petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pangerantoto4

pajaktoto login 344Jutaan kata 834262Orang-orang telah membaca serialisasi

《pangerantoto4》

Teten Ingatkan Instagram Cs Tutup Akun Penjual Baju Bekas Impor******

Menkop UKM Teten Masduki mengingatkan Instagram dan media sosial lainnya untuk menutup akun penjual baju bekas impor.
Menkop UKM Teten Masduki mengingatkan Instagram dan media sosial lainnya untuk menutup akun penjual baju bekas impor. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan UKMTeten Masduki mengingatkanInstagram dan media sosial lainnya untuk menutup akun penjual baju bekasimpor.

Ia mengatakan baju bekas impor ilegal lantaran masuk jajaran produk yang dilarang impor. Acuannya, Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Permendag Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Menurutnya, Instagram Cs wajib mengikuti aturan jika berbisnis di Indonesia. Maka, sudah sepatutnya mereka menurunkan dan menutup akun-akun yang menjual barang bekas impor itu.

Ia melihat masih banyak akun yang menjual barang-barang ilegal tersebut.

"Kita sudah minta ke Instagram, untuk semua platform global, untuk mereka juga ikuti aturan pemerintah Indonesia," kata Teten.

"Memperdagangkan barang ilegal itu tindak pidana. Jadi tidak lagi bisa mereka berkelit bahwa itu bukan urusan platform," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Indonesia Impor dari Israel dan Palestina, Mana yang Lebih Banyak?******

BPS mencatat nilai impor dari Israel mencapai Rp263,12 miliar, sedangkan dari Palestina Rp24 miliar.
BPS mencatat nilai impor dari Israel mencapai Rp263,12 miliar, sedangkan dari Palestina Rp24 miliar. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesiatercatat melakukan perdagangan denganIsrael dan Palestina baikimpormaupun ekspor, di tengah memanasnya konflik kedua negara itu.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat komoditas yang paling banyak diimpor dari Israel adalah mesin dan perkakas.

Sementara impor dari Palestina didominasi oleh buah-buahan.

BPS mencatat nilai impor Indonesia dari Israel mencapai US,97 juta atau sekitar Rp263,12 miliar (asumsi kurs Rp15.505 per dolar AS) sepanjang Januari-Oktober 2023.

Nilai impor tersebut turun dibandingkan tahun lalu, yang mencapai US,82 juta atau Rp741,52 miliar.

Impor Indonesia dari Israel seluruhnya dari sektor non-migas, yakni mesin dan perkakas mekanis serta bagiannya (HS84) senilai US,03 juta.

Kemudian, perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia (HS82) senilai US,86 juta dan mesin dan perlengkapan elektronik serta bagiannya (HS85) senilai US,45 juta.

Kemudian, instrumen optik, fotografi, sinematografi, dan medis (HS90) senilai US,45 juta dan bahan kimia anorganik (HS28) senilai US0 ribu.

Sementara itu, nilai impor RI dari Palestina hanya US,57 juta atau setara Rp24,34 miliar sepanjang Januari-Oktober 2023. Nilai impor itu naik tipis dari US,25 juta atau setara Rp19,37 miliar pada tahun sebelumnya.

Rincian impor dari Palestina yakni buah-buahan (HS08) yang mencapai US,43 juta. Lalu, lemak dan minyak hewan (HS15) USSaham GoTo Anjlok 20 Persen Usai Disuntik TikTok Rp23,4 T******

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk anjlok usai pengumuman TikTok menyuntik modal Tokopedia US,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS).
Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk anjlok usai pengumuman TikTok menyuntik modal Tokopedia senilai US,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS). Ilustrasi. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia--

Saham PTGoTo Gojek Tokopedia Tbk malah anjlok usai pengumuman TikTok menyuntik modalTokopedia US,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS).

Mengutip RTI, saham emiten berkode GOTO itu sempat dibuka hijau di level 109 pada perdagangan hari ini. Namun, harga saham mereka anjlok 20,37 persen ke level 86 pada penutupan sore ini, yakni setelah pengumuman resmi kongsi dengan TikTok.

Supervisor Customer Literation and Education PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi menilai penurunan saham terjadi lantaran aksi profit takingyang dilakukan para investor.

"Kami melihat nilai yang dikeluarkan oleh TikTok untuk mendapatkan 75 persen saham Tokopedia senilai US,5 miliar terbilang dalam harga diskon. Ini membuat investor menilai pembelian ini terbilang murah dan menjadi penurunan valuasi Tokopedia," kata Audi kepada CNNIndonesia.com,Senin (11/12).

"Menimbang juga kenaikan harga saham GOTO pada bulan lalu mencapai 62 persen, ini mendorong aksi profit takingdari investor," sambungnya.

Di lain sisi, Audi mengatakan investor menyoroti hilangnya kendali GOTO terhadap Tokopedia. Terlebih, perusahaan sempat memberikan bantahan adanya pengambilalihan lebih dari 50 persen saham.

Secara bisnis, ia melihat Tokopedia akan mendapatkan modal kerja baru senilai US miliar. Lalu, GOTO bakal menerima arus pendapatan atau revenue sharingberkelanjutan dari PT Tokopedia.

"Kami melihat potensi perkembangan yang lebih besar dengan pangsa pasar yang dapat meningkat. Berdasarkan data Momentum Works, jika TikTok Shop dengan Tokopedia bergabung, maka pangsa pasar akan menjadi 27,1 persen di Asia Tenggara dan mengejar Shopee," tuturnya.

"Potensi pergerakan harga, saya melihat target terdekat dapat menuju level 132 untuk GOTO," ramal Audi.

Suntikan modal ini, membuat fitur layanan TikTok akan kembali buka mulai Selasa (12/12) dengan bisnis yang dikombinasikan di bawah Tokopedia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr),1 juta, dan karya seni/barang elektronik/barang antik (HS97) USDaftar Pilihan Saham Berpotensi Cuan Pekan Ini******
Analis menyebut sejumlah saham akan cuan pada pekan ini mulai dari sektor keuangan hingga teknologi.
Analis menyebut sejumlah saham akan cuan pada pekan ini mulai dari sektor keuangan hingga teknologi. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 20,83 poin atau 0,29 persen ke level 7.059 pada Jumat (1/12) lalu. Investor melakukan transaksi sebesar Rp11,88 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 31,09 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat tiga kali, sementara dua hari sisanya melemah. Tak heran, performa indeks pun menguat 0,72 persen.

PJ Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad pun mengatakan selama periode tanggal 27 November sampai dengan 1 Desember 2023 kemarin, perdagangan saham ditutup positif.

Peningkatan juga terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian, yakni meningkat 10,31 persen dari 1.123.494 menjadi 1.239.339 kali transaksi. Adapun rata-rata nilai transaksi harian juga meningkat 43,38 persen dari Rp9,57 triliun menjadi Rp13,72 triliun.

"Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp213,29 miliar dan sepanjang tahun 2023 investor asing telah mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp13,64 triliun," kata Kautsar seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (1/12).

Lantas, seperti apa proyeksi pergerakan IHSG untuk sepekan ke depan?

Head of Customer Literation and Education (CLE) PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi memproyeksi indeks saham cenderung bergerak menguat terbatas dengan antisipasi koreksi sehat. IHSG diprediksi bergerak di rentang support6.940 dan resistance7.140.

Menurut Oktavianus, pada pekan ini, IHSG bakal diwarnai oleh berbagai sentimen dari perekonomian dalam negeri dan juga global.

Dari dalam negeri, indeks dipengaruhi oleh rilis data cadangan devisa November 2023 yang diperkirakan naik menjadi ke US5 miliar dari US3 miliar seiring dengan kenaikan neraca dagang dan rupiah yang lebih stabil dari bulan sebelumnya.

"Kami melihat ini akan direspons moderat oleh pasar, karena meski surplus neraca dagang, pertumbuhan ekspor masih cenderung lambat," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (3/12).

IHSG juga dipengaruhi oleh rilis indeks keyakinan konsumen November 2023 yang diperkirakan tetap di level optimis serta rilis data penjualan eceran yang diperkirakan tumbuh sebesar 1,9 persen.

"Kami menilai data ritel yang masih kokoh akan direspons moderat oleh pasar, di tengah tren kenaikan pertumbuhan yang masih lambat," kata Oktavianus.

[Gambas:Video CNN]

Sementara sentimen global, Oktavianus mengatakan IHSG dipengaruhi oleh rilis data tingkat pengangguran AS yang diperkirakan tetap pada level 3,9 persen. Data tenaga kerja AS yang masih kuat akan menjadi alasan The Fed bersikap hawkish, meski saat ini pasar memperkirakan tidak ada lagi kenaikan suku bunga.

Dengan sentimen di atas, Oktavianus menyarankan investor untuk mengantisipasi terjadinya koreksi sehat di IHSG pada pekan ini.

"Kami melihat mulai terjadinya inflow pada low riskseperti penurunan yield obligasi dan harga emas yang cetak new all time high," katanya.

Adapun sektor yang dapat diperhatikan adalah sektor keuangan, konsumer, dan teknologi seiring dengan potensi pivot dari pengetatan kebijakan moneter yang diperkirakan pasar segera terjadi.

Berdasarkan analisis teknikal, Oktavianus pun merekomendasikan beberapa saham yang bisa dikoleksi.

Pertama,saham PT Impack Pratama Industri Tbk atau IMPC yang ditutup menguat 2,22 persen ke posisi 368 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi IMPC dapat menyentuh level 392 pada pekan ini.

Kedua,saham PT Erajaya Swasembada Tbk atau ERAA yang ditutup menguat 6,15 persen ke posisi 380 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi ERAA dapat menyentuh level 418 pada pekan ini.

Ketiga,PT Global Digital Niaga Tbk atau BELI yang ditutup menguat 0,84 persen ke posisi 480 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi BELI dapat menyentuh level 498 pada pekan ini.

Lihat Juga :
Cerita Warga Tebet Tergiur Beli TV di Transmart karena Diskon Gede

Keempat, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BBRI yang ditutup menguat 1,42 persen ke posisi 5.350 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi BBRI dapat menyentuh level 5.700 pada pekan ini.

Sementara itu, Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memproyeksi IHSG bergerak cenderung terkoreksi dalam sepekan. Ia memprediksi indeks saham bergerak di rentang support6.987 dan resistance7.128.

"Untuk pekan depan, kami perkirakan IHSG masih dipengaruhi oleh sentimen global, seperti data manufaktur AS, data pekerjaan AS, dan rilis data perdagangan China," katanya.

Lihat Juga :
Erick Thohir Angkat Wamendag Era SBY Jadi Bos Bulog Gantikan Buwas

Ia pun menyarankan investor dapat mencermati beberapa saham dari emiten ia rekomendasikan, yakni PT Petrosea Tbk atau PTRO yang ditutup di posisi 4.150 pekan lalu. Ia memproyeksi PTRO dapat menyentuh level 4.600 pekan ini.

Selanjutnya, Herditya juga merekomendasikan saham PT Adi Sarana Armada Tbk atau ASSA yang melemah 0,52 persen ke posisi 950 pekan lalu. Ia memproyeksi ASSA dapat menyentuh level 1.120 pekan ini.

Terakhir, Herditya juga merekomendasikan saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk atau TOWR yang pekan lalu ditutup di posisi 940. Ia memproyeksi TOWR dapat menyentuh level 1.080 pekan ini.

(Feby Febriana Nadeak/agt),02 juta.

Selanjutnya, karpet dan tekstil penutup lantai lainnya (HS57) senilai USOtorita IKN Soal Ganjar Datang ke Nusantara: Kami Terbuka******

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono merespons soal capres nomor 3 Ganjar Pranowo yang menyambangi IKN Nusantara.
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono merespons soal capres nomor 3 Ganjar Pranowo yang menyambangi IKN Nusantara. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono merespons soal capres nomor 3 Ganjar Pranowo yang menyambangi IKN Nusantara.

Menurut Bambang, itu sah-sah saja. Ia pun terbuka bagi capres lain jika ingin berkunjung ke ibu kota baru.

"Kami terbuka, monggo dilihat dan tadi pagi kan Pak Ganjar yang ke sana gitu ya. Tapi buat yang lain atau bahkan siapapun lah, kan ini (IKN) milik kita bersama gitu, bukan milik ke otorita saja," katanya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/12).

Bambang pun berkomitmen menjaga keselamatan semua pihak. Di sisi lain, ia juga tidak ingin para pekerja terganggu.

"Satu, safety. Yang kedua, kami juga enggak ingin mereka yang sedang giat-giatnya sekarang, kerja siang malam itu juga terganggu dengan kunjungan-kunjungan," tutur Bambang.

Ganjar berkunjung ke IKN Nusantara pada Kamis (7/12) pagi ini.

Pada kesempatan lain, Ganjar juga menegaskan akan melanjutkan berbagai program yang sudah dirancang baik oleh Presiden Jokowi di IKN apabila memenangkan kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Kalau sudah ada programnya lanjut saja, yang sudah baik-baik lanjut saja. Mikirnya tidak usah sulit," ujar Ganjar usai bersilaturahmi dengan tokoh agama Katolik di Gereja Katedral Santa Maria Penolong Abadi Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (6/12) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan salah satu program IKN yang juga sesuai dengan visi dan misi Ganjar Pranowo-Mahfud MD adalah hunian. Ia mengatakan berkomitmen membangun 10 juta hunian untuk rakyat menengah ke bawah dan anak muda.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr),01 juta. Sementara sisanya dari impor plastik dan barang plastik (HS39).

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Nestle Buka Suara soal PHK 126 Karyawan di Pabrik Jawa Timur******

PT Nestle Indonesia memutus hubungan kerja (PHK) 126 karyawannya di Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur agar bisnis lebih tangkas.
PT Nestle Indonesia memutus hubungan kerja (PHK) 126 karyawannya di Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur agar bisnis lebih tangkas. ( CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Nestle Indonesiamemutus hubungan kerja (PHK) 126 karyawannya di Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur.

Manajemen mengatakan kebijakan dilakukan karena mereka sedang melakukan penyesuaian bisnis agar perusahaan bisa lebih tangkas. Nestle mengklaim efisiensi ini dilakukan demi mengejar peluang terus tumbuh di masa mendatang.

"Sebagai hasil dari perubahan ini, dengan menyesal, beberapa peran karyawan akan terdampak," kata pernyataan resmi manajemen Nestle Indonesia, Senin (13/11).

Manajemen Nestle Indonesia menegaskan PHK ini akan memperkuat bisnisnya di tanah air. Perusahaan yang sudah beroperasi di Indonesia sejak 1971 itu berdalih akan terus menciptakan manfaat bersama di seluruh negeri, meski ada PHK massal.

Kabar PHK massal ini menyeruak dari Presiden Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBMM) Dwi Haryoto. Ia mengatakan 126 karyawan terdampak merupakan anggota dari Serikat Buruh Nestle Indonesia Kejayan (SBNIK).

"Manajemen melakukan efisiensi dalam waktu yang sangat singkat. Pihak perusahaan mengomunikasikan adanya penurunan bisnis dalam waktu dua minggu terakhir dan akan melakukan efisiensi dari sisi jumlah buruh yang bekerja di Pabrik Nestle Kejayan," kata Dwi dalam keterangan resmi.

Ia menghormati jika memang efisiensi tak terhindarkan, tetapi bukan dilakukan secara wajib atau paksaan. Dwi juga mengatakan PHK mendadak ini baru terjadi pertama kali selama 35 tahun Pabrik Nestle Kejayan berdiri.

Para buruh pun melakukan aksi protes kepada Nestle Indonesia pada awal pekan ini. Aksi dilakukan SBNIK bersama serikat regional FSBMM di Kantor Pusat Nestle Indonesia Jakarta serta Pabrik Nestle Kejayan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)




bab terbaru:cnnslot

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
game situs slot
7777 slot online
cara pinjam uang online cepat cair
cara pinjam di bank bca
slot kasih maxwin
hbo slot demo
pinjol shopee paylater
daftar web slot
erek erek salon
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor 10k
Bab 2 slot gacor slot
Bab 3 bo slot gacor mudah maxwin
Bab 4 slot gacor bet 200 perak
Bab 5 mimpi 4d
Bab 6 madu303 login
Bab 7 situs 66 slot
Bab 8 buku seribu mimpi 2d bergambar lengkap
Bab 9 slot terbaik 2022
Bab 10 pinjol resmi ojk 2021 cepat cair
Bab 11 merdekatoto
Bab 12 situs yang sering jp
Bab 13 pinjam uang online ojk
Bab 14 surga 123 slot login
Bab 15 situs slot hoki 4d
Bab 16 situsslot777
Bab 17 buku mimpi 53
Bab 18 buku mimpi 2d 66
Bab 19 pendekarqq
Bab 20 mega303
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8363bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Warisan serba profesional dari dunia lain

victory8et
Kementerian Koperasi dan UKM membeberkan sejumlah temuan terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Kementerian Koperasi dan UKM membeberkan sejumlah temuan terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ilustrasi. (REUTERS/WILLY KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) membeberkan sejumlah temuan terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan monitor dan evaluasi (monev) di 23 provinsi, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius mengungkapkan penyaluran dana KUR tidak sepenuhnya digunakan untuk modal usaha. Bahkan, dana tersebut ada yang digunakan untuk merenovasi rumah hingga membeli kendaraan.

"Secara garis besar masih terdapat beberapa temuan. Salah satunya, dana KUR yang diterima tidak sepenuhnya dipakai untuk modal usaha. Ada sebagian yang digunakan juga untuk keperluan lainnya, seperti merenovasi rumah, beli kendaraan dan lainnya," ujar Yulius di KemenkopUKM seperti dikutip Detik pada Selasa (21/11).

"Ya kita akan kita tingkatkan monitoring dan pengawasannya. Jadi ini nakal nih orang pinjam untuk usaha ternyata malah renovasi rumah," tambahnya.

Ia juga berharap monev tersebut dapat membantu memastikan penyaluran KUR tepat sasaran sehingga berdampak pada UMKM.

Kendati demikian, Yulius membantah saat ditanya soal bank yang meloloskan dana KUR kepada debitur nakal demi mengejar target debitur baru. Menurut Yulius, hal ini bisa terjadi karena kesalahan dari debitur.

"Itu kan sebuah kesalahan. Makanya dengan acara ini kita akan melakukan kebijakan berikutnya atau tindakan atau apa gitu," imbuhnya.

Hasil survei terhadap 1.047 debitur, menunjukkan sebanyak 6 persen responden menggunakan dana KUR untuk investasi, seperti membeli tanah atau lahan, membuka kios atau cabang baru, dan tambahan tabungan.

Sedangkan sebanyak 1 persen atau sekitar 15 orang mempergunakan KUR untuk keperluan lain, seperti melahirkan, meminjamkan kepada saudara, dan kebutuhan harian lainnya.

Kementerian Keuangan mencatat realisasi KUR hingga 10 November tercatat Rp 207,7 triliun. Angka itu setara 69,9 persen dari target Rp297 triliun.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/pta)

Sistem pahlawan yang tak terkalahkan

asia game slot
Sejumlah pengusaha didapuk menjadi TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, seperti; Erwin Aksa, Pandu Sjahrir, Maher Algadri.
Sejumlah pengusaha didapuk menjadi TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, seperti; Erwin Aksa, Pandu Sjahrir, Maher Algadri. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengusaha didapuk menjadi Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Para pengusaha ini pun masuk struktur tim pemenangan yang terdiri dari pembina, pengarah, penasihat, pakar, hingga koordinator relawan.

"Atas izin bapak bacawapres dan ketua kami diminta untuk bacakan susunan TKN KIM pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka," kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

1. Aburizal Bakrie (Pembina)

Aburizal Bakrie lama dikenal sebagai salah satu pengusaha dari kerajaan bisnis Bakrie Group dan politisi Indonesia

2. Hashim Djojohadikusumo (wakil ketua pengarah)

Hashim merupakan seorang pengusaha yang bergerak dalam bidang pertambangan, program bioethanol, perkebunan karet di kelompok perusahaan Arsari Group.

3. Putri Kuswisnu Wardani (anggota penasihat)

Putri Kuswisnu Wardani dikenal sebagai pengusaha kosmetik. Ia merupakan bos perusahaan Mustika Ratu.

4. Maher Algadri (anggota penasihat)

Maher Algadri bukan nama asing di kalangan pengusaha elite. Sepak terjangnya dalam bisnis dikenal berkat perusahaan Kodel Group yang membuat namanya melambung sebagai salah satu konglomerat terbesar di Indonesia.

Maher merupakan taipan yang moncer pada era Orde Baru. Namanya tercatat dalam laporan Forbes sebagai konglomerat kelas kakap pada era itu.

5. Theo Sambuaga (anggota penasihat)

Nama Theo Sambuaga tak asing lagi di dunia bisnis Tanah Air. Ia adalah presiden komisaris PT Lippo Cikarang.

6. Erwin Aksa (wakil ketua koordinator strategis)

Lahir dari keluarga pengusaha, Erwin Aksa menjadi pengusaha nasional mengikuti jejak sang ayah bersama Bosowa Group.

7. Rosan Roeslani (ketua umum TKN)

Rosan merupakan mantan menteri BUMN. Sebelumnya, Rosan juga dikenal sebagai 'pentolan' para pengusaha karena pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Ia aktif sebagai pengusaha kondang nasional, usahanya merambah berbagai sektor lewat bendera Recapital Group.

8. Pandu Sjahrir (wakil bendahara umum)

Pandu merupakan keponakan dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Pandu merupakan pengusaha sekaligus Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Tuan Kerajaan Dao

maincuy
Uni Eropa selalu saja mengganjal produk ekspor RI masuk ke kawasan mereka. Pengamat menyebut ada beberapa alasan yang melatarbelakangi aksi Uni Eropa itu.
Uni Eropa selalu saja mengganjal produk ekspor Indonesia masuk ke kawasan mereka. Pengamat menyebut ada beberapa alasan yang melatarbelakangi aksi Uni Eropa itu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Uni Eropa (UE) seolah mencari masalah dengan Indonesia lewat perdagangan internasional. Pasalnya, Benua Biru itu selalu saja mengganjal produk eksporRI masuk ke wilayah mereka dengan sejumlah dalih ekonomihingga isu lingkungan.

Kali ini, UE bea masuk antidumping (BMAD) baja nirkarat atau baja tahan karat dari Tanah Air. Buntutnya, Pemerintah Indonesia pun menggugat UE ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

BMAD adalah pungutan negara terhadap barang impor yang dijual lebih rendah dari nilai normalnya. Bea masuk ini kerap dikenakan sebagai proteksi terhadap industri dalam negeri.

BMP yang dikenakan kepada Indonesia sebesar 21 persen dan India 7,5 persen. Lalu, BMAD yang dikenakan Uni Eropa ke Indonesia sebesar 10,2 sampai 31,5 persen sejak 2021.

Eropa sendiri merupakan produsen baja terbesar kedua dunia, setelah China. Lima anggota UE yang merupakan produsen baja terbesar adalah Jerman, Italia, Perancis, Spanyol dan Polandia.

Di Eropa, industri baja menjadi tulang punggung perekonomian lantaran terkait erat dengan berbagai sektor industri seperti otomotif, konstruksi, elektronik, dan energi terbarukan.

Menurut The European Steel Association (EUROFER), industri besi dan baja menempati urutan ketiga nilai produksinya dibandingkan dengan sektor lain. Nilainya mencapai 132 juta euro pada 2020.

Adapun baja nirkarat (stainless steel cold-rolled flat/SSCRF) lebih dikenal dengan stainless steel. Material ini kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat dapur, medis hingga alat berat.

Lihat Juga :
Budi Waseso Buka Suara Usai Dicopot dari Dirut Bulog

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Internasional Bara Krishna Hasibuan mengungkapkan alasan UE meneganakan BMAD ke Indonesia.

Ia menyebut UE menuding Indonesia menerima subsidi dari pemerintah China. Pasalnya, Tiongkok mendirikan perusahaan baja di Tanah Air.

"Bagi UE itu unfair practices. Jadi sama saja UE membeli produk China, tapi pabriknya di Indonesia, tapi disubsidi oleh Pemerintah China," katanya saat berbincang di Timika, Papua Tengah, seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/12).

Bara menyampaikan saat ini permintaan ekspor stainless steelIndonesia ke Eropa sedang meningkat.

Dengan adanya BMAD dan BMP, kerugian yang dialami Indonesia dalam setahun bisa mencapai 40 juta euro atau Rp569,1 miliar.

Lihat Juga :
Anggota DPR Vendor PON Papua Tagih Utang BUMN Rp112 M ke Erick Thohir

Pengetatan aturan UE terhadap produk Indonesia juga sebelumnya ditujukan untuk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), kakao, kacang kedelai, kayu, hasil karet, hingga kopi dan produk turunannya. Hal ini dilakukan melalui memberlakukan Undang-undang (UU) Antideforestasi sejak 16 Mei 2023.

Dengan adanya aturan itu, UE akan menutup ekspor bagi produk pertanian atau perkebunan yang dianggap menyebabkan deforestasi, termasuk sawit dan kopi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan UU Antideforestasi berpotensi menimbulkan kerugian bagi Indonesia hingga US miliar atau Rp104,7 triliun (asumsi kurs Rp14.961 per dolar AS) dari sisi ekspor.

Ia juga menyebut kebijakan itu akan berdampak pada 15 juta-17 juta perkebunan Indonesia.

Kembali menyoal baja nirkarat, Indonesia dan UE soal 'perang' dalam perdagangan. Maklum, Eropa juga menggugat Indonesia karena melarang ekspor bijih nikel sejak 2020, yang merupakan bahan baku pembuatan baja.

Lihat Juga :
Peternak Babi di China Terjerat Utang Berjemaah Imbas Ekonomi Lesu

Indonesia, sebagai pemilik cadangan nikel terbesar dunia, menyetop ekspor nikel mentah dan mendorong hilirisasi logam ini agar memberi nilai tambah ekonomi.

Namun, langkah ini diprotes UE. Blok tersebut menilai kebijakan setop ekspor bijih nikel oleh RI membuat harga nikel di pasar melejit, sehingga memukul Uni Eropa dan negara pengguna nikel lainnya.

Eropa lantas meminta konsultasi dengan RI melalui WTO pada 2019. Tak ada kata sepakat, Eropa pun mengajukan gugatan pada 2021.

Hasilnya, panel WTO menyatakan tindakan Indonesia tak sesuai aturan WTO. Artinya, Indonesia kalah gugatan. Namun, setelah 'vonis' tersebut keluar, Indonesia mengajukan banding pada Desember 2022.

Lantas, kenapa sih Uni Eropa selalu mencari masalah dagang dengan Indonesia. Punya masalah apa mereka?

Ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah menilai langkah Eropa mengenakan bea masuk antidumping pada baja nirkarat adalah sesuatu yang lumrah. Menurutnya, upaya itu juga tak berkelindan dengan langkah politik UE.

Dalam perdagangan luar negeri, kata Piter, semua negara akan berupaya meningkatkan surplus perdagangan. Salah satunya dengan mengurangi impor.

Lihat Juga :
Kenapa Saham Perusahaan Prajogo Pangestu Melesat-Harta Naik Rp130 T?

"Caranya dengan menerapkan apa yang disebut sebagai non tarif barrier seperti mengaitkan isu lingkungan dan lain-lain," katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/12).

Ia menyebut Eropa juga mengatakan aturan dagang internasional demi melindungi industri dalam negeri mereka yang bisa terancam oleh produk-produk impor.

Oleh karena itu, Piter berpendapat Indonesia harus terus menggunakan jalur-jalur diplomasi perdagangan seperti melalui WTO dan berbagai perundingan bilateral untuk melunakan UE.

"Di sisi lain memang Indonesia perlu mengubah sedikit di kebijakan impor. Tekanan terhadap barang-barang Eropa juga harus dilakukan. Agar imbang dalam perundingan," imbuh Piter.

Ia menilai selama ini kebijakan impor Indonesia terlalu polos dan mudah. Hampir tidak ada hambatan terutama hambatan non tarif.

"Hampir semua produk impor yang masuk ke Indonesia sekarang ini tidak ada barrier-nya," kata dia.

Lihat Juga :
Harta Melesat Rp130 T Sebulan, Prajogo Pangestu Jadi Terkaya 27 Dunia

Sementara itu, Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan ada tiga motif Eropa mengenakan bea masuk antidumping baja nirkarat.

Pertama, motif proteksionisme. Ronny mengatakan UE mulai mengetatkan aturan untuk jenis komoditas ekspor tertentu dari Indonesia.

Ia mencontohkan pembatasan impor CPO. Aturan pengetatan lewat UU Antideforestasi mengindikasikan UE sedang melindungi minyak rapeseed dari gempuran CPO Indonesia dan Malaysia.

"Pasalnya, biaya produksi minyak rapeseed yang jauh lebih mahal dibanding minyak goreng dari bahan baku CPO," kata Ronny.

kedua, motif perlindungan lingkungan. Tak dipungkiri bahwa UE adalah kawasan yang paling ketat dalam urusan perlindungan lingkungan.

Oleh sebab itu, Ronny memandang UE mempersulit beberapa komoditas ekspor Indonesia masuk karena perusakan lahan yang cukup masif di Tanah Air.

Menurutnya, Eropa menilai RI melakukan deforestasi perkebunan sawit.

Ketiga, motif kecilnya interdependensi ekonomi antara Indonesia dan UE. Ronny menuturkan nilai perdagangan Indonesia-UE tidak terlalu besar, bahkan kalah dari nilai perdagangan Vietnam-UE.

Lihat Juga :
Alasan Kekayaan Prajogo Pangestu Melesat dalam Waktu Singkat

Ucapan Ronny ini bukan isapan jempol. Berdasarkan data yang dipaparkan Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Nugraha Mansury, volume perdagangan Indonesia-UE sebesar US miliar atau sekitar Rp723,3 triliun pada 2022.

Angka ini masih jauh tertinggal jika dibandingkan nilai perdagangan Vietnam-UE yang melebihi US miliar atau sekitar Rp1.478 triliun.

Ronny menyebut kecilnya nilai perdagangan Indonesia-UE ini, membuat Eropa tak kehilangan saat membatasi impor produk RI.

"Uni Eropa tak terlalu banyak kehilangan insentif ekonomi jika melakukan tekanan terhadap Indonesia, termasuk melakukan pelarangan atas beberapa komoditas ekspor Indonesia," tuturnya.

Lihat Juga :
Bangkit dari 'Kubur, Harga Bitcoin Tembus US Ribu

RI Tak Perlu Kobarkan Perang Dagang dengan Uni Eropa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

galaksi yang luas

sakti88

mekanik naga

nasa4d

Naruto: Dewa Kota

situs bandar ceme terpercaya