).

Arya menyebut pihaknya akan mendukung hal-hal yang bersifat tindakan 'bersih-bersih' di BUMN.

"Jadi kita supporthal-hal yang memang merupakan bagian dari bersih-bersih di BUMN juga lah," jelasnya.

Sejumlah perusahaan dan instansi di Indonesia terseret dalam dugaan suap SAP. Dugaan suap itu terbongkar berdasarkan dokumen putusan pengadilan AS dalam situs resmi mereka.

Dalam dokumen itu, SAP diminta membayar denda US0 juta atau setara Rp3,4 triliun usai terbukti menyuap pejabat pemerintah di Indonesia dan Afrika Selatan.

Untuk Indonesia, penyuapan itu terjadi antara 2015 dan 2018 melalui sejumlah agen SAP kepada para pejabat Indonesia. Suap itu diberikan demi mendapatkan keuntungan bisnis sehubungan dengan berbagai kontrak antara SAP dan kementerian, lembaga, dan instrumen lain, termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Selain KKP, Kementerian Kehakiman AS juga menyebut pejabat di Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (Bakti Kominfo) dan sejumlah perusahaan di Indonesia terlibat dalam kasus suap tersebut. 

Sementara itu, Jaksa AS Jessica D. Aber untuk Distrik Timur Virginia mengatakan bahwa SAP terbukti bertanggung jawab atas praktik korupsi yang merugikan bisnis lain dalam perdagangan global. Dia pun menyebut pihaknya bakal terus menuntut kasus-kasus penyuapan guna melindungi perusahaan domestik.

Lebih lanjut, berdasarkan dokumen pengadilan, SAP dan rekan-rekan sekongkolannya melakukan pembayaran suap dan memberikan hal-hal lain yang bernilai yang dimaksudkan untuk kepentingan pejabat asing Afsel dan Indonesia.

Beberapa di antaranya mengirimkan uang dalam bentuk pembayaran tunai, kontribusi politik, dan transfer elektronik lainnya bersama dengan barang-barang mewah yang dibeli selama perjalanan.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)