petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek2 48

indowin88 434Jutaan kata 488789Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek2 48》

PHK Buruh di Sektor Manufaktur Hantui Indonesia******

Ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor manufaktur kian menghantui Indonesia.
Ilustrasi pekerja manufaktur. Ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor manufaktur kian menghantui Indonesia. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor manufaktur kian menghantui Indonesia. Terbaru, sebanyak 54 ribu buruh PT Nikomas Gemilang yang merupakan pabrik produsen sepatu dengan merek dagang NIKE terancam kehilangan pekerjaan.

Hal ini terjadi karena pabrik dari perusahaan itu merupakan satu dari tiga pabrik di Serang, Banten, yang akan pindah ke Pekalongan, Jawa Tengah, pada tahun depan.

Kepala Disnakertrans Banten Septo Kalnadi khawatir relokasi itu akan berdampak besar. Salah satunya terhadap nasib karyawan dan peningkatan jumlah pengangguran.

"Nikomas saja sekarang 54 ribu (karyawan) di dalam. Kalau sudah hengkang, kita enggak tahu disisakan berapa (pegawai) di sini," kata Septo, Kamis (10/11).

Tak hanya PHK, ia juga khawatir relokasi menimbulkan efek domino terhadap kehidupan masyarakat yang selama ini menggantungkan kehidupan ekonominya ke pabrik itu.

Hal itu karena relokasi akan membuat banyak usaha penjual makanan hingga jasa kos-kosan terancam gulung tikar. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut terancam turun.

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) sebelumnya disebut terancam gelombang PHK. Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan, saat ini sebanyak 45 ribu karyawan industri tekstil telah dirumahkan.

Lihat Juga :
Menaker Bicara Ancaman PHK Imbas 3 Pabrik Banten Hengkang ke Jateng

"Potensi PHK sudah dapat dirasakan. Perkiraan 45 ribu karyawan sudah mulai dirumahkan," ujar Jemmy.

Ia mengatakan kondisi ini terjadi lantaran permintaan pasar ekspor seperti Amerika Serikat dan Eropa menurun tajam akibat kondisi global yang tidak stabil. Penurunan permintaan berada di kisaran 30 persen sejak akhir Agustus 2022.

"Bilamana kondisi ini berlanjut, angka (karyawan dirumahkan) yang lebih besar akan terjadi," terang Jemmy.

Tak hanya itu, industri tekstil juga telah mengurangi jam kerja karyawan demi menjaga efisiensi industri.

Senada, Wakil Ketua Kadin Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Shinta Kamdani memperkirakan sektor padat karya akan melakukan PHK karena permintaan pasar yang merosot.

[Gambas:Video CNN]



"Jadi, padat karya untuk dipertahankan karyawannya itu sulit. Bahkan, mereka berupaya untuk tidak melakukan PHK, tapi sekali lagi, ini sulit. Karena permintaan dan pasarnya menurun signifikan, jadi mereka banyak melakukan efisiensi," ujar Shinta.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap alasan munculnya ancaman PHK di industri tekstil. Ia menyebut perlambatan ekonomi terjadi pada mitra dagang Indonesia yang berimbas penurunan permintaan ekspor.

"Persoalannya industri padat karya (tekstil) ini terpengaruh demand yang menurun secara global di AS dan Eropa," ujarnya dalam konferensi pers.

Lihat Juga :
Daftar 3 Perusahaan yang Hengkang dari Banten dan 'Lari' ke Jateng

Permintaan yang melambat ini membuat stok yang sudah diproduksi oleh perusahaan menumpuk, sehingga terjadi kerugian. Kerenanya, mau tak mau pelaku usaha menghemat pengeluaran dengan memberhentikan pekerja.

Dengan kondisi ini, Airlangga mengatakan pemerintah akan melakukan kajian dan melihat kondisi di lapangan untuk mencari solusi agar PHK besar-besaran tak terjadi.

"Sektor padat karya akan dilihat dan pemerintah akan melakukan seperti penanganan Covid kemarin, di mana akan bisa diberikan kebijakan pemerintah, termasuk restrukturisasi kredit," jelasnya.

Terkait restrukturisasi kredit, menurutnya hal ini sudah dikomunikasikan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pemerintah dan OJK akan melihat industri padat karya mana yang betul-betul membutuhkan bantuan.



"Pemerintah melalui OJK sedang review beberapa sektor, termasuk industri padat karya, agar masih punya resilience dan agar perusahaan-perusahaan itu tidak lakukan PHK," imbuhnya.

Di sisi lain, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan JSK) Indah Anggoro Putri mengimbau para pekerja tak perlu panik dengan isu PHK. Pasalnya, pemerintah akan melakukan berbagai langkah untuk mencegah hal tersebut terjadi.

"Kita usahakan isu PHK ini untuk diatasi, jadi jangan terlalu panik." tegasnya.

(mrh/end)

Melihat Cara 'Kampungan' Jokowi yang Kata Luhut Efektif Redam Inflasi******

Menkomarinves Luhut Panjaitan menyebut inflasi di dalam negeri berhasil terkendali selama beberapa tahun belakangan ini berkat strategi kampungan Jokowi.
Menkomarinves Luhut Panjaitan menyebut inflasi di dalam negeri berhasil terkendali selama beberapa tahun belakangan ini berkat strategi kampungan Jokowi. (Widodo S. Jusuf).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menyebut Jokowi sukses dalam meredam gejolak inflasiselama masa pemerintahannya. 

Kesuksesan itu katanya, tak terlepas dari strategi kampungan yang diterapkan Jokowi. Strategi itu adalah menerapkan subsidi transportasi bagi pengangkutan barang dari daerah produksi ke tempat penjualan.

Dengan subsidi, harga barang ditingkat konsumen bisa lebih murah.

Luhut mengatakan harusnya rakyat bangga dengan pencapaian itu. Pasalnya dengan strategi itu, inflasi benar-benar terkendali.

"Ya benar, turun sekarang inflasi kita," katanya

Ia bahkan bergurau dengan menyindir Direktur PT Toba Sejahtera Pandu Sjahrir yang harus sekolah ke Stanford University hanya untuk belajar tentang tata cara mengendalikan inflasi. Dan dari sekolah itu katanya, Pandu hanya tahu inflasi bisa dikendalikan dengan menaikkan bunga acuan dari sisi perbankan.

[Gambas:Video CNN]

"Sebenarnya ada hal-hal kampungan yang kita kerjakan, tapi it works. Jadi orang-orang yang sekolah kayak Pandu dia tahunya Bank Indonesia saja. Jadi ada yang non-Stanford juga bisa membuat pengaruh," ujarnya disambut tepuk tangan peserta yang hadir.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi tahunan sebesar 5,71 persen pada Oktober 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy). Tingkat inflasi ini lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni 5,95 persen.

Lihat Juga :
Melihat Gaji Anthony Ginting Hingga Marcus Gideon Usai Jadi PNS

Sementara, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus 1,81 persen pada kuartal III 2022. Dengan realisasi itu, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,72 persen secara tahunan (year on year).

Luhut juga sempat menyinggung soal pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2022 yang menyentuh 5,72 persen. Menurutnya, banyak orang yang menganggap remeh ekonomi Indonesia yang solid.

"Orang kadang-kadang anggap enteng, banyak itu ekonom-ekonom dan pengamat asal bunyi (asbun) saja. Makanya kalau saya tantang, hei kau datang kemari, biarpun saya tentara bukan ekonom, saya ngerti-ngerti juga barang ini (pertumbuhan ekonomi)," ujar Luhut.



(skt/agt)

339 Ribu Buruh Terdampak Relokasi 31 Pabrik Sejak 2017******

Kemnaker menyebutkan proses relokasi pabrik terjadi sejak 2017 silam. Dari 31 pabrik yang melakukan relokasi, tercatat ada 339 ribu buruh yang terdampak.
Kemnaker menyebutkan proses relokasi pabrik terjadi sejak 2017 silam. Dari 31 pabrik yang melakukan relokasi, tercatat ada 339 ribu buruh yang terdampak. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebutkan proses relokasi pabrik telah terjadi sejak 2017 silam. Dari 31 pabrik yang melakukan relokasi, tercatat ada 339 ribu buruhyang terdampak.

Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Dita Indah Sari mengatakan relokasi pabrik sebetulnya sudah terjadi sebelum pandemi covid-19 dan ancaman resesi global. Dita mengatakan relokasi dilakukan karena upah minimum provinsi (UMP) para buruh.

"Sejak 5 tahun lalu, untuk industri alas kaki, ada 31 perusahaan yang relokasi. Jadi relokasi ini sudah terjadi sebelum resesi dan pandemi. Dari Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), total jumlah pekerja yang terelokasi dari 31 perusahaan itu adalah 339.234 orang," kata Dita kepada CNNIndonesia.com, Senin (14/11).

Selain itu, Dita menjelaskan ada juga perusahaan yang membuka pabrik baru di Jawa Tengah dengan tetap mempertahankan pabrik lamanya di Jawa Barat, yakni Tangerang atau Karawang.

"Sedikit demi sedikit pekerjanya dikurangi sampai akhirnya seluruh proses produksi full digeser ke Jawa Tengah," ujarnya.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri menjelaskan ada tiga basis daerah produsen, yakni Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Lihat Juga :
Mengenal G20, Forum Raksasa Global yang Punya Hajat di Bali Pekan Ini

"Relokasi karena kebetulan karakteristik industri kita yang besar-besar ada di Banten, Bekasi, dan Karawang, di daerah ini kemudian relokasi itu sebagian lari ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di Banten, tidak ada relokasi ke sekitar Banten. Jawa Barat ada relokasi di sekitar Jawa Barat juga. Di Jawa Timur, sebenarnya ada juga relokasi di sekitar Jawa Timur juga," jelasnya saat dikonfirmasi.

Bahkan, Firman mengatakan sebetulnya proses relokasi sudah terjadi sejak 2015. Kendati, ia mengaku memang ada peningkatan investasi yang cukup tinggi pada 2016 dan 2017 yang mendorong terjadinya relokasi pabrik.



Meski begitu, relokasi pabrik tersebut tidak ada kaitannya dengan pemutusan hubungan kerja (PHK). Perihal relokasi yang sudah terjadi sejak lama ini, Firman mengatakan murni karena masalah biaya UMP pekerja.

"Yang jadi permasalahan kan di kenaikan upah selama ini. Faktor output atau harga jual kita untuk pasar ekspor tidak pernah naik, tetapi di sisi lain faktor input naik terus. Makanya ketika upah tiap tahun naik, lama-lama jadi tidak kompetitif," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)




bab terbaru:indobola77

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
rtp piala88
win77 situs slot
situs slot hoki hari ini
batikpoker
pilar mas 77 slot
angka 89 slot login
rajatoto88
jam gacor great rhino megaways
togel 60
Daftar isi semua bab
Bab 1 tafsir mimpi 43
Bab 2 slot club 88
Bab 3 bandar slot deposit 5000
Bab 4 badut4d
Bab 5 slot viral terbaru
Bab 6 koi slot 138
Bab 7 slot gacor pasti maxwin hari ini
Bab 8 aladdin 138 slot
Bab 9 situs yang gacor hari ini
Bab 10 sport 212 slot
Bab 11 slot online terpercaya gacor
Bab 12 slot online terpercaya 2023
Bab 13 daftar situs gacor 2023
Bab 14 buku erek erek 2d
Bab 15 voucher lazada 2022
Bab 16 tafsir mimpi 2d togel bergambar
Bab 17 bett77
Bab 18 ducati777
Bab 19 jekpot88
Bab 20 slot tergacor siang ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah382bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Wuxian Agung dari Dinasti Tang

rtp bangsawan88
Batik Air mengakui ada kesalahan pengiriman bagasi milik putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Mereka minta maaf atas kesalahan itu.
Batik Air mengakui ada kesalahan pengiriman bagasi milik putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Mereka minta maaf atas kesalahan itu. (CNN Indonesia/ Tunggul).
Jakarta, CNN Indonesia--

Manajemen Batik Airbuka suara soal curhat yang disampaikan oleh putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep soal perjalanannya dari Singapura ke Surabaya namun koper malah 'selamat' sampai di Bandara Kualanamu.

Melalui Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro, maskapai itu menjelaskan permasalahan terjadi pada  Minggu, (13/11) kemarin. Mereka mengakui kesalahan tersebut.

Batik kata Danang karena itu meminta maaf kepada Kaesang atas masalah itu. 

Ia mengatakan koper Kaesang sudah dikirim kembali ke alamatnya dan sudah diterima pada Senin pukul 02.30 WIB. Danang menambahkan pihaknya tengah menginvestigasi kejadian tersebut.

"Hasil penyelidikan berupa rekomendasi atau referensi yang diperoleh akan dipergunakan (implementasikan) dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu," katanya.

Kaeang mengalami kejadian lucu saat terbang ke Surabaya dengan menggunakan maskapai Batik Air. Cerita lucu ia sampaikan lewat unggahan di akun twitternya. Dalam unggahan itu, ia mengatakan terbang ke Surabaya dengan menggunakan Batik Air.

Tapi anehnya, koper bawaannya justru dikirim ke Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

"Horeeee naik Batik Air ke Surabaya tapi koperku selamat sampe bandara Kualanamu. Terima kasih Batik Air 🙏🏽🙏🏽🙏🏽," kata Kaesang seperti dikutip dari akun twiternya.

[Gambas:Twitter]

"Mungkin emang aku sama koperku udah gak sejalan," katanya.

Kelakar Kaesang di Twitter berlanjut saat netizen bertanya mengenai keberadaan kopernya apakah sudah kembali ke tangannya atau belum. Ia menyebutkan ini menjadi alasan ia tak perlu mandi malam karena harus menunggu koper di Bandara.

"Belum terima sampai sekarang. Positifnya ya gak perlu mandi malam. Positifnya lagi, koper saya bisa jalan-jalan gratis. Terima kasih Batik Air," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

rencana masa makmur

slot saldo dana
Pertemuan L20 menghasilkan 14 rekomendasi soal isu ketenagakerjaan, 3 di antaranya kesetaraan gender, transisi adil, dan perlindungan pekerja platform digital.
Pertemuan L20 menghasilkan 14 rekomendasi soal isu ketenagakerjaan, 3 di antaranya kesetaraan gender, transisi adil, dan perlindungan pekerja platform digital. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua L20 Presidensi G20 Elly Rosita Silaban mengatakan pertemuan L20menghasilkan 14 rekomendasi soal isu ketenagakerjaan. Dari 14 rekomendasi, ada 3 isu yang bisa didorong untuk diterapkan di Indonesia.

Hasil pertemuan L20 itu disebut dengan 'Kontrak Sosial Baru untuk Pemulihan dan Ketangguhan'. Rekomendasi itu menyoroti kondisi pekerja di tengah pandemi Covid-19 dan berbagai krisis yang sedang melanda dunia.

Mengutip Antara, Senin (14/11), tiga rekomendasi yang didorong untuk diterapkan di Indonesia adalah kesetaraan gender, transisi yang adil, dan perlindungan terhadap pekerja platform digital.

L20 juga merekomendasikan untuk mengedepankan kesetaraan, perlindungan sosial untuk pekerja platform digital, restrukturisasi sistem keuangan internasional, kerangka kerja ekonomi makro berdasarkan solidaritas, reformasi multilateralisme untuk mencapai tujuan bersama, dan reformasi sistem perdagangan multilateral.



Rekomendasi lain dari L20 mencakup akses yang sama untuk kesehatan, ketahanan pangan bagi pekerja yang berpendapatan rendah, mengurangi dana untuk militer, dan mengalokasikan sumber daya untuk mengurangi ancaman terhadap kedamaian.

L20 adalah engagement group dari G20 yang membahas isu ketenagakerjaan. Forum ini berisi serikat pekerja dari anggota G20 dan Global Union Federations. Pertemuan puncak L20 berlangsung selama dua hari di Kuta, Badung, Bali yang dihadiri delegasi dari berbagai negara.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Sebuah peternakan di dunia lain

slot2000
Platform kripto FTX mengajukan mekanisme bangkrut atau pailit Bab 11 di Amerika Serikat pada Jumat (11/11).
Mekanisme bangkrut atau pailit yang diajukan oleh FTX membuat harga kripto jatuh pada akhir pekan ini. (REUTERS/SOE ZEYA TUN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Platform kripto FTX mengajukan mekanisme bangkrut atau pailit Bab 11 di Amerika Serikat pada Jumat (11/11), sementara CEO FTX Sam Bankman-Fried pun resmi mengundurkan diri.

Bab 11 adalah mekanisme AS yang memungkinkan perusahaan merestrukturisasi utang di bawah pengawasan pengadilan sambil terus beroperasi.

Dilansir dari AFP, pengajuan tersebut terjadi setelah FTX berada di ambang pailit usai harga token kripto FTT anjlok drastis.

Kekacauan finansial FTX minggu ini telah membuat harga kripto utama, termasuk bitcoin terperosok.

Bankman-Fried telah meminta maaf dan berjanji bahwa FTX akan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan likuiditas. Perusahaan itu akhirnya menunjuk John J. Ray sebagai kepala eksekutif dengan segera.

"Pembebasan segera Bab 11 merupakan langkah tepat untuk memberikan kesempatan kepada Grup FTX untuk memperbaiki situasi," kata Ray.

Ia berharap seluruh pemangku kepentingan bisa memahami situasi saat ini. FTX Group juga berharap seluruh karyawan mau melanjutkan FTX dan membantu Ray.

Kejatuhan FTX bahkan meluas ke dunia olahraga, dengan klub basket Miami Heat mengumumkan FTX Arena akan berganti nama. Selain itu, tim Formula Satu Mercedes mengatakan telah menangguhkan kesepakatan sponsor dengan FTX dan menghapus logo perusahaan dari mobilnya.

Sebelumnya, CEO bursa kripto FTX Sam Bankman-Fried "kehilangan" 94 persen hartanya dalam semalam. Harta senilai US,6 miliar atau setara Rp228 triliun (asumsi kurs Rp15.674 per dolar AS) raib begitu saja.

Raibnya harta Bankman-Fried tak lepas dari masalah harga token kripto FTT anjlok drastis.

Mengutip CNN Business, Kamis (10/11), Bankman-Fried masuk dalam daftar Bloomberg Billionaires Index dengan perkiraan kekayaan US,2 miliar. Namun, nama CEO FTX itu hilang dari daftar usai hartanya tersisa US1,5 juta.

(mrh/vws)

[Gambas:Video CNN]

Su Ungu Mencari Keabadian

gebyar4d
Nilai perdagangan antara China dengan Indonesia dalam sembilan terakhir tembus US.100 miliar atau Rp17.033 triliun (kurs Rp15.484 per dolar AS).
Nilai perdagangan antara China dengan Indonesia dalam sembilan terakhir tembus US.100 miliar atau Rp17.033 triliun (kurs Rp15.484 per dolar AS). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai perdaganganantara Chinadengan Indonesia dalam sembilan terakhir tembus US.100 miliar atau Rp17.033 triliun (kurs Rp15.484 per dolar AS).

Informasi itu disampaikan oleh Wakil Menteri dan Deputi Perdagangan Internasional China Wang Shouwen saat sambutan dalam penandatanganan MoU Kerja Sama antara Asosiasi Indonesia dan China di Bidang CPO, Perikanan, dan Pertanian, Jumat (11/11).

"Selama 9 tahun ini, nilai perdagangan bilateral kita sudah mencapai US.100 miliar, meningkat 29 persen dari tahun sebelumnya," katanya.

Lebih lanjut, Wang menjelaskan Indonesia dan China merupakan negara pertanian dengan populasi terbesar. Dalam bidang perdagangan, Wang mengatakan bakal saling melengkapi.

Ia mengatakan dasar kerja sama Indonesia-China sangat kokoh dan memiliki masa depan yang cerah. Dalam 10 tahun terakhir, impor produk pertanian China dari Indonesia juga mengalami peningkatan sebesar 8 persen per tahun.

"Nilai impor produk pertanian China dari Indonesia dalam 9 bulan tahun ini sudah mencapai US miliar (Rp108 triliun). Indonesia telah menjadi negara sumber terbesar impor minyak kelapa sawit China selama 7 tahun berturut-turut," jelas Wang.

Meski nilai ekspor produk pertanian Indonesia ke China terus meningkat, Wang mengatakan jumlah tersebut hanya sekitar 4 persen dari total impor pertanian China.

"Dapat dikatakan bahwa pasar impor produk pertanian dari Indonesia sangat berpotensi, masa depan pasar tersebut masih sangat cerah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Jumat ini Indonesia meneken MoU kerja sama sebagai tindak lanjut komitmen Negeri Tirai Bambu untuk memborong 1 juta ton CPO serta produk pertanian dan perikanan RI.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di Gedung Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Jumat (11/11). Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) menghadiri acara tersebut secara virtual.

"Tahun ini hubungan diplomatik Indonesia-RRT (China) telah menginjak 72 tahun. Acara penandatanganan ini merupakan bentuk realisasi tindak lanjut pertemuan bilateral antara kedua negara pada akhir Juli lalu terkait komitmen pembelian RRT 1 juta produk CPO dan juga produk pertanian dan perikanan Indonesia," terang Zulkifli dalam sambutannya.

Lihat Juga :
Ramai-ramai Pentolan Twitter Resign Tinggalkan Elon Musk

Lebih lanjut, Zulkifli mengharapkan bantuan dari Kementerian Perdagangan China untuk merealisasikan komitmen tersebut serta kemudahan produk Indonesia untuk masuk ke pasar China.

"Kami juga berharap dukungan dan peran serta pemerintah Tiongkok dalam meningkatkan kerja sama perdagangan yang seimbang, saling menguntungkan, dan berkesinambungan bagi kepentingan kedua negara," jelasnya.

Zulkifli juga menyebutkan penandatanganan MoU ini dilakukan oleh 8 asosiasi antara Indonesia dan China.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Gelombang naga di zaman makmur

rtp live dan jam gacor
Menkomarinves Luhut Binsar Panjaitan memaparkan rencana pembangunan Kaltara Industrial Estate. Pembangunan katanya, menunjukkan RI buka negara ecek-ecek.
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memaparkan rencana pembangunan kawasan energi baru Kaltara Industrial Estate. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memaparkan rencana pembangunan kawasan energi baru Kaltara Industrial Estate.

Dalam 4th Indonesia Fintech Summit (IFS) 2022, Luhut mengatakan proyek tersebut telah menerima besaran investasi US2 miliar.

"(Investasinya) US2 miliar di satu tempat. Siapa yang mau lawan kita? Ini ada hampir 30 ribu hektare, raksasa. Ini adalah game changeruntuk Indonesia. Bisa hampir 200 ribu pegawai di sana," kata Luhut, Kamis (10/11).

"Kita akan produksi juga solar panel. Nanti Anda bilang ini masih angan-angan? Ndak, this is under construction. Panel pertama akan masuk produksi pada 2024. Nah, kita bangun 11 ribu GW hydro power, ini bukan 10 ribu. Kemarin saya cek ke kontraktornya 11 (ribu)," jelas Luhut.

Selain itu, Luhut juga menceritakan ketika BBC mengatakan tokoh AS John Kerry sangat bangga dengan apa yang sudah dilakukan Indonesia, khususnya terhadap perubahan iklim.

"Saya punya tanggung jawab. Tadi sayainterviewdi BBC, saya bilang 'posisi saya cuma mentor generasi muda Indonesia dan saya janji mereka akan memberikan hasil kelas dunia. This country (Indonesia) no ecek-cek country you know'. Ya biar keren sedikitlah," jelas Luhut disambut gelak tawa.

Lihat Juga :
Rugi Miliaran Jadi Alasan Bos The Good Dept PHK Karyawan

Khusus soal kawasan industri hijau Kaltara, Luhut juga sempat menawarkan investasi kepada CEO Tesla Elon Musk.

Luhut sempat bertemu langsung dengan Musk saat berkunjung ke Texas, Amerika serikat (AS), pada April lalu. Tindak lanjutnya adalah pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Musk di pabrik Space X pada pertengahan Mei.

Pembangunan kawasan industri hijau di Kaltara sudah dimulai sejak Desember 2021 lalu. Kawasan ini diklaim sebagai kawasan industri terintegrasi terbesar di dunia dengan luas hingga 30 ribu ha.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Ningbei Su Qinghe

slot asli maxwin
Batik Air sudah mengirim koper milik anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep ke alamatnya.
Batik Air sudah mengirim koper milik anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep ke alamatnya. CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Batik Air sudah mengirim koper milik anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep ke alamatnya. Sebelumnya, perjalanan Kaesang dari Singapura ke Surabaya tidak sejalan dengan kopernya yang nyasar ke Bandara Kualanamu, Sumatra Utara.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro langsung gerak cepat merespons hal tersebut. Ia mengatakan maskapai sudah mengirimkan koper tersebut ke alamat Kaesang.

"Batik Air telah mengirimkan langsung bagasi dimaksud sesuai alamat tamu dan sudah diterima pada Senin, 14 November 2022 pukul 02:30 WIB," tulis rilis resmi Batik Air, Senin (14/11).

"Batik Air saat ini masih melakukan proses investigasi di internal mengenai ketidaksesuaian memasukkan bagasi pada pesawat udara yang dioperasikan sesuai nomor penerbangan dan kota tujuan (missload). Hasil penyelidikan berupa rekomendasi atau referensi yang diperoleh akan dipergunakan (implementasikan) dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu," lanjut Batik Air.

Kaesang mengalami kejadian lucu ini saat terbang ke Surabaya dengan menggunakan maskapai Batik Air. Cerita lucu ia sampaikan lewat unggahan di akun Twitternya. Dalam unggahan itu, ia mengatakan terbang ke Surabaya dengan menggunakan Batik Air.

Lihat Juga :
Respons Batik soal Kaesang Terbang ke Surabaya, Koper Sampai Kualanamu

Anehnya, koper bawaannya justru dikirim ke Bandara Kualanamu, Sumatra Utara.

"Horeeee naik Batik Air ke Surabaya tapi koperku selamat sampe bandara Kualanamu. Terima kasih Batik Air 🙏🏽🙏🏽🙏🏽," kata Kaesang seperti dikutip dari akun Twiternya.

"Mungkin emang aku sama koperku udah gak sejalan," katanya.

Kelakar Kaesang di Twitter berlanjut saat netizen bertanya mengenai keberadaan kopernya apakah sudah kembali ke tangannya atau belum. Ia bahkan menyebutkan ini menjadi alasan tak perlu mandi malam karena harus menunggu koper di bandara.

[Gambas:Twitter]

Beruntung, koper tersebut kini sudah diterima oleh putra bungsu Presiden Jokowi tersebut. Hal itu disampaikan langsung oleh Kaesang melalui akun Twitternya.

"Koper selamat. Terima kasih Batik Air," update Kaesang soal kondisi kopernya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

[Gambas:Video CNN]