petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

petir500

buku mimpi 81 233Jutaan kata 109385Orang-orang telah membaca serialisasi

《petir500》

Tol Pekanbaru******

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang mulai diuji coba operasion pada 27 Oktober.  Selama uji coba, tol gratis.
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang mulai diuji coba operasion pada 27 Oktober. Selama uji coba, tol gratis. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra).
Jakarta, CNN Indonesia--

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Pekanbaru - Padangseksi Pekanbaru-Bangkinang akan uji coba operasional pada 27 Oktober 2022.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat daerah Provinsi Riau Aryadi usai Kepala Operasional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai PT Hutama Karya Indrayana bertemu dengan Gubernur Riau Syamsuar.

Ia menambahkan uji coba operasi selama dua hingga tiga minggu ke depan. Selama masa uji coba, masyarakat bisa memanfaatkan tol tersebut secara gratis.

Lebih lanjut ia mengatakan, uji coba operasional Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang akan dimulai dari kilometer 10+095 hingga kilometer 40+986 atau sepanjang 31 kilometer.

Pasalnya hingga saat ini, untuk kilometer 0-9 masih ada dilakukan pengerjaan karena sebelumnya di lokasi ini masuk dalam kawasan hutan.

[Gambas:Video CNN]

Dijelaskan Aryadi, nantinya saat ujicoba operasional tol akan dibuka mulai pukul 07.00 WIB.

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas Tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Tol ini memiliki panjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Dengan tol ini, jarak dari Pekanbaru-Bangkinang yang biasanya ditempuh dengan waktu 1 jam 40 menit bisa dipersingkat jadi 30-45 menit.

Lihat Juga :
Alasan Batik Air Ubah Jadwal Pesawat Ari Lasso dari Singapura
(agt/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Harga Kripto Kompak Merana Pagi Ini Dipimpin Cardano******

Harga mayoritas kripto kompak melemah pada 24 jam terakhir. Pelemahan dipimpin oleh cardano (ADA).
Harga mayoritas kripto kompak melemah pada 24 jam terakhir. Pelemahan dipimpin oleh cardano (ADA). ( iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto kompak melemah pada 24 jam terakhir. Pelemahan dipimpin oleh cardano (ADA).

Mengutip coinmarket, kripto tersebut melemah 3,25 persen ke level USFaisal Basri Kritik Keras Rencana Jokowi Larang Ekspor Timah******

Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Jokowi melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah.
Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Jokowi melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah.

Menurut Faisal, Jokowi menyamakan bijih nikel dengan bijih timah. Padahal, bijih timah sudah dilarang sedari dulu alias selama ini Indonesia tidak mengekspor timah dalam bentuk bijih

"Nah, dia mau melarang (ekspor) ingot, batang timah itu yang udah 70 persen. Jadi yang sudah kita ekspor itu timah batangan, itu mau dilarang," paparnya dalam sesi diskusi di ASA Indonesia, Jumat (21/10).

Wacana larangan ekspor timah ini merebak sejak akhir 2021. Saat itu, Jokowi mengatakan akan melarang ekspor timah mulai 2024, setelah pelarangan ekspor bauksit hingga tembaga.

Larangan ekspor bahan mentah ini dilakukan demi membangun hilirisasi di Indonesia. Nantinya, seluruh bahan mentah akan diolah di dalam negeri.

"Nanti kalau sudah hitungannya matang ketemu kalkulasinya akan saya umumkan setop. Misalnya tahun depan atau setop tahun ini bisa terjadi. Saya kira kesiapan-kesiapan dari smelter baik nilai BUMN maupun nilai swasta harus kita kalkulasi semuanya ya terima kasih," kata Jokowi, Kamis (20/10), seiring dengan dibangunnya smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah.

Lihat Juga :
Kebijakan BI yang Kurang Agresif Tekan Rupiah ke Rp15.631

Kendati, Faisal tetap tak setuju dengan rencana pelarangan ekspor timah tersebut. "Jadi Pak Jokowi jangan asal. Pak Jokowi ini bukan bapak rumah tangga, istri sama anak-anaknya. Ini rumah tangga 270 juta orang. Ingat itu nasib rakyat-rakyat Bangka Belitung kayak gimana dari larangannya," tegas Faisal sembari menggebrak meja.

Sebelumnya, Jokowi berencana menyetop ekspor timah seiring dengan dibangunnya smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah.

"Hari ini saya melihat smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah. Ini menunjukkan keseriusan kita dalam rangka hilirisasi timah. Nikel sudah, timah, bauksit," kata Jokowi, Kamis (20/10).

"Ini semuanya akan saya ikuti dan ini nanti akan selesai November yang kita harapkan pergerakan hilirisasi di timah akan segera mengikuti seperti yang kita lakukan di nikel tetapi kita belum berhitung kapan akan kita stop untuk ekspor bahan mentah timah," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),3398 per keping. Dengan pelemahan ini, ADA sudah melemah 12,22 persen selama sepekan belakangan ini.

Pelemahan diikuti XRP dan solana (SOL). Untuk XRP, selama 24 jam terakhir XRP melemah 2,67 persen ke USPertamina Patra Niaga Buka Peluang Kerja Sama Bisnis NFR di SPBU******

Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Pertamina Patra Niaga fokus mendorong pengembangan bisnis Non-Fuel Retail (NFR) di jaringan SBPU.
Pertamina Patra Niaga saat ini membuka peluang sebesar-besarnya dalam mengembangkan bisnis NFR di SPBU. (Foto: PERTAMINA PATRA NIAGA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Pertamina Patra Niaga fokus mendorong pengembangan bisnis Non-Fuel Retail (NFR), dengan memanfaatkan jaringan stasiun pengisian bahan umum (SPBU) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan, dalam pengembangan layanan atau bisnis NFR ini, pihaknya terus membuka peluang atau berkolaborasi mengembangkan bisnis baru dengan mitranya.

"Bisnis NFR ini adalah upaya pengembangan SPBU menjadi one stop service. Bisnis NFR ini pun merupakan bisnis yang potensial, baik bagi Pertamina maupun mitra bisnis, serta bagi SPBU itu sendiri," jelas Mars Ega dalam keterangannya, Kamis (20/10).

"Jaringan SPBU Pertamina dan Pertashop bisa menjadi kesempatan bagi para mitra atau pelaku usaha dalam melakukan penetrasi bisnis yang mereka lakukan di wilayah baru, karena sekali lagi SPBU Pertamina ini ada dari Sabang sampai Merauke," tambahnya.

Mars Ega melanjutkan, sebagai komitmen pengembangan bisnis NFR di SPBU, Pertamina sedang menyiapkan skema-skema kerja sama yang menguntungkan. Salah satunya adalah jika sudah memiliki izin usaha SPBU, maka akan terbuka peluang untuk mengembangkan bisnis lainnya di SPBU tersebut.

"Ini adalah keseriusan Pertamina Patra Niaga mengembangkan potensi layanan one stop servicedi SPBU. Sebagai komitmen, Pertamina Patra Niaga akan menuangkan semangat kolaborasi ini dalam bentuk pakta kolaborasi dengan mitra-mitra bisnis pada acara Pertamina Tenants Day hari ini, karena ke depan, bisnis NFR akan kami terus perluas dan kembangkan," kata Mars Ega.

Ketua Umum DPP Hiswana Migas, Rachmad Muhammadiyah yang akrab dipanggil Yeni menyambut baik rencana pengembangan bisnis NFR di SPBU. Menurutnya, potensi pasar NFR di SPBU ini sangat baik karena strategisnya lokasi SPBU.

"Di negara maju, bisnis NFR ini bisa menyumbang 30 persen sampai 40 persen pendapatan bagi SPBU tersebut, karena yang dijual pada bisnis NFR ini adalah kebutuhan-kebutuhan masyarakat, misal minimarket atau kafe. Karena inilah Hiswana Migas menyambut baik pengembangan NFR di SPBU," jelas Yeni.

Direktur PT Birotika Semesta (DHL Express), Rocky Joseph yang mengelola bisnis logistik dan ekspedisi turut membeberkan alasan keuntungan bisnis NFR di SPBU Pertamina.

"Pertama akses, lokasinya mudah dijangkau bahkan di jalan utama. Kedua keamanan, karena cenderung ramai jadi mengurangi potensi kecurian atau perampokan. Ketiga adalah lahan parkir karena gabung dengan SPBU, belum lagi jika konsumen kami ada kebutuhan sekaligus untuk mengisi BBM atau beli makan dan minum di convenience store," pungkas Rocky.

Pertamina Patra Niaga saat ini membuka peluang sebesar-besarnya dalam mengembangkan bisnis NFR di SPBU. Saat ini yang sudah berjalan antara lain adalah minimarket, café, autocare, dan media advertising.

Saat ini juga terbuka peluang kerjasama untuk ekosistem kendaraan listrik seperti Charging Station atau Battery Swapping Station, serta kerjasama di bidang digital dan aplikasi yakni melalui program loyalty MyPertamina.

(inh/inh),4461 dan sepekan sudah turun 10,57 persen.

Pelemahan juga dialami oleh BNB yang dalam 24 jam terakhir sudah turun 0,71 persen dan 2,49 persen selama sepekan terakhir.

Meski demikian, ada juga sejumlah kripto yang melaju di zona hijau, meskipun tipis. Salah satunya, bitcoin.

Kripto dengan nilai kapitalisasi terbesar tersebut menguat 0,07 persen dalam 24 jam terakhir. Meski demikian, dalam seminggu bitcoin masih melemah 3,79 persen.

Penguatan juga dialami oleh ethereum. Selama 24 jam terakhir kripto tersebut sudah menguat 0,47 persen. Tapi selama sepekan, kripto tersebut masih melemah 0,36 persen.

Lihat Juga :
Alasan Batik Air Ubah Jadwal Pesawat Ari Lasso dari Singapura

Kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditi bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Ikatan Apoteker Minta Pemerintah Bijak Soal Larangan Obat Sirop Anak******

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat sirop anak di Indonesia.
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat sirop anak di Indonesia. (iStockphoto/PORNCHAI SODA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ikatan ApotekerIndonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat siropanak di Indonesia.

Hal ini terkait dengan 66 anak meninggal akibat gagal ginjal yang merebak di Gambia, Afrika. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghindari penggunaan parasetamol sirop.

"Kami dari IAI meminta lebih bijak dalam mengambil satu keputusan karena jangan sampai keputusan tersebut menimbulkan tantangan baru," ungkap Juru Bicara Dewan Pakar IAI Keri Lestari Dandan kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10).

Keri menyebut pada akhirnya konsumsi obat beralih ke puyer. Padahal tidak semua obat bisa dijadikan obat puyer.

Karenanya, pemilihan bentuk sediaan obat, antara sirop atau puyer, tidak bisa disamaratakan.

"Ada juga faktor risiko dan benefit yang kami pertimbangkan. Contoh misalkan ada anak-anak dalam kondisi sulit menelan jika diberi puyer, maka harus diberi sirop. Nah, ada yang biasa konsumsi obat sirup tidak masalah. jadi tidak semua terdampak," imbuhnya.

Oleh karena itu, Keri mengatakan pihaknya sedang menyusun rekomendasi langkah bijak untuk menanggulangi risiko masalah ini. Apalagi, sejawat dokter Indonesia tidak mengklasifikasikan ini sebagai gagal ginjal, tapi anak dengan gangguan ginjal.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut, IAI masih menunggu penjelasan dari Kemenkes tentang kadar EG yang diperbolehkan dalam obat sirop.

Keri menjelaskan, berdasarkan USP 43 tahun 2020, EG diethylene glycol adalah bisa jadi cemaran dari gliserin, propilen glikol, dan polietilena glikol (PEG).

"Mungkin saja EG pada sediaan yang mengandung gliserin/propilen dan kurang dari sama dengan 0,1 persen masih ditolerir. Yang jadi masalah jika diatas itu. ada juga PEG tidak boleh lebih dari 0,25 persen. Jadi temuan tersebut pada kadar berapa," kata Keri.

Ia juga mengatakan pihaknya akan menelisik anak-anak yang mengalami gangguan ginjal tersebut. IAI akan mencari tahu makan dan obat apa saja yang dikonsumsi si anak.

"Jadi harus bijak. Karena kalau hanya satu obat, ini mudah melihatnya karena pengguna obat tersebut bakal terdampak. Tapi ini tidak. Jadi ada berbagai kemungkinan," tandasnya.

Kemenkes telah menginstruksikan agar apotek maupun tenaga kesehatan di Indonesia untuk sementara ini tidak menjual atau meresepkan obat bebas dalam bentuk cair atau sirop kepada masyarakat.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Prediksi 4 Negara Masih Kebal Resesi di 2023, Termasuk RI

Upaya itu dilakukan sebagai kewaspadaan atas temuan gangguan ginjal akut progresif atipikal yang mayoritas menyerang usia anak di Indonesia.

"Untuk sementara ini Kemenkes sudah mengambil langkah untuk menyelamatkan kasus yang lebih banyak, atau kematian yang berikutnya. Kita berhentikan sementara penggunaannya sampai selesai penelitian atau penelusuran kami," ujar Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril.

Syahril menjelaskan dari temuan 206 kasus yang berdasarkan laporan 20 provinsi di Indonesia, 99 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

(mrh/agt)




bab terbaru:cara kredit hp di lazada lewat bri

Perbarui waktu:2024-07-07

Daftar bab terbaru
harga voucher google play
situs main slot terpercaya
situs slot gacor 2022 terbaru
pola gacor kakek zeus hari ini
mulia123
mpodewa
voucher pulsa shopee
babapoker
lives slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 voucher gojek oktober 2022
Bab 2 virtusplay
Bab 3 slot terbaru resmi
Bab 4 slot bonus 100 di awal to kecil
Bab 5 slot lagi gacor
Bab 6 sultanjudi88
Bab 7 tenor cicilan kredivo
Bab 8 cara kredit pakai kredivo di shopee
Bab 9 cara dapat uang di flip
Bab 10 situs slot emas36
Bab 11 jam gacor wild west gold
Bab 12 mas777 slot
Bab 13 rajabola
Bab 14 kepo4d login
Bab 15 voucher pengguna baru
Bab 16 situs permainan slot
Bab 17 situs download apk aman
Bab 18 slot gacor abis
Bab 19 gacor 138 slot
Bab 20 tiger77
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7122bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Hunyuan Wuzong

cara pinjam uang di jago
Microsoft Corp memutus hubungan kerja (PHK) sekitar 1.000 orang karyawan, dan berdampak pada kurang dari 1 persen total pekerja di perusahaan tersebut.
Microsoft Corp memutus hubungan kerja (PHK) sekitar 1.000 orang karyawan, dan berdampak pada kurang dari 1 persen total pekerja di perusahaan tersebut. (GERARD JULIEN / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia--

Microsoft Corp (MSFT.O) memutus hubungan kerja (PHK) sekitar 1.000 orang karyawan. Kebijakan itu berdampak pada kurang dari 1 persen total pekerja di perusahaan tersebut.

Tercatat, per 30 Juni 2022, Microsoft memiliki 221 ribu orang pekerja.

"Seperti semua perusahaan, kami mengevaluasi prioritas bisnis kami secara teratur dan membuat penyesuaian struktural yang sesuai," kata juru bicara Microsoft, dikutip dari Reuters pada Rabu (19/10).

Jumlah karyawan yang di PHK kurang dari 1 persen dari total karyawan perusahaan software yang mencapai 181 ribu per Juni 2021.

Lihat Juga :
Jokowi: 16 Negara Sudah Jadi Pasien IMF, 28 Antre di Depan Pintu

"Ini adalah hasil dari penataan kembali strategis, dan seperti semua perusahaan, kami mengevaluasi bisnis kami secara teratur. Kami terus berinvestasi di area tertentu dan meningkatkan jumlah karyawan di tahun mendatang," imbuh juru bicara Microsoft.

Microsoft diketahui juga melakukan PHK pada 2017 silam setelah dimulainya tahun fiskal baru. Perusahaan itu memangkas ribuan karyawan karena melakukan penyesuaian terhadap penjualan.

Sementara itu, laporan Reuters mencatat induk Facebook Meta Platform menurunkan target penambahan software engineer tahun ini dari 10.000 menjadi sekitar 6.000 hingga 7.000 orang. Insider juga melaporkan divisi ritel Amazon juga menurunkan target perekrutan pada 2022.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Wuzong

dewa88jp
IHSG menguat 1,75 persen ke level 6.980 pada Kamis (20/10) akibat terdorong penguatan 350 saham.
IHSG menguat 1,75 persen ke level 6.980 pada Kamis (20/10) akibat terdorong penguatan 350 saham. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.980  pada Kamis (20/10) sore. Indeks saham menguat 120,23 poin atau plus 1,75 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp14,84 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24,83 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 350 saham menguat, 196 terkoreksi, dan 158 lainnya stagnan. Terpantau, keseluruhan sebelas indeks sektoral kompak menguat, dipimpin oleh sektor energi di angka 2,84 persen.

Bursa saham Eropa mayoritas melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,04 persen, indeks CAC 40 di Prancis plus 0,07 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 0,70 persen.

Sementara, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 1,14 persen, indeks NYSE menguat 1,19 persen, dan indeks NASDAQ Composite tumbuh 0,90 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Raja Film, apakah kamu ingin wajah?

prediksi nomor togel
Perum Perumnas akan menyediakan rumah subsidi bagi pengendara ojek online (ojol) Gojek.
Perum Perumnas akan menyediakan rumah subsidi bagi pengendara ojek online (ojol) Gojek. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Perumnas akan menyediakan rumah subsidibagi pengendara ojek online(ojol) Gojek.

Pelaksanaan sosialisasi program tersebut telah dilakukan di Solo pada awal Oktober lalu. Perumahan untuk pengendara ojol tersebut berlokasi di Samesta Jeruksawit Permai, Solo.

Perum Perumnas mengatakan pengendara Gojek hanya perlu pembayaran ringan yang telah ditetapkan untuk mendapatkan rumah subsidi.

Perum Perumnas berharap program ini bisa membantu masyarakat khususnya pengendara ojol untuk memiliki hunian serta memulihkan sektor properti di tengah sulitnya ekonomi.

"Di tengah isu sulitnya kepemilikan rumah akhir-akhir ini dan sumber penghasilan tidak tetap khususnya untuk sektor informal, program ini akan memberikan kemudahan melalui skema persyaratan dan ketentuan yang sedang disiapkan pihak Gojek dan Perumnas," bunyi keterangan tersebut, dikutip dari detik, Kamis (19/10).

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Dewi yang sombong, serangan balik!

pw 4d slot
Kemenperin buka suara terkait kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam obat sirop anak yang disinyalir menyebabkan gagal ginjal akut.
Kemenperin buka suara terkait kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam obat sirop anak yang disinyalir menyebabkan gagal ginjal akut. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) buka suara terkait kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam obat sirop anak yang disinyalir menyebabkan gagal ginjal akut.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan kasus ditemukannya EG dan DEG yang melebihi ambang batas pada obat sirup merupakan kejadian yang tidak diharapkan oleh industri farmasi.

Karenanya, pihaknya terus mendorong industri farmasi untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap produk-produk yang dihasilkan.

Berdasarkan hasil investigasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), ditengarai bahwa kedua zat tersebut merupakan cemaran dan bukan sebagai bahan baku tambahan yang digunakan pada formulasi dan proses produksi obat sirup.

Cemaran tersebut diduga berasal dari empat bahan baku tambahan, yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol.

Menurut Agus, keempat bahan tersebut bukan merupakan bahan yang berbahaya atau dilarang penggunaannya dalam pembuatan sirup obat dan telah digunakan sejak lama.

Lihat Juga :
Faisal Basri soal RI Selamat dari Resesi: Bukan Karena Hebat

Ia menerangkan dari keempat bahan tambahan tersebut, baru dua yang sudah dapat diproduksi dalam negeri yaitu sorbitol dengan kapasitas 154 ribu ton per tahun, dan gliserin sebesar 883 ribu ton per tahun.

Sementara untuk propilen glikol dan polietilen glikol masih belum dapat diproduksi dalam negeri dan harus dilakukan impor.

Menindaklanjuti perkembangan ini, Kemenperin telah melakukan koordinasi dengan industri farmasi yang produknya mengandung cemaran EG dan DEG melewati ambang batas aman. Industri menyatakan bahwa tidak ada penggunaan bahan baku EG maupun DEG pada proses produksi, sehingga adanya EG dan DEG diduga berasal dari cemaran bahan baku tambahan lain yang disebutkan tadi.

"Sebagai tindak lanjutnya, industri terus melakukan evaluasi internal, pengujian kandungan cemaran bahan baku pada laboratorium independen, serta berkoordinasi untuk melakukan penarikan produk dari pasar. Hal ini sejalan dengan komitmen industri farmasi untuk memproduksi produk obat yang aman, berkhasiat, dan bermutu," jelas Agus.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Dari satpam hingga penyanyi

liga188

Orang yang paling berkuasa sepanjang masa

harga voucher unlimited telkomsel